Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 123
- Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Ijin share, pernah miara brio 5AT 2015. Mobil yang cukup robust. Terakhir dilepas km 185k. Saya rasa sudah cukup long term.
Perawatan normal reguler aja. Ganti oli mesin tiap 5k, oli matic tiap 10k, filter udara n ac tiap 10k, busi 20k, filter bensin 100k, belt 60k,coolant ptt tiap taun. Bersih2 TB tiap 5k sekalian gantol, 10k buka manifold, semprot2 valve. Kerjain sendiri modal baca2 SM. Tambah atf cooler yg generik aja, punya L300.
Kaki2 saya ganti total di 150k. Rack stir, rack end,tie rod end,link stabil, shock depan blkg+support+bearing+dust cover, lower arm assy, disc brake, kampas rem, engine mounting kanan.
Pas dicopot, lower arm uda robek, tp blm copot, shock ga ada bocor, masih oke, engine mounting dah turun, tp blm oblak.
Ban pake hankook ukuran std aja, bisa tahan 90rb km, kampas rem ori tahan smpe 100rb. Semuanya masih ada sisa umur, tp dah diganti consider sekalian kerja, mengurangi downtime.
Ban nya di saya cukup tahan lama, sblmnya pernah naik r15 plus yokohama sdrive dan tein stech, itu ban bisa 70k blm botak, mgkn karena ringan mobilnya.
Brio nya uda pernah dipake ke bali 2x, surabaya, semarang, jogja berkali2, tiap hari PP bogor jkt buat nguli.
Motor fan dua2nya ganti di 150k, yg lama masih muter no problem. Diganti karena parno umur.
Bensin pertalite, terakhir2 suka cemplungin injector cleaner tiap 5k. Ganti2 dr yg murah sampe yg mahal.
Perawatan normal reguler aja. Ganti oli mesin tiap 5k, oli matic tiap 10k, filter udara n ac tiap 10k, busi 20k, filter bensin 100k, belt 60k,coolant ptt tiap taun. Bersih2 TB tiap 5k sekalian gantol, 10k buka manifold, semprot2 valve. Kerjain sendiri modal baca2 SM. Tambah atf cooler yg generik aja, punya L300.
Kaki2 saya ganti total di 150k. Rack stir, rack end,tie rod end,link stabil, shock depan blkg+support+bearing+dust cover, lower arm assy, disc brake, kampas rem, engine mounting kanan.
Pas dicopot, lower arm uda robek, tp blm copot, shock ga ada bocor, masih oke, engine mounting dah turun, tp blm oblak.
Ban pake hankook ukuran std aja, bisa tahan 90rb km, kampas rem ori tahan smpe 100rb. Semuanya masih ada sisa umur, tp dah diganti consider sekalian kerja, mengurangi downtime.
Ban nya di saya cukup tahan lama, sblmnya pernah naik r15 plus yokohama sdrive dan tein stech, itu ban bisa 70k blm botak, mgkn karena ringan mobilnya.
Brio nya uda pernah dipake ke bali 2x, surabaya, semarang, jogja berkali2, tiap hari PP bogor jkt buat nguli.
Motor fan dua2nya ganti di 150k, yg lama masih muter no problem. Diganti karena parno umur.
Bensin pertalite, terakhir2 suka cemplungin injector cleaner tiap 5k. Ganti2 dr yg murah sampe yg mahal.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Wah sepuh bgt ni brio nya Kuat jg ya trnyata part brio ini klo ditarik jangka panjangW42d wrote: ↑Wed Mar 27, 2024 8:38 Ijin share, pernah miara brio 5AT 2015. Mobil yang cukup robust. Terakhir dilepas km 185k. Saya rasa sudah cukup long term.
Perawatan normal reguler aja. Ganti oli mesin tiap 5k, oli matic tiap 10k, filter udara n ac tiap 10k, busi 20k, filter bensin 100k, belt 60k,coolant ptt tiap taun. Bersih2 TB tiap 5k sekalian gantol, 10k buka manifold, semprot2 valve. Kerjain sendiri modal baca2 SM. Tambah atf cooler yg generik aja, punya L300.
Kaki2 saya ganti total di 150k. Rack stir, rack end,tie rod end,link stabil, shock depan blkg+support+bearing+dust cover, lower arm assy, disc brake, kampas rem, engine mounting kanan.
Pas dicopot, lower arm uda robek, tp blm copot, shock ga ada bocor, masih oke, engine mounting dah turun, tp blm oblak.
Ban pake hankook ukuran std aja, bisa tahan 90rb km, kampas rem ori tahan smpe 100rb. Semuanya masih ada sisa umur, tp dah diganti consider sekalian kerja, mengurangi downtime.
Ban nya di saya cukup tahan lama, sblmnya pernah naik r15 plus yokohama sdrive dan tein stech, itu ban bisa 70k blm botak, mgkn karena ringan mobilnya.
Brio nya uda pernah dipake ke bali 2x, surabaya, semarang, jogja berkali2, tiap hari PP bogor jkt buat nguli.
Motor fan dua2nya ganti di 150k, yg lama masih muter no problem. Diganti karena parno umur.
Bensin pertalite, terakhir2 suka cemplungin injector cleaner tiap 5k. Ganti2 dr yg murah sampe yg mahal.
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Wkwkwkwkkw kalo istilah jawanya wani perih om.
Salam fitment 2 jari kalo saya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Fri Jun 26, 2015 6:01
- Location: Bogor
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Trimakasih, iya pake oem velg jazz rs gk5 16inch et53 ban 185 55 , pas banget tinggal plek ga ada mentok sama sekali, bagian depan jg rata ga keluar bodyepinjose wrote: ↑Wed Mar 27, 2024 5:43cakep ni.. brio pake OEM nya GE/GK. Pilar blackout.cengki308 wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 4:07 Brio.jpg
Sama seperti brio istri ecvt 2017, awet sih nih mobil udah mau 7 tahun 50rb km, banyak bener yg nawar, tiap ke bengkel ada aja yg nanya mau di jual ga wkwk, inget waktu 2017 beli 139, setelah disc
Rack steer ternyata di tambah gemuk sudah adem ga ada bunyi, long tierod saja yg di ganti
Mesin awet dah sudah 50rb ga ngelitik sama sekali, oli cvt ganti per 2thn, oli mesin per 4000 5000
Sama udah ganti karet support
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Thu Aug 24, 2023 5:11
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: 2014 L15Z1 CVT 2011 Honda KYV
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Cakep om,klo boleh tau spek kaki"nya apa ya om soalnya manis banget liatnya
4 Wheels
2014 Mobilio Prestige CVT
2 Wheels
2011 Honda BeAT KYV "Karbu"
2014 Mobilio Prestige CVT
2 Wheels
2011 Honda BeAT KYV "Karbu"
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Wah makasih omm heheheh. Speknya velg lebar 6.5" x 15 ET 42. Depannya di camber -1.5 derajat biar ngepas fender. Untuk ban 195/55 R15 gt radial champiro gtx proSecretboys wrote: ↑Wed Mar 27, 2024 23:32Cakep om,klo boleh tau spek kaki"nya apa ya om soalnya manis banget liatnya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Karena botak dan banyak tambalan.zylo14 wrote: ↑Wed Mar 27, 2024 0:05Wah ud bnyk jg ya om jajan kaki-kaki.sapifr22 wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 15:02 Brio E CVT 2017 di rumah, sekarang sdh lewat 110k km.
Di sekitar 50k ganti karet support shock depan dan tie rod.
Di 100k ganti karet support, tie rod lagi, dan shock breaker depan
Di 110k ganti steering rack.
Yg sering ganti malah ban, sdh 3 set. Terakhir naik ke 175/70, supaya ground clearance lebih tinggi. Lumayan mengurangi gesekan kalau lewat jalan yang curam, plus suara ban sedikit turun.
Full pertalite sampai ngelitik di 90k, kemudian treatment pakai pertamax dan valve & injector cleaner berkali-kali, sekarang sdh membaik.
Herannya, dibanding ladder frame, Brio ini setirnya sangat anteng. Lurus, ngga narik kiri kanan, meskipun kondisi kaki sedang kurang sehat.
Sedang si ladder, kalau kena spooring yang geser dikit aja langsung lari...
Sering ganti ban nya kenapa om? Karena ud mulai botak atau karena emg pgn ganti aja?
Utk kaki, pola nyetir ladder frame kebawa terus, jadi wajar sih sering ganti
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Thu Aug 24, 2023 5:11
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: 2014 L15Z1 CVT 2011 Honda KYV
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
zylo14 wrote: ↑Thu Mar 28, 2024 4:48Wah makasih omm heheheh. Speknya velg lebar 6.5" x 15 ET 42. Depannya di camber -1.5 derajat biar ngepas fender. Untuk ban 195/55 R15 gt radial champiro gtx proSecretboys wrote: ↑Wed Mar 27, 2024 23:32Cakep om,klo boleh tau spek kaki"nya apa ya om soalnya manis banget liatnya
Thx om resepnya,kapan" saya coba :
4 Wheels
2014 Mobilio Prestige CVT
2 Wheels
2011 Honda BeAT KYV "Karbu"
2014 Mobilio Prestige CVT
2 Wheels
2011 Honda BeAT KYV "Karbu"
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
saking crispy nya ane jg gak tega jual om
iya om abis diturunin jadi langganan gesrot padahal waktu stock kemana-mana hajar skrg isi 2 orang di belakang udah deg deg an.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Siap siap bunyi gesrot aja ya om kalo lupa ngerem wkwkw otw jadi ban parut itu depan 2 biji. Kalau mau aman wheel gap nya 2 jari an keatas sih, pny sy trlalu pendek itu 1 jari an sbnerny utk daily dijalanan lucknut macem jakarta iniSecretboys wrote: ↑Thu Mar 28, 2024 6:30zylo14 wrote: ↑Thu Mar 28, 2024 4:48Wah makasih omm heheheh. Speknya velg lebar 6.5" x 15 ET 42. Depannya di camber -1.5 derajat biar ngepas fender. Untuk ban 195/55 R15 gt radial champiro gtx proSecretboys wrote: ↑Wed Mar 27, 2024 23:32
Cakep om,klo boleh tau spek kaki"nya apa ya om soalnya manis banget liatnya
Thx om resepnya,kapan" saya coba :
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Udh setaun lebih ngincer' mobil pengganti sbnernya. Awal tertarik civic krna mau nyoba honda turbo, tapi harganya gk kesentuh jdi turun kelas
Lagi ngelirik hrv e SE 2020 / city hb 2021 / bahkan altis 2019 TNGA yang skrg hrga bekasny udh bisa cash di 300an kecil
Cuma brhubung mobil msih dibawa sendiri, dan blm ada urgency ganti, kykny brio setrika ini bakal masih ane pake terus sih. Mau ganti brio model baru pun males sejujurnya wkwk ky cuma beda kulit luar doang, tpi nambah puluhan jt juga tetep
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Thu Aug 24, 2023 5:11
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: 2014 L15Z1 CVT 2011 Honda KYV
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
zylo14 wrote: ↑Thu Mar 28, 2024 8:12Siap siap bunyi gesrot aja ya om kalo lupa ngerem wkwkw otw jadi ban parut itu depan 2 biji. Kalau mau aman wheel gap nya 2 jari an keatas sih, pny sy trlalu pendek itu 1 jari an sbnerny utk daily dijalanan lucknut macem jakarta ini
Wkwkwkk iya om
4 Wheels
2014 Mobilio Prestige CVT
2 Wheels
2011 Honda BeAT KYV "Karbu"
2014 Mobilio Prestige CVT
2 Wheels
2011 Honda BeAT KYV "Karbu"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Jgn lupa pajak tahunan cmn 2jtan.ChZ wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 8:07tp yg proven rawatannya plg gampang emang si brio sehh. paket lengkap miara brio ini gampang modip sekaligus gampang rawat. efek samping dari salam satu dasbor salam satu mesin. palagi tuh L12B masih dipake ampe skrg.fansdiesel wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 6:44
beli 139 , pake 7 tahun jual masih 110 .... cuan luber luber si ini mobil...
gak ngerti juga isi kepala orang yang mau beli
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Ane kebetulan kena di 3 kecil om, krna progresif. Tpi klo mobil prtama sih iya harusny cm 2 jt an ya. Cucok lah utk bajet mahasiswa & young adultmobilkutu wrote: ↑Fri Mar 29, 2024 11:33Jgn lupa pajak tahunan cmn 2jtan.ChZ wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 8:07tp yg proven rawatannya plg gampang emang si brio sehh. paket lengkap miara brio ini gampang modip sekaligus gampang rawat. efek samping dari salam satu dasbor salam satu mesin. palagi tuh L12B masih dipake ampe skrg.fansdiesel wrote: ↑Tue Mar 26, 2024 6:44
beli 139 , pake 7 tahun jual masih 110 .... cuan luber luber si ini mobil...
gak ngerti juga isi kepala orang yang mau beli
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - EH32 - RR3
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
si cakeeep modifannya punya taste gak kayak anak2 abege brio/jazz jaman now
btw soal brio, ane sering banget sebel sama pengguna ini mbl di tol cipularang/trans jawa.. modifan bunyinya kenceng cem kentut tp gak ada larinya beneran ga ada lari ngempos doang, adu kebut sama zenix full std aja gampang bgt ninggalinnya
pernah di tol cipularang ada sebiji sok2 ngedim pake mini projie, dikasi jalan sok2 geber.. sy kasi jarak, downshift langsung gaspol 160++ makan tuh AMG quad exhaust
ini mobil saking fungsionalnya, ada partner di kantor pake brio putih setrikaan, akhir taun jual cuma rugi 10jt
dan gantinya brio lagi, putih lagi
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
Makasih om. Memang dari dulu prinsip saya less is more, kalau keramean modif brio beuhh jiwa jamet nya kerasa banget om.sherryandkez wrote: ↑Sun Mar 31, 2024 12:34si cakeeep modifannya punya taste gak kayak anak2 abege brio/jazz jaman now
btw soal brio, ane sering banget sebel sama pengguna ini mbl di tol cipularang/trans jawa.. modifan bunyinya kenceng cem kentut tp gak ada larinya beneran ga ada lari ngempos doang, adu kebut sama zenix full std aja gampang bgt ninggalinnya
pernah di tol cipularang ada sebiji sok2 ngedim pake mini projie, dikasi jalan sok2 geber.. sy kasi jarak, downshift langsung gaspol 160++ makan tuh AMG quad exhaust
ini mobil saking fungsionalnya, ada partner di kantor pake brio putih setrikaan, akhir taun jual cuma rugi 10jt
dan gantinya brio lagi, putih lagi
Sejujurnya dulu brio ane pas awal modif full system berisik bgt, cm mulai 2023 awal tobat & ganti muffler silent percuma suara keras juga wong cuma 1200cc berharap apa, gk ada bagus-bagusnya malu sama bmw tua 6 silinder yg lagi cruising di tol
Memang mobil fungsional yang hayuk buat diajak nyetir seruntulan. Walaupun dengan bagasi yg gk seberapa dan suspensi gradakan, bisa menemani rintis toko, bolak balik bawa barang. Mkny gak tega jualnya wkwkw
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
perna dulu pake sivik FB modip full depan ampe belakang. belakangnya brong enak waktu ditarik, tp dalem kota kesiksa dapet berisik doang wkwkwk.zylo14 wrote: ↑Mon Apr 01, 2024 2:41
Makasih om. Memang dari dulu prinsip saya less is more, kalau keramean modif brio beuhh jiwa jamet nya kerasa banget om.
Sejujurnya dulu brio ane pas awal modif full system berisik bgt, cm mulai 2023 awal tobat & ganti muffler silent percuma suara keras juga wong cuma 1200cc berharap apa, gk ada bagus-bagusnya malu sama bmw tua 6 silinder yg lagi cruising di tol
Memang mobil fungsional yang hayuk buat diajak nyetir seruntulan. Walaupun dengan bagasi yg gk seberapa dan suspensi gradakan, bisa menemani rintis toko, bolak balik bawa barang. Mkny gak tega jualnya wkwkw
giliran dibalikin belakangnya ke std, bawahnya malah lebih ngacir buat kota kota
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1126
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
kaya gini udh sering baca nih bahasanya mgkn kerasa ngempos ya kalo ditarik.jadi apa sih om yg bikin ngempos gitu? apa artinya kalo ganti knalpot full system aftermarket, enaknya cuma pas di tol kenceng? di dalkot nya juga ngempos?ChZ wrote: ↑Tue Apr 02, 2024 3:35perna dulu pake sivik FB modip full depan ampe belakang. belakangnya brong enak waktu ditarik, tp dalem kota kesiksa dapet berisik doang wkwkwk.zylo14 wrote: ↑Mon Apr 01, 2024 2:41
Makasih om. Memang dari dulu prinsip saya less is more, kalau keramean modif brio beuhh jiwa jamet nya kerasa banget om.
Sejujurnya dulu brio ane pas awal modif full system berisik bgt, cm mulai 2023 awal tobat & ganti muffler silent percuma suara keras juga wong cuma 1200cc berharap apa, gk ada bagus-bagusnya malu sama bmw tua 6 silinder yg lagi cruising di tol
Memang mobil fungsional yang hayuk buat diajak nyetir seruntulan. Walaupun dengan bagasi yg gk seberapa dan suspensi gradakan, bisa menemani rintis toko, bolak balik bawa barang. Mkny gak tega jualnya wkwkw
giliran dibalikin belakangnya ke std, bawahnya malah lebih ngacir buat kota kota
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5241
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
ini suka ngawur orang2x mobil sekarang kebanyakan matic kenalpot brong itu di design buat naekin HP dan HP itu peakny di RPM tinggi makannya kalo mobilnya matic apalagi rationya panjang HONDA pulak ya loyo lah
mendingan set upnya semua khusus matic kayak GE8 saya depan KANSAI KHUSUS matic down pipe kansai kusus matic, centrepipe pake reson khusus matic, dan muffler ternyata paling nampol pake ori karena ada backpreesure buat RPM bawah karena design khusus matic pipanya gak terlalu gede dan ada backpressurenya buat rpm bawah
jgn lupa filter udara mendingan pake replacement daripada gaya2xan pake open
kalo settingan brong sama open itu cocoknya manual karena rationya pendek2x apalagi ud 6 speed jd tinggal tahan gigi 1 sampe rpm tinggi lsg berasa gainnya wong kita matic di honda aja 2000rpm suka di upshift sendiri
intinya kalo torsi RPM bawah itu lebih butuh udara yang di mampatkan kayak tornado sedangkan hp maen rpm atas lebih butuh banyak flow angin masuk 2 ini susah ketemu musti ada yang di korbanin emang kecuali mobilnya turbo jebolin aja semua bikin plong flownya lebih berasa jauh..........
itupun buat rpm bawah lebih enakan turbo kecil soalnya saya ada dakar sama exced enakan exced rpm bawahnya dakar karena turbonya gede jadi lagnya lebih berasa di rpm bawah
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
analoginya mirip kaya selang om.
selang yang bagus itu kan harus lancar dari keran sampe ujung, knalpot aftermarket pun begitu. didesain biar lancar jaya jadi nyaris gak ada tahanannya.
masalahnya kalo kita ngebuka kerannya cuma separo, tuh aer malah jadi pelan banget musti kita pencet dikit (kasi hambatan / tahanan) biar lajunya kenceng.
nah gimana biar maksimal kepake tuh selang gede, ya dibesarin bukaan keran aernya. ini ibarat kita nge gaspoll debit udaranya makin gede makin kuat dorongannya. baru maksimal ginian pake knalpot brong.
makanya kan orang suka bilang jangan pake brong di mobil matic itu bener, krn mobil matic 2000 rpm paling udah ngoper, dapet ngemposnya doang.
emang urusan knalpot itu agak tricky, musti specify itu mobil matic atau manual dan kondisi tuning mesinnya gimana dan banyak trial and error, gak jamin kalo beli yang mahal pasti hasil bagus. kadang full set custom bikinan abang abang bisa lebih oke hasilnya kalo beneran diukur dan suaranya bisa adem. apalagi mobil zaman now fuel injectionnya udah canggih.
om fitra aja beli muffler asli TRD gak dituning hasilnya malah ngempos juga tuh mahal mahal tuh beli knalpot kaga kepake.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1126
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
nah kalo om boku kan kasih contoh mbilnya GE8 nih. kalo mobil turbo honda skrg gimana?b0ku wrote: ↑Tue Apr 02, 2024 4:48
ini suka ngawur orang2x mobil sekarang kebanyakan matic kenalpot brong itu di design buat naekin HP dan HP itu peakny di RPM tinggi makannya kalo mobilnya matic apalagi rationya panjang HONDA pulak ya loyo lah
mendingan set upnya semua khusus matic kayak GE8 saya depan KANSAI KHUSUS matic down pipe kansai kusus matic, centrepipe pake reson khusus matic, dan muffler ternyata paling nampol pake ori karena ada backpreesure buat RPM bawah karena design khusus matic pipanya gak terlalu gede dan ada backpressurenya buat rpm bawah
jgn lupa filter udara mendingan pake replacement daripada gaya2xan pake open
kalo settingan brong sama open itu cocoknya manual karena rationya pendek2x apalagi ud 6 speed jd tinggal tahan gigi 1 sampe rpm tinggi lsg berasa gainnya wong kita matic di honda aja 2000rpm suka di upshift sendiri
intinya kalo torsi RPM bawah itu lebih butuh udara yang di mampatkan kayak tornado sedangkan hp maen rpm atas lebih butuh banyak flow angin masuk 2 ini susah ketemu musti ada yang di korbanin emang kecuali mobilnya turbo jebolin aja semua bikin plong flownya lebih berasa jauh..........
itupun buat rpm bawah lebih enakan turbo kecil soalnya saya ada dakar sama exced enakan exced rpm bawahnya dakar karena turbonya gede jadi lagnya lebih berasa di rpm bawah
kalo di marketplace ada misal jual knalpot fullsystem HKS utk civic turbo, ini nanti ngempos juga ga kalo gak dibarengin dengan ganti filter udara?
ChZ wrote: ↑Tue Apr 02, 2024 7:03analoginya mirip kaya selang om.
selang yang bagus itu kan harus lancar dari keran sampe ujung, knalpot aftermarket pun begitu. didesain biar lancar jaya jadi nyaris gak ada tahanannya.
masalahnya kalo kita ngebuka kerannya cuma separo, tuh aer malah jadi pelan banget musti kita pencet dikit (kasi hambatan / tahanan) biar lajunya kenceng.
nah gimana biar maksimal kepake tuh selang gede, ya dibesarin bukaan keran aernya. ini ibarat kita nge gaspoll debit udaranya makin gede makin kuat dorongannya. baru maksimal ginian pake knalpot brong.
makanya kan orang suka bilang jangan pake brong di mobil matic itu bener, krn mobil matic 2000 rpm paling udah ngoper, dapet ngemposnya doang.
emang urusan knalpot itu agak tricky, musti specify itu mobil matic atau manual dan kondisi tuning mesinnya gimana dan banyak trial and error, gak jamin kalo beli yang mahal pasti hasil bagus. kadang full set custom bikinan abang abang bisa lebih oke hasilnya kalo beneran diukur dan suaranya bisa adem. apalagi mobil zaman now fuel injectionnya udah canggih.
om fitra aja beli muffler asli TRD gak dituning hasilnya malah ngempos juga tuh mahal mahal tuh beli knalpot kaga kepake.
dih.. ini iya banget nih dari jaman dulu denger kaya gini. taunya analogi nya gitu ya om. ibarat keran air ya.
nah ini nih aneh amat. yg dibeli cuma muffler doang, padahal udh TRD. harusnya dedicated dong buat mobil tersebut. ini menurut om, sama kaya analogi keran air mampet itu? ini utk mobil manual or matic nih om casenya.
berarti kalo utk mobil turbo jaman sekarang gini, harusnya gimana utk ningkatin tenaga dari knalpot? ganti dari depan sampe blkg full?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5241
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017
nah kalo turbo om AT MT emang si mendingan korbanin low rpm tapi bagusan emang di bikin flow selancar mungkin ,saya soalnya maen dakar juga itu back pressure cuma nolong pas rpm turbolag doank ,pas turbonya spolling malah bikin efek mobil keselek ibaratnya kek kita minum buru2x bukannya cepet malah bikin keselek kira2x gitu rasanya , jadi pas turbonya spolling itu catalic malah bikin turbo jd ngeden lagi jadi ud kena turbo lag ditambah kena tahan flow pipa kecil atau catalic jd double2x delaynya enakan ud plong semua sampe belakang pipa gede semua , soalnya setup asli pajero ya kayak gitu catalic doank buat bersihin emisi sampe belakang beneran cuma pipa , sekarang catalic saya cabut juga hasilnya awal2x berasa banget gainnya beneran smooth pas turbospolling
sekarang ud biasa malah berasa kurang cuma untunglah turun mesin yang ke 2 berasa papas headnya jd pas rpm turbo lag tenaga lebih nendang
kalo buat mobil turbo pake merek si harusnya malah enak om jangan ud mobil N/A terus matic oe jamin kelar power loe bukanya gain malah loss tapi di dyno keliatannya gain padahal di jalan berasanya loss karena rpm gainnya gak kepake
soalnya kebanyakan merek itu keluarin buat manual kecuali mobilnya emang cuma bikin varian matic baru percaya saya gain kek kemaren saya ada beli hks khusus cx5
oh iya omong2x ge8 kenalpot at itu juga sebenernya nolong putaran tengahnya doank kalo dari 0 gak berasa gainnya emang musti combo pake throtle control baru berasa gainnya dari 0 sampe atas
yang lucu saya pernah ketemu T30 pake kenalpot pipanya gede semua keliatan banget modifnya pake barang mahal semua, mesinnya 2.5 kan at semua soalnya keliatan dari bodynya saya tau nih sasaran empuk buat saya kerjain bener kan pas lampu merah saya tarik dia ngejar cuma bisa nempel doank gak lama ketemu tikungan ud makin saya tinggal