Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ilhami wrote: Thu Dec 04, 2025 6:46
emang gila sih lampu zenix ini, yang terang itu cuma 10 meter. Bahkan di komplek aja kita bingung ga kelihatan dimana titik beloknya. Apalagi yang sering keluar kota
yang tolol kan konsumennya di kasih halogen jd bahan roasting jdnya di kasih led sampah terang kagak semua pabrik punya std masalahnya kalo modelannya gitu kita jd kagak bisa upgrade gampangan mau gampang minta susah ya tolol......
mana itu modelnya lampu paling 6000 5000k sok putih padahal kalo di kasih soket halogen ada aja lampu model baru updatetan tinggal ganti di rumah pnp
masalah terang kagak ya mana gw tau cuma gw liatnya si gerah aja urusan ganti lampu putus gampang jd ganti satu balok assy dan gak bisa diy di rumah
itulah mobil modern bisanya cuma uang uang dan uang
ilhami wrote: Thu Dec 04, 2025 6:46
emang gila sih lampu zenix ini, yang terang itu cuma 10 meter. Bahkan di komplek aja kita bingung ga kelihatan dimana titik beloknya. Apalagi yang sering keluar kota
yang tolol kan konsumennya di kasih halogen jd bahan roasting jdnya di kasih led sampah terang kagak semua pabrik punya std masalahnya kalo modelannya gitu kita jd kagak bisa upgrade gampangan mau gampang minta susah ya tolol......
mana itu modelnya lampu paling 6000 5000k sok putih padahal kalo di kasih soket halogen ada aja lampu model baru updatetan tinggal ganti di rumah pnp
masalah terang kagak ya mana gw tau cuma gw liatnya si gerah aja urusan ganti lampu putus gampang jd ganti satu balok assy dan gak bisa diy di rumah
itulah mobil modern bisanya cuma uang uang dan uang
iya emg gtu
it's just business
nothing personal
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami wrote: Thu Dec 04, 2025 6:46
emang gila sih lampu zenix ini, yang terang itu cuma 10 meter. Bahkan di komplek aja kita bingung ga kelihatan dimana titik beloknya. Apalagi yang sering keluar kota
yang tolol kan konsumennya di kasih halogen jd bahan roasting jdnya di kasih led sampah terang kagak semua pabrik punya std masalahnya kalo modelannya gitu kita jd kagak bisa upgrade gampangan mau gampang minta susah ya tolol......
mana itu modelnya lampu paling 6000 5000k sok putih padahal kalo di kasih soket halogen ada aja lampu model baru updatetan tinggal ganti di rumah pnp
masalah terang kagak ya mana gw tau cuma gw liatnya si gerah aja urusan ganti lampu putus gampang jd ganti satu balok assy dan gak bisa diy di rumah
itulah mobil modern bisanya cuma uang uang dan uang
yah gimana lagi pasti karena alesannya kan biar bisa tembus kabu bla bla.
susah juga kalau udah kepinteran ngejek orang kesana kemari. Persis channel DM itu juga gitu.
Seharusnya forum itu konstruktif, bagaimana menuntut pabrikan ada update, lampu zenix bisa lebih jelas. Buat riset DIY jauh lebih dihargai dari sudah terkenal ngatain orang kayak si DM itu.
Baru baca sih di chatgpt, katanya ada baut lagi di headlamp zenix bisa menaikkan sudut headlamp. Jadi bukan cuma setting di dashboard kanan bawah itu. Tapi ini kan masalah sudut, bukan masalah terang nya. Saran lain di grup coba pakai kaca film yang lebih terang.
jelas aku komplain lah si DM merasa pinter, tapi ada kesan menyamakan semua cvt sabuknya gampang putus. Padahal cvt zenix ga pakai sabuk sama sekali. Ya pakai bahasa normal aja lah, ga semua orang paham semua transmisi, tapi bahasa itu harus dijaga.
ilhami wrote: Thu Dec 04, 2025 9:21
susah juga kalau udah kepinteran ngejek orang kesana kemari. Persis channel DM itu juga gitu.
Seharusnya forum itu konstruktif, bagaimana menuntut pabrikan ada update, lampu zenix bisa lebih jelas. Buat riset DIY jauh lebih dihargai dari sudah terkenal ngatain orang kayak si DM itu.
Baru baca sih di chatgpt, katanya ada baut lagi di headlamp zenix bisa menaikkan sudut headlamp. Jadi bukan cuma setting di dashboard kanan bawah itu. Tapi ini kan masalah sudut, bukan masalah terang nya. Saran lain di grup coba pakai kaca film yang lebih terang.
lah yang bilang jelek situ sendiri ternyata bukan gak terang salah settingan kalo gw sih emang komplen itu lampu LED patent emang gak enak ntar 10 thn lagi teknologi berkembang tetep aja stuck sama tuh lampu karena gak bisa diagnti, beda sama mobil oe masih pake soket h4 ntar lampu LED ada model baru gw tinggal ganti PNP...................
terus urusan lampu kecil jebol macem pajero sport DRLnya suka jebol musti ganti satu batok kan gila
mana lampunya jelek lagi
cuma hal spele di bikin mahal
iya balikin aja pake soket terus bohlamnya bawaan kasih LED beres.... engak lah gak ngasilin duit kek gitu soalnya.......
mendingan bikin orang susah biar dapet duit lebih banyak terus kalo ud gak sanggup sediain partsnya tinggal discountinue bilang aja mobilnya ketuaan biar beli mobil baru...... ya jatohnya emang pantes di bego2xin emang rakus dan bego konsumenya juga malah dibegoin juga seneng............
ilhami wrote: Thu Dec 04, 2025 9:23
jelas aku komplain lah si DM merasa pinter, tapi ada kesan menyamakan semua cvt sabuknya gampang putus. Padahal cvt zenix ga pakai sabuk sama sekali. Ya pakai bahasa normal aja lah, ga semua orang paham semua transmisi, tapi bahasa itu harus dijaga.
yang di bahas DM itu CVT masih jaman belt yang mayoritas masuk bengkel mereka jenik mana ada yang pernah masuk bengkel mereka pernah masuk juga cuma urusan batre jd mereka bener CVT lama2x juga beltnya bubar, lah wong gw malah bawa XTRAIL aja dag dig dug ini gw bawanya bener gak gw terlalu kasar gak ntar jebol lagi malah stresss.........
ditambah gw dapet teana V6 engine note enak bener yaaah cuma dikasih satu ronde gara2x cvt
buang aja mustinya barang busuq kek gini................
tuh koenigseeeg aja buang single gear hybridnya soalnya juga penyakitan ya lagian hypercar ud kayak motor matic.......
kagian yang pernah gw liat mobil lagi bubar CVT honda, alphard, xtrail jd semuanya emang ada kasus belt bubar.......
yang rante macem IVT hyundai malah keknya di bayar dengan gearnya lebih kasar bawa IVT itu berasa banget kayak lagi narik rante......
malah gw pernah dapet konsumen ngotot alphard V6 karena mereka gak mau urusan sama CVTnya alphard soalnya emang terkenal rewel
jinik gearbox kuat tapi ada komponen suka jebol mirip2x kek belt CVT namanya inverter kalo rusak gantinya 40jt juga sama aja boong
b0ku wrote: Thu Dec 04, 2025 9:52
jinik gearbox kuat tapi ada komponen suka jebol mirip2x kek belt CVT namanya inverter kalo rusak gantinya 40jt juga sama aja boong
Kalo Toyota hibrid-nya ru ndak pake belt/clutch/TQ samsek, cuma planetary gear diatur ama motor kecil, motor gedenya buat power atau genset tergantung algoritma. Nah yang saya baru tau itu inverter jinik gampang jebol . Bukannya voltase jinik cuma 200V ya ?, atau memang karena dia sibuk banget ngatur generator ama motor transmisi ya ?.
FYI, kenapa kita kalo brenti lama di hibrid Toyota harus P, bukan N ya ini. Kalo N buat jaga biar mobil gak jalan tu motor kecilnya muter terus, begitu masuk P, gigi-nya diganjel parking pawl, baru motor kecil brenti muter.
Bibieight wrote: Thu Dec 04, 2025 10:23
Kalo Toyota hibrid-nya ru ndak pake belt/clutch/TQ samsek, cuma planetary gear diatur ama motor kecil, motor gedenya buat power atau genset tergantung algoritma. Nah yang saya baru tau itu inverter jinik gampang jebol . Bukannya voltase jinik cuma 200V ya ?, atau memang karena dia sibuk banget ngatur generator ama motor transmisi ya ?.
FYI, kenapa kita kalo brenti lama di hibrid Toyota harus P, bukan N ya ini. Kalo N buat jaga biar mobil gak jalan tu motor kecilnya muter terus, begitu masuk P, gigi-nya diganjel parking pawl, baru motor kecil brenti muter.
sama kek belt cvt tergantung load, perawatan dan suhu udara om kalo kepansan kerja keras jorok bentaran juga rontok, kalo di rawat pemakaian normal ya kek cvt juga bisa panjang
cuma pemakaian normal ngomngin kayak saya saya rajin ganti lendir pun tapi maen betot betot terus sampe ECU ganti gigi bisa 6800rpm si keknya CVT bentaran jebol.......
ilhami wrote: Thu Dec 04, 2025 6:43
Ya itu gara-gara foglamp hanya ada di tipe Q.
Dan headlamp LED zenix dinilai kurang terang.
itu harusnya recall. Khas pabrikan satu ini, selalu melempar kesalahan ke user
mau expect apa dari brand yg servis 6 bulanan dijadiin bahan marketing?
darrelund wrote: Thu Dec 04, 2025 14:18
mau expect apa dari brand yg servis 6 bulanan dijadiin bahan marketing?
ud 10thn gw treakin brand jepang rasa mobil china pada gak nerima, eh sekarang pada beneran beli mobil china
bakpao dulu ud gw komplen bolak balik gak enak, yang di banggin cuma fitur smart key yang dimana kalo switch pedal rem rusak mobil malahan mogok, bikin iklan lagi jargonya "death to key" sampe pake gambar hangman
gw liat iklannya aja kesel bet gw bilang norak banget si mobil jelek, sama jazz gak ada apa2xnya coba
eh bikin lele cuma nambahin fitur tapi mobilnya makin kacau
at least dari reability masih ok lah biarpun makin kesini makin jeblok karena kebanyakan fitar fitur gak jelas
darrelund wrote: Thu Dec 04, 2025 14:18
mau expect apa dari brand yg servis 6 bulanan dijadiin bahan marketing?
ud 10thn gw treakin brand jepang rasa mobil china pada gak nerima, eh sekarang pada beneran beli mobil china
bakpao dulu ud gw komplen bolak balik gak enak, yang di banggin cuma fitur smart key yang dimana kalo switch pedal rem rusak mobil malahan mogok, bikin iklan lagi jargonya "death to key" sampe pake gambar hangman
gw liat iklannya aja kesel bet gw bilang norak banget si mobil jelek, sama jazz gak ada apa2xnya coba
eh bikin lele cuma nambahin fitur tapi mobilnya makin kacau
at least dari reability masih ok lah biarpun makin kesini makin jeblok karena kebanyakan fitar fitur gak jelas
Emang didesain spt itu
Biar tiap 5 thn ganti mobil
Revenue pun jd ngalir lbh bnyk
Terinspirasi dr prsh fmcg.
Klo mobil dibikin robust kyk panther, ya berat jg untuk jalanin prsh
servis dan jual parts yg udh habis buat hidupin opex dealer, dan muterin capital buat ownernya lg
Scr business perspective hrs spt itu jadinya.
Resale value.. yah udh liquid aja syukur
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Emang didesain spt itu
Biar tiap 5 thn ganti mobil
Revenue pun jd ngalir lbh bnyk
Terinspirasi dr prsh fmcg.
Klo mobil dibikin robust kyk panther, ya berat jg untuk jalanin prsh
servis dan jual parts yg udh habis buat hidupin opex dealer, dan muterin capital buat ownernya lg
Scr business perspective hrs spt itu jadinya.
Resale value.. yah udh liquid aja syukur
padahal mah sama aja om mobil gak selalu pemakaian pribadi lagian masih banyak mindset 5-10thn jual belom ngomongin PT ada masa pakai
emang dasarnya aja pengen nyari duit instant padahal kalo reliable mereka malah bisa bisnis aftermarket restorasi liat aja berapa duit tuh kalo dapet client minta restorasi hartop ke toyota langsung
ilhami wrote: Thu Dec 04, 2025 6:43
Ya itu gara-gara foglamp hanya ada di tipe Q.
Dan headlamp LED zenix dinilai kurang terang.
itu harusnya recall. Khas pabrikan satu ini, selalu melempar kesalahan ke user
mau expect apa dari brand yg servis 6 bulanan dijadiin bahan marketing?
darrelund wrote: Thu Dec 04, 2025 14:18
mau expect apa dari brand yg servis 6 bulanan dijadiin bahan marketing?
ud 10thn gw treakin brand jepang rasa mobil china pada gak nerima, eh sekarang pada beneran beli mobil china
bakpao dulu ud gw komplen bolak balik gak enak, yang di banggin cuma fitur smart key yang dimana kalo switch pedal rem rusak mobil malahan mogok, bikin iklan lagi jargonya "death to key" sampe pake gambar hangman
gw liat iklannya aja kesel bet gw bilang norak banget si mobil jelek, sama jazz gak ada apa2xnya coba
eh bikin lele cuma nambahin fitur tapi mobilnya makin kacau
at least dari reability masih ok lah biarpun makin kesini makin jeblok karena kebanyakan fitar fitur gak jelas
yaris bapao karena masih dari jepun , lele ama joker ambil dari china platformnya.
jazz juga skrg malah jadi city hatchback jadi mobil nanggung asli dah. bisa 4 meteran lebih hatchback ckckc udah nglawan grcorolla mah ini
ilhami wrote: Thu Dec 04, 2025 9:23
jelas aku komplain lah si DM merasa pinter, tapi ada kesan menyamakan semua cvt sabuknya gampang putus. Padahal cvt zenix ga pakai sabuk sama sekali. Ya pakai bahasa normal aja lah, ga semua orang paham semua transmisi, tapi bahasa itu harus dijaga.
yang di bahas DM itu CVT masih jaman belt yang mayoritas masuk bengkel mereka jenik mana ada yang pernah masuk bengkel mereka pernah masuk juga cuma urusan batre jd mereka bener CVT lama2x juga beltnya bubar, lah wong gw malah bawa XTRAIL aja dag dig dug ini gw bawanya bener gak gw terlalu kasar gak ntar jebol lagi malah stresss.........
ditambah gw dapet teana V6 engine note enak bener yaaah cuma dikasih satu ronde gara2x cvt
buang aja mustinya barang busuq kek gini................
tuh koenigseeeg aja buang single gear hybridnya soalnya juga penyakitan ya lagian hypercar ud kayak motor matic.......
kagian yang pernah gw liat mobil lagi bubar CVT honda, alphard, xtrail jd semuanya emang ada kasus belt bubar.......
yang rante macem IVT hyundai malah keknya di bayar dengan gearnya lebih kasar bawa IVT itu berasa banget kayak lagi narik rante......
malah gw pernah dapet konsumen ngotot alphard V6 karena mereka gak mau urusan sama CVTnya alphard soalnya emang terkenal rewel
jinik gearbox kuat tapi ada komponen suka jebol mirip2x kek belt CVT namanya inverter kalo rusak gantinya 40jt juga sama aja boong
regera itu penyakitan emang, makanya doi skrg pake 7 clutch gearbox LST kalo galsah
oiya IVT kasarkan kalo lama2.
zenix dah pake plateneatry gear gak pake delt driven
ilhami wrote: Thu Dec 04, 2025 9:23
jelas aku komplain lah si DM merasa pinter, tapi ada kesan menyamakan semua cvt sabuknya gampang putus. Padahal cvt zenix ga pakai sabuk sama sekali. Ya pakai bahasa normal aja lah, ga semua orang paham semua transmisi, tapi bahasa itu harus dijaga.
yang di bahas DM itu CVT masih jaman belt yang mayoritas masuk bengkel mereka jenik mana ada yang pernah masuk bengkel mereka pernah masuk juga cuma urusan batre jd mereka bener CVT lama2x juga beltnya bubar, lah wong gw malah bawa XTRAIL aja dag dig dug ini gw bawanya bener gak gw terlalu kasar gak ntar jebol lagi malah stresss.........
ditambah gw dapet teana V6 engine note enak bener yaaah cuma dikasih satu ronde gara2x cvt
buang aja mustinya barang busuq kek gini................
tuh koenigseeeg aja buang single gear hybridnya soalnya juga penyakitan ya lagian hypercar ud kayak motor matic.......
kagian yang pernah gw liat mobil lagi bubar CVT honda, alphard, xtrail jd semuanya emang ada kasus belt bubar.......
yang rante macem IVT hyundai malah keknya di bayar dengan gearnya lebih kasar bawa IVT itu berasa banget kayak lagi narik rante......
malah gw pernah dapet konsumen ngotot alphard V6 karena mereka gak mau urusan sama CVTnya alphard soalnya emang terkenal rewel
jinik gearbox kuat tapi ada komponen suka jebol mirip2x kek belt CVT namanya inverter kalo rusak gantinya 40jt juga sama aja boong
regera itu penyakitan emang, makanya doi skrg pake 7 clutch gearbox LST kalo galsah
oiya IVT kasarkan kalo lama2.
zenix dah pake plateneatry gear gak pake delt driven
Jinik bensin direct shift cvt kyk voxy, pk belt dan puli
Jinik hibrid iya tanpa belt, ecvt
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
yang di bahas DM itu CVT masih jaman belt yang mayoritas masuk bengkel mereka jenik mana ada yang pernah masuk bengkel mereka pernah masuk juga cuma urusan batre jd mereka bener CVT lama2x juga beltnya bubar, lah wong gw malah bawa XTRAIL aja dag dig dug ini gw bawanya bener gak gw terlalu kasar gak ntar jebol lagi malah stresss.........
ditambah gw dapet teana V6 engine note enak bener yaaah cuma dikasih satu ronde gara2x cvt
buang aja mustinya barang busuq kek gini................
tuh koenigseeeg aja buang single gear hybridnya soalnya juga penyakitan ya lagian hypercar ud kayak motor matic.......
kagian yang pernah gw liat mobil lagi bubar CVT honda, alphard, xtrail jd semuanya emang ada kasus belt bubar.......
yang rante macem IVT hyundai malah keknya di bayar dengan gearnya lebih kasar bawa IVT itu berasa banget kayak lagi narik rante......
malah gw pernah dapet konsumen ngotot alphard V6 karena mereka gak mau urusan sama CVTnya alphard soalnya emang terkenal rewel
jinik gearbox kuat tapi ada komponen suka jebol mirip2x kek belt CVT namanya inverter kalo rusak gantinya 40jt juga sama aja boong
regera itu penyakitan emang, makanya doi skrg pake 7 clutch gearbox LST kalo galsah
oiya IVT kasarkan kalo lama2.
zenix dah pake plateneatry gear gak pake delt driven
Jinik bensin direct shift cvt kyk voxy, pk belt dan puli
Jinik hibrid iya tanpa belt, ecvt
oalah zenix biasa toh. paham2
US beneran dong mau masukin kei-car @boku
unpopular opinion : CVT itu ga cocok buat med-large size vehicle menurutku karena beban/load capacity https://www.motor1.com/news/780870/trum ... g-america/
kayukayuthe5th wrote: Fri Dec 05, 2025 4:00
oalah zenix biasa toh. paham2
US beneran dong mau masukin kei-car @boku
unpopular opinion : CVT itu ga cocok buat med-large size vehicle menurutku karena beban/load capacity https://www.motor1.com/news/780870/trum ... g-america/
tapi ya balik lagi mau jenik hybrid cvtnya kuat kek sama aja boong mendingan benerin belt putus murah batre malah lebih mahal
lagian tuh cape2x bikin teknologi jungkir balik yang resale valuenya kuat malahan yang pake gearbox majapahit......
CUMA bisa komen namanya juga batre cuma tuhan yang tahu kapan mampusnya,
itu cuma aki saya juga ngalamin saya ud bawa ke tukang aki di cek kata tukang aki waah ini masih bagus kok pak ya ud pulang, eh baru sampe rumah langsung mampus ...........
jd nyalahin bengkel juga gak bisa emang batre ya gitu suka2x dia atau tuhan kalo tuhan bilang batre loe mampus malem ini ya mampus
kalo ngomongin aftersales busuk ya gw si setuju kalo denger pengalaman dia, tapi kalo nyalahin bengkel gak kasih dia warning aki soak gw kurang setuju ya gitu deh labilnya batre di cek semua sehat bisa tiba2x mampus sendiri dan saya juga ud ngalamin
b0ku wrote: Thu Dec 04, 2025 9:52
jinik gearbox kuat tapi ada komponen suka jebol mirip2x kek belt CVT namanya inverter kalo rusak gantinya 40jt juga sama aja boong
Kalo Toyota hibrid-nya ru ndak pake belt/clutch/TQ samsek, cuma planetary gear diatur ama motor kecil, motor gedenya buat power atau genset tergantung algoritma. Nah yang saya baru tau itu inverter jinik gampang jebol . Bukannya voltase jinik cuma 200V ya ?, atau memang karena dia sibuk banget ngatur generator ama motor transmisi ya ?.
FYI, kenapa kita kalo brenti lama di hibrid Toyota harus P, bukan N ya ini. Kalo N buat jaga biar mobil gak jalan tu motor kecilnya muter terus, begitu masuk P, gigi-nya diganjel parking pawl, baru motor kecil brenti muter.
Dapet info di FB grup nya zenix, sepertinya ya memang begitu logic nya. Zenix hybrid ngga bisa diam di posisi N, karena baterai akan terkuras dan mesin bisa mati sama sekali. Aktifkan saja mode auto hold nya, atau ke P sekalian. Itu batasan mekanik dari sistem hybrid toyota.
kalau inverter zenix cepat rusak, belum pernah dengar keluhan di FB grup tersebut.