[ask] Legalkah mocin meniru mopang?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

h3ndryg
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51

Post by h3ndryg »

tsu81 wrote:pabrik2 perakitan mocin IMO ambruk bukan karena kehilangan kepercayaan... tapi emang nggak bisa merebut kepercayaan kebanyakan masyarakat Indo yang udah terlanjur fanatik ama Honda/ Suzu/ Yamaha, terutama Honda tuh....
klo di Jawa timur, apalagi di desa2, yang namanya sepeda motor itu Honda, jadi klo ada orang nanya "eh mas, honda mu nang endi ? " (Eh mas, honda mu dimana ?) padahal si empunya mtr punya nya Yamaha hehehehe ^^

terus klo soal kualitas..... IMO itu sangat2 tergantung si user, pernah liat motor2 polisi yang Loncin 250 ? AFAIK itu motor2 udah ada semenjak 2003/2004, dan sejauh yang gw liat masih mulus2 tuh semua
terus juga.... ada temen gw yang make Jialing (model Grand 95) buset... masih kinclong kaya baru
Betul itu, orang indonesia sudah terlanjur fanatik dengan merek merek jepang termasuk bung desuk :D , sudah terlanjur fanatik dengan Shogunnya :lol:
User avatar
swift
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 989
Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
Location: lumpia city

Post by swift »

gini aja deh bro-bro sekalian,negara cina namanya juga lagi belajar,industrinya juga lagi belajar terus menerus...lah kan lama kelamaan pinter tuh, jadi siapa tahu dengan perkembangan jaman tekhnologi sekarang,kualitas motor made in cina makin baik.trus soal masalah jiplak-menjiplak,ya kan ga ada hak paten.jadi yo sah-sah wae,hehehe...pernah baca nih,di cina sono,perusahaan mopang sampe ngajak kerjasama mocin dalam produksi motor,bahkan berlaku pula dalam pembuatan mobil,yah daripada dimusuhi,lebih baik dijadikan sekutu...art of war kali ya..lebih efisien
kebetulan adik punya hokaido flash,tahun 2002,sampe sekarang masih mulus-mulus aja,catnya juga ga busem,kinclong,udah gitu kemaren sempet ikut kontes,ga menang sih,tapi pede aja lagi.mesin juga ga trouble...jadi mungkin juga tergantung ama si pemakainya juga..sifat bikers dapat dilihat dari tunggangannya,kalo motornya ancur...b'arti ga prnh dirawat tuh motor,cuma asal pake doang.b'arti ga sayang motor dong....murah sih murah,tapi belum tentu yang murah tu jelek...trims ....
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

Post by azizdth »

bener bro swift, ga cuman mopang aja lho, harley aja yang sempet mo mempermasalahkan masalah tirumeniru ga jadi krn hal tsb malah hanya akan merugikan, akhirnya kerjasamalah dia ama zongshen utk pemasaran harley di china. kalo main frontal dgn menyerang industri cina secara langsung ga akan menang, krn mereka menguasai mungkin sepertiga pasar otomotif dunia(mungkin lho, jadi bisa salah, hehehe). bayangkan kalo sampe cina memboikot produk tertentu, berapa kerugian yg bakal didapat....gitu kira2...
ronnymetal007
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Jan 27, 2007 13:29

Post by ronnymetal007 »

om-om , suhu" sekalian, kt bokap saya nih (yg ngerti ekonomi gini)
dia flashback awal kejayaan produk jepang..
ktnya,dulu produk jepang juga mengalami 3 MASA seperti cina saat ini, dimana:
1.MENCONTEK ABIS MODEL
2.MENGEMBANGKAN MODEL
3.MEMBUAT SENDIRI MODEL

ingat toshiba dan merk kulkas yg brasal dr jepang(duh lupa nama merknya apa, hehe)
dulu jg mengalami siklus hidup cina sprti skarang

produk jepang, dulunya, tidak langsung CROTT keluar model" terkenal dan punya image brand kuat...tapi, sama spt cina, mereka membeli langsung barang sprti kulkas, TV, etc dr amerika sanah(CMIIW)..dan mereka meniru ABIS model" itu dan menjualnya ke pasaran....tp apa yg didapat??produk jepang saat itu terkenal yg paling buruk kualitasnya(CMIIW), nah krn dicap jelek itu lah mereka mulai BELAJAR untuk membuat produk yg lebih baik(memasuki tahap ke-2) menganalisa sumber kelemahan, mengupgrade kualitas bahan, mendatangkan insinyur dr luar u/ pengembangan...
dr hasil pengembangan model tersebut, kualitas produk jepang mulai disegani dunia...
dan pada akhirnya(hingga sekarang), mereka telah memasuki tahap ke-3, dimana mereka sudah bisa membuat produk mereka sendiri dengan model mereka sendiri pula, dengan kualitas yg bagus dan memimpin pasar produk di dunia(CMIIW)...

dan, menurut bokap ane nih, hehe...
cina sekarang sudah memasuki tahap ke-2, dimana perkembangan ekonominya sedang giat digencarkan, yg semula hanya MENYONTEK, sekarang sudah memasuki tahap pengembangan, krn banyak investor asing membuat barang disanah, otomatis kualitas masyarakatnya meningkat dong, dan banyaknya populasi manusia disana, membuat banyak orang cina yg ingin mendapat pekerjaan,hehe, contohnya:nokia, dll, produk jepang pun sudah banyak yg diproduksi disana(CMIIW BOS)hehe..
liat kan banyak produk bermerk jepang diproduksi di china???(thailand jg sih contohnya honda, hehe)hehe...


Nah, kita tinggal menunggu waktu saja TAHAP KE-3 CHINA itu datang...dan bukan tak mungkin bahwa SUATU SAAT produk CHINA bakal memimpin pasar...
SUATU SAAT, hehe..


CMIIW, CMIIW, CMIIW...
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

mocin itu lebih baek dare semuanya, gw dukung mah... dukung habis kalo gw dikasih motor gratis.. wakakak...

kan capek ngedukung product yg murmer, banyak yg gak mau merk mopang disamain ama mocin...!! piss bro....!! motor gw jg mopang, bagus kok... :)

sepertinya gak beda jauh kualitas mocin ama mopang versi indonesia...
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

Post by azizdth »

adek ipar ane pake sanex model supra udah mo 2 taon tp masih bagus. tarikan malah lebih bagus dari supra x yg baru...
denmas
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Fri Jan 19, 2007 4:25
Location: Diatas Kymco Trend SR 125 CC

Post by denmas »

motor cina sebenernya nmggak jelek2 amat lho......apalagi yang produksi sana.....apesnya yang dibawa ke indo itu banyakan produk home industry.....emang dodol nih para spekulan yag cuma mau ambil untung gede karena banjir motor cina..........

tapi kita sekarang2 ini juga bersyukur karena motor cina masuk ke indo.....bayangkan betapa honda, suzuki dan yamaha kebakaran jenggot, terutama honda........akhirnya mereka berani juga ngeluarin motor murah (akibatnya juga kualitas dikurangi) yang mengambil basis thailand........dan bodohnya kita juga mau beli karena ngeliat merek.........semua nggak bakal terjadi kalo motor cina nggak masuk indo........selama ini kita terbuat ama merek2 jepang yang sebenernya dah ngambil untung gede banget buat motor2 yg diproduksinya...........
--------Salam Standard-------
Image
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

kalo gue pikir sih.. jepang kan udah lama bikin motor (otomotif), jadi segala seluk beluknya mungkin juga udah mahir lah. daripada cina yang masih belajar tahap 2 (kata postingan di atas), pastilah belum semahir jepang. berpengaruh terhadap hasil produknya yang gue nilai masih tidak sebagus jepang, apalagi yang versi murahnya (produk cina juga ada berkelas loh).

jadi fungsi image juga sedikit berguna, untuk melihat seberapa pengalamannya sih tuh pembuat produk. Kalo pengalaman sudah tinggi kan, produknya juga semestinya dan sepatutnya adalah bagus.

tapi lain hal dgn disini, makin tinggi image kok tidak bisa mempertahankan kualitas, malah semakin lama semakin menurun, alih2/mentang laku keras jadi kurang memperhatikan kualitas, semakin murah tapi memotong kualitas. dan gue menilai, produk jepang pun mengalami penurunan kualitasnya (gak bicara merk, pokoknya produk yang ngaku buatan atau afiliasi jepang)

jadi, sahkah mocin meniru mopang, mungkin boleh2 saja asal tidak merugikan yang lain (model bisa mirip2, tapi merknya harus mandiri, ini gak, kadang2 merk plesetan). seperti pepatah si tukul; biar muka jelek dan bodo, tapi tidak merugikan orang lain.. hehe.
semoga selamat sampai duluan
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

^gw setojo...

back to leptop, alias to topic.... :D
tp gw ngerasa mocin melakukan strategi meniru merk kemungkinan karena terpaksa... itu krn konsumen yg udah terbuai ama merk tp ngelupain kualitas. Jd mocin ngemirip-miripin merk motor biar konsumen merasa familiar dgn motor keluaran mocin.

Dan kompetisi bisnis untuk masalah nama ato merk itu udah gak tabu lg di jaman globalisasi skrg, skrg kan konsumen udah pada jago ngenilai product2 mana yang sesuai ama kebutuhan... terutama SM'ers :D:D
User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

Post by desuk »

kapankah indonesia bisa menuju tahap 2?

indonesia hanya digunakan sebagai tempat pemasaran saja.
kapan indonesia bisa meniru cina.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

gimana penggunanya
mau jepang mau cina mau india
kalo usernya jorok mah pasti kebablasan ancur
awet rajet lah........
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

brarti pengguna motor di endoensea itu ada yg make motor buat dirusak-rusakin ato dikotor-kotorin yah...?! Aneh... :(

ato krn murah mangkanya gak dirawat, hehehe... semuanya udah kepengen make moge..!! biar tiap harinya bisa ngebut ngelawan BM....


Salam OOT...
User avatar
uzrockstar
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Mon Dec 11, 2006 3:06
Location: jakarta selatan

Post by uzrockstar »

OOT nih...

IMO apaan sih ?
IMO ?
gw gak tau istilah ini ?
gaptek maklum nih
"Macam BetuL" :roll:
User avatar
adjokasep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Mon Nov 06, 2006 4:53
Location: Jakarta

Post by adjokasep »

Diriku memakai Mocin Hokaido Rider 110 bekas taun 2001, dibeli Des 2004 dg harga 2.3jt....

Lumayan lah dibanding naek angkot. Motor jarang dimandiin, jarang diservis kecuali kalo udah susah diidupin. Yg penting ngga telat ganti oli. Aku pake shell advance SX4.

memang sih kalo kenyamanan ngga bisa dibilang enak...:D

yg penting buatku bisa dipake pulang pergi ke tempat kerja. dan sampai sekarang masih bisa dipake rada2 ngebut walaupun tanpa pake gigi3 (kayaknya stelannya atau apaannya deh... ngga ngerti), gigi 3 cuman dilewatin aja.

Simotor juga sering bawa beban yg kelewat batas,:
1. bawa jam dinding 100pcs dari Senen ke Sawangan
2. bawa Keluarga (aku+istri+2anak+PRT) dari rumah di kampung ke jalan depan.


:)

Lumayan lah....


::PEACE::
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

bujug dah...!! ente udah termasuk pemain acrobat ato free styler lho kalo ngebawa keluarga (5 org) cuman make motor bebek... hebat2... tp ttp hrs safety first lho bro... :D
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

Post by azizdth »

uzrockstar wrote:OOT nih...

IMO apaan sih ?
IMO ?
gw gak tau istilah ini ?
gaptek maklum nih

setuju gw jg dari dulu kaga tau artinya apa...pura2 ngarti aja, padahal binun jg bacanya spt IMO, OOT, STW trus apa lagi yaah??? :roll:
trus kalo "macam betul" ntu juga maksudnya apa??? :lol:
User avatar
tsu81
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Thu Jan 04, 2007 15:25
Location: Neo Venezia

Post by tsu81 »

In My Opinion, biasanya sih IMHO, ditambahin Humble ditengahnya

klo STW apaan tu bro azidth ? setengah tua ? :lol:

jadi ot de hehee ^^
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

desuk wrote:kapankah indonesia bisa menuju tahap 2?

indonesia hanya digunakan sebagai tempat pemasaran saja.
kapan indonesia bisa meniru cina.

LAH kan udah, mm.. montor yang merknya tossa (eh, tossa apa taurus ye, lupa), kan risetnya kita,, indonesia punya.
semoga selamat sampai duluan
User avatar
adjokasep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Mon Nov 06, 2006 4:53
Location: Jakarta

Post by adjokasep »

@riofhaloho

Ngga di jln raya koq... cuman di jln kampung menuju jln raya, biar ngga naek ojeg....

Kalo di jl. raya sih seringan berdua aja sama bini....
kadang2 bertiga sama anak yg gede, iru jg masih umur 3 thn..


::Peace::
User avatar
adjokasep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Mon Nov 06, 2006 4:53
Location: Jakarta

Post by adjokasep »

@jojo

Kanzen taurus Kali....

Tossa mah Mocin bener2 rakitan Kendal.

Kl. Tossa yg lumayan sih kayaknya Tossa OptimaX, bebek monosok bermesin GL.


Boleh diintip disini:

TOSSA MOTORCYCLE

KANZENMOTOR
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

^ohhh

kirain dijalan raya kek gituan....
safety first brarti yah bro... :D
h3ndryg
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51

Post by h3ndryg »

Pengalaman saya pake Tossa Optima waktu beli tahun 2002, waktu dibawa pertama kali rasanya enak banget, dan kalau dibanding dengan motor motor bebek jepang, terasa beda sekali tarikannya, Optima terasa banget tarikannya, pernah ngetes sama motor GL Pro Neotech, Motor Tossa saya langsung maju paling depan, cuma waktu itu kalah nafas, mungkin karena perbedaan CCnya ya,
Setelah saya ganti Silinder bloknya dengan punya Cina juga dan ganti pistonnya dengan punya gl pro CDI yg OS 1 (krn memang harus pake piston itu krn yg paling sesuai Piston GL PRO CDI OS 1.00) merek aspira Optima saya jadi 150cc, ngetes sama TIGER, Optima saya bisa lumayan jauh ninggalin TIGER apalagi Mega Pro. Ngetes sama Satria FU standar juga menang juga.
Memang betul kata bro adjokasep, Tossa Optima paling bagus, tapi produk produk tossa yang lain juga bagus juga, terbukti teman saya pake Tossa model bebek supra, sampe sekarang itu motor masih mulus lus lusssss banget :D
penchot
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue Mar 27, 2007 18:21

Post by penchot »

kalo menurut ane selama ente tau celah ngebangun + ngerawat tuh mocin.

bengkel di deket bengkel gw punya kanzen apa yah merk nya pokoknya yg kaya supra, ntu mayan sangar bro tuh kanzen

yah mungkin org dah mempunyai sugesti klo motor jepang itu bagus dari motor cina
User avatar
ahardo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: Sat May 20, 2006 8:47
Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat

Post by ahardo »

mungkin karena sudah terbiasa dengan doktrin montor2 jepang, yang dibilang bagus, tp klo menurut gw sih, gak usah liat mereklah, liat kualitas dan kenyamanan serta kemudahan sparepart aja,... klo mocin emang memadai seperti itu.. gw jamin mocin jg pasti laku, itupun klo orang indonesia sudah bisa berubah total dari doktrin2 montor2 pendaulu cmiw..
Turbo Hayabusa

Image
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

Post by azizdth »

ahardo wrote:mungkin karena sudah terbiasa dengan doktrin montor2 jepang, yang dibilang bagus, tp klo menurut gw sih, gak usah liat mereklah, liat kualitas dan kenyamanan serta kemudahan sparepart aja,... klo mocin emang memadai seperti itu.. gw jamin mocin jg pasti laku, itupun klo orang indonesia sudah bisa berubah total dari doktrin2 montor2 pendaulu cmiw..
Wise mind....Agree....