
Siapa yg sudah test drive Captiva?
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Iya nih... mana reviewnya? jangan2 lagi pusing cari MID ga nemu2.. nih sampe lupa test u/ review. 

MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
- Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN
Iya deh saya tulis review captiva M/T gw.
Pada waktu km 201 saya melakukan pengisian premium 65 liter full tank + dynotab 1 biji. Karena RON ang dibutuhkan CAPTIVA adalah RON 91 dan juga karena harga pertamax di Medan 7000 Rupiah maka saya isi premium aja. Dalam seminggu ini saya hanya pakai di dalam kota dan test running ke tol luar kota. Seperti yang saya katakan sebelumnya transmisi M/T Captiva agak seret dan kasar, tetapi minim hentakan. Suara mesin lembut, dan kabin sangat hening. Suspensi termasuk karakter medium. Ga keras2 amat ga lembut2 amat. Kalo sendirian agak keras sedikit dan kalo dah full load sangat nyaman.
Seperti biasa style saya mengemudi bukan yang tipe agresif tiap RPM 2000-2500 saya ganti gigi, Kecuali waktu masuk tol Belawan saya coba maen di RPM atas. Captiva Redlinenya ada pada posisi 6500 RPM tetapi di brosur RPM max 144/5000 RPM, Saya coba melebihi RPM 5500 dan suara mesin mulai meraung dan mobil mulai kehilangan tenaga, pas diatas 5500 mobil kaya ada engine brake dan KM sudah tidak tambah lagi . Berarti memang mobil ini sudah tidak ada power lagi. Pada waktu gigi keempat KM sudah menunjukan 130km dan saya tidak berani lagi untuk melanjutkan ke gigi 5 karena jarak tol yang pendek. Kestabilan CAPTIVA memang sangat diacungi jempol, dan pada kecepatan 130km juga mobil masih terasa sangat lambat dan senyap. Suara kolong dan luar hanya kedengaran samar2.
Di tol saya juga bermain di RPM rendah untuk mencapai kecepatan 100KM. Seperti biasanya mobil lain pada waktu gigi ke-5, pada waktu kecepatan pas 100 km RPM akan berada di 3000. Tetapi Captiva M/T beda, pada waktu posisi gigi ke-5, kecepatan 100 km ada pada posisi RPM 2700. Ini lah yang membuat captiva irit.
Lalu saya ke mal untuk test tanjakan digedung parkir dengan full load 8 penumpang yang rata2 beratnya 60kg. Captiva hanya perlu lebih kurang RPM 1800 untuk naik pada gigi ke-1. Bandingkan dengan INNOVA teman saya yang full load perlu hampir 3000 RPM utnuk naik.
Setelah seminggu CAPTIVA saya dipakai kebanyakan di dalam kota dengan rata2 3 penumpang pada waktu yang panas dan macat2 normal dan sekali di jalan tol pulang balik . Akhirnya pada km 634 dan perjalanan saya selama seminggu sebanyak 433 km, saya lakukan isi premium full tank untuk mengetahui keiritan bensin. Bensin terisi full sampai 52.8 liter.
Berarti 433/52.8 = 1: 8.2. Lumayan irit untuk sebuah SUV yang cc 2400 dan berat kosong 1700 kg. Apalagi kalo saya isi pertamax pasti akan lebih irit lagi.
1:8.2 ini mungkin bisa saya dapatkan karena saya bermain di RPM rendah 2000-2500 untuk ganti gigi(kecuali waktu di tol tadi). Tapi karena gaya orang indonesia kebanyakan ganti gigi di RPM atas makanya bisa mendapatkan kurang dari hasil saya.
Pada waktu km 201 saya melakukan pengisian premium 65 liter full tank + dynotab 1 biji. Karena RON ang dibutuhkan CAPTIVA adalah RON 91 dan juga karena harga pertamax di Medan 7000 Rupiah maka saya isi premium aja. Dalam seminggu ini saya hanya pakai di dalam kota dan test running ke tol luar kota. Seperti yang saya katakan sebelumnya transmisi M/T Captiva agak seret dan kasar, tetapi minim hentakan. Suara mesin lembut, dan kabin sangat hening. Suspensi termasuk karakter medium. Ga keras2 amat ga lembut2 amat. Kalo sendirian agak keras sedikit dan kalo dah full load sangat nyaman.
Seperti biasa style saya mengemudi bukan yang tipe agresif tiap RPM 2000-2500 saya ganti gigi, Kecuali waktu masuk tol Belawan saya coba maen di RPM atas. Captiva Redlinenya ada pada posisi 6500 RPM tetapi di brosur RPM max 144/5000 RPM, Saya coba melebihi RPM 5500 dan suara mesin mulai meraung dan mobil mulai kehilangan tenaga, pas diatas 5500 mobil kaya ada engine brake dan KM sudah tidak tambah lagi . Berarti memang mobil ini sudah tidak ada power lagi. Pada waktu gigi keempat KM sudah menunjukan 130km dan saya tidak berani lagi untuk melanjutkan ke gigi 5 karena jarak tol yang pendek. Kestabilan CAPTIVA memang sangat diacungi jempol, dan pada kecepatan 130km juga mobil masih terasa sangat lambat dan senyap. Suara kolong dan luar hanya kedengaran samar2.
Di tol saya juga bermain di RPM rendah untuk mencapai kecepatan 100KM. Seperti biasanya mobil lain pada waktu gigi ke-5, pada waktu kecepatan pas 100 km RPM akan berada di 3000. Tetapi Captiva M/T beda, pada waktu posisi gigi ke-5, kecepatan 100 km ada pada posisi RPM 2700. Ini lah yang membuat captiva irit.
Lalu saya ke mal untuk test tanjakan digedung parkir dengan full load 8 penumpang yang rata2 beratnya 60kg. Captiva hanya perlu lebih kurang RPM 1800 untuk naik pada gigi ke-1. Bandingkan dengan INNOVA teman saya yang full load perlu hampir 3000 RPM utnuk naik.
Setelah seminggu CAPTIVA saya dipakai kebanyakan di dalam kota dengan rata2 3 penumpang pada waktu yang panas dan macat2 normal dan sekali di jalan tol pulang balik . Akhirnya pada km 634 dan perjalanan saya selama seminggu sebanyak 433 km, saya lakukan isi premium full tank untuk mengetahui keiritan bensin. Bensin terisi full sampai 52.8 liter.
Berarti 433/52.8 = 1: 8.2. Lumayan irit untuk sebuah SUV yang cc 2400 dan berat kosong 1700 kg. Apalagi kalo saya isi pertamax pasti akan lebih irit lagi.
1:8.2 ini mungkin bisa saya dapatkan karena saya bermain di RPM rendah 2000-2500 untuk ganti gigi(kecuali waktu di tol tadi). Tapi karena gaya orang indonesia kebanyakan ganti gigi di RPM atas makanya bisa mendapatkan kurang dari hasil saya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
- Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN
Masih plat putih BK 6516 YX.Ntar kalo keliatan gw dim gw deh oh ya CAPTIVA Silver ya.Hansen wrote:iya tuh, manaa???
bung Leonhearts kan di Medan yah? nomor platnya brapa tuh?
BTW bro hansen dah dapat blom stiker serayamotornya. Saya belum dapat nih, padahal tanggal 20 sudah dikirm loh. Dah hampir satu minggu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
- Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN
Ada kendala nih. Karena mobil CAPTIVA masih baru. Saya coba untuk pasang karpet dasar dan jok. Ternyata banyak toko yang belum berani buka jok saya. Karena ada per gas dan juga baris ketiga yang pemasangannya sangat rumit. Jadi sampai sekarang mobil saya masih fabric. Hicks padahal pingin elegan. Lalu laci kosong MID tinggal tunggu kabar sales dan audio steering switch juga tinggal tunggu waktu saja. Soalnya dibuku manual, Head unit yang dipakai di INdonesia bisa dipasang AUDIO STEERING.
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
- Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN
yANG BK 6500 ITU anaknya SMART COM punya. Update terakhir isi bensin dalam kota 1: 9.1. Not bad lar...
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
- Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Mon Jul 02, 2007 5:24
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re:
Gue kurang setuju sama yg diatasFortunerMan wrote:Yg benar2 bikin GM ambruk karena kelakuannya jaman 80-90an, ngeluarin mobil2 jelek design, boros bensin, dan build quality rendah - ditambah pula dengan cost nya yg tinggi. Mobil GM rata2 lebih murah dr mobil Jepang - udah cost tinggi harga rendah, ya susah. Giliran jaman org nyari mobil irit, GM/Ford/Chrysler tetap ngotot dgn big engine SUV nya. Naik daun lah merek2 Jepang. Tapi 5-7 thn terakhir reliability mobil2 Amerika (terutama GM dan Ford) sudah setara atau melebihi produk2 Jepang, tapi dr segi desirability butuh cukup lama untuk mengembalikan masa jaya GM. The big General is fighting back...
Untungnya gak sampe gulung tikar, sayang sekali kalo merek2 bersejarah di bawah GM mesti ilang. Tapi sampai sekarang saya masih nunggu real GM cars masuk ke Indonesia, not just rebadged Daewoos. Cadillac, Buick, Pontiac, Opel, Saab, Holden ....kapan ya mampir ke Indonesia? Di China aja sukses besar tuh Buick, main dong ke Indonesia...hehehe...

Amerika memproduksi mobil dengan kapasitas besar dan bertenaga besar agar tidak terjadi Kompetisi antara mobil Amerika dan jepang dimana mereka membagi kelas ,jepang adalah negara industrialis yg karena kalah perang " DIBATASI " secara politis . amerika memberi ruang kepada otomotif jepang agar bangsa mereka dapat hidup layak secara ekonomi yg mana jepang miskin sumber daya alam . kalau masalah teknologi gak usah ditanya Komputer AMD ATI NVIDIA Serta INTEL di sana markasnya

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Siapa yg sudah test drive Captiva?
thread lama resurrected?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 140
- Joined: Wed Nov 11, 2009 2:58
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Siapa yg sudah test drive Captiva?
ahaha..biarin ajalah, biar rame lagi...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Tue Feb 16, 2010 11:00
Re: Siapa yg sudah test drive Captiva?
bantuin idupin thread....
Captiva Diesel AWD merah ( Red Devil
)
Konsumsi bahan bakar 1:9 dalkot 1:10 luar kota ( agak boros kayaknya karena sering bejeggg
)
Max speed 200kpj ....( terpaksa mengurangi kecepatan setelah menyentuh titik itu karena tiba tiba terdengar suara GUPRAKKK.....door visor lepas ....
)
Two tumbs up buat captiva karena nikung di cipularang speed 120 masih sangat stabilll......speed 140kpj masih terasa lambat....
sekian dulu....
khens
Captiva Diesel AWD merah ( Red Devil

Konsumsi bahan bakar 1:9 dalkot 1:10 luar kota ( agak boros kayaknya karena sering bejeggg

Max speed 200kpj ....( terpaksa mengurangi kecepatan setelah menyentuh titik itu karena tiba tiba terdengar suara GUPRAKKK.....door visor lepas ....


Two tumbs up buat captiva karena nikung di cipularang speed 120 masih sangat stabilll......speed 140kpj masih terasa lambat....


sekian dulu....
khens
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Siapa yg sudah test drive Captiva?
khens wrote:bantuin idupin thread....
Captiva Diesel AWD merah ( Red Devil)
Konsumsi bahan bakar 1:9 dalkot 1:10 luar kota ( agak boros kayaknya karena sering bejeggg)
Max speed 200kpj ....( terpaksa mengurangi kecepatan setelah menyentuh titik itu karena tiba tiba terdengar suara GUPRAKKK.....door visor lepas ....![]()
)
Two tumbs up buat captiva karena nikung di cipularang speed 120 masih sangat stabilll......speed 140kpj masih terasa lambat....![]()
![]()
sekian dulu....
khens
sniff sniff......
kayaknya ane kenal neh ama captiva merah AWD yg denger2 doyan ngebut di cipul......


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Siapa yg sudah test drive Captiva?
err...ctv diesel awd 200kph? pabrik claim yg 2wd 180kmh, video2 youtube ada yg dpt 190kmh. kalo diukur dgn gps, ada speed error lumayan.khens wrote:bantuin idupin thread....
Captiva Diesel AWD merah ( Red Devil)
Konsumsi bahan bakar 1:9 dalkot 1:10 luar kota ( agak boros kayaknya karena sering bejeggg)
Max speed 200kpj ....( terpaksa mengurangi kecepatan setelah menyentuh titik itu karena tiba tiba terdengar suara GUPRAKKK.....door visor lepas ....![]()
)
Two tumbs up buat captiva karena nikung di cipularang speed 120 masih sangat stabilll......speed 140kpj masih terasa lambat....![]()
![]()
sekian dulu....
khens
pernah test pk gps?
fc nya bagus dong itu utk awd, gw dalkot 2wd kadang cuma 1:8 hampir ke 9 lah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Siapa yg sudah test drive Captiva?
kebetulan saya pernah hitung manual dan hasilnya 8,29 km/liter untuk dalkot padahal yang tertera di MID (dari baru belum pernah direset) 11,2 liter/100 km.roadtrain99 wrote:
err...ctv diesel awd 200kph? pabrik claim yg 2wd 180kmh, video2 youtube ada yg dpt 190kmh. kalo diukur dgn gps, ada speed error lumayan.
pernah test pk gps?
fc nya bagus dong itu utk awd, gw dalkot 2wd kadang cuma 1:8 hampir ke 9 lah.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Tue Feb 16, 2010 11:00
Re: Siapa yg sudah test drive Captiva?
Abu2 wrote:khens wrote:bantuin idupin thread....
Captiva Diesel AWD merah ( Red Devil)
Konsumsi bahan bakar 1:9 dalkot 1:10 luar kota ( agak boros kayaknya karena sering bejeggg)
Max speed 200kpj ....( terpaksa mengurangi kecepatan setelah menyentuh titik itu karena tiba tiba terdengar suara GUPRAKKK.....door visor lepas ....![]()
)
Two tumbs up buat captiva karena nikung di cipularang speed 120 masih sangat stabilll......speed 140kpj masih terasa lambat....![]()
![]()
sekian dulu....
khens
sniff sniff......
kayaknya ane kenal neh ama captiva merah AWD yg denger2 doyan ngebut di cipul......![]()
SIAP OM DONI.....
Lampung apa kabar.....lama kita ngga ketemuan yah..............kalo ke bandung kabari lah...kita ngupi ngupi gitu....
salam,
khens
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Tue Feb 16, 2010 11:00
Re: Siapa yg sudah test drive Captiva?
kurang tau juga kalo masalah itu ...cuma pernah satu kali saya di cikampek ada forti bensin 2700cc ambil kiri mau nyalip.....saya isengin aja bejek gas sampe poll...speed 140kpj dia masih ngimbangin...speed 160kpj dia juga masih nempel di kiri ....pas speed 170kpj dia udah mulai keteteran...pas speed 180kpj die udah agak jauh...hehehe....saya perlambat lagi mobil saya dan dia ambil lagi jalur kiri. saya kebut lagi ....hal tersebut saya ulangi lagi sampe 2 kali...habis itu....saya kasih jalan deh...kasian...hehehehheroadtrain99 wrote:err...ctv diesel awd 200kph? pabrik claim yg 2wd 180kmh, video2 youtube ada yg dpt 190kmh. kalo diukur dgn gps, ada speed error lumayan.khens wrote:bantuin idupin thread....
Captiva Diesel AWD merah ( Red Devil)
Konsumsi bahan bakar 1:9 dalkot 1:10 luar kota ( agak boros kayaknya karena sering bejeggg)
Max speed 200kpj ....( terpaksa mengurangi kecepatan setelah menyentuh titik itu karena tiba tiba terdengar suara GUPRAKKK.....door visor lepas ....![]()
)
Two tumbs up buat captiva karena nikung di cipularang speed 120 masih sangat stabilll......speed 140kpj masih terasa lambat....![]()
![]()
sekian dulu....
khens
pernah test pk gps?
fc nya bagus dong itu utk awd, gw dalkot 2wd kadang cuma 1:8 hampir ke 9 lah.
salam,
khens
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Siapa yg sudah test drive Captiva?
^
oo, maksudnya dia mau nyalip tapi bro gantung ya?
gw kalo pas nyetir ctv diesel blm pernah ketemu 42ner bensin/diesel yg nempel kayak bro di atas. pernah sekalinya ketemu yg diesel (ga perlu liat emblem udah keliatan dari belakang kalo dia narik pasti diesel), cuma ga sebanding jadinya.
tapi cerita bro pas lagi jalan datar atau gimana?
wajarlah dia masih kuat nempel, kan bensin & ccnya lebih besar. ctv cc kecil dandiesel, bs jd momentum dia udah dpt, sedangkan bro baru narik.
hati2 bro kalo crita mobil yg satu itu heehe
oo, maksudnya dia mau nyalip tapi bro gantung ya?
gw kalo pas nyetir ctv diesel blm pernah ketemu 42ner bensin/diesel yg nempel kayak bro di atas. pernah sekalinya ketemu yg diesel (ga perlu liat emblem udah keliatan dari belakang kalo dia narik pasti diesel), cuma ga sebanding jadinya.
tapi cerita bro pas lagi jalan datar atau gimana?
wajarlah dia masih kuat nempel, kan bensin & ccnya lebih besar. ctv cc kecil dandiesel, bs jd momentum dia udah dpt, sedangkan bro baru narik.
hati2 bro kalo crita mobil yg satu itu heehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Siapa yg sudah test drive Captiva?
heheh...ane yakin dah, kalo dah ditangan yg satu ekor ini , mbl pasti kenceng dah....
btw, sekarang ane gak dilampung lagi, seandainya masih, dah ane ladenin simerah itu....diadu ama si Bau2

btw, sekarang ane gak dilampung lagi, seandainya masih, dah ane ladenin simerah itu....diadu ama si Bau2

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Siapa yg sudah test drive Captiva?
ada yang sensitif ya?roadtrain99 wrote:^
oo, maksudnya dia mau nyalip tapi bro gantung ya?
gw kalo pas nyetir ctv diesel blm pernah ketemu 42ner bensin/diesel yg nempel kayak bro di atas. pernah sekalinya ketemu yg diesel (ga perlu liat emblem udah keliatan dari belakang kalo dia narik pasti diesel), cuma ga sebanding jadinya.
tapi cerita bro pas lagi jalan datar atau gimana?
wajarlah dia masih kuat nempel, kan bensin & ccnya lebih besar. ctv cc kecil dandiesel, bs jd momentum dia udah dpt, sedangkan bro baru narik.
hati2 bro kalo crita mobil yg satu itu heehe

-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Thu Dec 03, 2009 4:18
Re: Siapa yg sudah test drive Captiva?
cerita yg ctv ngebut sampe visornya lepas kyknya bukan bro de yg nyetir, tp sisroadtrain99 wrote:^
oo, maksudnya dia mau nyalip tapi bro gantung ya?
gw kalo pas nyetir ctv diesel blm pernah ketemu 42ner bensin/diesel yg nempel kayak bro di atas. pernah sekalinya ketemu yg diesel (ga perlu liat emblem udah keliatan dari belakang kalo dia narik pasti diesel), cuma ga sebanding jadinya.
tapi cerita bro pas lagi jalan datar atau gimana?
wajarlah dia masih kuat nempel, kan bensin & ccnya lebih besar. ctv cc kecil dandiesel, bs jd momentum dia udah dpt, sedangkan bro baru narik.
hati2 bro kalo crita mobil yg satu itu heehe

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Siapa yg sudah test drive Captiva?
beneerrrr, ini sis, sis yg ganas, tampilan kemayu, dibalik kemudi.....pyuuuhhhh...... gaharr......trique wrote:cerita yg ctv ngebut sampe visornya lepas kyknya bukan bro de yg nyetir, tp sisroadtrain99 wrote:^
oo, maksudnya dia mau nyalip tapi bro gantung ya?
gw kalo pas nyetir ctv diesel blm pernah ketemu 42ner bensin/diesel yg nempel kayak bro di atas. pernah sekalinya ketemu yg diesel (ga perlu liat emblem udah keliatan dari belakang kalo dia narik pasti diesel), cuma ga sebanding jadinya.
tapi cerita bro pas lagi jalan datar atau gimana?
wajarlah dia masih kuat nempel, kan bensin & ccnya lebih besar. ctv cc kecil dandiesel, bs jd momentum dia udah dpt, sedangkan bro baru narik.
hati2 bro kalo crita mobil yg satu itu heehe

mana neh, sis- nya jarang nongol...asik mondar mandir cipul kayaknya...

