DOHC wrote:betul menner... selaen carb jet itu agak abrasif... keseringan dipakai jg tidak bagus karena rontokan2 kerak tsb masih dalam ukuran besar... dan apalagi biasanya shabis di semprot carb jet tsb, mesin di hajar2 dgn rpm tinggi... resiko bikin baret jg cukup tinggi tuh di dinding mesin... tp tenang aja, bentar lagi ritual carb jet dan sejenis nya bakal kaga laku, scara mobil2 uda wajib pertamax
Sudah berapa jauhkah odometer mobil anda??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26976
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
nah bearti carbon spirit jg termasuk abrasif lebi parah dari carb jet yah meenner... kan di claim bisa rontokin kerak yg uda tebel skalipun...
btw knapa tiap beres skrg pake tuh carbjet utk servis berkala mereka yahh.. malah kalo di nissan itu uda "diwajibkan" ama SA nya utk tiap kali servis berkala...
btw knapa tiap beres skrg pake tuh carbjet utk servis berkala mereka yahh.. malah kalo di nissan itu uda "diwajibkan" ama SA nya utk tiap kali servis berkala...
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
tapi kan tetap aja perlu cleaner juga. bisa jadi ECU salah ngasih timing pembakaran, yang mengakibatkan nglitik. tetap aja jadi penumpukan carbon di ruang bakar yang perlu di-purging... cmiiw.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26976
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
btw SL nya om kopat perna di purging atau carb jet ??
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
purging kayaknya gak pernah. yang pernah oversized dan ganti piston...DOHC wrote:btw SL nya om kopat perna di purging atau carb jet ??
kalo bersihin karburator, ane pake carburetor cleaner. trus disemprot di karbu. tapi ini jarang juga ane lakuin.
paling 2x ganti oli, ane minta tune up sekalian.
waktu miara kijang super sih, sering semprot sendiri. kalo udah brebet2, mulai bersih2 karbu...
tapi bener lho, yang ane rasa, mobil tua itu lebih gampang ngerawatnya dan lebih bandel terhadap kerusakan...
oli pake prima xp, oli gardan dan perseneling pake rored. brebet, tinggal semprot karbu...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26976
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
kijang super box ane malah cuman modal ganti oli pake mesran, ganti busi tiap 15 rebu, stel karbu kalo uda mulai ga ada tenaga doank... uda cuman itu doank... odo nya aja uda ga jlas berenti di angka brapa.. kaga rese kaya mobil2 skrg..
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
mangkenye om dohc.. seperti ane bilang, mobil sekarang tuh teknologinya buat nyusahin penggunanye aje... rewel, banyak maunya..
harus pake oli spek tinggi, gak boleh kecipratan aer...
harus pake oli spek tinggi, gak boleh kecipratan aer...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26976
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
mangkanye ane masi miara ntuh panther jadul ane om... cuman modal ganti oli ama filter doank aja uda bisa gelinding bertaon2 ga masalah... diesel2 skrg yg canggih2 aja musti direpot2in purging2 sgala...
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
tapi om dohc, kalo minyak diesel sudah euro 4 semua, kayaknya panther ente semua harus ganti mesin deh...
secara yang ane denger nih, kalo minyak diesel modern gak cocok untuk mesin diesel jadoel....
kayak mesin bensin jadoel, bisa bermasalah pake bensin tanpa timbal... tapi untungnya rasio kompresi SL ane kecil banget. jadi gak masalah pake yang tanpa timbal....
secara yang ane denger nih, kalo minyak diesel modern gak cocok untuk mesin diesel jadoel....
kayak mesin bensin jadoel, bisa bermasalah pake bensin tanpa timbal... tapi untungnya rasio kompresi SL ane kecil banget. jadi gak masalah pake yang tanpa timbal....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26976
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
ga cocok karena kurang sulphur yah om... kalo yg ane denger sehh emang gt katanya... scara sulphur itu berguna melumasi plunger di sistem supply solar utk diesel2 jadul kaya d panther, atau elsape... solusi nya sehh tinggal campur aditif doank atau oli 2tak yg low smoke... ujung2 nya yahh tetep aja diesel jadul masi bisa beradaptasi ama minyak solar generasi baru..
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26976
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
btw kalo uda jaman minyak diesel std euro 4 di terapkan di indo mahh uda kburu panther ane jadi kaleng bekas kali tuh... lah mo standard euro 2 aja ampe skrg blom jadi gt...
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
mangkanya hanya dipakai dengan interval "berkala", bukan suka-sukaDOHC wrote:nah bearti carbon spirit jg termasuk abrasif lebi parah dari carb jet yah meenner... kan di claim bisa rontokin kerak yg uda tebel skalipun...
btw knapa tiap beres skrg pake tuh carbjet utk servis berkala mereka yahh.. malah kalo di nissan itu uda "diwajibkan" ama SA nya utk tiap kali servis berkala...
mungkin sudah diperhitungkan, dengan jarak segitu, perbandingan kotoran dan daya kikis cleaner-nnya sudah pas
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
DOHC wrote:ga cocok karena kurang sulphur yah om... kalo yg ane denger sehh emang gt katanya... scara sulphur itu berguna melumasi plunger di sistem supply solar utk diesel2 jadul kaya d panther, atau elsape... solusi nya sehh tinggal campur aditif doank atau oli 2tak yg low smoke... ujung2 nya yahh tetep aja diesel jadul masi bisa beradaptasi ama minyak solar generasi baru..
betul...itulah faktanya...DOHC wrote:btw kalo uda jaman minyak diesel std euro 4 di terapkan di indo mahh uda kburu panther ane jadi kaleng bekas kali tuh... lah mo standard euro 2 aja ampe skrg blom jadi gt...
makanya buat pemerintah/pertamina, mau ganti diesel fuel 100% euro2 atau yg sulphurnya rendah, jadi pilihan sulit dan simalakama.... secara mesin diesel yang beredar di indonesia masih butuh sulfur
jadi, solusinya pelan-pelan...seleksi alam gitu loh
maksudnya, mobil diesel baru (thn 2007 up) sudah musti euro2...
kelak, 10-15 tahun lagi saat mesin diesel non euro sudah non-aktif, barulah seluruh bahan bakar diperbarui spek-nya...cmiiw
kasusnya mirip-mirip sama dengan motor 2 tak vs 4 tak
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
rasanya menurut saya aman2 saja, memang rontok keraknya, tapi terbuang ke pembakaran. Justru, dengan cara ini, harus digunakan beberapa kali dengan interval tune up berkala, sampai asap pembuangan bersih, nah setelah itu tidak perlu digunakan kembali...imsus2c wrote:mangkanya hanya dipakai dengan interval "berkala", bukan suka-sukaDOHC wrote:nah bearti carbon spirit jg termasuk abrasif lebi parah dari carb jet yah meenner... kan di claim bisa rontokin kerak yg uda tebel skalipun...
btw knapa tiap beres skrg pake tuh carbjet utk servis berkala mereka yahh.. malah kalo di nissan itu uda "diwajibkan" ama SA nya utk tiap kali servis berkala...
mungkin sudah diperhitungkan, dengan jarak segitu, perbandingan kotoran dan daya kikis cleaner-nnya sudah pas
carb jet dan sejenisnya digunakan jika diperlukan, bukan utk servis berkala...
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
Ibaratnya power window kalo kena air se ember ya rusak vs sistem engkol - tp bukan berarti bikin susah. Kalo power window rusak ya repot perbaikinya sekali2 - tapi sehari2 tangan santai. Kalo engkol tiap hari...ya...ngengkol terus. Rusak sih nggak..tp nyaman juga nggak.maskopat wrote:mangkenye om dohc.. seperti ane bilang, mobil sekarang tuh teknologinya buat nyusahin penggunanye aje... rewel, banyak maunya..
harus pake oli spek tinggi, gak boleh kecipratan aer...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
enakan engkol lah. tangan olah raga. apalagi kalo berat. bisa kaya ade rai lengan ane...FortunerMan wrote:Ibaratnya power window kalo kena air se ember ya rusak vs sistem engkol - tp bukan berarti bikin susah. Kalo power window rusak ya repot perbaikinya sekali2 - tapi sehari2 tangan santai. Kalo engkol tiap hari...ya...ngengkol terus. Rusak sih nggak..tp nyaman juga nggak.maskopat wrote:mangkenye om dohc.. seperti ane bilang, mobil sekarang tuh teknologinya buat nyusahin penggunanye aje... rewel, banyak maunya..
harus pake oli spek tinggi, gak boleh kecipratan aer...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
nyumbang data....
kijang LGX th 2000an...tangan ke-3
- rpm meternya muter as nya, tp gak ada jarumnya...
- speedometer kayaknya normal... tp mgkin saja tidak normal, krn setelah 90 kmpj naiknya jd lambat bener.
- 80 ribuan km.... odometernya mmg macet.... jd brenti disitu ...
jd, kapan saatnya ganti oli, pake feeling
belum pernah ganti busi...
kijang LGX th 2000an...tangan ke-3
- rpm meternya muter as nya, tp gak ada jarumnya...
- speedometer kayaknya normal... tp mgkin saja tidak normal, krn setelah 90 kmpj naiknya jd lambat bener.
- 80 ribuan km.... odometernya mmg macet.... jd brenti disitu ...
jd, kapan saatnya ganti oli, pake feeling
belum pernah ganti busi...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
- Location: Cideng
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
Ikutan juga ahh.....
Innova D4D tahun 2010 bulan 2.....KM.680 (service 1000 aja blom)
Innova D4D tahun 2010 bulan 2.....KM.680 (service 1000 aja blom)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
bakal jadi barang koleksi nih kayaknya...jeremyray wrote:Ikutan juga ahh.....
Innova D4D tahun 2010 bulan 2.....KM.680 (service 1000 aja blom)
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
- Location: Cideng
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
hahaha.....iya bro maskopat, ini mobil keluarnya cuma sabtu, minggu dan hari libur lainnya, kalo hari biasa pake ipah bensin (kebalik yak seharusnya hari2 pake diesel)maskopat wrote:bakal jadi barang koleksi nih kayaknya...jeremyray wrote:Ikutan juga ahh.....
Innova D4D tahun 2010 bulan 2.....KM.680 (service 1000 aja blom)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova 2015
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
Hemm...jeremyray wrote:hahaha.....iya bro maskopat, ini mobil keluarnya cuma sabtu, minggu dan hari libur lainnya, kalo hari biasa pake ipah bensin (kebalik yak seharusnya hari2 pake diesel)maskopat wrote:bakal jadi barang koleksi nih kayaknya...jeremyray wrote:Ikutan juga ahh.....
Innova D4D tahun 2010 bulan 2.....KM.680 (service 1000 aja blom)
memang aneh....
Tapi bisa dimengerti koq...
Lha wong mobil anyar, ya pasti lebih disayang....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
yang baru2 itu emang lebih disayang....
....
....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
Kutunggu jandanya............jeremyray wrote:Ikutan juga ahh.....
Innova D4D tahun 2010 bulan 2.....KM.680 (service 1000 aja blom)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
coba cek dy, jangan2 ga ada busi nya...andy1800 wrote:nyumbang data....
kijang LGX th 2000an...tangan ke-3
- rpm meternya muter as nya, tp gak ada jarumnya...
- speedometer kayaknya normal... tp mgkin saja tidak normal, krn setelah 90 kmpj naiknya jd lambat bener.
- 80 ribuan km.... odometernya mmg macet.... jd brenti disitu ...
jd, kapan saatnya ganti oli, pake feeling
belum pernah ganti busi...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: sudah brapa jauhkah ODOMETER anda(LIVINA, AVANZA XENIA,I
nah tuh...sudah ditambahi infonya sama pak poeticpoeticmind wrote:rasanya menurut saya aman2 saja, memang rontok keraknya, tapi terbuang ke pembakaran. Justru, dengan cara ini, harus digunakan beberapa kali dengan interval tune up berkala, sampai asap pembuangan bersih, nah setelah itu tidak perlu digunakan kembali...imsus2c wrote:mangkanya hanya dipakai dengan interval "berkala", bukan suka-sukaDOHC wrote:nah bearti carbon spirit jg termasuk abrasif lebi parah dari carb jet yah meenner... kan di claim bisa rontokin kerak yg uda tebel skalipun...
btw knapa tiap beres skrg pake tuh carbjet utk servis berkala mereka yahh.. malah kalo di nissan itu uda "diwajibkan" ama SA nya utk tiap kali servis berkala...
mungkin sudah diperhitungkan, dengan jarak segitu, perbandingan kotoran dan daya kikis cleaner-nnya sudah pas
carb jet dan sejenisnya digunakan jika diperlukan, bukan utk servis berkala...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking