Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

POS VETT wrote: Upgrade mesin ada apa saja ? 250-300 hp bisa sampe ?
Piggyback buat 4D56 Di-D ada macam2, kalo kontrol Hulu dan Hilir (Injection Pulse) Power bisa naik signifikan memang (bacaan Hp tergantung Dyno dimana)

Tapi yg patut dipertimbangkan : Lifetime Transmisi Otomatik-nya.

Bila sering dihajar Torsi sgt besar maka usia kopling en brake clutch si A/T jadi lebih pendek, juga Torque Converter akan sgt berat kerjanya, ini berlaku bagi semua mobil Diesel A/T, so hati-hati.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by POS VETT »

Hansen wrote: Bisa, baik yg 2WD maupun 4WD sama. Di pasaran sudah banyak dijual lowering kit dari merk seperti Eibach, H&R, Tein, dsb
Kalo dampers adanya apa saja, Bilstein & Koni ada ? Stabilizer bars ? Suspensi belakang kalau ndak salah live axle dengan panhard bar dan yang depan independent.

Turboman wrote:Piggyback buat 4D56 Di-D ada macam2, kalo kontrol Hulu dan Hilir (Injection Pulse) Power bisa naik signifikan memang (bacaan Hp tergantung Dyno dimana)

Tapi yg patut dipertimbangkan : Lifetime Transmisi Otomatik-nya.

Bila sering dihajar Torsi sgt besar maka usia kopling en brake clutch si A/T jadi lebih pendek, juga Torque Converter akan sgt berat kerjanya, ini berlaku bagi semua mobil Diesel A/T, so hati-hati.
Ok, mesin. Kalau ganti yang basic (air filter, intercooler, downpipe, exhaust dan tanpa piggyback atau tuning) powernya bisa nambah atau ECU-nya langsung memotong turbo pressure ?

Kalau TCU-nya bisa di-upgrade ? Kalau dinaikin line-pressure-nya supaya selipnya berkurang ada trick-nya ? Kalo jebol, gw bawain 4L80 dari sini, hahaha.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by POS VETT »

Muffler cutter itu apa ya ?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

POS VETT wrote:
Hansen wrote: Bisa, baik yg 2WD maupun 4WD sama. Di pasaran sudah banyak dijual lowering kit dari merk seperti Eibach, H&R, Tein, dsb
Kalo dampers adanya apa saja, Bilstein & Koni ada ? Stabilizer bars ? Suspensi belakang kalau ndak salah live axle dengan panhard bar dan yang depan independent.

Turboman wrote:Piggyback buat 4D56 Di-D ada macam2, kalo kontrol Hulu dan Hilir (Injection Pulse) Power bisa naik signifikan memang (bacaan Hp tergantung Dyno dimana)

Tapi yg patut dipertimbangkan : Lifetime Transmisi Otomatik-nya.

Bila sering dihajar Torsi sgt besar maka usia kopling en brake clutch si A/T jadi lebih pendek, juga Torque Converter akan sgt berat kerjanya, ini berlaku bagi semua mobil Diesel A/T, so hati-hati.
Ok, mesin. Kalau ganti yang basic (air filter, intercooler, downpipe, exhaust dan tanpa piggyback atau tuning) powernya bisa nambah atau ECU-nya langsung memotong turbo pressure ?

Kalau TCU-nya bisa di-upgrade ? Kalau dinaikin line-pressure-nya supaya selipnya berkurang ada trick-nya ? Kalo jebol, gw bawain 4L80 dari sini, hahaha.
Uhmmm, ganti downpipe dan airfilter selain standardnya di pjs sih not recommended tuh bro
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by doq »

htannis wrote:
POS VETT wrote:
Hansen wrote: Bisa, baik yg 2WD maupun 4WD sama. Di pasaran sudah banyak dijual lowering kit dari merk seperti Eibach, H&R, Tein, dsb
Kalo dampers adanya apa saja, Bilstein & Koni ada ? Stabilizer bars ? Suspensi belakang kalau ndak salah live axle dengan panhard bar dan yang depan independent.

Turboman wrote:Piggyback buat 4D56 Di-D ada macam2, kalo kontrol Hulu dan Hilir (Injection Pulse) Power bisa naik signifikan memang (bacaan Hp tergantung Dyno dimana)

Tapi yg patut dipertimbangkan : Lifetime Transmisi Otomatik-nya.

Bila sering dihajar Torsi sgt besar maka usia kopling en brake clutch si A/T jadi lebih pendek, juga Torque Converter akan sgt berat kerjanya, ini berlaku bagi semua mobil Diesel A/T, so hati-hati.
Ok, mesin. Kalau ganti yang basic (air filter, intercooler, downpipe, exhaust dan tanpa piggyback atau tuning) powernya bisa nambah atau ECU-nya langsung memotong turbo pressure ?

Kalau TCU-nya bisa di-upgrade ? Kalau dinaikin line-pressure-nya supaya selipnya berkurang ada trick-nya ? Kalo jebol, gw bawain 4L80 dari sini, hahaha.
Uhmmm, ganti downpipe dan airfilter selain standardnya di pjs sih not recommended tuh bro
semua mobil ya ga reccomend dr pabrikan nya utk dirubah apapun selain standard oom :upss:
ini khan dalam konteks yg berbeda kita diskusi nya :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

Beda, kalau konteks saya, powernya pas di dyno malah turun, gak kayak D4D yg kalau diganti downpipe dan airfilternya, powernya bisa baik
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by doq »

htannis wrote:Beda, kalau konteks saya, powernya pas di dyno malah turun, gak kayak D4D yg kalau diganti downpipe dan airfilternya, powernya bisa baik
woo gitu.....
uhmm saya kurang paham soal ini, tapi sepengetahuan saya bisa jd karena ukuran down-pipe nya kurang pas oom cmiiw :e-think:
mungkin utk detail nya oom turbo lbh ngerti nih
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by POS VETT »

Kenapa power-nya turun dengan air filter dan downpipe ? Air filter yang mana ? Downpipe yang segede apa ?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

htannis wrote:Beda, kalau konteks saya, powernya pas di dyno malah turun, gak kayak D4D yg kalau diganti downpipe dan airfilternya, powernya bisa baik
doq wrote:woo gitu.....
uhmm saya kurang paham soal ini, tapi sepengetahuan saya bisa jd karena ukuran down-pipe nya kurang pas oom cmiiw :e-think:
mungkin utk detail nya oom turbo lbh ngerti nih
POS VETT wrote:Kenapa power-nya turun dengan air filter dan downpipe ? Air filter yang mana ? Downpipe yang segede apa ?
menarik untuk disimak, tidak seperti info yang biasanya kita dapatkan.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

Sorry tapi gak bisa sebut merk, gak enak kita men diskreditan merk, kan modif kembali ke pribadi masing2. Ini juga ane dapet info dari bengkel langganan yg waktu ane psg piggyback di dakar ane bulan lalu, dia blg jgn ganti yg lain soalnya pas di dyno malah turun, sorry ane juga gak bisa sebut bengkelnya :P
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by POS VETT »

Susah amat cari informasi beginian doang. Konsumer malah melindungi pabrik/merk yang produk2nya tidak ada gunanya.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

Selama ini PD saya pake Biosolar (80%) + Dex (20%) + racun (dosis maintenance) + oli 2 tak (secukupnya).

2 minggu yang lalu SPBU langganan Dex-nya habis, terpaksa isi full Biosolar + racun (dosis maintenance) + oli 2 tak (secukupnya).
Berasa tarikan mobil lebih enak/bagus. Apakah hanya perasaan saya atau ada pajeroers lain yang merasakan performa yang lebih enak pake biosolar saja daripada oplos ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

kaos_oblong wrote:Selama ini PD saya pake Biosolar (80%) + Dex (20%) + racun (dosis maintenance) + oli 2 tak (secukupnya).

2 minggu yang lalu SPBU langganan Dex-nya habis, terpaksa isi full Biosolar + racun (dosis maintenance) + oli 2 tak (secukupnya).
Berasa tarikan mobil lebih enak/bagus. Apakah hanya perasaan saya atau ada pajeroers lain yang merasakan performa yang lebih enak pake biosolar saja daripada oplos ?
Ngisi DEX dimana en Biosolar dimana ?

Kadang mmg kita suka ketemu DEX yg kondisinya sudah kurang bagus, mungkin krn perputarannya sgt lambat.

Biosolar kadang kita ketemu yg istimewa spt yg SPBU 31 Permata Hijau itu.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

htannis wrote:Sorry tapi gak bisa sebut merk, gak enak kita men diskreditan merk, kan modif kembali ke pribadi masing2. Ini juga ane dapet info dari bengkel langganan yg waktu ane psg piggyback di dakar ane bulan lalu, dia blg jgn ganti yg lain soalnya pas di dyno malah turun, sorry ane juga gak bisa sebut bengkelnya :P
Pernah lihat ada Downpipe yang dimana bagian yang terhubung dengan pipa tengahnya itu mengecil, jadi spt ada bagian yg nyekek, saya pribadi gak sreg dgn disain spt itu.

Tapi DP asli PS juga disainnya sebetulnya tidak ideal.

Saya yakin kalau Downpipe freeflow dengan disain yg benar, gak ada bagian yg nyekek maka result akan lebih baik lagi, tapi Diamater pipa downpipe juga harus pas / nggak boleh kelewat besar juga.
* Bukan ajakan Beli *
rioderush
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Sun Aug 22, 2010 8:01

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by rioderush »

Turboman wrote:
kaos_oblong wrote:Selama ini PD saya pake Biosolar (80%) + Dex (20%) + racun (dosis maintenance) + oli 2 tak (secukupnya).

2 minggu yang lalu SPBU langganan Dex-nya habis, terpaksa isi full Biosolar + racun (dosis maintenance) + oli 2 tak (secukupnya).
Berasa tarikan mobil lebih enak/bagus. Apakah hanya perasaan saya atau ada pajeroers lain yang merasakan performa yang lebih enak pake biosolar saja daripada oplos ?
Ngisi DEX dimana en Biosolar dimana ?

Kadang mmg kita suka ketemu DEX yg kondisinya sudah kurang bagus, mungkin krn perputarannya sgt lambat.

Biosolar kadang kita ketemu yg istimewa spt yg SPBU 31 Permata Hijau itu.
gua sendiri merasa tarikan pake bio solar lebih bagus daripada pake punya shell. gak tau perasaan gua atau emang begitu hehe
jokerr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Sat Aug 13, 2011 9:42

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by jokerr »

Turboman wrote:
jokerr wrote: 1. wah hotbits DT-1 mahal banget yah.. lebih ngaruh kalau ganti shock breaker atau per ?

2. nanya lagi nih, penutupan lubang EGR pada mesin pajero dakar ngaruh banyak ga ke pembuangan? mobil saya uda seperti kopaja setelah dipasang piggyback. jadi segen kalau motor ada di belakang :D :D
1. Mahal itu relatip, soalnya shock arbsorber gak ada benchmarking spt Dynotest utk Piggyback, kalo dah dipasang dan dikendarai baru ketahuan

2. EGR ditutup jelaga tentu ada sedikit berkurang

Btw kalo asap knalpot spt cumi2, apa :
- Sudah pakai air filter free flow ?
- Kalo pakai Biosolar, additive solar-nya pakai apa ?
- BBM oplos solar Lux nggak ?
- Cara nge-gas lgs bejek atau diurut ?

kalo untuk ganti shock arbsorber nanti dulu deh. dokunya ngga memadai :(


1.air filter uda ganti merk sim*ta
2.pakai biosolar, pake redline beli di a*e hardw*re
3.bbm isinya di tempat yang cukup ramai. jadi perputaran solarnya bagus kalau menurut saya.
4. kalau mobil baru di gas, lalu rem, gas lagi asapnya banyak, apalagi kalau di bejek.. wah bisa marah pengendara motor di belakang saya.

kenapa ya? KM mobil baru 9000, pas service 5000km uda ganti filter solar.


btw, disini ada yg punya kenalan BERES yang bisa diajak "kompromi" mengenai pemasanga piggyback ga? (daerah jakarta utara)

kemarin service 5000km ngga di cek komputernya gara2 beresnya ga berani cek karena setelah mobil di colok ke pc, ada gelagat pemasangan piggyback (fuel pressure ga normal)
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by evolution21 »

oh.. jd udah modif piggy jg toh...
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

Jokerr : piggyback merk apa sih? Kok aneh piggynya? Ane pny piggyback selama pake toyota, nissan dan mitsubishi ke beres, gak pernah ada masalah dan gak ketahuan tuh. Emangnya gak ada switch untuk mapping nya yah?
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

Turboman wrote:
kaos_oblong wrote:Selama ini PD saya pake Biosolar (80%) + Dex (20%) + racun (dosis maintenance) + oli 2 tak (secukupnya).

2 minggu yang lalu SPBU langganan Dex-nya habis, terpaksa isi full Biosolar + racun (dosis maintenance) + oli 2 tak (secukupnya).
Berasa tarikan mobil lebih enak/bagus. Apakah hanya perasaan saya atau ada pajeroers lain yang merasakan performa yang lebih enak pake biosolar saja daripada oplos ?
Ngisi DEX dimana en Biosolar dimana ?

Kadang mmg kita suka ketemu DEX yg kondisinya sudah kurang bagus, mungkin krn perputarannya sgt lambat.

Biosolar kadang kita ketemu yg istimewa spt yg SPBU 31 Permata Hijau itu.
ngisi selama ini selalu di SPBU PIK.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by htannis »

Solar yg bagus di pom bensin bimoli, premium juga yg bagus di pom bensin bimoli
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
jokerr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Sat Aug 13, 2011 9:42

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by jokerr »

htannis wrote:Jokerr : piggyback merk apa sih? Kok aneh piggynya? Ane pny piggyback selama pake toyota, nissan dan mitsubishi ke beres, gak pernah ada masalah dan gak ketahuan tuh. Emangnya gak ada switch untuk mapping nya yah?

powerlab bro. hehehe. ada switch buat mappingnya, 0 ke 5. kalo di stel ke 0 apa semua kondisi mesin kembali stabil?

for Turboman :

btw, kalo pasang boost meter di pajero sport (uda pasang piggyback) apa bakal ngaruh jauh? dan untuk keawetan turbonya gmana? uda mulai ngga puas dengan tenaga mobil yang makin lama mkin boyo :(


kemarin service 5000km pake oli full sintetic(mobil delvac1 sae 5w40 full syn) dan sekarang hampir 10.000km , pas service apa aja yah yang kira2 harus diganti?
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by POS VETT »

LOL boost meter tidak mempengaruhi horsepower. Boost meter fungsinya hanya menunjukkan tekanan di intake manifold berapa besar.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

jokerr wrote: uda mulai ngga puas dengan tenaga mobil yang makin lama mkin boyo :(
tenaga mesin mulai drop itu berkaitan dengan filter2 yg mulai kotor / kinerja oli yg mulai drop

Bagaimana oli gardan dari baru sudah ganti belum ?

Kondisi Filter udara bagaimana ?

BBM selama ini pakai apa en kalo Biosolar kasih additive apa ?

Filter solar nanti di 10.000 Km ganti saja, filter solarnya PS yg genuine gak mahal ini.

Kalo sering mengemudi scr ngebut / tarik2-an maka oli transmisi matic boleh diganti lebih cepat, gunakan ATF Full Synth yg comply ke std Diamond SP III.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by zweifellos »

kalo pake full biosolar, filter solar sebaiknya diganti di tiap kilometer berapa om turboman? 10 ribukah? kalau 5 ribu terlalu boros (uang)?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

zweifellos wrote:kalo pake full biosolar, filter solar sebaiknya diganti di tiap kilometer berapa om turboman? 10 ribukah? kalau 5 ribu terlalu boros (uang)?
Full Biosolar + racun, filter solar PS bisa ganti ceban Km sekali.
* Bukan ajakan Beli *