Alasan yg di saft7.com kalu dipikir ada yg rada2 maksa tuh :
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
Justru karena pake nitro, orang jadi malas memeriksa tekanan ban. Dipikir karena pakai nitro, otomatis ga usah sering2 diperiksa. Idealnya seminggu sekali cek tekanan. Ga usah pake ke bengkel, cukup dgn beli alatnya, ga sampe 50rb sudah dapat koq. Apa pun isinya, kalu ga dicek sama juga bohong. Justru dgn isi angin biasa, apalagi kalau punya kompresor sendiri, tekanan angin bisa ditambah sewaktu-waktu, tanpa harus repot2 ke bengkel ban. Disisi cost juga pasti lebih murah.
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
Sama dgn nomer 1. Alasannya ga ada hubungannya dgn nitro.
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
Sama dgn nomer 1. Alasannya ga ada hubungannya dgn nitro.
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
Pemakaian ban akan merata bila sering melakukan rotasi ban (tukar antara ban depan dan belakang), bukan karena pemakaian nitro.
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
Ini juga aneh. Grip dan stabilitas ban lebih dikarenakan kualitas ban itu sendiri. Kalau mau selamat, pakai ban yang masih layak pakai. Jangan sampai ban botak trus dipakai mentang-mentang pakai nitro.
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
Oksidasi? Memangnya ban bisa berkarat? Sebelum kawat2 dalam ban berkarat, karetnya pasti sudah habis duluan. Ga masuk akal.
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
Kalau diisi pada shockabsorber masuk akal, tapi kalau ban? (lihat nomer 6)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban - overpressure)
Makanya selalu lihat panduan standar tekanan angin. Biar pakai nitro tapi kalau overpressure sama juga bohong. Namun bila dikatakan nitro lebih dingin, sehingga tekanan angin tidak bertambah terlalu banyak saat udara panas dan roda berputar, memang benar. Namun pertambahan tekanan angin yg over, hingga dapat membuat ban pecah tidak masuk akal utk kondisi ban yg baik dan pemakaian harian. Lain kalau memakainya dlm kondisi ekstrem, seperti saat balap.
Kesimpulannya:
Alasan pedagang kadang-kadang ga masuk akal...
Mm.. ada alasan nitro lebih baik dari angin biasa?