Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kesimpulan, terserah kepada kita... akan memakai nitrogen atau tetep pada angin biasa... yg paling penting, nitrogen atau bukan, tetap ada pengecekan dan perawatan...
Oiya, option selain ganti angin dgn nitrogen sebetulnya sudah ada. Lebih tepatnya teknologi kuno yg disempurnakan, yaitu pakai ban mati, bukan ban angin. Ban mati seperti yg nempel pada dokar, andong, delman, atau semacamnya, disempurnakan menjadi ban yg nyaman utk dipakai di mobil. Teknologi ini sudah cukup lama juga koq. Cuma sepertinya belum bisa dipasarkan. Mungkin karena biayanya terlalu mahal.
^^^
wah, barusan denger tuh pak? Apa bisa di-sharing disini?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Yup di post bro Tonie adalah pengembangan yg terakhir gw denger. Sebelumnya benar-benar ban mati, alias karet padat. Lalu dikembangkan sampai ke velg2nya juga. Cuma sampai sekarang sepertinya masih tahap riset doank. Belum pernah denger ada yg dijual umum.
Ya gampang aja boss, ban mati kan pasti ga bakal kempes. Soalnya apanya yg bikin kempes? Khan ga ada anginnya. Soal balancing sama aja dunk. Ga beda sama ban angin biasa. Tinggal tempel pemberatnya di velg seperti biasa. Dan karena bahannya dari karet otomatis bisa habis.
yaaaaaah... saya kan ga bilang kempes, hehehehe! saya bilang bisa habis ga? apa lebih awet... gitu... kembangnya, mas... bukan kempesnya.
memang logikanya sama2 karet dan habis, kali aja kembang nya juga seumur idup...
nah, balancing nya bagaimana, bro? buat speed ada masalah ga?
klo ban d isi nitro trus kempes (krn 1 dan lain hal)......trus g ada tempat isi ulangnya kira2 gmana tuh bro?......apa aman dalam 1 ban ada campuran nitro + oksigen biasa....soalnya lom prnh liat tu "tambal ban tubeless + nitro" d pinggir jln
trus efeknya gmana klo 1 ban berisi angin biasa n sisanya pk nitro?...........
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
Laserghia wrote:Rekan2, saya mau share pengalaman baru2 ini sekaligus crosscheck kalau2 ada yang bisa kasih advise.
Kemaren saya melibas lubang waktu kecepatan 100kpj, sebenernya sudah dihindari tapi motor disebelah tiba2 ketengah ngindarin lobang lain juga, jadilah kecemplung dengan suara keras, sebenernya gak terlalu dalem itu lubang, mungkin 5-7 cm. Setelah lewat saya kuatir juga kalo ada kaki2 yang kena, maka saya check ternyata ada benjolan di sisi luar ban, dan tepat diatas benjolan (di bibir pelek) ada residu karet.
Saya mengira2 waktu masuk lobang itu ban sampe kelipet dan kejepit antara pelek dan aspal/batu sehingga kawat/benangnya putus.
Yang jadi pertanyaan, apakah ini berkaitan karena saya isi nitrogen? karena dengar2 gas ini lebih besar molekulnya sehingga banyak ruang diantara molekul2 untuk bergerak (atau lebih empuk istilahnya) - apakah sampai memungkinkan dinding ban bisa terlipat di momen tertentu???
Mungkin ada rekan2 yang expert bisa kasih masukan? atau kualitas bannya nggak bagus? (potenza RE030 185/55/15) soalnya sebelomnya saya pernah juga mengalami hal yang sama dengan kendaraan lain (ban potenza RE771) isi angin biasa dan tidak ada masalah. Tekanan ban saat kejadian masih standar (langsung saya ukur, penasaran...).
Walhasil saya harus merogoh beaya lumayan buat ganti sepasang ban.. hik..hik..
ngidupin tread yg dah lama ahh.
sekedar bagi pengalaman ya. minggu lalu waktu perhatiin ban mobil city adek gw keliatan ada yang benjol, eh beneran neh ban bunting. city pake potenza 185/55/15( isi angin biasa ) padahal ga pernah tuh lari ampe 100kpj trus hajar lubang, plng2 kl hajar lubng 60-80an kpj. mungkin kualitas ban itu sendiri yg jadi permslhn.?
tahun pembuatan ban , apakah bisa juga mengakibatkan ban tidak aman dipakai?
mohon infonya , brp lama sejak tahun produksikah ban tersebut aman untuk di pakai.
om, mau tanya nie... kalo misalnya saya mau vulkanisir ban buat truk2 gt kira2 ada yg tau nggak tempatnya di mana?
trus biayanya kira2 brapa yah?
thanx before nie...
Ban bekas sih masih ada harganya bgt bro terutama yg masih bagus dan banyak dipakai / umum. Sy beli ban Savero M/T 900rebuan pas dituker tambah ban saya dihargai 1jt satunya padahal sudah pakai 2000km tp masih bagus sih hehe...