Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9908
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Tue Nov 08, 2022 3:48 bocor.....

Image
Image
Image
yah bisa jadi performa nya better or equal (feels) like Voxy

gak selemot ipah bensin RWD ladder 2 liter lah

ladder RWD cocoknya emg pk diesel = lbh efisien
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by black2345 »

Suryaputra wrote: Tue Nov 08, 2022 4:04
darrelund wrote: Tue Nov 08, 2022 3:48 bocor.....

Image
Image
Image
yah bisa jadi performa nya better or equal (feels) like Voxy

gak selemot ipah bensin RWD ladder 2 liter lah

ladder RWD cocoknya emg pk diesel = lbh efisien
Jadi bingung org beli innova yg baru ini masuk market yg mana, krn lmpv sebangsa xpander aja uda cukup bongsor dimensinya & uda cukup untuk bawa 2 org anak 1 suster & 2-3 koper di belakang

Mau lebih besar ada ada voxy/serena yg lebih lega, cari 2nd alphard/vellfire jg uda dapet di range harga tsb mana looks-nya lebih mewah & otomatis dpt tjap ‘horang kayah’
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9908
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

black2345 wrote: Tue Nov 08, 2022 4:42
Suryaputra wrote: Tue Nov 08, 2022 4:04
darrelund wrote: Tue Nov 08, 2022 3:48 bocor.....

Image
Image
Image
yah bisa jadi performa nya better or equal (feels) like Voxy

gak selemot ipah bensin RWD ladder 2 liter lah

ladder RWD cocoknya emg pk diesel = lbh efisien
Jadi bingung org beli innova yg baru ini masuk market yg mana, krn lmpv sebangsa xpander aja uda cukup bongsor dimensinya & uda cukup untuk bawa 2 org anak 1 suster & 2-3 koper di belakang

Mau lebih besar ada ada voxy/serena yg lebih lega, cari 2nd alphard/vellfire jg uda dapet di range harga tsb mana looks-nya lebih mewah & otomatis dpt tjap ‘horang kayah’
Bisa jg buat yg mau nyoba MPV hibrid :mky_01:
Atau MPV naik kelas dr xpander.

Karena xpander ini tetap gak segede ipah.

Apalagi jinik ini basisnya dah monokok fwd, bs jd dimensinya lbh besar interiornya (gak kemakan gardan sm sasis ladder)

Xpander 11 12 sm mobilio luasnya.
Dimensi xpander Menang GC tinggi dan kursi baris 3 lbh panjang dikitt ruang kakinya.
Lebarnya mirip"

Xpander Krn tinggi, jd terlihat gede, padahal lebarnya gak lbh lebar dr MPV lain sekelasnya 1500cc jg

Sy klo ke bekasi, tuker pinjem pk xpander, jd dah hapal gmn luas dalam nya.
It's not that spacious.

Ttp ipah juara di kelasnya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1577
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by pengendiesel »

Tampang depan kayak pelos kawin silang sama porti
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1704
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Tue Nov 08, 2022 4:04
darrelund wrote: Tue Nov 08, 2022 3:48 bocor.....

Image
Image
Image
yah bisa jadi performa nya better or equal (feels) like Voxy

gak selemot ipah bensin RWD ladder 2 liter lah

ladder RWD cocoknya emg pk diesel = lbh efisien
ya jadinya zenik ini voxy versi domesticated :big_biglaugh:

cuma klo dari bocorannya sih zenik ini lebi banyak gimmick aja

interiornya malah kyk LC300 versi pahe

User avatar
34lee
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: Sun Jul 13, 2014 4:09
Location: Republic Of CH

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by 34lee »

Keren juga bentuknya, dah ga sabar pengen liat aslinya
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by NYoman »

Suryaputra wrote: Tue Nov 08, 2022 4:04
Bisa jg buat yg mau nyoba MPV hibrid :mky_01:
Atau MPV naik kelas dr xpander.

Karena xpander ini tetap gak segede ipah.

Apalagi jinik ini basisnya dah monokok fwd, bs jd dimensinya lbh besar interiornya (gak kemakan gardan sm sasis ladder)

Xpander 11 12 sm mobilio luasnya.
Dimensi xpander Menang GC tinggi dan kursi baris 3 lbh panjang dikitt ruang kakinya.
Lebarnya mirip"

Xpander Krn tinggi, jd terlihat gede, padahal lebarnya gak lbh lebar dr MPV lain sekelasnya 1500cc jg

Sy klo ke bekasi, tuker pinjem pk xpander, jd dah hapal gmn luas dalam nya.
It's not that spacious.

Ttp ipah juara di kelasnya :big_biglaugh:
ini saya setuju sih.. hehehe
Kmrn di bali kebetulan karena Innova saya ada di parkiran paling depan jadi mau ga mau pakai yg ada di dekat pintu.. Xpander emang keliatan lbh gede dari LMPV sekelas, bahkan kelihatan lebih besar dari Innova saya di depan.. Tapi begitu masuk bahkan Reborn pun lebih luas dalamnya.. Emg gak bisa nyalahin "kasta" nya juga sih karena si Xpander memang disana kelas nya, mau gimanapun Innova udah punya kelasnya sendiri apalagi memang mobil ini (Kijang MPV) awalnya dari dulu development nya di Indonesia juga.. Tapi berasa setelah bawa, Xpander ga semantep bawa Innova kalau buat jalan luarkota/cruissing..

Kijang memang terasa paling pas untuk di kelasnya, bawa sendiri masih ok bawa banyak juga bisa.. Ini kayaknya yg bikin Kijang tetap di gemari..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15736
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Tue Nov 08, 2022 5:04
Xpander Krn tinggi, jd terlihat gede, padahal lebarnya gak lbh lebar dr MPV lain sekelasnya 1500cc jg

Sy klo ke bekasi, tuker pinjem pk xpander, jd dah hapal gmn luas dalam nya.
It's not that spacious.

Ttp ipah juara di kelasnya :big_biglaugh:
body nya xpander berlekuk lekuk dan gembung jadi kesannya gede.

sebelahan sama ciarpi di garasi, cuma kalah lebar aja. xpander feslip malah panjangnya dah kayak CRV ane yang prefacelift.

ruang kabinnya sebenernya mirip-mirip aja. ciarpi gen 5 gak terlalu luas dibanding sebelumnya. tp posisi duduknya jauh lebih rileks di CRV. yah klo ini mah ojo dibandingke harganya beda 2x lipet :mky_03: blom ngomong redaman kaki kaki itu xp makin kesini kolongnya makin berisik :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9908
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Nov 08, 2022 7:24
Suryaputra wrote: Tue Nov 08, 2022 5:04
Xpander Krn tinggi, jd terlihat gede, padahal lebarnya gak lbh lebar dr MPV lain sekelasnya 1500cc jg

Sy klo ke bekasi, tuker pinjem pk xpander, jd dah hapal gmn luas dalam nya.
It's not that spacious.

Ttp ipah juara di kelasnya :big_biglaugh:
body nya xpander berlekuk lekuk dan gembung jadi kesannya gede.

sebelahan sama ciarpi di garasi, cuma kalah lebar aja. xpander feslip malah panjangnya dah kayak CRV ane yang prefacelift.

ruang kabinnya sebenernya mirip-mirip aja. ciarpi gen 5 gak terlalu luas dibanding sebelumnya. tp posisi duduknya jauh lebih rileks di CRV. yah klo ini mah ojo dibandingke harganya beda 2x lipet :mky_03: blom ngomong redaman kaki kaki itu xp makin kesini kolongnya makin berisik :mky_03:
NYoman wrote: Tue Nov 08, 2022 6:40
Suryaputra wrote: Tue Nov 08, 2022 4:04
Bisa jg buat yg mau nyoba MPV hibrid :mky_01:
Atau MPV naik kelas dr xpander.

Karena xpander ini tetap gak segede ipah.

Apalagi jinik ini basisnya dah monokok fwd, bs jd dimensinya lbh besar interiornya (gak kemakan gardan sm sasis ladder)

Xpander 11 12 sm mobilio luasnya.
Dimensi xpander Menang GC tinggi dan kursi baris 3 lbh panjang dikitt ruang kakinya.
Lebarnya mirip"

Xpander Krn tinggi, jd terlihat gede, padahal lebarnya gak lbh lebar dr MPV lain sekelasnya 1500cc jg

Sy klo ke bekasi, tuker pinjem pk xpander, jd dah hapal gmn luas dalam nya.
It's not that spacious.

Ttp ipah juara di kelasnya :big_biglaugh:
ini saya setuju sih.. hehehe
Kmrn di bali kebetulan karena Innova saya ada di parkiran paling depan jadi mau ga mau pakai yg ada di dekat pintu.. Xpander emang keliatan lbh gede dari LMPV sekelas, bahkan kelihatan lebih besar dari Innova saya di depan.. Tapi begitu masuk bahkan Reborn pun lebih luas dalamnya.. Emg gak bisa nyalahin "kasta" nya juga sih karena si Xpander memang disana kelas nya, mau gimanapun Innova udah punya kelasnya sendiri apalagi memang mobil ini (Kijang MPV) awalnya dari dulu development nya di Indonesia juga.. Tapi berasa setelah bawa, Xpander ga semantep bawa Innova kalau buat jalan luarkota/cruissing..

Kijang memang terasa paling pas untuk di kelasnya, bawa sendiri masih ok bawa banyak juga bisa.. Ini kayaknya yg bikin Kijang tetap di gemari..
The point is, Kijang tetap belum ada duanya.

saat ini.. belum perlu influencer untuk meng-glorify product nya :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1704
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

black2345 wrote: Tue Nov 08, 2022 4:42
Jadi bingung org beli innova yg baru ini masuk market yg mana, krn lmpv sebangsa xpander aja uda cukup bongsor dimensinya & uda cukup untuk bawa 2 org anak 1 suster & 2-3 koper di belakang

Mau lebih besar ada ada voxy/serena yg lebih lega, cari 2nd alphard/vellfire jg uda dapet di range harga tsb mana looks-nya lebih mewah & otomatis dpt tjap ‘horang kayah’
tar zenix ya buat keluarga yg pengen voxy lebih tinggi & ga kyak kotak sabun um

dan ofc, lebih murah juga krn entry pointnya zenix kan tar 400jtan. voxy ud dikit lagi mau 600
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1704
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Tue Nov 08, 2022 8:34 The point is, Kijang tetap belum ada duanya.

saat ini.. belum perlu influencer untuk meng-glorify product nya :ngacir:
ahhhhh tenang saja

nanti juga ada ada video epic journey pke zenix :big_biglaugh:

yg udah" kan begitu
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9908
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Tue Nov 08, 2022 10:34
Suryaputra wrote: Tue Nov 08, 2022 8:34 The point is, Kijang tetap belum ada duanya.

saat ini.. belum perlu influencer untuk meng-glorify product nya :ngacir:
ahhhhh tenang saja

nanti juga ada ada video epic journey pke zenix :big_biglaugh:

yg udah" kan begitu
yah makin gak ada duanya mbah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9908
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Tue Nov 08, 2022 10:32
black2345 wrote: Tue Nov 08, 2022 4:42
Jadi bingung org beli innova yg baru ini masuk market yg mana, krn lmpv sebangsa xpander aja uda cukup bongsor dimensinya & uda cukup untuk bawa 2 org anak 1 suster & 2-3 koper di belakang

Mau lebih besar ada ada voxy/serena yg lebih lega, cari 2nd alphard/vellfire jg uda dapet di range harga tsb mana looks-nya lebih mewah & otomatis dpt tjap ‘horang kayah’
tar zenix ya buat keluarga yg pengen voxy lebih tinggi & ga kyak kotak sabun um

dan ofc, lebih murah juga krn entry pointnya zenix kan tar 400jtan. voxy ud dikit lagi mau 600
Zenix, Voxy, CorCross, CHR, Prius
konon pakai 1 platform ya TNGA-C
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by pendoli »

black2345 wrote: Tue Nov 08, 2022 4:42 [

Jadi bingung org beli innova yg baru ini masuk market yg mana, krn lmpv sebangsa xpander aja uda cukup bongsor dimensinya & uda cukup untuk bawa 2 org anak 1 suster & 2-3 koper di belakang

Mau lebih besar ada ada voxy/serena yg lebih lega, cari 2nd alphard/vellfire jg uda dapet di range harga tsb mana looks-nya lebih mewah & otomatis dpt tjap ‘horang kayah’
Kalo use case gw si buat mobil perang jalan jelek dan ngangkut orang/barang om
Voxy and alphard cuma bisa angkut 6-7 orang kan
Sempet make mereka buat bawa barang tapi ga tega sendiri wkwkwk
Akhirnya sekarang pake Ertiga tapi kadang berasa butuh gedean juga kalo mau ke proyek
Lagi tertarik ambil yang tipe G atau V bench seat si
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 598
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by timbermaniac123 »

black2345 wrote: Tue Nov 08, 2022 4:42
Jadi bingung org beli innova yg baru ini masuk market yg mana, krn lmpv sebangsa xpander aja uda cukup bongsor dimensinya & uda cukup untuk bawa 2 org anak 1 suster & 2-3 koper di belakang

Mau lebih besar ada ada voxy/serena yg lebih lega, cari 2nd alphard/vellfire jg uda dapet di range harga tsb mana looks-nya lebih mewah & otomatis dpt tjap ‘horang kayah’
karena hybrid nya om... Ukuran dan harga sama kok dengan innova lama, kok om ga bingung sama market innova lama :big_slap:

Dan ga semua orang mau beli mobil second. Saya beli voxy (baru), liat sparepart lower arm 20 juta sepasang aja udah pusing kalau rusak, gimana ambil mobil alphard bekas, bisa puasa ga makan gykaku setaun buat service nya kali.

Belum lagi ditambah 400an udah dapet hybrid 3 row. fc voxy 1:7, kalau fc zenix bisa 1:19 itu udah nilai plus banget dibanding mobil2 "horang kayah" yang seperti om bilang. Apalagi tau sendiri "horang kayah" di sini, beli mobil 600 jutaan diisiin bbm "rakyat jelatah"
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by yaseinotulip »

black2345 wrote: Tue Nov 08, 2022 4:42
Jadi bingung org beli innova yg baru ini masuk market yg mana, krn lmpv sebangsa xpander aja uda cukup bongsor dimensinya & uda cukup untuk bawa 2 org anak 1 suster & 2-3 koper di belakang

Mau lebih besar ada ada voxy/serena yg lebih lega, cari 2nd alphard/vellfire jg uda dapet di range harga tsb mana looks-nya lebih mewah & otomatis dpt tjap ‘horang kayah’
Yg beli innova itu
1. org kaya yang pake supir dan ga mau keliatan kaya
2. Pejabat yang mau keliatan merakyat
3. Corporate
4. Org yang ga gt ngerti mobil tp penting merk nya toyota
5. Rental mobil
6. Butuh mpv tp ga mau lmpv atau roti tawar :big_blushing:

Xpander ya jelas bukan lawannya karena LMVP ga selevel sm innova walaupun mau dibikin ukurannya sama jg.

Voxy =》kesannya kurang tangguh, apalagi klo ada banjir

Alphard =》kegedean dan kurang praktis. Kecuali emg butuh keliatan kaya :big_smoking:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9908
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

timbermaniac123 wrote: Tue Nov 08, 2022 14:04
black2345 wrote: Tue Nov 08, 2022 4:42
Jadi bingung org beli innova yg baru ini masuk market yg mana, krn lmpv sebangsa xpander aja uda cukup bongsor dimensinya & uda cukup untuk bawa 2 org anak 1 suster & 2-3 koper di belakang

Mau lebih besar ada ada voxy/serena yg lebih lega, cari 2nd alphard/vellfire jg uda dapet di range harga tsb mana looks-nya lebih mewah & otomatis dpt tjap ‘horang kayah’
karena hybrid nya om... Ukuran dan harga sama kok dengan innova lama, kok om ga bingung sama market innova lama :big_slap:

Dan ga semua orang mau beli mobil second. Saya beli voxy (baru), liat sparepart lower arm 20 juta sepasang aja udah pusing kalau rusak, gimana ambil mobil alphard bekas, bisa puasa ga makan gykaku setaun buat service nya kali.

Belum lagi ditambah 400an udah dapet hybrid 3 row. fc voxy 1:7, kalau fc zenix bisa 1:19 itu udah nilai plus banget dibanding mobil2 "horang kayah" yang seperti om bilang. Apalagi tau sendiri "horang kayah" di sini, beli mobil 600 jutaan diisiin bbm "rakyat jelatah"
Agree mbah.
Apalagi sebagian marketnya; most of the time bekerja di regular working hours + lembur, dan weekend buat keluarga.
No time buat ngebengkel lama".

Ganti lendir aja udh ngabisin waktu buat segment market spt itu :mky_03:

Btw so far voxy nya masih aman kan kaki/ gak ada hal krusial yg bikin puasa makan enak :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 598
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by timbermaniac123 »

Suryaputra wrote: Tue Nov 08, 2022 14:49
Agree mbah.
Apalagi sebagian marketnya; most of the time bekerja di regular working hours + lembur, dan weekend buat keluarga.
No time buat ngebengkel lama".

Ganti lendir aja udh ngabisin waktu buat segment market spt itu :mky_03:

Btw so far voxy nya masih aman kan kaki/ gak ada hal krusial yg bikin puasa makan enak :upss:
Kalau saya si ogah korbanin kepraktisan dibanding gengsi. Apalagi beli alphard bekas, tapi kaget ngeliat pajak nya dan nyetir sendiri tanpa supir. Kecuali mobil ex keluarga sendiri yang saya tau silsilah perawatannya, baru saya merem dah ambil bekas gpp. Ini saya lagi pakai city ex adek saya yang cuek sama mobil. Mobil bonyok sana sini, cat banyak gompel, tapi mesin sangat sehat karena rutin perawatan beres, dan bensin juga selalu isi vpower. Dulu sebelum voxy pun, saya udah TD anps kakak saya selama seminggu (selalu minum shell diesel), tapi karena istri ga suka feelnya kaya naik kapal. Jadinya batal, ambil voxy. Coba dulu udah ada zenix hybrid, udah pasti ambil hybrid

Baru kemarin saya cek kaki2 / coba klaim di auto2k. Cukup melelahkan ngabisin waktu satu hari full di bengkel (itupun dr beres tadinya minta ditinggal/ diinepin), dan hasilnya nihil. Cuma dikencangkan baut2 nya saja, tanpa adanya solusi sumber bunyi2 nya. Paling ga, mayan bisa klaim ganti lingkar stir baru. Itupun mesti atur waktu untuk balik ke beres lagi.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9908
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

timbermaniac123 wrote: Wed Nov 09, 2022 1:27
Suryaputra wrote: Tue Nov 08, 2022 14:49
Agree mbah.
Apalagi sebagian marketnya; most of the time bekerja di regular working hours + lembur, dan weekend buat keluarga.
No time buat ngebengkel lama".

Ganti lendir aja udh ngabisin waktu buat segment market spt itu :mky_03:

Btw so far voxy nya masih aman kan kaki/ gak ada hal krusial yg bikin puasa makan enak :upss:
Kalau saya si ogah korbanin kepraktisan dibanding gengsi. Apalagi beli alphard bekas, tapi kaget ngeliat pajak nya dan nyetir sendiri tanpa supir. Kecuali mobil ex keluarga sendiri yang saya tau silsilah perawatannya, baru saya merem dah ambil bekas gpp. Ini saya lagi pakai city ex adek saya yang cuek sama mobil. Mobil bonyok sana sini, cat banyak gompel, tapi mesin sangat sehat karena rutin perawatan beres, dan bensin juga selalu isi vpower. Dulu sebelum voxy pun, saya udah TD anps kakak saya selama seminggu (selalu minum shell diesel), tapi karena istri ga suka feelnya kaya naik kapal. Jadinya batal, ambil voxy. Coba dulu udah ada zenix hybrid, udah pasti ambil hybrid

Baru kemarin saya cek kaki2 / coba klaim di auto2k. Cukup melelahkan ngabisin waktu satu hari full di bengkel (itupun dr beres tadinya minta ditinggal/ diinepin), dan hasilnya nihil. Cuma dikencangkan baut2 nya saja, tanpa adanya solusi sumber bunyi2 nya. Paling ga, mayan bisa klaim ganti lingkar stir baru. Itupun mesti atur waktu untuk balik ke beres lagi.
coba aja second opinion di beres berbeda.
karena gak jarang terjadi, knowledge antar teknisi atau SA pun, bisa beda"

klo secara skill dan SOP, mungkin bisa seragam :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by black2345 »

timbermaniac123 wrote: Tue Nov 08, 2022 14:04
black2345 wrote: Tue Nov 08, 2022 4:42
Jadi bingung org beli innova yg baru ini masuk market yg mana, krn lmpv sebangsa xpander aja uda cukup bongsor dimensinya & uda cukup untuk bawa 2 org anak 1 suster & 2-3 koper di belakang

Mau lebih besar ada ada voxy/serena yg lebih lega, cari 2nd alphard/vellfire jg uda dapet di range harga tsb mana looks-nya lebih mewah & otomatis dpt tjap ‘horang kayah’
karena hybrid nya om... Ukuran dan harga sama kok dengan innova lama, kok om ga bingung sama market innova lama :big_slap:

Dan ga semua orang mau beli mobil second. Saya beli voxy (baru), liat sparepart lower arm 20 juta sepasang aja udah pusing kalau rusak, gimana ambil mobil alphard bekas, bisa puasa ga makan gykaku setaun buat service nya kali.

Belum lagi ditambah 400an udah dapet hybrid 3 row. fc voxy 1:7, kalau fc zenix bisa 1:19 itu udah nilai plus banget dibanding mobil2 "horang kayah" yang seperti om bilang. Apalagi tau sendiri "horang kayah" di sini, beli mobil 600 jutaan diisiin bbm "rakyat jelatah"
Wkwkwk
Krn innova lama kan sasis mini truck ditambahin body.. jadi basisnya emang mobil perang.. plus bisa diisi bbm termurah yg ada disini, kalau 2 point itu hilang atau berkurang 1, apa iya marketnya masih sebesar itu. Perkiraan sy bbrp % akan switching ke tipe/brand lain

Ya we’ll see gen baru ini apa bisa se-tahan tempur pendahulunya
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Zaxis »

Nanti nama resmi nya apa ya
Kalo Toyota kijang Innova zenix apa ga keramean nti tempelan di pintu belakang nya?
Atau nti disingkat jadi Toyota kiz?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by evanbngdor »

Zaxis wrote: Wed Nov 09, 2022 3:05 Nanti nama resmi nya apa ya
Kalo Toyota kijang Innova zenix apa ga keramean nti tempelan di pintu belakang nya?
Atau nti disingkat jadi Toyota kiz?
Rasanya atribut 'kijang' dihilangkan sih. Karena generasi ANKI aja tulisan Innova nya lebih gede dibanding Kijang nya dan terpisah jauh, di Venturer malah udah ngga ada emblem 'Kijang' nya hanya ada Innova dan Venturer.

Kalo di generasi sebelumnya atribut 'Kijang' emg lebih gede drpd 'Innova' nya karena msh mau meyakinkan kalo ini masih 'Kijang'. Tp 10 tahun terakhir aja rasanya udah ngga ada yg nyebut nya 'Kijang', semua udah nyebutnya 'Innova'

Jd brand awareness nya udah terbentuk kalo ini adalah Innova bukan Kijang
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9908
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

black2345 wrote: Wed Nov 09, 2022 2:53
timbermaniac123 wrote: Tue Nov 08, 2022 14:04
black2345 wrote: Tue Nov 08, 2022 4:42
Jadi bingung org beli innova yg baru ini masuk market yg mana, krn lmpv sebangsa xpander aja uda cukup bongsor dimensinya & uda cukup untuk bawa 2 org anak 1 suster & 2-3 koper di belakang

Mau lebih besar ada ada voxy/serena yg lebih lega, cari 2nd alphard/vellfire jg uda dapet di range harga tsb mana looks-nya lebih mewah & otomatis dpt tjap ‘horang kayah’
karena hybrid nya om... Ukuran dan harga sama kok dengan innova lama, kok om ga bingung sama market innova lama :big_slap:

Dan ga semua orang mau beli mobil second. Saya beli voxy (baru), liat sparepart lower arm 20 juta sepasang aja udah pusing kalau rusak, gimana ambil mobil alphard bekas, bisa puasa ga makan gykaku setaun buat service nya kali.

Belum lagi ditambah 400an udah dapet hybrid 3 row. fc voxy 1:7, kalau fc zenix bisa 1:19 itu udah nilai plus banget dibanding mobil2 "horang kayah" yang seperti om bilang. Apalagi tau sendiri "horang kayah" di sini, beli mobil 600 jutaan diisiin bbm "rakyat jelatah"
Wkwkwk
Krn innova lama kan sasis mini truck ditambahin body.. jadi basisnya emang mobil perang.. plus bisa diisi bbm termurah yg ada disini, kalau 2 point itu hilang atau berkurang 1, apa iya marketnya masih sebesar itu. Perkiraan sy bbrp % akan switching ke tipe/brand lain

Ya we’ll see gen baru ini apa bisa se-tahan tempur pendahulunya
dari hukum alam aja, namanya sasis ladder dan RWD udh pasti lbh tahan siksa, dibanding monokok FWD :mky_01:

Tapi... namanya brand kan jg punya kepentingan, mereka pasti sudah melakukan riset pasar, sebelum bikin suatu produk.
dan riset pasar ini pasti nya makan waktu karena Goals nya adalah untuk product sustainability in long term.

gak mungkin Brand sebesar toyota, develop product masal tanpa riset pasar.
ini bunuh diri namanya, hahahaha

Btw. Fun Fact:
- Sudah pasti terjadi pergeseran market, dari generasi senior --> milenial --> gen Z (ini habit dan preferensi nya beda)
- Pangsa pasar terbesar, sudah pasti akan bergeser ke Milenial (lahir thn 81 - 96), dan Gen-Z (lahir tahun 97 - 2012)
- Pemegang keputusan untuk belanja produk sekunder, atau bahkan tertier, mayoritas masih dikuasai kaum Hawa

Melihat hasil produk yg berevolusi dari Kijang -> Ipah FWD yg ditelurkan TAM, bisa disimpulkan bahwa pangsa pasar otomotif di jaman now dan masa depan itu sebetulnya:
- hanya butuh jalan ke mall, sekedar ke kantor/kampus dan mobilitas di jalan tol luar kota yg relatif mulus
- kenyamanan dan stabilitas sasis dalam berkendara menjadi faktor penting
- efisiensi BBM optimal untuk ukuran body mobil nya

Ladder frame akan tetap ada untuk market tertentu,
so... you can buy Forti Dijel lah :big_biglaugh:



*Disclemer
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 598
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by timbermaniac123 »

black2345 wrote: Wed Nov 09, 2022 2:53
Wkwkwk
Krn innova lama kan sasis mini truck ditambahin body.. jadi basisnya emang mobil perang.. plus bisa diisi bbm termurah yg ada disini, kalau 2 point itu hilang atau berkurang 1, apa iya marketnya masih sebesar itu. Perkiraan sy bbrp % akan switching ke tipe/brand lain

Ya we’ll see gen baru ini apa bisa se-tahan tempur pendahulunya
Saya sempet simulasiin estimasi operational cost hybrid pakai pertamax. Jatoh2 nya mirip dengan diesel pakai solar. Yang membedakan cuma kalau diesel rusak di injektornya, hybrid di batrenya. Damage cost kalau rusak mirip2 juga keduanya.

Cuma kalau zenix bisa pake pertalite. Operational cost bisa lebih murah lagi dr diesel solar.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 598
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by timbermaniac123 »

Suryaputra wrote: Wed Nov 09, 2022 2:34
coba aja second opinion di beres berbeda.
karena gak jarang terjadi, knowledge antar teknisi atau SA pun, bisa beda"

klo secara skill dan SOP, mungkin bisa seragam :mky_03:
Ho oh. Dari rekam vci si ada yg saranin coba ke astrindo.