(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah...subwoofer yg dibelakang tu apakah hasil kreasi bung poetic ya pak?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
subwoofer blakang bukan dr bro poetic, itu masih model lama, b poetic nyaranin yg kecilan tp sy belum sempet ganti, biasa doku dan waktu blm sempet, aku pake yg sdh ada aja dipindah di garasi dia, yaaa lumayan bisa dang ding dung.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Santa fe 2002 ?
Bro inoz santi-nya bener tuh dapet 1:9-10 / 1:8? Secara santi saya (taon 01 sept) dalkot cuma dapet 1:6,5 itu-pun kaki sudah sopan banget & pake piggy. Sebelumnya pake pertamax dapet 1:7-an tapi sekarang lg nyoba minum premium dulu secara mo coba berhemat krn si santi sering banget melirik ke pom bensin...inoz wrote:konsumsi BBM normal aja dg 2.4 L yg cocok lah dg tarikannya yg spontan sekitar 1:9-10, klo suka stop n go yaaaa agak minum dikit sekitar 1:8
betul makanya pilih mobil sekend mesti lihat juga tipe pemakai dan kebiasaan dr servis rekordnya akan bany bantu



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa fe 2002 ?
bener bro benzz, santiku bisa dapet segitu sebab di tol terus jkt bdg, betul agak boros kayaknya klo dalkot
tapi kmarin saya test drive tour de java dr BDG ke Sby bolak balik, konsumsi bensin lumayan sekitar 1:9 sebab nyopirnya khan ngebut terus ngejar waktu agar cepet sampe, route BDG-CRB-SMG-SOLO-SBY
selalu sy ukur kmnya pas ngisi bensin
santiku blm pake piggypack, masih standart dan selalu ane bawa ke ahli mitsu tuk setting mesinnya spt tune up dll
pake bensin emang agak kurang tenaganya, tapi skarang maknyuus sebab ane tambah bardahl octane booster
ane sdh pake sekitar 5 btl octane booster, tapi takarannya mesti pas
pengalaman tambahkan 1 btl 250 ml setiap isi bensin 35 L, sebab pernah ane tambahkan sekitar 25 L tuk 1 btl ternyata mesin ngempos
klo ane dah gak kuat pake pertamax apalgi pertamax plus aaammmmpuuuun deh
met tinggal deh pertamax, hidup bensin, tapi kadang malu ama rakyat masih pake BBM bersubsidi haaaa....haaaaa...
tapi kmarin saya test drive tour de java dr BDG ke Sby bolak balik, konsumsi bensin lumayan sekitar 1:9 sebab nyopirnya khan ngebut terus ngejar waktu agar cepet sampe, route BDG-CRB-SMG-SOLO-SBY
selalu sy ukur kmnya pas ngisi bensin
santiku blm pake piggypack, masih standart dan selalu ane bawa ke ahli mitsu tuk setting mesinnya spt tune up dll
pake bensin emang agak kurang tenaganya, tapi skarang maknyuus sebab ane tambah bardahl octane booster
ane sdh pake sekitar 5 btl octane booster, tapi takarannya mesti pas
pengalaman tambahkan 1 btl 250 ml setiap isi bensin 35 L, sebab pernah ane tambahkan sekitar 25 L tuk 1 btl ternyata mesin ngempos
klo ane dah gak kuat pake pertamax apalgi pertamax plus aaammmmpuuuun deh
met tinggal deh pertamax, hidup bensin, tapi kadang malu ama rakyat masih pake BBM bersubsidi haaaa....haaaaa...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Santa fe 2002 ?
Kalo menurut sy memang karakter santi ini lebih efisien untuk cruiser jarak jauh sebab pengalaman pernah ke lampung isi full tank pertamax plus trus di tol lari 160 kpj sepanjang menuju merak & balik lagi ke jkt juga lari 160 kpj habis bensin +/- 40 lt dengan jarak tempuh +/- 400 km berarti bisa dapet 1:9/10-an. Sepanjang PP lampung-Jkt karakter berkendara sangat agresif.
Sy juga heran dengan santi ini kok bisa lebih efisien kalo lagi cruiser jarak jauh dibandingkan dengan dalkot yg cuma dpt 1:6-an. Padahal wkt PP lampung-Jkt tarik2-an ama krista 2.000 cc punya saudara & sama2 isi 4 orang dewasa. Waktu itu cukup puas krn santi memenangkan pertandingan ini krn krista akhirnya kehabisan napas wkt di trek tol panjang.
Untuk akselerasi jarak pendeknya menurut saya krista sedikit lebih unggul hal ini disebabkan krn bobot lebih ringan & ukuran ban yang lebih kecil di bandingkan santi tp untuk marathon panjang krista akhirnya kehabisan napas.
Wkt itu santi msh dlm keadaan std tp skrang sdh lumayan di lakukan modif mesin ringan seperti penggunaan filter udara hambatan lebih rendah, air compressor, XCS ground cable, busi iridium & piggiyback tinggal pnp yang belum. Untuk pnp ini takut gagal krn kalau gagal mesin malah jadi ngempos repot dech
Bro Inoz yg dpt 1:9-an aj sudah ga kuat minum pertamax lg apalagi sy yg cuma dpt 1:6-an...memang bye2 dech si pertamax
kecuali harganya balik lg seperti dulu
( mengkhayal mode on ). sekarang lg mo coba si santi ksh minum premium dulu nich meskipun kelihatannya si santi agak sedikit ngambek jd mesin agak nglitik
tp mudah2an bs diatasin dgn re-setting piggy-nya
Kita liat aj nanti perkembangannya.... 
Sy juga heran dengan santi ini kok bisa lebih efisien kalo lagi cruiser jarak jauh dibandingkan dengan dalkot yg cuma dpt 1:6-an. Padahal wkt PP lampung-Jkt tarik2-an ama krista 2.000 cc punya saudara & sama2 isi 4 orang dewasa. Waktu itu cukup puas krn santi memenangkan pertandingan ini krn krista akhirnya kehabisan napas wkt di trek tol panjang.
Untuk akselerasi jarak pendeknya menurut saya krista sedikit lebih unggul hal ini disebabkan krn bobot lebih ringan & ukuran ban yang lebih kecil di bandingkan santi tp untuk marathon panjang krista akhirnya kehabisan napas.
Wkt itu santi msh dlm keadaan std tp skrang sdh lumayan di lakukan modif mesin ringan seperti penggunaan filter udara hambatan lebih rendah, air compressor, XCS ground cable, busi iridium & piggiyback tinggal pnp yang belum. Untuk pnp ini takut gagal krn kalau gagal mesin malah jadi ngempos repot dech

Bro Inoz yg dpt 1:9-an aj sudah ga kuat minum pertamax lg apalagi sy yg cuma dpt 1:6-an...memang bye2 dech si pertamax





-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: Santa fe 2002 ?
Sorry agak menyimpang dikit dari topik ini,
Untuk Pak Inoz apa pernah pada hari Juma't tgl 6 Juni kira2 jam 14.00 lewat jalan Kesehatan Bintaro? karna pas saya lagi ngisi bensin di POM Bensin Kesehatan Bintaro dibelakang mobil saya ada Santa Fe seperti warna yg diposting diatas mau isi bensin juga.
Untuk Pak Inoz apa pernah pada hari Juma't tgl 6 Juni kira2 jam 14.00 lewat jalan Kesehatan Bintaro? karna pas saya lagi ngisi bensin di POM Bensin Kesehatan Bintaro dibelakang mobil saya ada Santa Fe seperti warna yg diposting diatas mau isi bensin juga.

Fly Like a Bird
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Fri May 23, 2008 14:18
Re: Santa fe 2002 ?
Haloo Friend semua..,
Saya sudah pinang tuh Santi, ternyata bukan th 02, tapi th 01 bln Sept. Nih mbl yg punya malah jarang pake, soalnya punya buayak mbl digarasi.. ada cerita lucu nih.. si empunya ini mau trade in dg new Santi, jd mblnya dititipkan di Hyundai, dari pagi sudah banyak yg nawar, tertinggi 78jt tapi ga dikasih, maunya 80 jt. trus sore2 , sy datang, terus terang sy agak kecewa dengan interior dan mesinnya yg ga kayak punya bung Inoz.. keliatan kotor, terutama di konsol sama pegangan pintu, terlihat bekas lem/sesuatu yg ditempel tapi waktu bersihinnya ga tuntas, jadinya kusam gitu.. sy test drive di tol, tarikan msh oke dan suara mesin cukup halus, krn sy kurang sreg dg interior,langsung sy tawar 75jt, yg punya ga mau, sy jg ga mau naik, krn jam sudah menunjuk jam 04.30, rupanya si pemilik panik, karn besok dia harus lunasi utk new santi...eh akhirnya dia lepas juga tuh santi nya. Mungkin ini bisa jadi tips.. klo mau nawar mobil seken, mendingan sore2 aja waktu kantor mau tutup he..he...
Ada ga ya yg jual konsol dan handle pintu yg motif kayu? ato pakai apa ya utk ngilangin bekas perekat/lem itu?
Waktu pulang ke Jogja, saya pake premium (emangnya manufacturenya minta Pertamax ya?.. jujur sy ga tau) , keluar dari tol Cikampek saya campurkan Mygreenoil, waktu masuk tol Kanci terasa bgt bedanya, tarikan lebih joss.. sampe 140KM/Jam masih antheng aja..setelah sampe Jogja saya itung2 konsumsi BBM nya sekitar 1:10 . Irit kah?
Saya sudah pinang tuh Santi, ternyata bukan th 02, tapi th 01 bln Sept. Nih mbl yg punya malah jarang pake, soalnya punya buayak mbl digarasi.. ada cerita lucu nih.. si empunya ini mau trade in dg new Santi, jd mblnya dititipkan di Hyundai, dari pagi sudah banyak yg nawar, tertinggi 78jt tapi ga dikasih, maunya 80 jt. trus sore2 , sy datang, terus terang sy agak kecewa dengan interior dan mesinnya yg ga kayak punya bung Inoz.. keliatan kotor, terutama di konsol sama pegangan pintu, terlihat bekas lem/sesuatu yg ditempel tapi waktu bersihinnya ga tuntas, jadinya kusam gitu.. sy test drive di tol, tarikan msh oke dan suara mesin cukup halus, krn sy kurang sreg dg interior,langsung sy tawar 75jt, yg punya ga mau, sy jg ga mau naik, krn jam sudah menunjuk jam 04.30, rupanya si pemilik panik, karn besok dia harus lunasi utk new santi...eh akhirnya dia lepas juga tuh santi nya. Mungkin ini bisa jadi tips.. klo mau nawar mobil seken, mendingan sore2 aja waktu kantor mau tutup he..he...
Ada ga ya yg jual konsol dan handle pintu yg motif kayu? ato pakai apa ya utk ngilangin bekas perekat/lem itu?
Waktu pulang ke Jogja, saya pake premium (emangnya manufacturenya minta Pertamax ya?.. jujur sy ga tau) , keluar dari tol Cikampek saya campurkan Mygreenoil, waktu masuk tol Kanci terasa bgt bedanya, tarikan lebih joss.. sampe 140KM/Jam masih antheng aja..setelah sampe Jogja saya itung2 konsumsi BBM nya sekitar 1:10 . Irit kah?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa fe 2002 ?
bro benzz : wah asyik banget tuh santi sdh dimodif abis2 an, betul emang lebih irit klo tuk cruising, apalagi high speed enank tenan, klo km nya sdh brp ? klo dah di atas 100.000 yaaa baiknya di p n p spt kata bro imsus
klo santiku sih masih enak, baik tarikan bawah ato atasnya. tentang suara mesin ngelitik ane belum pernah rasakan dan dengar kecuali pas gigi 2 pada kec dibawah 20 kpj, walo kadang jarang terdengar
emang klo mau enak sesuai dengan spek mesinnya pake pertamax +, tapi ngobrol2 ama mekanik BERES dan Mitsu, bisa aja asal disetting lagi CO nya agar bisa minum bensin
bro andra : kayaknya tgl itu bukan santi ane deh sebab ane gak tinggal di bintaro, emang mobilnya sih tangerang dr pemilik 1, blm ane balik nama, klo punya bro andra warna apa yaaa ? kapan bisa copi darat nih ? klo ke bdg kbri ane, biar ane ajak makan sate maranggi purwakarta yg terkenal, mudah tinggal kluar tol sadang 10 mnt dah, abis mkn balik lagi tol sadang beres deh, ditunggu deh
bro karjo : selamat deh anda skarang termasuk golongan orang2 aneh sbg pemilik santi, mbl korea yg sedikit penggemarnya atau komunitasnya. betul khan enak toh santinya, hati2 yoooo enak ngegasnya tapi susah ngeremnya. saran saya segera masukin salon mobil agar bisa kinclong luar dalam, trus ganti semua cairan : oli mesin, persneling, radiator, rem dlll, mesti dicek dulu semua biar nanti bisa maknyuuuuuus. skali lagi slamat mas
klo santiku sih masih enak, baik tarikan bawah ato atasnya. tentang suara mesin ngelitik ane belum pernah rasakan dan dengar kecuali pas gigi 2 pada kec dibawah 20 kpj, walo kadang jarang terdengar
emang klo mau enak sesuai dengan spek mesinnya pake pertamax +, tapi ngobrol2 ama mekanik BERES dan Mitsu, bisa aja asal disetting lagi CO nya agar bisa minum bensin
bro andra : kayaknya tgl itu bukan santi ane deh sebab ane gak tinggal di bintaro, emang mobilnya sih tangerang dr pemilik 1, blm ane balik nama, klo punya bro andra warna apa yaaa ? kapan bisa copi darat nih ? klo ke bdg kbri ane, biar ane ajak makan sate maranggi purwakarta yg terkenal, mudah tinggal kluar tol sadang 10 mnt dah, abis mkn balik lagi tol sadang beres deh, ditunggu deh
bro karjo : selamat deh anda skarang termasuk golongan orang2 aneh sbg pemilik santi, mbl korea yg sedikit penggemarnya atau komunitasnya. betul khan enak toh santinya, hati2 yoooo enak ngegasnya tapi susah ngeremnya. saran saya segera masukin salon mobil agar bisa kinclong luar dalam, trus ganti semua cairan : oli mesin, persneling, radiator, rem dlll, mesti dicek dulu semua biar nanti bisa maknyuuuuuus. skali lagi slamat mas
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Santa fe 2002 ?
Wah santi-nya seumuran saya nih...warna-nya apa nih bro Karjo? Interior santi emang dari sana-nya begitu bkn bekas lem atau bekas tempelan tp emang dr bahan yg tidak tahan dengan kondisi cuaca di indo. mungkin cocoknya untuk yg empat musim spt di USA jd spt "meleleh". Kl sy sdh di bongkar semua dan di re-paint jd lbh rapi. Bongkar center clusternya yg agak rumit krn palstik-nya sdh "berumur" jd kl tdk hati2 banyak klip2 yg akan patah & bongkarnya jg lumayan sulit serta hrs sabar kl tdk akan pecah malah repot.Karjo wrote:Haloo Friend semua..,
Saya sudah pinang tuh Santi, ternyata bukan th 02, tapi th 01 bln Sept. Nih mbl yg punya malah jarang pake, soalnya punya buayak mbl digarasi.. ada cerita lucu nih.. si empunya ini mau trade in dg new Santi, jd mblnya dititipkan di Hyundai, dari pagi sudah banyak yg nawar, tertinggi 78jt tapi ga dikasih, maunya 80 jt. trus sore2 , sy datang, terus terang sy agak kecewa dengan interior dan mesinnya yg ga kayak punya bung Inoz.. keliatan kotor, terutama di konsol sama pegangan pintu, terlihat bekas lem/sesuatu yg ditempel tapi waktu bersihinnya ga tuntas, jadinya kusam gitu.. sy test drive di tol, tarikan msh oke dan suara mesin cukup halus, krn sy kurang sreg dg interior,langsung sy tawar 75jt, yg punya ga mau, sy jg ga mau naik, krn jam sudah menunjuk jam 04.30, rupanya si pemilik panik, karn besok dia harus lunasi utk new santi...eh akhirnya dia lepas juga tuh santi nya. Mungkin ini bisa jadi tips.. klo mau nawar mobil seken, mendingan sore2 aja waktu kantor mau tutup he..he...
Ada ga ya yg jual konsol dan handle pintu yg motif kayu? ato pakai apa ya utk ngilangin bekas perekat/lem itu?
Waktu pulang ke Jogja, saya pake premium (emangnya manufacturenya minta Pertamax ya?.. jujur sy ga tau) , keluar dari tol Cikampek saya campurkan Mygreenoil, waktu masuk tol Kanci terasa bgt bedanya, tarikan lebih joss.. sampe 140KM/Jam masih antheng aja..setelah sampe Jogja saya itung2 konsumsi BBM nya sekitar 1:10 . Irit kah?
Santi hrs-nya min pertamax baru mantap tp kalau dr baru-nya sdh premuin sih kata beres tidak akan nglitik. Secara santi sy dr baru-nya di kasih minum pertamax plus makanya sekarang di ngadat wkt di kasih premium. Kemarin ngobrol2 ama orang beres hyundai katanya sih begitu tp sy jd bingung apakah memang demikian???

kl luar kota dpt 1:10 sih normal bro karjo. bener tuh kt bro Inoz santi emang enak di ajak lari kencang taapppiiii ati2 ama rem-nya bro sebab blom ada ABS+EBD+BA jg minus airbag kecuali santi yg 2.700 CC matic rem ud disc brake 4 roda ada ABS & airbag dan yg paling top ud All Whell Drive (4x4). Kemarin wkt di beres ada tuh yg 2.7 engine-nya ud V6 suara mesinnya halus sekali beda banget ama yg 2.4



Anyway selamat bergabung dalam perkumpulan orang2 aneh yach spt kt bro Inoz. Dan mengutip kata2 masternya si santi yaitu bro Imsus. sebagai pemilik santi kita berada dalam kondisi "antara benci atau cinta" sama si santi ini. Saya rasa kata2 itu tepat sekali untuk santi 2.4 tetapi kalau menurut saya kalau dapat yg 2.7 rasanya "tidak akan ada benci melainkan hanya cinta" apalagi kl dpt yg new santi gen 2..... maka kata2 yg plng tepat sekali (lg) adalah "cintaa maattiiii"

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Santa fe 2002 ?
Bro Inoz memang santi sy juga tidak ngilitik parah, hanya pd waktu masuk di gigi 1 & gigi 2 kalau rpm-nya terlalu rendah. Tp dulu waktu pake plus tidak ada sama sekali suara nglitik tuch...CO ud di setel di beres tp tetep tidak bisa hilang. Masalahnya waktu pake piggy settingnya masih pake pertamax.inoz wrote:bro benzz : wah asyik banget tuh santi sdh dimodif abis2 an, betul emang lebih irit klo tuk cruising, apalagi high speed enank tenan, klo km nya sdh brp ? klo dah di atas 100.000 yaaa baiknya di p n p spt kata bro imsus
klo santiku sih masih enak, baik tarikan bawah ato atasnya. tentang suara mesin ngelitik ane belum pernah rasakan dan dengar kecuali pas gigi 2 pada kec dibawah 20 kpj, walo kadang jarang terdengar
emang klo mau enak sesuai dengan spek mesinnya pake pertamax +, tapi ngobrol2 ama mekanik BERES dan Mitsu, bisa aja asal disetting lagi CO nya agar bisa minum bensin
bro andra : kayaknya tgl itu bukan santi ane deh sebab ane gak tinggal di bintaro, emang mobilnya sih tangerang dr pemilik 1, blm ane balik nama, klo punya bro andra warna apa yaaa ? kapan bisa copi darat nih ? klo ke bdg kbri ane, biar ane ajak makan sate maranggi purwakarta yg terkenal, mudah tinggal kluar tol sadang 10 mnt dah, abis mkn balik lagi tol sadang beres deh, ditunggu deh
bro karjo : selamat deh anda skarang termasuk golongan orang2 aneh sbg pemilik santi, mbl korea yg sedikit penggemarnya atau komunitasnya. betul khan enak toh santinya, hati2 yoooo enak ngegasnya tapi susah ngeremnya. saran saya segera masukin salon mobil agar bisa kinclong luar dalam, trus ganti semua cairan : oli mesin, persneling, radiator, rem dlll, mesti dicek dulu semua biar nanti bisa maknyuuuuuus. skali lagi slamat mas
Sebenernya di piggy ada beberapa map yg bisa si pilih. ada pilihan map yg timing-nya di turunin sampe 2 spy si santi bs minum bensin yg oktannya lebih rendah tp ternyata msh ngitik jg


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa fe 2002 ?
bro benzz brp yaaa harga piggy pack nya dolo ? trus apa nyata benar manfaatnya thp laju mesin ?
sy masih standart aja gak pake busi iridium, saringan hurricane dll sb ane konsul ama ahli mitsu apa yaa manfaat dan dampaknya thp performance mesin ? katanya yaaa performance sdh cukup baik dan gak akan banyak ngaruh kec kita emang benar2 speed freak.
ngobrol2 juga gimana pengen juga klo ada dana ganti pelek ring besar, wah tambah boros aja.
akhirnya ane hanya pake yg standart aja, yaa hanya tambah bardhal OB
yaaa skarang sudah puas kok bisa kejar2 avanza, CRV, kadang adu Xtrail, pernah kejar2 an ama L200, ternyata masih bisa salip mereka sebab ane embat trus pas di tol cikampek dan cipularang, santiku masih bisa diandalkan, walo kadang takut juga selip kiri kanan, apalagi pas sepi dikit pasti ane embat sampe 160 kpj, dan enakk pisa
versi yg 2.7 L belum pernah ane lihat tuh, apa ada ciri yg berbeda dari tampak luarnya dr yg 2.4L, ane jd ngiler juga tuh ama yg 2.7 L klo harga sekend cuman selisih segitu, tapi pastinya jarang banget tuh barangnya
betul lebih bagus lagi beli yang Gen 2 lebih mantaaaaaaap, tapi harganya diatas fortuner dan captiva eeeuuuyyyy....
klo ada dana mau tambah tampang biar macho pake bull gard depan blakang plus roofrail, trus lampu sorot, snorkeel dll kira2 cocok gak yaaa, khan SUV ?
sy masih standart aja gak pake busi iridium, saringan hurricane dll sb ane konsul ama ahli mitsu apa yaa manfaat dan dampaknya thp performance mesin ? katanya yaaa performance sdh cukup baik dan gak akan banyak ngaruh kec kita emang benar2 speed freak.
ngobrol2 juga gimana pengen juga klo ada dana ganti pelek ring besar, wah tambah boros aja.
akhirnya ane hanya pake yg standart aja, yaa hanya tambah bardhal OB
yaaa skarang sudah puas kok bisa kejar2 avanza, CRV, kadang adu Xtrail, pernah kejar2 an ama L200, ternyata masih bisa salip mereka sebab ane embat trus pas di tol cikampek dan cipularang, santiku masih bisa diandalkan, walo kadang takut juga selip kiri kanan, apalagi pas sepi dikit pasti ane embat sampe 160 kpj, dan enakk pisa
versi yg 2.7 L belum pernah ane lihat tuh, apa ada ciri yg berbeda dari tampak luarnya dr yg 2.4L, ane jd ngiler juga tuh ama yg 2.7 L klo harga sekend cuman selisih segitu, tapi pastinya jarang banget tuh barangnya
betul lebih bagus lagi beli yang Gen 2 lebih mantaaaaaaap, tapi harganya diatas fortuner dan captiva eeeuuuyyyy....
klo ada dana mau tambah tampang biar macho pake bull gard depan blakang plus roofrail, trus lampu sorot, snorkeel dll kira2 cocok gak yaaa, khan SUV ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa fe 2002 ?
wuihhh...offline seminggu ajah thread-nya langsung rame gini ck...ck...ck..., akhirnya banyak juga pemake santi di forum ini....jadi ngga kesepian lagi nih....imsus2c wrote:hayo pak...ditawar dan dipinang ajah... Kalo dah dijajal rasanya, sharing di:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=7697
btw, usulan aja nih bapak-bapak, bagaimana kalo thread ini di-merge ke topic diatas? Jadi lebih enak dan lebih ngumpul aja ngebahasnya gitu loh....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa fe 2002 ?
oke sy setuju dgabung aja dgn diatas
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Santa fe 2002 ?
Piggyback yg saya pake merek Unichip harga 4 jt berikut dyno. Sebelum pake di dyno si santi tenaganya 143 Hp tp setelah di unichip cuma dpt 153 Hp dgn pertamax. Torsi jg ada kenaikkan cuma saya lupa naikknya berapa.inoz wrote:bro benzz brp yaaa harga piggy pack nya dolo ? trus apa nyata benar manfaatnya thp laju mesin ?
sy masih standart aja gak pake busi iridium, saringan hurricane dll sb ane konsul ama ahli mitsu apa yaa manfaat dan dampaknya thp performance mesin ? katanya yaaa performance sdh cukup baik dan gak akan banyak ngaruh kec kita emang benar2 speed freak.
ngobrol2 juga gimana pengen juga klo ada dana ganti pelek ring besar, wah tambah boros aja.
akhirnya ane hanya pake yg standart aja, yaa hanya tambah bardhal OB
yaaa skarang sudah puas kok bisa kejar2 avanza, CRV, kadang adu Xtrail, pernah kejar2 an ama L200, ternyata masih bisa salip mereka sebab ane embat trus pas di tol cikampek dan cipularang, santiku masih bisa diandalkan, walo kadang takut juga selip kiri kanan, apalagi pas sepi dikit pasti ane embat sampe 160 kpj, dan enakk pisa
versi yg 2.7 L belum pernah ane lihat tuh, apa ada ciri yg berbeda dari tampak luarnya dr yg 2.4L, ane jd ngiler juga tuh ama yg 2.7 L klo harga sekend cuman selisih segitu, tapi pastinya jarang banget tuh barangnya
betul lebih bagus lagi beli yang Gen 2 lebih mantaaaaaaap, tapi harganya diatas fortuner dan captiva eeeuuuyyyy....
klo ada dana mau tambah tampang biar macho pake bull gard depan blakang plus roofrail, trus lampu sorot, snorkeel dll kira2 cocok gak yaaa, khan SUV ?
Menurut si bengkel, Unichip ini lebih enak di pakai sama santi yg 2.7 krn kinerja matic-nya dapat lebih di atur lg. Memang boleh dikatakan untung2an dgn unichip ini krn kenaikkan gain Hp sangat bervariasi antara satu mobil dgn mobil yg lainnya. Ada yg dapet kenaikkan sampe 40-an Hp tuch di Innova Diesel

Setelah Unichip ini torsi si santi jadi lumayan enak waktu stop & go jadi ga terlalu berat & mesin jd lebih "enteng". Di RPM atas terasa lebih agresif lagi. In general bawa si santi memang lebih enak aj meskipun tidak signifikan sekali secara gain HP & torsi jg tdk melonjak secara signifikan.
Avanza sih pst lewat kalo CRV mungkin seimbang tp kalo Xtrail yg 2.5 XT kayanya harus nyerah dech krn tenaganya jauh di atas si santi, Kalo ga salah 180 atau 190 HP yach (lupa)
Santi 2.7 perbedaan exterior sdh ada over fender samping bodi (kelihatan lebih kekar)+sun roof+velg 16". Interior beda kualitas tidak ada yg "meleleh" lagi tuch

Mesin 2.700cc V6+disc break 4 roda+ABS+matic shiftronic+Allwheell Drive 4x4+ Hp besar (ga pastinya, mgkn bro Imsus tau tuch...gimana master

Worthed ga yach beda 100 jutaan waktu barunya????
yang pasti second-nya jarang banget. Kalo dapet yg taon muda-an & terawat rasanya sih worthed tuh secara second-nya cuma beda 20-30 jutaan dgn yg 2.4.
Kaya-nya ada yg berminat ganti ke 2.7 nich???


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Santa fe 2002 ?
Atur aj bro Imsusimsus2c wrote:wuihhh...offline seminggu ajah thread-nya langsung rame gini ck...ck...ck..., akhirnya banyak juga pemake santi di forum ini....jadi ngga kesepian lagi nih....imsus2c wrote:hayo pak...ditawar dan dipinang ajah... Kalo dah dijajal rasanya, sharing di:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=7697
btw, usulan aja nih bapak-bapak, bagaimana kalo thread ini di-merge ke topic diatas? Jadi lebih enak dan lebih ngumpul aja ngebahasnya gitu loh....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa fe 2002 ?
thank bro benzz pencerahannya ttg piggypacknya
setuju aja deh bung momod tolong digabung aja ke trhead modifikasi santa fe, biar gak banyak2 judul
atur dan akur aja deh
sepertinya tipe 2.7 L yg lama sdh seperti new santa fe klo lihat fitur2 dan asesorisnya, enak tenan kayaknya
cuman kantongnya belum dukung plus dukungan menteri keuangan RT

setuju aja deh bung momod tolong digabung aja ke trhead modifikasi santa fe, biar gak banyak2 judul
atur dan akur aja deh
sepertinya tipe 2.7 L yg lama sdh seperti new santa fe klo lihat fitur2 dan asesorisnya, enak tenan kayaknya
cuman kantongnya belum dukung plus dukungan menteri keuangan RT

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Fri May 23, 2008 14:18
Re: Santa fe 2002 ?
Wah santi-nya seumuran saya nih...warna-nya apa nih bro Karjo? Interior santi emang dari sana-nya begitu bkn bekas lem atau bekas tempelan tp emang dr bahan yg tidak tahan dengan kondisi cuaca di indo. mungkin cocoknya untuk yg empat musim spt di USA jd spt "meleleh". Kl sy sdh di bongkar semua dan di re-paint jd lbh rapi. Bongkar center clusternya yg agak rumit krn palstik-nya sdh "berumur" jd kl tdk hati2 banyak klip2 yg akan patah & bongkarnya jg lumayan sulit serta hrs sabar kl tdk akan pecah malah repot.
Santi hrs-nya min pertamax baru mantap tp kalau dr baru-nya sdh premuin sih kata beres tidak akan nglitik. Secara santi sy dr baru-nya di kasih minum pertamax plus makanya sekarang di ngadat wkt di kasih premium. Kemarin ngobrol2 ama orang beres hyundai katanya sih begitu tp sy jd bingung apakah memang demikian???
Jd kl dr baru di isi pertamax plus maka akan sulit turun ke premium krn mesin jd sangat sensitive sekali dengan penurunan oktan makanya sy lg akalin dgn berbagai cara. salah satunya dgn piggy...meskipun piggy harganya lumayan jg tuh :e-think
kl luar kota dpt 1:10 sih normal bro karjo. bener tuh kt bro Inoz santi emang enak di ajak lari kencang taapppiiii ati2 ama rem-nya bro sebab blom ada ABS+EBD+BA jg minus airbag kecuali santi yg 2.700 CC matic rem ud disc brake 4 roda ada ABS & airbag dan yg paling top ud All Whell Drive (4x4). Kemarin wkt di beres ada tuh yg 2.7 engine-nya ud V6 suara mesinnya halus sekali beda banget ama yg 2.4
jd pengen ganti yg 2.7 nih. Wkt barunya kalau tidak salah bedanya hampir 100 jt tp seken-nya sekarang paling beda 20-30 jutaan ama yg 2.4...
Yg 2.7 ini malah sy bilang lebih jarang lg unit-nya alias lebih eksklusive...mngkn salah satu yg punya-nya yaaa bosnya si hyundai.... siapa lg kali bukan.... Mr. Bambang Tri
Anyway selamat bergabung dalam perkumpulan orang2 aneh yach spt kt bro Inoz. Dan mengutip kata2 masternya si santi yaitu bro Imsus. sebagai pemilik santi kita berada dalam kondisi "antara benci atau cinta" sama si santi ini. Saya rasa kata2 itu tepat sekali untuk santi 2.4 tetapi kalau menurut saya kalau dapat yg 2.7 rasanya "tidak akan ada benci melainkan hanya cinta" apalagi kl dpt yg new santi gen 2..... maka kata2 yg plng tepat sekali (lg) adalah "cintaa maattiiii"
[/quote]
Warna hitam bro Benzz, rupanya memang bahannya mudah meleleh ya.. pantes pada lengket semua, saya pikir punya saya aja.. rencana memang akan di cat aja, tapi bengkel nya ga berani nglepas center clusternya, katanya dijamin pasti patah-patah, jadi cat ditempat aja (lumayan rumit nutup2 nya). Klo harga center cluster ori brp ya? soalnya ngecatnya minta 750 rb..
Gigi 1/2 putaran rendah sering merasakan suara mesin "menggemuruh", apakah ini yg dimaksud ngelitik? (tolong dijwb ya bro, maklum orang awam+ndeso..)
Di manualnya cuma disebutkan bbm pakai bensin, sama sekali tdk menyebut angka octannya, darimana bisa tahu klo minumannya harus Pertamax?
Waktu saya mau beli Santi ku kemarin, saya liat di Pos Kota ada yg jual Santi 2001 4x4 harga 102 jt, sy pikir apa kehebatanya kok harganya lain drpd yg lain (kecuali 4x4 nya itu).. rupanya pas ngobrol sama bos hyundai Cilandak yg jual Santiku, katanya di Indonesia cuma ada 3-4 unit saja yg 4x4 AT. Wah nyesel juga ga diambil, klo dapat kan bisa sy tempelin stiker gede PERBAKIN
, biar dikira Bambang Tri... hee..he...
Gimana klo kita kumpulkan orang2 aneh ini dlm satu wadah pecinta Santi? kita buat aja sayembara desain logo dan nama perkumpulannya. Yg menang dapet emblem Santi 2.7.....
Santi hrs-nya min pertamax baru mantap tp kalau dr baru-nya sdh premuin sih kata beres tidak akan nglitik. Secara santi sy dr baru-nya di kasih minum pertamax plus makanya sekarang di ngadat wkt di kasih premium. Kemarin ngobrol2 ama orang beres hyundai katanya sih begitu tp sy jd bingung apakah memang demikian???

kl luar kota dpt 1:10 sih normal bro karjo. bener tuh kt bro Inoz santi emang enak di ajak lari kencang taapppiiii ati2 ama rem-nya bro sebab blom ada ABS+EBD+BA jg minus airbag kecuali santi yg 2.700 CC matic rem ud disc brake 4 roda ada ABS & airbag dan yg paling top ud All Whell Drive (4x4). Kemarin wkt di beres ada tuh yg 2.7 engine-nya ud V6 suara mesinnya halus sekali beda banget ama yg 2.4



Anyway selamat bergabung dalam perkumpulan orang2 aneh yach spt kt bro Inoz. Dan mengutip kata2 masternya si santi yaitu bro Imsus. sebagai pemilik santi kita berada dalam kondisi "antara benci atau cinta" sama si santi ini. Saya rasa kata2 itu tepat sekali untuk santi 2.4 tetapi kalau menurut saya kalau dapat yg 2.7 rasanya "tidak akan ada benci melainkan hanya cinta" apalagi kl dpt yg new santi gen 2..... maka kata2 yg plng tepat sekali (lg) adalah "cintaa maattiiii"

Warna hitam bro Benzz, rupanya memang bahannya mudah meleleh ya.. pantes pada lengket semua, saya pikir punya saya aja.. rencana memang akan di cat aja, tapi bengkel nya ga berani nglepas center clusternya, katanya dijamin pasti patah-patah, jadi cat ditempat aja (lumayan rumit nutup2 nya). Klo harga center cluster ori brp ya? soalnya ngecatnya minta 750 rb..
Gigi 1/2 putaran rendah sering merasakan suara mesin "menggemuruh", apakah ini yg dimaksud ngelitik? (tolong dijwb ya bro, maklum orang awam+ndeso..)
Di manualnya cuma disebutkan bbm pakai bensin, sama sekali tdk menyebut angka octannya, darimana bisa tahu klo minumannya harus Pertamax?
Waktu saya mau beli Santi ku kemarin, saya liat di Pos Kota ada yg jual Santi 2001 4x4 harga 102 jt, sy pikir apa kehebatanya kok harganya lain drpd yg lain (kecuali 4x4 nya itu).. rupanya pas ngobrol sama bos hyundai Cilandak yg jual Santiku, katanya di Indonesia cuma ada 3-4 unit saja yg 4x4 AT. Wah nyesel juga ga diambil, klo dapat kan bisa sy tempelin stiker gede PERBAKIN

Gimana klo kita kumpulkan orang2 aneh ini dlm satu wadah pecinta Santi? kita buat aja sayembara desain logo dan nama perkumpulannya. Yg menang dapet emblem Santi 2.7.....

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa fe 2002 ?
bro karjo
dashboard yg meleleh itu emang dilapisi bahan seperti aspal gitu spt kata bro imsus
tapi alhamdulillah punyaku masih mulus dan gak ada bagian yg meleleh gitu
mungkin jarang dijemur sinar matahari kali
betul mesti hati2 buka console centernya sebab agak susah, santiku pas ganti tape juga gitu agak repot bukanya
apalagi sudah kejemur jadi aja getas gitu
klo bikin club kita pada siap semua bro andra, imsus, benzz, inoz dll tinggal bro karjo aja
tapi yaaa gitu kita pd tinggal berjauhan, di jkt bro andra, benzz, di pwkt saya, di smarang bro imsus, di jogja bro karjo, gimana ?oke betulk setuju logonya dilombaiin ? tapi bikin dolo namanya
ditunggu nih tmn2 yang laen ?
dashboard yg meleleh itu emang dilapisi bahan seperti aspal gitu spt kata bro imsus
tapi alhamdulillah punyaku masih mulus dan gak ada bagian yg meleleh gitu
mungkin jarang dijemur sinar matahari kali
betul mesti hati2 buka console centernya sebab agak susah, santiku pas ganti tape juga gitu agak repot bukanya
apalagi sudah kejemur jadi aja getas gitu
klo bikin club kita pada siap semua bro andra, imsus, benzz, inoz dll tinggal bro karjo aja
tapi yaaa gitu kita pd tinggal berjauhan, di jkt bro andra, benzz, di pwkt saya, di smarang bro imsus, di jogja bro karjo, gimana ?oke betulk setuju logonya dilombaiin ? tapi bikin dolo namanya
ditunggu nih tmn2 yang laen ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa fe 2002 ?
Betul pak inoz, punya saya lapisan2 meleleh di trim+dashboard sudah saya cat ulang (dikerok+cat ulang), hal ini saya lakukan setelah sharing sama bro benzz waktu dulu sering email. Saya cat dengan motif karbon. Tinggal cari bengkel yg bagus buat bongkar. Santi saya sih sukses dibongkar-pasang tanpa masalah. Kapan2 saya uploadkan foto-nya. Maklum, santi saya masih ta taruh dibengkel buat general check up, soalnya dah dapat 5000KM dari overhaul mesin dulu.inoz wrote:bro karjo
dashboard yg meleleh itu emang dilapisi bahan seperti aspal gitu spt kata bro imsus
tapi alhamdulillah punyaku masih mulus dan gak ada bagian yg meleleh gitu
mungkin jarang dijemur sinar matahari kali
betul mesti hati2 buka console centernya sebab agak susah, santiku pas ganti tape juga gitu agak repot bukanya
apalagi sudah kejemur jadi aja getas gitu
klo bikin club kita pada siap semua bro andra, imsus, benzz, inoz dll tinggal bro karjo aja
tapi yaaa gitu kita pd tinggal berjauhan, di jkt bro andra, benzz, di pwkt saya, di smarang bro imsus, di jogja bro karjo, gimana ?oke betulk setuju logonya dilombaiin ? tapi bikin dolo namanya
ditunggu nih tmn2 yang laen ?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa fe 2002 ?
Kalo untuk kejar torsi dan tenaga di putaran bawah, porting+polish bisa kok (ngga perlu modul). Kalo mengerjakannya "benar", peningkatan bisa sampai 15% dari spek torsi+power bawaan. Jadi secara teori, P+P bisa ubah tenaga santi jadi 150-160an HP. Hal ini disebabkan kompresinya terdongkrak. Sisi negatifnya, yaa...karena kompresi naik, kualitas BBM pun harus naik. Santi saya setelah di P+P, kompresinya hampir menyentuh 12:1, dengan kompresi setinggi ini, original cooling system bawaan santi masih sanggup "mendinginkan" kok, jadi temperatur mesin masih bagus. Selama menghabiskan masa 5000Km kemarin, settingan pembakaran diset "rich" jadi agak boros (pake pertamax dalkot 1:5), nah pak mekaniknya berusaha setelah general check up ni mo dinormalkan. Targetnya pake pertamax dalkot 1:8-10an.benzz89 wrote:Piggyback yg saya pake merek Unichip harga 4 jt berikut dyno. Sebelum pake di dyno si santi tenaganya 143 Hp tp setelah di unichip cuma dpt 153 Hp dgn pertamax. Torsi jg ada kenaikkan cuma saya lupa naikknya berapa.inoz wrote:bro benzz brp yaaa harga piggy pack nya dolo ? trus apa nyata benar manfaatnya thp laju mesin ?
sy masih standart aja gak pake busi iridium, saringan hurricane dll sb ane konsul ama ahli mitsu apa yaa manfaat dan dampaknya thp performance mesin ? katanya yaaa performance sdh cukup baik dan gak akan banyak ngaruh kec kita emang benar2 speed freak.
ngobrol2 juga gimana pengen juga klo ada dana ganti pelek ring besar, wah tambah boros aja.
akhirnya ane hanya pake yg standart aja, yaa hanya tambah bardhal OB
yaaa skarang sudah puas kok bisa kejar2 avanza, CRV, kadang adu Xtrail, pernah kejar2 an ama L200, ternyata masih bisa salip mereka sebab ane embat trus pas di tol cikampek dan cipularang, santiku masih bisa diandalkan, walo kadang takut juga selip kiri kanan, apalagi pas sepi dikit pasti ane embat sampe 160 kpj, dan enakk pisa
versi yg 2.7 L belum pernah ane lihat tuh, apa ada ciri yg berbeda dari tampak luarnya dr yg 2.4L, ane jd ngiler juga tuh ama yg 2.7 L klo harga sekend cuman selisih segitu, tapi pastinya jarang banget tuh barangnya
betul lebih bagus lagi beli yang Gen 2 lebih mantaaaaaaap, tapi harganya diatas fortuner dan captiva eeeuuuyyyy....
klo ada dana mau tambah tampang biar macho pake bull gard depan blakang plus roofrail, trus lampu sorot, snorkeel dll kira2 cocok gak yaaa, khan SUV ?
Menurut si bengkel, Unichip ini lebih enak di pakai sama santi yg 2.7 krn kinerja matic-nya dapat lebih di atur lg. Memang boleh dikatakan untung2an dgn unichip ini krn kenaikkan gain Hp sangat bervariasi antara satu mobil dgn mobil yg lainnya. Ada yg dapet kenaikkan sampe 40-an Hp tuch di Innova DieselKhusus yg diesel2 ini gain Hp yg di dapat cukup besar jd worthed banget pake unichip ini.
Setelah Unichip ini torsi si santi jadi lumayan enak waktu stop & go jadi ga terlalu berat & mesin jd lebih "enteng". Di RPM atas terasa lebih agresif lagi. In general bawa si santi memang lebih enak aj meskipun tidak signifikan sekali secara gain HP & torsi jg tdk melonjak secara signifikan.
Avanza sih pst lewat kalo CRV mungkin seimbang tp kalo Xtrail yg 2.5 XT kayanya harus nyerah dech krn tenaganya jauh di atas si santi, Kalo ga salah 180 atau 190 HP yach (lupa)
Santi 2.7 perbedaan exterior sdh ada over fender samping bodi (kelihatan lebih kekar)+sun roof+velg 16". Interior beda kualitas tidak ada yg "meleleh" lagi tuch+ Tape double Din+6 speakers (ada tweeter)+AC digital+lampu pintu+ dual airbag.
Mesin 2.700cc V6+disc break 4 roda+ABS+matic shiftronic+Allwheell Drive 4x4+ Hp besar (ga pastinya, mgkn bro Imsus tau tuch...gimana master)
Worthed ga yach beda 100 jutaan waktu barunya????
yang pasti second-nya jarang banget. Kalo dapet yg taon muda-an & terawat rasanya sih worthed tuh secara second-nya cuma beda 20-30 jutaan dgn yg 2.4.
Kaya-nya ada yg berminat ganti ke 2.7 nich???daripada ngiler terus2an....tul ga bro Inoz
Untuk kejar2an dan akselerasi, selain Torsi+Power, faktor yg berpengaruh juga bobot kendaraan (rasio berat vs. tenaga) dan juga perbandingan gigi-nya. Jadi belum tentu yg kalah power+torsi juga kalah lari (tetapi yaa maksudnya "kalah" power+torsi ini adalah angka yg masuk akal). Saya sendiri tdk begitu "speed freak" jadi jarang nyobain adu kebut hehehe.....
Dan ingat, angka HP kadang "menipu" performa kendaraan, makanya ada ungkapan "power sells car but torque wins the race". Dengan kondisi jalanan di Indonesia, saya kira torsi lebih penting deh CMIIW.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa fe 2002 ?
betul bro imsus
ane selalu dapat pencerahan dari suhu santi
thanks skali lagi, klo ada gw uang mau P N P aja biar bisa tenaga jd beringas dan spontan, sy speed freak deh, terlalu enak klo ngebut dan terlalu gatal klo mobil pelan2, trutama kaki pengennya ngejek gas aja

ane selalu dapat pencerahan dari suhu santi
thanks skali lagi, klo ada gw uang mau P N P aja biar bisa tenaga jd beringas dan spontan, sy speed freak deh, terlalu enak klo ngebut dan terlalu gatal klo mobil pelan2, trutama kaki pengennya ngejek gas aja

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
@bro karjo: warna santi saya jg hitam, jd kaya-nya sama persis alias kembar krn lahir di bulan yg sama september
. Saran sy bro karjo cari bengkel langganan yg sdh kenal baik untuk beresin interior yg "meleleh" tersebut.
Kalo di beres hyundai di jkt mereka juga bs rapiin meskipun sepertinya mereka juga akan bw keluar ke rekanan yg mereka kenal baik. Memang agak lebih mahal tp kalo ada jaminan tidak ada yg pecah kenapa tidak? Secara bengkel resmi harus-nya lebih tau seluk beluk untuk bongkar interior yg "meleleh" tsb. Kalo sy dulu cuma kena sekitar 500 rb-an untuk bongkar seluruh interior yg "meleleh" tersebut di bengkel yg sy kenal baik (bukan di BERES) di kerok & di re-painting. Hasilnya interior lebih sedap di pandang secara sy kasih imbuhan glossy (wet look) finishing-nya. Kalo skrng 700 rb-an sich kayanya cukup murah secara harga2 cat ud pd naik semuanya.
Gigi 1/2 bergemuruh gimana yach...? kalo nglitik alias knocking itu ada suara "klitik2" halus dr engine. "Bergemuruh" maksudnya bergetar kali yach? Agak susah jg nih menganalisanya. Coba seluruh cairan di flush dan di ganti dulu dgn yg baru mngkn pemilik lamanya agak kurang telaten melihara di santi. Santi sy odometer sdh +/- 97.000-an. Bro Karjo sdh berapa odometer-nya?
Apa sdh hrs di PnP ky bro Imsus? Coba mungkin hrs "perkenalan" secara lebih mendalam lg dgn si santi tuch...
Ada pengalaman lucu dgn santi sy. Cerita-nya istri sy pinjam si santi. Wkt di jln tol si santi ngadat...lampu indikator di speedo meter nyala semua & engine mati. Dia panik & tlp sy (sy lg di luar kota) sambil marah2 dai bilang mobil-nya kenapa??? Sy bilang mobil ga ada masalah sehat waalfiat. Sy jg bingung krn si santi baru aj di tune-up. Mobil di pinggirin di coba starter...hidup... kmd jalan tp ngadat & mati lg. Weleh2 istri sy sampe stress tp akhirnya dia berhasil jg plng dgn selamat (dia ga jd pergi blk ke rmh lg & ganti mbl). Pas sy blk Jkt sy pake tuh santi tp sama skl ga pernah ngadat sampe skrang. Sy geber2 di jln tol jg tdk ada masalah. Sy jg heran kenapa sama istri sy dia ngadat. Ga habis pikir jg sy. Sampe skrng istri ga mo pinjem lg tuh si santi. Mngkn si santi cemburu kali yach
Aneh bin nyata
Tul khan perkiraan saya bhw santi 2.7 kira2 beda cuma 20-30-an jt ama yg 2.4? Wkt barunya sekitar 350 jt-an tuh skrang "cuma" 100-an juta
Murah sich murah cumaaa kalo ada part yg ud pd aus alias ada yg rusak...apalagi ex banjir... siap2 aj merogoh kocek lebih dalam drpd "pelihara" santi 2.4 bro kecuali hoki dpt yg ex Bambang tri kali yach krn lbh banyak nongkrong di garasi (scr mobil-nya jg ga ke itung
) + dpt bonus sticker perbakin di kaca-nya si santi


Kalo di beres hyundai di jkt mereka juga bs rapiin meskipun sepertinya mereka juga akan bw keluar ke rekanan yg mereka kenal baik. Memang agak lebih mahal tp kalo ada jaminan tidak ada yg pecah kenapa tidak? Secara bengkel resmi harus-nya lebih tau seluk beluk untuk bongkar interior yg "meleleh" tsb. Kalo sy dulu cuma kena sekitar 500 rb-an untuk bongkar seluruh interior yg "meleleh" tersebut di bengkel yg sy kenal baik (bukan di BERES) di kerok & di re-painting. Hasilnya interior lebih sedap di pandang secara sy kasih imbuhan glossy (wet look) finishing-nya. Kalo skrng 700 rb-an sich kayanya cukup murah secara harga2 cat ud pd naik semuanya.
Gigi 1/2 bergemuruh gimana yach...? kalo nglitik alias knocking itu ada suara "klitik2" halus dr engine. "Bergemuruh" maksudnya bergetar kali yach? Agak susah jg nih menganalisanya. Coba seluruh cairan di flush dan di ganti dulu dgn yg baru mngkn pemilik lamanya agak kurang telaten melihara di santi. Santi sy odometer sdh +/- 97.000-an. Bro Karjo sdh berapa odometer-nya?
Apa sdh hrs di PnP ky bro Imsus? Coba mungkin hrs "perkenalan" secara lebih mendalam lg dgn si santi tuch...
Ada pengalaman lucu dgn santi sy. Cerita-nya istri sy pinjam si santi. Wkt di jln tol si santi ngadat...lampu indikator di speedo meter nyala semua & engine mati. Dia panik & tlp sy (sy lg di luar kota) sambil marah2 dai bilang mobil-nya kenapa??? Sy bilang mobil ga ada masalah sehat waalfiat. Sy jg bingung krn si santi baru aj di tune-up. Mobil di pinggirin di coba starter...hidup... kmd jalan tp ngadat & mati lg. Weleh2 istri sy sampe stress tp akhirnya dia berhasil jg plng dgn selamat (dia ga jd pergi blk ke rmh lg & ganti mbl). Pas sy blk Jkt sy pake tuh santi tp sama skl ga pernah ngadat sampe skrang. Sy geber2 di jln tol jg tdk ada masalah. Sy jg heran kenapa sama istri sy dia ngadat. Ga habis pikir jg sy. Sampe skrng istri ga mo pinjem lg tuh si santi. Mngkn si santi cemburu kali yach

Tul khan perkiraan saya bhw santi 2.7 kira2 beda cuma 20-30-an jt ama yg 2.4? Wkt barunya sekitar 350 jt-an tuh skrang "cuma" 100-an juta




-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa fe 2002 ?
yaa...kira2 begitulah pak inoz. Kalo mo ningkatin performa, sebaiknya ya bertahap dulu, ini sesuai anjuran pak mekanik OMS waktu ngobrol2 disana. Kalo buat para speed-freak, ya biasanya tahapannya:inoz wrote:betul bro imsus
ane selalu dapat pencerahan dari suhu santi
thanks skali lagi, klo ada gw uang mau P N P aja biar bisa tenaga jd beringas dan spontan, sy speed freak deh, terlalu enak klo ngebut dan terlalu gatal klo mobil pelan2, trutama kaki pengennya ngejek gas aja
1. P+P, dengan proses ini, kalo bener tenaga/torsi naik 15%. Proses P+P ni kan dapat dikatakan turun 1/2 mesin, kalo niatnya mo upgrade performa, nanggung, turun mesin sekalian aja. Biasanya bengkel yg baik akan cek jeroan2 mesin trus pasti ngomongin ke kita kalo parts yg ini dah aus, kendor ato gimana kek, perkara diganti ato ngga, ya terserah kita. Kalo pengalaman saya kemaren, yaah....nanggung, yg dah kendor2 ganti ajah....makanya jatuh biayanya agak mahal hehehe.....
2. Kalo dah selesai, rasakan dulu "beda"-nya.... Kalo belum puas, baru kita otak-atik "otak"nya. Bisa lewat re-mapping ECU atau pake modul (piggyback). Tapi setidaknya mesin sudah "siap" dicambuk kalo "otak" ditipu. Kalo engga....ya sama aja bo'onk deh....otak ditipu untuk tetep "happy" tapi badannya loyo hehehe... Mungkin seperti orang minum ekstasi kali ya? Rasanya masih "kuat dan happy" tapi sebenarnya badan dah loyo hehehe

3. Kalo 2 proses ini wis dicoba dan masih belum puas, yaa....pilihan terakhir pasang turbo kalo ngga mau ganti mesinnya pisan. Cuma yaa itu, harus ganti jeroan lagi, utamanya piston (biasanya spek turbo tu malah low compression). Kalo emang minat, turbo yg "bolt-on" buat santi ya punyanya Mitsu Evo IV, dijamin plug n play termasuk piping dan intercooler-nya. Makanya pak mekanik OMS bilang, jarak blok mesin Santi ke Radiator cukup jauh ternyata buat turbo dan kenapa fender-nya gembung sekali ya buat taruh intercooler-nya

Karena alasan harus ganti ulang jeroan ini, banyak orang langsung lompat pasang turbo.
Btw, peningkatan performa secara drastis ni sebenarnya dilema, ibaratnya seperti orang mo beli kopi. Kalo mp beli kopi, ya harus beli gulanya, kalo ada gula+kopi, ya dilengkapi beli teh. Maksudnya, kalo mobil dah lebih kenceng dan powerfull dibanding asli-nya, ya kita harus upgrade rem, kaki2/suspensi, ban, aerodinamika dll.... Jadi jangan sampai kalo kita ngebut trus injak rem sekarang tapi berhentinya lusa gitu loh....

Oya....jangan sebut saya suhu santi dunk....


si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
yg versi V6 2.7L, performa sudah pasti lebih hebat, cuman konstruksi V6 sudah tentu lebih rumit sehingga menyulitkan saat perawatan/perbaikan. Demikian pula ketersediaan spare-partsnya (at least yg saya pernah coba tanya2 disini/Surabaya). Karena perawatan+spare parts susah inilah, makanya dicap yg V6 tu rewel hehehe.... Dan yg jelas, dengan penggerak 4x4, alhasil PKB-nya dan konsumsi BBM-nya pun 2 kali lipat huehehehe.......
Oya, jangan salah paham dengan 4x4-nya Santi V6 2.7. Santi ni sejatinya H/T-SUV, jadi yg dimaksud 4x4 disini bukan buat terjang off-road, tapi lebih kearah torsi, grip dan kestabilan. Jadi mirip2 AWD-nya sedan gitu loh... Pake off-road sih bisa aja, asal jangan yg "adventure off road" atau "challenging off road". Ingat, platformnya aja sedan (sonata).
Untuk mesin bergemuruh....agak susah juga ngejelasinnya ya... Kemungkinan itu mesin sudah melewati power/torque maksimumnya tapi belum dioper ke gigi yg lebih tinggi, atau bisa juga karena "overevv" mesin. Punya saya, settingan mesin-nya mirip "matic", jadi dapat dikatakan "engine brake"nya tipis. Maksudnya, waktu pedal gas dilepas, RPM mesin tidak segera turun tapi ketahan diangka 2000-1800an, baru turun pelan2. Hal ini buat saya cukup penting mengingat di daerah saya banyak tanjakan/tikungan terjal. Dengan lambatnya penurunan rpm, diharapkan masih dapat "moment torsi" yg sangat dibutuhkan saat oper2 gigi ditanjakan.
@bro benzz, wah, aneh juga pengalaman santi dengan istrinya ya...? Untung aja santi saya rukun2 aja dengan "madu"nya, alias akur2 aja dipake bini hehehe

Oya, jangan salah paham dengan 4x4-nya Santi V6 2.7. Santi ni sejatinya H/T-SUV, jadi yg dimaksud 4x4 disini bukan buat terjang off-road, tapi lebih kearah torsi, grip dan kestabilan. Jadi mirip2 AWD-nya sedan gitu loh... Pake off-road sih bisa aja, asal jangan yg "adventure off road" atau "challenging off road". Ingat, platformnya aja sedan (sonata).
Untuk mesin bergemuruh....agak susah juga ngejelasinnya ya... Kemungkinan itu mesin sudah melewati power/torque maksimumnya tapi belum dioper ke gigi yg lebih tinggi, atau bisa juga karena "overevv" mesin. Punya saya, settingan mesin-nya mirip "matic", jadi dapat dikatakan "engine brake"nya tipis. Maksudnya, waktu pedal gas dilepas, RPM mesin tidak segera turun tapi ketahan diangka 2000-1800an, baru turun pelan2. Hal ini buat saya cukup penting mengingat di daerah saya banyak tanjakan/tikungan terjal. Dengan lambatnya penurunan rpm, diharapkan masih dapat "moment torsi" yg sangat dibutuhkan saat oper2 gigi ditanjakan.
@bro benzz, wah, aneh juga pengalaman santi dengan istrinya ya...? Untung aja santi saya rukun2 aja dengan "madu"nya, alias akur2 aja dipake bini hehehe

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
bro imsus tks pencerahannya,
maaf deh gak sebut lagi "suhu" haaaaaaaaaa....
emang nanti lah akan saya cek lagi ke mekanik mitsu langganan di bdg, klo sdh ada doku mau P nP dolo spt saran
bro benzz : klo penyakit kayak gitu pas dipake istri, ana kadang ngalamin, kmrin sabtu abis dipake sekitar 2 jam ke jkt ane parkir sekitar 2 lalu pulang, wah mesin tiba2 gak ada tenaganya dan bahkan mati berkali 2 klo gas gak diinjak agak dalam
trus solusinya ane brenti dolo barang 2 menit di pinggir jln, mesin mati lalu putar kontak ke ACC tunggu sekitar 1 mnt lalu matikan dan putar lagi ke ACC sekitar 1/2 mnt lalu start, langsung tuh ngacir dg powerfull, aneh bin ajaib
menurutku kayaknya pemakaian Octane bosster yg takarannya gak tepat, ini baru perkiraan, atao ada yg lain gak tahu tuh, padahalobil baru aja di tune up sekitar 1 bulan lalu
gimana tuh bro imsus apa juga ngalamin gitu ????

maaf deh gak sebut lagi "suhu" haaaaaaaaaa....
emang nanti lah akan saya cek lagi ke mekanik mitsu langganan di bdg, klo sdh ada doku mau P nP dolo spt saran
bro benzz : klo penyakit kayak gitu pas dipake istri, ana kadang ngalamin, kmrin sabtu abis dipake sekitar 2 jam ke jkt ane parkir sekitar 2 lalu pulang, wah mesin tiba2 gak ada tenaganya dan bahkan mati berkali 2 klo gas gak diinjak agak dalam
trus solusinya ane brenti dolo barang 2 menit di pinggir jln, mesin mati lalu putar kontak ke ACC tunggu sekitar 1 mnt lalu matikan dan putar lagi ke ACC sekitar 1/2 mnt lalu start, langsung tuh ngacir dg powerfull, aneh bin ajaib
menurutku kayaknya pemakaian Octane bosster yg takarannya gak tepat, ini baru perkiraan, atao ada yg lain gak tahu tuh, padahalobil baru aja di tune up sekitar 1 bulan lalu

gimana tuh bro imsus apa juga ngalamin gitu ????