the-mantal wrote: ↑Wed Jan 10, 2024 5:16
nah ini master kunaskun yang rocky nya sudah pakai corong jahat, cable grounding yang saya bilang di atas.
jadi yang paling berasa itu lepas jalur intake ya om? ini sebenarnya cara paling mudah klo mo coba2 sih.
klo saya perhatiin DCVT nya DNGA ini mode nya ada 3 om, yg jelas kecepatan rendah bukan geared AT :
ah iya mestinya dari Direct Gear pindah ke CVT.
- low speed mode (dari berhenti lalu jalan n saya bilangnya mode stengah kopling) dimana CVT nya belum lock up n pakai rasio paling tinggi. di mode ini terasa sekali wkt injak awal rpm nya naik tinggi banget n mobil jalan nyundul2 kaya stengah kopling di manual. klo di mode ini, pilihannya ya kaya stengah kopling manual beneran, diinjak gas nya nyundul, dilepas gas nya lsg netral. ga ada ndut2an di mode ini. klo di xenia saya, terasa mode ini di rentang kec 0-30 km/h. mode ini bisa kelihatan dari current fuel consumption nya yang boros banget kalo diinjak (sekitar <5 km/l) n klo dilepas gas nya cm dapat sekitar 10-30 km/l
iya, start awal dijaga sangat halus sekali, rata2 CVT mobil pasti begini. ga bisa "natural" seperti geared AT.
- mid speed mode ini stelah setengah kopling nya lewat, CVT nya mulai lock up n rasio disesuaikan dengan kecepatan. ini di mobil xenia saya terasa di rentang kecepatan 10-100 km/h, ini mode yang biasanya ndut2an di kec rendah. mode ini bisa kelihatan dari current fuel consumption nya klo gas diinjak itu dapet >5 km/l n klo gas dilepas dapet 99.9 km/l
nah problem ndut2an akibat Direct Gear pindah ke CVT, sepertinya programmingnya kurang maksimal untuk urusan "turun ke CVT" ini. Single Geared AT yang terpasang ini ratio-nya besar sekali, sepertinya lebih besar daripada ratio terbesar CVT itu sendiri. akibatnya mesin akan sangat terbebani kalau turun ke CVT. nah diakali, mesin dikasih netral dulu, dengan cara clutch release, masuk lagi ke CVT, tapi akibat putaran CVT tidak langsung seirama dengan putaran mesin maka ndut2an akibat mesin keberatan. makanya kalau sudah mau ndut2an ditoel gas dikit langsung stabil.
kalau mau test Direct Gear sebesar apa ratio-nya ketika di kecepatan 100-120 kph, geser saja transmisi ke Manual Mode, perhatikan rpm-nya akan terlihat naik 500 rpm.
- high speed mode ini pakai geared AT. di mobil xenia saya terasa di rentang kecepatan 80 km/h ke atas. again, mode ini keliatan dari current fuel consumption, rata2 saya dapet >20 km/l sampai kec max 100 km/h, klo di atas itu menurut fuel consumption nya.
nah ndut2an itu gara2 perpindahan dari mid speed mode ke netral ini di kecepatan rendah (lagi2 keliatan dari current fuel consumption dari 99.9 km/l lsg turun ke 10-20 km/l) .... makanya di saya kadang klo dah kecepatan 20 tp masih berasa mid speed mode nya - saya gas aja lg agak dalam supaya dia masuk ke low speed mode n baru masuk netralnya jd halus.
keliatannya dia ga bisa langsung dari mid speed mode ke netral. tp harus perlahan mode nya dari mid -> low -> netral.
iya, problemnya ga bisa langsung masuk ke CVT di kecepatan rendah.
tp di xenia saya biasanya di kecepatan 30 udah masuk ke low speed mode n lsg netral jd ga berasa jerky, cm kdg2 ya itu... sampai kecepatan 20 atau 10km/h masih di mid speed mode nah terpaksa ngerasain ndut2an nya deh.
Direct Gear itu di kecepatan 20an kph sudah masuk kok, perhatikan saja fuel consumption teririt itu di kecepatan 40-50 kph, itu angka instant avg bisa sampe rata kanan.
kalau di tampilan odo digital Rocky, kecepatan 80 -100 kph instant avg di angka 25 kpl. kecepatan diatas itu akan turun perlahan mendekati 12.5 kpl sampai di kecepatan 140 kph keatas.