satu satu ya sy bingung juga bacanya...
zonepublic wrote: Sat Jun 07, 2025 10:57
Kalau anda mau industri otomotif survive,ppnbm dihapus saya setuju tapi pembatasan umur kendaraan max 10 tahun juga harus ada, biar maksa yang mampu dan butuh mobil buat beli mobil baru yang layak jalan ,jadi win2 solution semua
Yang punya duit layak beli mobil,pabrikan mobil juga bisa jualan mobilnya
Lha kalau mobil tua masih dibiarin beredar ya orang yang sudah memiliki kendaraan tidak akan beli mobil baru,industri mobil omzetnya juga ga akan naik karena kue omzetnya kemakan mobil bekas
Masuk akal kan?
Ini strategi mobil2 listrik negara naga sebenernya,makannya mobil negara naga menurut saya memang sengaja ga sediain sparepart supaya maksa pemiliknya beli mobil baru tiap sikusnya habis
Kalau anda bilang astra menuju bangkrut sekarang karena penjualan mobilnya turun ya maaf masih jauh sekali
Screenshot_20250607_181421.jpg
Nyatanya pendapatan ASII hanya stagnan beberapa tahun kebelakang tidak turun,karena mau model apapun mainnya dia tetap cuan
Kalau anda lihat incomenya ASII tuh naik 2x lipat lho sama dengan harga gold
pembatasan umur tetep nggak akan works kalo daya belinya rendah.
ngerti ga kenapa bisnis mobil di +62 itu gak sustain? karena business modelnya ATPM kebanyakan cuma : jualan mobil dan spare parts. udah itu. revenue stream ATPM selama ini ya itu. di negara susah yang mobil dipajekin PPnBM, mana bisa. amrik aja dealershipnya rata-rata jual mobil bekas. kalo ada duit jalan2 deh om, liat dealership mobil di EU atau amrik. saya aja liat showroom peugeot majang NSX di europe.
kenapa? krn kalo ada trade-in program, harga bekasnya justru terjaga. akhirnya orang gak terlalu mikirin resale value kan kalo mau trade-in ke mobil baru? lah orang udah ada yang mau beli. di indonesia yang udah ada lagi-lagi : astra. mobil88 contohnya. atau BMW premium selection.
mau pinter lagi business modelnya? rangkul komunitas, mau kerjain mobil tua. restorasi. BMW group lagi lagi contohnya. liat E36 nongkrong di bengkel resmi BMW itu bukan barang langka. itu kalo mau survive di luar revenue stream jual mobil baru apalagi niche macem BMW.
gak nyambung, coba dibaca lagi. saya bilangnya astra BISA bangkrut kalo ngikutin SARAN ANDA. saya jg bilang ASTRA GROUP sebagai keseluruhan bagian supply chain. industry nggak survive ya seluruh supply chain ini akan terdampak. inget ya industri liatnya ke depan, bukan prospek hari ini. exit plan bisa dimulai hari ini kalo current govt gak bisa membela kepentingan mereka.
ATPM yang teriak,tapi toko sparepart dan bengkel2 malah pada senyum2 semua,kemarin saya urus overhaul kendaraan,mau beli sparepart tidak pernah tidak antri di toko sparepartnya
,anda tahu ga 3 tahun belakangan AUTO salesnya naik gila2an,ya itu dia salah 1 faktor yang menghambat penjualan mobil baru,karena opsi pembatasan umur belom diberlakukan,kalau mobil lama masih bisa dipakai kenapa harus ganti?
Screenshot_20250607_180644 (1).jpg
Kalau aturan pembatasan umur kendaraan diberlakukan saya yakin AUTO bakal anjlok incomenya karena orang2 jarang mau rawat kendaraannya lagi
Yang lain lagi kalau anda mau industri otomotif naik lagi ya kredit kepemilikan kendaraan bermotor baru dipermudah lagi syaratnya,DP dibuat 0%,bunganya dikecilin bukan malah dinaikin mau NPL hancur ya biar aja
Masalahnya itu lembaga2 keuangan pemberi kreditnya berani ga?
Kalau anda ingat tahun 2004 ketika penjualan mobil melesat stimulusnya apa? Ya kredit kendaraan dipermudah sekali
Coba deh anda tanya pedagang mobil bekas juga jangan cuma mobil baru,apakah omzet mereka meningkat?
Kalau yang saya tahu pedagang mobil bekas juga sekarang lesu,kenapa?
Karena orang2 sekarang memilih mengurangi beban,mereka lebih memilih mengalokasikan uangnya untuk kebutuhan sehari2,dan bayar cicilan kpr daripada mobil
So? Faktanya Buat mayoritas masyarakat memang mobil masih termasuk kebutuhan tersier/barang mewah
nggak gitu om. isunya bukan pembatasan umur. nyatanya, dulu orang mau beli mobil gak mikir, ganti per 5 thn cyclenya. sekarang cyclenya makin panjang. sy sendiri begitu. kenapa? krn kenaikannya udah di luar nalar logis. logisnya orang beli mobil di wakanda itu 500 juta ke bawah.
isunya karena income orang dan kenaikan inflasi mobil + dollar itu tinggi. coba bandingin dollar sama 10 thn yang lalu, make sense kok sebenernya naiknya karena dollar. ini kita ngomongin mobil jepang dan europe ya, bukan mobil china.
iya betul makanya saya udah bilang kalo kondisinya kayak singapore bener mobil kebutuhan tersier, tersier itu luxury item. item yang nggak wajib dimiliki, bisa hidup tanpa itu.
di wakanda? bisa banget. beli motor aja cukup kan? tapi coba liat saya jamin gak ada orang naik motor gak akrab sama namanya obat luka dan jatoh dari motor saat hujan. aman ngga itu? kalo masih nyalahin manusia IQ simpanse dan gak paham ini perkara struktural ya maap saya gak bisa ngomong deh. mau se safety apapun orang nyetir setau saya pernah jatoh dari motor semua. alat pelindung biker itu cuma helm, dan motornya cuma motor skutik bukan motor >600cc.
regulator nggak peduli , ATPM di sini urusannya dagang bukan ngurusin traffic.