Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 836
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Ga jauh dari perkiraan semula saya si. Hrv hev di bawah 500 yang cuma ditambah airbag + speedometer. Tapi mayan udah lampu projie (auto high beam) + jok kulit + 4 tweeter.
Hrv biasa disc nya bisa up to 50-60 juta. Jadi kalau hrv hev non rs bisa di 400 cukup menarik si. Tapi dibilang murah2 banget juga ga. Anggapan saya pemakaian normal 50km/ hari hybrid 7 tahun mampu save bensin 70 juta. Yah setara mobil 330. Tapi saya yakin nanti xforce / vitara setelah disc juga bisa 310, creta bisa sekitar 360. Ga perlu pusingin usia batre.
Yang kasian pasar kelas raize. Fronx paling setelah disc main di sekitar 270-280 yg trim paling tinggi.
Hrv biasa disc nya bisa up to 50-60 juta. Jadi kalau hrv hev non rs bisa di 400 cukup menarik si. Tapi dibilang murah2 banget juga ga. Anggapan saya pemakaian normal 50km/ hari hybrid 7 tahun mampu save bensin 70 juta. Yah setara mobil 330. Tapi saya yakin nanti xforce / vitara setelah disc juga bisa 310, creta bisa sekitar 360. Ga perlu pusingin usia batre.
Yang kasian pasar kelas raize. Fronx paling setelah disc main di sekitar 270-280 yg trim paling tinggi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 870
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
fingercrossed. ato mungkin assembly ASPAC dah ready bwat Hybird sehingga lebih bisa ditekenJenson wrote: Tue Jun 10, 2025 4:33 Tobat nih pricingnya, bahkan mereka ga segan2 "turunin" harga yg RS.
Come on Honda, kalo masi mau tobat belom telat. Buruan launch CRV type S dan E, harga start from 499 - 500 ish, auto laris itu barang

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2620
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
kategori miskin menegahnya dibanyakin, yg mapan kaya ga dibanyakin juga?Zaxis wrote: Tue Jun 10, 2025 2:47
Jangan victim mentality gitu om
Orang miskin ga mungkin kebeli mobil
Sebulan cuma 1 juta buat makan aja kurang
Yang punya mobil mah orang kaya
https://www.kompas.com/tren/read/2025/0 ... kapita-per

mapan bawah tengah atas
Last edited by darrelund on Tue Jun 10, 2025 5:42, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 870
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
untuk refinement sih. tunggu EHEV 2.0 2026 karena emang di EHEV 1 ini bodinya bongsor (rumor terkahir small plat. dev jepun, cman large medium dev di USA)b0ku wrote: Tue Jun 10, 2025 4:32AbdulHakim wrote: Tue Jun 10, 2025 4:28 iya, tinggal realita pas test drive gimana, harusnya siy much better, karena lemot di kecepatan rendah sudah teratasi oleh power dari motor baterenya.
issue belt CVT udah ga relevan lagi, karena hybrid pake planetary gear, bukan sabuk baja.
NVH aka roadnoise no big issue siy, sebagai user honda udah nerima ini.
Handlingnya semoga tetap agile khas Honda.
more understerr![]()
makin kagak lincah artinya ini I-MMD KOK jd ud hybrid
yang lama bisa 78kmh![]()

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 870
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
harus turun harga sih hoho. raize ittu dah mau 5 tahun gak ada facelift (rumor langsung jump gen. karena isssue daihatsu jepun) fronx bisa tuh GL 220-230 lah NJKB segonotimbermaniac123 wrote: Tue Jun 10, 2025 5:31 Ga jauh dari perkiraan semula saya si. Hrv hev di bawah 500 yang cuma ditambah airbag + speedometer. Tapi mayan udah lampu projie (auto high beam) + jok kulit + 4 tweeter.
Hrv biasa disc nya bisa up to 50-60 juta. Jadi kalau hrv hev non rs bisa di 400 cukup menarik si. Tapi dibilang murah2 banget juga ga. Anggapan saya pemakaian normal 50km/ hari hybrid 7 tahun mampu save bensin 70 juta. Yah setara mobil 330. Tapi saya yakin nanti xforce / vitara setelah disc juga bisa 310, creta bisa sekitar 360. Ga perlu pusingin usia batre.
Yang kasian pasar kelas raize. Fronx paling setelah disc main di sekitar 270-280 yg trim paling tinggi.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2620
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
tar jg peslip sendiri lagi ala sientakayukayuthe5th wrote: Tue Jun 10, 2025 5:42
harus turun harga sih hoho. raize ittu dah mau 5 tahun gak ada facelift (rumor langsung jump gen. karena isssue daihatsu jepun) fronx bisa tuh GL 220-230 lah NJKB segono![]()
maklum gak ada kewajiban safety compliance jadi apapun boleh
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
HRV Hybrid lebih murah dari HRV RSJenson wrote: Tue Jun 10, 2025 4:33 Tobat nih pricingnya, bahkan mereka ga segan2 "turunin" harga yg RS.
Come on Honda, kalo masi mau tobat belom telat. Buruan launch CRV type S dan E, harga start from 499 - 500 ish, auto laris itu barang
Civic Hybrid lebih mahal dari Civic RS
logika macam apa ini...


-
- SM Specialist
- Posts: 16786
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
kalo saya mikirnya ini pengenaan taxnya.levofloxacine wrote: Tue Jun 10, 2025 7:56
HRV Hybrid lebih murah dari HRV RS
Civic Hybrid lebih mahal dari Civic RS
logika macam apa ini...![]()
![]()
tax turbo honda itu tinggi, jadi yang turbo turboan jatuhnya mahal. skrg hybrid kan kena potongan 3% PPnBM. sementara yang turbo emission taxnya udah kena bracket yang 20%.
tapi persamaan civic dan CRV itu cbu thailand.
entah ini subsidi silang, atau import duty dari thailand emang udah tinggi banget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2620
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
bisa jadi subsidi silang, feeling"nya bakal ada koreksi harga lagi buat akord, crv, civic hybridChZ wrote: Tue Jun 10, 2025 8:22
kalo saya mikirnya ini pengenaan taxnya.
tax turbo honda itu tinggi, jadi yang turbo turboan jatuhnya mahal. skrg hybrid kan kena potongan 3% PPnBM. sementara yang turbo emission taxnya udah kena bracket yang 20%.
tapi persamaan civic dan CRV itu cbu thailand.
entah ini subsidi silang, atau import duty dari thailand emang udah tinggi banget.
hybrid diskon 3% kan cuma buat yg CKD doang mbah, sisanya max 12%
CBU yah ga dapet
3% doang pun itu ada minimum investmentnya
1T mild hybrid
2T strong hybrid
3T PHEV
BEV CBU 10%, CKD 2%
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2530
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
heran ya pabrikan mapan seperti honda malah impor CBU
mobil listrik malah bikin pabrik disini
mobil listrik malah bikin pabrik disini
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 870
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
ada kepentingan "politis" kalo itu.ilhami wrote: Tue Jun 10, 2025 13:09 heran ya pabrikan mapan seperti honda malah impor CBU
mobil listrik malah bikin pabrik disini
![Police [emo-police]](./images/smilies/2017-police.gif)
assembly linenya indo belum mampu.......sampai skrg
karena bisanya l12b ama l15zf disini hoho lain2 murni ambil "utuh"
feeling gwa gitu.darrelund wrote: Tue Jun 10, 2025 8:43bisa jadi subsidi silang, feeling"nya bakal ada koreksi harga lagi buat akord, crv, civic hybridChZ wrote: Tue Jun 10, 2025 8:22
kalo saya mikirnya ini pengenaan taxnya.
tax turbo honda itu tinggi, jadi yang turbo turboan jatuhnya mahal. skrg hybrid kan kena potongan 3% PPnBM. sementara yang turbo emission taxnya udah kena bracket yang 20%.
tapi persamaan civic dan CRV itu cbu thailand.
entah ini subsidi silang, atau import duty dari thailand emang udah tinggi banget.
hybrid diskon 3% kan cuma buat yg CKD doang mbah, sisanya max 12%
CBU yah ga dapet
3% doang pun itu ada minimum investmentnya
1T mild hybrid
2T strong hybrid
3T PHEV
BEV CBU 10%, CKD 2%
ato emang rumor indonesia dah bisa trial assembly global platform EHEV itu mulai dari HRV hybrid ini makanya bisa "murah"
mungkin untuk next gen sipik, akord, ma siarpi bisa lebih murah (gamungkin ada facelift lawong dari global aja FY2027 which means MY2026 dah pake EHEV global 2.0)

Last edited by kayukayuthe5th on Tue Jun 10, 2025 13:34, edited 2 times in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 870
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
pertanyaan emang segede itukah bracket CBU even dari negara tetangga. gwa juga bingun sistemm dari Thai import=export gimana? tapi mugnkin bisa jadi import duty ini yang bikin honda "males" jadiin thai basis porduksi n pindah ke prindapan.ChZ wrote: Tue Jun 10, 2025 8:22kalo saya mikirnya ini pengenaan taxnya.levofloxacine wrote: Tue Jun 10, 2025 7:56
HRV Hybrid lebih murah dari HRV RS
Civic Hybrid lebih mahal dari Civic RS
logika macam apa ini...![]()
![]()
tax turbo honda itu tinggi, jadi yang turbo turboan jatuhnya mahal. skrg hybrid kan kena potongan 3% PPnBM. sementara yang turbo emission taxnya udah kena bracket yang 20%.
tapi persamaan civic dan CRV itu cbu thailand.
entah ini subsidi silang, atau import duty dari thailand emang udah tinggi banget.
bracket 20% dengan alasan carbon emission menrutuku juga ga masuk akal sih toh turbo kan=forced induction=atleast EU5-EU6 comply

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1179
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
masih bisa ada justifikasi alasan nya omlevofloxacine wrote: Tue Jun 10, 2025 7:56HRV Hybrid lebih murah dari HRV RSJenson wrote: Tue Jun 10, 2025 4:33 Tobat nih pricingnya, bahkan mereka ga segan2 "turunin" harga yg RS.
Come on Honda, kalo masi mau tobat belom telat. Buruan launch CRV type S dan E, harga start from 499 - 500 ish, auto laris itu barang
Civic Hybrid lebih mahal dari Civic RS
logika macam apa ini...![]()
![]()
kalo hrv kan dari 1.5turbo ke 1.5hybrid.
kalo civic kan dari 1.5turbo ke 2.0hybrid

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 997
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Coba saya simpulkan dari awal dulu poin2 yang anda bilang saya tidak jawabChZ wrote: Mon Jun 09, 2025 15:43
Gak ngerti saya ini nanggepin apa. Poin sy gak dijawab semua.
Emang kurang mirip apa kita sama amrik pendekatan transportasinya? Wakanda mah kayak amrik versi miskin aja. Kuli di sana naik camry, di sini naik motor. Persamaannya? Sama-sama transportasi pribadi.
Saya ini berusaha dekonstruksi kalo kita ini dari zaman mbah harto niru niru amrik yang car centric tapi skala ekonominya jauh. Krn gak bisa car centric jadinya ya motor centric (iya trotoar dipake simpanse akrobat motor).
Makanya sy pro sekali dgn pembangunan transport publik dan fasilitas pejalan kaki.
sy cuma mau pajak mahal yang sy bayarkan jadi fasilitas proper, tiap sore jalan 2-3 km gak takut disenggol motor. Itu aja sih. Negara pembuat mobil aja bisa kok. Kalo gak bisa, ngapain bayar PPnBm? Silly abis. Barangnya mewah kaga, mahal doang. Jadi apa terus uang pajaknya?
Coba tanya kenapa negara gak bisa dapet pemasukan di luar majekin kelas menengah, uda dijelasin om kendi di atas.. Makanya gak maju maju. Oom sendiri juga begitu kan mikirnya. Pajekin pajekin pajekin, karena gak mau mikirin strategi jangka panjang. Jangka pendek lebih enak pajakin aja terus. Korupnya juga jalan terus.
Tax ratio gak naik karena taunya cuma jual SDA bukan industrialisasi, isinya pekerja informal kebanyakan krn dipaksa survive (ya, orang indo itu kerja buka usaha krn demi bertahan hidup,, UMKM di glorifikasi terus).
Ya udahlah... Makin bingung.
Yang saya tangkap anda menyalahkan pemerintah dengan pajak& PPnbmnya,kenapa mobil kaleng2 sampai sekelas hrv masih kena ppnbm
Saya tidak membela pemerintah tapi melihat dari sisi lebih luas realita di dunia nyata
Di awal post anda bilang soal anda mau upgrade crv tapi ga rela nombok gopek lagi
di dunia ini,ekonomi itu kejam,anda hidup harus bisa ngejar inflasi,pendapatan harus naik terus tiap hari/bulan/tahun mau ada hujan,badai gempa bumi,perang,wabah macam covid,dll inflasi akan jalan terus ga akan bisa dijegal dan tidak ada ceritanya malah turun mau komoditi naik tetap ada inflasi,mau contoh?harga beras,minyak aja ga pernah turun meskipun ada covid kemarin
Kalau pendapatan anda tidak naik ya anda dipaksa turun kelas
Dan yang terjadi di negara ini saat ini seperti itu yang kalangan ekonomi menengah malah banyak turun kelas ke menengah bawah/bawah
Nah persepsi anda dan mayoritas masyarakat disini beda,mungkin bagi anda crv itu mobil kelas biasa saja,memang sih crv aslinya bukan kelas mobil mewah,cuma kelas medium,dari awal keluar crv sekelas dengan civic,corolla,kijang innova
Tapi bagi mayoritas masyarakat disini yang pendapatannya ga naik ya crv sekarang masuknya mobil mewah yang mana depresiasinya lebih dalam daripada lcgc di negara ini,entah kalau negara lain,karena peminatnya sedikit,dalam hukum ekonomi kalau permintaan lebih rendah dari penawaran harga akan turun lebih dalam
kenapa? Ya karena mayoritas masyarakat negara ini taraf ekonominya belum mampu pelihara kelas mobil anda
Teman saya bekerja sebagai sales keliling, punya mobil 3 biji di rumahnya 1 blind van,2 mobil box pickup,kalau pergi jalan2 sama istri dan 2 anaknya naik blind van dikasih kursi duduk di blind van,anda bayangkan betapa tidak amannya dan mana enak naik mobil tapi ga bisa lihat pemandangan apa2
Mampukah dia beli mobil bekas/baru yang proper? Mampu tapi tidak mau karena saya sudah pernah tanya
Saya kasih contoh anda tahu crv 2008 yang harga barunya 3-4x luxio/avanza saat ini harga bekasnya sama lho bahkan bisa mahal avanza untuk tahun yang sama
Jangan kaget crv turbo/civic turbo bekas anda 10 tahun lagi harganya sama dengan avanza/ertiga tahun yang sama
Kalau ga salah pernah dibahas disini
Oh ya 1 lagi yang anda pasti tidak tahu apa yang bikin masyarakat ga bisa naik kelas, "kredit"
Ya 1 itu aja masalahnya,beli rumah,hp,kendaraan sampai makan,ngemall
Kalau ditotal2 bunganya saja udah ngabisin 1/3 sampai separoh pendapatan lho,masuknya kemana? Ya orang2 yang punya uang dong,yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin
Saya non muslim jadi ga mau bicara banyak aturan riba karena ga ngerti juga
Anda bilang anda pro pejalan kaki& transportasi publik kan?ya anda harus setuju kepemilikan kendaraan pribadi dipersulit kalo ngga,jangan harap bisa kembang infrastrukturnya,masa anak2 sd sekarang naik sepeda listrik di jalan raya,ortunya bisa didik ga sih itu?entah otaknya dimana
Anda tinggal di semarang kan?kotanya sekarang sucks macet dimana2,saya jujur ga suka,mending seperti tahun 90an berangkat sekolah jalan kaki,bolos main rental game nintendo juga jalan kaki ,aman kok saya anak sd jaman itu jalan kaki kemana2 ga ada yang culik saya dan perjalanan saya selalu aman,naik sepeda juga dengan aman,saya pernah kok merasakan itu,anda belum pernah kan?
Keserempet becak aja tidak pernah saya
Harus diakui pembenahan transportasi publik memang perlu tapi sulit
Tahu bus brt kan? Jumlahnya tidak sedikit dan armadanya nambah lho tapi jangan salah,angkutan kota yang warna oren itu juga populasinya menurun jauh disini,lha gimana?drivernya pernah cerita kalah bersaing sama grab/gojek,ya begitulah kalau populasi mobil pribadi makin banyak,akan makan pangsa pasar angkutan umum juga
Tukang becak juga langka kan sekarang
Kalau anda mau protes soal pajak ada baiknya masuk pemerintahan/dewan bikin perubahan dan aturan yang mempersulit korupsi
Soal tax ratio?nah kalau anda jadi pejabat bisa bikin aturan ala2 IRS amerika yang bisa mantau semua transaksi baik cash/digital mungkin bisa naik tax rationya
Gimana mau naik tax ratio yang otomatis kena tax kan karyawan& perusahaan terdaftar alias kalangan menengah bawah
pengusaha2 aja masih ngakalin,pkl sampai parkir liar kan ga bayar pajak semua
Soal industrialisasi?coba anda buka pabrik sekarang,gaji mesti umr minimal belum lagi working habitnya orang sini kaya siput sebentar2 istirahat sebentar2 merokok,sebentar2 ngerumpi sebentar2 ibadah,ditambah liburnya setahun 1/3 kalender tapi anda mesti gaji 13x minim,belum kaum2 minta jatah
Ya sori to say sudah terlambat buat negara ini start industrialisasi
Mau start industrialisasi bagus gampang kok tapi pasti ga mau pada setuju
Start dari skema hourly paid aja, jangan monthly paid,kalau bisa ngegolin ini bakal berdampak bagus untuk kinerja
Trus pesangon hapusin semua,ga ada pesangon2,kinerja jelek ya pecat
Anda yakin pada mau digituin?lha wong skema outsourcing yang masih level basic aja diprotes mulu buat dihapus
Ini yang kemarin saya bilang honda sekarang lebih realistis mengikuti minat pasar menyediakan segmen2 yang disukai pasar buat bertahan dia tahu kalau dia tidak punya mpv/lmpv seperti toyoda tapi berusaha mengambil market yang dia punya produknya,kiblatnya ngekor toyoda,tidak idealis seperti mazda
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 600
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Kalo saya si liat subsidi silang om. Ahodn ni keknya ud ngibarin bendera putihnsegmen siarpih civic accord, dia tau qty ga mgkin banyak, jadi yaudah gas margin gede. Segmen SUV masih gendut, nah gebuk deh pesaing dbsitu, pricing mepet mainin qty aja. Ujung2ny masih cuan.levofloxacine wrote: Tue Jun 10, 2025 7:56HRV Hybrid lebih murah dari HRV RSJenson wrote: Tue Jun 10, 2025 4:33 Tobat nih pricingnya, bahkan mereka ga segan2 "turunin" harga yg RS.
Come on Honda, kalo masi mau tobat belom telat. Buruan launch CRV type S dan E, harga start from 499 - 500 ish, auto laris itu barang
Civic Hybrid lebih mahal dari Civic RS
logika macam apa ini...![]()
![]()
Gasabar pengen liat hasil laporan dagang gaikindo. Cb kita liat laris ini apa cherry tiggo 8csh pujaan bocil mendang mending
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 870
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
confirm rakitan karawang makanya bisa ditekan , cman hybrid drive import itupun assembly tetep indonesia.Jenson wrote: Tue Jun 10, 2025 19:04Kalo saya si liat subsidi silang om. Ahodn ni keknya ud ngibarin bendera putihnsegmen siarpih civic accord, dia tau qty ga mgkin banyak, jadi yaudah gas margin gede. Segmen SUV masih gendut, nah gebuk deh pesaing dbsitu, pricing mepet mainin qty aja. Ujung2ny masih cuan.levofloxacine wrote: Tue Jun 10, 2025 7:56HRV Hybrid lebih murah dari HRV RSJenson wrote: Tue Jun 10, 2025 4:33 Tobat nih pricingnya, bahkan mereka ga segan2 "turunin" harga yg RS.
Come on Honda, kalo masi mau tobat belom telat. Buruan launch CRV type S dan E, harga start from 499 - 500 ish, auto laris itu barang
Civic Hybrid lebih mahal dari Civic RS
logika macam apa ini...![]()
![]()
Gasabar pengen liat hasil laporan dagang gaikindo. Cb kita liat laris ini apa cherry tiggo 8csh pujaan bocil mendang mending
so hopefullly ngikut semua lah next time EHEV 2.0 bisa assembly di indo gaharus dari Thai yang skema eksport-import agak shady

https://kumparan.com/kumparanoto/foto-d ... mQD6z/full
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 870
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
zonepublic wrote: Tue Jun 10, 2025 17:45ChZ wrote: Mon Jun 09, 2025 15:43Ini yang kemarin saya bilang honda sekarang lebih realistis mengikuti minat pasar menyediakan segmen2 yang disukai pasar buat bertahan dia tahu kalau dia tidak punya mpv/lmpv seperti toyoda tapi berusaha mengambil market yang dia punya produknya,kiblatnya ngekor toyoda,tidak idealis seperti mazda
for me, untuk model global mestinya harus agak idealis terutama material choices ma finishing sorry to say yah kalo emang kasih pasang harga gede di medium platform (sipik, akord, siarpih) harusnya langsung kasih std premium ala mazda karena budget dah diatas 500 (kecuali bisa rakit lokal EHEV next gen , biaya dll bisa ditekan ala HRV hybrid nah beda cerita)
yah disukai pun ala WRV diskon susah, LMPV BRV alakadarnya, Brio doang itupun karena gada lawan aja. mau gamau juga haRUS referesh lineup juga ini honda *just my opinion
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2620
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
agak sulit menyalahkan kridit sebagai salah satu faktor kemiskinan, krn itu cuma tools aja, problem utamanya di manusianya mbahzonepublic wrote: Tue Jun 10, 2025 17:45
Oh ya 1 lagi yang anda pasti tidak tahu apa yang bikin masyarakat ga bisa naik kelas, "kredit"
Ya 1 itu aja masalahnya,beli rumah,hp,kendaraan sampai makan,ngemall
Kalau ditotal2 bunganya saja udah ngabisin 1/3 sampai separoh pendapatan lho,masuknya kemana? Ya orang2 yang punya uang dong,yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin
balik lagi kan ke literasi, pengetahuan jadi bisa bikin judgement yg baik
krn banyak jg orang yg bisa tertolong krn kridit/loan walo dengan bunga besar
Ini yang kemarin saya bilang honda sekarang lebih realistis mengikuti minat pasar menyediakan segmen2 yang disukai pasar buat bertahan dia tahu kalau dia tidak punya mpv/lmpv seperti toyoda tapi berusaha mengambil market yang dia punya produknya,kiblatnya ngekor toyoda,tidak idealis seperti mazda
[/quote]
realistis tapi kacang gorengnya di brio doank

ini klo ga digebuk mocin jg mana ada judul turun harga
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6429
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
gw dah pegang data ini ntar juga ketauan yang laku yang mana keknya si SE bakalan makin moncer thx to power tailgate door dan pano deletedarrelund wrote: Wed Jun 11, 2025 0:55 realistis tapi kacang gorengnya di brio doank![]()
ini klo ga digebuk mocin jg mana ada judul turun harga

kalo oe si lebih milih pano tapi yang awam pasti seneng panonya di apus di ganti tailgate soalnya lebih kepake tapi itu tailgate kalo jebol bisa puluhan juta

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Mon May 20, 2024 2:43
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Nih honda ada recall lagi untuk fuel pump.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 997
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Pengetahuan ada,tapi keinginan untuk dihormati kadang jauh lebih kuatdarrelund wrote: Wed Jun 11, 2025 0:55
agak sulit menyalahkan kridit sebagai salah satu faktor kemiskinan, krn itu cuma tools aja, problem utamanya di manusianya mbah
balik lagi kan ke literasi, pengetahuan jadi bisa bikin judgement yg baik
krn banyak jg orang yg bisa tertolong krn kridit/loan walo dengan bunga besar
realistis tapi kacang gorengnya di brio doank![]()
ini klo ga digebuk mocin jg mana ada judul turun harga
Teman saya kepala cabang lembaga pembiayaan besar di indo saja sampai cerai gara2 hutang kartu kredit buat pesta pernikahan,bunganya numpuk gulung terus,nikah baru setahun sudah minta cerai gara2 teman saya diburu debt collector ditahan2 cuma bertahan 10 tahun sebelum akhirnya cerai beneran
Nah sekarang honda berusaha rebut pasar suv dari toyoda dan brand2 cina dengan hrv hybrid karena dia tahu hrv cukup diminati dan dikenal seperti segmen jazz dulu yang jadi idola di kelas hatchback
Brio disini kan dianggap sebagai pengganti jazz,selain karena jazz disuntik mati juga karena harganya masih lebih terjangkau
Saya masih ingat dulu brio setrika pertama keluar 2012 masih cbu thailand harganya 160-185juta sampai didiskon hingga 50juta karena ga laku lha jazz gk saat itu harganya paling mahal 220juta padahal sudah punya nama dan populer
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 836
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Seru ni. Tinggal nunggu respon toyota gimana. Denger2 dari sales langganan saya, nanti pertengahan juli baru dibuka keran diskon nya. Kemarin juga abis launching hrv, tiba2 sales mazda nawarin cx30 / cx5 disc besar sekali. Eikeh jadi tergoda sama penawarannya
dashyat juga efek pricing hrv ini.
Biasanya yarcross yg disc cuma 20an di nik tahun yang sama. Sekarang udah nembus 2x lipet kaya disc nik tahun sebelumnya.
Tucson hev aja sekarang didisc sampe 610 masih susah laku. Gimana crv yang masih nahan di 750 setelah disc.
Semoga toyota sadar jual corcross kemahalan trus disc up to 70

Biasanya yarcross yg disc cuma 20an di nik tahun yang sama. Sekarang udah nembus 2x lipet kaya disc nik tahun sebelumnya.
Tucson hev aja sekarang didisc sampe 610 masih susah laku. Gimana crv yang masih nahan di 750 setelah disc.
Semoga toyota sadar jual corcross kemahalan trus disc up to 70

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12697
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Menarik diskusinya, saya jd tertarik buat nambahin, terkait korelasi RIba & inflasi,zonepublic wrote: Tue Jun 10, 2025 17:45Coba saya simpulkan dari awal dulu poin2 yang anda bilang saya tidak jawabChZ wrote: Mon Jun 09, 2025 15:43
Gak ngerti saya ini nanggepin apa. Poin sy gak dijawab semua.
Emang kurang mirip apa kita sama amrik pendekatan transportasinya? Wakanda mah kayak amrik versi miskin aja. Kuli di sana naik camry, di sini naik motor. Persamaannya? Sama-sama transportasi pribadi.
Saya ini berusaha dekonstruksi kalo kita ini dari zaman mbah harto niru niru amrik yang car centric tapi skala ekonominya jauh. Krn gak bisa car centric jadinya ya motor centric (iya trotoar dipake simpanse akrobat motor).
Makanya sy pro sekali dgn pembangunan transport publik dan fasilitas pejalan kaki.
sy cuma mau pajak mahal yang sy bayarkan jadi fasilitas proper, tiap sore jalan 2-3 km gak takut disenggol motor. Itu aja sih. Negara pembuat mobil aja bisa kok. Kalo gak bisa, ngapain bayar PPnBm? Silly abis. Barangnya mewah kaga, mahal doang. Jadi apa terus uang pajaknya?
Coba tanya kenapa negara gak bisa dapet pemasukan di luar majekin kelas menengah, uda dijelasin om kendi di atas.. Makanya gak maju maju. Oom sendiri juga begitu kan mikirnya. Pajekin pajekin pajekin, karena gak mau mikirin strategi jangka panjang. Jangka pendek lebih enak pajakin aja terus. Korupnya juga jalan terus.
Tax ratio gak naik karena taunya cuma jual SDA bukan industrialisasi, isinya pekerja informal kebanyakan krn dipaksa survive (ya, orang indo itu kerja buka usaha krn demi bertahan hidup,, UMKM di glorifikasi terus).
Ya udahlah... Makin bingung.
Yang saya tangkap anda menyalahkan pemerintah dengan pajak& PPnbmnya,kenapa mobil kaleng2 sampai sekelas hrv masih kena ppnbm
Saya tidak membela pemerintah tapi melihat dari sisi lebih luas realita di dunia nyata
Di awal post anda bilang soal anda mau upgrade crv tapi ga rela nombok gopek lagi
di dunia ini,ekonomi itu kejam,anda hidup harus bisa ngejar inflasi,pendapatan harus naik terus tiap hari/bulan/tahun mau ada hujan,badai gempa bumi,perang,wabah macam covid,dll inflasi akan jalan terus ga akan bisa dijegal dan tidak ada ceritanya malah turun mau komoditi naik tetap ada inflasi,mau contoh?harga beras,minyak aja ga pernah turun meskipun ada covid kemarin
Kalau pendapatan anda tidak naik ya anda dipaksa turun kelas
Dan yang terjadi di negara ini saat ini seperti itu yang kalangan ekonomi menengah malah banyak turun kelas ke menengah bawah/bawah
Nah persepsi anda dan mayoritas masyarakat disini beda,mungkin bagi anda crv itu mobil kelas biasa saja,memang sih crv aslinya bukan kelas mobil mewah,cuma kelas medium,dari awal keluar crv sekelas dengan civic,corolla,kijang innova
Tapi bagi mayoritas masyarakat disini yang pendapatannya ga naik ya crv sekarang masuknya mobil mewah yang mana depresiasinya lebih dalam daripada lcgc di negara ini,entah kalau negara lain,karena peminatnya sedikit,dalam hukum ekonomi kalau permintaan lebih rendah dari penawaran harga akan turun lebih dalam
kenapa? Ya karena mayoritas masyarakat negara ini taraf ekonominya belum mampu pelihara kelas mobil anda
Teman saya bekerja sebagai sales keliling, punya mobil 3 biji di rumahnya 1 blind van,2 mobil box pickup,kalau pergi jalan2 sama istri dan 2 anaknya naik blind van dikasih kursi duduk di blind van,anda bayangkan betapa tidak amannya dan mana enak naik mobil tapi ga bisa lihat pemandangan apa2
Mampukah dia beli mobil bekas/baru yang proper? Mampu tapi tidak mau karena saya sudah pernah tanya
Saya kasih contoh anda tahu crv 2008 yang harga barunya 3-4x luxio/avanza saat ini harga bekasnya sama lho bahkan bisa mahal avanza untuk tahun yang sama
Jangan kaget crv turbo/civic turbo bekas anda 10 tahun lagi harganya sama dengan avanza/ertiga tahun yang sama
Kalau ga salah pernah dibahas disini
-----
Oh ya 1 lagi yang anda pasti tidak tahu apa yang bikin masyarakat ga bisa naik kelas, "kredit"
Ya 1 itu aja masalahnya,beli rumah,hp,kendaraan sampai makan,ngemall
Kalau ditotal2 bunganya saja udah ngabisin 1/3 sampai separoh pendapatan lho,masuknya kemana? Ya orang2 yang punya uang dong,yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin
Saya non muslim jadi ga mau bicara banyak aturan riba karena ga ngerti juga
Anda bilang anda pro pejalan kaki& transportasi publik kan?ya anda harus setuju kepemilikan kendaraan pribadi dipersulit kalo ngga,jangan harap bisa kembang infrastrukturnya,masa anak2 sd sekarang naik sepeda listrik di jalan raya,ortunya bisa didik ga sih itu?entah otaknya dimana
Anda tinggal di semarang kan?kotanya sekarang sucks macet dimana2,saya jujur ga suka,mending seperti tahun 90an berangkat sekolah jalan kaki,bolos main rental game nintendo juga jalan kaki ,aman kok saya anak sd jaman itu jalan kaki kemana2 ga ada yang culik saya dan perjalanan saya selalu aman,naik sepeda juga dengan aman,saya pernah kok merasakan itu,anda belum pernah kan?
Keserempet becak aja tidak pernah saya
Harus diakui pembenahan transportasi publik memang perlu tapi sulit
Tahu bus brt kan? Jumlahnya tidak sedikit dan armadanya nambah lho tapi jangan salah,angkutan kota yang warna oren itu juga populasinya menurun jauh disini,lha gimana?drivernya pernah cerita kalah bersaing sama grab/gojek,ya begitulah kalau populasi mobil pribadi makin banyak,akan makan pangsa pasar angkutan umum juga
Tukang becak juga langka kan sekarang
Kalau anda mau protes soal pajak ada baiknya masuk pemerintahan/dewan bikin perubahan dan aturan yang mempersulit korupsi
Soal tax ratio?nah kalau anda jadi pejabat bisa bikin aturan ala2 IRS amerika yang bisa mantau semua transaksi baik cash/digital mungkin bisa naik tax rationya
Gimana mau naik tax ratio yang otomatis kena tax kan karyawan& perusahaan terdaftar alias kalangan menengah bawah
pengusaha2 aja masih ngakalin,pkl sampai parkir liar kan ga bayar pajak semua
Soal industrialisasi?coba anda buka pabrik sekarang,gaji mesti umr minimal belum lagi working habitnya orang sini kaya siput sebentar2 istirahat sebentar2 merokok,sebentar2 ngerumpi sebentar2 ibadah,ditambah liburnya setahun 1/3 kalender tapi anda mesti gaji 13x minim,belum kaum2 minta jatah
Ya sori to say sudah terlambat buat negara ini start industrialisasi
Mau start industrialisasi bagus gampang kok tapi pasti ga mau pada setuju
Start dari skema hourly paid aja, jangan monthly paid,kalau bisa ngegolin ini bakal berdampak bagus untuk kinerja
Trus pesangon hapusin semua,ga ada pesangon2,kinerja jelek ya pecat
Anda yakin pada mau digituin?lha wong skema outsourcing yang masih level basic aja diprotes mulu buat dihapus
Ini yang kemarin saya bilang honda sekarang lebih realistis mengikuti minat pasar menyediakan segmen2 yang disukai pasar buat bertahan dia tahu kalau dia tidak punya mpv/lmpv seperti toyoda tapi berusaha mengambil market yang dia punya produknya,kiblatnya ngekor toyoda,tidak idealis seperti mazda
dari beberapa pakar financial yg sy perhatikan dan pelajari, termasuk the crypto guy si timoty juga jelasin tentang Riba.
Colek me if i'm wrong, spy bisa sama2 belajar di forum tercinta ini.
Knapa Riba jadi salah satu faktor besar yg bisa mendorong inflasi?
*disclemer, Riba ini salah satu game elit global untuk bikin inflasi, di mana kaum middle makin terjepit,
1. Biaya produksi naik
- Bunga (riba) itu nambahin beban biaya buat supplier / produsen yang meminjam modal ke bank (bagi pengusaha yang bisnisnya pinjam ke bank)
- Biaya tambahan ini diteruskan ke harga pokok penjualan, bunga nambah terus, harga harus naik -> inflasi
2. Permintaan uang naik
- Sistem promosi dan marketing berbasis riba mendorong peminjaman uang untuk konsumsi berdasarkan keinginan (bukan kebutuhan mendesak terkait nyawa dan hal darurat)
- Permintaan uang naik, tapi belum tentu aligned dgn peningkatan produksi.
- Akibatnya, jumlah uang beredar bertambah, dan nilai uang menurun -< inflasi
3. Sistem riba udah pasti menguntungkan kreditor / yang kasih pinjaman
- Yang kaum elit makin kaya
- daya beli kelas menengah menurun
4. Utang dan stimulus untuk cetak Uang
- Banyak perusahaan gak bisa bayar utang berbunga, ujungnya negara sering turun tangan.
cth: some BUMN we can name it

- penambahan uang beredar -> inflasi.
5. Dr sisi agama, tatanan sosial makin rusak
Intinya, emang segitu ngaturnya ekonomi syariah, spy kedua pihak bisa saling mendapatkan manfaat.
Negara yg menganut ekonomi tsb, walau ada yg gak bawa label agama, biasanya maju yaa.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16786
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
krn sy gak mau lebar kemana-mana jadi sy fokus ke poin ini saja. poin saya yg lain jelas : PPnBM is silly. cars below 500mio (NJKB) are not luxury item.zonepublic wrote: Tue Jun 10, 2025 17:45
Anda bilang anda pro pejalan kaki& transportasi publik kan?ya anda harus setuju kepemilikan kendaraan pribadi dipersulit kalo ngga,jangan harap bisa kembang infrastrukturnya,masa anak2 sd sekarang naik sepeda listrik di jalan raya,ortunya bisa didik ga sih itu?entah otaknya dimana
Anda tinggal di semarang kan?kotanya sekarang sucks macet dimana2,saya jujur ga suka,mending seperti tahun 90an berangkat sekolah jalan kaki,bolos main rental game nintendo juga jalan kaki ,aman kok saya anak sd jaman itu jalan kaki kemana2 ga ada yang culik saya dan perjalanan saya selalu aman,naik sepeda juga dengan aman,saya pernah kok merasakan itu,anda belum pernah kan?
Keserempet becak aja tidak pernah saya
Harus diakui pembenahan transportasi publik memang perlu tapi sulit
Tahu bus brt kan? Jumlahnya tidak sedikit dan armadanya nambah lho tapi jangan salah,angkutan kota yang warna oren itu juga populasinya menurun jauh disini,lha gimana?drivernya pernah cerita kalah bersaing sama grab/gojek,ya begitulah kalau populasi mobil pribadi makin banyak,akan makan pangsa pasar angkutan umum juga
Tukang becak juga langka kan sekarang
ngerti ga ironisnya orang berpikir kayak anda, sebenernya terbalik : orang gak perlu dipersulit kepemilikan kendaraan pribadinya akan memilih jalan dan naik bus, karena pake kendaraan pribadi pada esensinya itu ribet untuk jarak yang cuma 1-2 kilometer.
dih basi, pake kalimat "anda belum pernah kan?", don't patronize me, mau diskusi apa main tua-tuaan? kalo anda old enough anda tau kok di desa orang juga gak butuh mobil, paling beli pickup buat angkut hasil bumi ke kota, atau perlu ke singapore buat liat jalan 10-15ribu tanpa liat trotoar rusak itu NORMAL ?
anda blm pernah bukan berarti gak pernah kejadian. ini makanya ada yg bilang pemikiran anda gak napak tanah. saya tiap hari di warzone, saya ngider kaligawe-krapyak tiap hari. kurang warzone apa itu, mau jalan kaki di sono? banyak berdoa kalo gak mau tiba tiba ada truk rem blong.
saya bingung loh saya yakin anda bayar pajak kok gak ngomel mau jalan kaki aja takut kesenggol motor, atau memang anda golongan kurang olahraga jadi gak pernah jalan kaki lebih dari 300 meter?
sekali lagi i'm just a mere citizen yang mau hak hidup sy dipenuhi tanpa harus investment hundreds of millions for my own safety. sy bukan tipe yang suka keluar ke warung harus keluarin mobil atau motor. boros emisi, gak sehat juga. dan banyak yang liat sy aneh jarak setengah kilo kok mau jalan kaki panas panas lagi. boros bosku apalagi mobilnya gak dinyalain semaleman, ngapain nunggu 15 menit buat urusan yang sy bisa selesai dalam 10 menit.
besok2 jangan koar koar dimana-mana mobil skrg murahan tapi mahal, lah anda aja mewajarkan itu kok.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6429
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
ini kejadian di saya RUMAH depan setasiun LRT paling musti lewat mall kalo mau kesana, rumah sakit depan stasiun LRT juga kalo mau ke rumah sakit saya malah lebih milih naek LRT daripada naek mobil apalagi cuma sendiri kadang gak tega aja sama bini jd mau gak mau naek mobil padahal males banget naek mobil enakan LRT tinggl turun jalan dikit sampe gak usah cari parkir gak usah kena lampu merah per4an pulomas ditambah lebih cepet sampe pulakChZ wrote: Wed Jun 11, 2025 4:27
krn sy gak mau lebar kemana-mana jadi sy fokus ke poin ini saja. poin saya yg lain jelas : PPnBM is silly. cars below 500mio (NJKB) are not luxury item.
ngerti ga ironisnya orang berpikir kayak anda, sebenernya terbalik : orang gak perlu dipersulit kepemilikan kendaraan pribadinya akan memilih jalan dan naik bus, karena pake kendaraan pribadi pada esensinya itu ribet untuk jarak yang cuma 1-2 kilometer.
dih basi, pake kalimat "anda belum pernah kan?", don't patronize me, mau diskusi apa main tua-tuaan? kalo anda old enough anda tau kok di desa orang juga gak butuh mobil, paling beli pickup buat angkut hasil bumi ke kota, atau perlu ke singapore buat liat jalan 10-15ribu tanpa liat trotoar rusak itu NORMAL ?
anda blm pernah bukan berarti gak pernah kejadian. ini makanya ada yg bilang pemikiran anda gak napak tanah. saya tiap hari di warzone, saya ngider kaligawe-krapyak tiap hari. kurang warzone apa itu, mau jalan kaki di sono? banyak berdoa kalo gak mau tiba tiba ada truk rem blong.
saya bingung loh saya yakin anda bayar pajak kok gak ngomel mau jalan kaki aja takut kesenggol motor, atau memang anda golongan kurang olahraga jadi gak pernah jalan kaki lebih dari 300 meter?
sekali lagi i'm just a mere citizen yang mau hak hidup sy dipenuhi tanpa harus investment hundreds of millions for my own safety. sy bukan tipe yang suka keluar ke warung harus keluarin mobil atau motor. boros emisi, gak sehat juga. dan banyak yang liat sy aneh jarak setengah kilo kok mau jalan kaki panas panas lagi. boros bosku apalagi mobilnya gak dinyalain semaleman, ngapain nunggu 15 menit buat urusan yang sy bisa selesai dalam 10 menit.
besok2 jangan koar koar dimana-mana mobil skrg murahan tapi mahal, lah anda aja mewajarkan itu kok.

saya yang gila mobil aja kalo kerja malah milih ngojek kadang pulang jogging 5km kantor-rumah padahal di rumah mobil 2 unit saya anggurin sekarang aja kalo hunting unit atau nolong temen cek unit saya naek go car pokoknya kalo urusan kerjaan males bawa mobil sendiri.........
