

Gile ya bukunya Clayton Christensen emang terjadi beneran, kyk yg gw bahas di trit mana ya gw ampe lupa
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
Iya keren bukunya emang.. tiap perusahaan mapan dan apalagi sudah mature, suka gak suka harus bentuk 2 tim inovasihenbob wrote: Wed Jun 11, 2025 6:13 Yg terbaru taunya dealer dijemursari jg tutup, pantesan awal tahun kemaren lewat situ kirain renov mau jadi gede.infonya jadi GWM yak. Kalo udah tutup2 satu2 gt tinggal nyari org buat disalahin wkwkwk.
![]()
Gile ya bukunya Clayton Christensen emang terjadi beneran, kyk yg gw bahas di trit mana ya gw ampe lupa![]()
gw kalo lagi drop mobil di carwash tiap sabtu selalu jalan kaki, itu setengah kilo lumayan lah. jem 9 - 10 pagi udah panas sih. ampe karyawan gw bingung. lah emang deket ngapain harus repot manggil gojek apalagi nunggu disamperin. lama bener.b0ku wrote: Wed Jun 11, 2025 5:36
ini kejadian di saya RUMAH depan setasiun LRT paling musti lewat mall kalo mau kesana, rumah sakit depan stasiun LRT juga kalo mau ke rumah sakit saya malah lebih milih naek LRT daripada naek mobil apalagi cuma sendiri kadang gak tega aja sama bini jd mau gak mau naek mobil padahal males banget naek mobil enakan LRT tinggl turun jalan dikit sampe gak usah cari parkir gak usah kena lampu merah per4an pulomas ditambah lebih cepet sampe pulak
saya yang gila mobil aja kalo kerja malah milih ngojek kadang pulang jogging 5km kantor-rumah padahal di rumah mobil 2 unit saya anggurin sekarang aja kalo hunting unit atau nolong temen cek unit saya naek go car pokoknya kalo urusan kerjaan males bawa mobil sendiri.........![]()
jalan kaki dan naik tangga manual (bukan excalator), itu salah satu langkah memperlambat aging.ChZ wrote: Wed Jun 11, 2025 7:01gw kalo lagi drop mobil di carwash tiap sabtu selalu jalan kaki, itu setengah kilo lumayan lah. jem 9 - 10 pagi udah panas sih. ampe karyawan gw bingung. lah emang deket ngapain harus repot manggil gojek apalagi nunggu disamperin. lama bener.b0ku wrote: Wed Jun 11, 2025 5:36
ini kejadian di saya RUMAH depan setasiun LRT paling musti lewat mall kalo mau kesana, rumah sakit depan stasiun LRT juga kalo mau ke rumah sakit saya malah lebih milih naek LRT daripada naek mobil apalagi cuma sendiri kadang gak tega aja sama bini jd mau gak mau naek mobil padahal males banget naek mobil enakan LRT tinggl turun jalan dikit sampe gak usah cari parkir gak usah kena lampu merah per4an pulomas ditambah lebih cepet sampe pulak
saya yang gila mobil aja kalo kerja malah milih ngojek kadang pulang jogging 5km kantor-rumah padahal di rumah mobil 2 unit saya anggurin sekarang aja kalo hunting unit atau nolong temen cek unit saya naek go car pokoknya kalo urusan kerjaan males bawa mobil sendiri.........![]()
gw kalo bisa kerja jalan kaki ya jalan kaki kok, dulu gw pernah kerja jalan kaki doang tiap hari makanya gak pernah pusing isi bensin bagus dan oli bagus. karena gak pake tiap hari juga, paling malem kalo mau jalan.
hahaha semua connected lah mbah.Suryaputra wrote: Wed Jun 11, 2025 7:15
jalan kaki dan naik tangga manual (bukan excalator), itu salah satu langkah memperlambat aging.
hahaha.
udah offside ini bahasannya udh ujung jurangChZ wrote: Wed Jun 11, 2025 7:18hahaha semua connected lah mbah.Suryaputra wrote: Wed Jun 11, 2025 7:15
jalan kaki dan naik tangga manual (bukan excalator), itu salah satu langkah memperlambat aging.
hahaha.
minimnya pedestrian dan transum (car-centric city planning) bikin jalan macet karena semua pake kendaraan pribadi. (cek aja banyak studi kok lebarin jalan itu gak akan pernah cukup)
akhirnya orang jadi males jalan kaki. mana emisi tinggi jadi polusi dan panas.
akhirnya yang bener duduk di ruang ber-AC seharian. less active lifestyle = menua cepat, resiko penyakit kardiovaskular.
penduduk wakanda mageran itu bukan tanpa alasan
meanwhile jalan kaki 10-15ribu steps itu ya aktivitas sehari-hari penduduk negara maju. makanya umur 60+ aja keliatan seger. dan mobilnya gak kena ppnbm![]()
beli mobilnya murah, pakenya yang mahal (parkir, bensin). di negara maju beli mobil itu hak orang, gak dianggep mewah, tapi pakenya weekend atau waktu liburan aja
itulah bedanya pemerintah+rakyat bs mikir dan pemerintah+rakyat gak bisa mikir.
kaga lah mbah kalo ujung jurang. cuma pointing out betapa gak make sensenya ppnbm itu aja buat yang masih ngotot ppnbm diperlukan buat pembatasan mobilSuryaputra wrote: Wed Jun 11, 2025 7:25
udah offside ini bahasannya udh ujung jurang
sy nonton di pojokan ajah![]()
yang bener kek hongkong mobil murah cuma ini itunya mahal bahkan modif pun susahChZ wrote: Wed Jun 11, 2025 7:27 kaga lah mbah kalo ujung jurang. cuma pointing out betapa gak make sensenya ppnbm itu aja buat yang masih ngotot ppnbm diperlukan buat pembatasan mobil
demen banget kena skema buy 2 get 1. di negara yang pindah 2 kilo aja harus naik mobil.
eh tapi gak deng kalo orang kabupaten atau orang desa, 2 kilo mah jalan kaki aja.
iya kan, cara pikir maju kan gitu. mobil kalo gak diapa-apain juga cuma jadi besi mangkrak. kalo dipake tuh baru mahal.b0ku wrote: Wed Jun 11, 2025 7:46
yang bener kek hongkong mobil murah cuma ini itunya mahal bahkan modif pun susah![]()
Kalo ngomong KPR lebih seru lg nih
nanti ada yang bilang mbahkendibocor wrote: Wed Jun 11, 2025 8:03
Kalo ngomong KPR lebih seru lg nih![]()
Bunga jebakan betmen yg jarang terekspos gara2 dibilang harga tanah n properti naek mulu. Sampe banyak yg invest properti beli pake KPR. Padahal di sebagian besar wilayah sekeliling jkt apalagi yg model2 cluster2 pasar mulai jenuh. Makanya belakangan banyak yg jual murah, jual modal, bahkan jual rugi![]()
Eventually (hopefully in the near future?) kalau penjualan mobil CKD jatuh ke titik nadir, pasti issue ppnbm ini jadi pertimbangan serius pemerintah.ChZ wrote: Wed Jun 11, 2025 7:27
kaga lah mbah kalo ujung jurang. cuma pointing out betapa gak make sensenya ppnbm itu aja buat yang masih ngotot ppnbm diperlukan buat pembatasan mobil
demen banget kena skema buy 2 get 1. di negara yang pindah 2 kilo aja harus naik mobil.
eh tapi gak deng kalo orang kabupaten atau orang desa, 2 kilo mah jalan kaki aja.
Wajib dan harus, makanya. Kalo serius mau menyelamatkan industri otomotif.ExorT wrote: Wed Jun 11, 2025 9:22 Eventually (hopefully in the near future?) kalau penjualan mobil CKD jatuh ke titik nadir, pasti issue ppnbm ini jadi pertimbangan serius pemerintah.
Seperti jaman covid. Belum lagi gerakan diplomasi geng yang baru buka pabrik disini.
Benar saya pernah bilang mobil mahal masa beli mobil baru kopongan harganya kaya mobil tua yang fiturnya banyak,tapi saya akui itu pendapat bodoh saya,saya tidak menghitung inflasiChZ wrote: Wed Jun 11, 2025 4:27
besok2 jangan koar koar dimana-mana mobil skrg murahan tapi mahal, lah anda aja mewajarkan itu kok.
tapi jangan kaia EU , kelewat ketat.b0ku wrote: Wed Jun 11, 2025 7:46yang bener kek hongkong mobil murah cuma ini itunya mahal bahkan modif pun susahChZ wrote: Wed Jun 11, 2025 7:27 kaga lah mbah kalo ujung jurang. cuma pointing out betapa gak make sensenya ppnbm itu aja buat yang masih ngotot ppnbm diperlukan buat pembatasan mobil
demen banget kena skema buy 2 get 1. di negara yang pindah 2 kilo aja harus naik mobil.
eh tapi gak deng kalo orang kabupaten atau orang desa, 2 kilo mah jalan kaki aja.![]()
setau gwa sih insentif hybrid minta ditambah 3% masih kurang. ditambah skema pajak opsen terutama lebih dari 2 edan banget naiknya.picker83 wrote: Wed Jun 11, 2025 9:29 untuk ppnbm ketua gaikindo lagi minta insentif ke menperin n menkeu untuk yg ice krn da masuk kategori resesi ini otomotif
TCO-nya si buntutnya sama aja. Bensin mahal bener : https://oil-price.consumer.org.hk/en Tanpa diskon hampir 50 ribu, pake diskon hampir 40 ribu.b0ku wrote: Wed Jun 11, 2025 7:46 yang bener kek hongkong mobil murah cuma ini itunya mahal bahkan modif pun susah![]()
Punya mobil di JKT skrg udh makin gabisa menikmati rasanya. Macet yg makin gila, duel lawan org2 yg makin ga berakhlak bikinnbener2 males nuetir…b0ku wrote: Wed Jun 11, 2025 5:36ini kejadian di saya RUMAH depan setasiun LRT paling musti lewat mall kalo mau kesana, rumah sakit depan stasiun LRT juga kalo mau ke rumah sakit saya malah lebih milih naek LRT daripada naek mobil apalagi cuma sendiri kadang gak tega aja sama bini jd mau gak mau naek mobil padahal males banget naek mobil enakan LRT tinggl turun jalan dikit sampe gak usah cari parkir gak usah kena lampu merah per4an pulomas ditambah lebih cepet sampe pulakChZ wrote: Wed Jun 11, 2025 4:27
krn sy gak mau lebar kemana-mana jadi sy fokus ke poin ini saja. poin saya yg lain jelas : PPnBM is silly. cars below 500mio (NJKB) are not luxury item.
ngerti ga ironisnya orang berpikir kayak anda, sebenernya terbalik : orang gak perlu dipersulit kepemilikan kendaraan pribadinya akan memilih jalan dan naik bus, karena pake kendaraan pribadi pada esensinya itu ribet untuk jarak yang cuma 1-2 kilometer.
dih basi, pake kalimat "anda belum pernah kan?", don't patronize me, mau diskusi apa main tua-tuaan? kalo anda old enough anda tau kok di desa orang juga gak butuh mobil, paling beli pickup buat angkut hasil bumi ke kota, atau perlu ke singapore buat liat jalan 10-15ribu tanpa liat trotoar rusak itu NORMAL ?
anda blm pernah bukan berarti gak pernah kejadian. ini makanya ada yg bilang pemikiran anda gak napak tanah. saya tiap hari di warzone, saya ngider kaligawe-krapyak tiap hari. kurang warzone apa itu, mau jalan kaki di sono? banyak berdoa kalo gak mau tiba tiba ada truk rem blong.
saya bingung loh saya yakin anda bayar pajak kok gak ngomel mau jalan kaki aja takut kesenggol motor, atau memang anda golongan kurang olahraga jadi gak pernah jalan kaki lebih dari 300 meter?
sekali lagi i'm just a mere citizen yang mau hak hidup sy dipenuhi tanpa harus investment hundreds of millions for my own safety. sy bukan tipe yang suka keluar ke warung harus keluarin mobil atau motor. boros emisi, gak sehat juga. dan banyak yang liat sy aneh jarak setengah kilo kok mau jalan kaki panas panas lagi. boros bosku apalagi mobilnya gak dinyalain semaleman, ngapain nunggu 15 menit buat urusan yang sy bisa selesai dalam 10 menit.
besok2 jangan koar koar dimana-mana mobil skrg murahan tapi mahal, lah anda aja mewajarkan itu kok.
saya yang gila mobil aja kalo kerja malah milih ngojek kadang pulang jogging 5km kantor-rumah padahal di rumah mobil 2 unit saya anggurin sekarang aja kalo hunting unit atau nolong temen cek unit saya naek go car pokoknya kalo urusan kerjaan males bawa mobil sendiri.........![]()
paling enak tetep jakarta om tinggal tergantung mobilnya aja apa yang om bawa kalo ikutin timoty bawa mclaren ya siap2x aja cuma jadi pecundang di jalan dikit2x kejepit manuver susahJenson wrote: Wed Jun 11, 2025 18:39 Punya mobil di JKT skrg udh makin gabisa menikmati rasanya. Macet yg makin gila, duel lawan org2 yg makin ga berakhlak bikinnbener2 males nuetir…
Hehe ini lebih tepatnya tergantung lokasi sih.ChZ wrote: Wed Jun 11, 2025 7:27kaga lah mbah kalo ujung jurang. cuma pointing out betapa gak make sensenya ppnbm itu aja buat yang masih ngotot ppnbm diperlukan buat pembatasan mobilSuryaputra wrote: Wed Jun 11, 2025 7:25
udah offside ini bahasannya udh ujung jurang
sy nonton di pojokan ajah![]()
demen banget kena skema buy 2 get 1. di negara yang pindah 2 kilo aja harus naik mobil.
eh tapi gak deng kalo orang kabupaten atau orang desa, 2 kilo mah jalan kaki aja.
jangankan di pinggiran jakarta, kalo ke office di area monas mau jalan kaki ke arah st tanah abang aja trotoar nya kurang proper, ujung2nya pake grab/gojek lagi...padahal lumayan buat nambahin bakar lemak kalo jalan kakisevermaya wrote: Thu Jun 12, 2025 0:46Hehe ini lebih tepatnya tergantung lokasi sih.ChZ wrote: Wed Jun 11, 2025 7:27kaga lah mbah kalo ujung jurang. cuma pointing out betapa gak make sensenya ppnbm itu aja buat yang masih ngotot ppnbm diperlukan buat pembatasan mobilSuryaputra wrote: Wed Jun 11, 2025 7:25
udah offside ini bahasannya udh ujung jurang
sy nonton di pojokan ajah![]()
demen banget kena skema buy 2 get 1. di negara yang pindah 2 kilo aja harus naik mobil.
eh tapi gak deng kalo orang kabupaten atau orang desa, 2 kilo mah jalan kaki aja.
Di Jakarta atau Bekasi mau jalan 2km aja males banget, cuma ketika kemarin di Boyolali, Salatiga jalan kaki 3 km pun ok. Di sekitar ibu kota mau jalan kaki itu infrastruktur ga memadai, bukan berarti ga bisa, tapi taruhannya diserempet kendaraan, atau kaki terkilir gara-gara ga merhatiin trotoar yang ga berbentuk![]()
bayangin oom itu pemotor di jalan kalo bs dialihin ke transum dan jalan kaki, gak perlu ada ribut-ribut pemotor vs pejalan kaki. pemotor naik trotoar itu kan residu karena jalanan udah padet semua yang harusnya bisa jalan kaki jadi naik motor, orang naik motor maunya cepet.severmaya wrote: Thu Jun 12, 2025 0:46
Hehe ini lebih tepatnya tergantung lokasi sih.
Di Jakarta atau Bekasi mau jalan 2km aja males banget, cuma ketika kemarin di Boyolali, Salatiga jalan kaki 3 km pun ok. Di sekitar ibu kota mau jalan kaki itu infrastruktur ga memadai, bukan berarti ga bisa, tapi taruhannya diserempet kendaraan, atau kaki terkilir gara-gara ga merhatiin trotoar yang ga berbentuk![]()