Khusus TOP SPEED - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Jose »

LowSpeed wrote:@shadow , mobilnya yang seganas macan , tapi orangnya kalem kayak kucing kurap :D
Pembalap yg patut dicontoh..sangat low profile... :upss:
Increase speed = increase Risk
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by nescafe »

ShadowLenZ wrote:
LowSpeed wrote:
ShadowLenZ wrote:MANTABH juga nich bro LowSpeed..Met Gabung yak :beer:
apanya yang mantap :D, orang gua nyetirnya kelas kucing kurap kok dibilang mantap :( skillnya payah :(
Jangan merendah terus bro.yang udah bawa galant hiu kelasnya udah macan ganas bukan kucing kurap he he he :D :D
ini ber3 orang hebat yg saling merendah,,
nanti klo kebanyakan merendah jd ceper lho.. hehehehe.. :mrgreen:

salutlah buat anda ber3 :e-clap: :e-clap: :e-clap:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by andy1800 »

berarti cuma gw doang yg suka meninggi yach ?... :e-think: ......tong kosong berbunyi nyaring.....hahaha
iya deeh....terima.
pokoknya: ngebut NO.... ugal2an YES


........... :ngacir:
kekekekek
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by doq »

nescafe wrote:.
ini ber3 orang hebat yg saling merendah,,
nanti klo kebanyakan merendah jd ceper lho.. hehehehe.. :mrgreen:

salutlah buat anda ber3 :e-clap: :e-clap: :e-clap:

ky nya udah pd "celup" smua tuh.....bukannya ceper lg :mrgreen:



................................................ :ngacir: :ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

lucky_strike_21 wrote:
LowSpeed wrote:swear degh :) gua gak seganas yang dikira yang lain.
gaya nyetir gua kalem kok di tol. gua gak nekad salip2an di tol yg padat.

tapi gua akui, kalau lagi padat lajur 1 dan 2 , sasaran gua adalah lajur darurat. MAAAAAF
paling enak kalau ada yg buka jalan, gua tinggal ikutin aja.
asal mesti was2 dan jaga jarak , + perhatikan jangan ada yang berhenti di lajur darurat ,
itu kalau kondisi padat, dan kalau lagi nguber waktu, diluar itu santai saja dan ngejar irit bahan bakar di tol, jadi injeknya kalem.

gua akui kadang gua juga kalah sama apv avanza inova mobil gitu2 degh, yang nyali segede raksasa dan nyawanya lebih dari 2 :D.
rata2 jago salip2an. jadi kadang gua ketinggalan juga :D

cepat belum tentu boros, tergantung cara kita injek gas.
kalau ugal2an itu sudah pasti boros.

jadi intinya gua gak seheboh yang di kira wkwkww.wk.wkwwkkkk
Nyetir boleh ngebut, tapi ugal-ugalan NO! :off_no:
SETUJU BOS :beer:

omong2 kemaren gw dari jkt ke bdg pake xtrail, nguber mobil depan gw xtrail juga
anehnya dibelakang gw ada mobil mungil KIA PICANTO yg nguntit terus sampe pintu tol padalarang!!!!
lebih aneh lagi pas lagi nanjak xtrail gw n depan gw jelas terlihat lagi di geber abis, mobil2 lain dah pada kehabisan tenaga di tanjakan.... tapi kia picantonya masih bisa nguntit!! GILA!! :drinking:

xtrail kan 2500cc, harusnya sih kuat di tanjakan, tapi kuat blm tentu kencang.
karena xtrail adalah suv tentu giginya sudah disesuaikan supaya kuat di tanjakan dengan kondisi full loaded sekalipun, dan bukan utk lari kencang.


mungkin picantonya sudah di 'toel' dikit, jadi specnya sudah naik.
kalau di tanjakan gak akan kehabisan tenaga, malah nambah cepat.
atau bisa jadi picantonya pintet main gigi.

kan gak semua orang tahu main gigi, tahunya cuma masukin gigi terakhir sudah pasti kenceng. padhal gigi terakhir lelet di tanjakan berat.

cmiiw :)
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

Jose wrote: Accord gwe tetep kalah boss..

Mobil boss pake start gelinding bisa dapat 8 detik koma kecil, gimana pake start high rpm.. :ungg:
emangnya topic diatas 'misut' vs 'hando' ya? kok ada yang kalah dan menang?

disini tdk ada yang kalah/menang, cuma sharing saja.
emangnya menang dapat piala atau duit wkwkwkwkk.k..k.k..... kalau menang dapat duit sih pasti sudah rame2 daftar.

gua bukan rivalnya bro jose, jadi tdk ada menang / kalah. nothing perfect :)
yang bro jose setiap sabtu ketemu di tol , itu baru rival :D. :Peace:
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

Jose wrote: Pembalap yg patut dicontoh..sangat low profile... :upss:
kampret :D :Peace:
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

kalau gak salah tgl 16-17 ini ada acara di harapan indah bekasi, pada ikutan gak?
User avatar
lucky_strike_21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: Sat May 05, 2007 5:48

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by lucky_strike_21 »

LowSpeed wrote:xtrail kan 2500cc, harusnya sih kuat di tanjakan, tapi kuat blm tentu kencang.
karena xtrail adalah suv tentu giginya sudah disesuaikan supaya kuat di tanjakan dengan kondisi full loaded sekalipun, dan bukan utk lari kencang.


mungkin picantonya sudah di 'toel' dikit, jadi specnya sudah naik.
kalau di tanjakan gak akan kehabisan tenaga, malah nambah cepat.
atau bisa jadi picantonya pintet main gigi.

kan gak semua orang tahu main gigi, tahunya cuma masukin gigi terakhir sudah pasti kenceng. padhal gigi terakhir lelet di tanjakan berat.

cmiiw :)
yup xtrail gw ama depan gw (sama2 2500cc) emang masih narik pas nanjak
mobil2 laen, dari truk, avanza(1500cc), kijang kapsul(1800cc??), crv (2000cc) ,dll keliatan udah mulai kehabisan napas...
makanya saya heran sekali liat picanto masih narik
padahal picanto ga nyampe 1500cc kan yah, emang sebegitu potensialnyakah picanto kalo di"toel" dikit???
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by andy1800 »

berat body Picanto seper-berapanya X-trail ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
ddoctor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 381
Joined: Wed Jun 11, 2008 8:37

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by ddoctor »

andy1800 wrote:berat body Picanto seper-berapanya X-trail ?
Nah, pemikirannya sama tuh kayak gw. Power to weight ratio mungkin jadinya sama kayak xtrail. Apalagi kalo dah dipermak mesinnya.
Contohnya pernah diacara top gear kali ya? Ada mobil mini banget warna putih. Cuma 2000cc apa. Tapi ferrari pun putus ama tarikannya..
User avatar
lucky_strike_21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: Sat May 05, 2007 5:48

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by lucky_strike_21 »

ddoctor wrote:Contohnya pernah diacara top gear kali ya? Ada mobil mini banget warna putih. Cuma 2000cc apa. Tapi ferrari pun putus ama tarikannya..
iya yah bener jg, gw pernah liat jg di youtube lancer evo yg HP dibawah 300 masih bisa menang lawan lambo yg HP diatas 300
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

LowSpeed wrote:
paddock wrote:Nih spek lawas waktu ngalahim Galant

Mesin : P&P, Papas Head & Flywheel, Kabel busi Blue Thunder, Coil
Fireball PS91, Busi Denso Iridium, MSD 6AL, Header 4-1 custom,
Dastek Unichip, FPR Klemann, yg lainnya lupa...

Velg & Ban : Speed Master 15x6,5" & Ban Federal 595RS

Thanks,.
thanks infonya bro paddock :)

mbl bro paddock ya?
tuh mobil soluna bukan mbl daily use lagi ya? prefer ke drag keliatannya Cmiiw.

kalau papas head , cc jadi naik ya bro?
flywell di apain? balance?
HP jadi berapa tuh

total habis berapaan tuh?
Bukan punya ane bos,.Punya temen ane juga member sini,.rizkybas,.kebetulan aj punya saya juga soluna dan mirip,.tapi spek mesin beda jauh,.
Masih bisa harian om tinggal set ulang piggybacknya,.
Papas head justru menurunkan CC,.Tapi kompresi meningkat jauh dan tenaganya meningkat,.
cuma ane ga saran papas banyak2,.Klo naikin cc bisa di ubah diameter piston atau ubah setang piston,.Rumus volume silinder om,.Luas alas x Tinggi,.dimana Luas alas =diameter piston,.Tinggi itu setang pistonnya atau ganjel head pake packing,.

Flywheel dientengin (dikerok) abis itu dibalance biar momennya sama tiap silinder,.Harus teliti salah dikit malah boyo,.

HP klo dari roda 128 BHP,.Eterna GTi klo dari roda sekitar 110 BHP,.Kira2 160-180 HPan lah klo dari flywheel soluna ini,.

Biaya,.Ga tau om,.Sebisa mungkin menekan biaya dia,.Yang jelas masih jauh lebih murah daripada pasang turbo stage 1 yang 30 jutaan..

Klo ane pernah lawan galant juga,dari 0-180 masih menang dikit,.atasnya bablas,.he3x,.Top speed galant TOP :off_good_job:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

ralat nih; papas head tidak menurunkan kapasitas mesin/isi silinder; cuma menurunkan volume combustion chamber & menaikkan CR.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

selama ini gue bingung persepsi kapasitas mesin apakah combustion chamber ikut termasuk dalam isi silinder atau tidak,.Karena di theory yang pernah gue ukur buat kapasitas mesin honda supra X 97,5 cc didapat dengan menghitung jarak mulai dari ujung tengah combustion chamber sampe batas piston turun semua,.Klo combustion chamber ga diitung ga bakalan sampe 97.5 cc yang tertera di STNK,.

Nah lo bingung kan?
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by andy1800 »

paddock wrote:Papas head justru menurunkan CC
Cylinder (Displacement) Capacity,
adalah volume yg dihitung dari (batas atas piston pd saat) Bottom Dead Center....sampai (batas atas piston pd saat) Top Dead Centre.

nampak bahwa ini tidak ada hubungannya dg (dipapasnya) silinder kop.
paddock wrote:combustion chamber ikut termasuk dalam isi silinder atau tidak
jelas (ruang bakar) tidak ikut dihitung....tapi dihitung terpisah (untuk nanti mengitung perbandingan kompresi).
penguikuran yg lebih akurat (terutama utk combustion chamber) adalah dg gelas ukur.
(kalau displacement silinder masih bisa diukur dg micrometer, ....lalu nanti untuk menemukan volume dihitung dg Phi..as usual).
Last edited by andy1800 on Thu Aug 14, 2008 4:22, edited 1 time in total.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

ga juga bung paddock, gampangnya gini; yg dihitung itu volume masuk (dan = volume buang), since volume masuk dan buang ini hanya dipangaruhi oleh gerakan piston pd silinder, maka inilah isi silinder sebenarnya bukan termasuk combustion chamber.

klo mau hitung persis isi silinder juga harus pakai pi "real" lingkaran = 3.14159xxx (45 digit lagi ke belakang) klo pake "pi" ini baru bener2 pas, bukan cuma "3.14" mungkin ini yg kadang bikin hasil perhitungan jadi "agak kurang sedikit".
Last edited by GTR on Thu Aug 14, 2008 4:23, edited 2 times in total.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

ok thanks klo gtu,.Cuma gue jadi heran kenapa di supra x ga bisa dapetin segtu klo combustion chamber ga dihitung?Apa jangka sorongnya yang salah?

Apapun papas head sangat tidak disarankan,.Klo tau berapa banyak mesin yang dipake team TTI atau yang laen tiap taun bisa keder klo nekad papas head banyak apalagi sampe 1 mm,.Kadang 1 serie aja bisa 1 mesin habis,.

Back to topic,.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by andy1800 »

paddock wrote:Apa jangka sorongnya yang salah?
untuk diameter (lalu didapatkan radius/jari2), jangka sorong (lbh baik mikrometer) masih bisa dipergunakan...
tapi kalau untuk engukur langkah displacement... perlu kreatifitas lebih...pake batang pengganti lbh dulu.
atau alat ukur length, tp yg bentuknbya semacam dial gauge gitu.

kalau lbh extremenya, pake alat ukur infrared (Leica Disto series)
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

lucky_strike_21 wrote: padahal picanto ga nyampe 1500cc kan yah, emang sebegitu potensialnyakah picanto kalo di"toel" dikit???
kita kan gaktahu seberapa jauh mereka upgrade,
tahunya cuma pas lagi jalan nih mobil kok nempel terus kayak prangko susah di pisahin :D

gua pernah ketemu kok avanza dan visto yang sudah gak normal , ketahuan akselerasinya sangar banget :D
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

paddock wrote:Bukan punya ane bos,.Punya temen ane juga member sini,.rizkybas,.kebetulan aj punya saya juga soluna dan mirip,.tapi spek mesin beda jauh,.
Masih bisa harian om tinggal set ulang piggybacknya,.
Papas head justru menurunkan CC,.Tapi kompresi meningk
at jauh dan tenaganya meningkat,.
cuma ane ga saran papas banyak2,.Klo naikin cc bisa di ubah diameter piston atau ubah setang piston,.Rumus volume silinder om,.Luas alas x Tinggi,.dimana Luas alas =diameter piston,.Tinggi itu setang pistonnya atau ganjel head pake packing,.

Flywheel dientengin (dikerok) abis itu dibalance biar momennya sama tiap silinder,.Harus teliti salah dikit malah boyo,.

HP klo dari roda 128 BHP,.Eterna GTi klo dari roda sekitar 110 BHP,.Kira2 160-180 HPan lah klo dari flywheel soluna ini,.

Biaya,.Ga tau om,.Sebisa mungkin menekan biaya dia,.Yang jelas masih jauh lebih murah daripada pasang turbo stage 1 yang 30 jutaan..

Klo ane pernah lawan galant juga,dari 0-180 masih menang dikit,.atasnya bablas,.he3x,.Top speed galant TOP :off_good_job:
rizkybas, tahu sekilas aja di forum sebelah :)

bhp dan hp bedanya apa bos ? sering nemu di spec. , soryy oot banget :)
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

bhp = brake horsepower = power di mesin langsung harusnya.
kalo di roda itu = whp = wheel horse power.
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

andy1800 wrote:
paddock wrote:Papas head justru menurunkan CC
Cylinder (Displacement) Capacity,
adalah volume yg dihitung dari (batas atas piston pd saat) Bottom Dead Center....sampai (batas atas piston pd saat) Top Dead Centre.

nampak bahwa ini tidak ada hubungannya dg (dipapasnya) silinder kop.
paddock wrote:combustion chamber ikut termasuk dalam isi silinder atau tidak
jelas (ruang bakar) tidak ikut dihitung....tapi dihitung terpisah (untuk nanti mengitung perbandingan kompresi).
.
yang bro andy maksud cc adalah jarak gerak naik turun piston (langkah) x diameter piston? atau ruang diatas piston setelah titik mati atas.


setelah gua baca malah jadi bingung, jadi patokan cc tuh yang mana.
tadinya gua pikir papas head bisa nambah cc.

awam banget. masiih perlu belajar :(
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

ruang head yg di atas silinder itu (ruang kompresi dalam combustion) kan tidak termasuk dalam perhitungan cc.
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

GTR wrote:bhp = brake horsepower = power di mesin langsung harusnya.
kalo di roda itu = whp = wheel horse power.
yang selama ini di spec brosur kan hasil pengukurran di mesin, berarti definisi hp nya sama dgn bhp dong? bener gak?

blm pernah ketemu yg tulis whp.