Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9815
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by Suryaputra »

Mobil keren emang CX5, luarnya keren, dalemnya juga simple gak norak... Tapi masyarakat indo (mostly) beli mobil krn kebutuhan, bukan cari fitur, performa atau desain.

Refer to that point. Pasti milih point yg plg krusial untuk itu... "Space and Storage + After Sales Service"

That's why (most) people choose Honda :mky_01:

Gmn dgn opini om kucing ngamuk sbg bos honda ?....


__________________________________ :ngacir:
Last edited by Suryaputra on Fri Jan 10, 2014 4:23, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by madcat015 »

Nah, karakter mesin max torque di rpm menengah gini yg menyenangkan. Dipadukan transmisi cerdas yg halus dan sigap, perpindahan tidak menghentak tetapi power terasa...

Formula awal yg baik dari Mazda.

Pun ya itu, built quality dan sound systemnya. Memang masih dibawah CX-7 dan M8 (kecuali speaker BOSE nya yak), tetapi dibandingkan sama mid SUV pemimpin pasar... ya... begitulah...

Bagaikan langit dan selokan... BOSE dan Harman Karton... :big_slap:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by xtr40rd1n4rym4n »

hitutbaw wrote:Kyknya jauh banget lebih bagus dibanding cx5 2.0 ya bro chz?
Otot dan transmisi jauh lebih baik?

Btw.. Penasaran sama aki nya gmn ya? Secara teori battere (lead acid ya.. Mau yg basah, kering atau hybrid istilah awam) kl charging gak sampai batt full maka akan muncul sulfatisasi... Batt pasti degradasi tuh kapasitas nyimpen setrumnya.
Secara istop pasti baru sebentar udah hrs starter lagi.. Kl kondisi gt batt mesti khusus yg bisa spek partial soc, kyk gmn apa khusus dan berapaan tuh harga aki nya ya?
bukannya transmisi sama aja om antara 2.0L dengan 2.5L ??
iya tuh soal aki gimana ya? ga lucu tiap 6 bulan ganti aki baru..
:big_think:

madcat015 wrote:Nah, karakter mesin max torque di rpm menengah gini yg menyenangkan. Dipadukan transmisi cerdas yg halus dan sigap, perpindahan tidak menghentak tetapi power terasa...

Formula awal yg baik dari Mazda.

Pun ya itu, built quality dan sound systemnya. Memang masih dibawah CX-7 dan M8 (kecuali speaker BOSE nya yak), tetapi dibandingkan sama mid SUV pemimpin pasar... ya... begitulah...

Bagaikan langit dan selokan... BOSE dan Harman Karton... :big_slap:
hampir ketipu bacanya..
bingung aja mana ada Hando pake HK, ternyata produksi mas herman pake karton...
:wkkk: :wkkk:
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by hitutbaw »

@ekstraordinary..
He, sy juga menanyakan hal performa transmisi itu om ke om ts chz nya ... Kan di reviewnya spt itu, jd ikut penasaran jg nih. Soalnya dl wkt cb cx5 2.0 imho emang kerasa ada lag..
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by madcat015 »

@om suryaputra: pendapat yang benar sekali om.

Sebenarnya, yg paling krusial adalah: ASS dan brand minding nya...

Tidak mudah utk menanamkan pendapat secara subliminal ke banyak orang: Hando? Mobil kentjang, irit, dan *terlihat* mahal.

Investasi ke iklan dan marketing div pastilah tidak sedikit...

Sayang, Mazda blum mau melakukan hal itu.

Seandainya saja... :ungg:

@om xtra: wekekekeke... :mky_03:

Kebetulan bos yg punya pabrik speaker itu punya inisial H juga..

Jadilah HK di Honda: Harman Karton. :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by AD74YA »

@oom hitutbaw: masalah transmsi di 2.0 saya rasakan seamless.. Lag yang dirasakan di bagian mana? Kalau di awal akselerasi, itu karena pedal gas nya di setting 30% diinjak baru buka throttle.. Sedang di 2.5, sama seperti di Mazda6, settingnya diturunkan jadi di 10%.. AFAIK dan CMIIW

@oom hitutbaw dan oom xtraordinary, di Mazda, iStop tidak menggunakan aki, melainkan Capasitor Bank yang di desain bisa charge dan discharge arus besar dalam hitungan detik. Sumber tenaganya dari deselerasi mobil.. Tidak ambil dari aki.. -> ini sebabnya bisa lebih cepat dan halus reaksinya dari BMW dan Mercedes

Mungkin lebih lanjut sedikit saya sudah bahas di tret New Mazda6 saya.. Walaupun bagi saya ini udah masuk ranah wizardly atau rocket science.. Maklum, fisika ane ga terlalu bagus.. Uwkwkwk
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by artoodetoo »

Punya saya Harman Karbon

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by axala »

artoodetoo wrote:Punya saya Harman Karbon

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Ane malah maunya rockford fosget :big_grin:
Pursuit of Perfection
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by hitutbaw »

@adjaya
Nuhun penjelasannya om adjaya...

Utk 2.0 yg lag itu kl misalnya kick down dia downshiftnya krs jeda kyk gt.. Kl yg seting pedal gasnya
diset "speleng" gt jg iya kerasa aneh awalnya jd kesannya lemot, tp lama2 jd biasa jg. Wkt nyoba respon kickdown itu sy tekan sampe pedal rata lantai wkt itu mestinya sih udah engage ya om.
Tp bs jd yg 50% speleng itu bikin efek lag kali ya..
bopi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Thu Mar 20, 2008 9:56

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by bopi »

Om,mau nanya dong,i stop di cx 5 saya kok plg lama 12 detik doang ya,trs nyala sendiri,ato emang kaya gitu?
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by ricz »

Sepengalaman nubie TD ini mbl, istopnya bekerja pd saat tranny dipindah ke N atau tahan rem, pas itu mesinnya mati sendiri dan hidup kembali pd saat kt tekan rem / pegang stir / lepas rem...

Jd ga ad batasan waktu...
2021 Fortuner VRZ
lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by lava85 »

AD74YA wrote: di Mazda, iStop tidak menggunakan aki, melainkan Capasitor Bank yang di desain bisa charge dan discharge arus besar dalam hitungan detik. Sumber tenaganya dari deselerasi mobil.. Tidak ambil dari aki.. -> ini sebabnya bisa lebih cepat dan halus reaksinya dari BMW dan Mercedes

Mungkin lebih lanjut sedikit saya sudah bahas di tret New Mazda6 saya.. Walaupun bagi saya ini udah masuk ranah wizardly atau rocket science.. Maklum, fisika ane ga terlalu bagus.. Uwkwkwk
Mod Stig, CMIIW seinget ane yg ada capacitor i-eloop cuma ada di M6 bro. CX-5 2500cc kaga pernah di sebut ada capacitor ntu, entah kelupaan ditulis di brosur atau memang beneran ga ada :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15665
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by ChZ »

AD74YA wrote:@oom hitutbaw: masalah transmsi di 2.0 saya rasakan seamless.. Lag yang dirasakan di bagian mana? Kalau di awal akselerasi, itu karena pedal gas nya di setting 30% diinjak baru buka throttle.. Sedang di 2.5, sama seperti di Mazda6, settingnya diturunkan jadi di 10%.. AFAIK dan CMIIW

@oom hitutbaw dan oom xtraordinary, di Mazda, iStop tidak menggunakan aki, melainkan Capasitor Bank yang di desain bisa charge dan discharge arus besar dalam hitungan detik. Sumber tenaganya dari deselerasi mobil.. Tidak ambil dari aki.. -> ini sebabnya bisa lebih cepat dan halus reaksinya dari BMW dan Mercedes

Mungkin lebih lanjut sedikit saya sudah bahas di tret New Mazda6 saya.. Walaupun bagi saya ini udah masuk ranah wizardly atau rocket science.. Maklum, fisika ane ga terlalu bagus.. Uwkwkwk
baru tau juga ane kalo settingan throttle di CX-5 2.5 ini berubah.... pantes berasa jauh banget lebih responsif dibanding 2.0...

di 2.0 mungkin yg dimaksud om hitutbaw, waktu pindah gigi, berasa ada jeda sedikit :ungg: ane dulu TD 2.0 juga merasakan itu om
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by AD74YA »

bopi wrote:Om,mau nanya dong,i stop di cx 5 saya kok plg lama 12 detik doang ya,trs nyala sendiri,ato emang kaya gitu?
Betul memang paling lama 12 detik oom.. Alasannya karena spark plug tidak mati saat istop active,. Seperti ada perhitungan resiko gitu oom yang saya kurang paham
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by AD74YA »

lava85 wrote:
AD74YA wrote: di Mazda, iStop tidak menggunakan aki, melainkan Capasitor Bank yang di desain bisa charge dan discharge arus besar dalam hitungan detik. Sumber tenaganya dari deselerasi mobil.. Tidak ambil dari aki.. -> ini sebabnya bisa lebih cepat dan halus reaksinya dari BMW dan Mercedes

Mungkin lebih lanjut sedikit saya sudah bahas di tret New Mazda6 saya.. Walaupun bagi saya ini udah masuk ranah wizardly atau rocket science.. Maklum, fisika ane ga terlalu bagus.. Uwkwkwk
Mod Stig, CMIIW seinget ane yg ada capacitor i-eloop cuma ada di M6 bro. CX-5 2500cc kaga pernah di sebut ada capacitor ntu, entah kelupaan ditulis di brosur atau memang beneran ga ada :mky_01:
Kalau ndak salah si ada oom.. Di CX9 juga ada.. Cmiiw makanya
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15665
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by ChZ »

xtr40rd1n4rym4n wrote:kl diminta pilih salah satu diantara crv or cx-5 pilih mana om?
pingin tau aja..
:mky_01:
jelas ane pilih CX-5....

suara hati pengguna CRV RE yang dikecewakan oleh hando dengan CRV RM yang kualitasnya malah downgrade..... :big_slap:

ane dulu sempet naksir CRV RM 2.4 waktu CX-5 2.5 belom keluar... begitu 2.5 keluar langsung illfeel.... karena harganya sama tapi kualitasnya jauh banget....

apalagi setelah TD... makin mantap hati ane untuk berpaling dari CRV :big_slap:

my next car won't be a honda.... sampe jonpis berenti jadi dukun sunat :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by ricz »

Hidup Mazda!!!


:ngacir:
2021 Fortuner VRZ
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by xtr40rd1n4rym4n »

ChZ wrote: jelas ane pilih CX-5....

suara hati pengguna CRV RE yang dikecewakan oleh hando dengan CRV RM yang kualitasnya malah downgrade..... :big_slap:

ane dulu sempet naksir CRV RM 2.4 waktu CX-5 2.5 belom keluar... begitu 2.5 keluar langsung illfeel.... karena harganya sama tapi kualitasnya jauh banget....

apalagi setelah TD... makin mantap hati ane untuk berpaling dari CRV :big_slap:

my next car won't be a honda.... sampe jonpis berenti jadi dukun sunat :big_slap:
wakakakakkaa...
:wkkk: :wkkk: :wkkk:
CikidingTralala
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Tue Apr 01, 2008 8:38

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by CikidingTralala »

^
^
btw jonpis pernah maen ke SM ga ya
kalo pernah pasti seru ya, disindir terus

wkakakakakak
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by madcat015 »

*ane ga ikut2...* :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by amfibi »

Paling anak2 buahnya yg main kesini, trus laporan ke dia... :mky_03:



Jonpisnya mah tinggal kipas2 duit...





...sembari menikmati meja kerja berlapis softpad & speaker BOSE di ruang kerjanya :mky_03:
lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by lava85 »

ChZ wrote: my next car won't be a honda.... sampe jonpis berenti jadi dukun sunat :big_slap:
Damn, Gw bukan pengguna CRV RE. Cuma salah satu penggemarnya saat kk gw beli n gw dikasih numpang n nyupirin. Sempet target mau beli juga sebelum ganti mobil. Sayang keburu kenal SM n baca2 ttg CX-5 and that quote dari agan ChZ fits 100% sama mindset gw saat ini. :big_exellent:
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by Tomiko_Van »

^^ Sekarang PisJon kelihatannya sedikit berkurang jadi dukun Sunat, yg di-sunat udh dikit kok. Entahlah mau pindah profesi jadi dukun yg lain mgkn?? :wkkk:
Tp kalau design mazda-Kodo paling top tetep M6, totally beautiful, pas di ukuran body, nggk kegedean, nggk kekecilan.
アイドリング!!!
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2494
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by MonSTER_GTR »

bro jangan salah, CRV dari dlu ampe sekarang pake sound system harman karton bro *kabur*
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by amfibi »

Tomiko_Van wrote:^^ Sekarang PisJon kelihatannya sedikit berkurang jadi dukun Sunat, yg di-sunat udh dikit kok. Entahlah mau pindah profesi jadi dukun yg lain mgkn?? :wkkk:
Tp kalau design mazda-Kodo paling top tetep M6, totally beautiful, pas di ukuran body, nggk kegedean, nggk kekecilan.
Item spt softpad di dashboard CRV RM pun disunat sama jonfis...

Berarti masih pure dukun sunat donk... :ungg: