handa wrote:
Sebenarnya kualitas suzuki di indonesia kurang bagus, coba liat suzuki di pasar LN, produk nya lebih banyak di sebut kualitas dunia daripada Suzuki di indonesia.
Saya sangat salut pada produk Honda maupun Toyota... Kualitas nya mungkin sama baek di indo ama di LN. Beda ama suzuki.... selalu di downgrade spec nya biar memangkas harga.
Menurut saya suzuki / honda / toyota / mitsu gak ada bedanya di indo untuk produk menengahnya......
Karena diantara ke 4 merk tersebut sudah berubah semua mengadakan pengiritan spec down pada produk2nya di indo pada sekitar mulai dari tahun 1996-1998. dgn sendirinya sesuai tuntutan menggencet harga...
saya coba kaji.... bagian interior....
pada periode sebelum 1998
> Suzuki, bagian dashboard forsa dan esteem menggunakan bahan lunak, bukan bahan plastik. jadi kalo kita pencet akan terasa lembek.
Demikian juga dgn bagian panel pintu dibuat dari bahan lembek dan tidak lupa juga dihiasi dgn potongan kain pada sekitar pegangan pintu bagian dalam.
Tapi mulai th baleno 1997 .....bagian dashboard dan pintu sudah memakai plastik... dan sama sekali tidak ada potongan kain lagi
> Toyota, bagian dashboard starlet semua generasi sampe th 1998, corolla semua generasi sampe th 2000, semuanya bahan lembek. pintu juga menggunakan bahan lembek untuk starlet dan corolla. Tapi mulai dari soluna, vios dan altis.....berubah total, dgn memakai bahan plastik di bagian dashboard dan panel pintu juga . dan bagian pintu yang tanpa potongan kain lagi.
> Honda, bagian dashboard civic semua generasi sampe ferio menggunakan bahan lembek juga, dan pintu juga menggunakan bahan lembek, dihiasi dgn potongan kain kecil untuk memperindah.
Tapi start dari city dan civic terbaru sekarang sudah memakai plastik pada bagian dashboard dan panel pintunya juga.... dan bagian pintu yang tanpa potongan kain lagi.
Liat dashboard CRV dan panel pintunya plastik semua kan....
> Mitsubishi, semua jenis lancer sampe tahun 2002 pake bahan lembek.
Mulai tahun 2002 lancer generasi barru sama juga pake bahan plastik di dashboard dan panel pintu juga.....dan bagian pintu yang tanpa potongan kain lagi.
Jadi semua merk sama saja.....mengadakan pengiritan....kelemahan bahan plastik adalah bila secara terus menerus dijemur , plastik akan mengering dan kadang terdengar suara bunyi yang beradu khususnya pada bagian yang memerlukan sekrup....
Belum lagi pengiritan2 lain yang sering tidak kita sadari, adalah penggunaan item barang2 yang sama pada mobl yang berlainan type. seperti contoh:
> suzuki , mulai dari suzuki esteem sampe baleno 2003 panel ac yang dipake adalah sama persis.
Grill AC, baleno (sebelum next G) sama dgn escudo sekarang.
Handle pembuka pintu bagian dalam baleno sama dgn APV , escudo sekarang.
Handle power window untuk sopir dan penumpang baleno sama dgn escudo dan APV.
Dari segi AC, ada yang patut dibanggakan. Panel AC suzuki baleno menggunakan panel tombol elektrik, baik untuk mengatur tiupan lokasi kisi2 AC pada bagian dashboard dan kaki2. Dan untuk menggerakkan bagian dalam2 kisi2 ac dgn menggunakan motor.
Dan ada feature HOT/Cold.
Tidak seperti halnya dgn Starlet, soluna, vios, corolla. civic, lancer, masih menggunakan tombol putar. dan bagian dalam kisi2 AC bergerak seiring dgn putaran tangan kita.
> Toyota, coba perhatikan sandaran tangan + power window dari starlet, corolla twin cam - new corolla, kijangkapsul , Corona absolut. semuanya menggunakan barang yang sama persis.
Untuk AC ada keragaman , dari yang paling simpel adalah starlet soluna, dimana lubang ac tdk ada posisi kaki. (saya lupa vios ada apa tidak). dan apalagi pilihan HOT jelas tidak ada. dan semua digerakkan dgn manual dgn memutar tombol.
> Honda , dari grand civic dan city generasi pertama- type Z,banyak kesamaan dalam panel ac, handle pintu bagian dalam, speedometer. tombol power window.
Untuk AC ada yang city tdk ada HOT, dan gerak manual. dan untuk civic genio sudah menggunakan tombol electric sampe ferio, dan ada posisi HOT.
> Mitsubishi, terus terang saya tidak menemukan ada kesamaan.
untuk AC lancer masih menggunakan tombol manual untuk menggerakkan posisi AC. dan tidk ada posisi HOT.
Sorry nih panjang banget penjelasannya...itu juga yang cuma setahu saya saja.....dan masih banyak lagi yang diluar sepengetahuan saya.
Ada satu hal lagi yang lucu dari masing2 merk yang menggunakan bahan yang sama adalah motor power window dan central lock.
Coba perhatikan :
>bunyi central lock / power window untuk starlet, corolla twincam - new corolla, corona - absolute, soluna. kijang, menunjukkan cirikhas suara yang sama.
Demikian juga dgn power window dan central lock merk Suzuki (yang naiknya pelan2) , honda (yang naiknya pelan2 dan kadang macet) dan mitsu (naiknya cepat dan mantap)
Kalo saya nilai dari semua type mobil, yang paling jelek adalah penggunaan bahan interior civic yang sekarang....asli tidak sepadan dgn pesaingnya altis lancer ....dan terkesan asal2an, yang paling jelek di bagian panel pintu....
Sorry nih panjang banget penjelasannya...itu juga yang cuma setahu saya saja.....dan masih banyak lagi yang diluar sepengetahuan saya.
Ya intinya saya liat untuk ATPM indo semua mengadakan pengiritan bahan. jadi bukan suzuki saja yang jelek....semua sama jeleknya untuk kelas menengah....