ngga juga kalo class nya diliat dari size sih tetep se CRV. class kan diliatnya dari size (body / cabin), bukan dari platformnya apaan. klo liat platform ya CX-5 juga bagi-bagi ama Mazda6 padahal platformnya juga dipake Mazda3. Accord dan CRV juga se platform koq ama civic.
nah iya sorry maksudnya NJKB itu harga mobil kosongannya mgkn bea masuk sudah termasuk kalo impor... klo CKD ya harga mobil dari pabriknya langsung jelas ga kena bea masuk.
saya ga tau yah PPnBM itu diitungnya sejak mobil mendarat ke showroom apa dari pabrik langsung kena, tp logika saya seharusnya ya waktu mobil mendarat ke showroom krn kalo nggak dasar pengenaan pajaknya harga dari mana?
klo harga faktur udah kena PPnBM mah artinya ongkos produksi mobil itu dirt cheap sekali... klo harga faktur CRV 250 juta masa iya itu udah termasuk PPnBM... brarti ongkos produksi CRV cuma sratus mapuluh jutaan kan enggak... off the road price dan harga faktur itu beda lho om.
sampe konsumen ya bayar pajak STNKnya jadi on the road nambah 10-15% tergantung daerah sisanya margin dealer.
cuan diler kagak 200 juta juga atuh om. klo cuan satu unit mobil 200jt ga ada showroom mobil bangkrut om nyatanya bisnis jualan mobil itu salah satu yang paling sulit dan marginnya tipisssss...
ni penjelasan lengkapnya
https://tirto.id/seluk-beluk-faktur-akt ... motor-c4KT
Pada faktur kendaraan bermotor, tercantum harga dasar kendaraan sebelum dikenai tarif bea balik nama (BBN), penerbitan STNK dan BPKB, serta pajak kendaraan. Harga yang tertera di faktur merupakan nominal yang dibayar dealer ke pabrikan. Mengutip artikel US News berjudul "What Is Dealer Invoice Price?", harga kendaraan di dealer merupakan nilai MSRP (manufacturer’s suggested retail price) atau harga retail yang ditetapkan oleh pabrikan. Selisih antara “harga faktur” dengan MSRP menghasilkan keuntungan buat dealer dari setiap kendaraan yang terjual.
Baca selengkapnya di artikel "Seluk Beluk Faktur, Akta Lahir Mobil dan Sepeda Motor ", https://tirto.id/c4KT