Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Suryaputra wrote: ↑Fri Sep 23, 2022 3:06
ya ini kan bisa jadi/ mungkin karena faktor final gear ratio juga mbah.
terus ditambah bobot juga mungkin, dan faktor lain.
gak hanya mesin klo 0-100 mah.
bobot BBM dan yg nyetir jg pengaruh
cuma ya pada keluhannya gitu om berat di bawah semua padahal puteran atasnya jauh lebih kenceng
saya kan dulu pake DOHC double sproket emang kudu sampe RPM tinggi baru enak
Ya sbtulnya gak bisa digeneralisir dohc lemot di bawah.
Karena balik lg, tuning gear ratio itu jg pengaruh.
Karena apa?
Karena tim R&D ngeset gear ratio berdasarkan powerband mesin dan bobot mobil juga.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: ↑Fri Sep 23, 2022 3:24
Ya sbtulnya gak bisa digeneralisir dohc lemot di bawah.
Karena balik lg, tuning gear ratio itu jg pengaruh.
Karena apa?
Karena tim R&D ngeset gear ratio berdasarkan powerband mesin dan bobot mobil juga.
kalo ngomongin gitu saya ud jelasin om tergantung tuningan mesin juga itu mazdut pake DOHC juga kayak diesel kenceng di bawah atasnya lemot pajero saya juga DOHC
lah honda dari dulu tuh emang berasa low RPM lemot ditambah kena matic cobain aja CRV parah semua pas VTEC Baru enak ke backup cc gede aja tuh CRV kalo gak gak ada downgrade dari K20 ke R20 sohc maksudnya biar torsi bawahnya kena buat jalanan kota, gimane L15 jaman dulu dikasih DOHC bisa2x buat kota gak nyaman toh gd ud SOHC aja VTEC di backup jualan I-DSI buat yang nyari torsi bawah itu apa artinya kalo bukan gara2x VTEC loyo di bawah, pas I-VTEC mereka berani hapus i-dsi karena i-dsi di ganti pake laser iridium sekarang keknya bekingannya CVT OM makannya berani pake DOHC
Suryaputra wrote: ↑Fri Sep 23, 2022 3:24
Ya sbtulnya gak bisa digeneralisir dohc lemot di bawah.
Karena balik lg, tuning gear ratio itu jg pengaruh.
Karena apa?
Karena tim R&D ngeset gear ratio berdasarkan powerband mesin dan bobot mobil juga.
kalo ngomongin gitu saya ud jelasin om tergantung tuningan mesin juga itu mazdut pake DOHC juga kayak diesel kenceng di bawah atasnya lemot pajero saya juga DOHC
lah honda dari dulu tuh emang berasa low RPM lemot ditambah kena matic cobain aja CRV parah semua pas VTEC Baru enak ke backup cc gede aja tuh CRV kalo gak gak ada downgrade dari K20 ke R20 sohc maksudnya biar torsi bawahnya kena buat jalanan kota, gimane L15 jaman dulu dikasih DOHC bisa2x buat kota gak nyaman toh gd ud SOHC aja VTEC di backup jualan I-DSI buat yang nyari torsi bawah itu apa artinya kalo bukan gara2x VTEC loyo di bawah, pas I-VTEC mereka berani hapus i-dsi karena i-dsi di ganti pake laser iridium sekarang keknya bekingannya CVT OM makannya berani pake DOHC
Mumet mbah
Ngemil dulu ah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dunia otomotif emang banyak biasnya ya emang sih tergantung ini tergantung itu cuma kalo, tapi kalo sistemnya sama misalnya sama2x IVTEC antara DOHC sama SOHC baru ketara unggulnya dimana, kalo gak ngapain honda capek2x ud bikin K series eh dia bikin lagi R series, terus K20 DOHC downgrade ke R20 SOHC apalagi kalo bukan incer torsi bawah buat matic dan lucunya cuma di pasang line up mobil emak2x ke pasar type Rnya tetep K20 KARENA ya type r gitu manual.....
chb wrote: ↑Fri Sep 23, 2022 1:19
Om2, mau nanya, in kan saya pake City Hatchback, secara mesin, apakah L15ZF ini lbh memliki potensi atau lbh kuat drpd L15 SOHC yg ada di Jazz GK?
bisa. resep oprekannya belum terlalu banyak tapi yang eksperimen sudah banyak.
coba pelan pelan dirasain dulu aja ganti filter yang lbh freeflow, downpipe catless sama frontpipe nya. sama paling remap sih.
kalo papas head ganti camgear geser limiter naik kompresi dll kayanya udah terlalu ekstrim kan ya
yang Manual bisa geser limiter sih biar lebih buas, kalo metik susah CVT nya kalo udah sampe rev limiter pindah sendiri soalnya
chb wrote: ↑Fri Sep 23, 2022 1:19
Om2, mau nanya, in kan saya pake City Hatchback, secara mesin, apakah L15ZF ini lbh memliki potensi atau lbh kuat drpd L15 SOHC yg ada di Jazz GK?
bisa. resep oprekannya belum terlalu banyak tapi yang eksperimen sudah banyak.
coba pelan pelan dirasain dulu aja ganti filter yang lbh freeflow, downpipe catless sama frontpipe nya. sama paling remap sih.
kalo papas head ganti camgear geser limiter naik kompresi dll kayanya udah terlalu ekstrim kan ya
yang Manual bisa geser limiter sih biar lebih buas, kalo metik susah CVT nya kalo udah sampe rev limiter pindah sendiri soalnya
Paling simple catless, sangat terasa kalau di tol.
Di SOHC aja tarikan makin ngisi terasa panjang, apalagi di DOHC.
Suryaputra wrote: ↑Fri Sep 23, 2022 3:24
Ya sbtulnya gak bisa digeneralisir dohc lemot di bawah.
Karena balik lg, tuning gear ratio itu jg pengaruh.
Karena apa?
Karena tim R&D ngeset gear ratio berdasarkan powerband mesin dan bobot mobil juga.
betul mbah, modern engine itu kompleks. apalagi udah eranya electronic fuel injection.
mechanical system punya a b c d e sampe z pake supercharge / turbo, balik ke segimana tuh ECU ngaturnya. throttle control aja skrg electronic gak mekanis. ngebuka 10% throttle bisa diatur cuma buka 5% atau 20% aktualnya.
design mekanis ngasih karakter tertentu tapi again kalo mobil harian kebanyakan setelannya irit. top end power ngga terlalu dimainkan. toyota dan mitsubishi tuh keliatan banget gak mainin top end power. coba aj kalo remap remap ada koq yang stock power gede tp udah gak bisa diremap dan vice versa
makanya untuk banyak desainer, DOHC itu enak. lbh fleksibel mau dapet power di RPM mana.
honda L15ZF itu mungkin optimalnya pake RON95/98 di luaran tp krn harus nenggak RON90 jadi memble powernya
accel 0-100, banyak banget faktornya.
throttle
final gear
engine powerband
ban
suspensi
abs/tcs programming
etc
Suryaputra wrote: ↑Fri Sep 23, 2022 3:24
Ya sbtulnya gak bisa digeneralisir dohc lemot di bawah.
Karena balik lg, tuning gear ratio itu jg pengaruh.
Karena apa?
Karena tim R&D ngeset gear ratio berdasarkan powerband mesin dan bobot mobil juga.
kalo ngomongin gitu saya ud jelasin om tergantung tuningan mesin juga itu mazdut pake DOHC juga kayak diesel kenceng di bawah atasnya lemot pajero saya juga DOHC
lah honda dari dulu tuh emang berasa low RPM lemot ditambah kena matic cobain aja CRV parah semua pas VTEC Baru enak ke backup cc gede aja tuh CRV kalo gak gak ada downgrade dari K20 ke R20 sohc maksudnya biar torsi bawahnya kena buat jalanan kota, gimane L15 jaman dulu dikasih DOHC bisa2x buat kota gak nyaman toh gd ud SOHC aja VTEC di backup jualan I-DSI buat yang nyari torsi bawah itu apa artinya kalo bukan gara2x VTEC loyo di bawah, pas I-VTEC mereka berani hapus i-dsi karena i-dsi di ganti pake laser iridium sekarang keknya bekingannya CVT OM makannya berani pake DOHC
Torsi i-DSI lebar dan gendut , diporting dikit grafiknya tambah bulat.
Makyusss banget di jalanan kota, gas dikit langsung jalan, kayak diesel engine.
Suryaputra wrote: ↑Fri Sep 23, 2022 3:24
Ya sbtulnya gak bisa digeneralisir dohc lemot di bawah.
Karena balik lg, tuning gear ratio itu jg pengaruh.
Karena apa?
Karena tim R&D ngeset gear ratio berdasarkan powerband mesin dan bobot mobil juga.
betul mbah, modern engine itu kompleks. apalagi udah eranya electronic fuel injection.
mechanical system punya a b c d e sampe z pake supercharge / turbo, balik ke segimana tuh ECU ngaturnya. throttle control aja skrg electronic gak mekanis. ngebuka 10% throttle bisa diatur cuma buka 5% atau 20% aktualnya.
design mekanis ngasih karakter tertentu tapi again kalo mobil harian kebanyakan setelannya irit. top end power ngga terlalu dimainkan. toyota dan mitsubishi tuh keliatan banget gak mainin top end power. coba aj kalo remap remap ada koq yang stock power gede tp udah gak bisa diremap dan vice versa
makanya untuk banyak desainer, DOHC itu enak. lbh fleksibel mau dapet power di RPM mana.
honda L15ZF itu mungkin optimalnya pake RON95/98 di luaran tp krn harus nenggak RON90 jadi memble powernya
accel 0-100, banyak banget faktornya.
throttle
final gear
engine powerband
ban
suspensi
abs/tcs programming
etc
yess, complicated banget.
karena peran ECU udh main juga di situ
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
yess, complicated banget.
karena peran ECU udh main juga di situ
honda enjin tuh tapi unik terutama yang eco-engine.
desainnya undersquare yang harusnya kuat torsi. tapi punya mekanisme VTEC buat napas atas. dibantu programming yang enak tenaganya honda jadi linear banget. ngga torquey macem toyota atau mazda punya, tapi makin nambah rev ngerti mobilnya makin lari. VTEC ON langsung berubah karakter.
yg turbo aja cuma kayaknya itu VTEC system diganti turbo. rasanya linear soalnya. kl turbo yang economy based macem VW 1.4TSI atau BMW B38 kan top end nya mati.
yess, complicated banget.
karena peran ECU udh main juga di situ
honda enjin tuh tapi unik terutama yang eco-engine.
desainnya undersquare yang harusnya kuat torsi. tapi punya mekanisme VTEC buat napas atas. dibantu programming yang enak tenaganya honda jadi linear banget. ngga torquey macem toyota atau mazda punya, tapi makin nambah rev ngerti mobilnya makin lari. VTEC ON langsung berubah karakter.
yg turbo aja cuma kayaknya itu VTEC system diganti turbo. rasanya linear soalnya. kl turbo yang economy based macem VW 1.4TSI atau BMW B38 kan top end nya mati.
Banyak yang naik turbo di awal JAZZ GD3 booming,
Jazz dipasang turbo umurnya gak panjang. Walau sdh ganti internal engine kalau diboost gede, lama-lama blok engine melar.
Apalagi yg diturboin A/T atau i-DSI, buang2 duit aja, scra default power dilimitasi sama jumlah klep dan tansmisi.
Or4cle wrote: ↑Fri Sep 23, 2022 8:39
Banyak yang naik turbo di awal JAZZ GD3 booming,
Jazz dipasang turbo umurnya gak panjang. Walau sdh ganti internal engine kalau diboost gede, lama-lama blok engine melar.
Apalagi yg diturboin A/T atau i-DSI, buang2 duit aja, scra default power dilimitasi sama jumlah klep dan tansmisi.
L15 sama builder2 dibilang stangnya diboost 0.4 aja bengkok.
Ada temen dulu GE8 build stang standar boost 0.25 beraninya. Terakhir sblm dijual sempet boost 0.8 ganti stang. Rada gambling tuh dia sampe import 1 unit engine lagi buat jaga jaga kalo jebol.
Gak jebol sih sepertinya di daily padahal. Auto pula. Mungkin jg pakenya gak lama abis itu dijual.
Or4cle wrote: ↑Fri Sep 23, 2022 8:39
Banyak yang naik turbo di awal JAZZ GD3 booming,
Jazz dipasang turbo umurnya gak panjang. Walau sdh ganti internal engine kalau diboost gede, lama-lama blok engine melar.
Apalagi yg diturboin A/T atau i-DSI, buang2 duit aja, scra default power dilimitasi sama jumlah klep dan tansmisi.
L15 sama builder2 dibilang stangnya diboost 0.4 aja bengkok.
Ada temen dulu GE8 build stang standar boost 0.25 beraninya. Terakhir sblm dijual sempet boost 0.8 ganti stang. Rada gambling tuh dia sampe import 1 unit engine lagi buat jaga jaga kalo jebol.
Gak jebol sih sepertinya di daily padahal. Auto pula. Mungkin jg pakenya gak lama abis itu dijual.
Conn. rod punya jazz culun, tipis cungkring.
Diganti dgn specs kompetisi pun nanti yg kalah liner blok engine, soalnya aluminium.
DLM wrote: ↑Fri Sep 23, 2022 12:12
Malam om-om semua disini, ane mau nanya sebagai newbie
Modifan yang cocok buat L15A gen GM2 (City gen 3 di indo / gen 5 internasional) tanpa harus ngehilangin catcon samsek apa ya?
Pengennya sih tenaga naik lumayan (bisa 150 hp)
Makasih om
kalo gak mau ilangin CC ya pasang resonator sama down pipe aja om tinggal mobilnya aja AT atau MT kalo MT mufflernya hajar sekalian, kalo AT ini yang hati2x saran saya pasang resonator sama downpipe aja lagian CATCON sebenernya bantu torsi di rpm paling bawah
kalo manual paling pasang CARBON charger cuma kalo AT mendingan pasang knn replacement, dan paling ngefek sebenernya juga pasang throtle control kalo dah pasang itu jd kayak ganti mesin mobilnya karena respon gas bisa di setel aggresive, kalo ngejar 150hp remap pun gak dapet om ujung2xnya kudu PNP sama papas head itupun saya gak yakin
kayak mobil saya paling 125-130hp tapi ud cukup asik kok matic lagi
DLM wrote: ↑Fri Sep 23, 2022 12:12
Malam om-om semua disini, ane mau nanya sebagai newbie
Modifan yang cocok buat L15A gen GM2 (City gen 3 di indo / gen 5 internasional) tanpa harus ngehilangin catcon samsek apa ya?
Pengennya sih tenaga naik lumayan (bisa 150 hp)
Makasih om
kalo gak mau ilangin CC ya pasang resonator sama down pipe aja om tinggal mobilnya aja AT atau MT kalo MT mufflernya hajar sekalian, kalo AT ini yang hati2x saran saya pasang resonator sama downpipe aja lagian CATCON sebenernya bantu torsi di rpm paling bawah
kalo manual paling pasang CARBON charger cuma kalo AT mendingan pasang knn replacement, dan paling ngefek sebenernya juga pasang throtle control kalo dah pasang itu jd kayak ganti mesin mobilnya karena respon gas bisa di setel aggresive, kalo ngejar 150hp remap pun gak dapet om ujung2xnya kudu PNP sama papas head itupun saya gak yakin
kayak mobil saya paling 125-130hp tapi ud cukup asik kok matic lagi
Sarannya wow, Manual sih mobilnya, kalau mau dilaunch tinggal banting aja pedal koplingnya
DLM wrote: ↑Sun Sep 25, 2022 11:27
Sarannya wow, Manual sih mobilnya, kalau mau dilaunch tinggal banting aja pedal koplingnya
kalo manual ya tinggal gini aja om
-throtle control = saya pake ECUSHOP bisa setting via hp kalo ge8 saya sih ke HU
-carbon charger = simota aja biar maennya di tengah aja, pake full open biasany lebih cocok buat mesin turbo
-downpipe
-center pipe pake resonator manual = kalo bisa bikin baru jgn potong2x barang ori
-muffler nyari branded lokal juga ud bagus = kalo bisa bikin sambungan baru jgn motong2x yang ori
cobain dulu aja diatas ini rasain bedanya paling ngaruh si dari throtle control
DLM wrote: ↑Sun Sep 25, 2022 11:27
Sarannya wow, Manual sih mobilnya, kalau mau dilaunch tinggal banting aja pedal koplingnya
kalo manual ya tinggal gini aja om
-throtle control = saya pake ECUSHOP bisa setting via hp kalo ge8 saya sih ke HU
-carbon charger = simota aja biar maennya di tengah aja, pake full open biasany lebih cocok buat mesin turbo
-downpipe
-center pipe pake resonator manual = kalo bisa bikin baru jgn potong2x barang ori
-muffler nyari branded lokal juga ud bagus = kalo bisa bikin sambungan baru jgn motong2x yang ori
cobain dulu aja diatas ini rasain bedanya paling ngaruh si dari throtle control
ini bisa diaplikasiin ke freed ga om, bawahnya ampun bgt si freed?
coba beli ini om setel ke LV6 berasa banget bedanya lv e (lv15) parah saking parah berasa bawa ferarri di gas dikit nyentak2x saking nyentaknya saya pakein S mulu pake mode E
lebih berasa daripada ganti kenalpot soalnya itu ngatur bukaan gas jd lebih agresive kalo setelan pabrik bukaannya pelit banget
kalo kenalpot pastiin barang yang dipake barang khusus matic DP FP ORD paling bagus buat gedein torsi bawah tambahin reson di center pipe muffler pake std aja paling bagus kalo buat matic jgn pasang aneh2x
ariarbow86 wrote: ↑Fri Dec 16, 2022 2:54
ini bisa diaplikasiin ke freed ga om, bawahnya ampun bgt si freed?
freed bawahnya amput lemot bgt itu akibat bobotnya >100kg lebih berat dari GE8. masalahnya enjinir di honda pede kita cukup tune torsi aja 1Nm, gak butuh itu shorter gearing. akhirnya itu freed kalo gak salah final gear lebih kasar tp rasio gigi nya sama kayak GE. combined dengan peaky characteristic dari mesin L15A7 torsi puncak baru di 4800 rpm.
emang tuh mobil nyampe top speed nya sakit buat minivan 1500cc thx to 118ps tapi buat kota-kota cuma dapet lemotnya.
kl ada dana agak lowong bisa coba pasang supercharger. di zamannya modif supercharger sprintex banyak buat GE/GM2/GB3
kl dana pas-pasang replacement filter, catless downpipe, remap. walau mau digimanain tetep rasa "lemot bawah" tetep ada krn emang mechanical characteristicnya itu.