bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Fri Sep 23, 2022 3:18
Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 3:06 ya ini kan bisa jadi/ mungkin karena faktor final gear ratio juga mbah.
terus ditambah bobot juga mungkin, dan faktor lain.
gak hanya mesin klo 0-100 mah.

bobot BBM dan yg nyetir jg pengaruh :ngacir:
cuma ya pada keluhannya gitu om berat di bawah semua padahal puteran atasnya jauh lebih kenceng :big_biglaugh:

saya kan dulu pake DOHC double sproket emang kudu sampe RPM tinggi baru enak :mky_01:
Ya sbtulnya gak bisa digeneralisir dohc lemot di bawah.
Karena balik lg, tuning gear ratio itu jg pengaruh.

Karena apa?
Karena tim R&D ngeset gear ratio berdasarkan powerband mesin dan bobot mobil juga.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5241
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 3:24 Ya sbtulnya gak bisa digeneralisir dohc lemot di bawah.
Karena balik lg, tuning gear ratio itu jg pengaruh.

Karena apa?
Karena tim R&D ngeset gear ratio berdasarkan powerband mesin dan bobot mobil juga.
kalo ngomongin gitu saya ud jelasin om tergantung tuningan mesin juga itu mazdut pake DOHC juga kayak diesel kenceng di bawah atasnya lemot pajero saya juga DOHC :big_biglaugh:

lah honda dari dulu tuh emang berasa low RPM lemot ditambah kena matic cobain aja CRV parah semua pas VTEC Baru enak ke backup cc gede aja tuh CRV kalo gak gak ada downgrade dari K20 ke R20 sohc :big_biglaugh: maksudnya biar torsi bawahnya kena buat jalanan kota, gimane L15 jaman dulu dikasih DOHC bisa2x buat kota gak nyaman toh gd ud SOHC aja VTEC di backup jualan I-DSI buat yang nyari torsi bawah itu apa artinya kalo bukan gara2x VTEC loyo di bawah, pas I-VTEC mereka berani hapus i-dsi karena i-dsi di ganti pake laser iridium sekarang keknya bekingannya CVT OM makannya berani pake DOHC :big_biglaugh:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Fri Sep 23, 2022 3:32
Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 3:24 Ya sbtulnya gak bisa digeneralisir dohc lemot di bawah.
Karena balik lg, tuning gear ratio itu jg pengaruh.

Karena apa?
Karena tim R&D ngeset gear ratio berdasarkan powerband mesin dan bobot mobil juga.
kalo ngomongin gitu saya ud jelasin om tergantung tuningan mesin juga itu mazdut pake DOHC juga kayak diesel kenceng di bawah atasnya lemot pajero saya juga DOHC :big_biglaugh:

lah honda dari dulu tuh emang berasa low RPM lemot ditambah kena matic cobain aja CRV parah semua pas VTEC Baru enak ke backup cc gede aja tuh CRV kalo gak gak ada downgrade dari K20 ke R20 sohc :big_biglaugh: maksudnya biar torsi bawahnya kena buat jalanan kota, gimane L15 jaman dulu dikasih DOHC bisa2x buat kota gak nyaman toh gd ud SOHC aja VTEC di backup jualan I-DSI buat yang nyari torsi bawah itu apa artinya kalo bukan gara2x VTEC loyo di bawah, pas I-VTEC mereka berani hapus i-dsi karena i-dsi di ganti pake laser iridium sekarang keknya bekingannya CVT OM makannya berani pake DOHC :big_biglaugh:
Mumet mbah
Ngemil dulu ah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5241
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 3:36
Mumet mbah
Ngemil dulu ah :big_biglaugh:
dunia otomotif emang banyak biasnya ya emang sih tergantung ini tergantung itu cuma kalo, tapi kalo sistemnya sama misalnya sama2x IVTEC antara DOHC sama SOHC baru ketara unggulnya dimana, kalo gak ngapain honda capek2x ud bikin K series eh dia bikin lagi R series, terus K20 DOHC downgrade ke R20 SOHC apalagi kalo bukan incer torsi bawah buat matic dan lucunya cuma di pasang line up mobil emak2x ke pasar type Rnya tetep K20 KARENA ya type r gitu manual..... :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by ChZ »

chb wrote: Fri Sep 23, 2022 1:19 Om2, mau nanya, in kan saya pake City Hatchback, secara mesin, apakah L15ZF ini lbh memliki potensi atau lbh kuat drpd L15 SOHC yg ada di Jazz GK?
bisa. resep oprekannya belum terlalu banyak tapi yang eksperimen sudah banyak.

coba pelan pelan dirasain dulu aja ganti filter yang lbh freeflow, downpipe catless sama frontpipe nya. sama paling remap sih.

kalo papas head ganti camgear geser limiter naik kompresi dll kayanya udah terlalu ekstrim kan ya :big_biglaugh:

yang Manual bisa geser limiter sih biar lebih buas, kalo metik susah CVT nya kalo udah sampe rev limiter pindah sendiri soalnya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1307
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Fri Sep 23, 2022 3:58
chb wrote: Fri Sep 23, 2022 1:19 Om2, mau nanya, in kan saya pake City Hatchback, secara mesin, apakah L15ZF ini lbh memliki potensi atau lbh kuat drpd L15 SOHC yg ada di Jazz GK?
bisa. resep oprekannya belum terlalu banyak tapi yang eksperimen sudah banyak.

coba pelan pelan dirasain dulu aja ganti filter yang lbh freeflow, downpipe catless sama frontpipe nya. sama paling remap sih.

kalo papas head ganti camgear geser limiter naik kompresi dll kayanya udah terlalu ekstrim kan ya :big_biglaugh:

yang Manual bisa geser limiter sih biar lebih buas, kalo metik susah CVT nya kalo udah sampe rev limiter pindah sendiri soalnya
Paling simple catless, sangat terasa kalau di tol.
Di SOHC aja tarikan makin ngisi terasa panjang, apalagi di DOHC.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 3:24
Ya sbtulnya gak bisa digeneralisir dohc lemot di bawah.
Karena balik lg, tuning gear ratio itu jg pengaruh.

Karena apa?
Karena tim R&D ngeset gear ratio berdasarkan powerband mesin dan bobot mobil juga.
betul mbah, modern engine itu kompleks. apalagi udah eranya electronic fuel injection.

mechanical system punya a b c d e sampe z pake supercharge / turbo, balik ke segimana tuh ECU ngaturnya. throttle control aja skrg electronic gak mekanis. ngebuka 10% throttle bisa diatur cuma buka 5% atau 20% aktualnya.

design mekanis ngasih karakter tertentu tapi again kalo mobil harian kebanyakan setelannya irit. top end power ngga terlalu dimainkan. toyota dan mitsubishi tuh keliatan banget gak mainin top end power. coba aj kalo remap remap ada koq yang stock power gede tp udah gak bisa diremap dan vice versa :upss:

makanya untuk banyak desainer, DOHC itu enak. lbh fleksibel mau dapet power di RPM mana.

honda L15ZF itu mungkin optimalnya pake RON95/98 di luaran tp krn harus nenggak RON90 jadi memble powernya :upss:

accel 0-100, banyak banget faktornya.

throttle
final gear
engine powerband
ban
suspensi
abs/tcs programming
etc
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1307
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Or4cle »

b0ku wrote: Fri Sep 23, 2022 3:32
Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 3:24 Ya sbtulnya gak bisa digeneralisir dohc lemot di bawah.
Karena balik lg, tuning gear ratio itu jg pengaruh.

Karena apa?
Karena tim R&D ngeset gear ratio berdasarkan powerband mesin dan bobot mobil juga.
kalo ngomongin gitu saya ud jelasin om tergantung tuningan mesin juga itu mazdut pake DOHC juga kayak diesel kenceng di bawah atasnya lemot pajero saya juga DOHC :big_biglaugh:

lah honda dari dulu tuh emang berasa low RPM lemot ditambah kena matic cobain aja CRV parah semua pas VTEC Baru enak ke backup cc gede aja tuh CRV kalo gak gak ada downgrade dari K20 ke R20 sohc :big_biglaugh: maksudnya biar torsi bawahnya kena buat jalanan kota, gimane L15 jaman dulu dikasih DOHC bisa2x buat kota gak nyaman toh gd ud SOHC aja VTEC di backup jualan I-DSI buat yang nyari torsi bawah itu apa artinya kalo bukan gara2x VTEC loyo di bawah, pas I-VTEC mereka berani hapus i-dsi karena i-dsi di ganti pake laser iridium sekarang keknya bekingannya CVT OM makannya berani pake DOHC :big_biglaugh:
Torsi i-DSI lebar dan gendut , diporting dikit grafiknya tambah bulat.
Makyusss banget di jalanan kota, gas dikit langsung jalan, kayak diesel engine.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Sep 23, 2022 4:21
Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 3:24
Ya sbtulnya gak bisa digeneralisir dohc lemot di bawah.
Karena balik lg, tuning gear ratio itu jg pengaruh.

Karena apa?
Karena tim R&D ngeset gear ratio berdasarkan powerband mesin dan bobot mobil juga.
betul mbah, modern engine itu kompleks. apalagi udah eranya electronic fuel injection.

mechanical system punya a b c d e sampe z pake supercharge / turbo, balik ke segimana tuh ECU ngaturnya. throttle control aja skrg electronic gak mekanis. ngebuka 10% throttle bisa diatur cuma buka 5% atau 20% aktualnya.

design mekanis ngasih karakter tertentu tapi again kalo mobil harian kebanyakan setelannya irit. top end power ngga terlalu dimainkan. toyota dan mitsubishi tuh keliatan banget gak mainin top end power. coba aj kalo remap remap ada koq yang stock power gede tp udah gak bisa diremap dan vice versa :upss:

makanya untuk banyak desainer, DOHC itu enak. lbh fleksibel mau dapet power di RPM mana.

honda L15ZF itu mungkin optimalnya pake RON95/98 di luaran tp krn harus nenggak RON90 jadi memble powernya :upss:

accel 0-100, banyak banget faktornya.

throttle
final gear
engine powerband
ban
suspensi
abs/tcs programming
etc
yess, complicated banget.
karena peran ECU udh main juga di situ :mky_05:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5241
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

Or4cle wrote: Fri Sep 23, 2022 4:25 Torsi i-DSI lebar dan gendut , diporting dikit grafiknya tambah bulat.
Makyusss banget di jalanan kota, gas dikit langsung jalan, kayak diesel engine.
pengapian rasa V8 dengan 4 silinder dan single cam :big_biglaugh:
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1307
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Or4cle »

b0ku wrote: Fri Sep 23, 2022 4:37
Or4cle wrote: Fri Sep 23, 2022 4:25 Torsi i-DSI lebar dan gendut , diporting dikit grafiknya tambah bulat.
Makyusss banget di jalanan kota, gas dikit langsung jalan, kayak diesel engine.
pengapian rasa V8 dengan 4 silinder dan single cam :big_biglaugh:
Busi dibanyakin, eehhhh klep malah disunat dijatah dua biji doang :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5241
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

Or4cle wrote: Fri Sep 23, 2022 4:40
Busi dibanyakin, eehhhh klep malah disunat dijatah dua biji doang :big_biglaugh:
baru ngeh jd cuma 8 valve ya??? :big_think:
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1307
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Or4cle »

b0ku wrote: Fri Sep 23, 2022 4:47
Or4cle wrote: Fri Sep 23, 2022 4:40
Busi dibanyakin, eehhhh klep malah disunat dijatah dua biji doang :big_biglaugh:
baru ngeh jd cuma 8 valve ya??? :big_think:
Iya, 1 biji in + 1 biji out.
Mknya kalau ada Jazz i-DSI dipasang turbo dipertanyakan kewarasannya :big_peace:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5241
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

Or4cle wrote: Fri Sep 23, 2022 4:54
Iya, 1 biji in + 1 biji out.
Mknya kalau ada Jazz i-DSI dipasang turbo dipertanyakan kewarasannya :big_peace:
dulu denger avga 12 valve aja ud hina ini 8 valve :wkkk:

ketutup sama 2 busi sih makannya kedengerannya wah :big_biglaugh:

Image

tapi gak heran juga sih mau taro dimana lagi tuh 2 valve ud rame bisa2x atasnya rame kek kamar operasi :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Fri Sep 23, 2022 4:54
Iya, 1 biji in + 1 biji out.
Mknya kalau ada Jazz i-DSI dipasang turbo dipertanyakan kewarasannya :big_peace:
masalahnya ada, mbah.

teman kuliah ane dulu :big_biglaugh: ampe kita orang ketawa ketawa anjir IDSI diturbo paling diasepin ama GE8 portingan :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 4:32

yess, complicated banget.
karena peran ECU udh main juga di situ :mky_05:
honda enjin tuh tapi unik terutama yang eco-engine.

desainnya undersquare yang harusnya kuat torsi. tapi punya mekanisme VTEC buat napas atas. dibantu programming yang enak tenaganya honda jadi linear banget. ngga torquey macem toyota atau mazda punya, tapi makin nambah rev ngerti mobilnya makin lari. VTEC ON langsung berubah karakter.

yg turbo aja cuma kayaknya itu VTEC system diganti turbo. rasanya linear soalnya. kl turbo yang economy based macem VW 1.4TSI atau BMW B38 kan top end nya mati.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1307
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Fri Sep 23, 2022 7:06
Or4cle wrote: Fri Sep 23, 2022 4:54
Iya, 1 biji in + 1 biji out.
Mknya kalau ada Jazz i-DSI dipasang turbo dipertanyakan kewarasannya :big_peace:
masalahnya ada, mbah.

teman kuliah ane dulu :big_biglaugh: ampe kita orang ketawa ketawa anjir IDSI diturbo paling diasepin ama GE8 portingan :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Suryaputra wrote: Fri Sep 23, 2022 4:32

yess, complicated banget.
karena peran ECU udh main juga di situ :mky_05:
honda enjin tuh tapi unik terutama yang eco-engine.

desainnya undersquare yang harusnya kuat torsi. tapi punya mekanisme VTEC buat napas atas. dibantu programming yang enak tenaganya honda jadi linear banget. ngga torquey macem toyota atau mazda punya, tapi makin nambah rev ngerti mobilnya makin lari. VTEC ON langsung berubah karakter.

yg turbo aja cuma kayaknya itu VTEC system diganti turbo. rasanya linear soalnya. kl turbo yang economy based macem VW 1.4TSI atau BMW B38 kan top end nya mati.
Banyak yang naik turbo di awal JAZZ GD3 booming,
Jazz dipasang turbo umurnya gak panjang. Walau sdh ganti internal engine kalau diboost gede, lama-lama blok engine melar.
Apalagi yg diturboin A/T atau i-DSI, buang2 duit aja, scra default power dilimitasi sama jumlah klep dan tansmisi.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Fri Sep 23, 2022 8:39 Banyak yang naik turbo di awal JAZZ GD3 booming,
Jazz dipasang turbo umurnya gak panjang. Walau sdh ganti internal engine kalau diboost gede, lama-lama blok engine melar.
Apalagi yg diturboin A/T atau i-DSI, buang2 duit aja, scra default power dilimitasi sama jumlah klep dan tansmisi.
L15 sama builder2 dibilang stangnya diboost 0.4 aja bengkok.

Ada temen dulu GE8 build stang standar boost 0.25 beraninya. Terakhir sblm dijual sempet boost 0.8 ganti stang. Rada gambling tuh dia sampe import 1 unit engine lagi buat jaga jaga kalo jebol.

Gak jebol sih sepertinya :big_grin: di daily padahal. Auto pula. Mungkin jg pakenya gak lama abis itu dijual.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1307
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Fri Sep 23, 2022 8:46
Or4cle wrote: Fri Sep 23, 2022 8:39 Banyak yang naik turbo di awal JAZZ GD3 booming,
Jazz dipasang turbo umurnya gak panjang. Walau sdh ganti internal engine kalau diboost gede, lama-lama blok engine melar.
Apalagi yg diturboin A/T atau i-DSI, buang2 duit aja, scra default power dilimitasi sama jumlah klep dan tansmisi.
L15 sama builder2 dibilang stangnya diboost 0.4 aja bengkok.

Ada temen dulu GE8 build stang standar boost 0.25 beraninya. Terakhir sblm dijual sempet boost 0.8 ganti stang. Rada gambling tuh dia sampe import 1 unit engine lagi buat jaga jaga kalo jebol.

Gak jebol sih sepertinya :big_grin: di daily padahal. Auto pula. Mungkin jg pakenya gak lama abis itu dijual.
Conn. rod punya jazz culun, tipis cungkring.
Diganti dgn specs kompetisi pun nanti yg kalah liner blok engine, soalnya aluminium.
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by DLM »

Malam om-om semua disini, ane mau nanya sebagai newbie

Modifan yang cocok buat L15A gen GM2 (City gen 3 di indo / gen 5 internasional) tanpa harus ngehilangin catcon samsek apa ya?

Pengennya sih tenaga naik lumayan (bisa 150 hp)

Makasih om
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5241
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

DLM wrote: Fri Sep 23, 2022 12:12 Malam om-om semua disini, ane mau nanya sebagai newbie

Modifan yang cocok buat L15A gen GM2 (City gen 3 di indo / gen 5 internasional) tanpa harus ngehilangin catcon samsek apa ya?

Pengennya sih tenaga naik lumayan (bisa 150 hp)

Makasih om
kalo gak mau ilangin CC ya pasang resonator sama down pipe aja om tinggal mobilnya aja AT atau MT kalo MT mufflernya hajar sekalian, kalo AT ini yang hati2x saran saya pasang resonator sama downpipe aja lagian CATCON sebenernya bantu torsi di rpm paling bawah :mky_03:

kalo manual paling pasang CARBON charger cuma kalo AT mendingan pasang knn replacement, dan paling ngefek sebenernya juga pasang throtle control kalo dah pasang itu jd kayak ganti mesin mobilnya karena respon gas bisa di setel aggresive, kalo ngejar 150hp remap pun gak dapet om ujung2xnya kudu PNP sama papas head itupun saya gak yakin :big_biglaugh:

kayak mobil saya paling 125-130hp tapi ud cukup asik kok matic lagi :big_biglaugh:
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by DLM »

b0ku wrote: Fri Sep 23, 2022 12:31
DLM wrote: Fri Sep 23, 2022 12:12 Malam om-om semua disini, ane mau nanya sebagai newbie

Modifan yang cocok buat L15A gen GM2 (City gen 3 di indo / gen 5 internasional) tanpa harus ngehilangin catcon samsek apa ya?

Pengennya sih tenaga naik lumayan (bisa 150 hp)

Makasih om
kalo gak mau ilangin CC ya pasang resonator sama down pipe aja om tinggal mobilnya aja AT atau MT kalo MT mufflernya hajar sekalian, kalo AT ini yang hati2x saran saya pasang resonator sama downpipe aja lagian CATCON sebenernya bantu torsi di rpm paling bawah :mky_03:

kalo manual paling pasang CARBON charger cuma kalo AT mendingan pasang knn replacement, dan paling ngefek sebenernya juga pasang throtle control kalo dah pasang itu jd kayak ganti mesin mobilnya karena respon gas bisa di setel aggresive, kalo ngejar 150hp remap pun gak dapet om ujung2xnya kudu PNP sama papas head itupun saya gak yakin :big_biglaugh:

kayak mobil saya paling 125-130hp tapi ud cukup asik kok matic lagi :big_biglaugh:
Sarannya wow, Manual sih mobilnya, kalau mau dilaunch tinggal banting aja pedal koplingnya :upss: :upss: :upss:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5241
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

DLM wrote: Sun Sep 25, 2022 11:27
Sarannya wow, Manual sih mobilnya, kalau mau dilaunch tinggal banting aja pedal koplingnya :upss: :upss: :upss:
kalo manual ya tinggal gini aja om

-throtle control = saya pake ECUSHOP bisa setting via hp kalo ge8 saya sih ke HU
-carbon charger = simota aja biar maennya di tengah aja, pake full open biasany lebih cocok buat mesin turbo
-downpipe
-center pipe pake resonator manual = kalo bisa bikin baru jgn potong2x barang ori
-muffler nyari branded lokal juga ud bagus = kalo bisa bikin sambungan baru jgn motong2x yang ori

cobain dulu aja diatas ini rasain bedanya paling ngaruh si dari throtle control :mky_01:
ariarbow86
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Dec 16, 2022 1:56
Location: Pondok Gede
Daily Vehicle: Freed 2014

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by ariarbow86 »

b0ku wrote: Sun Sep 25, 2022 12:24
DLM wrote: Sun Sep 25, 2022 11:27
Sarannya wow, Manual sih mobilnya, kalau mau dilaunch tinggal banting aja pedal koplingnya :upss: :upss: :upss:
kalo manual ya tinggal gini aja om

-throtle control = saya pake ECUSHOP bisa setting via hp kalo ge8 saya sih ke HU
-carbon charger = simota aja biar maennya di tengah aja, pake full open biasany lebih cocok buat mesin turbo
-downpipe
-center pipe pake resonator manual = kalo bisa bikin baru jgn potong2x barang ori
-muffler nyari branded lokal juga ud bagus = kalo bisa bikin sambungan baru jgn motong2x yang ori

cobain dulu aja diatas ini rasain bedanya paling ngaruh si dari throtle control :mky_01:
ini bisa diaplikasiin ke freed ga om, bawahnya ampun bgt si freed?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5241
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

ariarbow86 wrote: Fri Dec 16, 2022 2:54
ini bisa diaplikasiin ke freed ga om, bawahnya ampun bgt si freed?
https://tokopedia.link/NeRG0sBnNvb

coba beli ini om setel ke LV6 berasa banget bedanya lv e (lv15) parah saking parah berasa bawa ferarri di gas dikit nyentak2x saking nyentaknya saya pakein S mulu pake mode E

lebih berasa daripada ganti kenalpot soalnya itu ngatur bukaan gas jd lebih agresive kalo setelan pabrik bukaannya pelit banget :wkkk:

kalo kenalpot pastiin barang yang dipake barang khusus matic DP FP ORD paling bagus buat gedein torsi bawah tambahin reson di center pipe muffler pake std aja paling bagus kalo buat matic jgn pasang aneh2x :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by ChZ »

ariarbow86 wrote: Fri Dec 16, 2022 2:54 ini bisa diaplikasiin ke freed ga om, bawahnya ampun bgt si freed?
freed bawahnya amput lemot bgt itu akibat bobotnya >100kg lebih berat dari GE8. masalahnya enjinir di honda pede kita cukup tune torsi aja 1Nm, gak butuh itu shorter gearing. akhirnya itu freed kalo gak salah final gear lebih kasar tp rasio gigi nya sama kayak GE. combined dengan peaky characteristic dari mesin L15A7 torsi puncak baru di 4800 rpm.

emang tuh mobil nyampe top speed nya sakit buat minivan 1500cc thx to 118ps tapi buat kota-kota cuma dapet lemotnya.

kl ada dana agak lowong bisa coba pasang supercharger. di zamannya modif supercharger sprintex banyak buat GE/GM2/GB3 :mky_03:

kl dana pas-pasang replacement filter, catless downpipe, remap. walau mau digimanain tetep rasa "lemot bawah" tetep ada krn emang mechanical characteristicnya itu.

gabungin keduanya lbh asik :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7