ummm namanya produk begini HPPnya mah paling 50-70% sisanya tax dan margin. udah rahasia umum. dan ngga bisa dibilang busuk namanya jg kapitalisme naturnya cari cuan om kalo baik mah badan amalzonepublic wrote: ↑Thu Jul 27, 2023 7:58 Nah itu dia,makannya brand mau dibilang strateginya busuk ya emang iya
Kijang kapsul aja dulu 100jtan sekarang zenik dah 700jt untuk mendapatkan mobil yang kelasnya sama
Betul bahan baku naik,tp sebenernya nilai yang banyak dinaikkan profitnya adalah "brand value"
Klo mau dibedah biaya pembuatan zenik ya ga sampe 500jt
yang gw kesel skrg mainnya makin kasar di hardsell sama ADAS dll yang sebenernya gak perlu-perlu amat tp dihajar semua type kasih ADAS pdhl tanpa ADAS bisa hemat mungkin ampe 20% harga. liat aja harga new BRV sensing ama enggak udah beda 50juta.
kalau ngomongin kelas x kenaikan harga, ini sangat complicated om.
pertanyaannya apa iya zenix dan kijang kapsul di zamannya mobil yg ada di kelas yang sama ? pertanyaannya lebih ke apakah dengan level harga setara (termasuk inflasi) kita masih dapet barang yang secara kualitas (dipersepsikan) sama ?
kalau cuma ngomong brand name kijang, lha ga sekalian aja kijang buaya dulu harga berapa skrg zenix harga berapa, pdhl fungsi dan persepsi di market saja sudah beda.
krn kalau ngomong kelas biasa kita ngomong secara size. kijang kapsul ngga lebih gede dari toyota avanza all new. kenyamanan teknologi ya sudah pasti jauh. dan sayangnya toyota sejak keluarin avanza pertama kali emang memposisikan avanza untuk jadi penerus kijang secara konsep : basic family car yg muat 7 orang, low maintenance, dll. basic family car, entry level car.
kijang sendiri sejak innova ya sudah jadi tier 2 family car alias yang rada premium. dan ini konsep paling umum di semua pabrikan mobil : mereka upgrade mobil lamanya supaya ada celah untuk keluarin product baru yang lebih murah / kecil.
city diposisikan untuk gantikan civic sebagai sedan kecil, dan brio diposisikan menggantikan jazz sebagai hatchback kecil. dan sialnya mau kita protes seperti apapun atau bilang jazz lebih enak dari brio, bagi HPM cara ngejual brio sekarang adalah cara mereka ngejual / nge-branding jazz dulu. krn subconciously mereka sadar bahwa pasar brio sekarang adalah pasar yang ditinggalkan jazz dulu.
jadi ya kalau mau fair bandingin "kelas yang sama" ya bandinginnya sama yang seukuran bukan yang "nama" nya sama aja om krn mobil makin lama makin melar dan digantikan oleh produk di bawahnya. kijang ya sekarang bandingannya avanza all new.
ini kita ngomongin kelas mobil (by size) ya, bukan ngomongin teknologi dll nya. itu makin complicated lagi. krn kalau innova bandingin reborn dan zenix saja sudah beda spesies. 1nya mobil 1nya truk berkabin.