Advice santa fe

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16218
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Advice santa fe

Post by ChZ »

darrelund wrote: Tue Jun 25, 2024 9:38

itu bocah" oonda aja yg civic turbo / crv turbo. pake cvt pada pecicilan betot sana sini kyknya aman aja, pasti ud remap :big_biglaugh:

cvt honda kalahnya di excessive torque klo modipnya asal"an/ ato ya gapernah ganti oli cvt

limitnya 350-400nm klo ga salah klo yg turbo
awak aja minder mbah sama CRV turbo yang odonya udah ratusan rebu.

CRV ane masih 42 rebu

mobil simpenan banget.

dulu konon tuner2 beraninya di 300 tp sekarang 330 juga pada tembus :big_biglaugh: heavy duty itu CVT turbo turboan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11103
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Advice santa fe

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Wed Jun 26, 2024 2:54
darrelund wrote: Tue Jun 25, 2024 9:38

itu bocah" oonda aja yg civic turbo / crv turbo. pake cvt pada pecicilan betot sana sini kyknya aman aja, pasti ud remap :big_biglaugh:

cvt honda kalahnya di excessive torque klo modipnya asal"an/ ato ya gapernah ganti oli cvt

limitnya 350-400nm klo ga salah klo yg turbo
awak aja minder mbah sama CRV turbo yang odonya udah ratusan rebu.

CRV ane masih 42 rebu

mobil simpenan banget.

dulu konon tuner2 beraninya di 300 tp sekarang 330 juga pada tembus :big_biglaugh: heavy duty itu CVT turbo turboan.
klo CVT sih yg penting CVTF nya yg bagus.
jgn pelit2 dan panjang2in masa pakai. :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11103
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Advice santa fe

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Wed Jun 26, 2024 2:54
darrelund wrote: Tue Jun 25, 2024 9:38

itu bocah" oonda aja yg civic turbo / crv turbo. pake cvt pada pecicilan betot sana sini kyknya aman aja, pasti ud remap :big_biglaugh:

cvt honda kalahnya di excessive torque klo modipnya asal"an/ ato ya gapernah ganti oli cvt

limitnya 350-400nm klo ga salah klo yg turbo
awak aja minder mbah sama CRV turbo yang odonya udah ratusan rebu.

CRV ane masih 42 rebu

mobil simpenan banget.

dulu konon tuner2 beraninya di 300 tp sekarang 330 juga pada tembus :big_biglaugh: heavy duty itu CVT turbo turboan.
CVT kuncinya di CVTF dan cara bawanya.

- klo betot dr 0 kph, itu berat emang, ngasih friksi dan gaya tarik belt besar banget.
- klo betot dari 40 kph lbh enteng, krn momentum velocitynya dah dapat.
- CVTF juga jangan medit2 deh, pakai yg bagus, minimal sekelas PTT CVT dan di atas nya, Q8 or (klo budget no issue) Amsoil even better
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16218
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Advice santa fe

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Wed Jun 26, 2024 3:00
CVT kuncinya di CVTF dan cara bawanya.

- klo betot dr 0 kph, itu berat emang, ngasih friksi dan gaya tarik belt besar banget.
- klo betot dari 40 kph lbh enteng, krn momentum velocitynya dah dapat.
- CVTF juga jangan medit2 deh, pakai yg bagus, minimal sekelas PTT CVT dan di atas nya, Q8 or (klo budget no issue) Amsoil even better
manual dibetot dari 0 kph juga umur ga lama itu matahari kopling :mky_07:

emang paling awet itu automatic krn by design ga dikasih izin buat dibetot harus via torcon dulu even ada lockup clutchnya... cuma ya lemot.

in theory ya soalnya AT itu banyak yang gak awet juga... jd rada rada random case juga satu jenis transmisi lbh awet daripada yg lain.

clutch lock/brake mechanism di AT juga malah lebih beban kalau suka akselerasi kenceng apalagi yg giginya banyak. yang giginya dikit kebanyakan selip gear hunting jg panas.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11103
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Advice santa fe

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Wed Jun 26, 2024 3:14
Suryaputra wrote: Wed Jun 26, 2024 3:00
CVT kuncinya di CVTF dan cara bawanya.

- klo betot dr 0 kph, itu berat emang, ngasih friksi dan gaya tarik belt besar banget.
- klo betot dari 40 kph lbh enteng, krn momentum velocitynya dah dapat.
- CVTF juga jangan medit2 deh, pakai yg bagus, minimal sekelas PTT CVT dan di atas nya, Q8 or (klo budget no issue) Amsoil even better
manual dibetot dari 0 kph juga umur ga lama itu matahari kopling :mky_07:

emang paling awet itu automatic krn by design ga dikasih izin buat dibetot harus via torcon dulu even ada lockup clutchnya... cuma ya lemot.

in theory ya soalnya AT itu banyak yang gak awet juga... jd rada rada random case juga satu jenis transmisi lbh awet daripada yg lain.

clutch lock/brake mechanism di AT juga malah lebih beban kalau suka akselerasi kenceng apalagi yg giginya banyak. yang giginya dikit kebanyakan selip gear hunting jg panas.
pengalaman pribadi sih bukan mataharinya aja (untuk short term),
kampas koplingnya cepet abis, dan bikin geter, krn friction materialnya dipercepat aus nya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: Advice santa fe

Post by inobody »

Mau curcol dikit..

Kl udah semingguan pake SF TM FL Diesel terus kangen pake Civic FC, rasanya awal2 kok brasa lemot bener nih sedan pdhal uda pake Peturbo.. :D

Tapi tetep handling tajem Civic .. tp yah gitu penumpang lebih brasa "patah2" kl belok.

begitu juga sebaliknya, uda semingguan pake Civic, terus pake SF, jadi berasa brasa bner engine brakenye krn DCT nya.

Scr overall : dalkot Civic lbh enak, lukot SF TM lbh enak.
irit juga iritan si SF deh, kaget juga bisa kalah si Civic.

terus krn ane uda merasa berumur, kynya pake SF lebih "pas" di bnding Civic.
krniawnhdr
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1337
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Advice santa fe

Post by krniawnhdr »

Suryaputra wrote: Wed Jun 26, 2024 3:00
ChZ wrote: Wed Jun 26, 2024 2:54
darrelund wrote: Tue Jun 25, 2024 9:38

itu bocah" oonda aja yg civic turbo / crv turbo. pake cvt pada pecicilan betot sana sini kyknya aman aja, pasti ud remap :big_biglaugh:

cvt honda kalahnya di excessive torque klo modipnya asal"an/ ato ya gapernah ganti oli cvt

limitnya 350-400nm klo ga salah klo yg turbo
awak aja minder mbah sama CRV turbo yang odonya udah ratusan rebu.

CRV ane masih 42 rebu

mobil simpenan banget.

dulu konon tuner2 beraninya di 300 tp sekarang 330 juga pada tembus :big_biglaugh: heavy duty itu CVT turbo turboan.
CVT kuncinya di CVTF dan cara bawanya.

- klo betot dr 0 kph, itu berat emang, ngasih friksi dan gaya tarik belt besar banget.
- klo betot dari 40 kph lbh enteng, krn momentum velocitynya dah dapat.
- CVTF juga jangan medit2 deh, pakai yg bagus, minimal sekelas PTT CVT dan di atas nya, Q8 or (klo budget no issue) Amsoil even better
TMO CVT fe berarti ga oke ya om?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11103
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Advice santa fe

Post by Suryaputra »

krniawnhdr wrote: Wed Jun 26, 2024 4:36
Suryaputra wrote: Wed Jun 26, 2024 3:00
ChZ wrote: Wed Jun 26, 2024 2:54

awak aja minder mbah sama CRV turbo yang odonya udah ratusan rebu.

CRV ane masih 42 rebu

mobil simpenan banget.

dulu konon tuner2 beraninya di 300 tp sekarang 330 juga pada tembus :big_biglaugh: heavy duty itu CVT turbo turboan.
CVT kuncinya di CVTF dan cara bawanya.

- klo betot dr 0 kph, itu berat emang, ngasih friksi dan gaya tarik belt besar banget.
- klo betot dari 40 kph lbh enteng, krn momentum velocitynya dah dapat.
- CVTF juga jangan medit2 deh, pakai yg bagus, minimal sekelas PTT CVT dan di atas nya, Q8 or (klo budget no issue) Amsoil even better
TMO CVT fe berarti ga oke ya om?
CVTF merk genuine beres aman koq, interval gantinya diperpendek aja.

cr aman aja, ganti CVTF di beres, per 15rb km / 2 tahun aja.
jangan lifetime. wkwkwkw.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
D70EL97
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 21, 2018 6:45

Re: Advice santa fe

Post by D70EL97 »

ChZ wrote: Tue Jun 25, 2024 8:28
D70EL97 wrote: Tue Jun 25, 2024 7:42 Seminggu sekali kepake om, utk jalan2 sm keluarga 😬
Oli nya brti yg dr beres g bagus ya om? Waduh, was2 do g pake h miring yg diesel om? 😅 ini hanya berlaku dieselnya santafe ya om? Klo bensinnya perlu cerewet masalah per oli an ke beres jg kah?

Makasih om
kalau seminggu sekali sih enak beli diesel aja, jualnya lagi juga ngga sulit kota kota besar peminatnya gede ini santafe diesel. butuh uang cepet lebih gampang jual yang diesel.

kalo yang bensin sepertinya nggak, yang masuk sini bensin juga mesinnya pake versi lama belum direct injection. tenaganya lebih kecil (yg smartstream gdi bensin 192hp, yg spek indo masih mpi 174hp). lebih less hassle kalo road trip gak ketemu bbm bagus, cuma ya itu harus rela ditawar agak sadis dan lebih sulit laku.... kecuali emang mau dihabisin mobilnya sampe 10 thn lebih.

oli nggak sesuai spek gitu biasa obatnya gampang : ganti oli lebih cepet aja. tapi kan malah jadi repot mending sekalian beli oli di luaran yg bagus longdrain lebih2 dikit dari interval beres jg aman kalo blom sempet ganti oli :big_okay: bukan nyaranin telat telat ganti oli ya cuma emang lebih aman aja utk keseluruhan kondisi mesin krn sampe lifetime akhir performa oli relatif stabil.
Siap, makasih sarannya om 😁

Jadi karena penasaran, iseng ke dealer h miring, kebetulan ada unit test drive diesel, lgsg gas nyobain, g dpt jauh2 dan medannya jg g nemu jalanan jelek, cuma dapet yg banyak polisi tidur doang.
Impresi yg didapat suspensinya enak (utk lewatin poldur), tarikan enak banget dan yg saya sgt terkesan, suara dieselnya bener2 g kedengaran didlm kabin, hening. Di lampu merah, berasa ndut2an. Bukan cuma lampu merah sih, abis ngerem trs mau jalan jg masih berasa ndut2an bbrp kali. Yg agak jd pertimbangan baris ke-3 nya utk anak saya yg tingginya 150an, berasa kyk jongkok duduknya, jarak bangku ke lantainya tll pendek 😓

Stlh itu jalan2 ke bursa mobkas, nemu cx 8 dan cx 9, tp g sempat test jalan, cuma ngebandingin daleman aja, emang keliatan bq nya lbh diatas lg si mazda ini ya om?
Masuk ke baris penunpang g tll tinggi, utk istri dan anak2 saya yg g tinggi2 banget, mirip2 masuk sedan. Stlh itu nyobain baris ke-3 nya, kok kyknya posisi duduknya lbh nyaman dibanding santafe ya? Emang g bisa utk 3 org jg sih, tp posisi bangkunya g serendah santafe.
Atau ada settingan kursinya disantafe yg g sempat nemu saya ya? 🤔
Cx 9 sepertinya yg paling lega, saya keder dengan kebongsorannya 😂
jadi mulai kepincut yg santafe yg diesel (kebetulan g ada unit td jg yg bensinnya), ga berasa bawa diesel krn heningnya (apa krn mobil test driver, atau emang begitu ya om2 pengguna diesel?) sm nyamannya lewatin poldur 😬
Cx8 (dan cx9) jd menggoda jg, tp krn blm sempat jalan jd g tau, senyap dan empuknya segimana. Plus konsumsi bbm nya lumayan ya klo liat midnya 1:6 😬
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16218
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Advice santa fe

Post by ChZ »

D70EL97 wrote: Wed Jun 26, 2024 5:52 Siap, makasih sarannya om 😁

Jadi karena penasaran, iseng ke dealer h miring, kebetulan ada unit test drive diesel, lgsg gas nyobain, g dpt jauh2 dan medannya jg g nemu jalanan jelek, cuma dapet yg banyak polisi tidur doang.
Impresi yg didapat suspensinya enak (utk lewatin poldur), tarikan enak banget dan yg saya sgt terkesan, suara dieselnya bener2 g kedengaran didlm kabin, hening. Di lampu merah, berasa ndut2an. Bukan cuma lampu merah sih, abis ngerem trs mau jalan jg masih berasa ndut2an bbrp kali. Yg agak jd pertimbangan baris ke-3 nya utk anak saya yg tingginya 150an, berasa kyk jongkok duduknya, jarak bangku ke lantainya tll pendek 😓

Stlh itu jalan2 ke bursa mobkas, nemu cx 8 dan cx 9, tp g sempat test jalan, cuma ngebandingin daleman aja, emang keliatan bq nya lbh diatas lg si mazda ini ya om?
Masuk ke baris penunpang g tll tinggi, utk istri dan anak2 saya yg g tinggi2 banget, mirip2 masuk sedan. Stlh itu nyobain baris ke-3 nya, kok kyknya posisi duduknya lbh nyaman dibanding santafe ya? Emang g bisa utk 3 org jg sih, tp posisi bangkunya g serendah santafe.
Atau ada settingan kursinya disantafe yg g sempat nemu saya ya? 🤔
Cx 9 sepertinya yg paling lega, saya keder dengan kebongsorannya 😂
jadi mulai kepincut yg santafe yg diesel (kebetulan g ada unit td jg yg bensinnya), ga berasa bawa diesel krn heningnya (apa krn mobil test driver, atau emang begitu ya om2 pengguna diesel?) sm nyamannya lewatin poldur 😬
Cx8 (dan cx9) jd menggoda jg, tp krn blm sempat jalan jd g tau, senyap dan empuknya segimana. Plus konsumsi bbm nya lumayan ya klo liat midnya 1:6 😬
ndut ndutan karena transmisi dual clutch, emang biasa kalo blom terbiasa rasanya kurang enak :mky_01: makanya bener tuh di belakang ada yg saranin beli pre-facelift saja yang 8 speed. modelnya juga imo lebih manis.

tumben itu mazda bisa enak penumpangnya tp kalo CX-9 memang secara size lebih besar (seukuran palisade). CX-8 basically CX-5 seven seater.

kalo dari dalem kabin emang kedap om, giliran keluar baru tau ini mobil diesel :big_biglaugh: insulation kabinnya kedap itu santafe. dulu saya punya yang lama 2012 aja dari kabin kedap, dari luar baru gemeretak dieselnya kenceng bener.

MID mungkin karena unit showroom om dipanasin doang jadi boros :big_think: CX-8 harusnya cuma slightly lebih boros dikit dari CX-5 yang base nya. buat jarak jauh si pasti lebih economical santafe diesel.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
D70EL97
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 21, 2018 6:45

Re: Advice santa fe

Post by D70EL97 »

vankryie wrote: Wed Jun 26, 2024 4:28 Mau curcol dikit..

Kl udah semingguan pake SF TM FL Diesel terus kangen pake Civic FC, rasanya awal2 kok brasa lemot bener nih sedan pdhal uda pake Peturbo.. :D

Tapi tetep handling tajem Civic .. tp yah gitu penumpang lebih brasa "patah2" kl belok.

begitu juga sebaliknya, uda semingguan pake Civic, terus pake SF, jadi berasa brasa bner engine brakenye krn DCT nya.

Scr overall : dalkot Civic lbh enak, lukot SF TM lbh enak.
irit juga iritan si SF deh, kaget juga bisa kalah si Civic.

terus krn ane uda merasa berumur, kynya pake SF lebih "pas" di bnding Civic.
O, malahan klo berumur ke SF ya om? Bukannya SF dengan tenaga yg gede malah bikin adrenalin meningkat jg ya? 😬
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: Advice santa fe

Post by inobody »

D70EL97 wrote: Wed Jun 26, 2024 7:38
vankryie wrote: Wed Jun 26, 2024 4:28 Mau curcol dikit..

Kl udah semingguan pake SF TM FL Diesel terus kangen pake Civic FC, rasanya awal2 kok brasa lemot bener nih sedan pdhal uda pake Peturbo.. :D

Tapi tetep handling tajem Civic .. tp yah gitu penumpang lebih brasa "patah2" kl belok.

begitu juga sebaliknya, uda semingguan pake Civic, terus pake SF, jadi berasa brasa bner engine brakenye krn DCT nya.

Scr overall : dalkot Civic lbh enak, lukot SF TM lbh enak.
irit juga iritan si SF deh, kaget juga bisa kalah si Civic.

terus krn ane uda merasa berumur, kynya pake SF lebih "pas" di bnding Civic.
O, malahan klo berumur ke SF ya om? Bukannya SF dengan tenaga yg gede malah bikin adrenalin meningkat jg ya? 😬
Iya tp bukan dalam arti kebut2an ya, mksdnya lbh bertenaga aja dan mrasa lbh merasa PD dan superior krn tenaganya.

Fyi sy ada 2 ank, secr prakteknya ga kan tll betah ank2 di baris ketiga bukan krn smpit atau apa.

Unit test drive juga pasti dekil kan interiornya yg coklat, mknya mrasa mazda lbh mewah, tp kl sy bandingin sih krn dl mau ambil antara cx9 n cx6 sedan, msh premiuman santa Fe. Jgn lupa SF FL 2024, HU nya uda lebar dan bluelink. Yg unit test drive pasti msh yg HU kecil.
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: Advice santa fe

Post by inobody »

SF TM FL 23 bensin bisa diskon 70jt tuh , bygin aj kl yg prime ptg diskon, ud mirip am creta harganya :D
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1301
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Advice santa fe

Post by sh00t »

D70EL97 wrote: Wed Jun 26, 2024 7:38
vankryie wrote: Wed Jun 26, 2024 4:28 Mau curcol dikit..

Kl udah semingguan pake SF TM FL Diesel terus kangen pake Civic FC, rasanya awal2 kok brasa lemot bener nih sedan pdhal uda pake Peturbo.. :D

Tapi tetep handling tajem Civic .. tp yah gitu penumpang lebih brasa "patah2" kl belok.

begitu juga sebaliknya, uda semingguan pake Civic, terus pake SF, jadi berasa brasa bner engine brakenye krn DCT nya.

Scr overall : dalkot Civic lbh enak, lukot SF TM lbh enak.
irit juga iritan si SF deh, kaget juga bisa kalah si Civic.

terus krn ane uda merasa berumur, kynya pake SF lebih "pas" di bnding Civic.
O, malahan klo berumur ke SF ya om? Bukannya SF dengan tenaga yg gede malah bikin adrenalin meningkat jg ya? 😬
Torque cuma segini mau ngebut kemana sih om? 🥺
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2833
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Advice santa fe

Post by farizfsa »

sh00t wrote: Wed Jun 26, 2024 9:28
D70EL97 wrote: Wed Jun 26, 2024 7:38
vankryie wrote: Wed Jun 26, 2024 4:28 Mau curcol dikit..

Kl udah semingguan pake SF TM FL Diesel terus kangen pake Civic FC, rasanya awal2 kok brasa lemot bener nih sedan pdhal uda pake Peturbo.. :D

Tapi tetep handling tajem Civic .. tp yah gitu penumpang lebih brasa "patah2" kl belok.

begitu juga sebaliknya, uda semingguan pake Civic, terus pake SF, jadi berasa brasa bner engine brakenye krn DCT nya.

Scr overall : dalkot Civic lbh enak, lukot SF TM lbh enak.
irit juga iritan si SF deh, kaget juga bisa kalah si Civic.

terus krn ane uda merasa berumur, kynya pake SF lebih "pas" di bnding Civic.
O, malahan klo berumur ke SF ya om? Bukannya SF dengan tenaga yg gede malah bikin adrenalin meningkat jg ya? 😬
Torque cuma segini mau ngebut kemana sih om? 🥺
udah di kilik ya om ecu nya apa std an?
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11103
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Advice santa fe

Post by Suryaputra »

sh00t wrote: Wed Jun 26, 2024 9:28
D70EL97 wrote: Wed Jun 26, 2024 7:38
vankryie wrote: Wed Jun 26, 2024 4:28 Mau curcol dikit..

Kl udah semingguan pake SF TM FL Diesel terus kangen pake Civic FC, rasanya awal2 kok brasa lemot bener nih sedan pdhal uda pake Peturbo.. :D

Tapi tetep handling tajem Civic .. tp yah gitu penumpang lebih brasa "patah2" kl belok.

begitu juga sebaliknya, uda semingguan pake Civic, terus pake SF, jadi berasa brasa bner engine brakenye krn DCT nya.

Scr overall : dalkot Civic lbh enak, lukot SF TM lbh enak.
irit juga iritan si SF deh, kaget juga bisa kalah si Civic.

terus krn ane uda merasa berumur, kynya pake SF lebih "pas" di bnding Civic.
O, malahan klo berumur ke SF ya om? Bukannya SF dengan tenaga yg gede malah bikin adrenalin meningkat jg ya? 😬
Torque cuma segini mau ngebut kemana sih om? 🥺
cuma yah :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1301
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Advice santa fe

Post by sh00t »

farizfsa wrote: Wed Jun 26, 2024 9:58
sh00t wrote: Wed Jun 26, 2024 9:28
D70EL97 wrote: Wed Jun 26, 2024 7:38

O, malahan klo berumur ke SF ya om? Bukannya SF dengan tenaga yg gede malah bikin adrenalin meningkat jg ya? 😬
Torque cuma segini mau ngebut kemana sih om? 🥺
udah di kilik ya om ecu nya apa std an?
Standard donk om. Standard is the best. I ❤️ standard.












Standardnya ... 🤭
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1301
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Advice santa fe

Post by sh00t »

farizfsa wrote: Wed Jun 26, 2024 9:58
sh00t wrote: Wed Jun 26, 2024 9:28
D70EL97 wrote: Wed Jun 26, 2024 7:38

O, malahan klo berumur ke SF ya om? Bukannya SF dengan tenaga yg gede malah bikin adrenalin meningkat jg ya? 😬
Torque cuma segini mau ngebut kemana sih om? 🥺
udah di kilik ya om ecu nya apa std an?
Ini kalau standard pabrik om
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
D70EL97
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 21, 2018 6:45

Re: Advice santa fe

Post by D70EL97 »

vankryie wrote: Wed Jun 26, 2024 4:28 Mau curcol dikit..

Kl udah semingguan pake SF TM FL Diesel terus kangen pake Civic FC, rasanya awal2 kok brasa lemot bener nih sedan pdhal uda pake Peturbo.. :D

Tapi tetep handling tajem Civic .. tp yah gitu penumpang lebih brasa "patah2" kl belok.

begitu juga sebaliknya, uda semingguan pake Civic, terus pake SF, jadi berasa brasa bner engine brakenye krn DCT nya.

Scr overall : dalkot Civic lbh enak, lukot SF TM lbh enak.
irit juga iritan si SF deh, kaget juga bisa kalah si Civic.

terus krn ane uda merasa berumur, kynya pake SF lebih "pas" di bnding Civic.
O, malahan klo berumur ke SF ya om? Bukannya SF dengan tenaga yg gede malah bikin adrenalin meningkat jg ya? 😬
[/quote]

Iya tp bukan dalam arti kebut2an ya, mksdnya lbh bertenaga aja dan mrasa lbh merasa PD dan superior krn tenaganya.

Fyi sy ada 2 ank, secr prakteknya ga kan tll betah ank2 di baris ketiga bukan krn smpit atau apa.

Unit test drive juga pasti dekil kan interiornya yg coklat, mknya mrasa mazda lbh mewah, tp kl sy bandingin sih krn dl mau ambil antara cx9 n cx6 sedan, msh premiuman santa Fe. Jgn lupa SF FL 2024, HU nya uda lebar dan bluelink. Yg unit test drive pasti msh yg HU kecil.
[/quote]

Owh, siap om..
Kmrn td santafe yg jok itam sih, ktnya signature skrg yg ckd warna gelap.
Klo liat2 yg grand 2019an warnanya yg agak gelap coklat ya om?
Last edited by D70EL97 on Wed Jun 26, 2024 11:14, edited 1 time in total.
D70EL97
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 21, 2018 6:45

Re: Advice santa fe

Post by D70EL97 »

sh00t wrote: Wed Jun 26, 2024 9:28
D70EL97 wrote: Wed Jun 26, 2024 7:38
vankryie wrote: Wed Jun 26, 2024 4:28 Mau curcol dikit..

Kl udah semingguan pake SF TM FL Diesel terus kangen pake Civic FC, rasanya awal2 kok brasa lemot bener nih sedan pdhal uda pake Peturbo.. :D

Tapi tetep handling tajem Civic .. tp yah gitu penumpang lebih brasa "patah2" kl belok.

begitu juga sebaliknya, uda semingguan pake Civic, terus pake SF, jadi berasa brasa bner engine brakenye krn DCT nya.

Scr overall : dalkot Civic lbh enak, lukot SF TM lbh enak.
irit juga iritan si SF deh, kaget juga bisa kalah si Civic.

terus krn ane uda merasa berumur, kynya pake SF lebih "pas" di bnding Civic.
O, malahan klo berumur ke SF ya om? Bukannya SF dengan tenaga yg gede malah bikin adrenalin meningkat jg ya? 😬
Torque cuma segini mau ngebut kemana sih om? 🥺
Waduuhh…manteb 😂
D70EL97
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 21, 2018 6:45

Re: Advice santa fe

Post by D70EL97 »

inobody wrote: Wed Jun 26, 2024 9:18 SF TM FL 23 bensin bisa diskon 70jt tuh , bygin aj kl yg prime ptg diskon, ud mirip am creta harganya :D
Iya om, sempat ada yg nawarin jg om
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: Advice santa fe

Post by inobody »

D70EL97 wrote: Wed Jun 26, 2024 11:09 Owh, siap om..
Kmrn td santafe yg jok itam sih, ktnya signature skrg yg ckd warna gelap.
Klo liat2 yg grand 2019an warnanya yg agak gelap coklat ya om?
Ohh kynya yang PRIME ya test drivenya.

Grand SF 2019, sejak muncul TM Sign FL 24 jadi kliatan kbanting fiturnya..

kl ga salah yg grand airbag masih 2, lum ada sunshade di baris kedua, lum ada tombol maju mundur di baris pertama yang bisa diakses dari sisi supir,

kl rela kluar 700jt, ambil signature uda ok banget.
kl masih syg2 kluarin 700an, kynya momen2 ini lbih bijak ambil mpv hybrid semacam zenix, atau xpander sgazer skalian kl kapasitas jadi prioritas.

biaya skul anak ama bikin anak hepi gede Pak, lho kok jadi curcol :D
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08

Re: Advice santa fe

Post by masaudie »

inobody wrote: Wed Jun 26, 2024 11:41
D70EL97 wrote: Wed Jun 26, 2024 11:09 Owh, siap om..
Kmrn td santafe yg jok itam sih, ktnya signature skrg yg ckd warna gelap.
Klo liat2 yg grand 2019an warnanya yg agak gelap coklat ya om?
Ohh kynya yang PRIME ya test drivenya.

Grand SF 2019, sejak muncul TM Sign FL 24 jadi kliatan kbanting fiturnya..

kl ga salah yg grand airbag masih 2, lum ada sunshade di baris kedua, lum ada tombol maju mundur di baris pertama yang bisa diakses dari sisi supir,

kl rela kluar 700jt, ambil signature uda ok banget.
kl masih syg2 kluarin 700an, kynya momen2 ini lbih bijak ambil mpv hybrid semacam zenix, atau xpander sgazer skalian kl kapasitas jadi prioritas.

biaya skul anak ama bikin anak hepi gede Pak, lho kok jadi curcol :D
Yg Grand 2019 cuma ada warna hitam om.

Grand airbagnya udh lbh dr 2 (ada curtain sisi kiri kanan, lutut kl gak salah), jok penumpang depan udh elektrik dan bs diatur dari penumpang belakang.

Sebenernya kalo menurut saya kurangnya santa fe itu gak ada yg awd, lebih nikmat buat blusukan. Tp kalopun ada awd harga nya juga bisa hampir 2 kali lipat kali ya hahaha.
faizzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: Advice santa fe

Post by faizzz »

Mesin diesel di Palisade aja bisa lumayan kentjang, apa lagi dipake di Santafe yang lebih compact...
Kalau CX8 kebalikannya, mesin dari mobil compact ditaroh ke mobil yang lebih besar. Di negara tetangga dapet opsi varian CX8 mesin diesel, di kita sayangnya ga ada.
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: Advice santa fe

Post by inobody »

faizzz wrote: Wed Jun 26, 2024 23:55 Mesin diesel di Palisade aja bisa lumayan kentjang, apa lagi dipake di Santafe yang lebih compact...
Kalau CX8 kebalikannya, mesin dari mobil compact ditaroh ke mobil yang lebih besar. Di negara tetangga dapet opsi varian CX8 mesin diesel, di kita sayangnya ga ada.
Kenceng2 serem Pak, lagian skrg rata2 mbl juga lari 140-160an uda pada ga susah2 amat kynya kl uda di tol.

cuman yang ngebedain "rasa aman",filing buat lock speed nya aja yang beda2, ada yang ngeden dl ,ada yang instant, ada yang sensasi manual.
mungkin ramuan kombinasi dari mesin,bantingan, transmisi, sasis am ban itu sehingga "pas" buat masing2 karakter.

ky si byd dan tiggo 8 itu secara spek sadis, tapi ga yakin "racikan" nya itu aman dan nyaman.