New Civic 1.8L and 2.0L

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

kalo prius kaya nya udah ada IU yang masukin ya? koq harganya juga 400jt an? semestinya civic bisa lebih murah donk..... khan yang masukin ATPM
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

piterr wrote:kalo prius kaya nya udah ada IU yang masukin ya? koq harganya juga 400jt an? semestinya civic bisa lebih murah donk..... khan yang masukin ATPM
It's been bugging me too, Mr. Piterr.

Mungkin Civic hybrid = 400 juta on the road, sedangkan Prius sudah kupastikan 400 juta itu masih off the road. Tapi Anda benar, seharusnya Civic hybrid bisa lebih murah lagi, aku pernah hitung2 and came up with around 360 jutaan.

Tapi mungkin saja ini seperti kasus Odyssey ATPM yang malah lebih mahal drpd versi IU, karena ATPM membebankan biaya investasi aftersales pada konsumen, sementara IU tidak (padahal Simprug Mobil kabarnya sedang menyiapkan fasilitas aftersales tsb).

Jika memang benar demikian, maka IU bertindak lebih cerdik dan wise daripada ATPM : pancing dulu sedikit dengan profit tipis, untuk memancing lebih banyak lagi di kemudian hari. Tidak seperti ATPM yang harus untung on paper in advance, baru mau jual.

Really, hari gini aftersales IU seperti Garasindo dan Simprug Mobil juga bisa diandalkan, malah terkadang lebih bisa diandalkan daripada ATPM, karena customer masih dianggap raja. Sebagian ATPM terkadang justru bersikap angkuh pada konsumennya sendiri...
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

sorry OOT: kalo di IU harga spare part nya lebih mahal dari ATPM gak ya? karena kalo dipikir2 khan spare part mereka kebanyaka import semua... gue mau cari box filter untuk honda fit 1.5 nih... soalnya gue punya element filter spoon, gak tahu nya bentuk box nya beda antara JDM ama jazz lokal, hik's
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

He, teman2, katanya mobilnya sudah bisa dilihat di showroom Honda, tapi di ruang belakang dan bukan di showroomnya, karena masih menunggu launching tgl 14 Maret di Ritz Carlton. Harganya 265jt (manual) dan 275jt (matik). Menurut saya sih kurang value for money jika dibandingkan dengan Focus hatchback misalnya.
Everything is ok in the end. If it's not ok, it's not the end.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

observer wrote:He, teman2, katanya mobilnya sudah bisa dilihat di showroom Honda, tapi di ruang belakang dan bukan di showroomnya, karena masih menunggu launching tgl 14 Maret di Ritz Carlton. Harganya 265jt (manual) dan 275jt (matik). Menurut saya sih kurang value for money jika dibandingkan dengan Focus hatchback misalnya.
Nah lho.... Mr. Observer bukannya seharusnya civic sedan dibandingkan dgn focus sedan, kalo dibandingkan dgn focus sedan jelas value for money mengingat civic membawa teknologi paling gres honda. Apalagi kalo dibandingkan dgn altis dan mazda 3 sedan matic yg berkisar di 290-an.
Btw, itu harga otr yg versi 1.8 L ya?
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

Mr. Observer berapa yg versi 2.0 L? apa sekitar 330 juta spt yg u posting dulu? kalo ya mahal sekali ya, mending ambil accord sekalian kalo harga segitu, yg jelas2 tampang accord lebih gagah dan roomy.
Oh ya, katanya built quality new civic ini gak sebagus built quality accord lho, nurut berita dan review otomotif di net.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Herry wrote: Oh ya, katanya built quality new civic ini gak sebagus built quality accord lho, nurut berita dan review otomotif di net.
Pasti berita dan review2 versi USA kan, ya, Mr. Herry..?

Build quality pabrik di Japan/Asia belum tentu harus identik sama dengan pabrik di USA, lho. Malah biasanya versi USA build quality-nya lebih rendah karena harus mengejar harga jual lebih rendah dan volume lebih besar.

Biasanya build quality terbaik dibuat untuk pasar Eropa dan Jepang yang sangat kritis dan memperhatikan quality.
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

Horeee saya tadi udah test drive New Civic..... kesan kesan
interior:
bener bener memanjakan pengemudi, siip banget interior dalemnya... speedometer digital sangat mudah dilihat karena berapa tepat di depan pengemudi dekat kaca depan. setir agak oval dengan diameter cukup kecil, even smaller than jazz. grip sangat pas di tangan. power steering moderate-non electric. pernik pernik sangat khas honda, yang jago banget bikin gimmick interior, cupholder contohnya, ditaruh di konsol tengeh dan bisa disembunyikan di pinggir konsol, dan berubah menjadi konsol universal, sangat praktis.
exterior:
bodi lumayan bongsor, bentuk depan cakep. kalo ini sih selera ya, cuma kalo dikasih aerokit cakep banet nih
mesin:
1.8ltr matic LGC, mesin lumayan impresif, cuma yang agak mengganggu saat mode paddle shift (mode S, langsung pakai mode paddle shift dengan menekan paddle (+) atau (-)), yakni jarak antar gear nya terlalu renggang. dari RP 5800 an pindah gigi manual dari gigi 2 ke 3, RPM ngedrop ke 3400 an, ini cukup mengganggu buat saya, karena mesin langsung gak narik lagi (hik's). mode paddle shift nya gak ada posisi gigi seperti di jazz, mungkin karena cuma 4 or 5 speed CMIIW, tarikan overall cukup responsif.
driving impresion:
menurut saya naik civic baru ini.. 'sangat civic' driving nya hehehe gak beda jauh ama civic yang lama, mesin baru dan kesan di dalam saja yang banyak mempengaruhi keasyikan berkendara mobil ini.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

conan wrote:
Herry wrote: Oh ya, katanya built quality new civic ini gak sebagus built quality accord lho, nurut berita dan review otomotif di net.
Pasti berita dan review2 versi USA kan, ya, Mr. Herry..?

Build quality pabrik di Japan/Asia belum tentu harus identik sama dengan pabrik di USA, lho. Malah biasanya versi USA build quality-nya lebih rendah karena harus mengejar harga jual lebih rendah dan volume lebih besar.

Biasanya build quality terbaik dibuat untuk pasar Eropa dan Jepang yang sangat kritis dan memperhatikan quality.
Yup, emang review dari amrik sana. Hope di asia kita dapat civic yg berkualitas. Sebagai bahan perbandingan bisa diliat foto2 civic terbaru yg diambil di salah satu dealer di amrik.

http://www.collegehillshonda.com/civics ... s/06civic/


Dari foto2 diatas keliatan jelas kualitas interior civic yg keliatan biasa2 aja, IMO.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

Guys, gimana nurut kalian kalo new civic dibanding facelift 2006 mazda 3, keren mana?
Gimana penilaian kalian kalo liat exterior, interior dan performance keduanya?... sama kerennya... :e-clap:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

Berikut ini interior new mazda 3, kualitas buatannya berkelas. Ditambah fasilitas navigasi dan DVD/TV display... kereeeen :e-clap:
Kalo new civic mungkin yg keren di speedometernya.

I love this car 8)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Herry on Sat Mar 11, 2006 9:03, edited 1 time in total.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Ada koreksi, harganya adalah 268 jt (MT), 278 jt (AT), dan 330jutaan untuk 2.000cc AT.
Saya bandingkan dengan Focus hatchback, karena bagi saya hanya orang bodoh baru beli Focus sedan.
Memang mutu bahannya cukup baik, hampir mendekati Accord.
Tapi herannya ruang kaki belakang tidak lebih baik dari Yaris. :)
Everything is ok in the end. If it's not ok, it's not the end.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

observer wrote:Ada koreksi, harganya adalah 268 jt (MT), 278 jt (AT), dan 330jutaan untuk 2.000cc AT.
Buset beneran 330 jt neh? sama dgn accord vti neh... gak tanggung2 kasih harganya.... Bagi gue harga diatas 300 jt bagi sedan sekelas civic udah sangat terlalu mahal, mending ambil accord sekalian.
observer wrote: Saya bandingkan dengan Focus hatchback, karena bagi saya hanya orang bodoh baru beli Focus sedan.
Memang napa Mr. Observer? focus sedan kan gak jelek2 amat, apalagi dibanding civic lama, lancer atau sentra. Selera eropa tuh. Emang kalo dibanding hatchbacknya jelas kalah jauh value for money-nya. Btw bukannya focus HB udah naik lagi harganya kan?
observer wrote: Memang mutu bahannya cukup baik, hampir mendekati Accord.
Tapi herannya ruang kaki belakang tidak lebih baik dari Yaris. :)
Wah masih mending beli yaris dong Mr. Observer hehehe....
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

cuma yang agak mengganggu saat mode paddle shift (mode S, langsung pakai mode paddle shift dengan menekan paddle (+) atau (-)),
Aneh sekali apa kata Anda, Mr. Piterr. Paddle shift? Hmm, Anda tahu artinya atau tidak, ya? Paddle-shifter itu berupa tuas di belakang setir, dan bukan ditekan seperti tombol. Biasanya digunakan pada mobil2 sport dengan transmisi sequential-manual (BMW's SMG, Ferrari's F1).
Setahu aku, new Civic sama sekali tidak ada paddle-shift.

Mungkin yang Anda maksud, tombol pemindah gigi pada stir? Itu sama sekali bukan paddle-shifter namanya.
mode paddle shift nya gak ada posisi gigi seperti di jazz, mungkin karena cuma 4 or 5 speed CMIIW, tarikan overall cukup responsif.
Keliru, Mr. Piterr. Anda sangka Jazz i-Dsi punya '7 speed'? Jazz iDsi itu pakai CVT (Honda menyebutnya Steermatic) yang hanya punya satu gigi alias tanpa gigi. Transmisi automatic new Civic lebih maju daripada milik Jazz. Ada sebabnya kenapa Honda tidak memasang saja transmisi Jazz pada Civic, see my point?
Herry wrote:Dari foto2 diatas keliatan jelas kualitas interior civic yg keliatan biasa2 aja, IMO.
Mr. Herry, maaf, tapi bagaimana caranya kita bisa menentukan kualitas material interior hanya dari foto, dan bukan dengan menyentuhnya?
It beats me.

Sebagai contoh, interior model2 Audi terlihat biasa2 saja kalau hanya dari foto, tapi kalau kita masuk ke dalamnya, menyentuhnya dsb (merasakannya), akan terasa sekali bahwa kualitasnya sangat tinggi, bahkan terbaik dari mobil2 Jerman.
Sebaliknya, misalnya interior Yaris yang dari foto terlihat stylish, setelah aku menyentuhnya, sangat kecewa karena plastik yang digunakan sangat keras dan bermutu rendah.

Anyhow, menurutku untuk bisa menilai kualitas interior sebuah mobil, tidak bisa hanya dari foto2, terlalu premature, tapi harus merasakannya sendiri in person. Apakah material dashboard yang digunakan adalah soft-touch plastic atau plastik keras, etc etc..
Just my two cents.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

observer wrote: Tapi herannya ruang kaki belakang tidak lebih baik dari Yaris. :)
Sebenarnya tidak ada yang mengherankan, karena supermini memang dirancang untuk kelegaan interior dan tidak ada trunk.

Sedan dan supermini memiliki konsep kegunaan yang berbeda.

Kalau hanya membandingkan kelegaan interior, semua orang akan beli Mercedes B-Class dan bukan C-class, misalnya.
handa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Thu Jun 10, 2004 3:52
Location: Jakarta

Post by handa »

Diliat2 interior Mazda 3 sangat mirip dengan interior NEW Escudo nanti......
Yeah yeah yeah ! ! !
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Menurut saya harga Rp 268juta dan Rp278juta cukup kompetitif. Bahkan sangat mengejutkan, tadinya saya kira sekitar Rp 280jutaan buat manualnya.....

Saya juga setuju sama mr. conan, bagaimana bisa menilai kualitas interior tanpa menyentuhnya?

Tanpa menyentuh dan hanya melihat dari foto itu sangat meragukan.... apalagi tanpa mengetuk plastiknya (murahan atau tidak)....
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

conan wrote: Sebaliknya, misalnya interior Yaris yang dari foto terlihat stylish, setelah aku menyentuhnya, sangat kecewa karena plastik yang digunakan sangat keras dan bermutu rendah.
Saya ketuk plastiknya waktu liat di pameran juga sempat kecewa juga sih pak conan.....

abis saya liat bagus di majalah, tapi saya rasakan sendiri kok kayanya agak murahan ya? Yg saya lihat waktu itu show unit tipe E, guidenya bilang Tipe S lebih bagus.... Jazz dan Swift masih lebih bagus.....

Saya lihat Vitz juga hampir sama dengan Yaris kok interiornya....
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

@Conan, WP, kalian benar tanpa melihat, memegang dan meraba langsung emang susah menilai kualitas material. Maksud gue di post sblmnya ngeliat foto yg diambil orang amatiran kog gak sebagus yg diiklankan gitu.
Lagian benar Mr. Conan bilang, kualitas mobil di amrik ternyata emang gak sebagus, buatan Jepang/Asia (Taiwan misalnya), teman gue yg tinggal diamrik udah pernah membandingkan langsung kecuali yg merk2 brand premium dan merk2 amrik macam GM yg bener2 kualitasnya standar di seluruh dunia.

Untuk kualitas Asia sebenarnya juga ada beberapa tingkat kualitas dan material neh, Misalnya kualitas material vios di Thailand berbeda dgn kualitas material vios di Taiwan. Contoh lain kijang kapsul paling mewah (kualitas paling bagus) di indo tetap tidak sebagus kualitas zace (nama lain kijang) di taiwan.

Gue coba tunggu launching new civic di Taiwan untuk melihat langsung kualitasnya, biasanya seh kualitas buatan Taiwan lebih mendekati kualitas buatan Jepang dibanding buatan negara asean lainnya.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

WP wrote:Menurut saya harga Rp 268juta dan Rp278juta cukup kompetitif. Bahkan sangat mengejutkan, tadinya saya kira sekitar Rp 280jutaan buat manualnya.....
Yup untuk harga 1.8 L new civic jelas value for money, tapi untuk harga 2.0 L yg dipatok seharga 330 jt jelas itu gila namanya.... masa beda harga sampai 52 juta lebih?
Btw teman2 mungkin ada yg tau kelebihan apa yg ditawarkan new civic 2.0 L dibanding 1.8 L? Gue pernah baca di autobild katanya new civic di Indonesia hanya akan ditawarkan 1 tingkat kemewahan, artinya kemewahan 1.8 L dan 2.0 L tidak akan beda jauh, cmiiw.
Kalo 2.0 ditawarkan sekitar 300-an mungkin masih masuk akal.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Herry wrote:
WP wrote:Menurut saya harga Rp 268juta dan Rp278juta cukup kompetitif. Bahkan sangat mengejutkan, tadinya saya kira sekitar Rp 280jutaan buat manualnya.....
Yup untuk harga 1.8 L new civic jelas value for money, tapi untuk harga 2.0 L yg dipatok seharga 330 jt jelas itu gila namanya.... masa beda harga sampai 52 juta lebih?
Btw teman2 mungkin ada yg tau kelebihan apa yg ditawarkan new civic 2.0 L dibanding 1.8 L? Gue pernah baca di autobild katanya new civic di Indonesia hanya akan ditawarkan 1 tingkat kemewahan, artinya kemewahan 1.8 L dan 2.0 L tidak akan beda jauh, cmiiw.
Kalo 2.0 ditawarkan sekitar 300-an mungkin masih masuk akal.
Setuju dengan Mr. WP, menurutku harga new Civic ini justru surprisingly cheap! Bandingkan dengan Altis G A/T yang Rp 290 jutaan, padahal modelnya jauh lebih kuno.

Setuju juga dengan Mr. Herry, versi 2.0L sedikit kemahalan.
Cmiiw, mesin 2.0L ini bukan mesin terbaru seperti yang mesin 1.8L. Horsepower tidak berbeda jauh, 155 HP to 140 HP.
Tapi torsi memang cukup lebih besar dan ini akan sangat terasa dalam everyday use.

Civic 2.0L generasi sebelumnya disebut2 sebagai 'Civic Type-S' karena performance-nya memuaskan. Yang jelas, Civic 2.0L dgn 155 HP jauh lebih lincah dan gesit daripada Accord 2.4L yang horsepower-nya hanya 160 HP sementara bobotnya jauh lebih berat daripada Civic.

Civic 2.0L ini memang bukan ditujukan untuk menjadi volume-seller, tapi sebagai flagship Civic bagi penggemar performa/kecepatan. Seperti Odyssey versi Absolute atau Accord V6 dulu. See the point..? :)
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

conan wrote:
cuma yang agak mengganggu saat mode paddle shift (mode S, langsung pakai mode paddle shift dengan menekan paddle (+) atau (-)),
Aneh sekali apa kata Anda, Mr. Piterr. Paddle shift? Hmm, Anda tahu artinya atau tidak, ya? Paddle-shifter itu berupa tuas di belakang setir, dan bukan ditekan seperti tombol. Biasanya digunakan pada mobil2 sport dengan transmisi sequential-manual (BMW's SMG, Ferrari's F1).
Setahu aku, new Civic sama sekali tidak ada paddle-shift.
Teman2, Civic 1.8 AT yang kulihat adalah paddle shift, berupa tuas di belakang setir, seperti yang ada di Audi A4 2.0 TFSI.
Everything is ok in the end. If it's not ok, it's not the end.
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Herry wrote:
WP wrote:Menurut saya harga Rp 268juta dan Rp278juta cukup kompetitif. Bahkan sangat mengejutkan, tadinya saya kira sekitar Rp 280jutaan buat manualnya.....
Yup untuk harga 1.8 L new civic jelas value for money
Saya masih bingung dengan kalian.... kok Civic harga segitu bisa excited banget, sedangkan Focus 2.0 hatchback 248juta sama sekali ngak di consider gitu. Padahal menurut saya mutunya Focus ngak kalah bahkan lebih unggul loh sama Civic
Everything is ok in the end. If it's not ok, it's not the end.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

observer wrote:
conan wrote:
cuma yang agak mengganggu saat mode paddle shift (mode S, langsung pakai mode paddle shift dengan menekan paddle (+) atau (-)),
Aneh sekali apa kata Anda, Mr. Piterr. Paddle shift? Hmm, Anda tahu artinya atau tidak, ya? Paddle-shifter itu berupa tuas di belakang setir, dan bukan ditekan seperti tombol. Biasanya digunakan pada mobil2 sport dengan transmisi sequential-manual (BMW's SMG, Ferrari's F1).
Setahu aku, new Civic sama sekali tidak ada paddle-shift.
Teman2, Civic 1.8 AT yang kulihat adalah paddle shift, berupa tuas di belakang setir, seperti yang ada di Audi A4 2.0 TFSI.
Kalau begitu, aku yang salah. Maaf Mr. Piterr, my bad. :wink:
Tapi kalau begitu, sepertinya transmisi Automatic pada new Civic ini bukan automatic biasa tapi mungkin adalah sequential manual milik Honda yang dinamakan i-Shift, seperti yang terdapat pada new Civic Euro.

Kalau benar begitu, new Civic ini sangat irit bahan bakar (karena sequential manual tidak ada torque converter yang menyerap tenaga besar, penyebab matic lebih boros), dan sangat performance-oriented (sangat responsif seperti manual biasa, dan tidak ada jeda seperti matic).
Walaupun bagi yang tidak terbiasa menggunakannya, perpindahan gigi tidak semulus matic biasa. Pada sequential manual, sebelum memindahkan gigi sebaiknya pedal gas diangkat sedikit seperti halnya pada manual biasa. Kecuali sudah dilengkapi 'throttle blip' yang bisa secara otomatis menaikkan RPM pada up-[cencored].

Tapi, mungkin juga hanya transmisi matic biasa yang perpindahannya menggunakan paddle-shifter supaya terlihat keren, seperti pada new Jaguar XK8 (transmisi 6-speed automatic dari ZF dikombinasikan dengan paddle-shifters).
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

conan wrote:
cuma yang agak mengganggu saat mode paddle shift (mode S, langsung pakai mode paddle shift dengan menekan paddle (+) atau (-)),
Aneh sekali apa kata Anda, Mr. Piterr. Paddle shift? Hmm, Anda tahu artinya atau tidak, ya? Paddle-shifter itu berupa tuas di belakang setir, dan bukan ditekan seperti tombol. Biasanya digunakan pada mobil2 sport dengan transmisi sequential-manual (BMW's SMG, Ferrari's F1).
Setahu aku, new Civic sama sekali tidak ada paddle-shift.

Mungkin yang Anda maksud, tombol pemindah gigi pada stir? Itu sama sekali bukan paddle-shifter namanya.
mode paddle shift nya gak ada posisi gigi seperti di jazz, mungkin karena cuma 4 or 5 speed CMIIW, tarikan overall cukup responsif.
Keliru, Mr. Piterr. Anda sangka Jazz i-Dsi punya '7 speed'? Jazz iDsi itu pakai CVT (Honda menyebutnya Steermatic) yang hanya punya satu gigi alias tanpa gigi. Transmisi automatic new Civic lebih maju daripada milik Jazz. Ada sebabnya kenapa Honda tidak memasang saja transmisi Jazz pada Civic, see my point?
Herry wrote:Dari foto2 diatas keliatan jelas kualitas interior civic yg keliatan biasa2 aja, IMO.
Tolong jangan bilang saya aneh sebelum anda masuk ke kabin new civic, karena sangant jelas tertulis disitu S-PADDLE SHIFT, yang artinya jika kita di mode S, maka dapat mengoperasikan manual via paddle shift di belakang setir. paddle shift ini bukan tuas seperti di BMW atau mobil sport lainnya, karena lebih mirip tombol yang diletakkan di balik setir dari pada tuas penggungkit. jarak mainnya sedikit sekali, dan yang ditekan bukan plastik yang menonjol dibalik setir, namun musti ditekan dibawahnya. di tuas transmisi civic hanya terdapat P-R-N-D-S (paddle shift) - mungkin bung canon perlu mengoreksi tukang insinyurnya honda jika persepsi anda tentang paddle shift berbeda dengan mereka :lol:

mengenai Jazz, saya tahu bahwa 7 speed hanya merupakan virtual gear yang mengindikasikan rasio driving dan driven pulley tertentu, namun justru inilah yang menurut saya kemajuan teknologi, istilah gear tidak melulu hanya berpaku pada harafiah gigi gerigi yang fixed. Transmisi new Civic 1.8 belum tentu lebih canggih dari CVT nya jazz, karena masih menggunakan jenis GLC seperti CRV atau Accord, cuma ditambahkan paddle shift saja, seperti pada Honda Fit edisi Amerika, non CVT dan ber paddle shift, kata salesnya sih yang bermesin 2.0 memakai CVT, tapi kalo saya prediksi mereka menggunakan i-Shift CMIIW... ini baru nota bene jauh lebih canggih dari CVT nya Jazz....... itu mungkin sebabnya mengapa Honda gak pasang CVT nya Jazz di new civic 1.8 berkode mesin R18A ini. FYI yang mengejutkan mereka meng install ECU civic terbaru ini di ruang mesin, dengan posisi tepat disebelah accu... kenapa ya?
Last edited by piterr on Mon Mar 13, 2006 8:54, edited 1 time in total.