Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Tue Oct 25, 2016 11:27
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
oya om/suhu yg sebelumnya piara 1nz+4at, mau tanya kalo kons bbm (Shell Super/Pertamax) untuk dalkot Jakbar (avg speed 21 km/h) normalnya di berapaan ya, kalo di mid dapatnya 10,7 km/l, kok kurang irit yaa wkwkwk padahal ngegasnya udah pake diurut halus, kemarin tune up ringan udah lihat busi bersih dan intake sudah bersih, kira2 apa lagi yg bisa dioptimalkan supaya target dalkot rute yg sama jadi kisaran 12-13 km/L, pakein Hotshot GE buat purging yg dicampur sm ke tangki bensin mungkin lebih aman daripada pake cairan purging takutnya seal2nya pada kalah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1684
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
coba full to full om, kayanya segitu wajar sih kalo 1nz matik, kalo saya manual gampang 12.5 - 13 kpl, luar kota 15 - 16 kpl. ganti atf yg oke coba om, supaya lebih responsifilhamr wrote: Fri Jul 25, 2025 1:38 oya om/suhu yg sebelumnya piara 1nz+4at, mau tanya kalo kons bbm (Shell Super/Pertamax) untuk dalkot Jakbar (avg speed 21 km/h) normalnya di berapaan ya, kalo di mid dapatnya 10,7 km/l, kok kurang irit yaa wkwkwk padahal ngegasnya udah pake diurut halus, kemarin tune up ringan udah lihat busi bersih dan intake sudah bersih, kira2 apa lagi yg bisa dioptimalkan supaya target dalkot rute yg sama jadi kisaran 12-13 km/L, pakein Hotshot GE buat purging yg dicampur sm ke tangki bensin mungkin lebih aman daripada pake cairan purging takutnya seal2nya pada kalah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1149
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
kelihatannya segitu wajar sih om, saya dulu yg manual aja di dalkot Bandung sering di range 1:9-10 anilhamr wrote: Fri Jul 25, 2025 1:38 oya om/suhu yg sebelumnya piara 1nz+4at, mau tanya kalo kons bbm (Shell Super/Pertamax) untuk dalkot Jakbar (avg speed 21 km/h) normalnya di berapaan ya, kalo di mid dapatnya 10,7 km/l, kok kurang irit yaa wkwkwk padahal ngegasnya udah pake diurut halus, kemarin tune up ringan udah lihat busi bersih dan intake sudah bersih, kira2 apa lagi yg bisa dioptimalkan supaya target dalkot rute yg sama jadi kisaran 12-13 km/L, pakein Hotshot GE buat purging yg dicampur sm ke tangki bensin mungkin lebih aman daripada pake cairan purging takutnya seal2nya pada kalah

setuju dengan mbah T105erd bisa coba kuras ATF supaya lebih responsif, sama bensin yg bagusan juga cukup ngaruh. untuk oli mesinnya pakai apa om? bisa coba juga pakai yg 5W-30 dan jangan lupa tekanan angin dijaga.
Sambil coba MIDnya di tampilan instan fuel consumption, dari situ coba pelajari aja om cara akselerasi yg pas dengan fuel consumption paling dikit. terkadang gas urut halus itu malah lebih boros daripada akselerasi biasa tapi udahnya jaga putaran mesin di kurva torsi tertinggi
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12975
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
nambahin selain rekomen dgn suhu2 di atas.ilhamr wrote: Fri Jul 25, 2025 1:38 oya om/suhu yg sebelumnya piara 1nz+4at, mau tanya kalo kons bbm (Shell Super/Pertamax) untuk dalkot Jakbar (avg speed 21 km/h) normalnya di berapaan ya, kalo di mid dapatnya 10,7 km/l, kok kurang irit yaa wkwkwk padahal ngegasnya udah pake diurut halus, kemarin tune up ringan udah lihat busi bersih dan intake sudah bersih, kira2 apa lagi yg bisa dioptimalkan supaya target dalkot rute yg sama jadi kisaran 12-13 km/L, pakein Hotshot GE buat purging yg dicampur sm ke tangki bensin mungkin lebih aman daripada pake cairan purging takutnya seal2nya pada kalah
tekanan ban nya dibuat minimal 35 psi.
selain lbh aman, minimize resiko benjol, dan juga lbh gelinding.
apalagi klo bannya turanza, yg gripnya di atas Eco.
hambatan gulirnya lbh tinggi.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27672
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
di kita orang seh mirip koq , sgitu jg dapetnyailhamr wrote: Fri Jul 25, 2025 1:38 oya om/suhu yg sebelumnya piara 1nz+4at, mau tanya kalo kons bbm (Shell Super/Pertamax) untuk dalkot Jakbar (avg speed 21 km/h) normalnya di berapaan ya, kalo di mid dapatnya 10,7 km/l, kok kurang irit yaa wkwkwk padahal ngegasnya udah pake diurut halus, kemarin tune up ringan udah lihat busi bersih dan intake sudah bersih, kira2 apa lagi yg bisa dioptimalkan supaya target dalkot rute yg sama jadi kisaran 12-13 km/L, pakein Hotshot GE buat purging yg dicampur sm ke tangki bensin mungkin lebih aman daripada pake cairan purging takutnya seal2nya pada kalah
ini mesin emg bukan irit2 banget koq , tp buat tarik2an
yg penting oli 5-30, rajin ganti, ama busi wajip cek gap, kl ud 1 mili apalagi lebih, buang, ganti yg std 0.8 mili , drpd shell super (apalagi pertamak), mending naekin sikit ke vpower nitro, beda bumi langit rasa jambakan nya
numpang lewat aja....


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Tue Oct 25, 2016 11:27
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
Oke om, dalam waktu dekat ganti atf jadi prioritas walaupun di stick masih lumayan bening, soalnya kadang agak ada nyendul pas pergantian gigi kalo ngegasnya nanggung di low speed, bukan pas start awal nyendulnyat105erd wrote: Fri Jul 25, 2025 2:22 coba full to full om, kayanya segitu wajar sih kalo 1nz matik, kalo saya manual gampang 12.5 - 13 kpl, luar kota 15 - 16 kpl. ganti atf yg oke coba om, supaya lebih responsif
Untuk atf ws, selain bawaan toyota ada rekomendasi brand oli yg value for moneynya bagus om?
Untuk kuras atf yg pake mesin itu ya om? Apa bener ya klw km dah tinggi tidak direkomendasikan?, dan kuras pake mesin bisa berpotensi nyumbat bodyvalve dan jadinya jeduk, kalo pake cara ganti dari oil pan tapi dibuat short usage (per 15rb/20rb ganti, dalam 2 atau 3x siklus) bisa menyamain kualitas bersih² pake jet clean kah?azu wrote: Fri Jul 25, 2025 4:21 kelihatannya segitu wajar sih om, saya dulu yg manual aja di dalkot Bandung sering di range 1:9-10 an![]()
setuju dengan mbah T105erd bisa coba kuras ATF supaya lebih responsif, sama bensin yg bagusan juga cukup ngaruh. untuk oli mesinnya pakai apa om? bisa coba juga pakai yg 5W-30 dan jangan lupa tekanan angin dijaga.
Sambil coba MIDnya di tampilan instan fuel consumption, dari situ coba pelajari aja om cara akselerasi yg pas dengan fuel consumption paling dikit. terkadang gas urut halus itu malah lebih boros daripada akselerasi biasa tapi udahnya jaga putaran mesin di kurva torsi tertinggi
Untuk oli mesin masih bening tapi sudah masuk wishlist ganti juga om
Oke om, ini langsung ane terapin, angin rata di 38psi, ane kira ban agak kempes tapi ternyata ban eco²an angin 35 pun masih kelihatan spt kurang anginSuryaputra wrote: Fri Jul 25, 2025 4:26 nambahin selain rekomen dgn suhu2 di atas.
tekanan ban nya dibuat minimal 35 psi.
selain lbh aman, minimize resiko benjol, dan juga lbh gelinding.
apalagi klo bannya turanza, yg gripnya di atas Eco.
hambatan gulirnya lbh tinggi.
Untuk busi lungsuran dari ex owner pake bosch super 4, kondisinya masih bagus ga kotor dan basah, waduh elit bener seekor vios pake vpowerDOHC wrote: Fri Jul 25, 2025 10:01 di kita orang seh mirip koq , sgitu jg dapetnya
ini mesin emg bukan irit2 banget koq , tp buat tarik2an
yg penting oli 5-30, rajin ganti, ama busi wajip cek gap, kl ud 1 mili apalagi lebih, buang, ganti yg std 0.8 mili , drpd shell super (apalagi pertamak), mending naekin sikit ke vpower nitro, beda bumi langit rasa jambakan nya

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1149
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Mohon masukan Altis G AT 2008 vs Vios G AT 2011
ATF kalau saran saya sih sekalian ganti strainer/filter yg di dalam transmisi aja om, jadi buka oil pan/karternya. itu harusnya bisa 70-80% ATF keluar.ilhamr wrote: Tue Jul 29, 2025 15:56Oke om, dalam waktu dekat ganti atf jadi prioritas walaupun di stick masih lumayan bening, soalnya kadang agak ada nyendul pas pergantian gigi kalo ngegasnya nanggung di low speed, bukan pas start awal nyendulnyat105erd wrote: Fri Jul 25, 2025 2:22 coba full to full om, kayanya segitu wajar sih kalo 1nz matik, kalo saya manual gampang 12.5 - 13 kpl, luar kota 15 - 16 kpl. ganti atf yg oke coba om, supaya lebih responsif
Untuk atf ws, selain bawaan toyota ada rekomendasi brand oli yg value for moneynya bagus om?
Untuk kuras atf yg pake mesin itu ya om? Apa bener ya klw km dah tinggi tidak direkomendasikan?, dan kuras pake mesin bisa berpotensi nyumbat bodyvalve dan jadinya jeduk, kalo pake cara ganti dari oil pan tapi dibuat short usage (per 15rb/20rb ganti, dalam 2 atau 3x siklus) bisa menyamain kualitas bersih² pake jet clean kah?azu wrote: Fri Jul 25, 2025 4:21 kelihatannya segitu wajar sih om, saya dulu yg manual aja di dalkot Bandung sering di range 1:9-10 an![]()
setuju dengan mbah T105erd bisa coba kuras ATF supaya lebih responsif, sama bensin yg bagusan juga cukup ngaruh. untuk oli mesinnya pakai apa om? bisa coba juga pakai yg 5W-30 dan jangan lupa tekanan angin dijaga.
Sambil coba MIDnya di tampilan instan fuel consumption, dari situ coba pelajari aja om cara akselerasi yg pas dengan fuel consumption paling dikit. terkadang gas urut halus itu malah lebih boros daripada akselerasi biasa tapi udahnya jaga putaran mesin di kurva torsi tertinggi
Untuk oli mesin masih bening tapi sudah masuk wishlist ganti juga om
Oke om, ini langsung ane terapin, angin rata di 38psi, ane kira ban agak kempes tapi ternyata ban eco²an angin 35 pun masih kelihatan spt kurang anginSuryaputra wrote: Fri Jul 25, 2025 4:26 nambahin selain rekomen dgn suhu2 di atas.
tekanan ban nya dibuat minimal 35 psi.
selain lbh aman, minimize resiko benjol, dan juga lbh gelinding.
apalagi klo bannya turanza, yg gripnya di atas Eco.
hambatan gulirnya lbh tinggi.
Untuk busi lungsuran dari ex owner pake bosch super 4, kondisinya masih bagus ga kotor dan basah, waduh elit bener seekor vios pake vpowerDOHC wrote: Fri Jul 25, 2025 10:01 di kita orang seh mirip koq , sgitu jg dapetnya
ini mesin emg bukan irit2 banget koq , tp buat tarik2an
yg penting oli 5-30, rajin ganti, ama busi wajip cek gap, kl ud 1 mili apalagi lebih, buang, ganti yg std 0.8 mili , drpd shell super (apalagi pertamak), mending naekin sikit ke vpower nitro, beda bumi langit rasa jambakan nyauntuk oli 5w-30 next list untuk belanja, kondisi sejak pake superground dan lightweight pulley nginjek gas dari diem perlu di diurut tipis² kalo injekan normal berasa kaya nyendul ngagetin
kalau ATF rekomendasi tunggu yg lain aja deh kebetulan ga punya mobil yg pakai ATF WS

tapi by Spec ATF WS ini cukup encer sih dengan V100 di 5,5 cst
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.