EV's Safety? - Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4470
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by kunaskun »

ilhami wrote: Fri Dec 05, 2025 12:01 Dapet info di FB grup nya zenix, sepertinya ya memang begitu logic nya. Zenix hybrid ngga bisa diam di posisi N, karena baterai akan terkuras dan mesin bisa mati sama sekali. Aktifkan saja mode auto hold nya, atau ke P sekalian. Itu batasan mekanik dari sistem hybrid toyota.


kalau inverter zenix cepat rusak, belum pernah dengar keluhan di FB grup tersebut.
kalau ada waktu bisa ni baca penjelasannya how HSD gen 5 works in Neutral position:
https://priuschat.com/threads/neutral-g ... in.244646/
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3163
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Audi A4 [B9] 45 TFSI Quattro

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by KielConstantine »

b0ku wrote: Thu Dec 04, 2025 9:52 jinik gearbox kuat tapi ada komponen suka jebol mirip2x kek belt CVT namanya inverter kalo rusak gantinya 40jt juga sama aja boong :big_dunno:
Udah udah

Klo mau cari mobilnya speknya gini aja :

• Engine Pure ICE (Gasoline / Diesel)
• Setir Hydraulic PS
• Transmisi manual / matic TC konvensional
• Cari spek chasis strength terbaik dari lahir
• Rem tangan / kaki pake otot manual
• Buka tutup pintu full manual include rear trunk
• Stater mobil metode colok konci kontak + puter ignition
• Headlights konvensional ga usah LED2an ga usah automatic2 kan
• NO ADAS / Radar / Cruise control whatsoever
• AC Single Zone . Ga perlu banyak zone2 ga jelas :big_smoking:
• Head unit Single din. No parking sensor no parking camera
• No sunroof / moonroof dan roof2 ga guna laennya
• No auto wiper
• No auto dimming mirror
• No auto start/stop engine bűllśhit
• SRS airbag minimal 6 titik
• Rem system minimal 2 pot depan, blakang pake disc brake

Klo ada kurang tambahin sendiri …


Ada kg tuh kira2 spek mobil kek gitu :upss:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: Fri Dec 05, 2025 19:14
b0ku wrote: Thu Dec 04, 2025 9:52 jinik gearbox kuat tapi ada komponen suka jebol mirip2x kek belt CVT namanya inverter kalo rusak gantinya 40jt juga sama aja boong :big_dunno:
Udah udah

Klo mau cari mobilnya speknya gini aja :

• Engine Pure ICE (Gasoline / Diesel)
• Setir Hydraulic PS
• Transmisi manual / matic TC konvensional
• Cari spek chasis strength terbaik dari lahir
• Rem tangan / kaki pake otot manual
• Buka tutup pintu full manual include rear trunk
• Stater mobil metode colok konci kontak + puter ignition
• Headlights konvensional ga usah LED2an ga usah automatic2 kan
• NO ADAS / Radar / Cruise control whatsoever
• AC Single Zone . Ga perlu banyak zone2 ga jelas :big_smoking:
• Head unit Single din. No parking sensor no parking camera
• No sunroof / moonroof dan roof2 ga guna laennya
• No auto wiper
• No auto dimming mirror
• No auto start/stop engine bűllśhit
• SRS airbag minimal 6 titik
• Rem system minimal 2 pot depan, blakang pake disc brake

Klo ada kurang tambahin sendiri …


Ada kg tuh kira2 spek mobil kek gitu :upss:
• Engine Pure ICE (Gasoline / Diesel)

biar gak ada drama batre jebol terus mahal atau modul2x aneh yang laen :big_bored:

• Setir Hydraulic PS

EPS selama responsenya kayak GE8 si gak masalah :big_bored:

• Transmisi manual / matic TC konvensional

iya geared jaminan kuat sih minimal transmisinya sendiri bisa awet kalo ganti lendir lah cvt kita rajin rawat kalo bawanya kek setan juga lama2x rontok :big_bored:

• Cari spek chasis strength terbaik dari lahir

yoi donk harus minimal RIGID dulu kaki2x kuat buat hajar lobang di besinya bukan bushingnya percuma busingnya kuat tapi besinya amsiong kek atto1 mah :big_bored:

• Rem tangan / kaki pake otot manual

always works gak repot kalo di servise juga gak butuh kalibrasi, pernah si ngalamin jebol kawatnya putus di jaguar X type :big_bored:

• Buka tutup pintu full manual include rear trunk

iya lah kalo darurat bisa lsg di buka

• Stater mobil metode colok konci kontak + puter ignition

gak ada drama switch rem rusak gak bisa nyala :big_biglaugh: lebih aman juga kalo pake imobilizer smart key itu kalo malingnya canggih modal penguat signal bisa nyolong depan rumah kek ambil mobil sendiri....... :big_biglaugh:

• Headlights konvensional ga usah LED2an ga usah automatic2 kan

nah ini enak bisa upgrade kalo ada tech baru....bisa DIY :big_grin:

sebenernya LED gak masalah asal bersoket aja jadi kalo jebol bohlam bisa benerin sendiri gak ganti satu ASSY kan cape :big_bored:

wong mobil saya aja FULL led :ngacir:

• NO ADAS / Radar / Cruise control whatsoever

ud ganggu gak kepake giliran kaca pecah kena iuran mahal belom musti kalibrasi

• AC Single Zone . Ga perlu banyak zone2 ga jelas :big_smoking:

ya ada sukur gak ada ya ud tapi mendingan juga gak ada pake panel lebih gampang benerinnya :mky_07:

• Head unit Single din. No parking sensor no parking camera

double din juga ok asal universal gak usah sok sokan intregrated ntar jaman ud ganti paKe AI lu gigit jari sama HU jadul karena nempel sama sistem mobil, mobil gw pake android malah gw pake monitor tempratur karena GE8 gak ada pemantau tempt di speedo :big_dunno:

malah enakan universal karena bisa upgrade dan otak atik sesuai kebutuhan idealnya kalo mau canggih semua taro aja di speedo itu juga pake LCD kecil di tengah kayak taon 2010s :big_bored:

• No sunroof / moonroof dan roof2 ga guna laennya

well gw si kalo ada sukur cuma FYI aja sebenernya kalo ada ginian gak boleh jorok kalo banyak debu buangan aer ujannya mampet siap2x aja tuh platfom kena aer, lagian kalo pernah ngintim cara sunroof buang aer ujan juga ngeri ud kayak bocor padahal ya emang gitu ......... :ngacir:

• No auto wiper

selama sensornya gak bikin nambah biaya kalo kenapa2x si bodo amat ada gak ada juga gak ngepek :big_bored:

• No auto dimming mirror

nah ini juga anoter junk yang dipake buat roasting padahal resiko lama2x kalo rusak kacanya bisa kek burn :big_bored:

• No auto start/stop engine bűllśhit

yes it a [cencored] kalo di negara 1st country lebih rentan di maling karen gampang banget nyolongnya modal penguat signal tarik signal kunci ke mobil apalagi kalo di rumah yang jarak mobil ke kunci gampang di itung :big_dunno:

• SRS airbag minimal 6 titik

no comment selam gak meledak cuma pernah ngalamin pas kasus inflator airbag malah bikin paranoid takut nabrak spele airbag meledak malah bikin cedra parah, malah jadi mendingan gak ada airbag lebih tenang :big_bored:

• Rem system minimal 2 pot depan, blakang pake disc brake

nah ini si boleh banget selama repair kit lengkap :big_biglaugh:

Ada kg tuh kira2 spek mobil kek gitu :upss:

hmm cuma sisa WRV E 6 SPEED manual om :big_bored:

lampu halogen masih tuh, chasis enak, hu gampang di replace, masih pake kunci juga :big_biglaugh:


sisanya kebanyakan di mobil2x mahal macem series 70, MORGAN, caterham sekalian :big_bored:

di toyota banyak cuma lampunya LED semua :big_think:

tapi ya mobil sekarang kakinya downspek semua mendingan beli mobil tua aja lah....... :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »



Mantep banget gaes
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sat Dec 06, 2025 1:54

Mantep banget gaes
gw lagi bingung dia di sebelah kiri masalahnya mungkin videonya di miror........ :ngacir:
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4470
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Ryan Steele »

Permisi ... :ngacir:
no signature
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ilhami »

Kekurangan mobil karburator & pompa mekanis (dibanding mobil modern EFI):
1️⃣ Efisiensi bahan bakar jauh lebih buruk
2️⃣ Emisi dan polusi lebih tinggi
3️⃣ Cold start buruk
4️⃣ Tenaga tidak stabil
5️⃣ Maintenance lebih sering
6️⃣ Power output lebih kecil
7️⃣ Kurang aman terhadap panas & vapor lock
8️⃣ Sulit memenuhi standar modern
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2697
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ilhami »

b0ku wrote: Sat Dec 06, 2025 2:02
Suryaputra wrote: Sat Dec 06, 2025 1:54 Mantep banget gaes
gw lagi bingung dia di sebelah kiri masalahnya mungkin videonya di miror........ :ngacir:
itu lagi di derek :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

Coba ditest

Siapa tau hoax :big_think:

Msh dalam konteks soalnya
Jd membuktikan safetynya jg.


Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: Sat Dec 06, 2025 4:55 Kekurangan mobil karburator & pompa mekanis (dibanding mobil modern EFI):
1️⃣ Efisiensi bahan bakar jauh lebih buruk
2️⃣ Emisi dan polusi lebih tinggi
3️⃣ Cold start buruk
4️⃣ Tenaga tidak stabil
5️⃣ Maintenance lebih sering
6️⃣ Power output lebih kecil
7️⃣ Kurang aman terhadap panas & vapor lock
8️⃣ Sulit memenuhi standar modern
ane jd inget dl awal2 belajar bw mobil ortu
pake choke - ditarik dorong tarik dorong, udh kyk mau cold start pesawat world war

wkwkwkwk

tp robust banget, gak ada urusan sm ECU :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

ilhami wrote: Sat Dec 06, 2025 5:02 itu lagi di derek :ngacir:
peratiin kagak setirnya dimana :big_think:

ralat eh iya deng di kanan kok jd kek di kiri :big_bored:
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3423
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Salvanost »

b0ku wrote: Fri Dec 05, 2025 10:53

CUMA bisa komen namanya juga batre cuma tuhan yang tahu kapan mampusnya, :big_dunno:

itu cuma aki saya juga ngalamin saya ud bawa ke tukang aki di cek kata tukang aki waah ini masih bagus kok pak ya ud pulang, eh baru sampe rumah langsung mampus ........... :ngacir:

jd nyalahin bengkel juga gak bisa emang batre ya gitu suka2x dia atau tuhan kalo tuhan bilang batre loe mampus malem ini ya mampus :big_bored:

kalo ngomongin aftersales busuk ya gw si setuju kalo denger pengalaman dia, tapi kalo nyalahin bengkel gak kasih dia warning aki soak gw kurang setuju ya gitu deh labilnya batre di cek semua sehat bisa tiba2x mampus sendiri dan saya juga ud ngalamin :big_bored:
Ternyata...
Dia langsung upgrade audio
Tetapi gua tetap ga setuju sih upgrade audio aki soak

Kan audio nyala = mobil nyala = tugas isi listrik aki 12v tetap tugasnya baterai mobil EV

Gua setuju seharusnya ada indikator baterai aki
Indikator tekanan ban aja ada

Dulu gua selalu pro masalah aki mobil ICE
Tapi ternyata selama starter udah susah ya ganti aki aja :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: jadi udah ga perlu cek indikator aki lewat catridge yg buat nyalain rokok itu(sambil matiin mesin dan nyalain ac + lampu mobil)

Anyway... gua bersyukur sih ada kontennya dia
Minimal gua ga bakalan upgrade audio mobil EV :upss:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

Salvanost wrote: Sat Dec 06, 2025 6:53
Ternyata...
Dia langsung upgrade audio
Tetapi gua tetap ga setuju sih upgrade audio aki soak

Kan audio nyala = mobil nyala = tugas isi listrik aki 12v tetap tugasnya baterai mobil EV

Gua setuju seharusnya ada indikator baterai aki
Indikator tekanan ban aja ada

Dulu gua selalu pro masalah aki mobil ICE
Tapi ternyata selama starter udah susah ya ganti aki aja :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: jadi udah ga perlu cek indikator aki lewat catridge yg buat nyalain rokok itu(sambil matiin mesin dan nyalain ac + lampu mobil)

Anyway... gua bersyukur sih ada kontennya dia
Minimal gua ga bakalan upgrade audio mobil EV :upss:
Kesimpulan singkat (bahasa jalanan):

Aki 12V EV itu sering capek karena:

disedot terus 24 jam,

di-charge putus nyambung,

nge-handle semua beban saat mobil mati,

suhu tinggi,

plus mobilnya 100% bergantung ke aki 12V buat hidupin sistem HV.

Makanya lebih cepat rusak dibanding mobil bensin.
katanya mustinya akinya ud pake lithium gak pake aki biasa

terus itu aki di ev ternyata di suruh kerja 24-7 gak ada pesangon gak ada istirahat.......... :big_bored:

kalo di ice gitu mesin nyala bebanya lsg diambil alih alternator :big_biglaugh:

belom kalo mesin icenya mati otomatis aki juga istirahat :big_bored:

masalahnya di mobil laen juga sama bukan cuma BYD ioniq saya pernah liat tesla saya pernah liat cuma tesla biasanya sebelom soak lsg nyala warning duluan :mky_03:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4470
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by kunaskun »

KielConstantine wrote: Fri Dec 05, 2025 19:14
b0ku wrote: Thu Dec 04, 2025 9:52 jinik gearbox kuat tapi ada komponen suka jebol mirip2x kek belt CVT namanya inverter kalo rusak gantinya 40jt juga sama aja boong :big_dunno:
Udah udah

Klo mau cari mobilnya speknya gini aja :

• Engine Pure ICE (Gasoline / Diesel)
• Setir Hydraulic PS
• Transmisi manual / matic TC konvensional
• Cari spek chasis strength terbaik dari lahir
• Rem tangan / kaki pake otot manual
• Buka tutup pintu full manual include rear trunk
• Stater mobil metode colok konci kontak + puter ignition
• Headlights konvensional ga usah LED2an ga usah automatic2 kan
• NO ADAS / Radar / Cruise control whatsoever
• AC Single Zone . Ga perlu banyak zone2 ga jelas :big_smoking:
• Head unit Single din. No parking sensor no parking camera
• No sunroof / moonroof dan roof2 ga guna laennya
• No auto wiper
• No auto dimming mirror
• No auto start/stop engine bűllśhit
• SRS airbag minimal 6 titik
• Rem system minimal 2 pot depan, blakang pake disc brake

Klo ada kurang tambahin sendiri …


Ada kg tuh kira2 spek mobil kek gitu :upss:
gokart mbah.
tapi jangan ya EV or hybrid or KERS system.

kalo mumet ga pake atep, daihatsu midget alias bemo, safety? airbag? gampang pake aja busa playground bocil (bonus: rally style look), braking? bisalah brembo di asem reges :mky_08:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4470
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by kunaskun »

Salvanost wrote: Sat Dec 06, 2025 6:53
Ternyata...
Dia langsung upgrade audio
Tetapi gua tetap ga setuju sih upgrade audio aki soak

Kan audio nyala = mobil nyala = tugas isi listrik aki 12v tetap tugasnya baterai mobil EV
tergantung installer audio juga mbah, mobil sekarang kan di IPDM/Junction box ada beberapa slot 12v yang always On bahkan setelah IG Off / Door Lockk. nah bisa jadi installer asal modal test pen, jumper, selotip kabel, eh ga taunya yg kena kabel always On, di konek ke amplifier atau sub active, alhasil jadi parasitic drain tapi very low amp. lama2 ya soak tu aki.
Gua setuju seharusnya ada indikator baterai aki
Indikator tekanan ban aja ada

Dulu gua selalu pro masalah aki mobil ICE
Tapi ternyata selama starter udah susah ya ganti aki aja :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: jadi udah ga perlu cek indikator aki lewat catridge yg buat nyalain rokok itu(sambil matiin mesin dan nyalain ac + lampu mobil)

Anyway... gua bersyukur sih ada kontennya dia
Minimal gua ga bakalan upgrade audio mobil EV :upss:
pengalaman selama ini aki basah ada volt indicator ga mencerminkan kesehatan aslinya, cara paling ampuh AFAIK ya CCA test pake battery tester yang proper. tapi ya ada resikonya juga kalau sering2 CCA test akan degrading battery life.

Cara lain entah masih bener ga pake hydromer buat cek air di dalam tiap sel aki:
https://www.amazon.com/Car-Battery-Hydr ... B0DJS5DLLB

--

sebetulnya selain aki 12v yang nyusahin, bahkan di Hyundai aja, seluruh dunia sama penyakitnya: ICCU. ini benda kerjanya bused dah cape banget. ngurusin high voltage to low voltage, bolak balik pula :mky_06:
Last edited by kunaskun on Sat Dec 06, 2025 7:36, edited 1 time in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »

kunaskun wrote: Sat Dec 06, 2025 7:24
gokart mbah.
tapi jangan ya EV or hybrid or KERS system.

kalo mumet ga pake atep, daihatsu midget alias bemo, safety? airbag? gampang pake aja busa playground bocil (bonus: rally style look), braking? bisalah brembo di asem reges :mky_08:
Image

ini aja mbah gak banyak drama......... :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4470
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by kunaskun »

b0ku wrote: Sat Dec 06, 2025 7:35
Image

ini aja mbah gak banyak drama......... :ngacir:
:mky_02:

versi lokal udah ada mbah: odong2
bisa pilih enjin pula, mau swb, lwb, pake lampu, karaoke, :mky_02:
:ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17171
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by ChZ »

darrelund wrote: Thu Dec 04, 2025 0:54
kayukayuthe5th wrote: Wed Dec 03, 2025 9:44
skarang china malah balik jualan gas car, even BYD develop boxer (yeah, boxer engine that H-design series that subbie and porse did)
https://www.carscoops.com/2025/12/china ... ort-shock/
lucu kan

fanboy blang "wuahhhh ICE akan punah, kalian semua bodoh pake hybrid, budak petrodollar"

lah mainland masih hobi bikin mesin :big_biglaugh:

kemarin GWM V8, skrg yangwang boxer

xpeng bikin EREV X9

chery geely masih ngejer efficiency mesin hybrid

klo mainland masih bikin hybrid, artinya masih ada usecase dan tidak bisa semua dipaksa EV
nyama nyamain karbu ke injeksi, nyama nyamain manual vs matic. padahal perbandingannya gak relevan. karbu injeksi manual matic itu nggak butuh adaptasi terlalu lama, lha ini kan barang yang sama sekali berbeda.

ternyata ya balik kucing ke combustion.

udah dibilang sejarah membuktikan akhirnya combustion lagi yang menang.

bilang toyota bakal bangkrut gini gitu, nyatanya toyota masih alive and well malah ngetawain yang nyembah tesla skrg nyungsep.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Sat Dec 06, 2025 8:17
darrelund wrote: Thu Dec 04, 2025 0:54
kayukayuthe5th wrote: Wed Dec 03, 2025 9:44
skarang china malah balik jualan gas car, even BYD develop boxer (yeah, boxer engine that H-design series that subbie and porse did)
https://www.carscoops.com/2025/12/china ... ort-shock/
lucu kan

fanboy blang "wuahhhh ICE akan punah, kalian semua bodoh pake hybrid, budak petrodollar"

lah mainland masih hobi bikin mesin :big_biglaugh:

kemarin GWM V8, skrg yangwang boxer

xpeng bikin EREV X9

chery geely masih ngejer efficiency mesin hybrid

klo mainland masih bikin hybrid, artinya masih ada usecase dan tidak bisa semua dipaksa EV
nyama nyamain karbu ke injeksi, nyama nyamain manual vs matic. padahal perbandingannya gak relevan. karbu injeksi manual matic itu nggak butuh adaptasi terlalu lama, lha ini kan barang yang sama sekali berbeda.

ternyata ya balik kucing ke combustion.

udah dibilang sejarah membuktikan akhirnya combustion lagi yang menang.

bilang toyota bakal bangkrut gini gitu, nyatanya toyota masih alive and well malah ngetawain yang nyembah tesla skrg nyungsep.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

Salvanost wrote: Sat Dec 06, 2025 6:53
b0ku wrote: Fri Dec 05, 2025 10:53

CUMA bisa komen namanya juga batre cuma tuhan yang tahu kapan mampusnya, :big_dunno:

itu cuma aki saya juga ngalamin saya ud bawa ke tukang aki di cek kata tukang aki waah ini masih bagus kok pak ya ud pulang, eh baru sampe rumah langsung mampus ........... :ngacir:

jd nyalahin bengkel juga gak bisa emang batre ya gitu suka2x dia atau tuhan kalo tuhan bilang batre loe mampus malem ini ya mampus :big_bored:

kalo ngomongin aftersales busuk ya gw si setuju kalo denger pengalaman dia, tapi kalo nyalahin bengkel gak kasih dia warning aki soak gw kurang setuju ya gitu deh labilnya batre di cek semua sehat bisa tiba2x mampus sendiri dan saya juga ud ngalamin :big_bored:
Ternyata...
Dia langsung upgrade audio
Tetapi gua tetap ga setuju sih upgrade audio aki soak

Kan audio nyala = mobil nyala = tugas isi listrik aki 12v tetap tugasnya baterai mobil EV

Gua setuju seharusnya ada indikator baterai aki
Indikator tekanan ban aja ada

Dulu gua selalu pro masalah aki mobil ICE
Tapi ternyata selama starter udah susah ya ganti aki aja :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: jadi udah ga perlu cek indikator aki lewat catridge yg buat nyalain rokok itu(sambil matiin mesin dan nyalain ac + lampu mobil)

Anyway... gua bersyukur sih ada kontennya dia
Minimal gua ga bakalan upgrade audio mobil EV :upss:
Br liat kmrn konten domo lwt 🤮

Mobil hibrit or ivi jgn upgrade biled biledan
Gelap ya lepas kaca film dpn

Apalagi upgrade audio :big_biglaugh:

Otw gass kejer trit oli :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1481
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Sat Dec 06, 2025 8:17
darrelund wrote: Thu Dec 04, 2025 0:54
kayukayuthe5th wrote: Wed Dec 03, 2025 9:44
skarang china malah balik jualan gas car, even BYD develop boxer (yeah, boxer engine that H-design series that subbie and porse did)
https://www.carscoops.com/2025/12/china ... ort-shock/
lucu kan

fanboy blang "wuahhhh ICE akan punah, kalian semua bodoh pake hybrid, budak petrodollar"

lah mainland masih hobi bikin mesin :big_biglaugh:

kemarin GWM V8, skrg yangwang boxer

xpeng bikin EREV X9

chery geely masih ngejer efficiency mesin hybrid

klo mainland masih bikin hybrid, artinya masih ada usecase dan tidak bisa semua dipaksa EV
nyama nyamain karbu ke injeksi, nyama nyamain manual vs matic. padahal perbandingannya gak relevan. karbu injeksi manual matic itu nggak butuh adaptasi terlalu lama, lha ini kan barang yang sama sekali berbeda.

ternyata ya balik kucing ke combustion.

udah dibilang sejarah membuktikan akhirnya combustion lagi yang menang.

bilang toyota bakal bangkrut gini gitu, nyatanya toyota masih alive and well malah ngetawain yang nyembah tesla skrg nyungsep.
intinya ya EV emang not everybodys needs aja.
toyota malah bikin GR GT V8 hybrid
Image
Suryaputra wrote: Sat Dec 06, 2025 9:26
Salvanost wrote: Sat Dec 06, 2025 6:53
b0ku wrote: Fri Dec 05, 2025 10:53

CUMA bisa komen namanya juga batre cuma tuhan yang tahu kapan mampusnya, :big_dunno:

itu cuma aki saya juga ngalamin saya ud bawa ke tukang aki di cek kata tukang aki waah ini masih bagus kok pak ya ud pulang, eh baru sampe rumah langsung mampus ........... :ngacir:

jd nyalahin bengkel juga gak bisa emang batre ya gitu suka2x dia atau tuhan kalo tuhan bilang batre loe mampus malem ini ya mampus :big_bored:

kalo ngomongin aftersales busuk ya gw si setuju kalo denger pengalaman dia, tapi kalo nyalahin bengkel gak kasih dia warning aki soak gw kurang setuju ya gitu deh labilnya batre di cek semua sehat bisa tiba2x mampus sendiri dan saya juga ud ngalamin :big_bored:
Ternyata...
Dia langsung upgrade audio
Tetapi gua tetap ga setuju sih upgrade audio aki soak

Kan audio nyala = mobil nyala = tugas isi listrik aki 12v tetap tugasnya baterai mobil EV

Gua setuju seharusnya ada indikator baterai aki
Indikator tekanan ban aja ada

Dulu gua selalu pro masalah aki mobil ICE
Tapi ternyata selama starter udah susah ya ganti aki aja :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: jadi udah ga perlu cek indikator aki lewat catridge yg buat nyalain rokok itu(sambil matiin mesin dan nyalain ac + lampu mobil)

Anyway... gua bersyukur sih ada kontennya dia
Minimal gua ga bakalan upgrade audio mobil EV :upss:
Br liat kmrn konten domo lwt 🤮

Mobil hibrit or ivi jgn upgrade biled biledan
Gelap ya lepas kaca film dpn

Apalagi upgrade audio :big_biglaugh:

Otw gass kejer trit oli :ngacir:
gimana2? gwa gapaham :big_chicken:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Sat Dec 06, 2025 11:15
gimana2? gwa gapaham :big_chicken:
User mobil hybrid atau ivi
Jangan upgrade biled atau audio2an / nambah amplifier.

Krn klo kebutuhan daya naek, dia akan kalkulasi ulang, ambil daya dari aki jd extra, ngorbanin arus daya yg lain, akibatnya bisa masuk safe mode / error.

Kata dukun mobil gtu :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6778
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by b0ku »



antara ku dan besi antara ku dan besi................... :ngacir:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 983
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by timbermaniac123 »

Nanti mungkin pas lebaran akan baru muncul keluhan seputar susahnya nyari chargingan, lamanya antrian, sampai spklu error. Secara atto 1 (mobil merakyat) sudah mulai pada di delivery dari november kemarin.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13435
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety? - Part 2

Post by Suryaputra »

timbermaniac123 wrote: Sat Dec 06, 2025 13:57 Nanti mungkin pas lebaran akan baru muncul keluhan seputar susahnya nyari chargingan, lamanya antrian, sampai spklu error. Secara atto 1 (mobil merakyat) sudah mulai pada di delivery dari november kemarin.
Klo seputar jabo or dalkot sih aman yaa pk mobil setrum

Klo melintasi transjawabahn di musim lebaran, wah gokil sih klo berani :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri