Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Suryaputra wrote: Wed Jul 16, 2025 4:44
klo pemakaian cuma dalam kota dan tol moderate driving,
bedanya gak terasa signifikan sih.
semua mirip2 sesama 0w20.
Bahkan untuk w30 harganya cenderung lbh murah, wkwkwkw.
Tapi klo sering hi rpm, nah baru terasa bedanya antara oli 200k seliter ke atas, VS mainstream 100rb an seliter.
dari test lab jg keliatan. ini konteksnya hi rpm yaa / suka gas rada mentok lantai.
Tapi buat moderate driving, justru lbh terasa bedanya ketika kita ganti bbm
misal RON 92 ke RON 95 - 98.
nah kalo konteks untuk hi rpm, recommend apa om yang harganya masih reasonable? sekelas Motul H100 apakah udah "memadai" apa kudu naik kelas lagi?
Pengalaman dari adnoc sama PTT gimana om so far di CX-3 1.5?
Untuk eneos x(di mobil lain) apakah oke? Soalnya itu setau saya masih di range 120-150rb/liter
mirip2 aja Om, mobil cuma dalem kota dan seringan jg padat. tarikan ga berasa beda. dua2nya juga minim penguapan. btw keduanya selalu diganti sebelom 5000km karena udah 7-8 bulan.
untuk Eneos pake di mobil ortu yang setaon cuma jalan 1500km. udah beberapa kali pake Eneos, so far kalo saya bawa juga oke2 aja.
noted om, berarti kesimpulannya untuk pemakaian yang jarang geber/mostly santai dan dalkot pakai oli yang harga 125-150an masih aman lah ya
Klo suka hi rpm
Harga 125-150k seliter
Jujurly sy prefer visco w30
Krn jaga visconya spy gak drop aja di rpm dan suhu tinggi.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Wed Jul 16, 2025 4:44
klo pemakaian cuma dalam kota dan tol moderate driving,
bedanya gak terasa signifikan sih.
semua mirip2 sesama 0w20.
Bahkan untuk w30 harganya cenderung lbh murah, wkwkwkw.
Tapi klo sering hi rpm, nah baru terasa bedanya antara oli 200k seliter ke atas, VS mainstream 100rb an seliter.
dari test lab jg keliatan. ini konteksnya hi rpm yaa / suka gas rada mentok lantai.
Tapi buat moderate driving, justru lbh terasa bedanya ketika kita ganti bbm
misal RON 92 ke RON 95 - 98.
nah kalo konteks untuk hi rpm, recommend apa om yang harganya masih reasonable? sekelas Motul H100 apakah udah "memadai" apa kudu naik kelas lagi?
mirip2 aja Om, mobil cuma dalem kota dan seringan jg padat. tarikan ga berasa beda. dua2nya juga minim penguapan. btw keduanya selalu diganti sebelom 5000km karena udah 7-8 bulan.
untuk Eneos pake di mobil ortu yang setaon cuma jalan 1500km. udah beberapa kali pake Eneos, so far kalo saya bawa juga oke2 aja.
noted om, berarti kesimpulannya untuk pemakaian yang jarang geber/mostly santai dan dalkot pakai oli yang harga 125-150an masih aman lah ya
Klo suka hi rpm
Harga 125-150k seliter
Jujurly sy prefer visco w30
Krn jaga visconya spy gak drop aja di rpm dan suhu tinggi.
nah masalahnya saya dulu sempet cicip 5w-30, yang idemitsu dan seinget saya itu mobil jadi agak boyo dan boros dibanding 0W-20
saya jujur kurang tau apakah itu gara2 olinya yang memang b-aja apa karakter 5w-30
nah kalo konteks untuk hi rpm, recommend apa om yang harganya masih reasonable? sekelas Motul H100 apakah udah "memadai" apa kudu naik kelas lagi?
noted om, berarti kesimpulannya untuk pemakaian yang jarang geber/mostly santai dan dalkot pakai oli yang harga 125-150an masih aman lah ya
Klo suka hi rpm
Harga 125-150k seliter
Jujurly sy prefer visco w30
Krn jaga visconya spy gak drop aja di rpm dan suhu tinggi.
nah masalahnya saya dulu sempet cicip 5w-30, yang idemitsu dan seinget saya itu mobil jadi agak boyo dan boros dibanding 0W-20
saya jujur kurang tau apakah itu gara2 olinya yang memang b-aja apa karakter 5w-30
5w30 yg bagus ada
- ptt 0w30
- adnoc starplus 5w30
- motul specific 913d a5/b5 5w30
- petronas 3000 xs 5w30
- ctx rev gt 5w30
- dan banyak lg di rentang harga tsb
Cb cek air filter, kondisi busi, TB, tekanan ban sikat 35 psi, dan bbm yg digunakan.
Klo lihat bbrp forum buat mazda sky, keliatannya yg ideal ron 95 ke atas yaa.
Krn soal aksel dan lebih boros, bukan (cuma) faktor oli mesin.
Last edited by Suryaputra on Wed Jul 16, 2025 9:26, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Klo suka hi rpm
Harga 125-150k seliter
Jujurly sy prefer visco w30
Krn jaga visconya spy gak drop aja di rpm dan suhu tinggi.
nah masalahnya saya dulu sempet cicip 5w-30, yang idemitsu dan seinget saya itu mobil jadi agak boyo dan boros dibanding 0W-20
saya jujur kurang tau apakah itu gara2 olinya yang memang b-aja apa karakter 5w-30
5w30 yg bagus ada
- ptt 0w30
- adnoc starplus 5w30
- motul specific 913d a5/b5 5w30
- petronas 3000 xs 5w30
- ctx rev gt 5w30
- dan banyak lg di rentang harga tsb
Cb cek air filter, kondisi busi, TB, tekanan ban sikat 35 psi, dan bbm yg digunakan.
Klo lihat bbrp forum buat mazda sky, keliatannya yg ideal ron 95 ke atas yaa.
Krn soal aksel dan lebih boros, bukan (cuma) faktor oli mesin.
ini tapi pake 5w-30 udah lama banget sih om, sekarang selalu 0w-20, mostly MGO tapi terakhir ganti ke Fuchs Titan
BBM hampir selalu Nitro+
Chr1stm1 wrote: Wed Jul 16, 2025 9:23
Betul yang botol emas
nah masalahnya saya dulu sempet cicip 5w-30, yang idemitsu dan seinget saya itu mobil jadi agak boyo dan boros dibanding 0W-20
saya jujur kurang tau apakah itu gara2 olinya yang memang b-aja apa karakter 5w-30
5w30 yg bagus ada
- ptt 0w30
- adnoc starplus 5w30
- motul specific 913d a5/b5 5w30
- petronas 3000 xs 5w30
- ctx rev gt 5w30
- dan banyak lg di rentang harga tsb
Cb cek air filter, kondisi busi, TB, tekanan ban sikat 35 psi, dan bbm yg digunakan.
Klo lihat bbrp forum buat mazda sky, keliatannya yg ideal ron 95 ke atas yaa.
Krn soal aksel dan lebih boros, bukan (cuma) faktor oli mesin.
ini tapi pake 5w-30 udah lama banget sih om, sekarang selalu 0w-20, mostly MGO tapi terakhir ganti ke Fuchs Titan
BBM hampir selalu Nitro+
Chr1stm1 wrote: Wed Jul 16, 2025 9:23
Betul yang botol emas
selama ini pemakaian enak apa standar aja om?
Ya gakda salahnya sih coba oli 200an k seliter
- q8
- amsoil
- mobil 1 (ada angka 1, bukan mobil doang)
- liqui moly
- ravenol
Daripada kepo ya kann
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
nah masalahnya saya dulu sempet cicip 5w-30, yang idemitsu dan seinget saya itu mobil jadi agak boyo dan boros dibanding 0W-20
saya jujur kurang tau apakah itu gara2 olinya yang memang b-aja apa karakter 5w-30
5w30 yg bagus ada
- ptt 0w30
- adnoc starplus 5w30
- motul specific 913d a5/b5 5w30
- petronas 3000 xs 5w30
- ctx rev gt 5w30
- dan banyak lg di rentang harga tsb
Cb cek air filter, kondisi busi, TB, tekanan ban sikat 35 psi, dan bbm yg digunakan.
Klo lihat bbrp forum buat mazda sky, keliatannya yg ideal ron 95 ke atas yaa.
Krn soal aksel dan lebih boros, bukan (cuma) faktor oli mesin.
ini tapi pake 5w-30 udah lama banget sih om, sekarang selalu 0w-20, mostly MGO tapi terakhir ganti ke Fuchs Titan
BBM hampir selalu Nitro+
Chr1stm1 wrote: Wed Jul 16, 2025 9:23
Betul yang botol emas
selama ini pemakaian enak apa standar aja om?
For me, di CX3 dan AN Rush sih enak om, bejaban sama Q8 0w20 dan Amsoil ss 0w20, hanya saya gak coba longdrain sampai 10rb km, karena jalur saya sehari hari macet dan banyak diem jadi genset utk anak tidur pas pulang sekolah / less.
Tapi cukup effortless pas nge toll oli ini, enteng dan suara mesin adem
Suryaputra wrote: Wed Jul 16, 2025 9:44
Ya gakda salahnya sih coba oli 200an k seliter
- q8
- amsoil
- mobil 1 (ada angka 1, bukan mobil doang)
- liqui moly
- ravenol
Daripada kepo ya kann
nanti dipertimbangin deh om pas waktunya ganti oli, sambil liat kondisi dompet
Chr1stm1 wrote: Wed Jul 16, 2025 9:50
For me, di CX3 dan AN Rush sih enak om, bejaban sama Q8 0w20 dan Amsoil ss 0w20, hanya saya gak coba longdrain sampai 10rb km, karena jalur saya sehari hari macet dan banyak diem jadi genset utk anak tidur pas pulang sekolah / less.
Tapi cukup effortless pas nge toll oli ini, enteng dan suara mesin adem