Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by hbobo »

om turbo kalo crv di kasih honda genuine oil yang e pro gold 0W-20 boleh gak yah?

trus outlander kalo dikasih oli 0W-20 boleh gak yah?
one small step for a man, a giant leap for mankind
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by limsandy »

Turboman wrote:belom tentu

Shell lately agressive sekali menyerbu pasar

Di toko2 HX7 kadang lebih mudah ditemukan drpd Fastron ijo 10W40

Kecuali kalo kelas low end / mineral based yah tetap Pertamina rajanya since ada Mesran super / Prima XP / Prima 10W40 synthetic force / Mediteran 40 / Mediteran SC dan ada toko yg jual scr eceran dr drum.
:big_grin:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

hbobo wrote:om turbo kalo crv di kasih honda genuine oil yang e pro gold 0W-20 boleh gak yah?

trus outlander kalo dikasih oli 0W-20 boleh gak yah?
Utk CRV, jika :
- Traffic lancar terus
- BBM bagus (gak premios)
- Ga pernah bawa beban berat

monggo aja

di luar kondisi itu, better use 0W-30 atau 5W30

utk OS :
Di manualnya diijinkan gak 0W20 utk ambient s/d 30 - 35 deg C ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
aceagung
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Thu Dec 05, 2013 14:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by aceagung »

Turboman wrote:
aceagung wrote:
kalo soal murah meriah paling hebat fastron dong.. :big_grin:
belom tentu

Shell lately agressive sekali menyerbu pasar

Di toko2 HX7 kadang lebih mudah ditemukan drpd Fastron ijo 10W40

Kecuali kalo kelas low end / mineral based yah tetap Pertamina rajanya since ada Mesran super / Prima XP / Prima 10W40 synthetic force / Mediteran 40 / Mediteran SC dan ada toko yg jual scr eceran dr drum.
yg lagi agresiv castrol tu, di lotte mart 4L : 250rb an :big_exellent:

tkp semarang.... :big_peace:
kodokk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Jan 16, 2009 16:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by kodokk »

Om Turboman & yang lainnya,

CX-5 2000 CC bagusan pakai Mazda Genuine Oil 0w-20 /5w-30 ya?
karena banyak banget yang bilang 0w-20 tidak cocok di negara beriklim tropis :big_childish:
Note: ane sudah menggunakan 0w-20

Honda CR-V RE3 2.4 cocok gk ya dengan shell helix hx-8 5w-30?

Satu lagi, Honda Odyssey Absolute RB3 dengan mesin K24A bagusnya pake oli mesin apa? dan oli matic apa ya? setau saya transmisinya 5at speed bkn CVT.

Thanks ya hehe
Qilas_Key
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Mon Jan 30, 2012 6:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Qilas_Key »

Om Turbo... akhirnya saya pakai Mobile1 5w-30 di Nissan GL... Apakah cocok mengingat saat ini tiap bulan odo mencapai 2000km. Pakai tiap hari Depok- kuningan - Bandara SHIA
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by limsandy »

kodokk wrote:Om Turboman & yang lainnya,

CX-5 2000 CC bagusan pakai Mazda Genuine Oil 0w-20 /5w-30 ya?
karena banyak banget yang bilang 0w-20 tidak cocok di negara beriklim tropis :big_childish:
Note: ane sudah menggunakan 0w-20

Honda CR-V RE3 2.4 cocok gk ya dengan shell helix hx-8 5w-30?

Satu lagi, Honda Odyssey Absolute RB3 dengan mesin K24A bagusnya pake oli mesin apa? dan oli matic apa ya? setau saya transmisinya 5at speed bkn CVT.

Thanks ya hehe
Shell HX8 5W-30. Saya pakai ini skrg. :D :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

kodokk wrote:Om Turboman & yang lainnya,

CX-5 2000 CC bagusan pakai Mazda Genuine Oil 0w-20 /5w-30 ya?
karena banyak banget yang bilang 0w-20 tidak cocok di negara beriklim tropis :big_childish:
Note: ane sudah menggunakan 0w-20

Honda CR-V RE3 2.4 cocok gk ya dengan shell helix hx-8 5w-30?

Satu lagi, Honda Odyssey Absolute RB3 dengan mesin K24A bagusnya pake oli mesin apa? dan oli matic apa ya? setau saya transmisinya 5at speed bkn CVT.

Thanks ya hehe
Baik Honda dan Mazda Gasoline NA mengijinkan oli 0W20

Cuman kalo saya pribadi sih, jika :
- Pakai BBM bagus terus (esp RON 95)
- Mobil jarang beban berat
- Traffic lancar terus

Oke aja pakai 0W20

Jika di luar kondisi itu, saya pribadi pilih 0W30
* Bukan ajakan Beli *
kodokk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Jan 16, 2009 16:10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by kodokk »

Thanks om Turboman & limsandy,

CX-5 akan selalu mnm Ron92, jd ok ya pake 0w-20 hehe

Untk Odyssey pake 5w-30 ok lha ya? Ada rekomendasi merek oli yg bgs untk Rb3?

Thanks
anel
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Dec 09, 2013 10:28

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by anel »

Selamat Pagi semua..

Om turboman..
Saya mau tanya nih..
Ini spek olinya..

Mobil Super 2000 X2

SAE Grade 10W-40
API SN/SM/SL

Viscosity, ASTM D 445
cSt @ 40ºC 92
cSt @ 100ºC 14.4
Viscosity Index, ASTM D 2270 154
Sulfated Ash, wt%, ASTM D 874 0.97
HTHS Viscosity., mPa•s @ 150ºC, ASTM D4683 4.0
Pour Point, ºC, ASTM D 97 -36
Flash Point, ºC, ASTM D 92 220
Density @ 15 ºC, kg/l, ASTM D4052 0.869

Meet
VW 505.00 /501.01
MB-Approval 229.1
API CF

Sama ada kandungan ini nih di MSDS nya..
ZINC DITHIOPHOSPHATE 1 - 2.5% (* All concentrations are percent by weight unless ingredient is a gas)

Mobil saya camry 2200cc tahun 2001, info yang punya sebelumnya pake shell hx5. Saya ganti ke HX7 (sempet pake yang API SM sebelum baca2 forum ini) API SN.
Dari HX 5 ke HX 7 API SM maupun SN ada bunyi2 di deket timing belt krek3 halus pada saat start dingin, 30 detik ilang.
Nah sekarang saya pake Mobil super 2000 API SN, bunyi di waktu dingin tuh ilang...Mobil kerasanya si lebih enteng, tapi baru pake 200km..
Menurut Om turbo oli yang saya pake cukup tepat gak?
Ganti oli 5000 km biasanya 3 s.d 5 bulan, malah waktu pertama pindah dari hx5 ke hx7 2000 saya ganti..gk sampe 6 bulan tentunya..
Mobil Mayoritas luar kota, rpm maks cuman di 3500, seringnya 2700 da ganti gigi..
Kalo misal mau ganti jadi buntut 30 yang harganya gk samp 400rb per 4 liter kira2 apa ya om?
Makasih ya om....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

anel wrote:Selamat Pagi semua..

Om turboman..
Saya mau tanya nih..
Ini spek olinya..

Mobil Super 2000 X2

SAE Grade 10W-40
API SN/SM/SL

Viscosity, ASTM D 445
cSt @ 40ºC 92
cSt @ 100ºC 14.4
Viscosity Index, ASTM D 2270 154
Sulfated Ash, wt%, ASTM D 874 0.97
HTHS Viscosity., mPa•s @ 150ºC, ASTM D4683 4.0
Pour Point, ºC, ASTM D 97 -36
Flash Point, ºC, ASTM D 92 220
Density @ 15 ºC, kg/l, ASTM D4052 0.869

Meet
VW 505.00 /501.01
MB-Approval 229.1
API CF

Sama ada kandungan ini nih di MSDS nya..
ZINC DITHIOPHOSPHATE 1 - 2.5% (* All concentrations are percent by weight unless ingredient is a gas)

Mobil saya camry 2200cc tahun 2001, info yang punya sebelumnya pake shell hx5. Saya ganti ke HX7 (sempet pake yang API SM sebelum baca2 forum ini) API SN.
Dari HX 5 ke HX 7 API SM maupun SN ada bunyi2 di deket timing belt krek3 halus pada saat start dingin, 30 detik ilang.
Nah sekarang saya pake Mobil super 2000 API SN, bunyi di waktu dingin tuh ilang...Mobil kerasanya si lebih enteng, tapi baru pake 200km..
Menurut Om turbo oli yang saya pake cukup tepat gak?
Ganti oli 5000 km biasanya 3 s.d 5 bulan, malah waktu pertama pindah dari hx5 ke hx7 2000 saya ganti..gk sampe 6 bulan tentunya..
Mobil Mayoritas luar kota, rpm maks cuman di 3500, seringnya 2700 da ganti gigi..
Kalo misal mau ganti jadi buntut 30 yang harganya gk samp 400rb per 4 liter kira2 apa ya om?
Makasih ya om....
Udah cocok lah

Utk mobil th 2001 yg gak rekomen pake buntut 30

Kalau mau yg lebih "lighter" maka bisa pakai 5W40 atau 0W40 Full Synth yg meet MB 229.3 atau .5
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Penggunaan oli 0w20

Post by Turboman »

Utk mobil2 tertentu yg ngijinin pemakaian oli 0W20, pesan saya hati2 krn spt nya standard-nya belum benar2 baku antar produsen

Kalo baca2 di BITOG spt nya oli 0w20 yg menarik justru oli genuine-nya Mazda 0W20

ALUMINUM 0
CHROMIUM 0
IRON 0
COPPER 0
LEAD 0
TIN 0
MOLYBDENUM 664
NICKEL 0
MANGANESE 0
SILVER 0
TITANIUM 0
POTASSIUM 0
BORON 266
SILICON 6
SODIUM 4
CALCIUM 2318
MAGNESIUM 18
PHOSPHORUS 732
ZINC 842
BARIUM 0

INSOLUBLES 0
WATER 0
FLASHPOINT ºF 430
SUS VIS 210ºF 53.6
cSt @ 100ºF 8.37

http://www.bobistheoilguy.com/forums/ub ... er=2781625

Total antiwearnya sampai 1700 ppm (oli oli 0W20 lain byk yg kadar AW nya jauh lebih kecil, sekitar 1000 - 1100 ppm aja)

Make sense krn lapisan film ultra tipis, harus dibantu dgn zat zat Zn / Mo / Bo yg akan melapisis permukaan logam

Dengan catatan :
Asal oli genuine Mazda 0w20 di sini spec nya sama persis spt yg di US
* Bukan ajakan Beli *
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Penggunaan oli 0w20

Post by limsandy »

Turboman wrote:Utk mobil2 tertentu yg ngijinin pemakaian oli 0W20, pesan saya hati2 krn spt nya standard-nya belum benar2 baku antar produsen

Kalo baca2 di BITOG spt nya oli 0w20 yg menarik justru oli genuine-nya Mazda 0W20

ALUMINUM 0
CHROMIUM 0
IRON 0
COPPER 0
LEAD 0
TIN 0
MOLYBDENUM 664
NICKEL 0
MANGANESE 0
SILVER 0
TITANIUM 0
POTASSIUM 0
BORON 266
SILICON 6
SODIUM 4
CALCIUM 2318
MAGNESIUM 18
PHOSPHORUS 732
ZINC 842
BARIUM 0

INSOLUBLES 0
WATER 0
FLASHPOINT ºF 430
SUS VIS 210ºF 53.6
cSt @ 100ºF 8.37

http://www.bobistheoilguy.com/forums/ub ... er=2781625

Total antiwearnya sampai 1700 ppm (oli oli 0W20 lain byk yg kadar AW nya jauh lebih kecil, sekitar 1000 - 1100 ppm aja)

Make sense krn lapisan film ultra tipis, harus dibantu dgn zat zat Zn / Mo / Bo yg akan melapisis permukaan logam

Dengan catatan :
Asal oli genuine Mazda 0w20 di sini spec nya sama persis spt yg di US
Bro, thank you buat info nya. Baru tau kalo MGO 0W-20 sebagus ini.... Anti-wear nya tinggi, encer dan ekonomis lagi. Tapi harganya di dealer sih mahal nya minta amit. Saya mau hemat dan ganti oli sendiri pake Shell HX8. Qualitas nya jauh beda gak ya? :big_biglaugh:
aloha
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sat Dec 07, 2013 5:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by aloha »

@ om turbo..

spesifikasi oil mazda yg om turbo dapat..(http://www.bobistheoilguy.com/forums/ub ... er=2781625)

itu beda dengan yg dijual di delaer INDO.

Di us API SN, sedangkan yg dijual di indo API SM


Ini ada sumber lain dari BITOG juga, saya rasa lbh mirip, sama2 api SM

http://www.bobistheoilguy.com/forums/ub ... er=2631837

Image



Ada yg berminat test olinya biar lebih pasti? heheheh

Kemarin saya mau ambil sampelnya pas ganti oli, tapi terlambat ..olinya sudah masuk ke penampungan oli bekas.

Btw, kalo mau test oli, di bandung ada labnya ga?
anel
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Dec 09, 2013 10:28

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by anel »

Turboman wrote:
anel wrote:Selamat Pagi semua..

Om turboman..
Saya mau tanya nih..
Ini spek olinya..

Mobil Super 2000 X2

SAE Grade 10W-40
API SN/SM/SL

Viscosity, ASTM D 445
cSt @ 40ºC 92
cSt @ 100ºC 14.4
Viscosity Index, ASTM D 2270 154
Sulfated Ash, wt%, ASTM D 874 0.97
HTHS Viscosity., mPa•s @ 150ºC, ASTM D4683 4.0
Pour Point, ºC, ASTM D 97 -36
Flash Point, ºC, ASTM D 92 220
Density @ 15 ºC, kg/l, ASTM D4052 0.869

Meet
VW 505.00 /501.01
MB-Approval 229.1
API CF

Sama ada kandungan ini nih di MSDS nya..
ZINC DITHIOPHOSPHATE 1 - 2.5% (* All concentrations are percent by weight unless ingredient is a gas)

Mobil saya camry 2200cc tahun 2001, info yang punya sebelumnya pake shell hx5. Saya ganti ke HX7 (sempet pake yang API SM sebelum baca2 forum ini) API SN.
Dari HX 5 ke HX 7 API SM maupun SN ada bunyi2 di deket timing belt krek3 halus pada saat start dingin, 30 detik ilang.
Nah sekarang saya pake Mobil super 2000 API SN, bunyi di waktu dingin tuh ilang...Mobil kerasanya si lebih enteng, tapi baru pake 200km..
Menurut Om turbo oli yang saya pake cukup tepat gak?
Ganti oli 5000 km biasanya 3 s.d 5 bulan, malah waktu pertama pindah dari hx5 ke hx7 2000 saya ganti..gk sampe 6 bulan tentunya..
Mobil Mayoritas luar kota, rpm maks cuman di 3500, seringnya 2700 da ganti gigi..
Kalo misal mau ganti jadi buntut 30 yang harganya gk samp 400rb per 4 liter kira2 apa ya om?
Makasih ya om....
Udah cocok lah

Utk mobil th 2001 yg gak rekomen pake buntut 30

Kalau mau yg lebih "lighter" maka bisa pakai 5W40 atau 0W40 Full Synth yg meet MB 229.3 atau .5

Makasih infonya Om..
Oh ya om,
Kalo mencantumkan Meet ACEA A3/B3 itu berarti sudah pasti standar keluaran tahun yang terakhir ya?
Maksudnya gk mungkin nyantumin standar A3 / B3 tapi masih pake yang tahun lama, padahal sudah ada yang keluaran terbaru...
iritbensin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Wed Dec 11, 2013 15:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by iritbensin »

Om turbo dan rekan lainnya...mohon pencerahannya...mobil saya vios 2008 matic, td siang service rutin 60rb km di beres, kq oli transmisinya dikasih "cvt fluid tc" ya?aman ga?heran deh...padahal di buku manual pakenya "atf-ws", apa oli ini bisa saling substitusi?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

iritbensin wrote:Om turbo dan rekan lainnya...mohon pencerahannya...mobil saya vios 2008 matic, td siang service rutin 60rb km di beres, kq oli transmisinya dikasih "cvt fluid tc" ya?aman ga?heran deh...padahal di buku manual pakenya "atf-ws", apa oli ini bisa saling substitusi?
BeRes mana itu om ?

Report ke KaBeng nya dan minta flush / ganti dgn ATF-WS segera
* Bukan ajakan Beli *
F8I
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Jun 18, 2013 16:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by F8I »

Turboman wrote:
iritbensin wrote:Om turbo dan rekan lainnya...mohon pencerahannya...mobil saya vios 2008 matic, td siang service rutin 60rb km di beres, kq oli transmisinya dikasih "cvt fluid tc" ya?aman ga?heran deh...padahal di buku manual pakenya "atf-ws", apa oli ini bisa saling substitusi?
BeRes mana itu om ?

Report ke KaBeng nya dan minta flush / ganti dgn ATF-WS segera
om turbo salam kenal, saya ada pertanyaan newbie banget om :big_childish: via pm... btw ada kamar yang bahas ttg modifikasi diesel ga yah? thx so much all
iritbensin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Wed Dec 11, 2013 15:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by iritbensin »

Turboman wrote:
iritbensin wrote:Om turbo dan rekan lainnya...mohon pencerahannya...mobil saya vios 2008 matic, td siang service rutin 60rb km di beres, kq oli transmisinya dikasih "cvt fluid tc" ya?aman ga?heran deh...padahal di buku manual pakenya "atf-ws", apa oli ini bisa saling substitusi?
BeRes mana itu om ?

Report ke KaBeng nya dan minta flush / ganti dgn ATF-WS segera
Wah berarti emang ga bisa substitusi...ngaco deh tuh bengkel...di nasmoco cilacap, ini termasuk beres bukan?aku udh kirim email ke cs-nya toyota astra sih....biasanya ditanggepin ga?atau ada sarana lain buat ngaduin ini?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

anel wrote: Kalo mencantumkan Meet ACEA A3/B3 itu berarti sudah pasti standar keluaran tahun yang terakhir ya?
Maksudnya gk mungkin nyantumin standar A3 / B3 tapi masih pake yang tahun lama, padahal sudah ada yang keluaran terbaru...
A3 / B4 selalu update tiap 2 - 3 tahun sekali

latest update at 2010

see :
http://origin-qps.onstreammedia.com/ori ... index.html

Cuman biasanya di label oli hanya terulis A3 / B4, gak ditulis yg edisi tahun brp, tapi biar yg keluaran th 2002 juga gak masalah, oli2 lama justru ZDDP nya lebih tinggi drpd oli2 generasi baru

A3 = Gasoline engine non Low SAPS

B4 = Passenger Diesel Direct Injection non low SAPS

Buat di kita oli low SAPS (ACEA Cx) gak cocok karena kadar sulphur solar kita masih sekitar 500 - 1500 ppm & mobil Diesel gak ada mandatory utk pakai exhaust aftertreatment spt DPF / NOx SCR
* Bukan ajakan Beli *
aloha
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sat Dec 07, 2013 5:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by aloha »

om turbo,

salam kenal saya newbie dari bandung..

Saya rencananya mau ganti oli untuk innova D4D, oli full syntetic yg recomend ada apa aja ya? kalo boleh sarannya..
Q8 exel ? atau Shell helix ultra ?

Selama ini pakai shell hx7 diesel, sekarang mau coba oli full syntetic.

Oo iya sekalian, mau coba test lab oli bekas ... ada info bisa test dimana kalo di bandung?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

aloha wrote:om turbo,

salam kenal saya newbie dari bandung..

1. Saya rencananya mau ganti oli untuk innova D4D, oli full syntetic yg recomend ada apa aja ya? kalo boleh sarannya..
Q8 exel ? atau Shell helix ultra ?

Selama ini pakai shell hx7 diesel, sekarang mau coba oli full syntetic.

2. Oo iya sekalian, mau coba test lab oli bekas ... ada info bisa test dimana kalo di bandung?
'

1. budgetnya brp ?

2. teman2 sy yg dr Bdg aja testnya ke Corelab - Cilandak

Mau test oli apa pak ?

kalau ada oli yg unik, saya bersedia patungan.
* Bukan ajakan Beli *
aloha
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sat Dec 07, 2013 5:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by aloha »

Turboman wrote:
aloha wrote:om turbo,

salam kenal saya newbie dari bandung..

1. Saya rencananya mau ganti oli untuk innova D4D, oli full syntetic yg recomend ada apa aja ya? kalo boleh sarannya..
Q8 exel ? atau Shell helix ultra ?

Selama ini pakai shell hx7 diesel, sekarang mau coba oli full syntetic.

2. Oo iya sekalian, mau coba test lab oli bekas ... ada info bisa test dimana kalo di bandung?
'

1. budgetnya brp ?

2. teman2 sy yg dr Bdg aja testnya ke Corelab - Cilandak

Mau test oli apa pak ?

kalau ada oli yg unik, saya bersedia patungan.
1. Budget 120-150rb/ liter

2. mau test oli shell HX7 diesel dan oli mazda golden eco.

Berapa ya biaya testnya?

dan test ke corelab cilandak itu sample olinya bisa dikirim atau harus langsung ke sana ?
iritbensin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Wed Dec 11, 2013 15:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by iritbensin »

Report...

Td pagi saya menanyakan perihal "cvt fluid tc" yg dimasukkan ke transmisi mobil saya. dari komunikasi antara saya dengan pihak bengkel kesimpulannya kurang lebih seperti ini; stock atf-ws yg impor langsung dari jepang sangat terbatas karena ada pembatasan kuota impor dari pemerintah, sehingga untuk mengantisipasi adanya permintaan penggantian oli yg menggunakan atf ws, dapat diganti dengan atf dextron VI (sory kl salah eja) saya sudah membaca surat edaran tersebut. Berhubung di pasar stok dextron VI jg terbatas bisa diganti dg "cvt fluid tc" tp untuk yg edaran ini saya belum lihat surat dari TAM (menurut pihak bengkel blm.nemu arsipnya). Mereka mengklaim kl "cvt fluid tc" aman untuk transmisi mobil saya, namun karena hanya penggantian oli transmisi saja (bukan kuras) maka masih ada atf-ws dan cvt fluid tc yg tercampur di transmisi saya..ini yg menurut saya mengkhawatirkan, krn oli dg spesifikasi berbeda tercampur jd satu.

Solusi yg ditawarkan mereka ; mobil saya akan dikuras oli transmisinya menggunakan atf-ws lokal (ada ya?) yg harus pesan diluarkota Sebagai ganti atas cvt fluid yg sudah terlanjur masuk ke transmisi mobil saya..free tanpa biaya tambahan

Doain mobil saya baik2 aja ya...maklum mobil tua udh ga garansi.

Kl ada orang toyota disini...tolong konfirmasikan apakan benar surat edaran tersebut.

Saya senang respon mereka cepat, tp tetap saja saya merasa dirugikan dengan kejadian ini.

Untuk bro n sis SMers tolong perhatikan lg kl service, sedikit kritis mungkin itu lebih baik

Thanks to pak turboman...n SMers lainnya...report lg besok
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by imsus2c »

iritbensin wrote:Report...

Td pagi saya menanyakan perihal "cvt fluid tc" yg dimasukkan ke transmisi mobil saya. dari komunikasi antara saya dengan pihak bengkel kesimpulannya kurang lebih seperti ini; stock atf-ws yg impor langsung dari jepang sangat terbatas karena ada pembatasan kuota impor dari pemerintah, sehingga untuk mengantisipasi adanya permintaan penggantian oli yg menggunakan atf ws, dapat diganti dengan atf dextron VI (sory kl salah eja) saya sudah membaca surat edaran tersebut. Berhubung di pasar stok dextron VI jg terbatas bisa diganti dg "cvt fluid tc" tp untuk yg edaran ini saya belum lihat surat dari TAM (menurut pihak bengkel blm.nemu arsipnya). Mereka mengklaim kl "cvt fluid tc" aman untuk transmisi mobil saya, namun karena hanya penggantian oli transmisi saja (bukan kuras) maka masih ada atf-ws dan cvt fluid tc yg tercampur di transmisi saya..ini yg menurut saya mengkhawatirkan, krn oli dg spesifikasi berbeda tercampur jd satu.

Solusi yg ditawarkan mereka ; mobil saya akan dikuras oli transmisinya menggunakan atf-ws lokal (ada ya?) yg harus pesan diluarkota Sebagai ganti atas cvt fluid yg sudah terlanjur masuk ke transmisi mobil saya..free tanpa biaya tambahan

Doain mobil saya baik2 aja ya...maklum mobil tua udh ga garansi.

Kl ada orang toyota disini...tolong konfirmasikan apakan benar surat edaran tersebut.

Saya senang respon mereka cepat, tp tetap saja saya merasa dirugikan dengan kejadian ini.

Untuk bro n sis SMers tolong perhatikan lg kl service, sedikit kritis mungkin itu lebih baik

Thanks to pak turboman...n SMers lainnya...report lg besok
Stock terbatas? Atau stock habis? Kok sampai dipaksa pakai cvtf?

Btw, lokasi BeRes kota mana pak?

Sekitar sebulan lalu, di pinggiran kota kecil (Semarang), saya mampir ke salah satu gerai shop n drive, beli air aki
Saya lihat disitu ada stock beberapa kaleng ATF T-IV dan ATF-WS, kemasan kaleng 2L, Made In Japan
Jadi agak aneh kalau BeRes sampai kehabisan :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking