share captiva - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: share captiva - PART 03

Post by imsus2c »

ekoagusshm wrote:
alfiesar0903 wrote:Gua ngerasa aneh aja, ban ukuran 235/60/R17 koq ban serapnya 215/70/R16 dngn velg kaleng lg. Secara Safety gimana tu ya, apa ttp stabil ? Ada yg bs share yg sdh gunain ban serapnya ?
Jelas tidak safety Om, karena berbeda ukuran dengan ban+velg yang lain nya. Hal ini hanya untuk darurat saja, ya secepatnya kalo dapet tambal ban langsung diganti lagi.
Saya pernah nanya juga untuk ban serep ini, kalo mau masukin ukuran 235/60/R17 dengan velg yang sama 17" ga bakal masuk ke tempat ban serep bertengger Om, sayang sekali menurut saya.
Untuk sesekali boleh dilihat juga cara kerja nya untuk membuka ban serep dari bagasi, saya baru buka ban serep 1.5tahun sejak pertama kali beli nih Captiva, ternyata ada bagian ulir yang susah dibuka. Akhirnya setelah bersusah payah+berkeringat bisa juga terbuka. Dan langsung saya bersihkan dan lumasi pake WD-40 supaya bersih.
AD74YA wrote:Ban serep beda ukuran sebenernya antara lazim dan nggak lazim... Banyak mobil menggunakan ban serep space saver biar hemat tempat dan tidak membebani mobil - ini masih lazim sampai sekarang...

Ban serep dengan velg normal nah ini yang paling lazim...

Mengenai ban serep ukuran normal tapi beda ukuran itu yang udah agak gak lazim sekarang... Biasanya dipake di mobil-mobil jadul... Mobil2 modern yang lain harusnya kalo gak ukuran normal ya space saver kalau gak malah gak ada serep sama sekali tapi ban nya RFT.

Agak lucu ya ban nya captiva menganut yang beda ukuran, terus tempat ban serep ga cukup buat ukuran 17". Mungkin kalau pakai space saver nggak kuat kali menahan beban SUV nya... Berarti ada kekurangan desain Captiva ini sehingga ga bisa muat ukuran bawaanya.. Nggak apa-apa sih sebenernya tapi bener itu unsur safety perlu diingat...
Hitungan matematis (teori):

235/60R17, diameter total roda 714 mm
215/70R16, diameter total roda 708 mm
ada selisih sekitar 6 mm (ban kedua lebih kecil 0.8%), menurut saya, dari sisi pandang diameter roda meskipun tidak persis plek, tapi selisihnya masih minor dan masih bisa diterima dari segi safety

jika selisihnya lebih besar dari itu, dalam kondisi darurat sih masih bisa dipakai, asalkan tidak dipasang di poros yg berpenggerak, misalnya kalau penggerak depan (FWD), ban serep jgn dipasang diroda depan karena nanti putarannya ga sinkron antara kanan-kiri dan berpotensi merusak penggerak
demikian pula jika penggerak belakang (RWD), ban serep sebaiknya dipasang di roda depan.
tapi kalau mobil AWD, mau ga mau cari ban serep harus yg diameternya sama dengan ban yg terpasang

secara diameter total roda masih relatif sama, seharusnya ya tetep bisa masuk ke ruang penempatan ban serep
jadi kalau mau roda serep juga R17, musti dihitung berapa ukuran ban-nya supaya diameter total roda masih masuk ke tempat ban serep
kalau roda ukuran 215/70R16 bisa masuk kesitu, saya yakin ban 235/60R17 juga pasti bisa masuk, kemungkinan yg bakal sesak di aspek lebarnya, secara naik 20 mm (dari lebar 215 ke 235), tapi dari sisi luar diameter, pasti bisa masuk

cmiiw loh :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: share captiva - PART 03

Post by imsus2c »

Good_boy86 wrote:
kampret wrote:
Good_boy86 wrote:captiva saya boros banget..
baru habis 1/4 tangki, masih jalan 177km.
artinya kalau full tank bisa 700 km bro? wowww irit bangettt tuh
kapan ya captiva saya bisa seirit itu? tapi gpp sih, yang penting puas nginjek2 gasnya

udah ada yg pernah pake ban serepnya? perlu tenaga extra tuh buat ngelepas ban serep :D
tapi setelah diisi ulang solarnya. jarum 1/2, isi 30liter. hahaha
dapet cuma 1:8.
boros bangett

belum pernah pake ban serep, berharap ga pernah pake seh. :D:D
odo-nya sudah berapa banyak oom?

mungkin masa break in-nya (atau sering disebut in-rijden/in-reyen) belum selesai, jadi kondisi mesin dan clearance-nya belum optimal untuk penggunaan sesungguhnya

ada artikel sederhana: http://en.wikipedia.org/wiki/Break-in_% ... _run-in%29

coba ditunggu hingga diatas 1500 km, atau kalau mau pastinya diatas 5000 km, nanti baru ketauan karakter "asli"nya mesin tersebut (termasuk konsumsi bbm)

oya, konon perlakuan selama break-in akan sedikit banyak menentukan karakter mobil aslinya nanti

jadi kadang dijumpai, mobil/mesin yg identik sama (diluar faktor penambahan/customize), tapi performa nya bisa berbeda dengan satu lainnya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
kampret
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Thu Feb 16, 2012 9:52

Re: share captiva - PART 03

Post by kampret »

imsus2c wrote:Hitungan matematis (teori):

secara diameter total roda masih relatif sama, seharusnya ya tetep bisa masuk ke ruang penempatan ban serep
jadi kalau mau roda serep juga R17, musti dihitung berapa ukuran ban-nya supaya diameter total roda masih masuk ke tempat ban serep
kalau roda ukuran 215/70R16 bisa masuk kesitu, saya yakin ban 235/60R17 juga pasti bisa masuk, kemungkinan yg bakal sesak di aspek lebarnya, secara naik 20 mm (dari lebar 215 ke 235), tapi dari sisi luar diameter, pasti bisa masuk

cmiiw loh :ungg:
Bener Om, gak bisa masuk ke tempat ban serep karena masalah lebar ban-nya. tempat ban serepnya pas-pasan. seperti yg saya bahas diawal untuk ngelepasnya setengah mati kare ada pin pengunci yg panjang dan ukurannya juga ngepas, mana masih perawan lagi hehehe... mungkin tujuannya biar ban serepnya gak gerak2 yg malah nanti nambah bunyi2

di manual book juga jelas dibilang ban serep bersifat sementara, tidak untuk mengganti yg bawaan. ada batas kecepatan juga kalau gak salah (ayoo buka bukuu...). jadi kalau ada ban yg bocor segera tambal or kalau mesti ganti ya segera diganti baru, jangan pake ban serep lama2 kalau memang concern ama safety. kalau terpaksa ya bawa mobilnya pelan2 aja, jangan pake tarik-tarikan segala :wkkk:

nih tampilan waktu pake ban serep

Image
User avatar
cheetose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Mon Mar 19, 2012 2:19

Re: share captiva - PART 03

Post by cheetose »

nicky wrote:
ekoagusshm wrote:
nicky wrote:bos bos semua, sy mau tanya donk
apa ada yg sdh pake racechip pro utk vcdi faceliftnya?
kalo sdh ada yg pake,boleh donk di share settingan yg palingan optimalnya.

thanks..
Pake yang lama bisa ga Gan? Coba aja cek ke yang jual nya, kalopun beda paling konektor nya aja, dan bisa dipesen ke penjual konektornya.
sy sdh beli sih di beres samanhudi sama kepala mekaniknya langsung belinya.
dengan settingan default sy merasa kurang aja pnambahn tenaganya.
makanya sy lg cari referensi settingan yg paling optimal buat vcdi facelift ini.
siapa tau disini ada yg bisa share pngalaman gitu...?

bro ini yakin racechip nya untuk yg facelift? soalnya saya cek di web racechipnya belum ada untuk yg facelift
User avatar
ekoagusshm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Apr 08, 2009 18:53
Location: Purwakarta

Re: share captiva - PART 03

Post by ekoagusshm »

kampret wrote:
imsus2c wrote:Hitungan matematis (teori):

secara diameter total roda masih relatif sama, seharusnya ya tetep bisa masuk ke ruang penempatan ban serep
jadi kalau mau roda serep juga R17, musti dihitung berapa ukuran ban-nya supaya diameter total roda masih masuk ke tempat ban serep
kalau roda ukuran 215/70R16 bisa masuk kesitu, saya yakin ban 235/60R17 juga pasti bisa masuk, kemungkinan yg bakal sesak di aspek lebarnya, secara naik 20 mm (dari lebar 215 ke 235), tapi dari sisi luar diameter, pasti bisa masuk

cmiiw loh :ungg:
Bener Om, gak bisa masuk ke tempat ban serep karena masalah lebar ban-nya. tempat ban serepnya pas-pasan. seperti yg saya bahas diawal untuk ngelepasnya setengah mati kare ada pin pengunci yg panjang dan ukurannya juga ngepas, mana masih perawan lagi hehehe... mungkin tujuannya biar ban serepnya gak gerak2 yg malah nanti nambah bunyi2

di manual book juga jelas dibilang ban serep bersifat sementara, tidak untuk mengganti yg bawaan. ada batas kecepatan juga kalau gak salah (ayoo buka bukuu...). jadi kalau ada ban yg bocor segera tambal or kalau mesti ganti ya segera diganti baru, jangan pake ban serep lama2 kalau memang concern ama safety. kalau terpaksa ya bawa mobilnya pelan2 aja, jangan pake tarik-tarikan segala :wkkk:

nih tampilan waktu pake ban serep

Image
Penjelasan yang bagus Om Kampret, untuk masalah lebar ban lah yang bermasalah jika ukuran ban lebih dari 215/70/R16 dipaksakan masuk ke tempat ban serep.

Untuk kasus saya yang memakai ban berukuran 235/60/R17 apakah bisa di modif tempat dudukan nya menggunakan tempat dudukan pengganti yang agak lebar untuk memasang ukuran ban yang sama dengan 235/60/R17?
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: share captiva - PART 03

Post by AD74YA »

imsus2c wrote: Hitungan matematis (teori):

235/60R17, diameter total roda 714 mm
215/70R16, diameter total roda 708 mm
...


cmiiw loh :ungg:
:frm_salut: meneer...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: share captiva - PART 03

Post by imsus2c »

AD74YA wrote:
imsus2c wrote: Hitungan matematis (teori):

235/60R17, diameter total roda 714 mm
215/70R16, diameter total roda 708 mm
...


cmiiw loh :ungg:
:frm_salut: meneer...
masih cari konsep nulis review conti, :mky_01:

maafkan saya karena belum siap tayang mod test-drive
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 03

Post by Belphegor »

Image

Itu yang lagi angkat tangan, om kampret ya :mky_07: kidding om :wkkk:
HR11
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed May 02, 2012 3:56

Re: share captiva - PART 03

Post by HR11 »

Halo, newbie mau tanya neh:

1. Apakah disini sudah ada yang ganti ban?michelin atau toyo / lainya gitu?soalnya katanya byk yg bilang ban original captiva maxxis 215/70/R16 ini keras nga empuk?dan setelah diganti apakah ada perubahan secara signifikan?makin empuk nga?atau pengaruh skok?dicheck normal aja sih di bengkel.

2. Bangku bergetar sekali (suara: dardardagdag gitu)saat melintas diatas jalan bergeronjal apakah normal? Apakah ada solusinya..?

Captiva saya captiva 2009 yg sudah panel kayu dan MID. Biasanya saya naek all new crv..

Thanks...
kampret
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Thu Feb 16, 2012 9:52

Re: share captiva - PART 03

Post by kampret »

Belphegor wrote:Image

Itu yang lagi angkat tangan, om kampret ya :mky_07: kidding om :wkkk:
:wkkk: bener Oomm, jadi saya minta tolong difoto sama tukang parkir nih :D

jeli juga nih matanya om belphegor. btw bunyi2 gmn bro? udah jadi ke beres?
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 03

Post by Belphegor »

kampret wrote:
:wkkk: bener Oomm, jadi saya minta tolong difoto sama tukang parkir nih :D

jeli juga nih matanya om belphegor. btw bunyi2 gmn bro? udah jadi ke beres?
Bunyi duk2 dari belakang saya coba saran bro kampret utk atur ulang posisi kunci2, overall bunyi udah tereduksi banyak tapi tetep ada duk2, kalo bunyi yang kreket2 di belakang speedometer n bunyi console box sih no cure nih bro, saya taro tangan aja teken console box biar ga bunyi :mky_07: , mungkin ke depannya saya mao pasang jok kulit + wooden panel di bengkel interior sekalian suruh mereka yg beresin bunyi2nya, kalo di beres palingan bener sehari, besok kambuh lagi :big_slap:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 03

Post by evolution21 »

mantap um, mau pasang jok kulit beneran / semi?

sekalian tanya, kalo mau spon empuknya kaya xtrail bisa ga ya?
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 03

Post by Belphegor »

Rencana sih mao pasang jok kulit autoleder warna merah bata karena warna jok ini lagi IN, terus pasang wooden panel yg coklat kehijau2an. Untuk jok, mao dibikin model mobil sport juga bisa kok bro, bisa dirubah2 modelnya, saya juga rencana mao rubah dibikin sedikit mirip bucket seat yg meluk badan.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 03

Post by evolution21 »

ane pengen dibikin seempuk mungkin, otomatis kenyamanan pasti bertambah bro... hehe
jangan lupa diposting kalo dah jadi
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 03

Post by Good_boy86 »

Belphegor wrote:Rencana sih mao pasang jok kulit autoleder warna merah bata karena warna jok ini lagi IN, terus pasang wooden panel yg coklat kehijau2an. Untuk jok, mao dibikin model mobil sport juga bisa kok bro, bisa dirubah2 modelnya, saya juga rencana mao rubah dibikin sedikit mirip bucket seat yg meluk badan.
ditunggu fotonya om kalo uda selesai :D
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 03

Post by Good_boy86 »

evolution21 wrote:ane pengen dibikin seempuk mungkin, otomatis kenyamanan pasti bertambah bro... hehe
jangan lupa diposting kalo dah jadi
dibikin model DAD aja om. kan biasa kalo model DAD itu bentuknya jadi seperti sofa. dijamin empuk, tp jadi tambah sempit kyknya
kampret
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Thu Feb 16, 2012 9:52

Re: share captiva - PART 03

Post by kampret »

Belphegor wrote:Rencana sih mao pasang jok kulit autoleder warna merah bata karena warna jok ini lagi IN, terus pasang wooden panel yg coklat kehijau2an. Untuk jok, mao dibikin model mobil sport juga bisa kok bro, bisa dirubah2 modelnya, saya juga rencana mao rubah dibikin sedikit mirip bucket seat yg meluk badan.
bagus kalau pilihannya kesana bro, autoleder emang top. jangan tanggung2 pake leather. apalagi kalau bisa dibikin kaya bucket seat.
gw pake mastrotto, harga dapat bagus karena deal dengan sales, kualitas jahitan juga bagus, cuman minta bikin bucket seat orangnya gak bisa, mau upgrade ke autoleder gak punya barangnya dia. cuman busanya aja ditambahin, lumayan dudukan lebih empuk. tapi dibanding dengan jok standar emang jauhhhh bagusnya pake jok kulit.
minggu lalu ketemu sodara yg captivanya baru 200 km, pas liat ke dalam baru nyadar jok bawaan captiva gak ada kerennya, padahal dulu juga pake jok itu :D

agree sama bro evo, x-trail joknya empukkkk
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 03

Post by Belphegor »

Hehehe nanti om2 ya fotonya, masi lama kyknya, waktunya blom ada nih, soalnya masih jadi buruh harian :mky_04:

Kalo jok mao dibentuk2 harus cari bengkel interior spesialis jok yang terkenal om, kalo di daerah saya sih ada 1 yg terkenal : V*rtue C*ncept, biasanya sih orang2 kontes dah pada tau kualitasnya :mky_02:
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 03

Post by Good_boy86 »

tadi siang sudah ke beres untuk komplain masalah bunyi pada setir dan getar.
bunyi pada setir hilang, tp bunyi mesin malah masuk ke kabin. besok rencana kembali lagi untuk diperbaiki bagian karet (yg berhubungan dengan setir) yg nempel di firewall.
soal getar, tadi mekanik cuma periksa baut2 engine mounting dan dikencangkan aja. getaran jauh berkurang. tapi besok juga mau coba captiva sodara, apa bener ketika masuk R dan injak rem terasa bergetar di pedal rem nya.. kalo masuk D udah ga ada getaran.
heran aja, mobil baru keluar dari Pabrik kok baut engine mounting ga kencang tapi malah kendor.
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 03

Post by Belphegor »

Klo boleh tau betulin di beres gitu berapa lama yah bro? Saya juga pengen komplain tentang bunyi2 tapi ga ada waktunya nih senin-jumat jam 5 baru selesai kantor, sedangkan mobil dipake terus buat operasional.
User avatar
cheetose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Mon Mar 19, 2012 2:19

Re: share captiva - PART 03

Post by cheetose »

Image


Wuaaaaaa ga sengaja ketemu di jalan ada yg cantik, eh ternyata begitu di dekati ini captiva, cat nya Doff, warna nya seperti BMW M5 baru cm ini versi doff nya cantik banget, ini pakai cat apaan ya?

kalo powder coating mau nih, dimana bisa cat begini?
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 03

Post by Belphegor »

Bisa distikerin doff doang kok bro, tp saya sih lebih suka yg kilap :big_peace:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 03

Post by Belphegor »

Btw besok tgl 5 lho bro :mky_03:
User avatar
cheetose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Mon Mar 19, 2012 2:19

Re: share captiva - PART 03

Post by cheetose »

Belphegor wrote:Btw besok tgl 5 lho bro :mky_03:

yg ini bukan stiker, udah pelototin every detail kayanya terlalu perfect kalo stiker, tgl 5 bulan depan bro bukan bulan ini hahaahh
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 03

Post by Belphegor »

Walaaaaah lama pisan bro nunggunya, yang sabar ya bro :wkkk: