ekoagusshm wrote:Jelas tidak safety Om, karena berbeda ukuran dengan ban+velg yang lain nya. Hal ini hanya untuk darurat saja, ya secepatnya kalo dapet tambal ban langsung diganti lagi.alfiesar0903 wrote:Gua ngerasa aneh aja, ban ukuran 235/60/R17 koq ban serapnya 215/70/R16 dngn velg kaleng lg. Secara Safety gimana tu ya, apa ttp stabil ? Ada yg bs share yg sdh gunain ban serapnya ?
Saya pernah nanya juga untuk ban serep ini, kalo mau masukin ukuran 235/60/R17 dengan velg yang sama 17" ga bakal masuk ke tempat ban serep bertengger Om, sayang sekali menurut saya.
Untuk sesekali boleh dilihat juga cara kerja nya untuk membuka ban serep dari bagasi, saya baru buka ban serep 1.5tahun sejak pertama kali beli nih Captiva, ternyata ada bagian ulir yang susah dibuka. Akhirnya setelah bersusah payah+berkeringat bisa juga terbuka. Dan langsung saya bersihkan dan lumasi pake WD-40 supaya bersih.
Hitungan matematis (teori):AD74YA wrote:Ban serep beda ukuran sebenernya antara lazim dan nggak lazim... Banyak mobil menggunakan ban serep space saver biar hemat tempat dan tidak membebani mobil - ini masih lazim sampai sekarang...
Ban serep dengan velg normal nah ini yang paling lazim...
Mengenai ban serep ukuran normal tapi beda ukuran itu yang udah agak gak lazim sekarang... Biasanya dipake di mobil-mobil jadul... Mobil2 modern yang lain harusnya kalo gak ukuran normal ya space saver kalau gak malah gak ada serep sama sekali tapi ban nya RFT.
Agak lucu ya ban nya captiva menganut yang beda ukuran, terus tempat ban serep ga cukup buat ukuran 17". Mungkin kalau pakai space saver nggak kuat kali menahan beban SUV nya... Berarti ada kekurangan desain Captiva ini sehingga ga bisa muat ukuran bawaanya.. Nggak apa-apa sih sebenernya tapi bener itu unsur safety perlu diingat...
235/60R17, diameter total roda 714 mm
215/70R16, diameter total roda 708 mm
ada selisih sekitar 6 mm (ban kedua lebih kecil 0.8%), menurut saya, dari sisi pandang diameter roda meskipun tidak persis plek, tapi selisihnya masih minor dan masih bisa diterima dari segi safety
jika selisihnya lebih besar dari itu, dalam kondisi darurat sih masih bisa dipakai, asalkan tidak dipasang di poros yg berpenggerak, misalnya kalau penggerak depan (FWD), ban serep jgn dipasang diroda depan karena nanti putarannya ga sinkron antara kanan-kiri dan berpotensi merusak penggerak
demikian pula jika penggerak belakang (RWD), ban serep sebaiknya dipasang di roda depan.
tapi kalau mobil AWD, mau ga mau cari ban serep harus yg diameternya sama dengan ban yg terpasang
secara diameter total roda masih relatif sama, seharusnya ya tetep bisa masuk ke ruang penempatan ban serep
jadi kalau mau roda serep juga R17, musti dihitung berapa ukuran ban-nya supaya diameter total roda masih masuk ke tempat ban serep
kalau roda ukuran 215/70R16 bisa masuk kesitu, saya yakin ban 235/60R17 juga pasti bisa masuk, kemungkinan yg bakal sesak di aspek lebarnya, secara naik 20 mm (dari lebar 215 ke 235), tapi dari sisi luar diameter, pasti bisa masuk
cmiiw loh
