Ketikung pulak,...
SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
FWD + eRWD + 4WD + 4WD =
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Thu Jul 13, 2017 5:22
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Bentor
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Iya Om vp920b, saya juga lebih sering mati ISS nya. Logika saya mesin turbo biar ga langsung hilang pelumasan turbo nya dipasang turbo timer, ini malah dengan sengaja langsung mati. Takut malah ada imbas negatif ke turbo nya...vp920b wrote:Idle start stop tidak akan selalu jalan, karena dia harus ngisi daya dulu yang cukup baru idle start stop jalan.
Kasus begitu sama saja seperti di Merc or Beemer, akan selalu silang auto start stop kalau daya pengisian KERS/SHSV kalau di suzuki belum full. Kalau sudah full baru bisa start stop.
Deselerasi untuk mengisi daya dari rem(Kinetic Energy).
Saya sih kalau pun punya Ertidis, sudah pasti SHSV akan selalu off, maklum takut dinamo stater ama aki jebol karena Aki tidak bisa beli sembarangan.
Thanks
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Thu Jan 07, 2010 4:38
- Location: jkt|bdg|jog
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Kalo pake Pertadex CC nya masih lebih baik dicopot jg ya...KakaAde wrote: ↑Fri Jan 05, 2018 2:50ane psg GC dlangganan bengkel anak2 inova.. titik2nya lupaaryoicez wrote: ↑Thu Jan 04, 2018 18:02KakaAde wrote: ↑Wed Jan 03, 2018 4:54
kl ane penikmat mesn berisik... coz melihara inova diesel '14 jg
so far pake ertidis itu, enjoy dan maintenance gakribet .. hny saja tenaga rpm bwh krg nendang, tp kl dah diatas.. ngerih turbo VGT-nya...
(kndisi ertidis ane dah dcopot katalic converternya (si penghambat buangan gas) + psg ground cable
titik pemasangan ground cable dimana aja gan?
itu cuman copot katalicnya aja? gak nambah2 lagi pipa2nya?
sekrang aksel naik banget gak gan?
copot/buang CC... mal ulang pipanya...
stlh dcopot siulan turbo tdengar lbh jelas alias krn lbh plong buangannya... step1 optimalisasi mesin
or am I fool, goin' where the wind blows, see ya then...
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu Jun 22, 2017 6:47
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
udah pasang turbotimer kena berapa?Kijangers wrote: ↑Sat Jan 06, 2018 9:01Iya Om vp920b, saya juga lebih sering mati ISS nya. Logika saya mesin turbo biar ga langsung hilang pelumasan turbo nya dipasang turbo timer, ini malah dengan sengaja langsung mati. Takut malah ada imbas negatif ke turbo nya...vp920b wrote:Idle start stop tidak akan selalu jalan, karena dia harus ngisi daya dulu yang cukup baru idle start stop jalan.
Kasus begitu sama saja seperti di Merc or Beemer, akan selalu silang auto start stop kalau daya pengisian KERS/SHSV kalau di suzuki belum full. Kalau sudah full baru bisa start stop.
Deselerasi untuk mengisi daya dari rem(Kinetic Energy).
Saya sih kalau pun punya Ertidis, sudah pasti SHSV akan selalu off, maklum takut dinamo stater ama aki jebol karena Aki tidak bisa beli sembarangan.
Thanks
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Thu Dec 28, 2017 16:22
- Location: Banten
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
iya om... penghambat buangan gas..mas_amoh wrote: ↑Sun Jan 07, 2018 1:42Kalo pake Pertadex CC nya masih lebih baik dicopot jg ya...
lama kelamaan malah jd bikin mampet buangan gas, kl dah numpuk karbonnya..
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu Jun 22, 2017 6:47
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
kmren kata tukang knalpotnya, CC erdis sama spin beda.. di erdis itu di cor, jadi agak susah untuk "copot" CC tapi gak tau dehh di akalin sama tukangnya.. sekarng "siulannya" udahh kedengaren dari rpm bwah
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Thu Aug 03, 2017 2:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fiesta
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
gan nanya dong ada yg sebelumnya pake ertiga bensin ga sebelum ke ertidis? apakah perbedaann konsumsi bbmmnya signifikan banget untuk dalkot jkt yg super macet jam kantor? mau nanya pendapat real dari user yang pernah menggunakan langsung ertiga bensin nih karena ada rencana ambil ertidis tapi yang versi bensin khususnya second cukup menarik bagi saya terima kasih
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sun Dec 31, 2017 20:16
- Location: tegal
- Daily Vehicle: ertiga
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
sepi yak, masih pada baru baru mobilnya belum banyak oprek oprek wkwkwkw
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Dec 19, 2017 7:48
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Iya om..omozy wrote:sepi yak, masih pada baru baru mobilnya belum banyak oprek oprek wkwkwkw
Kalo saya belum brani oprek2... odometer masih d bawah 5000, mantau nyimak review dari user lain dulu :-)
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Kapan sih kluar metiknya,... Sepet bener pake manual di jkt,...
FWD + eRWD + 4WD + 4WD =
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Dec 19, 2017 7:48
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Cape deh lamanya susuki,...
FWD + eRWD + 4WD + 4WD =
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Thu Nov 09, 2017 6:30
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Sekedar sharing kemaren abis servis 10k cuma ganti oli SGO dan krn filter oli gak ada barang. Sekalian tes SGO kalo gak maknyus balik lagi ke castrol. [emoji3]
Ada yg punya inpo bengkel yg bisa ganti oli+filter diluar beres daerah Jaksel/tangsel ?
Terima kasih
Ada yg punya inpo bengkel yg bisa ganti oli+filter diluar beres daerah Jaksel/tangsel ?
Terima kasih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue Mar 27, 2018 4:14
- Location: cirebon
- Daily Vehicle: ertiga diesel
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Dear All, salam kenal, saya agung dari cirebon pemakai ertiga diesel.
permasalahan yang dihadapi oleh ertiga diesel adalah tidak adanya pemutus AC atau thermostat dikarenakan design mobil ini adalah untuk empat musim, dikarenakan kita di Indonesia ada dua musim jadi seakan-akan fungsi ini sangat mengganggu dan malah merugikan kita dalam hal konsumsi BBM.
Masalah ini juga saya hadapi pada saat saya meminang si ertiga diesel ini, tetapi karena jawaban dari bengkel resmi tidak bisa berbuat banyak akhirnya saya modifikasi ertiga diesel saya pakai temperatur kontrol yang banyak dijual di media online dan harganya juga relatif murah.
Hasilnya sudah berjalan sekitar 7000km dan sudah saya modif pakai temp kontrol ini mobil saya tidak pernah ada kendala, malah konsumsi BBM saya lebih irit lagi sampai tembus angka 26.9km/lt rute cirebon-jakarta.
permasalahan yang dihadapi oleh ertiga diesel adalah tidak adanya pemutus AC atau thermostat dikarenakan design mobil ini adalah untuk empat musim, dikarenakan kita di Indonesia ada dua musim jadi seakan-akan fungsi ini sangat mengganggu dan malah merugikan kita dalam hal konsumsi BBM.
Masalah ini juga saya hadapi pada saat saya meminang si ertiga diesel ini, tetapi karena jawaban dari bengkel resmi tidak bisa berbuat banyak akhirnya saya modifikasi ertiga diesel saya pakai temperatur kontrol yang banyak dijual di media online dan harganya juga relatif murah.
Hasilnya sudah berjalan sekitar 7000km dan sudah saya modif pakai temp kontrol ini mobil saya tidak pernah ada kendala, malah konsumsi BBM saya lebih irit lagi sampai tembus angka 26.9km/lt rute cirebon-jakarta.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 212
- Joined: Fri Jun 27, 2008 6:36
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Mantep nih, mungkin bisa dijelaskan detil langkah2 modifikasinya om...harjo wrote: ↑Tue Mar 27, 2018 4:34 Dear All, salam kenal, saya agung dari cirebon pemakai ertiga diesel.
permasalahan yang dihadapi oleh ertiga diesel adalah tidak adanya pemutus AC atau thermostat dikarenakan design mobil ini adalah untuk empat musim, dikarenakan kita di Indonesia ada dua musim jadi seakan-akan fungsi ini sangat mengganggu dan malah merugikan kita dalam hal konsumsi BBM.
Masalah ini juga saya hadapi pada saat saya meminang si ertiga diesel ini, tetapi karena jawaban dari bengkel resmi tidak bisa berbuat banyak akhirnya saya modifikasi ertiga diesel saya pakai temperatur kontrol yang banyak dijual di media online dan harganya juga relatif murah.
Hasilnya sudah berjalan sekitar 7000km dan sudah saya modif pakai temp kontrol ini mobil saya tidak pernah ada kendala, malah konsumsi BBM saya lebih irit lagi sampai tembus angka 26.9km/lt rute cirebon-jakarta.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Tue Jul 19, 2016 8:00
- Daily Vehicle: 2KD-FTV + DDIS 1300
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Iya nih om tlg di share biar kawan2 disini bisa ngobatin masalahnya.. karena suzuki benar2 import cbu tanpa membuat adaptasi sama sekali untuk iklim di indonesia...harjo wrote:Dear All, salam kenal, saya agung dari cirebon pemakai ertiga diesel.
permasalahan yang dihadapi oleh ertiga diesel adalah tidak adanya pemutus AC atau thermostat dikarenakan design mobil ini adalah untuk empat musim, dikarenakan kita di Indonesia ada dua musim jadi seakan-akan fungsi ini sangat mengganggu dan malah merugikan kita dalam hal konsumsi BBM.
Masalah ini juga saya hadapi pada saat saya meminang si ertiga diesel ini, tetapi karena jawaban dari bengkel resmi tidak bisa berbuat banyak akhirnya saya modifikasi ertiga diesel saya pakai temperatur kontrol yang banyak dijual di media online dan harganya juga relatif murah.
Hasilnya sudah berjalan sekitar 7000km dan sudah saya modif pakai temp kontrol ini mobil saya tidak pernah ada kendala, malah konsumsi BBM saya lebih irit lagi sampai tembus angka 26.9km/lt rute cirebon-jakarta.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Tue Jul 19, 2016 8:00
- Daily Vehicle: 2KD-FTV + DDIS 1300
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Mantap om.. rasanya memang cm di Budi Knalpot aja yang ready custom begitu... terimakasih infonyaKakaAde wrote:di budi knalpot permata hijau.... kndisi KM 1000, br jln sgitu ajah dah item gosong cataliticnya...u53r wrote: ↑Thu Jan 04, 2018 12:36Bongkar catalitic convnya dimana? Ganti downpipe yaKakaAde wrote: kl ane penikmat mesn berisik... coz melihara inova diesel '14 jg
so far pake ertidis itu, enjoy dan maintenance gakribet .. hny saja tenaga rpm bwh krg nendang, tp kl dah diatas.. ngerih turbo VGT-nya...
(kndisi ertidis ane dah dcopot katalic converternya (si penghambat buangan gas) + psg ground cable
intinya hrs dcopot/belah tuh CC, pengerjaannya dbuat ulang pipanya.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Mar 27, 2018 7:02
- Location: Medan
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Pagi, Siang, malam om,,, saya newbie disini.. pengguna Surtidis (medan), mau tanya untuk mencmpur bahan bakar Bio Diesel VS Dexlite aman gak ya? dan kalaupun terpaksa pakai Bio SOlar gimana tarikan mesin dan kualitas suaranya..?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SR3
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
wow...keren banget om bisa segitu. effortnya gak sampai bikin capek hati kan?harjo wrote: ↑Tue Mar 27, 2018 4:34 Dear All, salam kenal, saya agung dari cirebon pemakai ertiga diesel.
permasalahan yang dihadapi oleh ertiga diesel adalah tidak adanya pemutus AC atau thermostat dikarenakan design mobil ini adalah untuk empat musim, dikarenakan kita di Indonesia ada dua musim jadi seakan-akan fungsi ini sangat mengganggu dan malah merugikan kita dalam hal konsumsi BBM.
Masalah ini juga saya hadapi pada saat saya meminang si ertiga diesel ini, tetapi karena jawaban dari bengkel resmi tidak bisa berbuat banyak akhirnya saya modifikasi ertiga diesel saya pakai temperatur kontrol yang banyak dijual di media online dan harganya juga relatif murah.
Hasilnya sudah berjalan sekitar 7000km dan sudah saya modif pakai temp kontrol ini mobil saya tidak pernah ada kendala, malah konsumsi BBM saya lebih irit lagi sampai tembus angka 26.9km/lt rute cirebon-jakarta.
kalo driving normal dapet segitu, bisa ketagihan roadtrip jauh" mulu nih...
saya pemakai ertiga bensin kloter pertama, sudah hampir nginjak 6 tahun.
mesin masih gak beda jauh dgn pertama ambil dulu, masih relatif halus.
cuma ya, interior saja rada kuning" jorok gitu, maklum interior beige usia 6 tahun... isinya anak" .
lagi kepikiran ganti suasana ertidis buat harian.
kalau om harjo dalam kota biasanya dapat berapa fc nya dari beberapa kali pengamatan ?
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue Mar 27, 2018 4:14
- Location: cirebon
- Daily Vehicle: ertiga diesel
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Kalau untuk sekitaran kota rata2 kalau yang pakai saya bisa tembus 20km/lt tapi kalau yang bawa istri bisa 18km/lt, oh iya om mungkin weight to ratio perlu diperhatikan juga karena ertiga diesel saya bangku jok belakang saya lepas biar bisa muat lebih banyak barang om.., yang paling utama juga sebenarnya adalah drive stile kita yang harus perlu banyak belajar disesuaikan dengan karakter mobil apalagi buat diesel.
sekedar share pengalaman saya pemakaian sehari-hari, saya juga sering campur tuh dexlite sama biosolar, terakhir sering biosolarnya dan yg paling terasa adalah pijakan gas harus lebih dalem om dan konsumsi juga ngaruh sedikit lebih boros, tetapi kalau dihitung2 tetap jauh lebih irit duitnya, cuman perlu diperhatikan kalau sering pakai biosolar harus dibarengi dengan penambahan additive yg dicampur ke bahan bakar biar tidak membuat filter solar sama injector gampang kotor.
sekedar share pengalaman saya pemakaian sehari-hari, saya juga sering campur tuh dexlite sama biosolar, terakhir sering biosolarnya dan yg paling terasa adalah pijakan gas harus lebih dalem om dan konsumsi juga ngaruh sedikit lebih boros, tetapi kalau dihitung2 tetap jauh lebih irit duitnya, cuman perlu diperhatikan kalau sering pakai biosolar harus dibarengi dengan penambahan additive yg dicampur ke bahan bakar biar tidak membuat filter solar sama injector gampang kotor.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 212
- Joined: Fri Jun 27, 2008 6:36
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
oh ya om harjo, ditunggu langkah2 modif temperatur kontrolnya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Jok belakang gak sampe 20kg kyknya, hehehe...
Maksudnya gak ada thermostat itu gmn yak?
ACnya gak bs set suhu gt?
Emang India ada 4 musim yak?
Maksudnya gak ada thermostat itu gmn yak?
ACnya gak bs set suhu gt?
Emang India ada 4 musim yak?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
ditunggu jg om step modif masang termostatnya.. spertinya di mobil sy juga masalahnya sama
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue Mar 27, 2018 4:14
- Location: cirebon
- Daily Vehicle: ertiga diesel
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
om hafizh coba cari di online shop untuk temperature control harganya ngak mahal kok malah yang modulenya aja cuman ngak sampai 50K, kalau om paham cara bongkarnya buat yg di dashboard tinggal cabut dan putus kabel warna biru muda itu kepunyaan switch AC on/off, ntar tinggal pasang aja kabel dari alat temperature controlnya (relay pemutus dari module temp), untuk sensornya lubangi air hose atas seukuran sensor dan masukkan setengah sensor masuk kedalam air hose tersebut, untuk power 12vDC nya saya jumper dari lighter.
kalau om beli alat temperature control usahakan yg ada manualnya karena ntar perlu setting deadband/jarak mati target temperature buat menyalakan dan mematikan compressor.
sebenarnya system ini sama dengan thermostat AC biasa cuman harganya jauh lebih murah om, jangan kuatir saya sudah pakai alat ini sejak awal sampai sekarang berjalan lebih dari 7000km masih aman tidak ada pengaruh ke system yang lain.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45
Re: SUZUKI ERTIGA DIESEL OWNERS - Owner Ertiga DDIS share dan diskusi
Sekalian aja foto atau videonya om dan link beli alatnya. Garansi kelistrikan otomatis hilang ya? Tapi gatel jg sih kl ada problem serupa di mobil sendiri sementara beres ga bs ngapa2in. #user gx 13 yg lg mikir nyari ganti yg senyaman ertiga apaharjo wrote: ↑Wed Mar 28, 2018 6:27om hafizh coba cari di online shop untuk temperature control harganya ngak mahal kok malah yang modulenya aja cuman ngak sampai 50K, kalau om paham cara bongkarnya buat yg di dashboard tinggal cabut dan putus kabel warna biru muda itu kepunyaan switch AC on/off, ntar tinggal pasang aja kabel dari alat temperature controlnya (relay pemutus dari module temp), untuk sensornya lubangi air hose atas seukuran sensor dan masukkan setengah sensor masuk kedalam air hose tersebut, untuk power 12vDC nya saya jumper dari lighter.
kalau om beli alat temperature control usahakan yg ada manualnya karena ntar perlu setting deadband/jarak mati target temperature buat menyalakan dan mematikan compressor.
sebenarnya system ini sama dengan thermostat AC biasa cuman harganya jauh lebih murah om, jangan kuatir saya sudah pakai alat ini sejak awal sampai sekarang berjalan lebih dari 7000km masih aman tidak ada pengaruh ke system yang lain.