AdiP495 wrote: Thu Sep 20, 2018 2:02
Berarti makin muda tahun keluaran, makin cepet rusak ya.
Pernah ngomong2 dengan mekanik TAM yg sudah keluar dan sempat 8 tahun kerja disana. Dia bilang Toyota memang sengaja bikin mobil yang BC nya punya life span 3-4 tahunan saja, supaya konsumen segera ganti mobil toyota baru atau membeli spareparts sjg menghidupi beres Toyota.
makin kesini tech makin canggih, electrical & mechanical makin rumit, tujuan nya utk fitur & kenyamanan
tp resiko nya mbl makin ringkih, mbl jaman dl dgn tech sederhana rusak 1 cm benerin 1 bagian,
dl kebanyakan msh manual, skrg apa2 electric/automatic, jaman dl gak ada tuh power steering, power sliding & back door,
apa2 main banting aja
skrg ? contoh kaki2 dgn byknya link & joint2 (utk kenyamanan) klo 1 rusak bs ngerembet ke bagian lain, br bnrin bagian ini gak lama bagian lain kena
rajapb wrote: Wed Sep 19, 2018 14:04
kok saya yang rasa yang loyal ke brand mainstream itu banyak nya orang2 generasi lama\tua ya. Maaf banget bukan nya mau generalisir ya. Yang suka merk2 aneh kaya mazda, chevy dll kan kebanyakan malah milennial yang saya liat.
Apa mungkin setelah ganti generasi nanti di masa depan, peta penjualan mobil di indonesia gak bakal sama lagi? who knows
tergantung brand mainstream itu bs ngikutin perubahan jaman/trend gak ? klo mrk cpt tanggap thdp perubahan & bs ngikutin trend sesuai jaman nya ya peta penjualan bakal tetap
contoh toyota, selain kijang mrk berani ngeluarin Avana/Xenia, tnyata laku keras, konsumen suka, akhirnya brand lain rame2 ngeluarin LMPV
ujung2 nya pasar dibanjiri LMPV, klo gini apa Toyota yg pinter nangkep kebutuhan masy indo, atau mlh Toyota yg bikin trend sehingga akhirnya diikutin brand lain & market jd dibanjiri LMPV & ujungnya konsumen berasa 'digiring' ke LMPV ?