berasa kaya mesin perlu "effort" lebih utk maju om, kl dl waktu masi pake atf bawaan, di lepas gas mobil masi ngeloyor, sejak diganti si aisin, lepas gas, kaya kurang ngeloyor jadi nya
ane kmaren ganti di odo 42 rebu, skalian ganti oli gardan.. soalnya kl lg kena macet2an atau jalan d tol pas siang terik, transmisi nya bener2 jd bodoh, suka binggung harus turun gigi atau ngerespon naekin kecepatan, cuman kl lg masi baru nyala mesin, atau pagi2, enak2 aja
kl tuas mesin, soalnya dl anki ane jg sama kaya om, kl lewat jalan jelek bunyi gluduk2, bawa ke beres ampe pd binggung montirnya, kaki2 ga ad yg rusak sama sekali, steering rack ampe sempet dbuka trus dpasang lg, kaki2 di stel ulang dsb.. ga tau nya setelan dudukan kap mesin yg kelewat rendah doank, gt dstel, anteng skrg.
wahh anki ane type rakyat jelata om, kenop ac aj masi puter2.. kl d acc seh pertama nyala smua bentar, tp abis itu cuman tinggal lampu cek enjin, bgt mesin nyala, mati smua
mungkin bener kaya saran master hansen, filter oli nya pake yg apa ? dl d tret mana lupa ane, perna diinfokan ad type2 filter oli tertentu yg jangan dipake utk smua jenis ipah
quote=iamwewe post_id=1118203 time=1589463843 user_id=29014]
DOHC wrote: ↑Thu May 14, 2020 5:47
Utk yg nomer 2,
Yg om alamin d ventulel, dulu jg kejadian d anki ane, makanya ane sering blg transmisi nya rada bodoh, tp stelah ganti atf pake aisin, gejala bodoh tsb ud lmayan ilang, walaupun kl abis nyetir seruntulan rada lama suka kadang muncul bentar.
Cuman drawback si aisin, mobil jd berasa kurang langsam kl lg cruising, kaya ad yg nahan gt, beda waktu masi pake toyota WS bawaan
Yg nomer 3,
Coba tarik tuas kap mesin (tp kap jgn dbuka), lalu ventulel nya coba lewatin jalan jelek, masi gluduk2 ga ?
kurang langsam maksudnya gimana tuh ya om? kurang laju gitu? kalo ini standarnya malah saya rasa laju banget. masuk ke D kalo kita gak gas sama sekali aja masa speednya 20-22kph gitu kisarannya di komplek. si om ganti oli transmisi aisinnya di km brp? ada spek khusus nggak? biasa saya kijang di 75rebu sih oli gardan transmisi wakwakwka. mau kijang kapsul, mau gnki kemaren juga.
trus nomor 3.. seriusan tuh om, sorri nih, tapi apa korelasinya ya antara tarik tuas kap mesin dgn setir yg serasa steering rack rusak? takut banget kalo nyetir kondisi kap mesin ngggak kekunci bener. takut ngejeblak ke kaca depan ntar lagi...
btw om dohc ini ada satu pertanyaan lagi. venturer kan udh auto start stop. kalo saya nyalain mobil kan begitu masuk kabin mobil lsg injek pedal rem, gak pake lama lsg pencet tuh tombol. nahhh disini nih pertanyaannya. begitu transisi antara tuh mobil posisi acc (kalo pake konci kan ada switch acc tuh rumah kuncinya) dan full nyala idle gitu kadang ada nongol di layar mid warning oil pressure low itu kenapa ya?
tapi anehnya pas udh full nyala idle gitu itu tulisan langsung hilang. ini mobil juga dibawa normal2 aja nggak ada kendala aneh2.
sempet pikir:
1. apa jgn2 kurang oli (makan oli), tapi nggak kok. di test pake dipstik nya juga kondisi mesin di pagi hari belum dinyalain apa2 ya cukup kok di garis batasnya.
2. apa jgn2 switch oil pressurenya dapet cacat nih (di forum teambhp ada bahas sih crysta dan fortuner disana sempet recall)
3. apa jgn2 sensornya aja mungkin kotor
rata2 saya ikutin forum anki dan keluhan 2gd om f272 nggak ada bahas warning di mid nya.
untuk ganti oli mesin, udh dilakukan di km 15rb begitu mobil dateng gk lama lah pake lsg ganti oli mesin. pake motul 5w40 crdi ya kalo gk salah. 8liter lsg.
[/quote]