Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ChZ wrote: ↑Fri Dec 16, 2022 3:52
freed bawahnya amput lemot bgt itu akibat bobotnya >100kg lebih berat dari GE8. masalahnya enjinir di honda pede kita cukup tune torsi aja 1Nm, gak butuh itu shorter gearing. akhirnya itu freed kalo gak salah final gear lebih kasar tp rasio gigi nya sama kayak GE. combined dengan peaky characteristic dari mesin L15A7 torsi puncak baru di 4800 rpm.
emang tuh mobil nyampe top speed nya sakit buat minivan 1500cc thx to 118ps tapi buat kota-kota cuma dapet lemotnya.
kl ada dana agak lowong bisa coba pasang supercharger. di zamannya modif supercharger sprintex banyak buat GE/GM2/GB3
kl dana pas-pasang replacement filter, catless downpipe, remap. walau mau digimanain tetep rasa "lemot bawah" tetep ada krn emang mechanical characteristicnya itu.
gabungin keduanya lbh asik
extreme amat om padahal sih dulu saya bawa freed emang lemot tapi gearboxnya itu sangat konsistent dulu kondisi ud pecah metal aja masih bisa lari 120kmh padahal ud berusaha bawa pelan eh dia malah akselarsi sampe 120kmh di flyover casablanca
terus dulu saya bawa ke sukabumi di jagorawi pagi2x sepi ud di gas pelan eh dia naek mulu sampe 170kmh
gitu pula di cipularang tanjakan paling parah dia malah ngeden lari 120kmh
so far dulu saya pake semua tanjakan bisa dilibas sama freed kondisi stock padahal
b0ku wrote: ↑Fri Dec 16, 2022 4:05
extreme amat om padahal sih dulu saya bawa freed emang lemot tapi gearboxnya itu sangat konsistent dulu kondisi ud pecah metal aja masih bisa lari 120kmh padahal ud berusaha bawa pelan eh dia malah akselarsi sampe 120kmh di flyover casablanca
terus dulu saya bawa ke sukabumi di jagorawi pagi2x sepi ud di gas pelan eh dia naek mulu sampe 170kmh
gitu pula di cipularang tanjakan paling parah dia malah ngeden lari 120kmh
so far dulu saya pake semua tanjakan bisa dilibas sama freed kondisi stock padahal
ya cuma akselerasi si jangan nanya lemotnya
ho oh freed sih emang enaknya gitu macem BMW 318i pelan tapi pasti atau pelan pelan kenceng top speednya sakti beda ma sienta 100 up dah ngos-ngosan freed masih lari.
gpp lah kan ga sebut budget, kasih solusi paling mujarab pasang sprintex 30jt dulu sih
coba beli ini om setel ke LV6 berasa banget bedanya lv e (lv15) parah saking parah berasa bawa ferarri di gas dikit nyentak2x saking nyentaknya saya pakein S mulu pake mode E
lebih berasa daripada ganti kenalpot soalnya itu ngatur bukaan gas jd lebih agresive kalo setelan pabrik bukaannya pelit banget
kalo kenalpot pastiin barang yang dipake barang khusus matic DP FP ORD paling bagus buat gedein torsi bawah tambahin reson di center pipe muffler pake std aja paling bagus kalo buat matic jgn pasang aneh2x
siap om, terima kasih infonya. nanti saya coba beli TC
ariarbow86 wrote: ↑Fri Dec 16, 2022 2:54
ini bisa diaplikasiin ke freed ga om, bawahnya ampun bgt si freed?
freed bawahnya amput lemot bgt itu akibat bobotnya >100kg lebih berat dari GE8. masalahnya enjinir di honda pede kita cukup tune torsi aja 1Nm, gak butuh itu shorter gearing. akhirnya itu freed kalo gak salah final gear lebih kasar tp rasio gigi nya sama kayak GE. combined dengan peaky characteristic dari mesin L15A7 torsi puncak baru di 4800 rpm.
emang tuh mobil nyampe top speed nya sakit buat minivan 1500cc thx to 118ps tapi buat kota-kota cuma dapet lemotnya.
kl ada dana agak lowong bisa coba pasang supercharger. di zamannya modif supercharger sprintex banyak buat GE/GM2/GB3
kl dana pas-pasang replacement filter, catless downpipe, remap. walau mau digimanain tetep rasa "lemot bawah" tetep ada krn emang mechanical characteristicnya itu.
gabungin keduanya lbh asik
Om, kalau ada pertanyaan untuk cari jawaban as simple as possible:
- Kenapa harus pilih Jazz GE (L15A) dibanding GK (L15Z) ?
- Kenapa harus sebaliknya?
Mohon petunjuk ya, Om
Sharingan wrote: ↑Thu Apr 27, 2023 10:44
Om, kalau ada pertanyaan untuk cari jawaban as simple as possible:
- Kenapa harus pilih Jazz GE (L15A) dibanding GK (L15Z) ?
- Kenapa harus sebaliknya?
Mohon petunjuk ya, Om
1. Lebih luas potensinya kalau suka mechanical tuning. Kl mau beli GD manual aja malah enak msh pake exhaust header terpisah belum casted header. Bisa eksperimen pake panjang headernya.
2. Lebih irit dan halus. Kalau mau matic definitely GK over GE/GD. GE matic ga ada lari dan boros.
ariarbow86 wrote: ↑Fri Dec 16, 2022 2:54
ini bisa diaplikasiin ke freed ga om, bawahnya ampun bgt si freed?
freed bawahnya amput lemot bgt itu akibat bobotnya >100kg lebih berat dari GE8. masalahnya enjinir di honda pede kita cukup tune torsi aja 1Nm, gak butuh itu shorter gearing. akhirnya itu freed kalo gak salah final gear lebih kasar tp rasio gigi nya sama kayak GE. combined dengan peaky characteristic dari mesin L15A7 torsi puncak baru di 4800 rpm.
emang tuh mobil nyampe top speed nya sakit buat minivan 1500cc thx to 118ps tapi buat kota-kota cuma dapet lemotnya.
kl ada dana agak lowong bisa coba pasang supercharger. di zamannya modif supercharger sprintex banyak buat GE/GM2/GB3
kl dana pas-pasang replacement filter, catless downpipe, remap. walau mau digimanain tetep rasa "lemot bawah" tetep ada krn emang mechanical characteristicnya itu.
gabungin keduanya lbh asik
Om, kalau ada pertanyaan untuk cari jawaban as simple as possible:
- Kenapa harus pilih Jazz GE (L15A) dibanding GK (L15Z) ?
- Kenapa harus sebaliknya?
Mohon petunjuk ya, Om
preview-928x522.jpg
Spesifik Mesin jazz ge8/freed bukan gd3/gk5 lho yg dipake diatas,buat balap formula F
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Sharingan wrote: ↑Thu Apr 27, 2023 10:44
Om, kalau ada pertanyaan untuk cari jawaban as simple as possible:
- Kenapa harus pilih Jazz GE (L15A) dibanding GK (L15Z) ?
- Kenapa harus sebaliknya?
Mohon petunjuk ya, Om
1. Lebih luas potensinya kalau suka mechanical tuning. Kl mau beli GD manual aja malah enak msh pake exhaust header terpisah belum casted header. Bisa eksperimen pake panjang headernya.
2. Lebih irit dan halus. Kalau mau matic definitely GK over GE/GD. GE matic ga ada lari dan boros.
Ternyata civic,crv,dan hrv meskipun sama 1500cc vtec turbo beda tenaga,padahal rasio transmisi cvtnya sama semua
Dan ternyata variasinya banyak ada yg L15B(kode tambahan) dan L15C(kode tambahan) sampai 20 varian lebih (L15A saja ga sampe 10 varian)
Selain itu ada teknologi VTC yang menggantikan VTEC katanya vtc variabel timingnya di intake dan exhaust brati ga bisa sembarang ganti exhaust system dong
Apa bisa saling subtitusi part tuh dengan variasi mesin segitu banyak?
zonepublic wrote: ↑Tue Jun 20, 2023 8:11
Ternyata civic,crv,dan hrv meskipun sama 1500cc vtec turbo beda tenaga,padahal rasio transmisi cvtnya sama semua
Dan ternyata variasinya banyak ada yg L15B(kode tambahan) dan L15C(kode tambahan) sampai 20 varian lebih (L15A saja ga sampe 10 varian)
Selain itu ada teknologi VTC yang menggantikan VTEC katanya vtc variabel timingnya di intake dan exhaust brati ga bisa sembarang ganti exhaust system dong
Apa bisa saling subtitusi part tuh dengan variasi mesin segitu banyak?
lah ud ane tulis di depan om itu meskipun keknya sama 3-3nya itu beda semua
rasio CVTnya sama tp final drive rationya beda. di CRV lebih kasar krn bobot lebih berat beban roda jg paling gede.
civic FE1 aja beda sama FK4/FC1. FC1 dan FK4 ukuran turbonya beda gedean FC1. RW1 turbonya paling gede.
exhaust system mah gampang udah casted header cuma ganti downpipe frontpipe doank. di RV3 FE1 CV1 exhaustnya ada VTEC buat bantu putaran bawah.
lah iya makanya L15B NA dan turbo aja konon kalo dibongkar persamaannya ya sebatas blok bawah wong cylinder linernya aja beda. yg bisa substitute yang sama-sama turbo.
kata siapa salam satu mesin dr zaman GD3, klo belom pernah bongkar mah gampang ngemeng
zonepublic wrote: ↑Tue Jun 20, 2023 8:11
Ternyata civic,crv,dan hrv meskipun sama 1500cc vtec turbo beda tenaga,padahal rasio transmisi cvtnya sama semua
Dan ternyata variasinya banyak ada yg L15B(kode tambahan) dan L15C(kode tambahan) sampai 20 varian lebih (L15A saja ga sampe 10 varian)
Selain itu ada teknologi VTC yang menggantikan VTEC katanya vtc variabel timingnya di intake dan exhaust brati ga bisa sembarang ganti exhaust system dong
Apa bisa saling subtitusi part tuh dengan variasi mesin segitu banyak?
lah ud ane tulis di depan om itu meskipun keknya sama 3-3nya itu beda semua
rasio CVTnya sama tp final drive rationya beda. di CRV lebih kasar krn bobot lebih berat beban roda jg paling gede.
civic FE1 aja beda sama FK4/FC1. FC1 dan FK4 ukuran turbonya beda gedean FC1. RW1 turbonya paling gede.
exhaust system mah gampang udah casted header cuma ganti downpipe frontpipe doank. di RV3 FE1 CV1 exhaustnya ada VTEC buat bantu putaran bawah.
lah iya makanya L15B NA dan turbo aja konon kalo dibongkar persamaannya ya sebatas blok bawah wong cylinder linernya aja beda. yg bisa substitute yang sama-sama turbo.
kata siapa salam satu mesin dr zaman GD3, klo belom pernah bongkar mah gampang ngemeng
wait baru tau nih.. turbo fc1 dan fk4 beda ya. padahal masih generasi yg sama ya. apakah beda turbo ini menghasilkan output yg beda juga kalo di remap? trus civic FE.. kirain bener2 basic smua sama dia kaya FC. soalnya mesinnya cuma nambah output sedikit doang. pikiran saya, ah ini mah paling beda remap bawaan pabrikan aja.
skalian om bahas accord. itu turbo nya sama kaya si crv? soalnya output bawaanya 190ps juga kan ya.
zonepublic wrote: ↑Tue Jun 20, 2023 8:11
Ternyata civic,crv,dan hrv meskipun sama 1500cc vtec turbo beda tenaga,padahal rasio transmisi cvtnya sama semua
Dan ternyata variasinya banyak ada yg L15B(kode tambahan) dan L15C(kode tambahan) sampai 20 varian lebih (L15A saja ga sampe 10 varian)
Selain itu ada teknologi VTC yang menggantikan VTEC katanya vtc variabel timingnya di intake dan exhaust brati ga bisa sembarang ganti exhaust system dong
Apa bisa saling subtitusi part tuh dengan variasi mesin segitu banyak?
lah ud ane tulis di depan om itu meskipun keknya sama 3-3nya itu beda semua
rasio CVTnya sama tp final drive rationya beda. di CRV lebih kasar krn bobot lebih berat beban roda jg paling gede.
civic FE1 aja beda sama FK4/FC1. FC1 dan FK4 ukuran turbonya beda gedean FC1. RW1 turbonya paling gede.
exhaust system mah gampang udah casted header cuma ganti downpipe frontpipe doank. di RV3 FE1 CV1 exhaustnya ada VTEC buat bantu putaran bawah.
lah iya makanya L15B NA dan turbo aja konon kalo dibongkar persamaannya ya sebatas blok bawah wong cylinder linernya aja beda. yg bisa substitute yang sama-sama turbo.
kata siapa salam satu mesin dr zaman GD3, klo belom pernah bongkar mah gampang ngemeng
Nah itu lho,bingung sama honda sekarang ngapain sih bikin variasi banyak gitu,mbok ya sekalian bikin 1 mesin tp multipurpose buat banyak mobil sekalian,selain lbh gampang diperbaiki,stok sparepart juga ga terlalu banyak macam,klo kaya gini lifetime produk 20 taun ya ntar cari sparepartnya bakal sulit balik kaya jaman 2010an ketika honda indonesia cuma ada mesin L15a buat beberapa produk jazz,city,freed dan k24 buat crv accord
zonepublic wrote: ↑Tue Jun 20, 2023 10:56
Nah itu lho,bingung sama honda sekarang ngapain sih bikin variasi banyak gitu,mbok ya sekalian bikin 1 mesin tp multipurpose buat banyak mobil sekalian,selain lbh gampang diperbaiki,stok sparepart juga ga terlalu banyak macam,klo kaya gini lifetime produk 20 taun ya ntar cari sparepartnya bakal sulit balik kaya jaman 2010an ketika honda indonesia cuma ada mesin L15a buat beberapa produk jazz,city,freed dan k24 buat crv accord
Justru sekarang lebih simple.
Dulu mah ada R series. Skrg R series digantikan turbo/hybrid. Lbh ribet lagi R series cuma ngisi 1.6L-2.0L. sohc pula. Nanggung. Pdhl skrg aja ada K20C non turbo.
Biarpun R series itu breakthru engineering design di masanya sih. 1.8L iritnya kayak 1.5L
Beda printilan doank mah gampang om apalagi L15 turbo byk yang bikin aftermarketnya.
L15 turbo gantikan K series non turbo anggep aja. K series K20/K24 kan interchangeable.
Ya sama tapi beda... Gimana yak jelasinnya. Honda dari dulu juga selalu gini. Beda printilannya di improve terus ampe kayak mesin yang beda.
L15A1-A7-Z1 juga banyak bedanya kok om. A7 pake casted header, z1 udah ga pake TBR.
Last edited by ChZ on Tue Jun 20, 2023 11:25, edited 3 times in total.
iamwewe wrote: ↑Tue Jun 20, 2023 10:47
wait baru tau nih.. turbo fc1 dan fk4 beda ya. padahal masih generasi yg sama ya. apakah beda turbo ini menghasilkan output yg beda juga kalo di remap? trus civic FE.. kirain bener2 basic smua sama dia kaya FC. soalnya mesinnya cuma nambah output sedikit doang. pikiran saya, ah ini mah paling beda remap bawaan pabrikan aja.
skalian om bahas accord. itu turbo nya sama kaya si crv? soalnya output bawaanya 190ps juga kan ya.
Beda curve nya aja biasanya ga noticeable. Mungkin di titik tertentu FC1 lbh bisa di optimalin. Ane blom pernah setir FC1 remapan sih. Soalnya beda diameternya jg gak seberapa cuma 1mm apa ya.
Mustinya sama yah om. Tp torque accord CV1 lbh gede 20Nm keknya efek cam VTEC ex nya bikin exhaust scavenging lbh optimal di low rpm
iamwewe wrote: ↑Tue Jun 20, 2023 10:47
wait baru tau nih.. turbo fc1 dan fk4 beda ya. padahal masih generasi yg sama ya. apakah beda turbo ini menghasilkan output yg beda juga kalo di remap? trus civic FE.. kirain bener2 basic smua sama dia kaya FC. soalnya mesinnya cuma nambah output sedikit doang. pikiran saya, ah ini mah paling beda remap bawaan pabrikan aja.
skalian om bahas accord. itu turbo nya sama kaya si crv? soalnya output bawaanya 190ps juga kan ya.
Beda curve nya aja biasanya ga noticeable. Mungkin di titik tertentu FC1 lbh bisa di optimalin. Ane blom pernah setir FC1 remapan sih. Soalnya beda diameternya jg gak seberapa cuma 1mm apa ya.
Mustinya sama yah om. Tp torque accord CV1 lbh gede 20Nm keknya efek cam VTEC ex nya bikin exhaust scavenging lbh optimal di low rpm
keren2. kirain bnr2 salam satu mesin salam satu tranny. beda remapan awal pabrik aja wkwkwkw
iamwewe wrote: ↑Tue Jun 20, 2023 12:32
keren2. kirain bnr2 salam satu mesin salam satu tranny. beda remapan awal pabrik aja wkwkwkw
gitulah setelan pabrik om, ganti 1 komponen itu hampir pasti ganti komponen lain. buat compensate di ketahanannya. gak bisa lawan hukum alam om dikasih ke mobil beda karakter musti beda-beda juga.
sederhananya indo spec FK4 gak bisa tahan boost lebih dari 1.7bar. maks aman 1.5bar dapet 240hp-an sementara civic Si di amrik stock 1.3 bar 205hp pada ngeboost sampe 300hp wakakakaka. ntah itu mungkin 1.8 bar lebih. conrodnya lebih strong, otomatis part lain jg menyesuaikan.
sama kek BMW 320i dan 330i aja mesin B48 tapi internals beda.
yang selisih cuma 1-2 hp macem GB3 freed / GE8 aja keknya ada perbedaan panjang exhaust deh. klo downpipe frontpipe doang sih sama.
iamwewe wrote: ↑Tue Jun 20, 2023 12:32
keren2. kirain bnr2 salam satu mesin salam satu tranny. beda remapan awal pabrik aja wkwkwkw
gitulah setelan pabrik om, ganti 1 komponen itu hampir pasti ganti komponen lain. buat compensate di ketahanannya. gak bisa lawan hukum alam om dikasih ke mobil beda karakter musti beda-beda juga.
sederhananya indo spec FK4 gak bisa tahan boost lebih dari 1.7bar. maks aman 1.5bar dapet 240hp-an sementara civic Si di amrik stock 1.3 bar 205hp pada ngeboost sampe 300hp wakakakaka. ntah itu mungkin 1.8 bar lebih. conrodnya lebih strong, otomatis part lain jg menyesuaikan.
sama kek BMW 320i dan 330i aja mesin B48 tapi internals beda.
yang selisih cuma 1-2 hp macem GB3 freed / GE8 aja keknya ada perbedaan panjang exhaust deh. klo downpipe frontpipe doang sih sama.
kalo sampe beda negara itu sih bisa dipahamin. di brosur aja ada tulis kan spesifikasi disesuaikan di tiap negara beda2. ya mungkin compensate BBM yg beredar juga ya gampangnya.
tapi kalo sampe jeroan internal beda, padahal kode mesin sama, wah ini nih cuma dapet di serayamotor info2 gini wkwkwkw
Kaleng wrote: ↑Tue Sep 19, 2023 6:16
mau tanya om tante, valve clearance L15z1 ini bisa diset sama dengan L15Z kah, atau ada persamaan dengan L15Zx lain yang dijual global? thx.
coba check service manualnya aja masing2. biasa honda si setelannya ga beda2 amet.