EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 530
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Bibieight »

Bpurna wrote: Sat Jan 13, 2024 5:11 Wuling binguo hari ini sdh keluar harga baru tuh. Dapet subsidi jadi dibawah 400jt deh.

Penjualan mobil 2023 pada bilang lesu, mobkas juga ikutan hancur harganya.

BYD udh pasti tuh tgl 18 jan mau launching. Dealer juga udh ada di sunter yg saya tau. Utk harga kyknya gak murah2 amat kalo info sales. Tp ya siapa yg tau tiba2 launch gebrak harga murah. Dolphin di 375an, Atto3 di 450an, Seal di 675an. Tapi rasanya bakalan ada yg high spec Awd nya (0-100 3.8s) menarik nih.
Okay, sebagai korban batu segede helm di jalan tol, dan ternyata untungnya batere Ioniq 5 bisa diperbaiki (saya juga kagum sekagum2nya sama Hyundai Simprug, Hyundai Kanada sampe kalah jooooaaauuuh), liat batere BYD Atto dibongkar disini :

Jadi mikir, kalo ada apa2 ama BYD Atto mbenerinnya gimana ya. 2:20, BMS-nya disolder mati sama batere-nya, 4:00 sd 5:18 itu pake drill buat lepas spot drill cooling plate, 6:37 ternyata lem mati itu cooling plate ke batere.
Sambungan video lain :

Bus-barnya disolder mati antar batere.
Ini kan konsep cell to pack, ternyata kalo cell to pack semua solder mati :big_think: :big_think: :big_think: , masa iya ketemu nasib kayak saya ganti segelondong itu batere, besok IIMS harus nanya2 leasing ama insurer itung2annya gimana nih….
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5226
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Sat Jan 13, 2024 11:12
Bpurna wrote: Sat Jan 13, 2024 5:11 Wuling binguo hari ini sdh keluar harga baru tuh. Dapet subsidi jadi dibawah 400jt deh.

Penjualan mobil 2023 pada bilang lesu, mobkas juga ikutan hancur harganya.

BYD udh pasti tuh tgl 18 jan mau launching. Dealer juga udh ada di sunter yg saya tau. Utk harga kyknya gak murah2 amat kalo info sales. Tp ya siapa yg tau tiba2 launch gebrak harga murah. Dolphin di 375an, Atto3 di 450an, Seal di 675an. Tapi rasanya bakalan ada yg high spec Awd nya (0-100 3.8s) menarik nih.
Okay, sebagai korban batu segede helm di jalan tol, dan ternyata untungnya batere Ioniq 5 bisa diperbaiki (saya juga kagum sekagum2nya sama Hyundai Simprug, Hyundai Kanada sampe kalah jooooaaauuuh), liat batere BYD Atto dibongkar disini :

Jadi mikir, kalo ada apa2 ama BYD Atto mbenerinnya gimana ya. 2:20, BMS-nya disolder mati sama batere-nya, 4:00 sd 5:18 itu pake drill buat lepas spot drill cooling plate, 6:37 ternyata lem mati itu cooling plate ke batere.
Sambungan video lain :

Bus-barnya disolder mati antar batere.
Ini kan konsep cell to pack, ternyata kalo cell to pack semua solder mati :big_think: :big_think: :big_think: , masa iya ketemu nasib kayak saya ganti segelondong itu batere, besok IIMS harus nanya2 leasing ama insurer itung2annya gimana nih….
makannya diluar kan asuransi gak mau nerima EV kalo nerima biasa ratenya tinggi :mky_03:

kalo indo bisa laen cased karena labour murah itu blade battery ya yang atto???? :big_think:
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by the-mantal »

Kalo kata beberapa netizen, MG vs Wuling itu kaya Oppo vs Realme... Beda merk pdhl induk nya sama.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
808BB
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Fri Apr 11, 2014 9:53
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: ANH30 FJA300

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by 808BB »

b0ku wrote: Fri Jan 12, 2024 8:35
Zaxis wrote: Fri Jan 12, 2024 7:51
Jadi alasan pindah ke zenix dan herpi kenapa tuh om?
Kata nya kan onda mobil mewah sasis paling canggih

Itu di amrik lagi musim kaca belakang hrv pecah sendiri

https://www.motortrend.com/news/honda-h ... complaint/
range harganya ud gak di pasar gemuk om yang mau banyak cuma pada gak mampu akhirnya larinya bisa ke HRV sama jenik, dulu waktu orang gak punya OPSI suv di bawah CRV jualan crv itu gila banget sampe2x iu nyetok banyak dan harganya IU kalo gak salah lebih mahal 100jt dari ATPM laku juga ditambah jaman itu fortuner juga yang laku cuma bensin yang borosnya amit2x dieselnya loyo :mky_03:

gak lama keluar tuh juke jd orang punya pilihan CRV kemahalan beli juke kesana deh pasarnya terus lanjut sampe outlander makan pasar juke sampe akhirnya HRV keluar makan pasar outlander, juke dan CRV itu sendiri sejak ada HRV paling ketara jualan CRV itu meble banget :big_biglaugh:

skarang juga HRV kemakan kan sama WRV karena ada pilihan lagi yang lebih murah :mky_03:

naah kalo cerita soal jazz sama city hb ya nasibnya juga sama di makan dari dua arah yang pas2xan lari ke brio yang banyak duit lari ke HRV :big_biglaugh:

dan piara mobil diatas 500jt itu bukan masalah belinya orang males bayar pajaknya juga itu kek CRV sekarang aja bisa 10jtan kali pajaknya :big_bored:

ioniq cuma segitu dengan subisidi2x dan benefitnya mah sebenernya payah jualannya kan bebas gage stnk juga murah :big_biglaugh:

yang di ameriki itu HRV platfom civic om beda sama kita punya :big_biglaugh:

tapi bisa jadi next gen kita kebagian yang itu soalnya CRV sebenernya naek kelas kalo di mazda jatohnya jadi CX8 itu :big_biglaugh:

bisa jadi nanti gantinya HRV versi amrik terus HRV di ganti sama mobil indihe :big_weee:
Kalo udah beli mobil harga 800 jutaan kayak crv tapi masih males / ga bisa / ga mau bayar pajaknya berati ya memang belum pantas buat beli mobil harga segitu
GGL15 Obsidian
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by ddyta27 »

the-mantal wrote: Sat Jan 13, 2024 12:53 Kalo kata beberapa netizen, MG vs Wuling itu kaya Oppo vs Realme... Beda merk pdhl induk nya sama.
:mky_03:

tapi setelah harga wuling bingo dipotong ppn jadi kelihatan strategi SAIC dan positionnya..
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3765
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by kendibocor »

ddyta27 wrote: Mon Jan 15, 2024 0:36
the-mantal wrote: Sat Jan 13, 2024 12:53 Kalo kata beberapa netizen, MG vs Wuling itu kaya Oppo vs Realme... Beda merk pdhl induk nya sama.
:mky_03:

tapi setelah harga wuling bingo dipotong ppn jadi kelihatan strategi SAIC dan positionnya..
Kalo ga salah si MG bilang TKDN blm sampe 40%, kalo uda sampe 40% bisa turun lg kali dari 433 jt :upss:
Atau paling ya harga sama, si MG ambil margin dari situ lg.
dany_pos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by dany_pos »

Ini kan baru dari segi pajak n insentif ya harganya bisa turun, nanti klo teknologinya lama2 makin massal bakalan makin murah atau justru naik yg harga ev?

Yg bikin ane heran, di tengah mulai rame nya pasar ev, nissan kok malah redup ya? Padahal dulu ane kira nissan yg bakal diuntungkan karena udah punya pengalaman lama dengan leaf....
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by the-mantal »

dany_pos wrote: Mon Jan 15, 2024 1:37 Ini kan baru dari segi pajak n insentif ya harganya bisa turun, nanti klo teknologinya lama2 makin massal bakalan makin murah atau justru naik yg harga ev?

Yg bikin ane heran, di tengah mulai rame nya pasar ev, nissan kok malah redup ya? Padahal dulu ane kira nissan yg bakal diuntungkan karena udah punya pengalaman lama dengan leaf....
nissan R&D nya di motor listrik n controller nya doank, tapi ga ada R&D sama sekali buat baterai karena mereka ga produksi baterai sendiri. ditambah lagi sama supply chain mereka kan utamain perusahaan jepang yang ga berkembang sama sekali teknologi baterainya.

perusahaan2 ev yang sekarang kuat (tesla, byd) itu fokusnya di baterai - ga cm motor listrik n controller.
klo yg mobcin n mobkor (korea), diuntungkan sama supply chain mereka sendiri (supplier baterai mereka kaya CATL, LG, itu R&D nya jalan n teknologi baterainya mendominasi.)
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1682
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by AbdulHakim »

dany_pos wrote: Mon Jan 15, 2024 1:37 Ini kan baru dari segi pajak n insentif ya harganya bisa turun, nanti klo teknologinya lama2 makin massal bakalan makin murah atau justru naik yg harga ev?

Yg bikin ane heran, di tengah mulai rame nya pasar ev, nissan kok malah redup ya? Padahal dulu ane kira nissan yg bakal diuntungkan karena udah punya pengalaman lama dengan leaf....
Nissan mungkin mau nyusul Datsun om.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5226
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by b0ku »

the-mantal wrote: Mon Jan 15, 2024 2:14
dany_pos wrote: Mon Jan 15, 2024 1:37 Ini kan baru dari segi pajak n insentif ya harganya bisa turun, nanti klo teknologinya lama2 makin massal bakalan makin murah atau justru naik yg harga ev?

Yg bikin ane heran, di tengah mulai rame nya pasar ev, nissan kok malah redup ya? Padahal dulu ane kira nissan yg bakal diuntungkan karena udah punya pengalaman lama dengan leaf....
nissan R&D nya di motor listrik n controller nya doank, tapi ga ada R&D sama sekali buat baterai karena mereka ga produksi baterai sendiri. ditambah lagi sama supply chain mereka kan utamain perusahaan jepang yang ga berkembang sama sekali teknologi baterainya.

perusahaan2 ev yang sekarang kuat (tesla, byd) itu fokusnya di baterai - ga cm motor listrik n controller.
klo yg mobcin n mobkor (korea), diuntungkan sama supply chain mereka sendiri (supplier baterai mereka kaya CATL, LG, itu R&D nya jalan n teknologi baterainya mendominasi.)
keknya yang gak tahan listriknya om pabrik batre itu di negara eropa amrik jepang harga energnya mahal, di china malah di support dengan bangun nuklir sama batubara sebanyak2xnya terus, intinya costnya di teken pake plt SING penting murah masa bodo kotor makanya mobil listrik china jadi harganya kompetitif elon aja kabur pake batre china :drinking:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 530
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Bibieight »

the-mantal wrote: Mon Jan 15, 2024 2:14
nissan R&D nya di motor listrik n controller nya doank, tapi ga ada R&D sama sekali buat baterai karena mereka ga produksi baterai sendiri. ditambah lagi sama supply chain mereka kan utamain perusahaan jepang yang ga berkembang sama sekali teknologi baterainya.

perusahaan2 ev yang sekarang kuat (tesla, byd) itu fokusnya di baterai - ga cm motor listrik n controller.
klo yg mobcin n mobkor (korea), diuntungkan sama supply chain mereka sendiri (supplier baterai mereka kaya CATL, LG, itu R&D nya jalan n teknologi baterainya mendominasi.)
Kalo diomong, benernya Panasonic itu dah join bikin batere buat Tesla dah lama lho, sejak model Y dan S pertama keluar, jaman masih format 19865 yg buat notebook. Abis gitu Tesla yang batere cylindrical 2170 diproduksi di US sama Jerman itu juga pake Panasonic lho https://insideevs.com/news/670726/panas ... ry-nevada/ , nah yang diproduksi di Shanghai baru pake batere CATL bentuk prismatic https://insideevs.com/news/587455/batte ... tric-cars/
Belun lagi bangsa Sony, Toshiba kan mereka dah ngembangin li-ion sejak jaman jebot https://spectrum.ieee.org/lithium-ion-b ... 2662487214 , dari 1990-an buat alat2 elektronik.

Yang bikin bingung itu kenapa ya Nissan/Toyota/Honda ndak pake Panasonic, kalo pabrik fisik mereka kan benernya bisa bikin sendiri, tinggal ambil intellectual property-nya Panasonic. Atau jangan2 pabrikan Jepun semua pada over-leverage kebanyakan utang yak, sampe ndak sanggup bikin pabrik batere :big_think: :big_think: :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5226
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Mon Jan 15, 2024 3:12

Kalo diomong, benernya Panasonic itu dah join bikin batere buat Tesla dah lama lho, sejak model Y dan S pertama keluar, jaman masih format 19865 yg buat notebook. Abis gitu Tesla yang batere cylindrical 2170 diproduksi di US sama Jerman itu juga pake Panasonic lho https://insideevs.com/news/670726/panas ... ry-nevada/ , nah yang diproduksi di Shanghai baru pake batere CATL bentuk prismatic https://insideevs.com/news/587455/batte ... tric-cars/
Belun lagi bangsa Sony, Toshiba kan mereka dah ngembangin li-ion sejak jaman jebot https://spectrum.ieee.org/lithium-ion-b ... 2662487214 , dari 1990-an buat alat2 elektronik.

Yang bikin bingung itu kenapa ya Nissan/Toyota/Honda ndak pake Panasonic, kalo pabrik fisik mereka kan benernya bisa bikin sendiri, tinggal ambil intellectual property-nya Panasonic. Atau jangan2 pabrikan Jepun semua pada over-leverage kebanyakan utang yak, sampe ndak sanggup bikin pabrik batere :big_think: :big_think: :big_think:


yang laen lomba2x turunin emisi china kagak peduli yang peting gas produksi paling murah dan kompetitif akhirnya energy kotor pun di hajar sama mereka :mky_07:

inget yang susah listriknya buat pabrik batre itu :big_biglaugh:

nah ini beritanya
New $4B Panasonic electric vehicle (EV) battery factory in Kansas requires so much power that the facility will need its own COAL plant to run
https://www.naturalnews.com/2023-09-26- ... plant.html

:mky_07:
Bpurna
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Bpurna »

Pabrikan jepang kyk toyota memang ketinggalan urusan batre dan ev. Mereka yakinnya dengan hybrid dan hydrogen car. Tapi denger2 toyota bakal keluarin senjata pamungkasnya dengan batre solid state.

Kalau memang bener itu tech terbaik, range jauh dan charge cepet, dan yg plg penting harga murah… maka jepang bisa balik lagi menguasai ev market. Tapi rasanya berat, paling jadi niche market aja mobil diatas 1m semua.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2320
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by darrelund »

dany_pos wrote: Mon Jan 15, 2024 1:37 Ini kan baru dari segi pajak n insentif ya harganya bisa turun, nanti klo teknologinya lama2 makin massal bakalan makin murah atau justru naik yg harga ev?

Yg bikin ane heran, di tengah mulai rame nya pasar ev, nissan kok malah redup ya? Padahal dulu ane kira nissan yg bakal diuntungkan karena udah punya pengalaman lama dengan leaf....
pengalaman banyak tapi banyak mismanagement tu brand, makanya kg ada yg beres hasilnya. perkembangan mandek semua

nissin leaf 730jt tapi batere 40kwh, range 311km, mana air cooled pulak. dah gtu charger chademo. mau ngecas cepet dimana? :big_biglaugh:

harga segitu nambah sikit dpt i5 prime standard range dgn tech yg jauh lebi proper

ato tar ada byd seal :big_biglaugh:
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 674
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Dogies »

Mobil sekali pake (rusak buang) mahal2 amat yak... :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16454
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by ChZ »

darrelund wrote: Tue Jan 16, 2024 14:25
dany_pos wrote: Mon Jan 15, 2024 1:37 Ini kan baru dari segi pajak n insentif ya harganya bisa turun, nanti klo teknologinya lama2 makin massal bakalan makin murah atau justru naik yg harga ev?

Yg bikin ane heran, di tengah mulai rame nya pasar ev, nissan kok malah redup ya? Padahal dulu ane kira nissan yg bakal diuntungkan karena udah punya pengalaman lama dengan leaf....
pengalaman banyak tapi banyak mismanagement tu brand, makanya kg ada yg beres hasilnya. perkembangan mandek semua

nissin leaf 730jt tapi batere 40kwh, range 311km, mana air cooled pulak. dah gtu charger chademo. mau ngecas cepet dimana? :big_biglaugh:

harga segitu nambah sikit dpt i5 prime standard range dgn tech yg jauh lebi proper

ato tar ada byd seal :big_biglaugh:
pabrikan kebanyakan drama. bikin status joint venture juga nggak jelas akhirnya bingung sendiri kan pada mo jalan sendiri2 gak bisa egonya masih tinggi, mo jalan bareng kok statusnya bukan full ownership of the brand. trs pake kriminalisasi CEOnya sendiri saking gak maunya di akuisisi :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
korzlet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Apr 10, 2018 13:57
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Honda CRV Prestige

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by korzlet »

the-mantal wrote: Mon Jan 15, 2024 2:14
dany_pos wrote: Mon Jan 15, 2024 1:37 Ini kan baru dari segi pajak n insentif ya harganya bisa turun, nanti klo teknologinya lama2 makin massal bakalan makin murah atau justru naik yg harga ev?

Yg bikin ane heran, di tengah mulai rame nya pasar ev, nissan kok malah redup ya? Padahal dulu ane kira nissan yg bakal diuntungkan karena udah punya pengalaman lama dengan leaf....
nissan R&D nya di motor listrik n controller nya doank, tapi ga ada R&D sama sekali buat baterai karena mereka ga produksi baterai sendiri. ditambah lagi sama supply chain mereka kan utamain perusahaan jepang yang ga berkembang sama sekali teknologi baterainya.

perusahaan2 ev yang sekarang kuat (tesla, byd) itu fokusnya di baterai - ga cm motor listrik n controller.
klo yg mobcin n mobkor (korea), diuntungkan sama supply chain mereka sendiri (supplier baterai mereka kaya CATL, LG, itu R&D nya jalan n teknologi baterainya mendominasi.)
Bukannya ada Panasonic ya di jepang penghasil baterai top. Sel baterai punya tesla sebagian dari Panasonic tuh...
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by the-mantal »

korzlet wrote: Wed Jan 17, 2024 4:33

Bukannya ada Panasonic ya di jepang penghasil baterai top. Sel baterai punya tesla sebagian dari Panasonic tuh...
nah masalahnya teknologi baterai yang dipakai di Tesla, walau dibuat oleh panasonic, tp dimiliki sama Tesla.
jd ga bisa sembarang dijual ke pabrikan lain sepertinya.
lagipula harganya panasonic premium, n sampai skrg ga pernah dengar pabrikan EV lain pakai batere panasonic.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2320
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by darrelund »

Bibieight wrote: Mon Jan 15, 2024 3:12
the-mantal wrote: Mon Jan 15, 2024 2:14
nissan R&D nya di motor listrik n controller nya doank, tapi ga ada R&D sama sekali buat baterai karena mereka ga produksi baterai sendiri. ditambah lagi sama supply chain mereka kan utamain perusahaan jepang yang ga berkembang sama sekali teknologi baterainya.

perusahaan2 ev yang sekarang kuat (tesla, byd) itu fokusnya di baterai - ga cm motor listrik n controller.
klo yg mobcin n mobkor (korea), diuntungkan sama supply chain mereka sendiri (supplier baterai mereka kaya CATL, LG, itu R&D nya jalan n teknologi baterainya mendominasi.)
Kalo diomong, benernya Panasonic itu dah join bikin batere buat Tesla dah lama lho, sejak model Y dan S pertama keluar, jaman masih format 19865 yg buat notebook. Abis gitu Tesla yang batere cylindrical 2170 diproduksi di US sama Jerman itu juga pake Panasonic lho https://insideevs.com/news/670726/panas ... ry-nevada/ , nah yang diproduksi di Shanghai baru pake batere CATL bentuk prismatic https://insideevs.com/news/587455/batte ... tric-cars/
Belun lagi bangsa Sony, Toshiba kan mereka dah ngembangin li-ion sejak jaman jebot https://spectrum.ieee.org/lithium-ion-b ... 2662487214 , dari 1990-an buat alat2 elektronik.

Yang bikin bingung itu kenapa ya Nissan/Toyota/Honda ndak pake Panasonic, kalo pabrik fisik mereka kan benernya bisa bikin sendiri, tinggal ambil intellectual property-nya Panasonic. Atau jangan2 pabrikan Jepun semua pada over-leverage kebanyakan utang yak, sampe ndak sanggup bikin pabrik batere :big_think: :big_think: :big_think:
dia orang ngejernya SSB um, makanya setengah ati bikin EV. yg penting ada :big_biglaugh:

entah emg kulturnya begitu kli yah, demen reinvent the wheel

tapi itu PPES kan hasil toyota JV sama panasonic buat prismatic, hasilnya batt pack 71kwh bz4x

cuma entah japs EV ni motor listriknya boros semua :big_biglaugh:
linschneider
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by linschneider »

apa ada kabar trim xpower mau masuk sini? :upss: