Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1170
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ctopher7 »

b0ku wrote: ↑Wed Jan 22, 2025 1:05 saya punya boro2x remap om pertama termostart itu jebol di 70RB km an kalo gak salah kondisi mobil full stock itu, saya baru ganti dp fp aja pas overhaul biar sekalian sama ganti brake line HEL waktu itu, dan rack juga ud meler tuh di bawah jd sekalian overhaul racknya juga :mky_03:

kalo kipas keknya si umur 10thn soalnya bokap punya exced km 30rban tapi emang dia punya lebih jadul dari saya aja kena om ud 2 tahun lalu bedanya pas kena kipas bokap punya tempnya nahan sedikit di bawah temp mau overheat itu aja dia masih bisa pake jalan abis benerin kipas juga freonnya abis karena mesinnya mungkin panas, soalnya kemaren juga baru benerin kipas mirage itu juga acnya panas biarpun kipas ud bener freonnya abis, kalo dakar mah gak ada ampun lsg overhit :big_bored:

itu mirage juga km baru 60-70rban ge8 2013 km 100rb mah belom ada si kipasnya masalah cuma saya parno aja mungkin nanti sekalian ganti radiator kipasnya juga saya ganti pake ori honda juga :mky_03:

kalo saya bilang faktor tuningan dakar lebih berat bikin itu mobil malah lebih rentan kalo exced kan maen tuningan ringan turbo aja size ampir separo doank, cuma emang mitsunya juga gak niat kasih parts bagus kayak exceed aja malah radiator sama intercoller di kecilin ketauan banget costdownnya :big_bored:

lagian kalo di pikir2x juga mesinnya enakan exceed wong saya si tujuan buat angkut keluarga rame2x yang di butuhin tuh torsi gede di bawah , nah exceed enakan gitu spoolingnya cepet :big_think:

lagian saya jual si gara2x yang parah itu mobil gasnya gak tau napa suka off jd ke kemaren saya lagi tol tiba2x dia drop ke rpm idle terus saya gas gas gak ada respon akhirnya saya jalan pake torque conventer sampe turun tol lagi, untung saya baru naek gak jauh pintu keluar pluit pas sampe bawah tiba2x gas normal lagi kayak gak ada apa2x, nah sebelom dijual saya sempet scan tuh gak nemu apa2x om malahan lucunya saya ganti lampu rem yang ketauan :big_bored:

ya paling parah si faktor mau overhaul lagi ronde 3 dan di vonis musti ganti head ud deh saya nyerah takut juga di bawa nyokap kenapa2x soalnya yang overhaul ke 2 karena kipas itu yang kena apesnya nyokap pas lagi di cipularang pula, padahal overhaul pertama saya kerjain karena takut nyokap kenapa2x di jalan padahal mau gak usah overhaul juga gpp asal saya rajin nambahin collant aman kok itupun bisa sebulan kali baru kering kalo di pake terus :big_dunno:
tapi kalo anps kyknya dah aman ya om cooling systemnya. kebetulan dulu ops anps punya bokap tapi saya cuman numpang pake harian, doi dah jual mobilnya tiap 3-4 tahun jadi mungkin blom ktemu masalah apa apa :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ChZ »

msd wrote: ↑Tue Jan 21, 2025 4:54
Nah ini, pernah kejadian di mobil COP ortu, habis servis di beres yang melibatkan rotasi ban, sepertinya dudukan ban serep gak dikencangkan dengan benar. Lepas di jalan + mencelakai orang lain. Driver ortu baru sadar pas mampir ke masjid, sehabis shalat balik lagi lah nyusuri jalan dan ketemu jatuhnya dimana (entah gimana caranya). Ban serep sudah hilang, tapi kata warga setempat ada motor yang jatuh gara-gara ban tersebut. Besoknya ditelpon lah Operation Manager DKI I TAM-TSO + Branch Manager A2K Sunter, dan sepertinya jadi meeting besar masalah SOP ini.

Pernah juga klaim asuransi H+10 lebaran, B&P ramai kyk pasar. Memang sih ane gak ngantri (sudah ditunggu surveyor & setelahnya langsung didudukin di meja SA), tapi kualitas kerjanya bermasalah. Pas ambil unit, karet bawah bumper depan + mudguard FR LH (non OEM) lupa dipasang. Pucat tuh SA pas ane tanyai (kemana kedua part tsb.).
bengkel resmi (dan bengkel kebanyakan) itu selama konsumennya nggak ada keluhan, ya mereka akan kerjakan sekedarnya. makanya saya nggak heran banyak konsumen beralih dari bengkel resmi ke bengkel umum, karena bayar jasa gede tapi item pengecekan penting justru nggak dilakukan padahal di buku jelas semua itu.

di bengkel langganan saya dulunya ex orang bengkel resmi H dan emang terkenal rapih ikut SOP dari depan sampe selesai servis, tiap servis selalu dilakukan general check. sudah SOP nya, kalo ada temuan dikabarin ownernya.

Kalau di keluarga DNGA CVT ada mode S. Jadi bahan lelucon nih sama istri, kalau ane cukup rajin bolak-balik D <-> S kalau mau overtake, nanjak, dll., istri anteng aja di D tapi gas dibejek. Kyknya CVT (dan 4AT) selama gas gak dibejek, sengaja dibiarin main di RPM rendah biar kelihatan irit. Kalau gasnya dibejek dituduh kakinya gak sekolah, padahal kan "I paid for the whole tachometer, so I'm gonna use the whole tachometer" πŸ˜‹
karna algoritma berpikir transmisi matic modern itu kompleks oom. input dari pedal gas doang, dia harus kira-kira ini saya masuk gigi berapa, tapi nanti suhu transmisi gimana, suhu mesin gimana, makanya kalau transmisi matik modern digasnya nanggung biasa responnya beda-beda krn algoritma tadi.

matik itu justru suka bingungnya kalo macet, kalo jalan kosong cruise ngebejek sih sebenernya less stress lha orang giginya gak pindah2 sering. kalo macet nanggung itu kan justru sering pindah2.

makanya kalo orang bilang matik jangan dibejek sebenarnya nggak sepenuhnya bener. mau input pedal 80% kalo komputer gak mengizinkan ya dia gak kasih. yang bikin stress transmisi tinggi itu karna mobil habis macet-macetan stress tinggi tiba tiba dibejek, atau dari standstill diem terus digaspol dia harus kasih selip gede supaya torsi naik dulu.

proteksinya, ya cuma oli matik yang bagus. masalahnya kalo sering diginiin transmisinya rontok ya berarti oli transmisinya jelek.
Last edited by ChZ on Wed Jan 22, 2025 3:05, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12358
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: ↑Wed Jan 22, 2025 3:00
msd wrote: ↑Tue Jan 21, 2025 4:54
Nah ini, pernah kejadian di mobil COP ortu, habis servis di beres yang melibatkan rotasi ban, sepertinya dudukan ban serep gak dikencangkan dengan benar. Lepas di jalan + mencelakai orang lain. Driver ortu baru sadar pas mampir ke masjid, sehabis shalat balik lagi lah nyusuri jalan dan ketemu jatuhnya dimana (entah gimana caranya). Ban serep sudah hilang, tapi kata warga setempat ada motor yang jatuh gara-gara ban tersebut. Besoknya ditelpon lah Operation Manager DKI I TAM-TSO + Branch Manager A2K Sunter, dan sepertinya jadi meeting besar masalah SOP ini.

Pernah juga klaim asuransi H+10 lebaran, B&P ramai kyk pasar. Memang sih ane gak ngantri (sudah ditunggu surveyor & setelahnya langsung didudukin di meja SA), tapi kualitas kerjanya bermasalah. Pas ambil unit, karet bawah bumper depan + mudguard FR LH (non OEM) lupa dipasang. Pucat tuh SA pas ane tanyai (kemana kedua part tsb.).
bengkel resmi (dan bengkel kebanyakan) itu selama konsumennya nggak ada keluhan, ya mereka akan kerjakan sekedarnya. makanya saya nggak heran banyak konsumen beralih dari bengkel resmi ke bengkel umum, karena bayar jasa gede tapi item pengecekan penting justru nggak dilakukan padahal di buku jelas semua itu.

di bengkel langganan saya dulunya ex orang bengkel resmi H dan emang terkenal rapih ikut SOP dari depan sampe selesai servis, tiap servis selalu dilakukan general check. sudah SOP nya, kalo ada temuan dikabarin ownernya.

Kalau di keluarga DNGA CVT ada mode S. Jadi bahan lelucon nih sama istri, kalau ane cukup rajin bolak-balik D <-> S kalau mau overtake, nanjak, dll., istri anteng aja di D tapi gas dibejek. Kyknya CVT (dan 4AT) selama gas gak dibejek, sengaja dibiarin main di RPM rendah biar kelihatan irit. Kalau gasnya dibejek dituduh kakinya gak sekolah, padahal kan "I paid for the whole tachometer, so I'm gonna use the whole tachometer" πŸ˜‹
karna algoritma berpikir transmisi matic modern itu kompleks oom. input dari pedal gas doang, dia harus kira-kira ini saya masuk gigi berapa, tapi nanti suhu transmisi gimana, suhu mesin gimana, makanya kalau transmisi matik modern digasnya nanggung biasa responnya beda-beda krn algoritma tadi.

matik itu justru suka bingungnya kalo macet, kalo jalan kosong cruise ngebejek sih sebenernya less stress lha orang giginya gak pindah2 sering. kalo macet nanggung itu kan justru sering pindah2.
klo di bengkel resmi, harus diawasin dan masuk ke ruang kerja.
tp klo diawasin, lihat hasil kerjanya dan klo kita ngerti maintenance, dia nurut2 aja koq.
yg resek SA nya nyuruh tunggu di dalem, tp ya ngeyel aja "resiko sy tanggung", saya mau lihat lgs :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by b0ku »

ctopher7 wrote: ↑Wed Jan 22, 2025 2:42
tapi kalo anps kyknya dah aman ya om cooling systemnya. kebetulan dulu ops anps punya bokap tapi saya cuman numpang pake harian, doi dah jual mobilnya tiap 3-4 tahun jadi mungkin blom ktemu masalah apa apa :big_biglaugh:
saya gali2x si emang mesin 4D itu head nya gak kuat lagian L300 juga ada saya turun mesin 3x :big_biglaugh:

tapi yang 4N juga penyakitan kebetulan pas gali2x info yang 4D banyak juga yang 4N juga penyakitan :mky_03:

makannya saya bilang mendingan beli yotoya lah mana setelan torquenya lebih enak lagi tapi emang si kalo di tuning kaki2x chasis pajero itu jauh lebih enak :mky_03:

cuma masalahnya fortuner barang modifnya lengkap banget sampe pritilan kecil juga ada :mky_03:
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by iwansiagian »

Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1814
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by MSU »

iwansiagian wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 2:49 Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
wah siap om....ditunggu reportnya
kalo ga salah ingat om dulu pernah post yang pake avanza AT rutin bekasi bandung itu ya?
selain cvt-nya mungkin juga boleh share problem2 lainnya om...
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by iwansiagian »

MSU wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 3:12
iwansiagian wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 2:49 Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
wah siap om....ditunggu reportnya
kalo ga salah ingat om dulu pernah post yang pake avanza AT rutin bekasi bandung itu ya?
selain cvt-nya mungkin juga boleh share problem2 lainnya om...
Iya betul om MSU masih sekarang pake avanza CVT ini😊. Kalo mesin sih saya ga worry ya asal rutin ganti oli sesuai kualitasnya. Yang worry paling CVT dan kaki kaki setelah ganti Fwd. We will see om
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12358
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Suryaputra »

iwansiagian wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 3:16
MSU wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 3:12
iwansiagian wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 2:49 Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
wah siap om....ditunggu reportnya
kalo ga salah ingat om dulu pernah post yang pake avanza AT rutin bekasi bandung itu ya?
selain cvt-nya mungkin juga boleh share problem2 lainnya om...
Iya betul om MSU masih sekarang pake avanza CVT ini😊. Kalo mesin sih saya ga worry ya asal rutin ganti oli sesuai kualitasnya. Yang worry paling CVT dan kaki kaki setelah ganti Fwd. We will see om
Saya pikir, sbg sesama pengguna CVT jg, dah 1 dekade lebih.
dr jaman jazz gd3 - mobilio

selama kondisi
- jalan cruising dan gak betot2an
- ketika nanjak juga gasnya ditahan (jgn rata lantai)
- klo akselerasi bertahap (gak lgs gas poll)
- ganti cairan rutin
- ganti filter CVTF nya di 80-100rb km (opsional bisa cek dl kondisi filternya di dalam oil pan)

insya Allah aman yaa.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1577
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by singachu »

msd wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 0:13 TMO 0W-20 4 liter cuma 250rb di TokoHijau.
ini yakin asli ?

regards,
singachu
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 558
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by the-mantal »

iwansiagian wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 2:49 Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
Wah keren ini bakal dapet long term review dcvt. Btw emg biasa dapet konsumsi bbm berapa di avanza om? Xenia dcvt saya sih 1:25 jg gampang dapet klo di tol lari 90-100 konstan.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1814
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by MSU »

the-mantal wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 7:49
iwansiagian wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 2:49 Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
Wah keren ini bakal dapet long term review dcvt. Btw emg biasa dapet konsumsi bbm berapa di avanza om? Xenia dcvt saya sih 1:25 jg gampang dapet klo di tol lari 90-100 konstan.
itung 1:25 ni kayaknya dengan settingan di speedometer yg CFC kah om?
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by iwansiagian »

MSU wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 7:54
the-mantal wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 7:49
iwansiagian wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 2:49 Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
Wah keren ini bakal dapet long term review dcvt. Btw emg biasa dapet konsumsi bbm berapa di avanza om? Xenia dcvt saya sih 1:25 jg gampang dapet klo di tol lari 90-100 konstan.
itung 1:25 ni kayaknya dengan settingan di speedometer yg CFC kah om?
Saya brio itu 1:25 average om tol sekitar jabodetabek ya. Pernah bekasi bali itu average brio 1:21 nyetir ga yang zen driving, banyak juga di kec 120-140 km/jam. Kalo bener zen driving tuh brio di tol jabodetabek bisa saya average nya 1:27.
Nah kalo avanza tol jabodetabek paling saya dapat 1:21 sih itu juga udah much better sih buat avanza 3 baris ya dibanding avanza rwd😊
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 558
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by the-mantal »

MSU wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 7:54 itung 1:25 ni kayaknya dengan settingan di speedometer yg CFC kah om?
di avg om, sesuai post ane di home thread ane, pernah avg 1:27 reset di trans bandung n sampai rumah di cipinang jakarta.
pas pergi dari cipinang jakarta ke trans bandung cm dpt 1:20
rekor pernah itu pas isi bensin di rest area dekat cirebon tol cipali arah jakarta, perjalanan 200 km avg di 1:30 tp itu penumpang cm berdua n seperempat perjalanan matiin ac krn dingin.
iwansiagian wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 8:31 Saya brio itu 1:25 average om tol sekitar jabodetabek ya. Pernah bekasi bali itu average brio 1:21 nyetir ga yang zen driving, banyak juga di kec 120-140 km/jam. Kalo bener zen driving tuh brio di tol jabodetabek bisa saya average nya 1:27.
Nah kalo avanza tol jabodetabek paling saya dapat 1:21 sih itu juga udah much better sih buat avanza 3 baris ya dibanding avanza rwd😊
oh di tol jabodetabek sih emg susah dapet irit soalnya ga bs konstan - pasti ada aja halangan. tp 1:21 sih udah bagus banget itu hehe.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2460
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by darrelund »

msd wrote: ↑Tue Jan 21, 2025 4:54
Kalau di keluarga DNGA CVT ada mode S. Jadi bahan lelucon nih sama istri, kalau ane cukup rajin bolak-balik D <-> S kalau mau overtake, nanjak, dll., istri anteng aja di D tapi gas dibejek. Kyknya CVT (dan 4AT) selama gas gak dibejek, sengaja dibiarin main di RPM rendah biar kelihatan irit. Kalau gasnya dibejek dituduh kakinya gak sekolah, padahal kan "I paid for the whole tachometer, so I'm gonna use the whole tachometer" πŸ˜‹
oe pake pelos DNGA

ni girbok emang punya kecendrungan bingung mbah, dan proses learningnya juga klo oe rasa cukup panjang, baru agak mending di 5000km

dulu waktu awal" juga jerky nya ampun"an, sama nih tu kyk bawa kijang/portuner modelnya

kaki harus selalu nempel biar gigit, klo dilepas dikit (tap & glide) langsung ngeloss & naikin speed nya susah lagi :big_biglaugh:

makanya sejak itu oe betat betot sana sini aja, akhirnya skrg D / S gak ada bedanya :big_biglaugh:

emang didesain buat sruntulan kali yak
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2474
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ilhami »

CVT zenix dan Veloz apa bedanya ya?
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1690
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by lemonadelovers »

ilhami wrote: ↑Sun Jan 26, 2025 4:01 CVT zenix dan Veloz apa bedanya ya?
Zenix launch gear: geared to belt
Veloz split gear : belt to geared
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12358
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Suryaputra »

lemonadelovers wrote: ↑Sun Jan 26, 2025 4:16
ilhami wrote: ↑Sun Jan 26, 2025 4:01 CVT zenix dan Veloz apa bedanya ya?
Zenix launch gear: geared to belt
Veloz split gear : belt to geared
Jadi kemungkinan belt putus, lbh kecil di zenix.
Krn stress girboks tertinggi itu, akselerasi dr kondisi diam :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2474
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ilhami »

Direct Shift-CVT
d-cvt
https://www.gridoto.com/read/223615320/ ... cvt?page=2
Untuk Zenix hybrid tidak ada pulley dan belt CVT.
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... jelasannya
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12358
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: ↑Sun Jan 26, 2025 14:19 Direct Shift-CVT
d-cvt
https://www.gridoto.com/read/223615320/ ... cvt?page=2
Untuk Zenix hybrid tidak ada pulley dan belt CVT.
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... jelasannya
Iya ecvt
Mirip honda hev punya

Cuma honda bisa "simulated" gear ratio
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: ↑Sun Jan 26, 2025 7:24 Jadi kemungkinan belt putus, lbh kecil di zenix.
Krn stress girboks tertinggi itu, akselerasi dr kondisi diam :big_peace:
bisa di bilang CVT toyota sekarang pake 3 gear 1 gigi start 2 gear cvt.......... :mky_03:
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

b0ku wrote: ↑Tue Jan 21, 2025 22:09coba cari video scooty yang dia dia review crysler kalo gak salah disitu dia bilang ada customernya ikutin omongan dealer mobilnya gak sampe 100.000 ud jebol semuanya ada yang bandel pake mobil sama persis rajin ganti lendir malah awet sampe ratusan ribu km :big_biglaugh:

soalnya kata dealernya oli maticnya lifetime iye bener lifetime seumur idup maticnya kalo jebol ya maticnya mati beneran donk kagak boong :mky_07:

gimana gak turun duarbilitynya ganti oli mesin aja di suruh 10.000 itu kelamaan saya bilang apalagi di wakanda macetnya kayak orang gila ntar kayak freed di pake adek saya suka telat ganti oli akhirnya ring piston bocor alus di tambah faktor pas saya bawa kayak orang gila revvnya akhirnya mesin gak ada oli abis kebakar pecah tuh metal metal di bawah akhirnya musti overhaul semua :glodak:

tuh buktinya GE8 mesin sama awet2x aja di siksa pula :mky_07:
Kadang-kadang jadi berteori konspirasi, OEM emang sengaja bikin pedoman servis kyk gini biar mobilnya gak awet-awet amat. Gak cukup hanya dengan pemilihan part yang lebih pendek umurnya.
Suryaputra wrote: ↑Tue Jan 21, 2025 8:20- EPS (Steering Rack) (vs. hidrolik)
- CVT (vs. AT)
- EPB (vs. rem tarik)
- Velg gede = bushing lbh cepet kaput
- dll

ChZ wrote: ↑Wed Jan 22, 2025 3:00bengkel resmi (dan bengkel kebanyakan) itu selama konsumennya nggak ada keluhan, ya mereka akan kerjakan sekedarnya. makanya saya nggak heran banyak konsumen beralih dari bengkel resmi ke bengkel umum, karena bayar jasa gede tapi item pengecekan penting justru nggak dilakukan padahal di buku jelas semua itu.

di bengkel langganan saya dulunya ex orang bengkel resmi H dan emang terkenal rapih ikut SOP dari depan sampe selesai servis, tiap servis selalu dilakukan general check. sudah SOP nya, kalo ada temuan dikabarin ownernya.
Suryaputra wrote: ↑Wed Jan 22, 2025 3:03klo di bengkel resmi, harus diawasin dan masuk ke ruang kerja.
tp klo diawasin, lihat hasil kerjanya dan klo kita ngerti maintenance, dia nurut2 aja koq.
yg resek SA nya nyuruh tunggu di dalem, tp ya ngeyel aja "resiko sy tanggung", saya mau lihat lgs :big_biglaugh:
Sebenarnya di beres, saya berharap lebih teliti dari bengkel umum, kan lebih mahal? Saya amati, di beres cuma 1-2 orang pemilik/supir yang turun ke lantai servis (sisanya mendekam saja di ruang tunggu).

Gak bisa berharap pemilik/pembawa mobil mantau kerjanya mekanik, gak semuanya ngerti/peduli. Teorinya SA yang mengawasi, minimalnya pengerjaan sesuai prosedur, syukur-syukur lebih teliti dilakukan general check.
Jangan-jangan kejadian ini udah biasa, saya doang yang baru misuh-misuh (karena baru punya mobil) :mky_05: Akhirnya komplain juga ga ada gunanya.
ChZ wrote: ↑Wed Jan 22, 2025 3:00karna algoritma berpikir transmisi matic modern itu kompleks oom.
Avanza CVT kalau di mode S + gas dalem, dia bisa pura-pura jadi AT lho, bikin sensasi shift palsu. Harapan saya, mobil Jepang meka-troniknya gak seribet mobil Eropa = lebih awet + perawatan lebih praktis (cukup rajin ganti oli + strainer).
ChZ wrote: ↑Wed Jan 22, 2025 3:00yang bikin stress transmisi tinggi itu karna mobil habis macet-macetan stress tinggi tiba tiba dibejek, atau dari standstill diem terus digaspol dia harus kasih selip gede supaya torsi naik dulu.

proteksinya, ya cuma oli matik yang bagus. masalahnya kalo sering diginiin transmisinya rontok ya berarti oli transmisinya jelek.
Ya mungkin ada baiknya kita jangan pakai mobilnya buat drag race :mky_02:


iwansiagian wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 2:49Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
MSU wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 3:12wah siap om....ditunggu reportnya
kalo ga salah ingat om dulu pernah post yang pake avanza AT rutin bekasi bandung itu ya?
selain cvt-nya mungkin juga boleh share problem2 lainnya om...
Wah ini panjang langkah ini, pemakaian saya 29 bulan (39rb km) masih kalah sama pemakaian agan 5 bulan (43rb km). Tapi bisa jadi CVTnya awet kalau banyak dipakai jalan di tol (Bekasi β†’ Bandung = Cikampek + Cipularang + Padaleunyi?) dibanding macet-macetan di dalam kota. Asal di jalan tolnya gak kebut-kebutan ya... :big_grin:

Ditunggu reportnya gan, nanti kalau saya ada sesuatu rencananya akan update kesini juga.
Last edited by msd on Sun Jan 26, 2025 19:56, edited 3 times in total.
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

Suryaputra wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 3:32Saya pikir, sbg sesama pengguna CVT jg, dah 1 dekade lebih.
dr jaman jazz gd3 - mobilio

selama kondisi
- jalan cruising dan gak betot2an
- ketika nanjak juga gasnya ditahan (jgn rata lantai)
- klo akselerasi bertahap (gak lgs gas poll)
- ganti cairan rutin
- ganti filter CVTF nya di 80-100rb km (opsional bisa cek dl kondisi filternya di dalam oil pan)

insya Allah aman yaa.
Aamiin... Kemarin nekat post kesini nyari second opinion karena A2K Cibiru ngotot gak mau gantikan oli matic. Alhamdulillaah A2K Sunter mau (kuras CVTF + buka carter CVT + ganti strainer + ganti paking carter).


singachu wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 4:20
msd wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 0:13 TMO 0W-20 4 liter cuma 250rb di TokoHijau.
ini yakin asli ?
Rasanya yakin tidak asli :mky_01: (Post ini point 3)


the-mantal wrote: ↑Fri Jan 24, 2025 7:49Btw emg biasa dapet konsumsi bbm berapa di avanza om? Xenia dcvt saya sih 1:25 jg gampang dapet klo di tol lari 90-100 konstan.
Kalau saya, oli 10W-40 1:11 dalkot macet-macetan, 1:16 tol lari 100.
Oli 0W-20 1:13 dalkot macet-macetan, 1:22 lari 100. Oli apapun BBMnya Pertalite.


darrelund wrote: ↑Sat Jan 25, 2025 1:58ni girbok emang punya kecendrungan bingung mbah, dan proses learningnya juga klo oe rasa cukup panjang, baru agak mending di 5000km

dulu waktu awal" juga jerky nya ampun"an, sama nih tu kyk bawa kijang/portuner modelnya

kaki harus selalu nempel biar gigit, klo dilepas dikit (tap & glide) langsung ngeloss & naikin speed nya susah lagi :big_biglaugh:

makanya sejak itu oe betat betot sana sini aja, akhirnya skrg D / S gak ada bedanya :big_biglaugh:
Teori yang menarik, berarti dia 'belajar' dari cara mengemudi kitanya ya? Terus kalau ganti CVT (atau minimal ganti komputer CVT), blo'on lagi dong?


ilhami wrote: ↑Sun Jan 26, 2025 14:19Direct Shift-CVT
d-cvt
https://www.gridoto.com/read/223615320/ ... cvt?page=2
Untuk Zenix hybrid tidak ada pulley dan belt CVT.
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... jelasannya
Kalau udah begini jadi kepikiran, kenapa mobil hybrid gak pake genset aja?
Mesin β†’ alternator β†’ baterai
Baterai ↔ motor ↔ roda

Tugasnya mesin hanya 1: kalau baterai kurang dari 30%, menyala dan charge baterai sampai 80%. Selebihnya motor listrik yang gerakkan roda + regenerasi energi. Mestinya bisa lebih hemat BBM, mesin jalan pakai Atkinson cycle di RPM paling efisien.
Ah, tapi masih mimpi lah ane beli mobil hybrid, jauh budgetnya... :mky_05:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by b0ku »

msd wrote: ↑Sun Jan 26, 2025 19:54 Aamiin... Kemarin nekat post kesini nyari second opinion karena A2K Cibiru ngotot gak mau gantikan oli matic. Alhamdulillaah A2K Sunter mau (kuras CVTF + buka carter CVT + ganti strainer + ganti paking carter).
positif thinking aja biar cepet cepu................ :big_biglaugh:

untung ada yang mau om :mky_03:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2474
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ilhami »

topik ramai selainjutnya di SM adalah CVT dan baterai mobil listrik :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27529
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by DOHC »

ilhami wrote: ↑Mon Jan 27, 2025 1:15 topik ramai selainjutnya di SM adalah CVT dan baterai mobil listrik :ngacir:
baguslah

bosen jg liatnya oli mulu

lama2 ganti jadi serayaOli
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: