b0ku wrote: βTue Jan 21, 2025 22:09coba cari video scooty yang dia dia review crysler kalo gak salah disitu dia bilang ada customernya ikutin omongan dealer mobilnya gak sampe 100.000 ud jebol semuanya ada yang bandel pake mobil sama persis rajin ganti lendir malah awet sampe ratusan ribu km
soalnya kata dealernya oli maticnya lifetime iye bener lifetime seumur idup maticnya kalo jebol ya maticnya mati beneran donk kagak boong
gimana gak turun duarbilitynya ganti oli mesin aja di suruh 10.000 itu kelamaan saya bilang apalagi di wakanda macetnya kayak orang gila ntar kayak freed di pake adek saya suka telat ganti oli akhirnya ring piston bocor alus di tambah faktor pas saya bawa kayak orang gila revvnya akhirnya mesin gak ada oli abis kebakar pecah tuh metal metal di bawah akhirnya musti overhaul semua
tuh buktinya GE8 mesin sama awet2x aja di siksa pula
Kadang-kadang jadi berteori konspirasi, OEM emang sengaja bikin pedoman servis kyk gini biar mobilnya gak awet-awet amat. Gak cukup hanya dengan pemilihan part yang lebih pendek umurnya.
Suryaputra wrote: βTue Jan 21, 2025 8:20- EPS (Steering Rack)
(vs. hidrolik)
- CVT
(vs. AT)
- EPB
(vs. rem tarik)
- Velg gede = bushing lbh cepet kaput
- dll
ChZ wrote: βWed Jan 22, 2025 3:00bengkel resmi (dan bengkel kebanyakan) itu selama konsumennya nggak ada keluhan, ya mereka akan kerjakan sekedarnya. makanya saya nggak heran banyak konsumen beralih dari bengkel resmi ke bengkel umum, karena bayar jasa gede tapi item pengecekan penting justru nggak dilakukan padahal di buku jelas semua itu.
di bengkel langganan saya dulunya ex orang bengkel resmi H dan emang terkenal rapih ikut SOP dari depan sampe selesai servis, tiap servis selalu dilakukan general check. sudah SOP nya, kalo ada temuan dikabarin ownernya.
Suryaputra wrote: βWed Jan 22, 2025 3:03klo di bengkel resmi, harus diawasin dan masuk ke ruang kerja.
tp klo diawasin, lihat hasil kerjanya dan klo kita ngerti maintenance, dia nurut2 aja koq.
yg resek SA nya nyuruh tunggu di dalem, tp ya ngeyel aja "resiko sy tanggung", saya mau lihat lgs

Sebenarnya di beres, saya berharap lebih teliti dari bengkel umum, kan lebih mahal? Saya amati, di beres cuma 1-2 orang pemilik/supir yang turun ke lantai servis (sisanya mendekam saja di ruang tunggu).
Gak bisa berharap pemilik/pembawa mobil mantau kerjanya mekanik, gak semuanya ngerti/peduli. Teorinya SA yang mengawasi, minimalnya pengerjaan sesuai prosedur, syukur-syukur lebih teliti dilakukan general check.
Jangan-jangan kejadian ini udah biasa, saya doang yang baru misuh-misuh (karena baru punya mobil)

Akhirnya komplain juga ga ada gunanya.
ChZ wrote: βWed Jan 22, 2025 3:00karna algoritma berpikir transmisi matic modern itu kompleks oom.
Avanza CVT kalau di mode S + gas dalem, dia bisa pura-pura jadi AT lho, bikin sensasi shift palsu. Harapan saya, mobil Jepang meka-troniknya gak seribet mobil Eropa = lebih awet + perawatan lebih praktis (cukup rajin ganti oli + strainer).
ChZ wrote: βWed Jan 22, 2025 3:00yang bikin stress transmisi tinggi itu karna mobil habis macet-macetan stress tinggi tiba tiba dibejek, atau dari standstill diem terus digaspol dia harus kasih selip gede supaya torsi naik dulu.
proteksinya, ya cuma oli matik yang bagus. masalahnya kalo sering diginiin transmisinya rontok ya berarti oli transmisinya jelek.
Ya mungkin ada baiknya kita jangan pakai mobilnya buat drag race
iwansiagian wrote: βFri Jan 24, 2025 2:49Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
MSU wrote: βFri Jan 24, 2025 3:12wah siap om....ditunggu reportnya
kalo ga salah ingat om dulu pernah post yang pake avanza AT rutin bekasi bandung itu ya?
selain cvt-nya mungkin juga boleh share problem2 lainnya om...
Wah ini panjang langkah ini, pemakaian saya 29 bulan (39rb km) masih kalah sama pemakaian agan 5 bulan (43rb km). Tapi bisa jadi CVTnya awet kalau banyak dipakai jalan di tol (Bekasi β Bandung = Cikampek + Cipularang + Padaleunyi?) dibanding macet-macetan di dalam kota. Asal di jalan tolnya gak kebut-kebutan ya...
Ditunggu reportnya gan, nanti kalau saya ada sesuatu rencananya akan update kesini juga.