Tahun 2025 Hampir Semua Mobil Bekas usia 10 tahun, Kilometernya Puteran?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
loid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Fri Aug 05, 2022 8:25
Location: Bandung
Daily Vehicle: Xpanther

Re: Tahun 2025 Hampir Semua Mobil Bekas usia 10 tahun, Kilometernya Puteran?

Post by loid »

Ada alat buat muterinnya ternyata, baru tau
Screenshot_20250305_081558_Threads.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Redboost
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Tue Feb 14, 2017 12:08
Location: CGK-SRG

Re: Tahun 2025 Hampir Semua Mobil Bekas usia 10 tahun, Kilometernya Puteran?

Post by Redboost »

ketakutan yg saya alami sekarang wkwkwk menjelang lebaran mendadak butuh innova 1tr metik lawas udah ketebak harga dan kondisi aneka rupa tiap liat iklan cuma berharap semoga mobilnya gk bekas polesan ajaib dah paling males kalo udah liat kinclong kinclong begitu :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
2006 Honda Supra X 125 NF125SD
2018 Yamaha Lexi "125" B3F1
2014 Kijang TGN40R
2022 "Avanza" W101RE
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4967
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Tahun 2025 Hampir Semua Mobil Bekas usia 10 tahun, Kilometernya Puteran?

Post by Pboyz97 »

Salvanost wrote: Tue Feb 11, 2025 13:10 Tahun 2025 Hampir Semua Mobil Bekas usia 10 tahun, Kilometernya Puteran?
jarang ada mobil dijual dengan kilometer diatas 100-200.000
pasti odometernya 60k 80k 90k, apalagi sekelas mobil yang sering dipakai harian

apakah pasaran bekas suka mobil odometer dibawah 100.000?
lebih baik jual mobil sebelum odometer 100.000?
tergantung jenis mobilnya apa. kalo jenis mobil merek nonmainstream or mobil2 kelas luxury kaya mobil eropa or jepangan kelas 700 jt keatas sepertinya rata2 memang km nya ga terlalu tinggi, paling pemakaian normal aja, secara kalo ga makenya mayoritas dalkot doang ya dipake nya jg seminggu sekali or kl ada acara tertentu doang biasanya

tp kl mobil kaya avxen, calsig, agya ayla, rushter, pajero, innova, fortuner, jazz ,yaris, brio. hrv, ertiga yg notabene mobil yg memang dipake buat "harian" sepertinya kmnya rata2 gondrong minimal pemakaiannya 20rb / tahun . memang ada yg km asli ga putaran buat ukuran mobil harian, tp biasanya harganya "diatas harga pasaran" or perlu ketelitian lebih detil buat ngeceknya dr kondisi ban, mesin, interior dll sm recordnya kudu jelas jg. dan yg dibilang mas wahid ada benernya jg, apalagi buat mobil harian kaya avxen , rushter, innova, pajero ,fortuner , jazz, yaris sm HRV. dl pengalaman cek avxen pra barong 2015 kebawah sm innova reborn diesel buat stock dagangan udh cek lebih dari 10 unit 70-80% odonya puteran. diliat dr kondisi yg ga sinkron sm km nya, ada jg yg sy tau odonya puteran krn cek ke apps dealernya, which is ngga sesuai dengan odometer fisik pas hari pengecekkan dr mobil tersebut hehe

ya faktanya gitu, apalagi di kota saya jabodetabek, pengalaman saya 5 tahun bisnis mobekas jg mayoritas prefer km dibawah 100rb mau umur brpun jg. pernah bbrp kali saya jual mobil harian seperti avxen, innova diesel at, pajero, fortuner yg kmnya diatas 100rb (which is kalo dibagi per tahun pemakaiannya masih normal) yaitu masih dibawah 20rb per tahun, 90% lakunya ke luar jabodetabek, yg beli ada yg pedagang ada jg yg end user alias pemakai langsung

krn ya imagenya dibawah 100rb = mobil terawat dan ngga cape, serta part yg kudu diremajakan blm banyak. tp kalo diatas 100rb = pernyakitan, capek krn dipake tiap hari, kagak terawat serta banyak pr nya krn kudu banyak part yg kudu di remajakan . walaupun skrg sejak ada youtuber kek mas wahid dkk, mayoritas konsumen terutama diluar jabodetabek udh condong ga liat km dan tahun lg , tp lebih liat kondisi barang itu sendiri. walaupun di jabodetabek sendiri, image mobil seken tahun berapapun odo wajib dibawah 100rb mayoritas masih tertanam kuat. memang pernyataan saya agak nyelekit tp itulah fakta yg saya temukan di lapangan. sekali lg mohon maaf kalau ada pihak yg merasa tersinggung dengan pernyataan saya :big_peace:

kl saya lebih suka jual odo apa adanya tp servis rutin, ada aja kok yg bs menghargai kondisi barang, ga liat km. pengalaman jual mobil pribadi km agak gondrong buat pemakaian tahunnya ttp laku lumayan walaupun agak lama lakunya (diatas 2 minggu) dan akhirnya dibeli oleh org dr luar jabodetabek hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4967
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Tahun 2025 Hampir Semua Mobil Bekas usia 10 tahun, Kilometernya Puteran?

Post by Pboyz97 »

Redboost wrote: Wed Mar 05, 2025 3:37 ketakutan yg saya alami sekarang wkwkwk menjelang lebaran mendadak butuh innova 1tr metik lawas udah ketebak harga dan kondisi aneka rupa tiap liat iklan cuma berharap semoga mobilnya gk bekas polesan ajaib dah paling males kalo udah liat kinclong kinclong begitu :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
1tr rata2 msh banyak yg bagus kok. kl 2kd entah knp rata2 kondisinya udh capek kagak karuan, apalagi yg om cari yg matic, kondisinya rata2 masih cukup terawat dibanding varian bensin manual or dieselnya. kl mau aman bawa aja inspektor yg ngerti mobil jd udh ketauan apa aja plus minus dr mobil tsb sblm om beli hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3096
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Tahun 2025 Hampir Semua Mobil Bekas usia 10 tahun, Kilometernya Puteran?

Post by farizfsa »

untuk mobil perang memang susah cari yg km puteran, udah dua kali kena, satu alphard buat jualan, satu ranger buat pakean bakal kebun.
cari alphard km ga puteran sih lumayan susah.. apa lg sudah pada lebih canggih lg itu orang2 ga sekedar muter km nyulapnya :big_biglaugh:

ga semua mbl juga gampang ketauan udah di sulap km apa belum.. ex lexus 2014 saya jg mungkin kl kasi foto percaya km dibawah 100rb. kmrn saya baru tuker dengan peugeot 3008 2020, km 128rb ga puteran, ga mahal, kondisi sesuai km, belum polesan. km tinggi mblnya sehat harganya murah yaudah, toh buat kaki lagi bukan buat dipajang. make 3-5 tahun lg juga masih impas.
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 624
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Tahun 2025 Hampir Semua Mobil Bekas usia 10 tahun, Kilometernya Puteran?

Post by iwidiyanto »

beli camry xv40 3.5 Q th prod 2010, h beli 2011, satu setengah tahun yang lalu. stnk masih atas nama pt (tnkb 2 digit), meskipun saya beli ke perorangan (pasti sempat mampir di showroom). km 9x ribuan. saya yakin itu puteran (feeling saya udah km 2xx ribu), tapi ya gapapa emang saat itu spesies ini banyak dicari org dan harganya masuk akal (yg punya BU mau renov rumah). Suprisingly, ban serepnya baner2 masih perawan, entah ga pernah bocor atau gimana. Gak sampai 2 th saya pakai, odonya sekarang sudah 133 ribuan. Perbaikan sana sini ya pasti ada namanya juga onderdil capek, tapi masih enak2 aja dipakai mudik 600km lebih sekali jalan. Diajak jogging marathon di transjawa juga hayuk (kalau saya sedang mood)
Redboost
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Tue Feb 14, 2017 12:08
Location: CGK-SRG

Re: Tahun 2025 Hampir Semua Mobil Bekas usia 10 tahun, Kilometernya Puteran?

Post by Redboost »

Pboyz97 wrote: Sun Mar 09, 2025 16:03
Redboost wrote: Wed Mar 05, 2025 3:37 ketakutan yg saya alami sekarang wkwkwk menjelang lebaran mendadak butuh innova 1tr metik lawas udah ketebak harga dan kondisi aneka rupa tiap liat iklan cuma berharap semoga mobilnya gk bekas polesan ajaib dah paling males kalo udah liat kinclong kinclong begitu :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
1tr rata2 msh banyak yg bagus kok. kl 2kd entah knp rata2 kondisinya udh capek kagak karuan, apalagi yg om cari yg matic, kondisinya rata2 masih cukup terawat dibanding varian bensin manual or dieselnya. kl mau aman bawa aja inspektor yg ngerti mobil jd udh ketauan apa aja plus minus dr mobil tsb sblm om beli hehe
memang tidak semenyedihkan 2kd om tapi tetep susah cari unit yg seger dan akhirnya kemaren dapet dibantu sodara yg bisnis jual beli mobil karena ada client nya minta tolong jualin unit yg dulu beliau jual :big_grin:
2006 Honda Supra X 125 NF125SD
2018 Yamaha Lexi "125" B3F1
2014 Kijang TGN40R
2022 "Avanza" W101RE
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 997
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Tahun 2025 Hampir Semua Mobil Bekas usia 10 tahun, Kilometernya Puteran?

Post by zonepublic »

Redboost wrote: Wed Mar 05, 2025 3:37 ketakutan yg saya alami sekarang wkwkwk menjelang lebaran mendadak butuh innova 1tr metik lawas udah ketebak harga dan kondisi aneka rupa tiap liat iklan cuma berharap semoga mobilnya gk bekas polesan ajaib dah paling males kalo udah liat kinclong kinclong begitu :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Orang yang beli innova itu bermacam2 segmen beda dengan mobil lain macam sedan/blind van sekalian yang jelas segmennya
Ada segmen pejabat/ karyawan/ staff /operasional perusahaan/fleet /orang2 kampung/desa/kota kecil buat muat keluarga banyak dan cari yang harganya terjangkau dompet(biasanya pakai innova bensin manual) karena mereka ga kebiasa bawa matic
Ada segmen usaha travel/angkutan perdesaan/luar pulau biasanya pakai innova diesel manual
Ada segmen menengah atas biasanya malah pakai innova bensin matic karena mereka ga peduli kons bbm,biasanya pakai sopir jarang bawa sendiri selama sopirnya bisa rawat kendaraan ya terawat kondisinya paling worthed dibeli dan unit bagusnya banyak ini exterior interior dan permesinan peluang mintnya gede
Kalau pengguna diesel matic agak beragam karena termasuk model yang favorit segmennya biasanya pengguna yang setir sendiri atau yang suka modif performa&lampu
Tinggal kemampuan dompetnya gimana kalo yang aliran standaran ya ga aneh2 kondisinya tapi biasanya gatel modif kalo udah masuk komunitas minim2 ganti DP tutup EGR,kalo yang ga punya duit tapi banyak gaya biasanya modifnya norak ya hancur kondisi mobilnya,ga beda sama mobil capek buat travel kondisinya

Itulah kenapa saya ga masukin innova diesel meskipun buat mobil ke2 untuk jalan2 sama family,mending honda odyssey sekalian kalau saya
Redboost
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Tue Feb 14, 2017 12:08
Location: CGK-SRG

Re: Tahun 2025 Hampir Semua Mobil Bekas usia 10 tahun, Kilometernya Puteran?

Post by Redboost »

zonepublic wrote: Tue Jun 03, 2025 10:12
Orang yang beli innova itu bermacam2 segmen beda dengan mobil lain macam sedan/blind van sekalian yang jelas segmennya
Ada segmen pejabat/ karyawan/ staff /operasional perusahaan/fleet /orang2 kampung/desa/kota kecil buat muat keluarga banyak dan cari yang harganya terjangkau dompet(biasanya pakai innova bensin manual) karena mereka ga kebiasa bawa matic
Ada segmen usaha travel/angkutan perdesaan/luar pulau biasanya pakai innova diesel manual
Ada segmen menengah atas biasanya malah pakai innova bensin matic karena mereka ga peduli kons bbm,biasanya pakai sopir jarang bawa sendiri selama sopirnya bisa rawat kendaraan ya terawat kondisinya paling worthed dibeli dan unit bagusnya banyak ini exterior interior dan permesinan peluang mintnya gede
Kalau pengguna diesel matic agak beragam karena termasuk model yang favorit segmennya biasanya pengguna yang setir sendiri atau yang suka modif performa&lampu
Tinggal kemampuan dompetnya gimana kalo yang aliran standaran ya ga aneh2 kondisinya tapi biasanya gatel modif kalo udah masuk komunitas minim2 ganti DP tutup EGR,kalo yang ga punya duit tapi banyak gaya biasanya modifnya norak ya hancur kondisi mobilnya,ga beda sama mobil capek buat travel kondisinya

Itulah kenapa saya ga masukin innova diesel meskipun buat mobil ke2 untuk jalan2 sama family,mending honda odyssey sekalian kalau saya
awalnya saya kira mudah karena yg biasa pake metik dan bensin minimal bisa bensinin mobilnya yg borosnya macam 3.0 cc v6 itu ternyata gk dikit yg jual mobilnya karena udah melalui insiden yg gk ketolong lagi. ini aja dapet dari owner yang emang mau ganti mobil pas angkut mobilnya langsung saya pake buat safari mudik 3000 km tanpa ganti oli karena udah diservice gajauh dari saya beli cuman pr ganti laher roda aja sama rematchining disc depan karena geter saat ngerem di kec tinggi
2006 Honda Supra X 125 NF125SD
2018 Yamaha Lexi "125" B3F1
2014 Kijang TGN40R
2022 "Avanza" W101RE
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1108
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Tahun 2025 Hampir Semua Mobil Bekas usia 10 tahun, Kilometernya Puteran?

Post by rendr »

Baru ngalamin, odo 110rb aslinya service terakhir 2018 di 198rb.. yg gini2 ngurangin timbangan tinggal nunggu di yaumul hisab aja...
gaspol resing tim
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 997
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Tahun 2025 Hampir Semua Mobil Bekas usia 10 tahun, Kilometernya Puteran?

Post by zonepublic »

Redboost wrote: Tue Jun 03, 2025 10:32
awalnya saya kira mudah karena yg biasa pake metik dan bensin minimal bisa bensinin mobilnya yg borosnya macam 3.0 cc v6 itu ternyata gk dikit yg jual mobilnya karena udah melalui insiden yg gk ketolong lagi. ini aja dapet dari owner yang emang mau ganti mobil pas angkut mobilnya langsung saya pake buat safari mudik 3000 km tanpa ganti oli karena udah diservice gajauh dari saya beli cuman pr ganti laher roda aja sama rematchining disc depan karena geter saat ngerem di kec tinggi
Tipikal orang sini memang gitu,ga mau keluarin duit buat perbaikan,baik yg kaya maupun yang dompetnya pas2an
Anda beli mobil bekas kan ada aja kekurangannya,mau dibalikin asal ya harus telaten spend waktu dan duit makin bagus performanya ya makin mahal pula harga sparepart/aksesorinya,makin tua umurnya ya persentase spend dana perbaikan buat mobilnya supaya balik spt baru makin besar
Kalo sudah itung2 biaya reparasi lha kok dapat mobil baru,ya ganti mobil baru tapi turun kelas biasanya karena kemampuan ekonominya kalah dengan kenaikan harga mobil kelas itu
X252
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: Tahun 2025 Hampir Semua Mobil Bekas usia 10 tahun, Kilometernya Puteran?

Post by X252 »

Saya terakhir beli second tucson 2012 di tahun 2021, Odo gondrong 117.000 saya ambil aja soalnya tuker tambah sama mobil lama, perbaikannya lumayan hehe sama owner sebelumnya kurang terawat kayaknya. emang udah niat dirapiin jadi udah tau resikonya.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1651
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Tahun 2025 Hampir Semua Mobil Bekas usia 10 tahun, Kilometernya Puteran?

Post by t105erd »

X252 wrote: Tue Jun 03, 2025 13:20 Saya terakhir beli second tucson 2012 di tahun 2021, Odo gondrong 117.000 saya ambil aja soalnya tuker tambah sama mobil lama, perbaikannya lumayan hehe sama owner sebelumnya kurang terawat kayaknya. emang udah niat dirapiin jadi udah tau resikonya.
di FB ada yg share abis dipakai di tol trans jawa ke enakan cruising sampe 160kpj sampe mesinnya jebol, katanya ada kekurangan desain di oil pump nya. emang bener yah om? itu buat tucson atau santa fe saya lupa.