[ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16786
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by ChZ »

black2345 wrote: Thu May 22, 2025 7:11 Kegalauan yg hampir sama, daily skrg pake xpander untuk luar kota & hrv se 21 untuk dalam kota, all new ertiga dipake nyonya

Perlu mobil yg sekali jalan sekitar 400an km, rute 50% tol 50% jalan antar kabupaten non tol. Pake xpander ngerasa kureng bgt tenaganya. Rencana tuker guling ke unit baru, antara reborn 2.4G atau zenix hybrid G

Bokap prefer ke zenix krn anti diesel, tp sy malah pengen ngerasain power disel yg enak dipake selap selip luar kota. Pertanyaannya adalah apakah zenix hybrid G ini bisa imbangin keasyikan selap selip rebon diesel?
tempo ari dari semarang jakarta semarang PP , sering banget liat zenix apapun tipenya ugal termasuk yang bengsin.

jadi kayaknya enak kali buat ugal.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1651
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by t105erd »

vulvy8858 wrote: Wed Mar 26, 2025 3:09
rfq wrote: Fri Feb 21, 2025 16:54 Selamat malam semuanya,

Saya sedang dalam proses mencari unit untuk peremajaan kendaraan yang saya pakai saat ini. Saat ini saya menggunakan Innova 1TR V M/T 2016, sebelumnya juga pernah pakai GNKI 1TR V M/T. Dari pengalaman saya, Reborn Bensin manual yang saya gunakan sudah cukup nyaman dan terasa ada peningkatan di semua aspek dibandingkan model sebelumnya. Namun, karena usianya sudah hampir 10 tahun, saya berencana mencari pengganti yang lebih fresh.

Saya rencananya ingin membeli unit bekas, dan setelah mencari di marketplace, saya menemukan beberapa opsi yang cukup menarik dengan harga mirip-mirip dan kondisi mulus, yaitu:
  • Venturer 1TR A/T Facelift 2021 – Kilometer ±50 ribu, harga sekitar 350 jutaan
  • Innova Reborn 2GD V A/T 2018/2019 – Kilometer ±70 ribu, harga sekitar 360 jutaan (kurang tau ini kilometer asli atau puteran, yang penting bukan bekas tabrak/banjir)
  • Zenix V Gasoline 2022/2023 – Kilometer ±30 ribu, harga sekitar 360 jutaan
Penggunaan saya mayoritas di Jabodetabek, sesekali liburan full penumpang ke Bandung/Lembang/Ciwidey, dan kalau mudik full penumpang biasanya via Trans Jawa dengan sedikit rute tanjakan di Jawa Timur. BBM yang saya pakai selama ini Shell Super/V-Power, kecuali saat rental 2GD G A/T 2024 di Jawa Timur yang pakai solar subsidi karena disediakan barcode-nya.

Yang jadi pertimbangan saya:
  • Venturer 1TR A/T 2021 → Dapat unit facelift, fitur lebih lengkap dibanding Reborn biasa, tahun lebih muda. Oh iya, saya juga masih consider ini karena 1TR Reborn sekarang juga sudah bisa diremap, tenaga naik jadi +-150 HP & torsi +-205Nm (belum tahu apakah cukup signifikan kenaikannya)
  • Reborn V 2GD A/T 2018/2019 → Memang lebih tua tahunnya, tapi diesel tenaganya lebih terasa ngisi terus. Waktu rental 2GD G A/T 2024 i art, yang saya rasakan tenaganya enak banget buat tanjakan dan perjalanan jauh, di tol surabaya-malang tiba-tiba udah 140 aja tanpa perlu rpm meraung-raung, selain itu konsumsi BBM juga lebih irit (asumsi saya isi pertadex)
  • Zenix V Gasoline 2022/2023 → Lebih baru, lebih fresh, beda dengan Reborn, dan kabin lebih luas (sempat coba di showroom), tapi saya sempat lihat review yang menunjukkan kesulitan saat menanjak yang cukup curam dengan full penumpang.
Dari ketiga pilihan ini, saya masih ragu mana yang paling worth it. Mungkin ada suhu-suhu di sini yang punya pengalaman atau insight terkait kenyamanan, konsumsi BBM, atau hal lain yang perlu saya pertimbangkan?

Terima kasih banyak!
honest speaking
presently di rumah ada 2 zenix G hybrid
dulu pake 2GD A/T non i-ART 2016
sempet pake 2GD i-ART 2022 dan 1TR Dual VVT-i A/T 2019

buat tenaga
Zenix HV -> Reborn lawas -> Reborn iART -> Reborn Bensin
Zenix G asal pake oktan 95 sama oli 0-20 0 ke 165 nya cepet
reborn lawas rasa rasaku lebi gesit dari iART, iART baru nendang diatas 2000 rpm, reborn lawas lebih responsif
reborn bensin ya sudahlah

buat konsumsi BBM (asumsi sama sama pake oktan 95 non pertamini / diesel non pertamini
Zenix HV -> Reborn iArt -> Reborn lawas -> Reborn bensin
ini average fuel cons ya
Zenix HV 1:16
Reborn iART 1:12
Reborn lawas 1:11
Reborn Bensin 1:9


Cruising Ability di 140 kpj
Reborn Bensin -> Reborn iART -> Reborn lawas -> Zenix HV
cruising di 3200 rpm pake Reborn bensin sangaaaattt enak, lebih enak dr Reborn Diesel menurut sy
Reborn Diesel yang iART cruising di 140 masi cepet naiknya kl gas dirunut, yg lawas mesti ada effort dikit, dan belom sehalus yang bensin
Zenix 140 kpj uda berisik angin sama setirnya ga semantep reborn

Daya Tanjak 6 penumpang
Reborn lawas -> Reborn iART -> Zenix HV -> Reborn Bensin
Reborn diesel no debat dah kl buat nanjak
Zenix HV asal dapet momentum juga enak2 aja nanjaknya
Reborn bensin ya sudahlah

biaya perawatan
Reborn Bensin -> Reborn Lawas -> Reborn iART -> Zenix HV
Reborn Bensin cukup ganti 4 busi, filter udara, oli mesin, dan will survive diapain juga
reborn diesel apalagi iART kl kena solar jelek . . . sama olinya 7.5 liter, lumayan

Zenix. . .
unit A
10rb km service AC krn kurang dingin
20rb km kena driveshaft
32rb km kuras matic krn mulai grejel2
40rb km ganti kampas rem depan

unit B
7rb km rem bunyi2 sampe skrg di 9000 km

Durability
Reborn Bensin -> Reborn Lawas -> Reborn iART -> Zenix HV
check bab biaya perawatan, dan reborn bensin lebih worry free dari yang diesel kecuali worry about konsumsi BBM nya . . .
Kalo baca ini inget thread sebelah yg bahas bmw, banyak yg kegocek ngambil bmw 4 silinder karena pengen irit, ternyata iritnya harus di bayar sama maintenance dan lain2, malah ternyata mesin 6 silinder yg lebih bandel.

Kaya 1TR dan diesel/hybridnya innova. Bensin paling boros tapi perawatan paling gampang
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3215
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by walid_007 »

yg hibrid ini dibilanh enak banged kagak tp lebih demen dipake dr yg lain.
dibilang superior kagak
asoy . empuk n eazy to drive.
cocok aja buat dalkot n lukot. no issue n eazy
500 jt kerasa cocok.
kunci lepas aja tiap ke mall ato hotel. biar valet n bodo amat.
engine roaring!
kuturambut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Sat Feb 09, 2019 12:17

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by kuturambut »

Vote for Zenix. Karena om sudah terbiasa pakai innova bensin, lansung saja upgrade ke tipe terbaru. Non hybrid perawatan lebih simple dan untuk penggunaan jangka panjang juga tidak perlu memikirkan maintenance baterai.

Reborn 2GD memang menarik, apalagi untuk ditweak performancenya. Namun maintenance juga lebih mahal diesel.
Contohnya oli 7.5 liter (8 botol/2galon), filter solar, filter oli, purging, dan cleaning intake apabila km sudah tinggi, EGR terpasang, dan biosol pula. Purging dan intake cleaning all mungkin 2jt sendiri
Bandingkan dengan zenix oli 5 liter (5 botol), filter oli, carbon clean.

Jika diasumsikan bbm menggunakan 92 untuk zenix, dan Dexlite/shell/BP untuk reborn 2GD.
Kondisi full stock, maka fuel cons zenix juga considerate tidak boros, lebih irit dari 1TR.

2GD cost bbm akan lebih murah jika pakai biosol, tapi mainenance tahunan lebih tinggi di cleaning (purging, intake, filter2)
Jika 2GD pakai bbm bagus, mesin lebih bersih, umur filter lebih panjang, interval ganti filter & purging bisa dikurangi
2GD menarik jika sudah ditweaking (remap, EGR block, DP, FP, etc etc)

Jadi terserah pilihan om hehehe
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by vulvy8858 »

t105erd wrote: Mon Jun 02, 2025 8:28 Kalo baca ini inget thread sebelah yg bahas bmw, banyak yg kegocek ngambil bmw 4 silinder karena pengen irit, ternyata iritnya harus di bayar sama maintenance dan lain2, malah ternyata mesin 6 silinder yg lebih bandel.

Kaya 1TR dan diesel/hybridnya innova. Bensin paling boros tapi perawatan paling gampang
1TR selama ada bensin, pelumas, busi sehat dan aki kondisi baik, akan selalu aman2 saja, om..

binsin pertalet ready dan dia ga akan ngoceh2
pelumas bisa pake 5-30 apa 0-20 kasta eco pun dia ga ngomel wkwkwk
busi emang rada mahal dan kl pake pertalet usia pake nya pendek tapi mudah ganti nya

yang mesti dibayar cuma boros dan boyo nya aja
kl ga bermasalah dgn boros dan boyo, sikat
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012