Tentang supra x 125 PGM-FI
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Sat Nov 15, 2014 7:41
Re: Tentang supra x 125 PGM-FI
oli pake shell aja yang 10w-40 buat motor supra x 125 pgm-fi, klu mpx kurang cocok aja sama oli ini. motor injeksi ya seharusnya pake pertamaax, kan motor canggih baiknya di beri minuman bagus juga.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Tentang supra x 125 PGM-FI
white11 wrote:oli pake shell aja yang 10w-40 buat motor supra x 125 pgm-fi, klu mpx kurang cocok aja sama oli ini. motor injeksi ya seharusnya pake pertamaax, kan motor canggih baiknya di beri minuman bagus juga.
Pengalaman pake shell cuma enak di awal saja ntar kalo sering jalan jauh sama macet kemampuan oli berkurang jauh, penguapan oli juga terhitung lumayan tinggi kudu sering2 cek oli shell ax-7 yg ane coba..
Pertamina enduro racing juga enak tarikan haluss cuma performa agak kalah sama shell, paling sip ya castrol power 1 kwkwkw.. Tarikan enak bisa sampe 2k kalo misal kepepet juga masih enak...
Jujur ini motor jarang dipake tapi sekali ane pulang n make udah pasti minimal 1k dalam 1 minggu hahahaha... BBM dari awal sih pertamax cuma kemaren habis dari pacitan kehabisan pertamax yaa terpaksa isi premium...
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 290
- Joined: Wed Sep 24, 2014 15:13
Re: Tentang supra x 125 PGM-FI
Baru jual supra 125 masa abdi 7thn, body lecet smua, odo 65k, masi laku 5jt
Oli valvoline mantep.
Oli valvoline mantep.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: RE: Re: Tentang supra x 125 PGM-FI
Jenis RON BBM ngga bergantung pada injeksi atau karbu. Injeksi dan karbu itu sistem pasokan bahan bakar. Sedangkan Ron adalah kemampuan bahan bakar untuk menahan gempuran kompresi mesin agar ngga meledak duluan di ruang bakar sebelum dipantik api busi . Sedikit korelasinya adalah, kalo pake injeksi semprotannya lebih akurat timing masuk dan debitnya disesuaikan dengan parameter debit udara, suhu sekitar dan massa udara.white11 wrote:oli pake shell aja yang 10w-40 buat motor supra x 125 pgm-fi, klu mpx kurang cocok aja sama oli ini. motor injeksi ya seharusnya pake pertamaax, kan motor canggih baiknya di beri minuman bagus juga.
Sedangkan RON BBM berkaitan LANGSUNG dengan kompresi mesin. Mau itu karbu, tapi kalo kompresinya 10:1, ya tetep wajib RON 95.
Mau itu injeksi tapi kompresi lemah 8,8:1, minimal ron88, maksimal ron 90-92.
Jadi sudah benar kalo Suprex kompresi 9an:1 dikasi ron92. Itu baru bener. Energi keluar, grip gas ga perlu puter grip terlalu dalem. Ini yg menyebabkan irit. Jadi seimbang. Bukan hanya menang irit tapi tenaga underpowered seperti halnya kalo diisi ron95. Overkill.
Demikian semoga bermanfaat.
Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Moderator
- Posts: 4463
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Tentang supra x 125 PGM-FI
Borosnya seberapa, om? Rekor saya pakai premium memang cuma 1:58, rute macet, dan kalau kosong langsung ngacir.batumakam wrote:Ini motor boros amat ya kalo pake premium dibetot langsung nyut nyuy itu meteran bensin
Tapi kalo pertamax beuh irit gila rekor ane 66kpl
Sayang oli mpx bawaan ahond kagak enak, klaimnya sih sampe 4000km lah ini baru 1,5k aja udah ndut ndut begini kwkw.. Besok ganti castrol power 1 pengalaman di mx jadi ngacir tuh motor.....
no signature
-
- SM Moderator
- Posts: 4463
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: RE: Re: Tentang supra x 125 PGM-FI
Setujuh... pake ron 95 tenaga hampir gak ada bedanya, konsumsi bbm iritnya beda dikiiiiiiiit sama ron 92, malah boros di kantong.VanzMatic wrote:Jenis RON BBM ngga bergantung pada injeksi atau karbu. Injeksi dan karbu itu sistem pasokan bahan bakar. Sedangkan Ron adalah kemampuan bahan bakar untuk menahan gempuran kompresi mesin agar ngga meledak duluan di ruang bakar sebelum dipantik api busi . Sedikit korelasinya adalah, kalo pake injeksi semprotannya lebih akurat timing masuk dan debitnya disesuaikan dengan parameter debit udara, suhu sekitar dan massa udara.white11 wrote:oli pake shell aja yang 10w-40 buat motor supra x 125 pgm-fi, klu mpx kurang cocok aja sama oli ini. motor injeksi ya seharusnya pake pertamaax, kan motor canggih baiknya di beri minuman bagus juga.
Sedangkan RON BBM berkaitan LANGSUNG dengan kompresi mesin. Mau itu karbu, tapi kalo kompresinya 10:1, ya tetep wajib RON 95.
Mau itu injeksi tapi kompresi lemah 8,8:1, minimal ron88, maksimal ron 90-92.
Jadi sudah benar kalo Suprex kompresi 9an:1 dikasi ron92. Itu baru bener. Energi keluar, grip gas ga perlu puter grip terlalu dalem. Ini yg menyebabkan irit. Jadi seimbang. Bukan hanya menang irit tapi tenaga underpowered seperti halnya kalo diisi ron95. Overkill.
Demikian semoga bermanfaat.
Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
Perbandingan ron 92 (berdasarkan pengalaman pribadi)
1. Pertamax: tenaga ajib, suara mesin kasar. FC selalu di atas 1:50
2. Shell Super: tenaga kurang, suara mesin halus. FC sangat ajaib, seringnya di bawah 1:50
no signature
-
- SM Moderator
- Posts: 4463
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Tentang supra x 125 PGM-FI
Saya malah enak pakai ax-7. Maknyus sampai 2000 km. Enduro racing enaknya malah 1000 km pertama saja.batumakam wrote:white11 wrote:oli pake shell aja yang 10w-40 buat motor supra x 125 pgm-fi, klu mpx kurang cocok aja sama oli ini. motor injeksi ya seharusnya pake pertamaax, kan motor canggih baiknya di beri minuman bagus juga.
Pengalaman pake shell cuma enak di awal saja ntar kalo sering jalan jauh sama macet kemampuan oli berkurang jauh, penguapan oli juga terhitung lumayan tinggi kudu sering2 cek oli shell ax-7 yg ane coba..
Pertamina enduro racing juga enak tarikan haluss cuma performa agak kalah sama shell, paling sip ya castrol power 1 kwkwkw.. Tarikan enak bisa sampe 2k kalo misal kepepet juga masih enak...
Jujur ini motor jarang dipake tapi sekali ane pulang n make udah pasti minimal 1k dalam 1 minggu hahahaha... BBM dari awal sih pertamax cuma kemaren habis dari pacitan kehabisan pertamax yaa terpaksa isi premium...
no signature
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Tentang supra x 125 PGM-FI
Kalo pake premium paling mentok 1:55 Pertamax 1:58 itu pasti dapet gak pernah kurang dari segitu.. Ya karena dimari lalin lancar jadi ya betot gas mulu hehehe.. Soal shell ax7 pengaruh lalin juga sepertinya soalnya ini motor sering jalan jauh naik turun bukit sampe gunung bahkan.. Maklum yg pake kadang sepupu ane yg masih abege jadi ya ngacir terus. Weekend pasti keluar jauh.. Shell enak di 1000km pertama abis itu agak berat pake enduro 1,5k masih oke.. Kemaren abis ganti castrol power 1 (biasa ane pake di jup mx) ini baru 250km tarikan paling yahud diantara oli yg lain hehehehe..Ryan Steele wrote:Saya malah enak pakai ax-7. Maknyus sampai 2000 km. Enduro racing enaknya malah 1000 km pertama saja.batumakam wrote:white11 wrote:oli pake shell aja yang 10w-40 buat motor supra x 125 pgm-fi, klu mpx kurang cocok aja sama oli ini. motor injeksi ya seharusnya pake pertamaax, kan motor canggih baiknya di beri minuman bagus juga.
Pengalaman pake shell cuma enak di awal saja ntar kalo sering jalan jauh sama macet kemampuan oli berkurang jauh, penguapan oli juga terhitung lumayan tinggi kudu sering2 cek oli shell ax-7 yg ane coba..
Pertamina enduro racing juga enak tarikan haluss cuma performa agak kalah sama shell, paling sip ya castrol power 1 kwkwkw.. Tarikan enak bisa sampe 2k kalo misal kepepet juga masih enak...
Jujur ini motor jarang dipake tapi sekali ane pulang n make udah pasti minimal 1k dalam 1 minggu hahahaha... BBM dari awal sih pertamax cuma kemaren habis dari pacitan kehabisan pertamax yaa terpaksa isi premium...
Tapi gak tau ntar gimana ane minggu depan udah kudu balik gawe ke luar pulau soalnya....
Yg jelas kudu pake pertamax pake premium ngeri lihat meteran bensin turun cepet banget kwkwk..
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- SM Moderator
- Posts: 4463
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Tentang supra x 125 PGM-FI
Terakhir ane pake AX7. Tapi udah pindah tangan nih si Suprex.batumakam wrote: Saya malah enak pakai ax-7. Maknyus sampai 2000 km. Enduro racing enaknya malah 1000 km pertama saja
Kalo pake premium paling mentok 1:55 Pertamax 1:58 itu pasti dapet gak pernah kurang dari segitu.. Ya karena dimari lalin lancar jadi ya betot gas mulu hehehe.. Soal shell ax7 pengaruh lalin juga sepertinya soalnya ini motor sering jalan jauh naik turun bukit sampe gunung bahkan.. Maklum yg pake kadang sepupu ane yg masih abege jadi ya ngacir terus. Weekend pasti keluar jauh.. Shell enak di 1000km pertama abis itu agak berat pake enduro 1,5k masih oke.. Kemaren abis ganti castrol power 1 (biasa ane pake di jup mx) ini baru 250km tarikan paling yahud diantara oli yg lain hehehehe..
Tapi gak tau ntar gimana ane minggu depan udah kudu balik gawe ke luar pulau soalnya....
Yg jelas kudu pake pertamax pake premium ngeri lihat meteran bensin turun cepet banget kwkwk..
Ane skrg pake MX AT. Sementara pake Yamalube Super Sport.
no signature
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Tentang supra x 125 PGM-FI
Ane juga ada jup mx mt (135) aslinya sih mau ambil mx king tapi ya karena faktor dapet harga murmer jadi ya ambil aja tuh neng supra.. Buat dalkot sih enak supra tarikan 0-60 cepet buat liuk2 juga asik kwkwk yg utama tangan kiri juga gak pegel, cuma kalo jarak jauh ane masih megang mx hehehe oli sama2 Castrol power 1,pernah make motul tapi gak tahan sama harganya hahahaha......Ryan Steele wrote:Terakhir ane pake AX7. Tapi udah pindah tangan nih si Suprex.batumakam wrote: Saya malah enak pakai ax-7. Maknyus sampai 2000 km. Enduro racing enaknya malah 1000 km pertama saja
Kalo pake premium paling mentok 1:55 Pertamax 1:58 itu pasti dapet gak pernah kurang dari segitu.. Ya karena dimari lalin lancar jadi ya betot gas mulu hehehe.. Soal shell ax7 pengaruh lalin juga sepertinya soalnya ini motor sering jalan jauh naik turun bukit sampe gunung bahkan.. Maklum yg pake kadang sepupu ane yg masih abege jadi ya ngacir terus. Weekend pasti keluar jauh.. Shell enak di 1000km pertama abis itu agak berat pake enduro 1,5k masih oke.. Kemaren abis ganti castrol power 1 (biasa ane pake di jup mx) ini baru 250km tarikan paling yahud diantara oli yg lain hehehehe..
Tapi gak tau ntar gimana ane minggu depan udah kudu balik gawe ke luar pulau soalnya....
Yg jelas kudu pake pertamax pake premium ngeri lihat meteran bensin turun cepet banget kwkwk..
Ane skrg pake MX AT. Sementara pake Yamalube Super Sport.
Btw ni ahond kok semua produk baru sekarang ganti pake led yak headlampnya? Terang sih terang tapi begitu hujan deras alamak kagak tembus hahahaha..
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- SM Moderator
- Posts: 4463
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Tentang supra x 125 PGM-FI
Saya sebenernya nungguin MX injeksi keluar. Pas mbrojol kok m/t semua... gak ada a/t lagi. Jadi ya belinya MX karbu 2014 deh...batumakam wrote:Ane juga ada jup mx mt (135) aslinya sih mau ambil mx king tapi ya karena faktor dapet harga murmer jadi ya ambil aja tuh neng supra.. Buat dalkot sih enak supra tarikan 0-60 cepet buat liuk2 juga asik kwkwk yg utama tangan kiri juga gak pegel, cuma kalo jarak jauh ane masih megang mx hehehe oli sama2 Castrol power 1,pernah make motul tapi gak tahan sama harganya hahahaha......Ryan Steele wrote:Terakhir ane pake AX7. Tapi udah pindah tangan nih si Suprex.batumakam wrote: Saya malah enak pakai ax-7. Maknyus sampai 2000 km. Enduro racing enaknya malah 1000 km pertama saja
Kalo pake premium paling mentok 1:55 Pertamax 1:58 itu pasti dapet gak pernah kurang dari segitu.. Ya karena dimari lalin lancar jadi ya betot gas mulu hehehe.. Soal shell ax7 pengaruh lalin juga sepertinya soalnya ini motor sering jalan jauh naik turun bukit sampe gunung bahkan.. Maklum yg pake kadang sepupu ane yg masih abege jadi ya ngacir terus. Weekend pasti keluar jauh.. Shell enak di 1000km pertama abis itu agak berat pake enduro 1,5k masih oke.. Kemaren abis ganti castrol power 1 (biasa ane pake di jup mx) ini baru 250km tarikan paling yahud diantara oli yg lain hehehehe..
Tapi gak tau ntar gimana ane minggu depan udah kudu balik gawe ke luar pulau soalnya....
Yg jelas kudu pake pertamax pake premium ngeri lihat meteran bensin turun cepet banget kwkwk..
Ane skrg pake MX AT. Sementara pake Yamalube Super Sport.
Btw ni ahond kok semua produk baru sekarang ganti pake led yak headlampnya? Terang sih terang tapi begitu hujan deras alamak kagak tembus hahahaha..
Kalau dalkot sih sama saja, ya. Paling kalau ketemu jalur ekstrim (tanjakan curam) baru deh kerasa enaknya punya motor gede torsinya.
Ada 1 jalan di daerah Pondok Labu yang tanjakannya curam. Pakai Suprex diayun dari bawah, sampai tengah masuk gear 2, sampai atas udah harus siap2 masuk gear 1 lagi kalau gak kuat. Pakai MX, sampai paling atas udah masuk gear 3 dan RPM gak drop.
Tapi kalau bicara fuel consumption, MX harus mengakui kedigdayaan Supra X 125. 1:50 sih paling boros untuk Supra pakai premium. MX bisa tembus 1:45 sudah bagus, apa lagi pakai Pertamax. Saya sih selalu di atas 1:45, sekali2nya dapat 1:50 pakai Total 92.
no signature
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: Tentang supra x 125 PGM-FI
Maste
mau tanya
saya punya supra x 125 pgm-fi 2017, kalau mau ganti busi NGK CPR6EAGP-9 apa bisa langsung pasang (tanpa seting ) ? (tanpa seting ulang pasokan udara & BBM)
BBM pakai pertamax
adakah efek negatif ke depannya dari penggantian busi platinum dari yang standart nikel
trima kasih
mau tanya
saya punya supra x 125 pgm-fi 2017, kalau mau ganti busi NGK CPR6EAGP-9 apa bisa langsung pasang (tanpa seting ) ? (tanpa seting ulang pasokan udara & BBM)
BBM pakai pertamax
adakah efek negatif ke depannya dari penggantian busi platinum dari yang standart nikel
trima kasih
Maximum speed ......................... Setting ON
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Motor
Re: Tentang supra x 125 PGM-FI
Jawaban ngawur
Bukannya kalo fi gitu dia udah bisa atur timing pengapian sendiri ya, bayangan saya sih sama kayak atur pengapian kalo kita ganti2 bahan bakar. CWIMIE
Bukannya kalo fi gitu dia udah bisa atur timing pengapian sendiri ya, bayangan saya sih sama kayak atur pengapian kalo kita ganti2 bahan bakar. CWIMIE
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Tentang supra x 125 PGM-FI
Kalo motor kayaknya ngga seadvanced itu.
Mobil yang bisa atur timing, itu punya sensor tambahan: ping sensor (knock sensor). Dari input ping sensor dia atur timing standar atau retard. Motor setahu saya ngga ada sensornya.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sun Sep 03, 2017 16:37
Re: Tentang supra x 125 PGM-FI
saya pakai karisma x yang mesin hampir sama kayak supra biasa tinggal sebut aja busi motor apa sama merk yg mau di pilih jadi gak hafal kode busineo88 wrote:Maste
mau tanya
saya punya supra x 125 pgm-fi 2017, kalau mau ganti busi NGK CPR6EAGP-9 apa bisa langsung pasang (tanpa seting ) ? (tanpa seting ulang pasokan udara & BBM)
BBM pakai pertamax
adakah efek negatif ke depannya dari penggantian busi platinum dari yang standart nikel
trima kasih
kalau efek ganti busi ke platinum atau apa dengan spek mesin standar gak begitu kerasa om
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Tentang supra x 125 PGM-FI
Malah kalo hasil ganti busi iridium dites dengan vericom di beberapa merek motor (yang saya ingat Honda Revo) yang dimuat tabloid otomotif, hasilnya turun. 0-100 turun sekitar 0.2 detik, dan konsisten di beberapa tipe yang diuji.
Kavling kosong, bisa dikridit.