Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1748
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by MSU »

azu wrote: Sun Jul 21, 2024 5:45 Berarti kita sama ada sisa 2 botol nih om :big_biglaugh:


Caranya si bengkel ini agak kurang pas sih kalau dibandingkan dengan prosedur seharusnya. Dia isi dulu 5 botol kemudian nyalain mesin sambil monitor suhu CVTF di scanner dengan kondisi drain check plug dibuka, sambil dia isi lagi fluidanya sampai ada yg keluar dari lubang drain. Setelah cukup panas dan tidak ada yg keluar lagi, baru drain plugnya ditutup.

Ini bukan prosedur yg bener bgt sih, tp dia bilang selama ini seperti itu :mky_01:

Mungkin nanti saya akan coba pakai prosedur yg benarnya, utk Nav1 dan bbrp CVT Toyota sih seperti disini prosedurnya

https://manualespurdy.cisdigital.com/To ... u03vx.html
Om itu overflow plug bukannya bisa dibuka pake kunci hexagon ya...kalo bisa berarti yg di carter bisa kebuang lebih banyak mestinya
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 979
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

MSU wrote: Sun Jul 21, 2024 9:45

Om itu overflow plug bukannya bisa dibuka pake kunci hexagon ya...kalo bisa berarti yg di carter bisa kebuang lebih banyak mestinya
Kalau lihat foto karter di bawah, saat overflow plug dibuka itu tetap tidak rata dengan permukaan paling bawah karter sih om jadi tetep ada fluida yg tertinggal di bawah karter :mky_01: tapi saya sendiri sih rencananya di 20rb Km nanti mau coba ganti oli tapi buka overflow plug aja ga sampai buka karter.

Cuma utk pastiin sih mungkin 20rb Km nanti saya mau coba drain and fillnya sendiri aja, tapi harus beli 2 botol lagi berarti utk jaga2 juga :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Omnibus »

azu wrote: Sun Jul 21, 2024 12:28
MSU wrote: Sun Jul 21, 2024 9:45

Om itu overflow plug bukannya bisa dibuka pake kunci hexagon ya...kalo bisa berarti yg di carter bisa kebuang lebih banyak mestinya
Kalau lihat foto karter di bawah, saat overflow plug dibuka itu tetap tidak rata dengan permukaan paling bawah karter sih om jadi tetep ada fluida yg tertinggal di bawah karter :mky_01: tapi saya sendiri sih rencananya di 20rb Km nanti mau coba ganti oli tapi buka overflow plug aja ga sampai buka karter.

Cuma utk pastiin sih mungkin 20rb Km nanti saya mau coba drain and fillnya sendiri aja, tapi harus beli 2 botol lagi berarti utk jaga2 juga :mky_01:
mungkin maksudnya om msu itu spt di video dibawah ini. di dalam overflow hole itu ada baut hexagon yg bisa dibuka pakai kunci L (atau kunci Allen, atau Inhex, semua sama hanya penyebutannya beda). setelah baut hex dilepas otomatis sedotan overflow juga ikut keluar (baut hex itu ya sedotan itu), alhasil lubang itu jd drain plug spt biasa. toyota pakai sistem lubang 2in1 begitu di bbrp modelnya.

skip ke menit 2:45

Sifuyono
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Mon May 13, 2024 12:18

Re: Oli matic fortuner vrz

Post by Sifuyono »

Om2 saya mau tanya tentang oli matic fortuner vrz.

1. Pake merk oli apa yang bagus? Selain tmo ws
2. Ada yg tau volume aktual oli transmisinya pada saat pergantian oli itu berapa liter? Karena di mobil tipe ini tdk ada dipstick oli matic nya. Jadi pake buka baut L level check.

Karena sy pernah coba buang olinya, kemudian sy isi 3,5 liter dan kemudian buka baut check level oli yg keluar 1,8liter. Jadi secara matematis sisa oli yg dipake cuma 1,7ltr an dari 4 liter (1galon)

Terima kasih atas masukannya
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11580
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sun Jul 21, 2024 13:17

mungkin maksudnya om msu itu spt di video dibawah ini. di dalam overflow hole itu ada baut hexagon yg bisa dibuka pakai kunci L (atau kunci Allen, atau Inhex, semua sama hanya penyebutannya beda). setelah baut hex dilepas otomatis sedotan overflow juga ikut keluar (baut hex itu ya sedotan itu), alhasil lubang itu jd drain plug spt biasa. toyota pakai sistem lubang 2in1 begitu di bbrp modelnya.

skip ke menit 2:45




yg nubi tangkep, om azu udh buka sedotannya. dan walopun sedotan udh dibuka, oli ngga bisa keluar semua, masih ada yg ketinggalan di bak oli.
bener apa salah om
azu
maapken kalo salah, maklum pemula, suka sotoy.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1748
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by MSU »

Omnibus wrote: Sun Jul 21, 2024 13:17
azu wrote: Sun Jul 21, 2024 12:28
MSU wrote: Sun Jul 21, 2024 9:45

Om itu overflow plug bukannya bisa dibuka pake kunci hexagon ya...kalo bisa berarti yg di carter bisa kebuang lebih banyak mestinya
Kalau lihat foto karter di bawah, saat overflow plug dibuka itu tetap tidak rata dengan permukaan paling bawah karter sih om jadi tetep ada fluida yg tertinggal di bawah karter :mky_01: tapi saya sendiri sih rencananya di 20rb Km nanti mau coba ganti oli tapi buka overflow plug aja ga sampai buka karter.

Cuma utk pastiin sih mungkin 20rb Km nanti saya mau coba drain and fillnya sendiri aja, tapi harus beli 2 botol lagi berarti utk jaga2 juga :mky_01:
mungkin maksudnya om msu itu spt di video dibawah ini. di dalam overflow hole itu ada baut hexagon yg bisa dibuka pakai kunci L (atau kunci Allen, atau Inhex, semua sama hanya penyebutannya beda). setelah baut hex dilepas otomatis sedotan overflow juga ikut keluar (baut hex itu ya sedotan itu), alhasil lubang itu jd drain plug spt biasa. toyota pakai sistem lubang 2in1 begitu di bbrp modelnya.

skip ke menit 2:45

Nah betul om...kalo bisa dibuka bisa lumayan bersih itu..drpd buka2 karter..apalagi kalo ganti per 20rb
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sun Jul 21, 2024 13:41 ..... dan walopun sedotan udh dibuka, oli ngga bisa keluar semua,...
:big_bored: :big_bored:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli matic fortuner vrz

Post by Omnibus »

Sifuyono wrote: Sun Jul 21, 2024 13:40 Om2 saya mau tanya tentang oli matic fortuner vrz.

1. Pake merk oli apa yang bagus? Selain tmo ws
2. Ada yg tau volume aktual oli transmisinya pada saat pergantian oli itu berapa liter? Karena di mobil tipe ini tdk ada dipstick oli matic nya. Jadi pake buka baut L level check.

Karena sy pernah coba buang olinya, kemudian sy isi 3,5 liter dan kemudian buka baut check level oli yg keluar 1,8liter. Jadi secara matematis sisa oli yg dipake cuma 1,7ltr an dari 4 liter (1galon)

Terima kasih atas masukannya
setau sy sih hrs dlm keadaan nyala mesin om pas buka baut L nya. dan dlm suhu tertentu. tp coba om search aja di tret ini udah sering dibahas kok. termasuk oli apa yg bagus selain bawaan beres.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 979
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

marmut wrote: Sun Jul 21, 2024 13:41
Omnibus wrote: Sun Jul 21, 2024 13:17

mungkin maksudnya om msu itu spt di video dibawah ini. di dalam overflow hole itu ada baut hexagon yg bisa dibuka pakai kunci L (atau kunci Allen, atau Inhex, semua sama hanya penyebutannya beda). setelah baut hex dilepas otomatis sedotan overflow juga ikut keluar (baut hex itu ya sedotan itu), alhasil lubang itu jd drain plug spt biasa. toyota pakai sistem lubang 2in1 begitu di bbrp modelnya.

skip ke menit 2:45




yg nubi tangkep, om azu udh buka sedotannya. dan walopun sedotan udh dibuka, oli ngga bisa keluar semua, masih ada yg ketinggalan di bak oli.
bener apa salah om
azu
maapken kalo salah, maklum pemula, suka sotoy.
betul mbah, bisa dilihat di foto karter yg dibuka di bawah ini :mky_01:
karter_edit.jpg
yg di kotak hijau itu adalah posisi lubang drain dan check plug. bisa dilihat itu lubang utk drainnya itu ada bagian yg tingginya sama dengan bagian paling atas dari karter, sehingga ketika drain plug dibuka tetap ada sisa fluida di karternya dan tidak bisa dikuras isi karternya. kalau yg kuning itu baut hexagon yg dari plastik seperti sedotan untuk nutup saluran yg dari body valve langsung.

untuk yg produksi sebelum 2011, di karter itu ada lubang khusus untuk drain di posisi yg dilingkari merah, entah kenapa untuk produksi setelah 2011 jadi tidak ada lubang untuk drain dan digabung dengan check plugnya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11765
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

azu wrote: Mon Jul 22, 2024 4:30
marmut wrote: Sun Jul 21, 2024 13:41
Omnibus wrote: Sun Jul 21, 2024 13:17

mungkin maksudnya om msu itu spt di video dibawah ini. di dalam overflow hole itu ada baut hexagon yg bisa dibuka pakai kunci L (atau kunci Allen, atau Inhex, semua sama hanya penyebutannya beda). setelah baut hex dilepas otomatis sedotan overflow juga ikut keluar (baut hex itu ya sedotan itu), alhasil lubang itu jd drain plug spt biasa. toyota pakai sistem lubang 2in1 begitu di bbrp modelnya.

skip ke menit 2:45




yg nubi tangkep, om azu udh buka sedotannya. dan walopun sedotan udh dibuka, oli ngga bisa keluar semua, masih ada yg ketinggalan di bak oli.
bener apa salah om
azu
maapken kalo salah, maklum pemula, suka sotoy.
betul mbah, bisa dilihat di foto karter yg dibuka di bawah ini :mky_01:

karter_edit.jpg

yg di kotak hijau itu adalah posisi lubang drain dan check plug. bisa dilihat itu lubang utk drainnya itu ada bagian yg tingginya sama dengan bagian paling atas dari karter, sehingga ketika drain plug dibuka tetap ada sisa fluida di karternya dan tidak bisa dikuras isi karternya. kalau yg kuning itu baut hexagon yg dari plastik seperti sedotan untuk nutup saluran yg dari body valve langsung.

untuk yg produksi sebelum 2011, di karter itu ada lubang khusus untuk drain di posisi yg dilingkari merah, entah kenapa untuk produksi setelah 2011 jadi tidak ada lubang untuk drain dan digabung dengan check plugnya.
berarti klo mau drain hrs buka semua baut bak ATF dong ya :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11580
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Mon Jul 22, 2024 4:50

berarti klo mau drain hrs buka semua baut bak ATF dong ya :upss:


ga perlu.

urang selalu ngelakuin "The Omnibus Way" dan berhasil.

:big_smoking:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11765
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Mon Jul 22, 2024 5:11
Suryaputra wrote: Mon Jul 22, 2024 4:50

berarti klo mau drain hrs buka semua baut bak ATF dong ya :upss:


ga perlu.

urang selalu ngelakuin "The Omnibus Way" dan berhasil.

:big_smoking:
itu ada baut tambahan ya buat buka drain nya lagi?
jd satu sama baut check-level
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11580
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Mon Jul 22, 2024 5:17

itu ada baut tambahan ya buat buka drain nya lagi?
jd satu sama baut check-level


baut tambahan yg mana?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11765
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Mon Jul 22, 2024 5:21
Suryaputra wrote: Mon Jul 22, 2024 5:17

itu ada baut tambahan ya buat buka drain nya lagi?
jd satu sama baut check-level


baut tambahan yg mana?
itu yg dilingkarin hijau,

dudukan check level-plug nya, bahan stainless or sejenisnya, gak bisa dibuka ya?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11580
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Mon Jul 22, 2024 5:24

itu yg dilingkarin hijau,

dudukan check level-plug nya, bahan stainless or sejenisnya, gak bisa dibuka ya?




ooooo..... itu. bisa.
pake ini :


Screenshot_20240722_122817.jpg


atau ini :


Screenshot_20240722_122942.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2287
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

marmut wrote: Mon Jul 22, 2024 5:30
Suryaputra wrote: Mon Jul 22, 2024 5:24

itu yg dilingkarin hijau,

dudukan check level-plug nya, bahan stainless or sejenisnya, gak bisa dibuka ya?





ooooo..... itu. bisa.
pake ini :



Screenshot_20240722_122817.jpg



atau ini :



Screenshot_20240722_122942.jpg
:mky_07:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 979
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

marmut wrote: Mon Jul 22, 2024 5:11
Suryaputra wrote: Mon Jul 22, 2024 4:50

berarti klo mau drain hrs buka semua baut bak ATF dong ya :upss:


ga perlu.

urang selalu ngelakuin "The Omnibus Way" dan berhasil.

:big_smoking:
wah ini gimana caranya mbah? :ungg:


Suryaputra wrote: Mon Jul 22, 2024 5:24

itu yg dilingkarin hijau,

dudukan check level-plug nya, bahan stainless or sejenisnya, gak bisa dibuka ya?
ngga bisa sih kayanya kalau saya lihat kemarin, keliatannya sudah menyatu dengan karternya :mky_01:


marmut wrote: Mon Jul 22, 2024 5:30
Suryaputra wrote: Mon Jul 22, 2024 5:24

itu yg dilingkarin hijau,

dudukan check level-plug nya, bahan stainless or sejenisnya, gak bisa dibuka ya?




ooooo..... itu. bisa.
pake ini :


Screenshot_20240722_122817.jpg


atau ini :


Screenshot_20240722_122942.jpg
:big_biglaugh:

:ngacir:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Omnibus »

marmut wrote: Mon Jul 22, 2024 5:30
Suryaputra wrote: Mon Jul 22, 2024 5:24

itu yg dilingkarin hijau,

dudukan check level-plug nya, bahan stainless or sejenisnya, gak bisa dibuka ya?




ooooo..... itu. bisa.
pake ini :



Screenshot_20240722_122817.jpg



atau ini :



Screenshot_20240722_122942.jpg
ga usah

cukup kasih ke mbah tugel ... diplototin ntar juga tugel sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11765
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Mon Jul 22, 2024 5:30
Suryaputra wrote: Mon Jul 22, 2024 5:24

itu yg dilingkarin hijau,

dudukan check level-plug nya, bahan stainless or sejenisnya, gak bisa dibuka ya?




ooooo..... itu. bisa.
pake ini :



Screenshot_20240722_122817.jpg



atau ini :



Screenshot_20240722_122942.jpg
:big_biglaugh:
yg punya, pingsan lgs :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11580
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marmut »

azu wrote: Mon Jul 22, 2024 5:52
wah ini gimana caranya mbah? :ungg:




wah, musti berguru langsung dgn ybs. syaratnya jg nggak gampang, tiap malem jumat sate kambing muda 27 tusuk pake lontong 2.
malem minggu martabak san fransisco extra wisman.
malem senin amsoil signature series 1,5 botol.
malem selasa lamb chop medium rare 3 porsi.
malem rabu teh pait panas 1 galon.
malem kamis bebek peking 7 ekor.

dilakuin 7 purnama.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Omnibus »

marmut wrote: Mon Jul 22, 2024 9:29
azu wrote: Mon Jul 22, 2024 5:52
wah ini gimana caranya mbah? :ungg:




wah, musti berguru langsung dgn ybs. syaratnya jg nggak gampang, tiap malem jumat sate kambing muda 27 tusuk pake lontong 2.
malem minggu martabak san fransisco extra wisman.
malem senin amsoil signature series 1,5 botol.
malem selasa lamb chop medium rare 3 porsi.
malem rabu teh pait panas 1 galon.
malem kamis bebek peking 7 ekor.

dilakuin 7 purnama.
malam rabu yg namanya omnibus izin absen. mending merogoh sukmo ke kuliner cibadak.
User avatar
Krigger
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Krigger »

azu wrote: Mon Jul 22, 2024 5:52

wah ini gimana caranya mbah? :ungg:



itulah kenapa si mbah avatarnya gambar marmut angkat barbel, karena tenaganya diluar nalar klo urusan buka membuka, apalagi pas malem jumat :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 979
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

Berat ini syarat-syaratnya :ngacir:

Ngomongin Cibadak, Soto Betawi disana enak juga :mky_03:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Omnibus »

azu wrote: Mon Jul 22, 2024 14:40 Berat ini syarat-syaratnya :ngacir:

Ngomongin Cibadak, Soto Betawi disana enak juga :mky_03:
sekoteng jahe nya sekalian om. arah jam 10 kl dr tukang sobet
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1748
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by MSU »

FordBadak wrote: Sat Jul 20, 2024 16:11
azu wrote: Wed Jul 17, 2024 14:32 Akhirnya CVT Fluid Valvoline diskonan datang :mky_02:

IMG_20240717_212119.jpg

IMG_20240717_212146.jpg

Produksi 2022, kondisi botol masih oke bahkan yg 6 masih di dus tersegel.

Hanya aromanya tercium wangi jus jambu :big_biglaugh:

Rencananya sabtu ini mau kuras dan ganti strainer CVT utk Nav1, mudah2an cocok dengan transmisinya :mky_01:

Karna liat postingan om AZU :big_blushing:

jadi ikutan cari Valvoline CVT jg untuk Raize, tadi siang baru kita ganti,

Odo: 55rb Km, belum pernah ganti sejak beli
Drain oli lama keluar 1.65L
Kita masukin 1.85L



Udah hitam bgt olinya, kalau ikutin beres di suruh 100rb KM aja gantinya :big_think:

Thanks om AZU 🙏
om...lupa nanya...
abis ganti oli cvt....ada sesuatu yg perlu di reset / kalibrasi via obd2?
ama impresi abis ganti oli gmn?