Om itu overflow plug bukannya bisa dibuka pake kunci hexagon ya...kalo bisa berarti yg di carter bisa kebuang lebih banyak mestinyaazu wrote: ↑Sun Jul 21, 2024 5:45 Berarti kita sama ada sisa 2 botol nih om
Caranya si bengkel ini agak kurang pas sih kalau dibandingkan dengan prosedur seharusnya. Dia isi dulu 5 botol kemudian nyalain mesin sambil monitor suhu CVTF di scanner dengan kondisi drain check plug dibuka, sambil dia isi lagi fluidanya sampai ada yg keluar dari lubang drain. Setelah cukup panas dan tidak ada yg keluar lagi, baru drain plugnya ditutup.
Ini bukan prosedur yg bener bgt sih, tp dia bilang selama ini seperti itu
Mungkin nanti saya akan coba pakai prosedur yg benarnya, utk Nav1 dan bbrp CVT Toyota sih seperti disini prosedurnya
https://manualespurdy.cisdigital.com/To ... u03vx.html
Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1748
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 979
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Kalau lihat foto karter di bawah, saat overflow plug dibuka itu tetap tidak rata dengan permukaan paling bawah karter sih om jadi tetep ada fluida yg tertinggal di bawah karter tapi saya sendiri sih rencananya di 20rb Km nanti mau coba ganti oli tapi buka overflow plug aja ga sampai buka karter.
Cuma utk pastiin sih mungkin 20rb Km nanti saya mau coba drain and fillnya sendiri aja, tapi harus beli 2 botol lagi berarti utk jaga2 juga
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
mungkin maksudnya om msu itu spt di video dibawah ini. di dalam overflow hole itu ada baut hexagon yg bisa dibuka pakai kunci L (atau kunci Allen, atau Inhex, semua sama hanya penyebutannya beda). setelah baut hex dilepas otomatis sedotan overflow juga ikut keluar (baut hex itu ya sedotan itu), alhasil lubang itu jd drain plug spt biasa. toyota pakai sistem lubang 2in1 begitu di bbrp modelnya.azu wrote: ↑Sun Jul 21, 2024 12:28Kalau lihat foto karter di bawah, saat overflow plug dibuka itu tetap tidak rata dengan permukaan paling bawah karter sih om jadi tetep ada fluida yg tertinggal di bawah karter tapi saya sendiri sih rencananya di 20rb Km nanti mau coba ganti oli tapi buka overflow plug aja ga sampai buka karter.
Cuma utk pastiin sih mungkin 20rb Km nanti saya mau coba drain and fillnya sendiri aja, tapi harus beli 2 botol lagi berarti utk jaga2 juga
skip ke menit 2:45
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Mon May 13, 2024 12:18
Re: Oli matic fortuner vrz
Om2 saya mau tanya tentang oli matic fortuner vrz.
1. Pake merk oli apa yang bagus? Selain tmo ws
2. Ada yg tau volume aktual oli transmisinya pada saat pergantian oli itu berapa liter? Karena di mobil tipe ini tdk ada dipstick oli matic nya. Jadi pake buka baut L level check.
Karena sy pernah coba buang olinya, kemudian sy isi 3,5 liter dan kemudian buka baut check level oli yg keluar 1,8liter. Jadi secara matematis sisa oli yg dipake cuma 1,7ltr an dari 4 liter (1galon)
Terima kasih atas masukannya
1. Pake merk oli apa yang bagus? Selain tmo ws
2. Ada yg tau volume aktual oli transmisinya pada saat pergantian oli itu berapa liter? Karena di mobil tipe ini tdk ada dipstick oli matic nya. Jadi pake buka baut L level check.
Karena sy pernah coba buang olinya, kemudian sy isi 3,5 liter dan kemudian buka baut check level oli yg keluar 1,8liter. Jadi secara matematis sisa oli yg dipake cuma 1,7ltr an dari 4 liter (1galon)
Terima kasih atas masukannya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11580
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Omnibus wrote: ↑Sun Jul 21, 2024 13:17
mungkin maksudnya om msu itu spt di video dibawah ini. di dalam overflow hole itu ada baut hexagon yg bisa dibuka pakai kunci L (atau kunci Allen, atau Inhex, semua sama hanya penyebutannya beda). setelah baut hex dilepas otomatis sedotan overflow juga ikut keluar (baut hex itu ya sedotan itu), alhasil lubang itu jd drain plug spt biasa. toyota pakai sistem lubang 2in1 begitu di bbrp modelnya.
skip ke menit 2:45
yg nubi tangkep, om azu udh buka sedotannya. dan walopun sedotan udh dibuka, oli ngga bisa keluar semua, masih ada yg ketinggalan di bak oli.
bener apa salah om
maapken kalo salah, maklum pemula, suka sotoy.azu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1748
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Nah betul om...kalo bisa dibuka bisa lumayan bersih itu..drpd buka2 karter..apalagi kalo ganti per 20rbOmnibus wrote: ↑Sun Jul 21, 2024 13:17mungkin maksudnya om msu itu spt di video dibawah ini. di dalam overflow hole itu ada baut hexagon yg bisa dibuka pakai kunci L (atau kunci Allen, atau Inhex, semua sama hanya penyebutannya beda). setelah baut hex dilepas otomatis sedotan overflow juga ikut keluar (baut hex itu ya sedotan itu), alhasil lubang itu jd drain plug spt biasa. toyota pakai sistem lubang 2in1 begitu di bbrp modelnya.azu wrote: ↑Sun Jul 21, 2024 12:28Kalau lihat foto karter di bawah, saat overflow plug dibuka itu tetap tidak rata dengan permukaan paling bawah karter sih om jadi tetep ada fluida yg tertinggal di bawah karter tapi saya sendiri sih rencananya di 20rb Km nanti mau coba ganti oli tapi buka overflow plug aja ga sampai buka karter.
Cuma utk pastiin sih mungkin 20rb Km nanti saya mau coba drain and fillnya sendiri aja, tapi harus beli 2 botol lagi berarti utk jaga2 juga
skip ke menit 2:45
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Oli matic fortuner vrz
setau sy sih hrs dlm keadaan nyala mesin om pas buka baut L nya. dan dlm suhu tertentu. tp coba om search aja di tret ini udah sering dibahas kok. termasuk oli apa yg bagus selain bawaan beres.Sifuyono wrote: ↑Sun Jul 21, 2024 13:40 Om2 saya mau tanya tentang oli matic fortuner vrz.
1. Pake merk oli apa yang bagus? Selain tmo ws
2. Ada yg tau volume aktual oli transmisinya pada saat pergantian oli itu berapa liter? Karena di mobil tipe ini tdk ada dipstick oli matic nya. Jadi pake buka baut L level check.
Karena sy pernah coba buang olinya, kemudian sy isi 3,5 liter dan kemudian buka baut check level oli yg keluar 1,8liter. Jadi secara matematis sisa oli yg dipake cuma 1,7ltr an dari 4 liter (1galon)
Terima kasih atas masukannya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 979
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
betul mbah, bisa dilihat di foto karter yg dibuka di bawah inimarmut wrote: ↑Sun Jul 21, 2024 13:41Omnibus wrote: ↑Sun Jul 21, 2024 13:17
mungkin maksudnya om msu itu spt di video dibawah ini. di dalam overflow hole itu ada baut hexagon yg bisa dibuka pakai kunci L (atau kunci Allen, atau Inhex, semua sama hanya penyebutannya beda). setelah baut hex dilepas otomatis sedotan overflow juga ikut keluar (baut hex itu ya sedotan itu), alhasil lubang itu jd drain plug spt biasa. toyota pakai sistem lubang 2in1 begitu di bbrp modelnya.
skip ke menit 2:45
yg nubi tangkep, om azu udh buka sedotannya. dan walopun sedotan udh dibuka, oli ngga bisa keluar semua, masih ada yg ketinggalan di bak oli.
bener apa salah ommaapken kalo salah, maklum pemula, suka sotoy.azu
yg di kotak hijau itu adalah posisi lubang drain dan check plug. bisa dilihat itu lubang utk drainnya itu ada bagian yg tingginya sama dengan bagian paling atas dari karter, sehingga ketika drain plug dibuka tetap ada sisa fluida di karternya dan tidak bisa dikuras isi karternya. kalau yg kuning itu baut hexagon yg dari plastik seperti sedotan untuk nutup saluran yg dari body valve langsung.
untuk yg produksi sebelum 2011, di karter itu ada lubang khusus untuk drain di posisi yg dilingkari merah, entah kenapa untuk produksi setelah 2011 jadi tidak ada lubang untuk drain dan digabung dengan check plugnya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11765
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
berarti klo mau drain hrs buka semua baut bak ATF dong yaazu wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 4:30betul mbah, bisa dilihat di foto karter yg dibuka di bawah inimarmut wrote: ↑Sun Jul 21, 2024 13:41Omnibus wrote: ↑Sun Jul 21, 2024 13:17
mungkin maksudnya om msu itu spt di video dibawah ini. di dalam overflow hole itu ada baut hexagon yg bisa dibuka pakai kunci L (atau kunci Allen, atau Inhex, semua sama hanya penyebutannya beda). setelah baut hex dilepas otomatis sedotan overflow juga ikut keluar (baut hex itu ya sedotan itu), alhasil lubang itu jd drain plug spt biasa. toyota pakai sistem lubang 2in1 begitu di bbrp modelnya.
skip ke menit 2:45
yg nubi tangkep, om azu udh buka sedotannya. dan walopun sedotan udh dibuka, oli ngga bisa keluar semua, masih ada yg ketinggalan di bak oli.
bener apa salah ommaapken kalo salah, maklum pemula, suka sotoy.azu
karter_edit.jpg
yg di kotak hijau itu adalah posisi lubang drain dan check plug. bisa dilihat itu lubang utk drainnya itu ada bagian yg tingginya sama dengan bagian paling atas dari karter, sehingga ketika drain plug dibuka tetap ada sisa fluida di karternya dan tidak bisa dikuras isi karternya. kalau yg kuning itu baut hexagon yg dari plastik seperti sedotan untuk nutup saluran yg dari body valve langsung.
untuk yg produksi sebelum 2011, di karter itu ada lubang khusus untuk drain di posisi yg dilingkari merah, entah kenapa untuk produksi setelah 2011 jadi tidak ada lubang untuk drain dan digabung dengan check plugnya.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11580
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
ga perlu.
urang selalu ngelakuin "The Omnibus Way" dan berhasil.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11765
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
itu ada baut tambahan ya buat buka drain nya lagi?
jd satu sama baut check-level
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11580
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Suryaputra wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 5:17
itu ada baut tambahan ya buat buka drain nya lagi?
jd satu sama baut check-level
baut tambahan yg mana?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11765
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
itu yg dilingkarin hijau,marmut wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 5:21Suryaputra wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 5:17
itu ada baut tambahan ya buat buka drain nya lagi?
jd satu sama baut check-level
baut tambahan yg mana?
dudukan check level-plug nya, bahan stainless or sejenisnya, gak bisa dibuka ya?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11580
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Suryaputra wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 5:24
itu yg dilingkarin hijau,
dudukan check level-plug nya, bahan stainless or sejenisnya, gak bisa dibuka ya?
ooooo..... itu. bisa.
pake ini :
atau ini :
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
marmut wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 5:30Suryaputra wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 5:24
itu yg dilingkarin hijau,
dudukan check level-plug nya, bahan stainless or sejenisnya, gak bisa dibuka ya?
ooooo..... itu. bisa.
pake ini :
Screenshot_20240722_122817.jpg
atau ini :
Screenshot_20240722_122942.jpg
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 979
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
wah ini gimana caranya mbah?
ngga bisa sih kayanya kalau saya lihat kemarin, keliatannya sudah menyatu dengan karternyaSuryaputra wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 5:24
itu yg dilingkarin hijau,
dudukan check level-plug nya, bahan stainless or sejenisnya, gak bisa dibuka ya?
marmut wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 5:30Suryaputra wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 5:24
itu yg dilingkarin hijau,
dudukan check level-plug nya, bahan stainless or sejenisnya, gak bisa dibuka ya?
ooooo..... itu. bisa.
pake ini :
atau ini :
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
ga usahmarmut wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 5:30Suryaputra wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 5:24
itu yg dilingkarin hijau,
dudukan check level-plug nya, bahan stainless or sejenisnya, gak bisa dibuka ya?
ooooo..... itu. bisa.
pake ini :
Screenshot_20240722_122817.jpg
atau ini :
Screenshot_20240722_122942.jpg
cukup kasih ke mbah tugel ... diplototin ntar juga tugel sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11765
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
marmut wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 5:30Suryaputra wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 5:24
itu yg dilingkarin hijau,
dudukan check level-plug nya, bahan stainless or sejenisnya, gak bisa dibuka ya?
ooooo..... itu. bisa.
pake ini :
Screenshot_20240722_122817.jpg
atau ini :
Screenshot_20240722_122942.jpg
yg punya, pingsan lgs
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11580
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
wah, musti berguru langsung dgn ybs. syaratnya jg nggak gampang, tiap malem jumat sate kambing muda 27 tusuk pake lontong 2.
malem minggu martabak san fransisco extra wisman.
malem senin amsoil signature series 1,5 botol.
malem selasa lamb chop medium rare 3 porsi.
malem rabu teh pait panas 1 galon.
malem kamis bebek peking 7 ekor.
dilakuin 7 purnama.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
malam rabu yg namanya omnibus izin absen. mending merogoh sukmo ke kuliner cibadak.marmut wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 9:29
wah, musti berguru langsung dgn ybs. syaratnya jg nggak gampang, tiap malem jumat sate kambing muda 27 tusuk pake lontong 2.
malem minggu martabak san fransisco extra wisman.
malem senin amsoil signature series 1,5 botol.
malem selasa lamb chop medium rare 3 porsi.
malem rabu teh pait panas 1 galon.
malem kamis bebek peking 7 ekor.
dilakuin 7 purnama.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
itulah kenapa si mbah avatarnya gambar marmut angkat barbel, karena tenaganya diluar nalar klo urusan buka membuka, apalagi pas malem jumat
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 979
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Berat ini syarat-syaratnya
Ngomongin Cibadak, Soto Betawi disana enak juga
Ngomongin Cibadak, Soto Betawi disana enak juga
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1748
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
om...lupa nanya...FordBadak wrote: ↑Sat Jul 20, 2024 16:11azu wrote: ↑Wed Jul 17, 2024 14:32 Akhirnya CVT Fluid Valvoline diskonan datang
IMG_20240717_212119.jpg
IMG_20240717_212146.jpg
Produksi 2022, kondisi botol masih oke bahkan yg 6 masih di dus tersegel.
Hanya aromanya tercium wangi jus jambu
Rencananya sabtu ini mau kuras dan ganti strainer CVT utk Nav1, mudah2an cocok dengan transmisinya
Karna liat postingan om AZU
jadi ikutan cari Valvoline CVT jg untuk Raize, tadi siang baru kita ganti,
Odo: 55rb Km, belum pernah ganti sejak beli
Drain oli lama keluar 1.65L
Kita masukin 1.85L
Udah hitam bgt olinya, kalau ikutin beres di suruh 100rb KM aja gantinya
Thanks om AZU
abis ganti oli cvt....ada sesuatu yg perlu di reset / kalibrasi via obd2?
ama impresi abis ganti oli gmn?