Izin komen ya, soalnya ga py CTV...
Kalo buat dipake di dalkot aja seh FWD udh cukup menurut gw... Emangny butuh traksi banyak klo di dalkot, paling banter ganti ban yg lebih bagus dh cukup...
Lain cerita kalo rute komuternya tanah merah / becek, ato jalan ancur, bolehlah pilih AWD...[/quote]
Ijin ikut mengomentari,
Kalo ane pasti pilih AWD kl belinya second secara harga secondnya tidak terlalu beda jauh, tp dpt fitur2 yg berlimpah..
Dan please CMIIW AWD nya bekerja hanya kalau dibutuhkan aja kan? Bukan yg permanent AWD kan?
Kl iya, berarti iritnya ga beda jauh donk, secara keseharian cuma pake 2WD..[/quote]
rasanya dalkot di jalan rata kering mulus sekalipun ctv sih bakal sering aktif awdnya............
klw salah bejek pasti langsung spin di tempat wkwkwk
apalagi klw uda pke piggy...
imho anggapan sistem 4x4 bikin fc lebih boros bukan hanya terjadi saat aktif, tp efekny lebih banyak karna ada rolling resistant tambahan di axle kedua... yg menambah perlambatan saat cruise, jg beban saat akselerasi, g peduli 2nd axle itu lg aktif muter atau tidak. selain soal bobot juga.
utk ngurangin rolling resistant d 4x4 jadul ada freewheel hub..... d 4x4/awd modern kya ford/mazda juga cherokee trailhawk kopel-driveshaftnya bisa disconect dan putus mirip kya freewheel hub tp uda elektronik/otomatis.
gtw d captiva gmn..sistem ondemand mestinya g bisa putus total karna harus selalu siap kerja.. biasanya jd 4x2 dgn ngebikin slip di multiple plate haldex rear diffnya aja. kopel driveshaft dri gbnya muter terus. bgtu juga driveshaft dari roda.
untungnya bebangnya sistem awd dgn haldex, g sebesar 4x4 konvensional yg melibatkan lebih banyak komponen mekanikal.. jd seharusnya tidak terlalu beda fcnya.
imho dia lg 4x2 atw lg 4x4 rasanya g beda jauh karna 2nd axle tetep terhubung k roda, muter n jd beban,
tetep rolling resistantnya lebih rendah yg 4x2 only.
untungnya diesel torsi badak, beban tambahan dikit sih cingcai lah...
dulu d cherokee tasik bandung d mode 4x2 n 4x4fulltime sama2 aja fcnya.. sama2 boros wkwkw ampir g ada bedanya
beda waktu driveshaft depan di bukan, axle dpan di biarin kosong.. fc nya bru ada perubahan.
cmiiw
[/quote]
Wah kalau salah bejek sih gak pak billy, mungkin pak billy terbiasa dg matic jepang ya. Yang pernah saya rasakan metic jepang (innova, fortuner, crv, jazz dan sejenisnya) penyaluran torsinya kurang proporsional, kita injak gas sedikit langsung ada peak sehingga mobil terasa melonjak-lonjak macam kuda binal he...he...he...jadinya kaki kita yg diatur/diperkuda oleh mesin, bukan mesin yg kita perkuda he...he....Nah kalo metic style eropa biasanya kenaikan torsinya lebih proporsional, mesin bisa kita atur/kita perkuda he...he...he...tergantung kaki kita. Untuk terjadi salah bejek sepertinya kemungkinan kecil pak karena untuk melonjak diperlukan injak pedal gas yg lebih dalam lagi dibanding metic jepang. Itu yg pernah saya rasakan pak billy soalnya saya juga sering sengaja bikin kaget pak polisi dilampu merah, bejek gas ....berdecit.....ngacir pak polisi langsung kaget noleh....macam di film aja...