share captiva - PART 05

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: share captiva - PART 05

Post by xtr40rd1n4rym4n »

billyd1773dz wrote:baca2 masalah yg FL, jd asa mending yg n-FL aja...... d pkenya d daerah yg susah DEX soalnya...... cuma ada yg kemasan jerrycan, itu juga g selalu ada n nyetoknya suka dikit..

muter2 dpt kandidat ctv putih 2010 awd mulus ....... kta yg punya selalu solar terus dri baru.... pernah rusak ac nya beku lngs d ganti beres .... hmmmm beli langsung di kuras kli y tangkinya.. :D

garansiny uda abis kli yah?


denger2 yg FL AWD airbagny 8 atw 6 yah? klw yg n-FL?


gw sih bwat suv ginian wajib AWD... uda pernah pke FWD... riweuh euy.... masih mending pke tokidis RWD hehe...

:beer:
setuju ma om billy,
kl bisa AWD sih mending AWD krn bisa membantu traksi pada saat ban depan tidak mendapat traksi.
kl mau yg std 2 wheel drive ya mending tokidis, tinggal oprek dikit uda dpt tenaga yg ga kalah ama ctv.
:mky_02:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: share captiva - PART 05

Post by billyd1773dz »

xtr40rd1n4rym4n wrote:
billyd1773dz wrote:baca2 masalah yg FL, jd asa mending yg n-FL aja...... d pkenya d daerah yg susah DEX soalnya...... cuma ada yg kemasan jerrycan, itu juga g selalu ada n nyetoknya suka dikit..

muter2 dpt kandidat ctv putih 2010 awd mulus ....... kta yg punya selalu solar terus dri baru.... pernah rusak ac nya beku lngs d ganti beres .... hmmmm beli langsung di kuras kli y tangkinya.. :D

garansiny uda abis kli yah?


denger2 yg FL AWD airbagny 8 atw 6 yah? klw yg n-FL?


gw sih bwat suv ginian wajib AWD... uda pernah pke FWD... riweuh euy.... masih mending pke tokidis RWD hehe...

:beer:
setuju ma om billy,
kl bisa AWD sih mending AWD krn bisa membantu traksi pada saat ban depan tidak mendapat traksi.
kl mau yg std 2 wheel drive ya mending tokidis, tinggal oprek dikit uda dpt tenaga yg ga kalah ama ctv.
:mky_02:
wkwk iya om :D
soalnya muter2 pke ctv temen di jalan aspal mulus sekalipun, salah bejek uda bisa spin tuh.... apalagi waktu kta lagi keluar kota nanjak nyusul truk bukanya loncat nyusul malah spin d tempat wkwkwkw :D

ipah rwd pke piggy juga memang g segampang fwd spinnya, tp klw salah bejek y spin juga.. :D :D wkwkw :D
ctv jg rencanya pingin pke piggy soalnya.. jd mending awd biar take offnya g kebanyakan spin...


selain yaa... main2 ke pantai light oprut sekali-kali hehehe :D

:beer:
Last edited by billyd1773dz on Thu Oct 17, 2013 6:33, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: share captiva - PART 05

Post by Turboman »

hendrahot wrote:Halow suhu-suhu semua...

nubie sambil iseng nungguin jam meeting jadi mau coba lempar hal simpel ini, :mky_01:
berawal dari percakapan dengan salah satu suhu di sini, seperti yang kita tahu, CTV kan ada versi FWD dan AWD
tapi AWD nya kan langka amat sepertinya di 2013 ini (CMIIW)

nubie hanya tergelitik mau tahu sedikit pandangan dari semua suhu di sini, mending ambil mana sih AWD atau FWD,
secara harga dengan apa yg di dapat dan kalo mungkin nanti kalau mau di "ceraikan" calon peminang nya banyakan mana? :mky_04:

sorry kalau ga berbobot, hanya iseng pengen tahu aja, sebab ane dulu minat pol ama AWD, terus karena susah amat dapetnya, jadi FWD dah...
hahaha....... :big_biglaugh:
Di Indo yg parah ini pajak 4x4 utk SUV yg tinggi

AWD gak hanya efektif utk off road, sebetulnya utk mobil2 dgn GC tinggi, antara FWD dan AWD kinerja handling di jalan aspal yg meliuk liuk juga pasti beda.

yah so far versi AWD utk kaum hobbyist, nanti yg cari sekennya juga orang2 hobbyist / yg mengerti

mungkin saja harga 2nd nya bisa lebih bertahan bila saat jualnya sabar dan yg datang nawar orang hobby.

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: share captiva - PART 05

Post by billyd1773dz »

^^
betul.. ctv fwd lewat garut kerasa bnget understeer nya, beberapa kali berdecit dan belok ny g sesuai mwnya kita.....

semoga yg AWD uda ada ESPnya uda bisa hilang understeerny....



btw beli seken ngetes AWDnya gmn yah....... minta donkrak aja gtu yah.. hehe

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
hendrahot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Sun Sep 29, 2013 4:17

Re: share captiva - PART 05

Post by hendrahot »

Wahhhh rame juga neh responnya.... :mky_02:
hayuk-hayuk di bahas dan di goreng lagi AWD dan FWD.
Wkwkwkwk..... tapi ntar kalo bahas "janda" nya, nanti om RV komen deh. :big_peace:

tapi setahu ane memang susah nyari AWD sekarang, sepertinya banyakan yg ambil FWD deh.

padahal menurut ane sih better AWD, selain AWD nya sendiri, fitur-fitur lainnya juga ok juga deh,
ow ya jok joki electric ya?
hendrahot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Sun Sep 29, 2013 4:17

Re: share captiva - PART 05

Post by hendrahot »

Om-om sekalian, sampe lupa nih,
dan dikit OOT ya... :big_slap:

sebenarnya boil jaman sekarang masih perlu maen anti-karat ga sih?
kalau dulu kan wajib tuh, keluar dealer, langsung dah "nge-kos" di tempat anti karat.

sekarang ini bagaimana ya? sebab seinget ane, semua mobil operational kantor kagak ada yg masuk anti karat deh.
ya pasti mobil perang ya keluarga nya jepun-jepun khan.

kalau kasus chevy, Ford (yg pake baja boron), de el el, bagaimana ya? :e-think:
sorry sekali lagi kalo OOT ya, dan pertanyaan basic banget. :mky_01:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 05

Post by Belphegor »

Setau saya pembeda AWD dan FWD yang paling kentara keliatan adalah interior two tone color (hitam-beige), jok kulit, electric driver seat, HSA, dan AWD itu sendiri. Perintilan2 yang lainnya kurang paham, tunggu om gaspol aja yang jelasin :mrgreen:

Mengenai anti karat, saya sendiri sampe skrg udah 1.5 tahun lebih belum diapliaksi, melanjut pertanyaan om hendra, apa perlu ya mobil sekarang dipakein anti karat dgn domisili tidak di tepi pantai?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: share captiva - PART 05

Post by billyd1773dz »

^^
klw ktmu di jalan exterior yg AWD cat nya sewarna semua yah dgn overfender dan bagian bawahnya? ngikut warna body

yg 4x2 kan fender dan bagian bawahnya selalu doff hitam gtu?

klw stop lamp gmn? sama semua kah? yg lg gw kecengin stoplampnya uda yg mika bening, itu bawaan atau aftermarket yah?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: share captiva - PART 05

Post by hbobo »

wah kalo anti karat menurut gua sih wajib tuh hukumnya. hahaha...mau baja boron, mau udah di anti karat sama pabrikan mobil. tetep harus di anti karat. soalnya ane tinggal deket pantai. hahaha...kadang kadang aja suka cium bau bau tidak sedap dari kampung nelayan di muara baru. hahaha...
pengen tanya sedikit nih buat para sesepuh ctv, solar kan bbm bersubsidi dari pemerintah. biasa kita sebut solar busuk. nah kalo solar buat industri itu masuknya solar busuk atau solar udah sekelas pertadex yah. mengingat dari harganya jauh diatas solar subsidi, karena dari harga kan sudah selevel sama pertadex tuh.
mohon info buat para sesepuh disini yang ada pengalaman.
one small step for a man, a giant leap for mankind
User avatar
wayoe
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Wed Dec 12, 2012 12:49
Location: Kadang di onshore kadang di offshore

Re: share captiva - PART 05

Post by wayoe »

hbobo wrote:wah kalo anti karat menurut gua sih wajib tuh hukumnya. hahaha...mau baja boron, mau udah di anti karat sama pabrikan mobil. tetep harus di anti karat. soalnya ane tinggal deket pantai. hahaha...kadang kadang aja suka cium bau bau tidak sedap dari kampung nelayan di muara baru. hahaha...
pengen tanya sedikit nih buat para sesepuh ctv, solar kan bbm bersubsidi dari pemerintah. biasa kita sebut solar busuk. nah kalo solar buat industri itu masuknya solar busuk atau solar udah sekelas pertadex yah. mengingat dari harganya jauh diatas solar subsidi, karena dari harga kan sudah selevel sama pertadex tuh.
mohon info buat para sesepuh disini yang ada pengalaman.
ada rencana pake solar industri ya om yg langsung dari kapal tanker...... :big_peace:
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

Sharing Copot Catalitic Converter & Valen Sport Damper...

Kemarin bawa badak ke tukang knalpot, copot Catalitic Converter dan ganti dengan pipa plong pakai flanges, tanpa ada pengelasan. Coba tes digeber lumayan ada peningkatan tarikan. Kondisi CC di km mendekati 32 rb mulut flange sudah banyak carbon deposit. Di CC bagian tepi kurang lebih 1 cm keliling juga sudah plugging (bagian dalamnya gak keliatan). Setelah CC dibuang sudah gak khawatir mampet isi biosolar (dari baru selalu pake biosolar, pake dex 3x). Dengan dibuang CC back pressure di exhaust turun, gas buang tambah lancar dan putaran turbine tambah cepat. Ongkos pembuatan dan pemasangan 325 rb gak pake nawar.
Image
Image
Image
Image
Setelah dipasang

VALEN SPORT DAMPER :
Buat yang doyan ngebut ada silicon/karet pejal dengan harga murah 4 buah depan belakang 900rb tanpa ganti per. Hasilnya lumayan, suspensi jadi kaku, traveling time tambah pendek, tidak manggut-manggut lagi tapi tetap empuk. Biasanya dipake nikung/nyalip terasa ngebuang bahkan kadang tepero-pero sekarang lebih stabil. Buat muat beban berat juga tambah OK.
Image
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

hbobo wrote:emang spin udah ada yang diesel?
setau ane belom keluar tuh spin diesel. btw spin sama avanza berisikan mana yah? soalnya avanza kan kaleng abis, jadi dalem mobil berasanya berisik banget.
Sudah bro, teman saya udah pake. Tadinya pake Genio, begitu pake spin diesel kaget irit sekali katanya, ditanjakan juga kuat. Buat ngebut juga ok, di tol gigi 3 bisa 140 km/jam. Katanya sih kabin cukup senyap, katanya juga, sudah ada yg jual piggy back P&P buat upgrade power spin.
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: share captiva - PART 05

Post by gaspol »

Ane kopiin tulisan ane dari trit sebelah :D kali aja berguna hehe

Captiva versi awd fiturnya ada audio steering switch,cruise control, pengaturan ac di setir (versi fl),ESP+Traction control,hil descent control,winter mode,electric seat di kursi pengemudi,auto rain sensor,auto headlamp,velg 18,8 buah speaker (yang versi fwd tweeter belakangnya ga ada jadi diitung cuma ada 6 speaker),6 airbag (versi fl) dan tentunya ada penggerak untuk roda belakang

kalo ga salah yg ane baca di booklet Chevrolet untuk versi awd fl torsi 360nm nya mulai bergerak di 1000rpm :mky_01:

Harganya juga masih reasonable dengan fitur tg ditawarkan 433,5jt sama kyk harga crv prestige gen4 hehe

Sistem awd nya berguna banget kalo untuk jalan2 yg menanjak dan berkelok kelok atau untuk memberikan tambahan grip saat hujan besar di jalan tol :D
User avatar
nicky
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Thu Nov 17, 2005 16:27
Location: Tambun
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI

Re: share captiva - PART 05

Post by nicky »

Deasegara wrote:Sharing Copot Catalitic Converter & Valen Sport Damper...

Kemarin bawa badak ke tukang knalpot, copot Catalitic Converter dan ganti dengan pipa plong pakai flanges, tanpa ada pengelasan. Coba tes digeber lumayan ada peningkatan tarikan. Kondisi CC di km mendekati 32 rb mulut flange sudah banyak carbon deposit. Di CC bagian tepi kurang lebih 1 cm keliling juga sudah plugging (bagian dalamnya gak keliatan). Setelah CC dibuang sudah gak khawatir mampet isi biosolar (dari baru selalu pake biosolar, pake dex 3x). Dengan dibuang CC back pressure di exhaust turun, gas buang tambah lancar dan putaran turbine tambah cepat. Ongkos pembuatan dan pemasangan 325 rb gak pake nawar.
Image
Image
Image
Image
Setelah dipasang

VALEN SPORT DAMPER :
Buat yang doyan ngebut ada silicon/karet pejal dengan harga murah 4 buah depan belakang 900rb tanpa ganti per. Hasilnya lumayan, suspensi jadi kaku, traveling time tambah pendek, tidak manggut-manggut lagi tapi tetap empuk. Biasanya dipake nikung/nyalip terasa ngebuang bahkan kadang tepero-pero sekarang lebih stabil. Buat muat beban berat juga tambah OK.
Image

Mau tanya donk, itu copot catalis di bengkel knalpot mana? Kayaknya itu langsung plug n play ya?
bisa minta info alamat bengkel & no.contactnya?soalnya sy ada rencana mau copot catalis jg.

Thanks..
User avatar
Vernich
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Oct 05, 2013 21:39

Re: share captiva - PART 05

Post by Vernich »

Malam semua,

Mau nanya apa ada yang problem bluetooth sama HU bawaan ctv?
HU masih yang biasa bukan caska, bawaan aslinya banget.

Jadi problemnya kalo mau connect sama iphone 5 selalu putus terus, awalnya bisa connect tapi beberapa detik kemudian disconnect sendiri.
Kalo ada yang mungkin bisa bantu, tolongin ya gan....
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

Mau tanya donk, itu copot catalis di bengkel knalpot mana? Kayaknya itu langsung plug n play ya?
bisa minta info alamat bengkel & no.contactnya?soalnya sy ada rencana mau copot catalis jg.

Thanks..[/quote]

Di Malang bro, sepertinya disemua bengkel knalpot bisa. Pengerjaanya cepat mulai potong pipa sampai pasang gak sampai setengah jam. Setelah pipa dipotong ujungnya dipukul pakai hammer hingga menyerupai jamur lalu dijepit pakai flange dan packing kiri kanan, gak ada pengelasan. Lobang baut flange tidak 100% matching dg flange ori, jadi bautnya diganti yg ukuranya lebih kecil supaya bisa menyesuaikan.

Setelah melihat proses pembuatanya sebenarnya mudah, kita bisa buat sendiri asal punya flange dan pipanya.
User avatar
nicky
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Thu Nov 17, 2005 16:27
Location: Tambun
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI

Re: share captiva - PART 05

Post by nicky »

Deasegara wrote:Mau tanya donk, itu copot catalis di bengkel knalpot mana? Kayaknya itu langsung plug n play ya?
bisa minta info alamat bengkel & no.contactnya?soalnya sy ada rencana mau copot catalis jg.

Thanks..
Di Malang bro, sepertinya disemua bengkel knalpot bisa. Pengerjaanya cepat mulai potong pipa sampai pasang gak sampai setengah jam. Setelah pipa dipotong ujungnya dipukul pakai hammer hingga menyerupai jamur lalu dijepit pakai flange dan packing kiri kanan, gak ada pengelasan. Lobang baut flange tidak 100% matching dg flange ori, jadi bautnya diganti yg ukuranya lebih kecil supaya bisa menyesuaikan.

Setelah melihat proses pembuatanya sebenarnya mudah, kita bisa buat sendiri asal punya flange dan pipanya.[/quote]

Flange-nya itu dr mana bos?kayaknya gak semua bengkel knalpot ada deh.
duh kirain di jakarta,trnyata jauh bener.
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

nicky wrote:
Deasegara wrote:Mau tanya donk, itu copot catalis di bengkel knalpot mana? Kayaknya itu langsung plug n play ya?
bisa minta info alamat bengkel & no.contactnya?soalnya sy ada rencana mau copot catalis jg.

Thanks..
Di Malang bro, sepertinya disemua bengkel knalpot bisa. Pengerjaanya cepat mulai potong pipa sampai pasang gak sampai setengah jam. Setelah pipa dipotong ujungnya dipukul pakai hammer hingga menyerupai jamur lalu dijepit pakai flange dan packing kiri kanan, gak ada pengelasan. Lobang baut flange tidak 100% matching dg flange ori, jadi bautnya diganti yg ukuranya lebih kecil supaya bisa menyesuaikan.

Setelah melihat proses pembuatanya sebenarnya mudah, kita bisa buat sendiri asal punya flange dan pipanya.
Flange-nya itu dr mana bos?kayaknya gak semua bengkel knalpot ada deh.
duh kirain di jakarta,trnyata jauh bener.[/quote]

Tunjukin aja bro ke bengkelnya nanti pasti dicariin flange nya, banyak kok yg model 3 baut gitu dan gak harus sama persis, selisih dikit masih bisa dipasang, bautnya aja diganti yg lebih kecil. Pipa plongnya gak usah dilas ya biar bisa diputar untuk ngepasin bautnya waktu dipasang.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12276
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: share captiva - PART 05

Post by ricz »

hendrahot wrote:Halow suhu-suhu semua...

nubie sambil iseng nungguin jam meeting jadi mau coba lempar hal simpel ini, :mky_01:
berawal dari percakapan dengan salah satu suhu di sini, seperti yang kita tahu, CTV kan ada versi FWD dan AWD
tapi AWD nya kan langka amat sepertinya di 2013 ini (CMIIW)

nubie hanya tergelitik mau tahu sedikit pandangan dari semua suhu di sini, mending ambil mana sih AWD atau FWD,
secara harga dengan apa yg di dapat dan kalo mungkin nanti kalau mau di "ceraikan" calon peminang nya banyakan mana? :mky_04:

sorry kalau ga berbobot, hanya iseng pengen tahu aja, sebab ane dulu minat pol ama AWD, terus karena susah amat dapetnya, jadi FWD dah...
hahaha....... :big_biglaugh:
Izin komen ya, soalnya ga py CTV...

Kalo buat dipake di dalkot aja seh FWD udh cukup menurut gw... Emangny butuh traksi banyak klo di dalkot, paling banter ganti ban yg lebih bagus dh cukup...

Lain cerita kalo rute komuternya tanah merah / becek, ato jalan ancur, bolehlah pilih AWD...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: share captiva - PART 05

Post by xtr40rd1n4rym4n »

ricz wrote:
hendrahot wrote:Halow suhu-suhu semua...

nubie sambil iseng nungguin jam meeting jadi mau coba lempar hal simpel ini, :mky_01:
berawal dari percakapan dengan salah satu suhu di sini, seperti yang kita tahu, CTV kan ada versi FWD dan AWD
tapi AWD nya kan langka amat sepertinya di 2013 ini (CMIIW)

nubie hanya tergelitik mau tahu sedikit pandangan dari semua suhu di sini, mending ambil mana sih AWD atau FWD,
secara harga dengan apa yg di dapat dan kalo mungkin nanti kalau mau di "ceraikan" calon peminang nya banyakan mana? :mky_04:

sorry kalau ga berbobot, hanya iseng pengen tahu aja, sebab ane dulu minat pol ama AWD, terus karena susah amat dapetnya, jadi FWD dah...
hahaha....... :big_biglaugh:
Izin komen ya, soalnya ga py CTV...

Kalo buat dipake di dalkot aja seh FWD udh cukup menurut gw... Emangny butuh traksi banyak klo di dalkot, paling banter ganti ban yg lebih bagus dh cukup...

Lain cerita kalo rute komuternya tanah merah / becek, ato jalan ancur, bolehlah pilih AWD...
Ijin ikut mengomentari,
Kalo ane pasti pilih AWD kl belinya second secara harga secondnya tidak terlalu beda jauh, tp dpt fitur2 yg berlimpah..

Dan please CMIIW AWD nya bekerja hanya kalau dibutuhkan aja kan? Bukan yg permanent AWD kan?

Kl iya, berarti iritnya ga beda jauh donk, secara keseharian cuma pake 2WD..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: share captiva - PART 05

Post by billyd1773dz »

xtr40rd1n4rym4n wrote:
ricz wrote:
hendrahot wrote:Halow suhu-suhu semua...

nubie sambil iseng nungguin jam meeting jadi mau coba lempar hal simpel ini, :mky_01:
berawal dari percakapan dengan salah satu suhu di sini, seperti yang kita tahu, CTV kan ada versi FWD dan AWD
tapi AWD nya kan langka amat sepertinya di 2013 ini (CMIIW)

nubie hanya tergelitik mau tahu sedikit pandangan dari semua suhu di sini, mending ambil mana sih AWD atau FWD,
secara harga dengan apa yg di dapat dan kalo mungkin nanti kalau mau di "ceraikan" calon peminang nya banyakan mana? :mky_04:

sorry kalau ga berbobot, hanya iseng pengen tahu aja, sebab ane dulu minat pol ama AWD, terus karena susah amat dapetnya, jadi FWD dah...
hahaha....... :big_biglaugh:
Izin komen ya, soalnya ga py CTV...

Kalo buat dipake di dalkot aja seh FWD udh cukup menurut gw... Emangny butuh traksi banyak klo di dalkot, paling banter ganti ban yg lebih bagus dh cukup...

Lain cerita kalo rute komuternya tanah merah / becek, ato jalan ancur, bolehlah pilih AWD...
Ijin ikut mengomentari,
Kalo ane pasti pilih AWD kl belinya second secara harga secondnya tidak terlalu beda jauh, tp dpt fitur2 yg berlimpah..

Dan please CMIIW AWD nya bekerja hanya kalau dibutuhkan aja kan? Bukan yg permanent AWD kan?

Kl iya, berarti iritnya ga beda jauh donk, secara keseharian cuma pake 2WD..
rasanya dalkot di jalan rata kering mulus sekalipun ctv sih bakal sering aktif awdnya............
klw salah bejek pasti langsung spin di tempat wkwkwk :D apalagi klw uda pke piggy...


imho anggapan sistem 4x4 bikin fc lebih boros bukan hanya terjadi saat aktif, tp efekny lebih banyak karna ada rolling resistant tambahan di axle kedua... yg menambah perlambatan saat cruise, jg beban saat akselerasi, g peduli 2nd axle itu lg aktif muter atau tidak. selain soal bobot juga.

utk ngurangin rolling resistant d 4x4 jadul ada freewheel hub..... d 4x4/awd modern kya ford/mazda juga cherokee trailhawk kopel-driveshaftnya bisa disconect dan putus mirip kya freewheel hub tp uda elektronik/otomatis.

gtw d captiva gmn..sistem ondemand mestinya g bisa putus total karna harus selalu siap kerja.. biasanya jd 4x2 dgn ngebikin slip di multiple plate haldex rear diffnya aja. kopel driveshaft dri gbnya muter terus. bgtu juga driveshaft dari roda.
untungnya bebangnya sistem awd dgn haldex, g sebesar 4x4 konvensional yg melibatkan lebih banyak komponen mekanikal.. jd seharusnya tidak terlalu beda fcnya.

imho dia lg 4x2 atw lg 4x4 rasanya g beda jauh karna 2nd axle tetep terhubung k roda, muter n jd beban,
tetep rolling resistantnya lebih rendah yg 4x2 only.
untungnya diesel torsi badak, beban tambahan dikit sih cingcai lah...

dulu d cherokee tasik bandung d mode 4x2 n 4x4fulltime sama2 aja fcnya.. sama2 boros wkwkw ampir g ada bedanya :D beda waktu driveshaft depan di bukan, axle dpan di biarin kosong.. fc nya bru ada perubahan.

cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

Izin komen ya, soalnya ga py CTV...

Kalo buat dipake di dalkot aja seh FWD udh cukup menurut gw... Emangny butuh traksi banyak klo di dalkot, paling banter ganti ban yg lebih bagus dh cukup...

Lain cerita kalo rute komuternya tanah merah / becek, ato jalan ancur, bolehlah pilih AWD...[/quote]

Ijin ikut mengomentari,
Kalo ane pasti pilih AWD kl belinya second secara harga secondnya tidak terlalu beda jauh, tp dpt fitur2 yg berlimpah..

Dan please CMIIW AWD nya bekerja hanya kalau dibutuhkan aja kan? Bukan yg permanent AWD kan?

Kl iya, berarti iritnya ga beda jauh donk, secara keseharian cuma pake 2WD..[/quote]
rasanya dalkot di jalan rata kering mulus sekalipun ctv sih bakal sering aktif awdnya............
klw salah bejek pasti langsung spin di tempat wkwkwk :D apalagi klw uda pke piggy...


imho anggapan sistem 4x4 bikin fc lebih boros bukan hanya terjadi saat aktif, tp efekny lebih banyak karna ada rolling resistant tambahan di axle kedua... yg menambah perlambatan saat cruise, jg beban saat akselerasi, g peduli 2nd axle itu lg aktif muter atau tidak. selain soal bobot juga.

utk ngurangin rolling resistant d 4x4 jadul ada freewheel hub..... d 4x4/awd modern kya ford/mazda juga cherokee trailhawk kopel-driveshaftnya bisa disconect dan putus mirip kya freewheel hub tp uda elektronik/otomatis.

gtw d captiva gmn..sistem ondemand mestinya g bisa putus total karna harus selalu siap kerja.. biasanya jd 4x2 dgn ngebikin slip di multiple plate haldex rear diffnya aja. kopel driveshaft dri gbnya muter terus. bgtu juga driveshaft dari roda.
untungnya bebangnya sistem awd dgn haldex, g sebesar 4x4 konvensional yg melibatkan lebih banyak komponen mekanikal.. jd seharusnya tidak terlalu beda fcnya.

imho dia lg 4x2 atw lg 4x4 rasanya g beda jauh karna 2nd axle tetep terhubung k roda, muter n jd beban,
tetep rolling resistantnya lebih rendah yg 4x2 only.
untungnya diesel torsi badak, beban tambahan dikit sih cingcai lah...

dulu d cherokee tasik bandung d mode 4x2 n 4x4fulltime sama2 aja fcnya.. sama2 boros wkwkw ampir g ada bedanya :D beda waktu driveshaft depan di bukan, axle dpan di biarin kosong.. fc nya bru ada perubahan.

cmiiw
:beer:[/quote]

Wah kalau salah bejek sih gak pak billy, mungkin pak billy terbiasa dg matic jepang ya. Yang pernah saya rasakan metic jepang (innova, fortuner, crv, jazz dan sejenisnya) penyaluran torsinya kurang proporsional, kita injak gas sedikit langsung ada peak sehingga mobil terasa melonjak-lonjak macam kuda binal he...he...he...jadinya kaki kita yg diatur/diperkuda oleh mesin, bukan mesin yg kita perkuda he...he....Nah kalo metic style eropa biasanya kenaikan torsinya lebih proporsional, mesin bisa kita atur/kita perkuda he...he...he...tergantung kaki kita. Untuk terjadi salah bejek sepertinya kemungkinan kecil pak karena untuk melonjak diperlukan injak pedal gas yg lebih dalam lagi dibanding metic jepang. Itu yg pernah saya rasakan pak billy soalnya saya juga sering sengaja bikin kaget pak polisi dilampu merah, bejek gas ....berdecit.....ngacir pak polisi langsung kaget noleh....macam di film aja... :mky_07: :big_peace:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: share captiva - PART 05

Post by billyd1773dz »

Deasegara wrote:
Wah kalau salah bejek sih gak pak billy, mungkin pak billy terbiasa dg matic jepang ya. Yang pernah saya rasakan metic jepang (innova, fortuner, crv, jazz dan sejenisnya) penyaluran torsinya kurang proporsional, kita injak gas sedikit langsung ada peak sehingga mobil terasa melonjak-lonjak macam kuda binal he...he...he...jadinya kaki kita yg diatur/diperkuda oleh mesin, bukan mesin yg kita perkuda he...he....Nah kalo metic style eropa biasanya kenaikan torsinya lebih proporsional, mesin bisa kita atur/kita perkuda he...he...he...tergantung kaki kita. Untuk terjadi salah bejek sepertinya kemungkinan kecil pak karena untuk melonjak diperlukan injak pedal gas yg lebih dalam lagi dibanding metic jepang. Itu yg pernah saya rasakan pak billy soalnya saya juga sering sengaja bikin kaget pak polisi dilampu merah, bejek gas ....berdecit.....ngacir pak polisi langsung kaget noleh....macam di film aja... :mky_07: :big_peace:
salah bejek maksudnya klw gas pol kebanyakan bro... :D wkwk :D maunya memang loncat secepat mungkin jadi di gas pol, tp karna FWD ban depan malah yg slip engga nahan kejutan torsinya...... bukan soal karakter matic.

biasa matic jepang? engga juga mbl matic keluarga ane kebanyakan mbl barat malah, Grandcherokee V8, Cherokee country 4.0, BMW E46, yg jepun cuma Hilux 1KZ dan mirage CVT aja. grandcherokee V8 yg torsi n power lebih badak dan AWD ondemand *yg bolot bnget engage k awdnya* defaultnya RWD d aspal sih g pernah slip. kecuali di pasir biasanya slip beberapa detik baru engage.... *ngarep* captiva awd yg lebih advance pke haldex lebih cepet dri ini engagenya.

imho matic captiva N-FL sejujurnya gw kurang demen, g bisa di bilang smooth karna lockup nya lama,banyak slipnya, jalan stay d rpm rendah susah,baru aksel cepat d rpm menengah atas, triptoniknya jg relatif lambat responnya,untuk nyupir efisiensi oriented kurag enak, klw ini di perbaik pasti bisa lebih irit lg s ctv...
ini enak nya klw d bejek n gaspol aja itu juga harus inget traksi di roda klw fwd.

yg pling smooth malah CVT nya mirage.... rpm 1300 uda bisa akselerasi,dgn rpm diam di situ sampai 60kmh,dri diam tdk pernah lebih dri 1800 uda bisa 100kmh. tampa jeda tampa sentakan,minim loss... cuma kebalik klw d bejek high rev yg g seru lemot,bnyk loss n g enak...

545rfe 6speed grandcherokee allround pling enak atas bawah :big_peace: xj dgn hilux ampir sama matic 4spd jadul.. bmw 5speed klw d D lemot, shiftronic bru enak n better dari captiva.

well blm jadi owner captiva sih, itu kesimpulan wira wiri pke ctv fwd temen ke luar kota beberapa kali. hehe bukan deal breaker sih, soal kebiasaan aja.


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

billyd1773dz wrote:
Deasegara wrote:
Wah kalau salah bejek sih gak pak billy, mungkin pak billy terbiasa dg matic jepang ya. Yang pernah saya rasakan metic jepang (innova, fortuner, crv, jazz dan sejenisnya) penyaluran torsinya kurang proporsional, kita injak gas sedikit langsung ada peak sehingga mobil terasa melonjak-lonjak macam kuda binal he...he...he...jadinya kaki kita yg diatur/diperkuda oleh mesin, bukan mesin yg kita perkuda he...he....Nah kalo metic style eropa biasanya kenaikan torsinya lebih proporsional, mesin bisa kita atur/kita perkuda he...he...he...tergantung kaki kita. Untuk terjadi salah bejek sepertinya kemungkinan kecil pak karena untuk melonjak diperlukan injak pedal gas yg lebih dalam lagi dibanding metic jepang. Itu yg pernah saya rasakan pak billy soalnya saya juga sering sengaja bikin kaget pak polisi dilampu merah, bejek gas ....berdecit.....ngacir pak polisi langsung kaget noleh....macam di film aja... :mky_07: :big_peace:
salah bejek maksudnya klw gas pol kebanyakan bro... :D wkwk :D maunya memang loncat secepat mungkin jadi di gas pol, tp karna FWD ban depan malah yg slip engga nahan kejutan torsinya...... bukan soal karakter matic.

biasa matic jepang? engga juga mbl matic keluarga ane kebanyakan mbl barat malah, Grandcherokee V8, Cherokee country 4.0, BMW E46, yg jepun cuma Hilux 1KZ dan mirage CVT aja. grandcherokee V8 yg torsi n power lebih badak dan AWD ondemand *yg bolot bnget engage k awdnya* defaultnya RWD d aspal sih g pernah slip. kecuali di pasir biasanya slip beberapa detik baru engage.... *ngarep* captiva awd yg lebih advance pke haldex lebih cepet dri ini engagenya.

imho matic captiva N-FL sejujurnya gw kurang demen, g bisa di bilang smooth karna lockup nya lama,banyak slipnya, jalan stay d rpm rendah susah,baru aksel cepat d rpm menengah atas, triptoniknya jg relatif lambat responnya,untuk nyupir efisiensi oriented kurag enak, klw ini di perbaik pasti bisa lebih irit lg s ctv...
ini enak nya klw d bejek n gaspol aja itu juga harus inget traksi di roda klw fwd.

yg pling smooth malah CVT nya mirage.... rpm 1300 uda bisa akselerasi,dgn rpm diam di situ sampai 60kmh,dri diam tdk pernah lebih dri 1800 uda bisa 100kmh. tampa jeda tampa sentakan,minim loss... cuma kebalik klw d bejek high rev yg g seru lemot,bnyk loss n g enak...

545rfe 6speed grandcherokee allround pling enak atas bawah :big_peace: xj dgn hilux ampir sama matic 4spd jadul.. bmw 5speed klw d D lemot, shiftronic bru enak n better dari captiva.

well blm jadi owner captiva sih, itu kesimpulan wira wiri pke ctv fwd temen ke luar kota beberapa kali. hehe bukan deal breaker sih, soal kebiasaan aja.


:beer:
Wah kalo comparenya ke cherooke ya jelas dong pak billy...he...he...coba comparenya yg sejenis n seharga. Kalau kita bawa ctv kita bisa memperkuda mesin dari jalan pelan-kenceng sesuai kaki. Coba bawa crv, fortie dll kita mau pelan terpaksa terlonjak-lonjak memperkuda kita he...he...he... giliran kita minta lonjak bejek abis malah bengong..... :big_peace: Kalo yg cvt ya pasti lebih smooth pak....he...he...he...tapi malah berasa kurang sporty ya (menurut saya)
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: share captiva - PART 05

Post by billyd1773dz »

Deasegara wrote: Wah kalo comparenya ke cherooke ya jelas dong pak billy...he...he...coba comparenya yg sejenis n seharga. Kalau kita bawa ctv kita bisa memperkuda mesin dari jalan pelan-kenceng sesuai kaki. Coba bawa crv, fortie dll kita mau pelan terpaksa terlonjak-lonjak memperkuda kita he...he...he... giliran kita minta lonjak bejek abis malah bengong..... :big_peace: Kalo yg cvt ya pasti lebih smooth pak....he...he...he...tapi malah berasa kurang sporty ya (menurut saya)
terserah aja bro... hehe :D maksudna memperkuda tu apa sih hehehe :D

y yg pasti gw uda pke ctv dan itu yg gw rasa,g perlu liat yg lain2... soal spin sih bukan salah matic lebih ke resiko FWD dan torsi badak..

mbl DBW sih tinggal kasih throttle controller juga bisa dibikin loncat2, jd sensitif pedal gasnya... atw mw dibikin halus juga bisa..... yg g bisa/sulit di atur lockup d low rev low speed dan kapasitas traksi FWD

cherokee maticnya tahun 97 jadul AW4 kembaran fortuner A340, grandcherokee juga relatif jadul 2003, g ada triptonik. logika yg lebih muda lebih canggih fitur lebih banyak. hrsnya better donk.


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz