Kelistrikan Motor Cina
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Fri Jul 25, 2008 6:22
Kelistrikan Motor Cina
Numpang nanya dong....
Motor gue Beijing 110 keluaran tahun 2000.
Sekarang kelistrikanya kacau balau. akhirnya cuma lampu depan dan belakang aja yg bisa nyala.
Kalau gue mau ganti sekalian semua nya pake punya apa ya? ( gue liat kabel 2 nya udah pada lapuk, takut koslet kalo ujan jadi pengen ganti aja kabel bodi semua nya)
Ngeri juga eh ketabrak orang gara - gara gak ngasih sein....
Mohon masukannya ya.
O ya sekedar info, di sektor mesin, CDI dan sepul mirip Supra ( sebagai kaya CDI, kampas kopling gue pake punya Supra )
Motor gue Beijing 110 keluaran tahun 2000.
Sekarang kelistrikanya kacau balau. akhirnya cuma lampu depan dan belakang aja yg bisa nyala.
Kalau gue mau ganti sekalian semua nya pake punya apa ya? ( gue liat kabel 2 nya udah pada lapuk, takut koslet kalo ujan jadi pengen ganti aja kabel bodi semua nya)
Ngeri juga eh ketabrak orang gara - gara gak ngasih sein....
Mohon masukannya ya.
O ya sekedar info, di sektor mesin, CDI dan sepul mirip Supra ( sebagai kaya CDI, kampas kopling gue pake punya Supra )
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 771
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: Kelistrikan Motor Cina
hm...
sama nih motornya ma motor ane dulu
dulu juga motor ane punya masalah yg sama, kelistrikan hancur lebur malah tiap kali lampu depan dinyalain eh mesin mati
klo mo dibenerin semua kayanya aga susah ya.. soalnya klo g liat2 si beberapa bagian malah kaya dicampur aduk ama model motor laen jadi seandainya mo di ganti semua n ngambil part dari 1 model motor doank kayanya aga susah.
klo mo saran ane si coba aja diliat tuh bagian2 yg emang udah rusak cari yg cocok atu2. ato klo ga ganti kabelnya aja, konektornya jangan diganti.
sekian masukan dari ane
sama nih motornya ma motor ane dulu
dulu juga motor ane punya masalah yg sama, kelistrikan hancur lebur malah tiap kali lampu depan dinyalain eh mesin mati
klo mo dibenerin semua kayanya aga susah ya.. soalnya klo g liat2 si beberapa bagian malah kaya dicampur aduk ama model motor laen jadi seandainya mo di ganti semua n ngambil part dari 1 model motor doank kayanya aga susah.
klo mo saran ane si coba aja diliat tuh bagian2 yg emang udah rusak cari yg cocok atu2. ato klo ga ganti kabelnya aja, konektornya jangan diganti.
sekian masukan dari ane
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Kelistrikan Motor Cina
Sebelum mencari penggantinya, harus diperiksa terlebih dahulu sistemnya AC atau DC. Kebanyakan motor cina pakai sistem DC. Salah satu cirinya adalah saat kontak dinyalakan tapi mesin belum menyala coba lampu besar dinyalakan, kalau lampu besar menyala saat mesin masih mati berarti itu pasti pakai sistem DC. Sedangkan supra pakai sistem AC. Saran saya sebaiknya kalau memang rencana diganti total pakai sistem AC saja. CMIIW
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 526
- Joined: Mon Nov 06, 2006 4:53
- Location: Jakarta
Re: Kelistrikan Motor Cina
saya pengalaman ganti kelistrikan hokaido raider 110 dengan miliknya supra X, kalau punya saya sih tinggal dipake aja soket2 lamanya, dan sedikit penyesuaian saja pada outlet2nya.
A.D.J.O.K.A.S.E.P
The Mocin Rider
http://sisteminformasiakademik.wordpress.com
http://sistem-informasi-akademik.blogspot.com
http://www.academic-portal.net
The Mocin Rider
http://sisteminformasiakademik.wordpress.com
http://sistem-informasi-akademik.blogspot.com
http://www.academic-portal.net
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 197
- Joined: Fri Oct 17, 2008 8:14
Re: Kelistrikan Motor Cina
bro adjo,
ngurut kabel kelistrikan di bengkel mana tuh ?
gue mikir-2 suatu saat kaisar V250 gue jg pasti perlu peremajaan kabel deh.
ngurut kabel kelistrikan di bengkel mana tuh ?
gue mikir-2 suatu saat kaisar V250 gue jg pasti perlu peremajaan kabel deh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kelistrikan Motor Cina
@pietermd:
klo menurut pendapat ane sih (klo memungkinkan), sebaiknya itu mtr dijual aja, trus nt beli mtr bekas yg masih baik n dari merk yg baik pula, misalkan honda, ato yamaha ato suzuki. Jadi jangan beli mtr yg merknya aneh2, krn sering bikin repot.
Misalkan nt memperbaiki kabelnya saat ini, nantinya akan timbul masalah baru, bisa dari mesin ato part yg lainnya, shg membuat nt dgn tidak terasa akan mengeluarkan uang yg relatip tidak sedikit.
mudah2an bisa membantu.
klo menurut pendapat ane sih (klo memungkinkan), sebaiknya itu mtr dijual aja, trus nt beli mtr bekas yg masih baik n dari merk yg baik pula, misalkan honda, ato yamaha ato suzuki. Jadi jangan beli mtr yg merknya aneh2, krn sering bikin repot.
Misalkan nt memperbaiki kabelnya saat ini, nantinya akan timbul masalah baru, bisa dari mesin ato part yg lainnya, shg membuat nt dgn tidak terasa akan mengeluarkan uang yg relatip tidak sedikit.
mudah2an bisa membantu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Kelistrikan Motor Cina
Itu sih namanya jurus pamungkas, yang lama dijual trus ganti yang barusjamsul wrote:@pietermd:
klo menurut pendapat ane sih (klo memungkinkan), sebaiknya itu mtr dijual aja, trus nt beli mtr bekas yg masih baik n dari merk yg baik pula, misalkan honda, ato yamaha ato suzuki. Jadi jangan beli mtr yg merknya aneh2, krn sering bikin repot.
Misalkan nt memperbaiki kabelnya saat ini, nantinya akan timbul masalah baru, bisa dari mesin ato part yg lainnya, shg membuat nt dgn tidak terasa akan mengeluarkan uang yg relatip tidak sedikit.
mudah2an bisa membantu.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Kelistrikan Motor Cina
wekeke..ane tahu pasti untuk urusan kabel motor lebih rumit dari urusan kabel mobil..sjamsul wrote:@pietermd:
klo menurut pendapat ane sih (klo memungkinkan), sebaiknya itu mtr dijual aja, trus nt beli mtr bekas yg masih baik n dari merk yg baik pula, misalkan honda, ato yamaha ato suzuki. Jadi jangan beli mtr yg merknya aneh2, krn sering bikin repot.
Misalkan nt memperbaiki kabelnya saat ini, nantinya akan timbul masalah baru, bisa dari mesin ato part yg lainnya, shg membuat nt dgn tidak terasa akan mengeluarkan uang yg relatip tidak sedikit.
mudah2an bisa membantu.
di jual lagi harga mocin yah duitnya dapet movin lagi untuk tahun yang sama,kalau untuk Japan..dapetnya tahunya jauh di bawah mocin yang di jual dan untuk urusan kabel belon tentu beres.
saran ane peremajaan kabel aja..
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed Apr 13, 2016 2:42
Re: Kelistrikan Motor Cina
pengalaman ane pakek motor china.. Merk Viar.. pas beli kondisi bekas, kabel nya udah kacau banyak yang putus dan sambungan.. awalnya cuma lampu depan dan lampu rem doang yang nyala.. ane keliling toko spare part ga nemu juga pengganti nya, kata penjaga toko nya sih mending bikin sendiri atau di urut... terus ane urut satu satu, siapin dulu ISOLASI HITAM yang paling bagus biar rapet, terus kabel baru cukup 5 meter buat pengganti kabel usang.. mulai dari kabel aki, kabel stater, kabel sein, kemudian cek flasher (harga flasher murah kok 9500 an yang lokal), buat ngecek flasher pakai motor temen aja minjem bentar ... terus ngidupin lampu rem yang kadang kalo rem di injek kadang nyala kadang mati, cek dulu kabel nya kalo kabel masih bagus buka soket saklar rem injak nya.. lihat daleman nya ada lempengan tembaga, nah tembaga nya di amplas pakai amplas halus, kemudian pasangin lagi.. dijamin tokcerrrrrrrrrr
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Kelistrikan Motor Cina
DC belum tentu lampunya idup kalo mesin mati.esh wrote:Sebelum mencari penggantinya, harus diperiksa terlebih dahulu sistemnya AC atau DC. Kebanyakan motor cina pakai sistem DC. Salah satu cirinya adalah saat kontak dinyalakan tapi mesin belum menyala coba lampu besar dinyalakan, kalau lampu besar menyala saat mesin masih mati berarti itu pasti pakai sistem DC. Sedangkan supra pakai sistem AC. Saran saya sebaiknya kalau memang rencana diganti total pakai sistem AC saja. CMIIW
Kebanyakan motor bebek generasi Kirana ke sini sampe di bawah 2015 gado gado, tapi disebutnya DC. CDI nya ikut DC tapi lampunya enggak, tetep ikut spul. Misalnya Kirana, Karisma, Shogun dkk. Kalo lini sport banyak yang full DC kaya Tiger, Scorpio.
* * *
Susahnya mocin memang seringkali gado gado.
Sebenernya kalo liat basis, ini ngikut Supra mesinnya. Tapi listriknya ga tau ikut mana. Ikutin basis aslinya aja sih kalo menurut saya, kalo AC ya biarin AC, kalo DC ya biarin DC. Kabel ganti satu set dari leher sampe belakang pake tipe yang serupa, soketnya ganti aja biar ga susah. Cuma ya pasti lumayan, dulu aja kabel listrik full buat Karisma temen yang kebakaran karena aseso itu harganyan 450 udah lebih dari 5 tahun yang lalu.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7405
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Kelistrikan Motor Cina
di betulin bikin wang abis
di jual buang wkt
disposal bikin enviro pollution
di pajang bikin siapapun allergic conjunctivitis
di jual buang wkt
disposal bikin enviro pollution
di pajang bikin siapapun allergic conjunctivitis
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Kelistrikan Motor Cina
mocin2 tahun 2000an sekarang pada kemana ya? dibikin becak pun tak ada
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Kelistrikan Motor Cina
No truer wisdom ever spoken ...newrubble wrote:di betulin bikin wang abis
di jual buang wkt
disposal bikin enviro pollution
di pajang bikin siapapun allergic conjunctivitis
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"