Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

doen
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Apr 29, 2021 15:02
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Crv turbo 2018

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by doen »

mau tanya om untuk crv turbo 2018 km 20rb.
mau ganti oli cvt sm mesin

pakai ptt apa bagus? apa mending oli beres ahond.
dan ptt yg mana ya 0-20 atau 0-30 dan cvt pakai yg mana ya..
SURYA16
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Dec 27, 2021 19:01

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by SURYA16 »

racho wrote: Mon Feb 14, 2022 17:20
SURYA16 wrote: Mon Feb 14, 2022 12:21 Haloo oom2 semua.
Izin tanya, Mo ganti Atf buat i20

Tertulis di manual book spek
DIAMOND ATF SP-III atau SK ATF SP-III
Volume 6.8 L (7.19 US qt.)

Mohon advice Atf yg compatibel & harga merakyat.
Terima kasih
SP-III punya Mitsu juga merakyat, 60rebuan.
Ook oom, terima kasih.
Btw di shop & drive yg compatibel apa ya oom ?

Beres mitsu kota sy kudu pakai stnk
sintoni wrote: Mon Feb 14, 2022 14:57
SURYA16 wrote: Mon Feb 14, 2022 12:21 Haloo oom2 semua.
Izin tanya, Mo ganti Atf buat i20

Tertulis di manual book spek
DIAMOND ATF SP-III atau SK ATF SP-III
Volume 6.8 L (7.19 US qt.)

Mohon advice Atf yg compatinel & harga merakyat.
Terima kasih
Paling merakyat ya si Asinan AFW+..
Di shop n drive ada ga oom ?
SURYA16
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Dec 27, 2021 19:01

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by SURYA16 »

sahabatq8 wrote: Mon Feb 14, 2022 15:28
SURYA16 wrote: Mon Feb 14, 2022 12:21 Haloo oom2 semua.
Izin tanya, Mo ganti Atf buat i20

Tertulis di manual book spek
DIAMOND ATF SP-III atau SK ATF SP-III
Volume 6.8 L (7.19 US qt.)

Mohon advice Atf yg compatinel & harga merakyat.
Terima kasih
Kalo budget cukup Q8 Auto JK. Murah lah om, ganti kan jarang jarang :big_peace:
Eman oom, btw makasih advicenya
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by racho »

ya paling ATF sapujagat Aisin AFW+
ga akan salah...

piaraan saya juga mintanya SP-III, saya pakein itu.
pernah juga Shell Spirax S5 (tapi ati2 banyak kw-nya) sama Motul ATF-1A.

asik2 aja kok semuanya... soale sesuai spek.
SURYA16 wrote: Wed Feb 16, 2022 4:22 Mohon advice Atf yg compatibel & harga merakyat.
Terima kasih
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by midrpm »

Suryaputra wrote: Wed Feb 02, 2022 22:25
midrpm wrote: Wed Feb 02, 2022 19:54
sintoni wrote: Sun Dec 05, 2021 1:35

Ya kalau sudah 150rb++ boleh lah dicopot pannya, baru ganti filternya.
Ini metode bersihin filter maticnya gimana ya om? di rendam pakai bensin kah? filter ini terbuat dari kertas gitu kan yaa? maaf saya awam om
Kira2 di bengkel mana ya yg ngerti + bisa bersihin filter matic ini di seputaran jakarta selatan? di bengkel yg saya biasa kuras matic, mereka ga bisa ngerjain katanya
Ganti baru mbah.
oo gitu, klo di flush pake atf changer kotoran di filter maticnya ikt keluar ga om?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

midrpm wrote: Wed Feb 23, 2022 6:26
Suryaputra wrote: Wed Feb 02, 2022 22:25
midrpm wrote: Wed Feb 02, 2022 19:54

Ini metode bersihin filter maticnya gimana ya om? di rendam pakai bensin kah? filter ini terbuat dari kertas gitu kan yaa? maaf saya awam om
Kira2 di bengkel mana ya yg ngerti + bisa bersihin filter matic ini di seputaran jakarta selatan? di bengkel yg saya biasa kuras matic, mereka ga bisa ngerjain katanya
Ganti baru mbah.
oo gitu, klo di flush pake atf changer kotoran di filter maticnya ikt keluar ga om?
i think nggak,
karena apa yg dah stuck di dalam filter, sulit untuk keluar, even dibackwash pun, malah bahaya, karena kotorannya malah nyebar lbh bahaya.
klo saya pribadi prefer drain & refill 2x
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by wicaksono99 »

Kemaren jumat abis kuras matik all new ertiga sendiri pake cara gerlong di 58rb km (sebelumnya udab pernah kuras gerlong juga di 20rb km). Karna waktu pertama kali drainnya lewat overfill plug dan kuras lewat outlet cuma butuh sekitar 3 liter, kemaren cuma nyiapin amsoil ATF FE 3 botol doang karna diliat dari dipstik levelnya diatas full hot pas kondisi dingin jadi pikirnya pasti cukup.. Eh pas nguras lewat drain plug banyak dong yg keluar sekitar 4 liter lebih. Udah mulai bingung nih.. Ya udah tuang semua ATF yg ada dulu.. Setelah beres isi langsung nyalain mesin dan nah loh bunyi dengung dong 😂😂😂... Dengungnya asing ga pernah denger sebelumnya, ngecek filter udara kayanya ga ada yg salah.. Cek dipstik atf cuma nyentuh ujung dipstik olinya.. Wkwkwk. Ya udahlah siapa tau pas jalan ilang dengungnya.. Eh pas dibawa jalan kedengeran dengung dong.. Ngiiiingggg ngikutin irama kecepatan mobil & gas. Tapi perpindahan gigi gak ada beda, mulus2 ajah.. Dalem hati waduh nih mungkin kampas matiknya gak cukup kerendem oli dan kenapa jadi kaya ada suara turbo ni mobil.. Hahaha...
Sampe tempat tujuan langsung cek dipstik lagi dengan harapan level hotnya naik, eh pas dicek sama aja dong cuma nyentuh ujung dipstik olinya.. Gak lama order oli amsoil lagi 1 botol dan nyampe hari senen langsung top up 550ml (karna liat di bookman untuk naikan level oli dari low hot ke full hot butul 0,4 liter) 😆😆
Tadi pagi dipake jalan dan voila dengungnya ilang... Cek dipstik juga pas panas oli di level full hot.. Wkwkwk...
Di bookman tertulis kuras oli atf dari drainplug butuh 2,7liter.. Overhaul matik butuh 5 liter. 😄
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

wicaksono99 wrote: Tue Mar 01, 2022 6:46 Kemaren jumat abis kuras matik all new ertiga sendiri pake cara gerlong di 58rb km (sebelumnya udab pernah kuras gerlong juga di 20rb km). Karna waktu pertama kali drainnya lewat overfill plug dan kuras lewat outlet cuma butuh sekitar 3 liter, kemaren cuma nyiapin amsoil ATF FE 3 botol doang karna diliat dari dipstik levelnya diatas full hot pas kondisi dingin jadi pikirnya pasti cukup.. Eh pas nguras lewat drain plug banyak dong yg keluar sekitar 4 liter lebih. Udah mulai bingung nih.. Ya udah tuang semua ATF yg ada dulu.. Setelah beres isi langsung nyalain mesin dan nah loh bunyi dengung dong 😂😂😂... Dengungnya asing ga pernah denger sebelumnya, ngecek filter udara kayanya ga ada yg salah.. Cek dipstik atf cuma nyentuh ujung dipstik olinya.. Wkwkwk. Ya udahlah siapa tau pas jalan ilang dengungnya.. Eh pas dibawa jalan kedengeran dengung dong.. Ngiiiingggg ngikutin irama kecepatan mobil & gas. Tapi perpindahan gigi gak ada beda, mulus2 ajah.. Dalem hati waduh nih mungkin kampas matiknya gak cukup kerendem oli dan kenapa jadi kaya ada suara turbo ni mobil.. Hahaha...
Sampe tempat tujuan langsung cek dipstik lagi dengan harapan level hotnya naik, eh pas dicek sama aja dong cuma nyentuh ujung dipstik olinya.. Gak lama order oli amsoil lagi 1 botol dan nyampe hari senen langsung top up 550ml (karna liat di bookman untuk naikan level oli dari low hot ke full hot butul 0,4 liter) 😆😆
Tadi pagi dipake jalan dan voila dengungnya ilang... Cek dipstik juga pas panas oli di level full hot.. Wkwkwk...
Di bookman tertulis kuras oli atf dari drainplug butuh 2,7liter.. Overhaul matik butuh 5 liter. 😄
:big_biglaugh:

emang ya kl atf ini tebak2an. btw kok bisa keluar 4 liter begitu banyak om, diapain?

trus ams itu sebotol cuma 946mL jd kl 4 botol cuma 3800mL. :e-dance:
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by wicaksono99 »

Omnibus wrote: Tue Mar 01, 2022 7:45
wicaksono99 wrote: Tue Mar 01, 2022 6:46 Kemaren jumat abis kuras matik all new ertiga sendiri pake cara gerlong di 58rb km (sebelumnya udab pernah kuras gerlong juga di 20rb km). Karna waktu pertama kali drainnya lewat overfill plug dan kuras lewat outlet cuma butuh sekitar 3 liter, kemaren cuma nyiapin amsoil ATF FE 3 botol doang karna diliat dari dipstik levelnya diatas full hot pas kondisi dingin jadi pikirnya pasti cukup.. Eh pas nguras lewat drain plug banyak dong yg keluar sekitar 4 liter lebih. Udah mulai bingung nih.. Ya udah tuang semua ATF yg ada dulu.. Setelah beres isi langsung nyalain mesin dan nah loh bunyi dengung dong 😂😂😂... Dengungnya asing ga pernah denger sebelumnya, ngecek filter udara kayanya ga ada yg salah.. Cek dipstik atf cuma nyentuh ujung dipstik olinya.. Wkwkwk. Ya udahlah siapa tau pas jalan ilang dengungnya.. Eh pas dibawa jalan kedengeran dengung dong.. Ngiiiingggg ngikutin irama kecepatan mobil & gas. Tapi perpindahan gigi gak ada beda, mulus2 ajah.. Dalem hati waduh nih mungkin kampas matiknya gak cukup kerendem oli dan kenapa jadi kaya ada suara turbo ni mobil.. Hahaha...
Sampe tempat tujuan langsung cek dipstik lagi dengan harapan level hotnya naik, eh pas dicek sama aja dong cuma nyentuh ujung dipstik olinya.. Gak lama order oli amsoil lagi 1 botol dan nyampe hari senen langsung top up 550ml (karna liat di bookman untuk naikan level oli dari low hot ke full hot butul 0,4 liter) 😆😆
Tadi pagi dipake jalan dan voila dengungnya ilang... Cek dipstik juga pas panas oli di level full hot.. Wkwkwk...
Di bookman tertulis kuras oli atf dari drainplug butuh 2,7liter.. Overhaul matik butuh 5 liter. 😄
:big_biglaugh:

emang ya kl atf ini tebak2an. btw kok bisa keluar 4 liter begitu banyak om, diapain?

trus ams itu sebotol cuma 946mL jd kl 4 botol cuma 3800mL. :e-dance:
Beda buka bautnya om.. Yg pertama dulu buka overflow plug (pakai kunci L) karna males buka plastik penutup bawah deket drainplug di oilpannya yg terhalang. yang kemaren buka dari drainplug (pakai kunci sok). Lumayan bisa beda 1liter dibuka di baut berbeda. Saya baca2 lagi di gugel ternyata emang overflow plug hanya untuk ngecek kapasitas oli untuk nanti kemudian ditambahin sekian mililiter (ini untuk tipe atf yg ga ada dipstik). Kalau matik yg ada dipstik enak ketauan kurang apa nggaknya, kalau yg ga ada dipstik perlu ngecek lewat overflow plug saat kondisi temperatur sekitar 40-50an derajat celcius kalau ga salah.. Kalau oli keluar terus sampe netes baru pasang lagi kemudian di isi sampai berapa mL sesuai ketentuan pabriknya. Kalau ga ada oli keluar berarti kurang olinya, tambahin dulu sampe netes baru tutup & isi sesuai persayaratan. 😆

Iya 1 quartz sebotol.. Ini masih sisa 400mL tapi dah cukup. Soalnya yg kemaren kan oli atfnya di dipstik diatas level full hot pas kondisi dingin. Jadi seperti overfill dari pabriknya.. (pergantian pertama juga ditakar, jumlah yg keluar sama dengan yg diisi)
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

wicaksono99 wrote: Tue Mar 01, 2022 8:10
Omnibus wrote: Tue Mar 01, 2022 7:45
wicaksono99 wrote: Tue Mar 01, 2022 6:46 Kemaren jumat abis kuras matik all new ertiga sendiri pake cara gerlong di 58rb km (sebelumnya udab pernah kuras gerlong juga di 20rb km). Karna waktu pertama kali drainnya lewat overfill plug dan kuras lewat outlet cuma butuh sekitar 3 liter, kemaren cuma nyiapin amsoil ATF FE 3 botol doang karna diliat dari dipstik levelnya diatas full hot pas kondisi dingin jadi pikirnya pasti cukup.. Eh pas nguras lewat drain plug banyak dong yg keluar sekitar 4 liter lebih. Udah mulai bingung nih.. Ya udah tuang semua ATF yg ada dulu.. Setelah beres isi langsung nyalain mesin dan nah loh bunyi dengung dong 😂😂😂... Dengungnya asing ga pernah denger sebelumnya, ngecek filter udara kayanya ga ada yg salah.. Cek dipstik atf cuma nyentuh ujung dipstik olinya.. Wkwkwk. Ya udahlah siapa tau pas jalan ilang dengungnya.. Eh pas dibawa jalan kedengeran dengung dong.. Ngiiiingggg ngikutin irama kecepatan mobil & gas. Tapi perpindahan gigi gak ada beda, mulus2 ajah.. Dalem hati waduh nih mungkin kampas matiknya gak cukup kerendem oli dan kenapa jadi kaya ada suara turbo ni mobil.. Hahaha...
Sampe tempat tujuan langsung cek dipstik lagi dengan harapan level hotnya naik, eh pas dicek sama aja dong cuma nyentuh ujung dipstik olinya.. Gak lama order oli amsoil lagi 1 botol dan nyampe hari senen langsung top up 550ml (karna liat di bookman untuk naikan level oli dari low hot ke full hot butul 0,4 liter) 😆😆
Tadi pagi dipake jalan dan voila dengungnya ilang... Cek dipstik juga pas panas oli di level full hot.. Wkwkwk...
Di bookman tertulis kuras oli atf dari drainplug butuh 2,7liter.. Overhaul matik butuh 5 liter. 😄
:big_biglaugh:

emang ya kl atf ini tebak2an. btw kok bisa keluar 4 liter begitu banyak om, diapain?

trus ams itu sebotol cuma 946mL jd kl 4 botol cuma 3800mL. :e-dance:
Beda buka bautnya om.. Yg pertama dulu buka overflow plug (pakai kunci L) karna males buka plastik penutup bawah deket drainplug di oilpannya yg terhalang. yang kemaren buka dari drainplug (pakai kunci sok). Lumayan bisa beda 1liter dibuka di baut berbeda. Saya baca2 lagi di gugel ternyata emang overflow plug hanya untuk ngecek kapasitas oli untuk nanti kemudian ditambahin sekian mililiter (ini untuk tipe atf yg ga ada dipstik). Kalau matik yg ada dipstik enak ketauan kurang apa nggaknya, kalau yg ga ada dipstik perlu ngecek lewat overflow plug saat kondisi temperatur sekitar 40-50an derajat celcius kalau ga salah.. Kalau oli keluar terus sampe netes baru pasang lagi kemudian di isi sampai berapa mL sesuai ketentuan pabriknya. Kalau ga ada oli keluar berarti kurang olinya, tambahin dulu sampe netes baru tutup & isi sesuai persayaratan. 😆

Iya 1 quartz sebotol.. Ini masih sisa 400mL tapi dah cukup. Soalnya yg kemaren kan oli atfnya di dipstik diatas level full hot pas kondisi dingin. Jadi seperti overfill dari pabriknya.. (pergantian pertama juga ditakar, jumlah yg keluar sama dengan yg diisi)
oh ada 2 berarti. kirain spt bbrp toyota yg cuma ada 1 tp sedotan overflow nya bisa dibuka juga pakai kunci L.
keren om ... sy mau ikutin coba juga siapa tau bisa ganti atf sendiri juga om. :mky_02:
Danzman
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sat Jul 23, 2022 14:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Danzman »

Om turbo minta saran terbaru kalo kuras matic 2GD selain aisin afw+ Bisa apalagi, terima kasih🙏🏻
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ctopher7 »

Danzman wrote:Om turbo minta saran terbaru kalo kuras matic 2GD selain aisin afw+ Bisa apalagi, terima kasih[emoji1317]
pake ptt lv1 cocok saya, uda jalan 12 rebu km. selip masih ga parah, tapi transmisi 2gd emng bloon dari sananya wkwk. shifting masih mayan halus

pas awal baru ganti selip minim banget dan shifting halus
pecinta bio solar
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

Inofa reborn ama vrz metik kl mo drain n fill atf wajip atf encer, sperti toyta WS, asinan afw vi, pe teh teh LV, atau palpolin makslaif vi

Nah pas d drain ampe abis ga netes, trus fill dulu 2.5 liter.. nah brikut nya coba pake jalan, bandingin pas atf masi cold ama hot, shifting enak alus ga, kl masi jedag jedug palagi jd bloon banget, tambahin 70 cc, trus coba lg, masi ga enak jg tambahin lg 70 cc, ulangin terus ampe terasa enak

Koq ribet ?? Kl kata mbah masas, nama nya jg fine tune, kl mau asemreges tune yah cekokin aj lgs 3 liter, atau 4 liter skaligus, 5 liter jg bole, sbodo mau enak apa kaga
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by gwsecretc »

ctopher7 wrote: Fri Jul 29, 2022 1:53
Danzman wrote:Om turbo minta saran terbaru kalo kuras matic 2GD selain aisin afw+ Bisa apalagi, terima kasih[emoji1317]
pake ptt lv1 cocok saya, uda jalan 12 rebu km. selip masih ga parah, tapi transmisi 2gd emng bloon dari sananya wkwk. shifting masih mayan halus

pas awal baru ganti selip minim banget dan shifting halus
Saya juga udah kuras pake ptt lv1 di anki 2gd, so far shifting lebih halus dan slip lebih minim ketimbang toyota ws bawaan. Patut untuk dicoba
DOHC wrote: Fri Jul 29, 2022 3:34 Inofa reborn ama vrz metik kl mo drain n fill atf wajip atf encer, sperti toyta WS, asinan afw vi, pe teh teh LV, atau palpolin makslaif vi

Nah pas d drain ampe abis ga netes, trus fill dulu 2.5 liter.. nah brikut nya coba pake jalan, bandingin pas atf masi cold ama hot, shifting enak alus ga, kl masi jedag jedug palagi jd bloon banget, tambahin 70 cc, trus coba lg, masi ga enak jg tambahin lg 70 cc, ulangin terus ampe terasa enak

Koq ribet ?? Kl kata mbah masas, nama nya jg fine tune, kl mau asemreges tune yah cekokin aj lgs 3 liter, atau 4 liter skaligus, 5 liter jg bole, sbodo mau enak apa kaga
Tapi mbah, kalo menurut web ini 2gd kalo drain n fill cuma butuh 1.5 liter loh.

http://zatonevkredit.ru/repair_manuals/ ... 00sukp.xml
E15E4C4F-D99F-42ED-A81A-6FD362ECD94D.jpeg
Aneh kok 2gd dikit amat ya kalo drain n fill nya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ctopher7 »

gwsecretc wrote:
ctopher7 wrote: Fri Jul 29, 2022 1:53
Danzman wrote:Om turbo minta saran terbaru kalo kuras matic 2GD selain aisin afw+ Bisa apalagi, terima kasih[emoji1317]
pake ptt lv1 cocok saya, uda jalan 12 rebu km. selip masih ga parah, tapi transmisi 2gd emng bloon dari sananya wkwk. shifting masih mayan halus

pas awal baru ganti selip minim banget dan shifting halus
Saya juga udah kuras pake ptt lv1 di anki 2gd, so far shifting lebih halus dan slip lebih minim ketimbang toyota ws bawaan. Patut untuk dicoba
DOHC wrote: Fri Jul 29, 2022 3:34 Inofa reborn ama vrz metik kl mo drain n fill atf wajip atf encer, sperti toyta WS, asinan afw vi, pe teh teh LV, atau palpolin makslaif vi

Nah pas d drain ampe abis ga netes, trus fill dulu 2.5 liter.. nah brikut nya coba pake jalan, bandingin pas atf masi cold ama hot, shifting enak alus ga, kl masi jedag jedug palagi jd bloon banget, tambahin 70 cc, trus coba lg, masi ga enak jg tambahin lg 70 cc, ulangin terus ampe terasa enak

Koq ribet ?? Kl kata mbah masas, nama nya jg fine tune, kl mau asemreges tune yah cekokin aj lgs 3 liter, atau 4 liter skaligus, 5 liter jg bole, sbodo mau enak apa kaga
Tapi mbah, kalo menurut web ini 2gd kalo drain n fill cuma butuh 1.5 liter loh.

http://zatonevkredit.ru/repair_manuals/ ... 00sukp.xml
E15E4C4F-D99F-42ED-A81A-6FD362ECD94D.jpeg
Aneh kok 2gd dikit amat ya kalo drain n fill nya
mbah dulu pake mesin atf changer brapa botol? saya disuru sampe 11 liter [emoji1787]
pecinta bio solar
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by gwsecretc »

ctopher7 wrote: Fri Jul 29, 2022 14:41 mbah dulu pake mesin atf changer brapa botol? saya disuru sampe 11 liter [emoji1787]
Minimal 8liter sih kalo mau kuras. Kemarin pun kuras di auto2k cuma pake 9 liter mbah. 11 liter yah kebanyakan, tapi atfnya jadi lebih bersih dong :big_biglaugh:

Tapi kalo menurut manual book buat 2gd 9.5 liter, 1tr 8.5 liter kalo mau kuras.
blybly2
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Mon Dec 04, 2017 1:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w204+e84

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by blybly2 »

izin tanya om2, sy punya w204 yg sdh 7gtronic (55rbkm).

beberapa bln lalu saat lg ganti oli mesin di salah satu bengkel spesialis mercy mobil sy di star diag utk sekalian reset, ternyata ada fault code dari TCM/ sebetulnya sih sy ga pernah ngerasa ada yg aneh dgn mobil (apa sy yg krg sensitif :big_peace: ). waktu beli tahun lalu di km 45rb sih GCU di pro motor ga ada masalah.

lalu karena sy tangan kedua dan mobil ga service record cuma ada kuitansi2 ganti oli (excld ATF) &spare part, sy minta estimasi utk ganti oli matik...tp salah satu mekanik ada yg wanti2 ada kemungkinan setelah ganti oli kadang malah rusak. sy jadi agak maju mundur jadinya mau ganti :big_cry:

kira2 kalo mau coba ganti dgn metode apa ya ? mungkin ada rekomendasi bengkel jg di jabodetabek?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by farizfsa »

blybly2 wrote: Mon Aug 01, 2022 8:32 izin tanya om2, sy punya w204 yg sdh 7gtronic (55rbkm).

beberapa bln lalu saat lg ganti oli mesin di salah satu bengkel spesialis mercy mobil sy di star diag utk sekalian reset, ternyata ada fault code dari TCM/ sebetulnya sih sy ga pernah ngerasa ada yg aneh dgn mobil (apa sy yg krg sensitif :big_peace: ). waktu beli tahun lalu di km 45rb sih GCU di pro motor ga ada masalah.

lalu karena sy tangan kedua dan mobil ga service record cuma ada kuitansi2 ganti oli (excld ATF) &spare part, sy minta estimasi utk ganti oli matik...tp salah satu mekanik ada yg wanti2 ada kemungkinan setelah ganti oli kadang malah rusak. sy jadi agak maju mundur jadinya mau ganti :big_cry:

kira2 kalo mau coba ganti dgn metode apa ya ? mungkin ada rekomendasi bengkel jg di jabodetabek?
coba bawa ke garasiku workshop di permata hijau, konsul dulu aja.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ariswp »

blybly2 wrote: Mon Aug 01, 2022 8:32 izin tanya om2, sy punya w204 yg sdh 7gtronic (55rbkm).

beberapa bln lalu saat lg ganti oli mesin di salah satu bengkel spesialis mercy mobil sy di star diag utk sekalian reset, ternyata ada fault code dari TCM/ sebetulnya sih sy ga pernah ngerasa ada yg aneh dgn mobil (apa sy yg krg sensitif :big_peace: ). waktu beli tahun lalu di km 45rb sih GCU di pro motor ga ada masalah.

lalu karena sy tangan kedua dan mobil ga service record cuma ada kuitansi2 ganti oli (excld ATF) &spare part, sy minta estimasi utk ganti oli matik...tp salah satu mekanik ada yg wanti2 ada kemungkinan setelah ganti oli kadang malah rusak. sy jadi agak maju mundur jadinya mau ganti :big_cry:

kira2 kalo mau coba ganti dgn metode apa ya ? mungkin ada rekomendasi bengkel jg di jabodetabek?
Ganti saja tanpa kuras, harusnya tidak masalah, malah kalo gak ganti2 ATF ya jadi bomb waktu berjalan itu
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

gwsecretc wrote: Fri Jul 29, 2022 3:57
ctopher7 wrote: Fri Jul 29, 2022 1:53
Danzman wrote:Om turbo minta saran terbaru kalo kuras matic 2GD selain aisin afw+ Bisa apalagi, terima kasih[emoji1317]
pake ptt lv1 cocok saya, uda jalan 12 rebu km. selip masih ga parah, tapi transmisi 2gd emng bloon dari sananya wkwk. shifting masih mayan halus

pas awal baru ganti selip minim banget dan shifting halus
Saya juga udah kuras pake ptt lv1 di anki 2gd, so far shifting lebih halus dan slip lebih minim ketimbang toyota ws bawaan. Patut untuk dicoba
DOHC wrote: Fri Jul 29, 2022 3:34 Inofa reborn ama vrz metik kl mo drain n fill atf wajip atf encer, sperti toyta WS, asinan afw vi, pe teh teh LV, atau palpolin makslaif vi

Nah pas d drain ampe abis ga netes, trus fill dulu 2.5 liter.. nah brikut nya coba pake jalan, bandingin pas atf masi cold ama hot, shifting enak alus ga, kl masi jedag jedug palagi jd bloon banget, tambahin 70 cc, trus coba lg, masi ga enak jg tambahin lg 70 cc, ulangin terus ampe terasa enak

Koq ribet ?? Kl kata mbah masas, nama nya jg fine tune, kl mau asemreges tune yah cekokin aj lgs 3 liter, atau 4 liter skaligus, 5 liter jg bole, sbodo mau enak apa kaga
Tapi mbah, kalo menurut web ini 2gd kalo drain n fill cuma butuh 1.5 liter loh.

http://zatonevkredit.ru/repair_manuals/ ... 00sukp.xml

E15E4C4F-D99F-42ED-A81A-6FD362ECD94D.jpeg

Aneh kok 2gd dikit amat ya kalo drain n fill nya
Aneh ya

Mustinya ga segitu dikit seh, wong inofa bensin aj kuantiti total (termasuk di dalem CC) atf nya bsa seliter dbawah 2GD malah

Pas dulu inofa saya pertama kl d tap atf nya, kuar kurleb 2.5 liter dr oil pan nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blybly2
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Mon Dec 04, 2017 1:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w204+e84

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by blybly2 »

farizfsa wrote: Mon Aug 01, 2022 8:47
blybly2 wrote: Mon Aug 01, 2022 8:32 izin tanya om2, sy punya w204 yg sdh 7gtronic (55rbkm).

beberapa bln lalu saat lg ganti oli mesin di salah satu bengkel spesialis mercy mobil sy di star diag utk sekalian reset, ternyata ada fault code dari TCM/ sebetulnya sih sy ga pernah ngerasa ada yg aneh dgn mobil (apa sy yg krg sensitif :big_peace: ). waktu beli tahun lalu di km 45rb sih GCU di pro motor ga ada masalah.

lalu karena sy tangan kedua dan mobil ga service record cuma ada kuitansi2 ganti oli (excld ATF) &spare part, sy minta estimasi utk ganti oli matik...tp salah satu mekanik ada yg wanti2 ada kemungkinan setelah ganti oli kadang malah rusak. sy jadi agak maju mundur jadinya mau ganti :big_cry:

kira2 kalo mau coba ganti dgn metode apa ya ? mungkin ada rekomendasi bengkel jg di jabodetabek?
coba bawa ke garasiku workshop di permata hijau, konsul dulu aja.
oke gan tks. mau sy coba kesana , kalo dari google sih ini bengkel sering penuh ya
blybly2
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Mon Dec 04, 2017 1:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w204+e84

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by blybly2 »

ariswp wrote: Mon Aug 01, 2022 9:32
blybly2 wrote: Mon Aug 01, 2022 8:32 izin tanya om2, sy punya w204 yg sdh 7gtronic (55rbkm).

beberapa bln lalu saat lg ganti oli mesin di salah satu bengkel spesialis mercy mobil sy di star diag utk sekalian reset, ternyata ada fault code dari TCM/ sebetulnya sih sy ga pernah ngerasa ada yg aneh dgn mobil (apa sy yg krg sensitif :big_peace: ). waktu beli tahun lalu di km 45rb sih GCU di pro motor ga ada masalah.

lalu karena sy tangan kedua dan mobil ga service record cuma ada kuitansi2 ganti oli (excld ATF) &spare part, sy minta estimasi utk ganti oli matik...tp salah satu mekanik ada yg wanti2 ada kemungkinan setelah ganti oli kadang malah rusak. sy jadi agak maju mundur jadinya mau ganti :big_cry:

kira2 kalo mau coba ganti dgn metode apa ya ? mungkin ada rekomendasi bengkel jg di jabodetabek?
Ganti saja tanpa kuras, harusnya tidak masalah, malah kalo gak ganti2 ATF ya jadi bomb waktu berjalan itu
nah itu dia seumur2 beli mobil matic 2nd lsg ganti oli atf, baru skrg ini nih di ntar2...agak deg2an :big_grin:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

blybly2 wrote: Mon Aug 01, 2022 10:24
farizfsa wrote: Mon Aug 01, 2022 8:47
blybly2 wrote: Mon Aug 01, 2022 8:32 izin tanya om2, sy punya w204 yg sdh 7gtronic (55rbkm).

beberapa bln lalu saat lg ganti oli mesin di salah satu bengkel spesialis mercy mobil sy di star diag utk sekalian reset, ternyata ada fault code dari TCM/ sebetulnya sih sy ga pernah ngerasa ada yg aneh dgn mobil (apa sy yg krg sensitif :big_peace: ). waktu beli tahun lalu di km 45rb sih GCU di pro motor ga ada masalah.

lalu karena sy tangan kedua dan mobil ga service record cuma ada kuitansi2 ganti oli (excld ATF) &spare part, sy minta estimasi utk ganti oli matik...tp salah satu mekanik ada yg wanti2 ada kemungkinan setelah ganti oli kadang malah rusak. sy jadi agak maju mundur jadinya mau ganti :big_cry:

kira2 kalo mau coba ganti dgn metode apa ya ? mungkin ada rekomendasi bengkel jg di jabodetabek?
coba bawa ke garasiku workshop di permata hijau, konsul dulu aja.
oke gan tks. mau sy coba kesana , kalo dari google sih ini bengkel sering penuh ya
Kalo mau cari alternatif, di bursa otomotif sunter ada bengkel specialist mercy Starpro , lumayan jago dan lengkap servicenya. Repair ECU aja inhouse. Tapi sama juga rame bgt
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by gwsecretc »

DOHC wrote: Mon Aug 01, 2022 9:59
gwsecretc wrote: Fri Jul 29, 2022 3:57
ctopher7 wrote: Fri Jul 29, 2022 1:53
pake ptt lv1 cocok saya, uda jalan 12 rebu km. selip masih ga parah, tapi transmisi 2gd emng bloon dari sananya wkwk. shifting masih mayan halus

pas awal baru ganti selip minim banget dan shifting halus
Saya juga udah kuras pake ptt lv1 di anki 2gd, so far shifting lebih halus dan slip lebih minim ketimbang toyota ws bawaan. Patut untuk dicoba
DOHC wrote: Fri Jul 29, 2022 3:34 Inofa reborn ama vrz metik kl mo drain n fill atf wajip atf encer, sperti toyta WS, asinan afw vi, pe teh teh LV, atau palpolin makslaif vi

Nah pas d drain ampe abis ga netes, trus fill dulu 2.5 liter.. nah brikut nya coba pake jalan, bandingin pas atf masi cold ama hot, shifting enak alus ga, kl masi jedag jedug palagi jd bloon banget, tambahin 70 cc, trus coba lg, masi ga enak jg tambahin lg 70 cc, ulangin terus ampe terasa enak

Koq ribet ?? Kl kata mbah masas, nama nya jg fine tune, kl mau asemreges tune yah cekokin aj lgs 3 liter, atau 4 liter skaligus, 5 liter jg bole, sbodo mau enak apa kaga
Tapi mbah, kalo menurut web ini 2gd kalo drain n fill cuma butuh 1.5 liter loh.

http://zatonevkredit.ru/repair_manuals/ ... 00sukp.xml

E15E4C4F-D99F-42ED-A81A-6FD362ECD94D.jpeg

Aneh kok 2gd dikit amat ya kalo drain n fill nya
Aneh ya

Mustinya ga segitu dikit seh, wong inofa bensin aj kuantiti total (termasuk di dalem CC) atf nya bsa seliter dbawah 2GD malah

Pas dulu inofa saya pertama kl d tap atf nya, kuar kurleb 2.5 liter dr oil pan nya
Nah kalo menurut web di atas, emang secara keseluruhan jumlah atf di mesin gd lebih banyak ketimbang mesin tr. Tapi anehnya khusus buat drain and fill, di gd lebih sedikit ketimbang tr.

Tapi mbah, ada benernya loh itu web. Saya perna coba d anki 2gd, tap atf di pan saat km10rb, lalu saya isi kurleb 3liter, shiftingnya jadi telat loh mbah. Akhirnya buka baut overflow ga taunya atf keluar deres, ditunggu sampai pelan langsung tutup. Shiftingnya langsung jadi sigap dan enak. Pas diukur di wadah penampungan itu atf ada 1 liter lebih.
tatando
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Wed Sep 23, 2020 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: XJ 97

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by tatando »

blybly2 wrote: Mon Aug 01, 2022 8:32 izin tanya om2, sy punya w204 yg sdh 7gtronic (55rbkm).

beberapa bln lalu saat lg ganti oli mesin di salah satu bengkel spesialis mercy mobil sy di star diag utk sekalian reset, ternyata ada fault code dari TCM/ sebetulnya sih sy ga pernah ngerasa ada yg aneh dgn mobil (apa sy yg krg sensitif :big_peace: ). waktu beli tahun lalu di km 45rb sih GCU di pro motor ga ada masalah.

lalu karena sy tangan kedua dan mobil ga service record cuma ada kuitansi2 ganti oli (excld ATF) &spare part, sy minta estimasi utk ganti oli matik...tp salah satu mekanik ada yg wanti2 ada kemungkinan setelah ganti oli kadang malah rusak. sy jadi agak maju mundur jadinya mau ganti :big_cry:

kira2 kalo mau coba ganti dgn metode apa ya ? mungkin ada rekomendasi bengkel jg di jabodetabek?
Coba ke MGK, Autoteknik atau Benz Auto Service