Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Mon Dec 06, 2021 12:57

Aih si mbah rahasia2an,
tak kirimin foto ozy syahputra neh :upss:


aih, tu orang mah ngeri.... ik suka lekong beneran dong yang jantan...














:ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Mon Dec 06, 2021 12:56
Omnibus wrote: Mon Dec 06, 2021 12:13
Suryaputra wrote: Mon Dec 06, 2021 4:57 ........

Caranya (setelah ngisi cvtf):
1. buka baut lubang untuk ngukur atf level yg ada di girboks

2. Pastikan gakda cairan yg keluar dr lubang tsb
(artinya atf dah di titik maksimal, dan klo masih ada lendir yg keluar dr lubang tsb, artinya atf masih di atas titik maksimal)

3. Tutup lobang tsb
mbah, pernah coba lakuin sendiri belom? :big_grin:

itu check bolt antik lho. pas kita tungguin keluar dia ga ada keluar alias kosong, pdhl udah diisi sampe 4L. perlu mantra khusus baru bisa keluar n yg tau cuma mbah delko. :mky_03:

sy sm mbah marmut pernah bahas ginian di PM, kita sama2 ngalamin hal yg sama. :mky_01:
Klo di mobil lain, sy blm prnh lakuin.
Krn mbl lain ada dipstick dan rulesnya :big_biglaugh:
sy tanya di mobil mbah yg mobilio mbah.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Mon Dec 06, 2021 13:07
Suryaputra wrote: Mon Dec 06, 2021 12:56
Omnibus wrote: Mon Dec 06, 2021 12:13

mbah, pernah coba lakuin sendiri belom? :big_grin:

itu check bolt antik lho. pas kita tungguin keluar dia ga ada keluar alias kosong, pdhl udah diisi sampe 4L. perlu mantra khusus baru bisa keluar n yg tau cuma mbah delko. :mky_03:

sy sm mbah marmut pernah bahas ginian di PM, kita sama2 ngalamin hal yg sama. :mky_01:
Klo di mobil lain, sy blm prnh lakuin.
Krn mbl lain ada dipstick dan rulesnya :big_biglaugh:
sy tanya di mobil mbah yg mobilio mbah.
Di lio mah normal mbah,
Angkat pakai hidrolis.
Mesin off, gigi posisi P.
Sy minta tolong aja teknisinya :big_biglaugh:

Ni mbah delko kelep klo gak ngasih tau, tak kirimin foto ozy jembatan ancol
:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Mon Dec 06, 2021 13:10
Omnibus wrote: Mon Dec 06, 2021 13:07
Suryaputra wrote: Mon Dec 06, 2021 12:56

Klo di mobil lain, sy blm prnh lakuin.
Krn mbl lain ada dipstick dan rulesnya :big_biglaugh:
sy tanya di mobil mbah yg mobilio mbah.
Di lio mah normal mbah,
Angkat pakai hidrolis.
Mesin off, gigi posisi P.
Sy minta tolong aja teknisinya :big_biglaugh:

Ni mbah delko kelep klo gak ngasih tau, tak kirimin foto ozy jembatan ancol
:ngacir:
gini2

saya kasi tau r a h a s i a nya

pas ganti nya wajip di malem kemis pon, dan wajip berawan, lebi bagus lg kl bsa nge liat ada kucing item liwat

nahh trus pas ganti nya, jgn lupa taro roko tjap geledek, minyak wangi tjap bunga ros, ama pisang mas sesisir
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

erwinign wrote: Mon Dec 06, 2021 1:57
kino wrote: Sun Dec 05, 2021 7:11
rendr wrote: Sat Dec 04, 2021 5:47
ohhhh ertiga K14B mah pake PTT LV1 aja, temen pake di R3 K14B juga, enak banget katanya

kalo mau pake AW-1 ganti diluar atau kalo di beres sijuki dipantengin depan mobil ya om pas ngisi ATF, kadang suka salah ambil botol AW-1 malah 3317....
nah itu bener sekali

kemarin ane sudah ke beres sijuki di tes sama sa nya jalan muter2 ternyata hasilnya normal tidak ada tanda2 salah spek oli
sambil jalan si sa malah ngomong ini mobil harusnya pake atf 3317 bukan aw-1?! walah

kalo sa beres sijuki aja nyaranin 3317 gimana customernya yg awam manut aja itu kalo gak tau jenis olinya harus aw-1 :big_dunno:
Salah satunya saya korbannya om asal tuang karter 3317. Akhirnya ganti q8 auto jk waktu masi comply ke AW1, sampe sekarang josss gandos. Udh saya kuras ke q8 sebelum keadaan tambah memburuk

Saya perna tanya sama spv mekaniknya soal oli ini, dia cuma bilang "BIASANYA atf ertiga yg penting udah dex 3"

Ati2 kl cari ertiga matic bekas, byk yg gini. Pdhl di buku panduan udh jelas, di dipstick atfnya jelas ketulis AW1. Minta saya colok pake dipsticknya itu kalo SAnya ngeyel
Screenshot_20211206-201110__01.jpg
Q8 Auto JK masih comply kok om sama AW1, sampe sekarang sih formulasi masih percis sama dulu. Cuma memang kalau pake MV sih lebih bagus.
Kalau stok masih banyak JKnya mau tuker tambah sama MV juga boleh ya, pm saya aja.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Dec 06, 2021 12:43
Omnibus wrote: Mon Dec 06, 2021 12:13

mbah, pernah coba lakuin sendiri belom? :big_grin:

itu check bolt antik lho. pas kita tungguin keluar dia ga ada keluar alias kosong, pdhl udah diisi sampe 4L. perlu mantra khusus baru bisa keluar n yg tau cuma mbah delko. :mky_03:

sy sm mbah marmut pernah bahas ginian di PM, kita sama2 ngalamin hal yg sama. :mky_01:


:big_biglaugh:

mbah
DOHC
cicing maneh... sumpah pocong awas kalo bocorin rahasia.

:big_biglaugh:
ai malah lupa rahasia nya mbah

ngerjain nya wajip malem kemis pon ama rabu wage yah ?? :big_think: :big_think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Dec 06, 2021 13:22
Suryaputra wrote: Mon Dec 06, 2021 13:10
Omnibus wrote: Mon Dec 06, 2021 13:07

sy tanya di mobil mbah yg mobilio mbah.
Di lio mah normal mbah,
Angkat pakai hidrolis.
Mesin off, gigi posisi P.
Sy minta tolong aja teknisinya :big_biglaugh:

Ni mbah delko kelep klo gak ngasih tau, tak kirimin foto ozy jembatan ancol
:ngacir:
gini2

saya kasi tau r a h a s i a nya

pas ganti nya wajip di malem kemis pon, dan wajip berawan, lebi bagus lg kl bsa nge liat ada kucing item liwat

nahh trus pas ganti nya, jgn lupa taro roko tjap geledek, minyak wangi tjap bunga ros, ama pisang mas sesisir
naini diaa ..... baru tuh bisa ngocor keluar dr check hole nya :wkkk:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Dec 06, 2021 13:22
gini2

saya kasi tau r a h a s i a nya

pas ganti nya wajip di malem kemis pon, dan wajip berawan, lebi bagus lg kl bsa nge liat ada kucing item liwat

nahh trus pas ganti nya, jgn lupa taro roko tjap geledek, minyak wangi tjap bunga ros, ama pisang mas sesisir


sekarang bilang pisang mas... tempo hari bilangnya pisang ambon....

:big_bored:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Mon Dec 06, 2021 14:47
DOHC wrote: Mon Dec 06, 2021 13:22
gini2

saya kasi tau r a h a s i a nya

pas ganti nya wajip di malem kemis pon, dan wajip berawan, lebi bagus lg kl bsa nge liat ada kucing item liwat

nahh trus pas ganti nya, jgn lupa taro roko tjap geledek, minyak wangi tjap bunga ros, ama pisang mas sesisir


sekarang bilang pisang mas... tempo hari bilangnya pisang ambon....

:big_bored:
Migor sama margarinnya kok gak adaa? :ungg:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Mon Dec 06, 2021 15:00

Migor sama margarinnya kok gak adaa? :ungg:


habis diborong sama anu buat ituan.
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by touchme »

Omnibus wrote: Mon Dec 06, 2021 11:27
touchme wrote: Mon Dec 06, 2021 7:25
Suryaputra wrote: Mon Dec 06, 2021 4:57

Klo jarang ganti cvtf, atau ganti merk.
cukup 2x tap aja.

Pastikan teknisi melakukan SOP, untuk cek level atf jgn kelebihan.

Caranya (setelah ngisi cvtf):
1. buka baut lubang untuk ngukur atf level yg ada di girboks

2. Pastikan gakda cairan yg keluar dr lubang tsb
(artinya atf dah di titik maksimal, dan klo masih ada lendir yg keluar dr lubang tsb, artinya atf masih di atas titik maksimal)

3. Tutup lobang tsb
cvt ahond pake baut check level lagi ga om? enak si ini kalo cuma nunggu ga ada cvtf ngalir artinya dah ok.

kalo di yoyota, begitu buka baut pan langsung ngocor cvtf sekitar 700-800ml. ini kondisi baru blom pernah dibuka ya.. jd asumsi dari oli bawaan ya uda segitu jumlahnya (lebih dari baut check level). aneh emang kalo dipikir apa gunanya baut check level secara dari aslinya juga diisi lebih dari itu.. wkwk.
anda yg belum ngerti berarti ...... :big_smile]
sudilahh kiranya membuat hamba paham huu :big_blushing:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

touchme wrote: Tue Dec 07, 2021 1:23
sudilahh kiranya membuat hamba paham huu :big_blushing:
buka baut check hrs dlm suhu atf tertentu n dlm kondisi mesin nyala. suhu atf tertentu itu dibaca pake scanner atau bisa juga cara manual masuk ke service mode nanti ikutin perintah sesuai indikator gigi di dashboard.

yg jelas caranya ribed om, bukan main langsung buka itu check bolt. kl pagi dibuka trus ngocor bukan artinya dia overfill, bisa jd malah sebetulnya sdh tepat. krn suhu atf penting.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Tue Dec 07, 2021 2:28
touchme wrote: Tue Dec 07, 2021 1:23
sudilahh kiranya membuat hamba paham huu :big_blushing:
buka baut check hrs dlm suhu atf tertentu n dlm kondisi mesin nyala. suhu atf tertentu itu dibaca pake scanner atau bisa juga cara manual masuk ke service mode nanti ikutin perintah sesuai indikator gigi di dashboard.

yg jelas caranya ribed om, bukan main langsung buka itu check bolt. kl pagi dibuka trus ngocor bukan artinya dia overfill, bisa jd malah sebetulnya sdh tepat. krn suhu atf penting.
Waktu jaman honda masih ada dipstick,
Ada indikator hot dan cold.
Jd bisa diukur, posisi yg pas ketika hot dan cold emang beda.

Tp di lio ini, baut check dibuka setelah diisi atf cvt 3,5 liter,
Dalam kondisi mesin agak hangat, keluar sekitar 100ml.
Berarti atf yg terpakai sekitar 3,4 liter.

Dan dicek manual book sesuai mbah.
Spesifikasi ganti 3,4 liter

Image

Saya gantinya jg di beres,
Atau di ss performance spesialis honda.
Last edited by Suryaputra on Tue Dec 07, 2021 3:20, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Tue Dec 07, 2021 2:44
Tp di lio ini, baut check dibuka setelah diisi atf cvt 3,5 liter,
Dalam kondisi mesin agak hangat, keluar sekitar 100ml.
Berarti atf yg terpakai sekitar 3,4 liter.

Dan dicek manual book sesuai mbah.
Kapasitasnya 3,4 liter
nah di jess sy yg pertama kali ganti bener begitu n bisa keluar. begitu yg kedua kali, caranya sama tp ga keluar. tambahin lagi msh ga keluar. tambah lagi msh ga keluar. sampe 4L trus diem n berfikir keras, ini ga bener nih wakakakakaka. besok paginya mesin dingin sy buka, langsung ngocor banyak yg kemaren kepenuhan. disitulah anehnya mbah.
n krn keluarnya kurleb 700ml berarti cuma 3.3L yg masuk, sy tambahin lagi 100ml spy 3.4L.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Tue Dec 07, 2021 2:44

Waktu jaman honda masih ada dipstick,
Ada indikator hot dan cold.
Jd bisa diukur, posisi yg pas ketika hot dan cold emang beda.

Tp di lio ini, baut check dibuka setelah diisi atf cvt 3,5 liter,
Dalam kondisi mesin agak hangat, keluar sekitar 100ml.
Berarti atf yg terpakai sekitar 3,4 liter.

Dan dicek manual book sesuai mbah.
Spesifikasi ganti 3,4 liter

Image


ada dipstick dengan tanda hot dan cold juga bukan berarti lebih mudah.
yang pasti, temperatur musti diperhatikan.
tau sendiri kan sifat fluida terhadap perubahan temperatur?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Tue Dec 07, 2021 3:17
Suryaputra wrote: Tue Dec 07, 2021 2:44
Tp di lio ini, baut check dibuka setelah diisi atf cvt 3,5 liter,
Dalam kondisi mesin agak hangat, keluar sekitar 100ml.
Berarti atf yg terpakai sekitar 3,4 liter.

Dan dicek manual book sesuai mbah.
Kapasitasnya 3,4 liter
nah di jess sy yg pertama kali ganti bener begitu n bisa keluar. begitu yg kedua kali, caranya sama tp ga keluar. tambahin lagi msh ga keluar. tambah lagi msh ga keluar. sampe 4L trus diem n berfikir keras, ini ga bener nih wakakakakaka. besok paginya mesin dingin sy buka, langsung ngocor banyak yg kemaren kepenuhan. disitulah anehnya mbah.
n krn keluarnya kurleb 700ml berarti cuma 3.3L yg masuk, sy tambahin lagi 100ml spy 3.4L.
Itu creepy sih :big_biglaugh:
Specnya sama 3,4 liter toh mbah.

Br notice yg manualnya dikit amat cmn 1,4 liter
Makin ke sini makin simpel ya :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by touchme »

Omnibus wrote: Tue Dec 07, 2021 2:28
touchme wrote: Tue Dec 07, 2021 1:23
sudilahh kiranya membuat hamba paham huu :big_blushing:
buka baut check hrs dlm suhu atf tertentu n dlm kondisi mesin nyala. suhu atf tertentu itu dibaca pake scanner atau bisa juga cara manual masuk ke service mode nanti ikutin perintah sesuai indikator gigi di dashboard.

yg jelas caranya ribed om, bukan main langsung buka itu check bolt. kl pagi dibuka trus ngocor bukan artinya dia overfill, bisa jd malah sebetulnya sdh tepat. krn suhu atf penting.
lhaa ini dia yang ane kelewat... buka pan pertama pas kondisi dingin. jd harusnya sama kaya waktu check level ya om?

untuk next stepnya kayanya si udah akur sama yang om jelasin. ribet emang nih harus jumper jumperan obd segala buat masuk service mode.. uda berapa kali tetep degdegan salah colok pin :big_chicken:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

touchme wrote: Tue Dec 07, 2021 4:18
Omnibus wrote: Tue Dec 07, 2021 2:28
touchme wrote: Tue Dec 07, 2021 1:23
sudilahh kiranya membuat hamba paham huu :big_blushing:
buka baut check hrs dlm suhu atf tertentu n dlm kondisi mesin nyala. suhu atf tertentu itu dibaca pake scanner atau bisa juga cara manual masuk ke service mode nanti ikutin perintah sesuai indikator gigi di dashboard.

yg jelas caranya ribed om, bukan main langsung buka itu check bolt. kl pagi dibuka trus ngocor bukan artinya dia overfill, bisa jd malah sebetulnya sdh tepat. krn suhu atf penting.
lhaa ini dia yang ane kelewat... buka pan pertama pas kondisi dingin. jd harusnya sama kaya waktu check level ya om?

untuk next stepnya kayanya si udah akur sama yang om jelasin. ribet emang nih harus jumper jumperan obd segala buat masuk service mode.. uda berapa kali tetep degdegan salah colok pin :big_chicken:
nah kl sdh pakai prosedur yg betul ya udah jangan dibuka2 lagi pas mobil dingin. hehehe nyari kerjaan itu namanya. ntar musti ritual lagi lho.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sintoni »

Omnibus wrote: Tue Dec 07, 2021 3:17
Suryaputra wrote: Tue Dec 07, 2021 2:44
Tp di lio ini, baut check dibuka setelah diisi atf cvt 3,5 liter,
Dalam kondisi mesin agak hangat, keluar sekitar 100ml.
Berarti atf yg terpakai sekitar 3,4 liter.

Dan dicek manual book sesuai mbah.
Kapasitasnya 3,4 liter
nah di jess sy yg pertama kali ganti bener begitu n bisa keluar. begitu yg kedua kali, caranya sama tp ga keluar. tambahin lagi msh ga keluar. tambah lagi msh ga keluar. sampe 4L trus diem n berfikir keras, ini ga bener nih wakakakakaka. besok paginya mesin dingin sy buka, langsung ngocor banyak yg kemaren kepenuhan. disitulah anehnya mbah.
n krn keluarnya kurleb 700ml berarti cuma 3.3L yg masuk, sy tambahin lagi 100ml spy 3.4L.
Harusnya kalau panas bukannya memuai ya mbah? Kok pas mesin dingin malah ngocor?
Hondo
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu May 07, 2020 15:14

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Hondo »

permisi om,

nubie numpang tanya ni kalau avanza veloz 1.5 taun 2017, di manual book tertulis nya bisa pilih T-IV dan Dexron 3. kondisi KM 60.000, belum pernah ganti ATF sama sekali, masih oli bawaan pabrik.

sekarang kalau mau kuras dan ganti yang lebih encer, misal nya PTT Automat LV-1 (kelas WS ini klo gak salah) itu kira kira apakah jadi lebih enak? atau malah jadi bikin cepet rusak?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Omnibus »

sintoni wrote: Tue Dec 07, 2021 8:52
Omnibus wrote: Tue Dec 07, 2021 3:17
Suryaputra wrote: Tue Dec 07, 2021 2:44
Tp di lio ini, baut check dibuka setelah diisi atf cvt 3,5 liter,
Dalam kondisi mesin agak hangat, keluar sekitar 100ml.
Berarti atf yg terpakai sekitar 3,4 liter.

Dan dicek manual book sesuai mbah.
Kapasitasnya 3,4 liter
nah di jess sy yg pertama kali ganti bener begitu n bisa keluar. begitu yg kedua kali, caranya sama tp ga keluar. tambahin lagi msh ga keluar. tambah lagi msh ga keluar. sampe 4L trus diem n berfikir keras, ini ga bener nih wakakakakaka. besok paginya mesin dingin sy buka, langsung ngocor banyak yg kemaren kepenuhan. disitulah anehnya mbah.
n krn keluarnya kurleb 700ml berarti cuma 3.3L yg masuk, sy tambahin lagi 100ml spy 3.4L.
Harusnya kalau panas bukannya memuai ya mbah? Kok pas mesin dingin malah ngocor?
maka itu ...... aneh kan

ada moment sebagian olinya msh nyangkut di valve body, solenoid, torque converter, n di oil warmer. pas udah dingin balik semua ke karter krn gravitasi dan sebagainya. yg gini2 musti ngalamin sendiri baru kita percaya. banyak yg di teori begitu begini pas praktek ada faktor X lain.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sintoni »

Hondo wrote: Tue Dec 07, 2021 9:08 permisi om,

nubie numpang tanya ni kalau avanza veloz 1.5 taun 2017, di manual book tertulis nya bisa pilih T-IV dan Dexron 3. kondisi KM 60.000, belum pernah ganti ATF sama sekali, masih oli bawaan pabrik.

sekarang kalau mau kuras dan ganti yang lebih encer, misal nya PTT Automat LV-1 (kelas WS ini klo gak salah) itu kira kira apakah jadi lebih enak? atau malah jadi bikin cepet rusak?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

Ajaib emang oli atf ini :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sintoni »

Omnibus wrote: Tue Dec 07, 2021 9:47
Oh iya bener jg ya mbah, kayak masih ada yg tersisa di sirkulasinya ya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

Hondo wrote: Tue Dec 07, 2021 9:08 permisi om,

nubie numpang tanya ni kalau avanza veloz 1.5 taun 2017, di manual book tertulis nya bisa pilih T-IV dan Dexron 3. kondisi KM 60.000, belum pernah ganti ATF sama sekali, masih oli bawaan pabrik.

sekarang kalau mau kuras dan ganti yang lebih encer, misal nya PTT Automat LV-1 (kelas WS ini klo gak salah) itu kira kira apakah jadi lebih enak? atau malah jadi bikin cepet rusak?
Klo mau experimen, dan bukan mbl satu2nya,
Bisa dicoba.

Amannya sih sesuai spec T-IV yaa
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri