Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by sjamsul »

nescafe wrote:
hmm,, apa pengaruhnya untuk jangka panjang, jd ndak bisa dibuktikan secara langsung?? :roll:
pengaruhnya untuk jangka panjang yg pasti adalah kantong nt terkuras lbh banyak, krn dah mempunyai sugesti yg keliru.................. atau dibuat spy ga keliru wlp keliru ............. tp ane salut deh ama yg menjual gas ini, secara strategi n doktrinnya bisa menghasilkan uang............ hihihi.........

(mudah2an ga ada yg protes, sebab klo ada yg protes, ane males nulisnye)....................... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by mandala1 »

^^ jamin deh ga ada yg protes.... anyway tingkat kenyamanan n kebisingan ban juga berpengaruh dari merk n jenis ban yg dipakai juga,,
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by Abu2 »

N2 lebih dikit kandungan air drpd O2...sehingga resiko korosi pd bagian dalam pelek bisa di kurangin.

Sifat N2 yg lebih ringan dan komposisi massa nya lebih rapat, membuat...membuat apa yah? :e-think: :e-whistle:
btw, ane isi nitro jg...dgn maksud memperlambat korosi pada pelek, dan biar yg jualan N2 ada yg beli lah
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by Abu2 »

selain itu, penyusutan tekanan udara yg ada pada ban , lebih cepat angin biasa dibanding N2..

di F1, itu ban mobilnya di isi pake angin apa yah?
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by mandala1 »

Abu2 wrote:selain itu, penyusutan tekanan udara yg ada pada ban , lebih cepat angin biasa dibanding N2..

di F1, itu ban mobilnya di isi pake angin apa yah?
Kalo di saya kenapa pake nitro malah cepet berkutang tekanan anginnya yah bro..... :e-think:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by y_anjasrana »

Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban - overpressure)
Kyknya dulu pernah posting anti-keuntungan N2 dah... Ketik lagi dehh...

1. Supaya tekanan tetap terjaga, hanya ada satu cara, rajin2 cek dgn pengukur tekanan angin. Kalu ga punya, beli dunk. Yg 50rban jg cukup. Jgn ikut2an om Sjamsul pakai tekanan angin yg muahalll... :big_weee:

2. Daya cengkram jadi bagus kalu tekanannya terjaga. Ya..iya lah. Makanya rajin2 ukur tekanan ban.

3. Sama aja dgn nomer 2, yang rajin ngukurnya, jgn males2. Kalu kurang dikit, tinggal tambahin di rumahnya om Sjamsul. Gratis lho..

4. Memperpanjang umur ban, bukan cuma tekanan angin doank. Rajin2 spooring, balancing dan rotasi ban.

5. Meningkatkan keselamatan bukan dgn tekanan ban doank. Kondisi ban harus dicek secara rutin. Kalu udah sampe batas, ya harus segera ganti. Jgn mentang2 pake N2, trus ban benjol dianggap aman. Lalu pakai jenis ban sesuai jalannya dunk. Kalau jalan di tanah, ya pakai ban utk tanah, kalau jalan di aspal, ya pakai ban utk aspal. Kalau jalan kering boleh pakai ban slick. Kalau basah ya pakai ban basah. (Koq jd kayak F1 sih...)

6. Mau elastis atau nggak, dipakai atau nggak, ban tetap ada umurnya. Kalu dipakai jelas umurnya lebih pendek. Bahan ban dari karet, jadi tahan oksidasi. Kawat2 di dalam ban ga bakal karatan cuma karena kena uap air dari compressor. Makanya kalu beli ban, cari yg masih bagus, jgn ban kadaluarsa dibeli. Kalu mau bannya keliatan bagus, beli semir ban aja.

7. Udah dijawab di nomer 6. Lagipula kawat di dalam ban bukan dari besi, tapi dari baja.

8. Saat cek angin ban, selalu dlm kondisi dingin. Setelah jalan, coba cek lagi tekanannya. Paling naik 1 strip doank. (Soalnya gw pernah coba) Ga bakal sampe overpressure. Lagipula ban itu ga bakal meledak meski dikasih angin di atas batas maksimumnya. Paling yg jebol pentilnya.


Daripada buang duit 20ribu utk sekali ngisi, mendingan duitnya dikumpulin buat beli alat pengukur tekanan ban yg digital, trus kompresor yg bagus. Sisanya bisa buat nambah2 utk persiapan beli ban baru deh.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by Abu2 »

om anjas ini memang rajin.... :off_good_job: :frm_tumbright:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by Abu2 »

mandala1 wrote:
Abu2 wrote:selain itu, penyusutan tekanan udara yg ada pada ban , lebih cepat angin biasa dibanding N2..

di F1, itu ban mobilnya di isi pake angin apa yah?
Kalo di saya kenapa pake nitro malah cepet berkutang tekanan anginnya yah bro..... :e-think:

wah, itu mungkin gara2 suka ngelindes jemuran orang lain kali Dal... :big_weee: sehingga bisa nyangkut kutang di ban... :mrgreen: :e-naughty:

yah tapi gak tau jg ah...biar yg dagang N2 itu ada yg beli, ya ane ikutan ngisi N2 lah...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by ZombiEE »

Abu2 wrote:
mandala1 wrote:
Abu2 wrote:selain itu, penyusutan tekanan udara yg ada pada ban , lebih cepat angin biasa dibanding N2..

di F1, itu ban mobilnya di isi pake angin apa yah?
Kalo di saya kenapa pake nitro malah cepet berkutang tekanan anginnya yah bro..... :e-think:

wah, itu mungkin gara2 suka ngelindes jemuran orang lain kali Dal... :big_weee: sehingga bisa nyangkut kutang di ban... :mrgreen: :e-naughty:

yah tapi gak tau jg ah...biar yg dagang N2 itu ada yg beli, ya ane ikutan ngisi N2 lah...
gimana caranya biar kutang bisa nyangkut di ban yah? :big_weee: :big_weee: :upss:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by sjamsul »

mandala1 wrote: Kalo di saya kenapa pake nitro malah cepet berkutang tekanan anginnya yah bro..... :e-think:
mungkin maksud dik mandala adalah 'berkurang', bukan 'berkutang', jadi lain kali hrs lbh teliti yah dlm menulis........... (ceritanye ane jadi guru dari mas bro mandala neh....)............... :upss:

ada kemungkinan nt punya ban terkena paku neh, jadi tekanan anginnya jadi cepat berkurang............ coba dong diperiksa............... bannya yah yg diperiksa, bukan yg lain............ hahaha.............. :ngacir: :ngacir: :ngacir: ...
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by mandala1 »

^^HUUAAAHAHAHAHA............bener.....bener.......ane salah pencet euy....
Gara2 tombol 'R' sama 'T' sebelahan sih....... Lagian wan abu iseng ajah nih..... :e-wall:
Padahal sama temen beda2 dikit mah cingcail laaaaaahhhh......... :upss:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by sjamsul »

mandala1 wrote:^^HUUAAAHAHAHAHA............bener.....bener.......ane salah pencet euy....
Gara2 tombol 'R' sama 'T' sebelahan sih....... Lagian wan abu iseng ajah nih..... :e-wall:
Padahal sama temen beda2 dikit mah cingcail laaaaaahhhh......... :upss:
awasss........ klo salah pencet bisa bahaya tuuuhhh............. hahahaha............. :e-doh:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by nescafe »

Abu2 wrote:
mandala1 wrote:
Abu2 wrote:selain itu, penyusutan tekanan udara yg ada pada ban , lebih cepat angin biasa dibanding N2..

di F1, itu ban mobilnya di isi pake angin apa yah?
Kalo di saya kenapa pake nitro malah cepet berkutang tekanan anginnya yah bro..... :e-think:

wah, itu mungkin gara2 suka ngelindes jemuran orang lain kali Dal... :big_weee: sehingga bisa nyangkut kutang di ban... :mrgreen: :e-naughty:

yah tapi gak tau jg ah...biar yg dagang N2 itu ada yg beli, ya ane ikutan ngisi N2 lah...

Image

anyway,, kalau bisa mengurangi kemungkinan korosi dalam velg, lebih baik saya pakaikan nitrogen di velg saya yg ga terpakai yah?? supaya ga cepet karatan,, :roll:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by Risol1 »

Abu2 wrote:
mandala1 wrote:
Abu2 wrote:selain itu, penyusutan tekanan udara yg ada pada ban , lebih cepat angin biasa dibanding N2..

di F1, itu ban mobilnya di isi pake angin apa yah?
Kalo di saya kenapa pake nitro malah cepet berkutang tekanan anginnya yah bro..... :e-think:

wah, itu mungkin gara2 suka ngelindes jemuran orang lain kali Dal... :big_weee: sehingga bisa nyangkut kutang di ban... :mrgreen: :e-naughty:

yah tapi gak tau jg ah...biar yg dagang N2 itu ada yg beli, ya ane ikutan ngisi N2 lah...
:lol: Wan Abu emang paling bisa neh :mrgreen:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26942
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by DOHC »

kalo ane mah ikutin bro sjam aja... ngisi N2 nya pake cara yg lebi alami... heheheh.... :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by Abu2 »

DOHC wrote:kalo ane mah ikutin bro sjam aja... ngisi N2 nya pake cara yg lebi alami... heheheh.... :big_weee:

wah wah, kalo bannya kempis ato meletus di tengah jalan, bisa tewas semua pengendara dalam radius 3km...wekekkekee :big_peace:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by doq »

weks...........ImageImageImageImage
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by mandala1 »

Bener2 sesuai topik 'Kejadian yg MENJENGKELKAN' .....huahuahuahahahahahahahahaha............
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by doq »

nescafe wrote:
anyway,, kalau bisa mengurangi kemungkinan korosi dalam velg, lebih baik saya pakaikan nitrogen di velg saya yg ga terpakai yah?? supaya ga cepet karatan,, :roll:
hmm.......klo yg sy pernah baca, karena nitrogen bersifat lbh dingin maka tdk d sarankan utk d isi ke ban cadangan yg notabene jarang d pake..........konon dapat membuat karet ban lbh cepat getas oom :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by sjamsul »

doq wrote:
nescafe wrote:
anyway,, kalau bisa mengurangi kemungkinan korosi dalam velg, lebih baik saya pakaikan nitrogen di velg saya yg ga terpakai yah?? supaya ga cepet karatan,, :roll:
hmm.......klo yg sy pernah baca, karena nitrogen bersifat lbh dingin maka tdk d sarankan utk d isi ke ban cadangan yg notabene jarang d pake..........konon dapat membuat karet ban lbh cepat getas oom :ungg:
klo nyang namanye karet biar diisi angin alamipun lama kelamaan akan getas............. :frm_bang_head: :frm_bang_head:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by Abu2 »

kaloban serap jarang/tidak pernah terpakai, mending di duitkan saja :upss:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by sjamsul »

Abu2 wrote:kaloban serap jarang/tidak pernah terpakai, mending di duitkan saja :upss:
setuju....... atau ada pilihan kedua yaitu ditukarkan dengan....... kopi............... kopi dung2 prettttt............... hiahahahahahaha......... Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by nescafe »

sjamsul wrote:
doq wrote:
nescafe wrote:
anyway,, kalau bisa mengurangi kemungkinan korosi dalam velg, lebih baik saya pakaikan nitrogen di velg saya yg ga terpakai yah?? supaya ga cepet karatan,, :roll:
hmm.......klo yg sy pernah baca, karena nitrogen bersifat lbh dingin maka tdk d sarankan utk d isi ke ban cadangan yg notabene jarang d pake..........konon dapat membuat karet ban lbh cepat getas oom :ungg:
klo nyang namanye karet biar diisi angin alamipun lama kelamaan akan getas............. :frm_bang_head: :frm_bang_head:
jd kalau menyimpan ban cadangan yg tidak terpakai, lebih baik dekempeskan?? atau gimana? :e-think:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26942
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by DOHC »

kalo ban cadangan di kempesin ato dijual ?? lantas kalo lagi apes ban kempes gmana hayoo... masa pake cara N2 alami buat ngisi nya ?? :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)

Post by nescafe »

DOHC wrote:kalo ban cadangan di kempesin ato dijual ?? lantas kalo lagi apes ban kempes gmana hayoo... masa pake cara N2 alami buat ngisi nya ?? :big_weee:
maksud saya, saya ada velg dan ban yg ndak terpakai,, (bukan spare tire mobil saya) gitu lho... :big_weee: :big_weee:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir: