Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2079
Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
Location: Jakarta Barat

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by vim »

Itu dia, kalo memang orang lain punya pendapat beda silahkan aja. Ini kan saya cuma sharing pandangan saya aja. Siapa tahu ada yang butuh kan :)
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maskopat »

vim wrote:@kopat: Om kopat 170jt itu sudah semua termasuk biaya beli second-nya yang hampir 90jt.
ow... jadi grand total sekitar 170jt? kalo boleh tahu, perbaikannya apa aja ya? termasuk cat body dan ganti interior?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2079
Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
Location: Jakarta Barat

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by vim »

@kopat:

Bodynya masih mulus om walaupun ada lecet2 dikit ngga major jadi ngga di-repaint, tapi interior jok kulit diganti baru dengan motif sama persis dengan sebelumnya. Terus terang saya aja ngiler tuh cuma musti tahan nafsu lah ehehehe... Jadi dia setahu saya full overhaul, ganti Box matic baru, ECU, kabel2, power steering jg dan dia upgrade suspensinya ke yg 735iL punya ada auto levelingnya. Dia bilang hampir 170jt sama belinya. Soalnya begitu beli langsung masuk bengkel beberapa bulan. Yg saya tahu belinya hampir 90jt entah 88 apa 87 apa berapa gitu.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maskopat »

menarik om... thanks yah om vim... :thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2079
Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
Location: Jakarta Barat

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by vim »

bukan menarik lagi om kopat saya aja ampe degub2 waktu bawanya :)
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by Risol1 »

Bukan menyangsikan temennya om Vim lho ya, tapi rekondisi seri 7 jadul sampe "kaya baru" sih kayaknya belom dapet dimodalin dengan dana kurang dari 80 jt om, apalagi ngerjainnya di beres BMW:
- Ganti 1 gelondongan gearbox manumatic (steptronic)
- ganti 1 gelondongan engine v8 3000cc
- ganti semua engine mounting
- ganti satu set kaki2 pake yg "self leveling" (maksudnya yg pake air susp ya?)
- ganti satu set karet2
- ganti ECU
- ganti satu set power steering system
- ganti satu set kabel2
- rekondisi interior, ganti jok kulit kualitas atas
- dll.....

Itu kalo biaya total 80 juta, berarti pajaknya aja ada kali tuh 5 juta, belom termasuk biaya jasanya (installation) yg kalo di beres BMW gak bakalan murah ...... :mrgreen:
Mungkin engine-nya sendiri aja segitu kali harganya (termasuk pasang, lubrication, busi, dll.....). Kalo ane bilang itu engine juga kemungkinan besar udah engga di stok lagi sama dealer BMW secara yg mao beli engine utuh buat seri 7 thn 96 pasti dikit banget (engine V8 3000cc saat itu cuma dipake sama seri 530i thn 94-97 doang + seri 7 ini, jadi termasuk engine yg "kurang populer" untuk di setok)
Ane bilang malah mungkin banyak partsnya musti inden kali, diorder dulu ke distributor terdekat (singapore atau langsung ke jerman). Berarti ada yg namanya biaya kirim, biaya packing, dll.....karena kirim engine dan girboks itu kan engga kaya kirim ECU yg ringkas.

Kalo ECU aja 15 juta, logikanya engga mungkin brand new engine V8 cuma 30 juta (misalnya, kalo dikira2). Kaki2 juga mahal lho apalagi kalo ganti full set........Ane masih inget dulu 10 thn yl ane pernah ganti shock absorber boge buat BMW kelas seri 3 E36 aja sekitar 4 juta di beres BMW. itu cuma shock kelas teri doang lho bukan yg "auto leveling" nya seri 7 .....dan juga parts kaki2 lain engga diganti lho. Kalo ganti full set kaki2 seri 7 di beres saat sekarang (inflasi 10 thn berapa kali lipet tuh) sih ane bilang bisa lebih dari 30 jt kali....itu aja ane sangsi dapet apa engga...... :mrgreen:

Harga segitu mungkin aja kalo barangnya/parts2nya bukan brand new tapi rekondisi (alias sama2 bekas juga hehehe....)

Kalo biaya total dandanin seri 7 totalnya 170 juta (jadi sama harga beli 90 juta, total modal 260 jt) masih mungkin lah...itu juga kalo ane dikasi project dandanin seri 7 sampe "seperti baru" dan dibudgetin cuma 170 jt, ane masih gak berani ambil tuh project. :mrgreen:

Dan juga yg namanya mobil bekas udah 14 thn, sebagus2nya kita benerin pasti ada aja "jajan"nya........kecuali seluruh komponen mekanikal/elektrikal 100% kita ganti (tapi biayanya bisa sama kaya beli seri 3 baru) hehehe......

Lagipula rasanya terlalu hiperbola kalo kita bilang bahwa seri 7 thn 96 yg udah direkondisi "rasa" atau kenyamanan/performanya JAUH lebih enak daripada LS460 terbaru.....hehehe.....
memang sih kalo faktor ini subjektif sifatnya, tapi semestinya sih engga segitu parahnya si lexus LS sampe kalah telak kalo dibandingin sama seri 7 thn 96 hehehe.... :mrgreen:
Performa pastinya jauh lah 218 ps vs 380 ps....kenyamanan juga ane bilang sih masih enakan brand new lexus LS lah :mrgreen:

Ane sih bukan apa2, takutnya member2 sini (terutama om Kopat yg dari tadi nanya2 terus) bakal mengira beneran bisa bikin seri 7 '96 jadi senikmat brand new S class atau brand new 7 series cuma dengan modal 80 juta perak hehehe.......Ane takutnya pas udah beli mobilnya ternyata pas di quote ke bengkel abisnya bisa 200 jt hehehe.....
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2079
Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
Location: Jakarta Barat

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by vim »

Risol1 wrote:Bukan menyangsikan temennya om Vim lho ya, tapi rekondisi seri 7 jadul sampe "kaya baru" sih kayaknya belom dapet dimodalin dengan dana kurang dari 80 jt om, apalagi ngerjainnya di beres BMW:
- Ganti 1 gelondongan gearbox manumatic (steptronic)
- ganti 1 gelondongan engine v8 3000cc
- ganti semua engine mounting
- ganti satu set kaki2 pake yg "self leveling" (maksudnya yg pake air susp ya?)
- ganti satu set karet2
- ganti ECU
- ganti satu set power steering system
- ganti satu set kabel2
- rekondisi interior, ganti jok kulit kualitas atas
- dll.....

Itu kalo biaya total 80 juta, berarti pajaknya aja ada kali tuh 5 juta, belom termasuk biaya jasanya (installation) yg kalo di beres BMW gak bakalan murah ...... :mrgreen:
Mungkin engine-nya sendiri aja segitu kali harganya (termasuk pasang, lubrication, busi, dll.....). Kalo ane bilang itu engine juga kemungkinan besar udah engga di stok lagi sama dealer BMW secara yg mao beli engine utuh buat seri 7 thn 96 pasti dikit banget (engine V8 3000cc saat itu cuma dipake sama seri 530i thn 94-97 doang + seri 7 ini, jadi termasuk engine yg "kurang populer" untuk di setok)
Ane bilang malah mungkin banyak partsnya musti inden kali, diorder dulu ke distributor terdekat (singapore atau langsung ke jerman). Berarti ada yg namanya biaya kirim, biaya packing, dll.....karena kirim engine dan girboks itu kan engga kaya kirim ECU yg ringkas.

Kalo ECU aja 15 juta, logikanya engga mungkin brand new engine V8 cuma 30 juta (misalnya, kalo dikira2). Kaki2 juga mahal lho apalagi kalo ganti full set........Ane masih inget dulu 10 thn yl ane pernah ganti shock absorber boge buat BMW kelas seri 3 E36 aja sekitar 4 juta di beres BMW. itu cuma shock kelas teri doang lho bukan yg "auto leveling" nya seri 7 .....dan juga parts kaki2 lain engga diganti lho. Kalo ganti full set kaki2 seri 7 di beres saat sekarang (inflasi 10 thn berapa kali lipet tuh) sih ane bilang bisa lebih dari 30 jt kali....itu aja ane sangsi dapet apa engga...... :mrgreen:

Harga segitu mungkin aja kalo barangnya/parts2nya bukan brand new tapi rekondisi (alias sama2 bekas juga hehehe....)

Kalo biaya total dandanin seri 7 totalnya 170 juta (jadi sama harga beli 90 juta, total modal 260 jt) masih mungkin lah...itu juga kalo ane dikasi project dandanin seri 7 sampe "seperti baru" dan dibudgetin cuma 170 jt, ane masih gak berani ambil tuh project. :mrgreen:

Dan juga yg namanya mobil bekas udah 14 thn, sebagus2nya kita benerin pasti ada aja "jajan"nya........kecuali seluruh komponen mekanikal/elektrikal 100% kita ganti (tapi biayanya bisa sama kaya beli seri 3 baru) hehehe......

Lagipula rasanya terlalu hiperbola kalo kita bilang bahwa seri 7 thn 96 yg udah direkondisi "rasa" atau kenyamanan/performanya JAUH lebih enak daripada LS460 terbaru.....hehehe.....
memang sih kalo faktor ini subjektif sifatnya, tapi semestinya sih engga segitu parahnya si lexus LS sampe kalah telak kalo dibandingin sama seri 7 thn 96 hehehe.... :mrgreen:
Performa pastinya jauh lah 218 ps vs 380 ps....kenyamanan juga ane bilang sih masih enakan brand new lexus LS lah :mrgreen:

Ane sih bukan apa2, takutnya member2 sini (terutama om Kopat yg dari tadi nanya2 terus) bakal mengira beneran bisa bikin seri 7 '96 jadi senikmat brand new S class atau brand new 7 series cuma dengan modal 80 juta perak hehehe.......Ane takutnya pas udah beli mobilnya ternyata pas di quote ke bengkel abisnya bisa 200 jt hehehe.....
Om Risol, memang menurut teman saya abisnya segitu, btw Maticnya kalo ngga salah belum yang steptronic, kalo suspensi dia bilang upgrade ke self-leveling (yg ini ngga jelas resmi ato bukan). Memang waktu yg dibutuhkan seingat saya cukup lama dari mulai masuk bengkel sampe keluar berbulan-bulan lamanya. Kaki2 seingat saya dia bilang abis 40jt-an. Dia jg punya lexus LS 460, menurut dia katanya lho ya (berhubung saya blm nyoba lexusnya) kedap suara sama suspensi enak seri 7 ini. Lexus katanya terlalu lembut, ya mungkin itu bicara selera ya. Tapi waktu saya coba bawa memang rasanya mantap dan lewat jalan rusak kaya mobil mengambang mirip naik perahu. Saya waktu itu cuma dikasih coba sampe 120 km/jam aja makin cepet makin nge-grip. Cuma stirnya memang berat banget ya. Karater BMW sih gitu katanya.

Kalo bener atau tidaknya total biaya memang saya ngga melihat detailnya cuma dia bilang sama ngangkatnya dibawah 200, waktu saya tanya lagi lebih detail dia bilang 170 semua. Belinya dari anak salah satu penggede Astra yg inisial nama belakangnya r*c**at.

Kalo saya sih kebetulan bukan fans berat BMW, tapi rekan saya yg punya bengkel repair memang penggila BMW, dia bilang abis 80-jt an buat 730 make sense atau maksimalnya 100jt. Kata dia sebenernya lebih baik ambil yg 735 udah steptronic.

Kalo om kopat kan duitnya ngga ada nomor seri-nya jadi mau abis sampe 200jt jg ngga masalah kayanya om wkwkkw :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maskopat »

tergantung om. S class baru senyaman SL ane gak? kalo iya, kayaknya lebih nyaman seri 7 yang sudah 14 tahun dan sudah direstorasi.... atau mungkin lebih nyaman carry 1.0... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by FortunerMan »

Risol1 wrote:Dan juga yg namanya mobil bekas udah 14 thn, sebagus2nya kita benerin pasti ada aja "jajan"nya........kecuali seluruh komponen mekanikal/elektrikal 100% kita ganti (tapi biayanya bisa sama kaya beli seri 3 baru) hehehe......

Lagipula rasanya terlalu hiperbola kalo kita bilang bahwa seri 7 thn 96 yg udah direkondisi "rasa" atau kenyamanan/performanya JAUH lebih enak daripada LS460 terbaru.....hehehe.....
memang sih kalo faktor ini subjektif sifatnya, tapi semestinya sih engga segitu parahnya si lexus LS sampe kalah telak kalo dibandingin sama seri 7 thn 96 hehehe.... :mrgreen:
Performa pastinya jauh lah 218 ps vs 380 ps....kenyamanan juga ane bilang sih masih enakan brand new lexus LS lah :mrgreen:

Ane sih bukan apa2, takutnya member2 sini (terutama om Kopat yg dari tadi nanya2 terus) bakal mengira beneran bisa bikin seri 7 '96 jadi senikmat brand new S class atau brand new 7 series cuma dengan modal 80 juta perak hehehe.......Ane takutnya pas udah beli mobilnya ternyata pas di quote ke bengkel abisnya bisa 200 jt hehehe.....
Wong di review LS460 vs Seri 7 terbaru baru aja hasilnya mirip2, tapi memang BMW menang jauh di handling seperti biasa. Namanya mobil jadul, pasti ada aja jajannya - apalagi mobil yg complicated kaya seri 7. Kalo mau dijadikan satu2nya mobil tumpuan keluarga sehari hari, weleh - pengeluaran bulan ini cuman bensin, bulan depan tiba2 20 juta. Dr segi pengaturan keuangan tidak ekonomis, makanya ane sebut mobil hobby. Kalo buat mobil hobby, ya muantap sekali. Paling lucu yg mau sok "keliatan kaya" pake mobil mewah tapi jadul, tapi tidak siap dengan pengeluaran maintenance tiba2, dan gak ada mobil lain.

Mobil baru juga ada kemungkinan apes dapet lemon (mobil cacat pabrik) - tapi biasanya dgn mobil modern paling bunyi2, jarang sampe gak bisa jalan dan merusak pengeluaran bulanan. Minusnya ya dapetnya mobil biasa2 aja.
FortunerMan

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by FortunerMan »

http://www.roadandtrack.com/tests/compa ... ort_page_3
BMW 750i Sport Package vs Lexus LS460 Sport
In everyday, normal driving, we favored the Lexus over the BMW by a thin margin mainly due to a slightly quieter cabin, lighter-effort steering and a trace more suspension compliance. The 8-speed transmission helps the LS have a small fuel economy advantage (16/24 versus 15/22, city/highway, respectively), which averaged out to about 1 mpg better overall during our drive.

As far as dynamics go, however, we will let the numbers speak for themselves. The supreme communication between the BMW and its driver—be it in the car’s superb steering or its innate ability to do what it’s asked—is what sets the 750i apart from the rest of luxury sedan crowd and makes this big Bimmer one truly ultimate machine to drive.
Perbedaan harga: $20,000 (750i $88,000)
User avatar
elf7oo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sun Nov 29, 2009 6:33

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by elf7oo »

Wah,sepertinya seru sekali ya..ikutan nimbrung ya..

Menurut saya pendapat om FM dan om VIM tidak ada yang salah,karena sebuah mobil itu esensinya adalah subyektifitas..

Dan saya pribadi sedikit setuju dengan om FM tentang mobil baru yang lebih efisien dibanding mobil lawas,tetapi sekali lagi itu semua sebenernya subyektif..
Tetapi pendapat om VIM juga tidak sepenuhnya salah,saya sendiri sedang mencari mobil baru yang sangat inspiratif dan memancing emosi untuk saya restorasi 20-30 tahun mendatang..hehehe

Btw untuk om risol1,kalau saya tidak salah baca di post om VIM sebelumnya temennya itu tidak mengganti mesin satu set,hanya overhaul dan polish dan semacemnya gitu,jadi saya rasa harganya masih masuk akal..CMIIW
FortunerMan

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by FortunerMan »

Saya nggak pernah lho bilang si om vim salah, saya cuman ngasitau kalo beli mobil baru itu ada berbagai alasan bagusnya, bukan org gak ngerti mobil atau "tidak menghargai dananya". Dua2nya ada plus minusnya.

Misalnya keluarga muda nih, penghasilan pas2an, mau cicil satu mobil budget 240 juta. Mending Freed baru atau 730i jadul?
Tidak masuk akal melihara 730, selain nyicil juga harus siap pengeluaran tiba2 yg bisa sangat besar relatif ke penghasilan bulanan.

Nah temennya si om vim, punya mobil lain banyak - mau mobil satu lagi budget sama. Ya ngapain juga beli Freed, pilih aja apa maunya (di sini, seri 7 jadul). Mau jebol juga ya so what...perbaiki aja

Nah pada saat kita membicarakan Freed, ngapain compare ke mobil jadul? Kan nggak membantu org yg mau mencari mobil baru. Siapa pun tau lebih enak Pajero 95 yg sehat misalnya...tapi kembali ke 2 skenario diatas.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by Risol1 »

elf7oo wrote:Btw untuk om risol1,kalau saya tidak salah baca di post om VIM sebelumnya temennya itu tidak mengganti mesin satu set,hanya overhaul dan polish dan semacemnya gitu,jadi saya rasa harganya masih masuk akal..CMIIW
ane sih cuma nangkep dari yg ditulis bro Vim aja bro, bukannya nambah2in :mrgreen:

Om FM tanya:
FortunerMan wrote:Dan jangan kira mobil jadul diperbaiki jadi seperti baru total, pasti ada saja yg kurang. Ntah mesinnya melemah, silinder blok mulai crack. Ya bisa perbaiki semuanya, tapi apa ini murah atau mudah bagi konsumen rata2? Contohnya, istri saya disuruh ngurus mobil thn 97...praktis tidak?
Om Vim Jawab:
vim wrote:Dia ganti blok tuh om, full overhaul, kaki2 jg ganti yg auto-leveling, engine mounting semua ganti baru. Saya pernah coba udah beneran kaya baru, grip dan getaran tidak masuk sedikit pun. Soundproof ok, semua karet2 ganti, Gearbox matic baru semua bengkel resmi. Total biaya masih jauh lebih murah dari Vios baru. Kalo kondisi mobilnya prima ya ngga masalah lah om.
Saya nangkepnya sih kalo orang bilang ganti blok mesin, artinya ganti full set mesin baru......tau deh mungkin ane salah tangkep kali :mrgreen:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maskopat »

kalo jeroan masih bagus, bisa jadi blok doang yang diganti. tapi kalo ganti blok, imho harus lapor ke samsat lagi. karena ngubah nomor mesin.. cmiiw.
mungkin yang diganti cyl head atau carter yang di bawah..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by ak4ng »

maskopat wrote:kalo jeroan masih bagus, bisa jadi blok doang yang diganti. tapi kalo ganti blok, imho harus lapor ke samsat lagi. karena ngubah nomor mesin.. cmiiw.
mungkin yang diganti cyl head atau carter yang di bawah..
kenapa harus lapor??
kalo tyt fj40 ganti mesin + transmisi pake toyota LC vx 80 harus lapor ga?
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by jalu »

ada yang sudah ganti jeroan honda freed....? Please SHARE.... :upss: :upss:

............... :ngacir: :ngacir:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maskopat »

ak4ng wrote:
maskopat wrote:kalo jeroan masih bagus, bisa jadi blok doang yang diganti. tapi kalo ganti blok, imho harus lapor ke samsat lagi. karena ngubah nomor mesin.. cmiiw.
mungkin yang diganti cyl head atau carter yang di bawah..
kenapa harus lapor??
kalo tyt fj40 ganti mesin + transmisi pake toyota LC vx 80 harus lapor ga?
pan sudah ane jelasin... karena ganti nomor mesin.. kecuali nomor mesin yang lama bisa "ditempel" di blok baru.. :ungg:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maskopat »

jalu wrote:ada yang sudah ganti jeroan honda freed....? Please SHARE.... :upss: :upss:

............... :ngacir: :ngacir:
ente mau ngelempengin jeroan? :ungg:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by aldy »

Ngapain bro diengine swap... :e-think: :e-think: dimodif aja (sekitar +-150Hp/170nm) masih bisa buat ngasepin Yaris/ANJ/swift standard + mobil2 sejuta umat.. :upss: :ngacir: :ngacir: Kalo kurang tambah turbo..Kalo kurang baru deh engine swap..(K20 sekalian :e-whistle: ) :mrgreen:
Kayaknya ane pernah tau ya tapi bkan di indo ntar deh ane bantu nyari.. :ungg: :ungg:
Soalnya jazz udah ada yg swap ke K20 bisa masuk tuh.. :e-snooty:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26953
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by DOHC »

maskopat wrote:kalo jeroan masih bagus, bisa jadi blok doang yang diganti. tapi kalo ganti blok, imho harus lapor ke samsat lagi. karena ngubah nomor mesin.. cmiiw.
mungkin yang diganti cyl head atau carter yang di bawah..
atau mungkin jg cuman ganti liner dalem nya doank... btw kalo ganti blok bukanya ada cara yg lazim yahh, tinggal las potong enjin kode blok mesin lama trus di las tempel di enjin blok baru... :e-think: :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by jalu »

DOHC wrote:
maskopat wrote:kalo jeroan masih bagus, bisa jadi blok doang yang diganti. tapi kalo ganti blok, imho harus lapor ke samsat lagi. karena ngubah nomor mesin.. cmiiw.
mungkin yang diganti cyl head atau carter yang di bawah..
atau mungkin jg cuman ganti liner dalem nya doank... btw kalo ganti blok bukanya ada cara yg lazim yahh, tinggal las potong enjin kode blok mesin lama trus di las tempel di enjin blok baru... :e-think: :e-think: :e-think:
ya.ya...saya udah pernah 2 kali mindahin nomer tapi di mobil konsumen.....dikerjainnya di bengkel bubut daerah otista... :angel:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26953
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by DOHC »

wahhh ternyata bang jalu itu enjin swapper.... :e-clap: :e-clap: :e-clap: :e-clap: :e-clap: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by jalu »

DOHC wrote:wahhh ternyata bang jalu itu enjin swapper.... :e-clap: :e-clap: :e-clap: :e-clap: :e-clap: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:
hush....ini ganti mesin karena jebol udah tuwir....bukan ganti mesin mau balapan..... :upss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by maskopat »

DOHC wrote:
maskopat wrote:kalo jeroan masih bagus, bisa jadi blok doang yang diganti. tapi kalo ganti blok, imho harus lapor ke samsat lagi. karena ngubah nomor mesin.. cmiiw.
mungkin yang diganti cyl head atau carter yang di bawah..
atau mungkin jg cuman ganti liner dalem nya doank... btw kalo ganti blok bukanya ada cara yg lazim yahh, tinggal las potong enjin kode blok mesin lama trus di las tempel di enjin blok baru... :e-think: :e-think: :e-think:
ane kurang tahu apakah bimer ada linernya... kalo mobil baru yang alumunium blok sih, kayaknya udah ya... 4B11 udah pake liner tuh... niru2 panther... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE

Post by Risol1 »

DOHC wrote:
maskopat wrote:kalo jeroan masih bagus, bisa jadi blok doang yang diganti. tapi kalo ganti blok, imho harus lapor ke samsat lagi. karena ngubah nomor mesin.. cmiiw.
mungkin yang diganti cyl head atau carter yang di bawah..
atau mungkin jg cuman ganti liner dalem nya doank... btw kalo ganti blok bukanya ada cara yg lazim yahh, tinggal las potong enjin kode blok mesin lama trus di las tempel di enjin blok baru... :e-think: :e-think: :e-think:
Kalo ane bilang sih beres BMW gak mao las potong nomor engine blok lama lalu tempel di engine blok baru. Lalu juga biasanya kerjaan untuk rekondisi mesin bekas (yg masih jalan normal) supaya jadi "kaya baru" lagi, beres jarang mao lakuin.
Misalnya: kalo ane baru beli BMW seri 7 bekas dan pas di gas akselerasinya pincang, atau mesin gemeteran terus.....Nah kasus kaya gini bisa ane bawa ke beres and di-diagnosa dan dibetulin kalo ane setuju dengan repair costnya.
TAPI kalo ane baru beli seri 7 bekas yg normal, lalu bawa ke beres dengan tujuan pengen supaya mesin seri 7 ane bisa perform spt mesin baru, kayaknya beres bakal anjurin ganti mesin full set baru :mrgreen: , karena IMO dia orang susah telusurin bagian mesin mana yg bikin overall performa mobil kurang optimal, dsb.....Kerjaan kaya gini biasanya sih banyaknya di bengkel hobi.

Lagian terlepas dari ganti 1 set mesin baru atau bloknya doang, atau cuma simple tune up doang, rasanya itung2an-nya tetep gak masuk.Kalo ECU aja 15 juta, dan kaki2 aja 40-an juta (Totalnya aja udah 55-an juta tuh). Sedangkan biaya total kurang dari 80 juta (tarolah 5 juta aja udah abis buat pajak, jadi total 75 juta). Maka 20 juta perak (75-55 jt) rasanya gak cukup untuk ganti the rest of the parts (kaya gelondongan transmisi, blok engine, full set karet2, full set kabel2/elektrikal, full set engine mounting, power steering system, rekondisi interior, dll)...... They just don't add up :mrgreen: belom lagi kalo ngomong soal parts2 lain yg harus diganti supaya mobil umur 14 thn jadi sperti baru lagi spt brake system, cooling system, AC system, dll, dll.....

Mungkin temennya om Vim itu ada banyak kenalan sana sini, atau bahkan yg punya salah satu beres BMW....ya ane engga tau. Tapi yg pasti kalo orang2 awam kaya kita2 ini susah rekondisi mobil mewah jadul supaya jadi persis seperti baru (yg performa/comfortnya spt mobil baru, yg "free" maintenance spt mobil baru, dsb) cuma dengan uang yg relatif sedikit. Itu aja sebenernya point ane.
Makanya jangan heran kalo terbentuklah golongan konsumen2 mobil yg pengennya beli mobil baru walaupun mereka tau dengan uang yg sama bakalan dapet mobil yg lebih rendah levelnya, tapi mereka engga usah pusing ttg rekondisi2 segala.
Kedua tipe konsumen ini (yg pengen beli mewah bekas lalu rekondisi atau yg pengen beli baru tapi engga mewah) gak ada yg salah. Kedua kubu punya cara pandang dan analisis masing2 menurut keadaan internal masing2, gitu aja.....

Karena resale value seri 7 thn 96 itu sekarang "cuma" 90 juta itu BUKAN tanpa sebab. Harga resale segitu udah ditentukan oleh mekanisme pasar (bukan harga yg di tentukan oleh pedagan mobkas semata).
Intinya kalo rata2 seri 7 thn 96 bisa direkondisi seperti baru dengan hanya 80 jt rp, maka percaya deh harga resale nya engga 90 juta, hehehe..... :mrgreen: