oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: 21 May 2009, 19:38

oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by m4rio »

ane pake OLI SHELL RIMULA, tapi skrg kilometer udah 5000 an lebih, tapi tarkan makin enteng, suara mesin makin alus aja, kira2 di ganti jangan ya olinya kalau gini???
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by gmx »

berikut gw copas dari sebuah thread yang sangat menarik, tulisan dari salah satu sesepuh SM yang udah lama ngga muncul.. semoga dapat memberikan masukan untuk om m4rio

dari thread http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=3519
PenyuTurbo wrote: Ada satu ketidak sesuaian antara TESTING dengan REKOMENDASI Penggunaan oli. Testing oli berdasarkan JAM TERBANG yaitu sekitar 200 jam (atau tepatnya 212 jam), yang mana fungsi oli sudah mengalami degradasi. Sedang pemakaian oli direkomendasikan dalam JARAK TEMPUH (5000 km, 10000 km atau bahkan ada yang lebih sampai 20000 km).

Oleh karena kondisi berkendaraan adalah bermacam-macam (Start, jalan pelan, macet si jalan, ngebut, nunggu di traffic Light, nunggu keluar belanja dari mall dsb…dsb), maka dibuatlah satu Standard kondisi “NORMAL DRIVING” yang didasarkan pada “Kecepatan Konstan/Tetap pada kelajuan 45 MPH (70 km/jam)”. Maka dengan kondisi kecepatan konstan 70 km/jam dan lama perjalanan adalah 200 jam, diatas kertas umur oli adalah = 200 jam x 70 km/jam = 14 000 km.

Kondisi riil berkendara tidaklah sama dengan kondisi test laboratorium, atau kondisi yang diasumsi oleh para pembuat mobil. Untuk patokan memperpanjang umur mesin maka pergantian oli dilakukan secara teratur :

1.Dino oil : antara 2000 km s/d 3000 km
2.Synthetic Based Oil (Semi Synthetic) : antara 3000 km s/d 5000 km
3.Fully-Synthetic Oil : antara 5000 km s/d 7000 km

Penggunaan oli lebih dari yang diatas tidaklah dilarang, dan menjadi tanggung jawab diri masing-masing. Rekomendasi pembuat oli akan berlindung dibalik pembuat mobil (sering dikatakan “See your Owner Manual for Engine Oil Change Interval”). Sedang pembuat mobil sendiri juga nggak mau kalau mobilnya bertahan lama sekali, sehingga pada umumnya jika menggunakan DINO OIL (sebutan dari Mineral Oil), pembuat mobil akan menuliskan dalam manualnya pada interval 5000 km (apa dasarnya ? hanya asumsi mereka pada kebanyakan cara berkendara konsumen, diasumsikan rata rata 25 km/jam).

Untuk mobil-mobil generasi terbaru, nggak ada kerisauan tentang pergantian oli, karena ada computer yang akan memberikan peringatan “CHANGE OIL”. Komputer ini bekerja dengan inputan :

1. Jumlah Stop and Go (Start dan Jalan)
2. Lama kelajuan dibawah kecepatan 70 km/jam
3. Lama kelajuan antara 70 s/d 110 km/jam
4. Lama kelajuan diatas 110 km/jam
5. Kemacetan di jalan dan di traffic Light.
6. Dsb … dsb …

Dari semua inputan itu komputer akan menghitung waktu penggunaan oli, sehingga pada 200 jam penggunaan oli, computer akan display “CHANGE OIL” di screen dashboard mobil. Jadi nggak lagi ada rekomendasi dalam berapa km penggunaan oli, karena memang nggak sesuai. Test-nya dalam Jam Terbang, pemakaian dalam Jarak Tempuh.

Coba dipikirkan, dalam kondisi kemacetan di Jakarta, katakan bahwa kecepatan rata-rata yang dapat dilakukan adalah 15 km/jam selama 200 jam pengendaraan (hasil rata-rata dari pemanasan mesin, jalan, macet, nunggu di traffic light, masuk tempat parkir, mobil dimatiin, …. Demikian seterusnya hingga kalau dijumlahkan akan menjadi 200 jam), maka umur oli kalau mengikuti standard test adalah = 15 km/jam x 200 jam = 3000 km – kagak sampai 14,000 km jek !
- Pemanasan mesin (idle) : 0 km/jam
- Kemacetan Traffic Light : 0 km/jam
- Kemacetan lalu lintas : 0 km/jam s/d 20 km/jam
- Nunggu Bapak/Ibu belanja di mall (mesin hidup ber AC) : 0 km/jam
- Dst … dst …

Kalau dipaksakan sampai 10,000 km, dikhawatirklan sudah banyak penumpukan Sludge pada komponen dalam mesin, viskositas sudah mengalami degradasi, oli sudah banyak oksidasi, sudah banyak kotoran (soot), sudah banyak terbentuk asam – oli mesin jadi terkontaminasi, yang tentunya nggak bisa kita lihat dengan mata kasat (visual). Jika ini terus berlangsung, pemakaian BBM akan boros, saluran pelumasan dalam mesin lambat laun akan tersumbat, aliran oli jadi nggak lancar, cepat atau lambat mesin mobil akan rusak. Yang bertepuk tangan adalah Pembuat Mobil, karena model barunya akan segera laku … hehehehehe …

Walaupun pembuat oli merekomendasikan penggunaan oli sampai dengan 10,000 km atau lebih, yang perlu diperhatikan mereka TIDAK MEMBERIKAN JAMINAN. Resiko tanggung sendiri.

Yang paling bagus adalah jika ada timer (macam Lexus RX300 atau Toyota Harrier). Timer hanya sebatas lamanya mesin bunyi sampai mati ... bunyi .... mati ... itu saja, dan kita sendiri yang mesti ngejumlahin, kalau udah 200 jam, mesti ganti oli ... km kagak dilihat lagi.
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: 17 Feb 2009, 11:44

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by mandala1 »

kalo sudah 5000km sebaiknya diganti aja bro......sapa tau ntar malah makin enteng tarikannya................ :e-dance:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by m4rio »

mandala1 wrote:kalo sudah 5000km sebaiknya diganti aja bro......sapa tau ntar malah makin enteng tarikannya................ :e-dance:
kalo ane perhatiin setiap ganti oli lgi, tarikan gk seenteng yg sekarang, yg sekarang mah enteng bgt dah, T O P bgt, apa ane pake oli barunya kekentelan ya jadi berat??? setelah digunakan jadi encer jadi enteng deh. padahal ane pakenya udah yang 15w-40 loh kalo gk salah deh.
terakhir malah waktu awal2 bulan ini, jalan di tol 90km/jam aja bueratttttt... buanget. padahal beberapa hari sebelumnya udah di tune up, ganti filter semua.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by gmx »

namanya juga oli baru om, masih kentel, lama2 jadi encer, saking encernya ngga berfungsi sebagai pelumas lagi.. oli baru yang viskositasnya beda aja berasa tarikannya..

misal:
mobil saya sesuai rekomendasi manual book pake 20W-50, pernah saya coba pake 10W-40, tarikan enak, tapi suara mesin kasar, karena fungsi pelumasannya kurang terhadap type mesin itu, lama2 bisa rusak..

itu oli baru, apalagi oli lama yang udah jalan 5000km, viskositas udah degradasi, oli sudah banyak oksidasi, sudah banyak kotoran (soot), sudah banyak terbentuk asam – oli mesin jadi terkontaminasi kalo kata pak penyuturbo.. sering2 gitu ya siap2 aja ancur mesinnya
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by sjamsul »

m4rio wrote:ane pake OLI SHELL RIMULA, tapi skrg kilometer udah 5000 an lebih, tapi tarkan makin enteng, suara mesin makin alus aja, kira2 di ganti jangan ya olinya kalau gini???
nt abis setel ga mesinnya mar............... klo abis disetel, tentu aja tarikan jadi lbh enteng................

Trus klo dah waktunya ganti oli, sebaiknya dilakukan, jangan tunggu ampe mesin dah rusak, baru ganti oli, nanti biaya yg dikeluarkan menjadi lbh besar dari biaya ganti oli.........................

Smoga bermanfaat............................
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by DOHC »

bro mario, mesin diesel itu lingkungan mesin kerja lebi berat, kompresi jauh lebi tinggi dari mesin bensin, tentu kerja oli lebi berat, blom lagi kalo mobil nya jg di pake tiap ari di lingkungan kerja yg berat, macet, berdebu, panas, dsb.... lebi baik jgn ampe lwat 5000 km... apalagi oli diesel itu murah koq ketimbang oli mesin bensin...

ane aja dari dulu ganti oli panther ane per 4000 atau 3500 km, malah ane jarang tuh stel2 klep sgala... so far tuh mobil uda jalan 300 rebu km lebi tanpa overhaul sama skali... btw ane jg pake tuh shell rimula koq, jenisnya rimula X 15W-40.... kalo skrg jadi Rimula HX... tapi isi nya tetep sama...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by sjamsul »

^^
bro, harga oli rimula dibandingkan ama meditran sx lbh mahal mana yah............. krn ane pake oli ini, tarikan tetap enteng......................... wussss...... wusssssssss.......................... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by DOHC »

bro sjam, kalo rimula HX ditempat ane kisaran 200 an rebu, tapi ada bengkel langganan ane di deket rumah jadi dia kasi diskon, kira2 jadi 185 rebu per galon 5 liter...

meditran SX ane jg pake bro, buat oli transmisi ane... kayanya meditran lebi murah deh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by sjamsul »

DOHC wrote:bro sjam, kalo rimula HX ditempat ane kisaran 200 an rebu, tapi ada bengkel langganan ane di deket rumah jadi dia kasi diskon, kira2 jadi 185 rebu per galon 5 liter...

meditran SX ane jg pake bro, buat oli transmisi ane... kayanya meditran lebi murah deh...
hmmm... klo gitu ga beda jauh dong ama meditran sx........ sekitar 180 rb an.......

tp nanti ane mo coba juga ah...... yg rimula hx ... klo pas lagi ganti oli filter..................
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by DOHC »

kalo ane ganti oli buat si panther itu, biasa ane cari yg tingkatan API nya yg plg tinggi... nah biasa yg ane incer itu yg jenis API CH... kandidatnya ada rimula HX, meditran SX, dan caltex delo gold.... diantara smua, caltex yg paling mahal, terakhir ane liat di toda uda diatas 220an rebu per 5 liter.... rimula HX jg mirip2 caltex sigh harganya... cuman ntuh bengkel aja kali kasi diskon ke ane secara uda langganan ganti oli bertaon2 ama dia... dari panther ane masi baru ampe ari ini.... 10 taon lebi kali yah.... :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by DOHC »

btw bro sjam, atau siapa aja pemakai mesin diesel di sini, mo tanya nehh... ane biasa kalo isi oli, cuman nge liat dari titik atas dan bawah dipstick logh.... nah titik teratas panther ane tuh biasa kena kalo ane masukin kira2 4 liter oli doank... sedangkan kalo di manual book panther, ditulis 5,1 liter.... kira2 cara ane salah ga yah....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by sjamsul »

DOHC wrote:kalo ane ganti oli buat si panther itu, biasa ane cari yg tingkatan API nya yg plg tinggi... nah biasa yg ane incer itu yg jenis API CH... kandidatnya ada rimula HX, meditran SX, dan caltex delo gold.... diantara smua, caltex yg paling mahal, terakhir ane liat di toda uda diatas 220an rebu per 5 liter.... rimula HX jg mirip2 caltex sigh harganya... cuman ntuh bengkel aja kali kasi diskon ke ane secara uda langganan ganti oli bertaon2 ama dia... dari panther ane masi baru ampe ari ini.... 10 taon lebi kali yah.... :upss: :upss:
hmmmm..... langganan setia......... :frm_tumbright:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by sjamsul »

DOHC wrote:btw bro sjam, atau siapa aja pemakai mesin diesel di sini, mo tanya nehh... ane biasa kalo isi oli, cuman nge liat dari titik atas dan bawah dipstick logh.... nah titik teratas panther ane tuh biasa kena kalo ane masukin kira2 4 liter oli doank... sedangkan kalo di manual book panther, ditulis 5,1 liter.... kira2 cara ane salah ga yah....
ga salah bro.......... benar itu........... nah, klo yg 5,1 ltr mungkin saat ganti oli filter............... :e-whistle:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by DOHC »

tapi bro, kalo ganti oli filter skalipun, ane jg kaga masukin ampe 5 liter, soalnya masukin 4,5 liter aja uda ngelewatin tuh titik atas gt.... padahal itu ane cek keesokan ari setelah ganti oli dan filternya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by DOHC »

sjamsul wrote:
DOHC wrote:kalo ane ganti oli buat si panther itu, biasa ane cari yg tingkatan API nya yg plg tinggi... nah biasa yg ane incer itu yg jenis API CH... kandidatnya ada rimula HX, meditran SX, dan caltex delo gold.... diantara smua, caltex yg paling mahal, terakhir ane liat di toda uda diatas 220an rebu per 5 liter.... rimula HX jg mirip2 caltex sigh harganya... cuman ntuh bengkel aja kali kasi diskon ke ane secara uda langganan ganti oli bertaon2 ama dia... dari panther ane masi baru ampe ari ini.... 10 taon lebi kali yah.... :upss: :upss:
hmmmm..... langganan setia......... :frm_tumbright:
langganan ganti oli doank bro... kalo spare part mah ane ga beli di daerah ane lah...mahalnya ga karuan.... bukan asli pula...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by sjamsul »

DOHC wrote:tapi bro, kalo ganti oli filter skalipun, ane jg kaga masukin ampe 5 liter, soalnya masukin 4,5 liter aja uda ngelewatin tuh titik atas gt.... padahal itu ane cek keesokan ari setelah ganti oli dan filternya...
hmmm......... mungkin yg 5 liter itu klo olinya benar2 kering..... spt saat pertama mesin diisi oli ama pabriknya.....

Selain itu mungkin karena saat isi oli masih ada yg tersisa di mesin.........tp ga masalah sih......... yg penting nt tetap berpatokan pada stick buat periksa olinya...............

Dah gitu mungkin ga nt pakein oli filter yg lbh kecil, shg daya tampungnya lbh sedikit di oli filter............. :e-think:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by Risol1 »

gmx wrote:berikut gw copas dari sebuah thread yang sangat menarik, tulisan dari salah satu sesepuh SM yang udah lama ngga muncul.. semoga dapat memberikan masukan untuk om m4rio

dari thread http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=3519
PenyuTurbo wrote: Yang paling bagus adalah jika ada timer (macam Lexus RX300 atau Toyota Harrier). Timer hanya sebatas lamanya mesin bunyi sampai mati ... bunyi .... mati ... itu saja, dan kita sendiri yang mesti ngejumlahin, kalau udah 200 jam, mesti ganti oli ... km kagak dilihat lagi.
Harrier mah indikator ganti olinya gak bisa ngitung oli udah jelek atau belum, nyala-nya pas km-nya nunjukkin waktu maintenance aja. Abis itu kalo kita males maintenance/ganti oli, bisa reset sendiri lagi jadinya indikator maintenancenya ilang hehehehe......
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: 17 Feb 2009, 11:44

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by mandala1 »

Sori....sori......ralat dikit yah bro........ :)
@ DOHC : oli shell Rimula X (dulu) skr berubah menjadi Rimula R3 X, bukan Rimula HX......n yg nt bilang produk pertamina yg buat perseneleng/gardan harusnya Rored EPA atau HDA bukan Meditran SX,, karena jenis Meditran adalah diperuntukan buat mesin bukan transmisi...... :)
Soal harga ya relatif yah bro......kalo nt belinya di warung ane mungkin bisa jauh dibawah itu.....hehehehe............. :ngacir: :ngacir: :ngacir:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: 17 Feb 2009, 11:44

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by mandala1 »

sjamsul wrote:
DOHC wrote:bro sjam, kalo rimula HX ditempat ane kisaran 200 an rebu, tapi ada bengkel langganan ane di deket rumah jadi dia kasi diskon, kira2 jadi 185 rebu per galon 5 liter...

meditran SX ane jg pake bro, buat oli transmisi ane... kayanya meditran lebi murah deh...
hmmm... klo gitu ga beda jauh dong ama meditran sx........ sekitar 180 rb an.......

tp nanti ane mo coba juga ah...... yg rimula hx ... klo pas lagi ganti oli filter..................
Om sjam..... ente beli meditran sx yg kemasan apa? @1literan atau yg galon? Koq mahal amad yah? :e-think:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by Turboman »

m4rio wrote:ane pake OLI SHELL RIMULA, tapi skrg kilometer udah 5000 an lebih, tapi tarkan makin enteng, suara mesin makin alus aja, kira2 di ganti jangan ya olinya kalau gini???
Visc. kinematic oli biasanya akan menurun seiring berjalannya kilometer, oli makin encer tentu akan membuat tahanan pada mesin lebih kecil, mesin jadi sedikit lebih enteng as long as daya lumas si oli masih cukup baik / belum teroksidasi parah.

Tapi gimanapun juga bila oli udah jalan jauh, kurangilah pembebanan pada mesin, atau jika mesin harus tetap kerja berat maka oli sebaiknya jgn diganti kelewat jauh.

Shell Rimula TBN nya kayaknya cukup tinggi, kalau mesin Dieselnya masih prima maka bisa dipakai hingga 6000 Km asal tdk lebih dr 4 bulan.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by DOHC »

mandala1 wrote:Sori....sori......ralat dikit yah bro........ :)
@ DOHC : oli shell Rimula X (dulu) skr berubah menjadi Rimula R3 X, bukan Rimula HX......n yg nt bilang produk pertamina yg buat perseneleng/gardan harusnya Rored EPA atau HDA bukan Meditran SX,, karena jenis Meditran adalah diperuntukan buat mesin bukan transmisi...... :)
Soal harga ya relatif yah bro......kalo nt belinya di warung ane mungkin bisa jauh dibawah itu.....hehehehe............. :ngacir: :ngacir: :ngacir:
wah thanks om meong ralat nya, maklum tiap ari bukan maen nya ama ginian, jadi lupa :mrgreen: :mrgreen: btw di manual book panther itu emang ditulis gt, oli transmisi bisa pake oli yg sama ama oli mesin... lagian di sedan honda sperti city jadul atau civic2 yg jadul jg gt tuh, kalo ganti oli di beres, pasti oli mesin dan transmisi dijadiin satu...

warung bro meong jauh seh dari rumah ane... coba kalo deket, malah tiap sore ane mampir bawa kopi ama kacang nehh... :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: 22 Nov 2007, 17:26

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by GTR »

iye, kalo oli transmisi manual honda pake viskositas mesin tapi bukan yg kelas paling encer, phanter jadul juga kalo ga salah...
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by sjamsul »

mandala1 wrote: Om sjam..... ente beli meditran sx yg kemasan apa? @1literan atau yg galon? Koq mahal amad yah? :e-think:
iyah dal......... rada mahal, krn bukan di tempat ndiri............. tp di tempat teman..... klo di tempat ndiri.... malahan ga bayar...........tinggal isi ajah..................
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: oli mesin sudah lewat tapi tarikan makin enak

Post by m4rio »

mandala1 wrote:Sori....sori......ralat dikit yah bro........ :)
@ DOHC : oli shell Rimula X (dulu) skr berubah menjadi Rimula R3 X, bukan Rimula HX......n yg nt bilang produk pertamina yg buat perseneleng/gardan harusnya Rored EPA atau HDA bukan Meditran SX,, karena jenis Meditran adalah diperuntukan buat mesin bukan transmisi...... :)
Soal harga ya relatif yah bro......kalo nt belinya di warung ane mungkin bisa jauh dibawah itu.....hehehehe............. :ngacir: :ngacir: :ngacir:
iya bener kok, panther itu persenelingnya beda ama mobil2 yang lain,kalo mobil2 biasa musti pake RORED atau sejenisnya dengan kekentalan tinggi, kalo di PANTHER malahan musti sama dengan oli mesin, kalao di kasih yang kentel malah jebol..... coba aja ke bengkel resmi ISUZU pasti dimasukin MEDITRAN juga.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post