Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by esh »

danangms wrote:
esh wrote:
danangms wrote:Aku pernah nonton dokumenter pembuatan motor. Di pabriknya, tuh motor sebelum dilepas ke pasar melalui pengetesan dulu. Cara testnya juga digeber-geber, malah ada yg ditest di track sirkuit pabriknya sebelum dilepas ke konsumen.
Aku ga tau juga kualitasnya motor indonesia di test seperti itu nggak...
Yang saya tahu sendiri di Indo tidak seperti itu. Memang setiap motor yang selesai dirakit dari assembly line akan melalui proses QC terlebih dahulu, melalui beberapa alat penguji kemudian baru ditest jalan di lingkungan pabrik (bukan test track khusus). Karena itu tidak ada motor baru yang odometernya benar2 0.
Jadi motor baru yang dirakit di indonesia pengujiannya kurang ya? Untung motorku made in india, jadi berani langsung geber...
Bukan kurang, tapi secukupnya. Saya rasa made in india pun setahu saya cara pengujiannya juga sama.
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by eNeR »

@neo, kalo langsung gigi 2 ke gigi 1 di 20kpj kayaknya gak masalah tuh, lagian kan 125cc, seandainya gak mau menghentak tahan aja persneling ke bawah sambil naikin gas dikit baru dibuka.
biasanya honda gak begitu menghentak dibanding suzuki.
...
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by esh »

eNeR wrote:@neo, kalo langsung gigi 2 ke gigi 1 di 20kpj kayaknya gak masalah tuh, lagian kan 125cc, seandainya gak mau menghentak tahan aja persneling ke bawah sambil naikin gas dikit baru dibuka.
biasanya honda gak begitu menghentak dibanding suzuki.
Berkat teknologi kopling ganda honda. :e-dance:
danangms
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 637
Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
Location: Lamongan

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by danangms »

scorpio wrote:tambahan nih menurut manual motor ane sih..

- rpm sebisa mungkin jangan konstan
- ada limitasi rpm yg musti dijaga, n baru boleh full mpe redline klo dah lewat 1000km
- setiap berkendara 30menit berenti dulu sampai mesin aga dingin

sekian..
Ribet juga ya kalo tiap 30 menit berhenti. Kalo kena macet, bisa berjam-jam baru nyampe...
Safety First
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by y_anjasrana »

- rpm sebisa mungkin jangan konstan
- ada limitasi rpm yg musti dijaga, n baru boleh full mpe redline klo dah lewat 1000km
Perasaan kalu motor bebek ga ada tachometernya deh...

Yg jelas kalu pake motor sewajarnya aja. Jgn digeber sampe 100kpj lebih. Bukan takut jebol, tapi bahaya aja.

Btw jgn lupa beli helm baru juga ya. Helm gratisan dari dealer biasanya ga aman.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by sjamsul »

y_anjasrana wrote: Yg jelas kalu pake motor sewajarnya aja. Jgn digeber sampe 100kpj lebih. Bukan takut jebol, tapi bahaya aja.

Btw jgn lupa beli helm baru juga ya. Helm gratisan dari dealer biasanya ga aman.
setujuuuu......

bukan ga aman, tp kurang bagus ajah........... so emang sebaiknya beli helm nyang baru............ nyang dah ada tulisan 'SII' nya........... wlp ga sebagus nyang bikinan 'sono', tp masih lbh baik deh drpd helm bawaan............... :e-whistle:
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by neo88 »


Setuju........ prop...... HELM man..k penting...tp CARA nYETIR... JAUH... LEBIH PENTING...... :frm_salut:
Maximum speed ......................... Setting ON
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by Cloud »

sebelum ganti oli pertama (500 km), sebaiknya gk buat kerja berat. indikator kerja berat, misal, dipake tarik2an, dipake boncengan bertiga pada tanjakan, ato boncengan ber2 pada tanjakan curam.
pake gigi tinggi pada kecepatan rendah, ato pake gigi rendah pada kecepatan tinggi (misal, gigi 1 dipaksain hingga diatas 40 km/h).
untuk supra 125 kurang lebih,
gigi 1 (0 s.d. 30 km/h)
gigi 2 (10 km/h s.d. 40 km/h) --> pas jalan pelan, ngerem, gigi 2, hingga 10 km/h, mo jalan lagi boleh gk usah oper ke 1, asal beban ringan.
gigi 3 (30 s.d. 50)
gigi 4 (40 s.d. 70)
yah, itu cuma kira2 aja. gigi 4 jalan 40 juga masih bisa kok, cirinya, kopling sentrifugal udah menapak sempurna. kalo digas, tidak berdengung dulu, tapi langsung ngacir (kalo kec 20 pake gigi 4, digas pasti berdengung/ngeden).
patokan lagi, yaitu grip gas, kerja mesin ringan berarti ngegasnya sedikit. kalo gas lebih dari 1/2 berarti kerjanya udah gk ringan lagi (kira2 aja).

oya, biasanya ada indikator di speedometer (garis dibawah angka), pake aja indikator itu, tapi buat batas bawah aja, batas atasnya jangan dipake, misal gigi 4 batas atasnya 120 km/h, ya jangan sampai kecptn itu.

setelah 500 km n ganti oli, boleh dipake sepuasnya. meski demikian, gk berarti baru gk boleh geber lo, mo ditarik2 silakan, gk bakalan macet kok. usia pake juga gk jauh beda. beda ma motor dahulu, kalo masih baru dipake extreme, seringnya macet, ato kalo nggak, tiba2 drop, coz celah piston terlalu sempit (gk sampe macet sih). nah, itu yang bikin cepat ngebul, kan liner, piston, ma ring tergerus, meski cuma dikit.

yang penting lagi, dicek, apakah benar oli diganti saat 500 km/servis pertama. pernah kejadian motor adek servis pertama, gak diganti olinya. cuma servis aja. kata mekaniknya, olinya masih baru, masih bagus (ya iyalah, baru 500 km, motor baru lagi).
sayangnya, adek bilang itu pas mau servis kedua, saya jadi geregetan, tu bengkel resmi mau untungnya aja, ngibulin konsumen (maklum, adek kn cewek, n kurang ngerti mesin, jadi gampang dikibulin). harusnya kan dapat ganti oli gratis, eh malah enggak, dengan alasan [cencored].

just share aja, kan buat pencegahan,
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by avansa »

good :frm_tumbright:
Image
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by esh »

Setuju sama di atas saya :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
danangms
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 637
Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
Location: Lamongan

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by danangms »

Good juga dah.
Safety First
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by neo88 »


thankz... buanget.. br0.. Cloud...... :big_peace:

y.... tp..neo dah..
c0ba gigi 1 kadang2 40 km/h :e-doh: bisa.. kq.. tp musti long distance
gigi 2 bahkan pernah 60 km/h :ungg: hehehe...

semntara.. gigi 3 masih juarang.. cm..kadang kelupaan.. s0.. smpek.. sekarang masi neo TOP kn di 60 km/hr..
mesin masih oke2 aja tuh.. musti nahan sabar, bawaaanya pengennya..lari aja...nih.. :big_peace:

um... tp sekarang perpindahan gigi 1 ke 2 udah enak.. udah.. klik get0... :mrgreen:

Maximum speed ......................... Setting ON
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by Cloud »

hmm, congratz bro, motor apapun, kalo dirawat, pasti awet, oya, biasanya habis ganti oli mesin tidak seenteng semula, meski gak ada yang disetel. ntar baru terasa enteng kalo oli udah dipake diatas 500 km,
biasanya supra 125 mentok di 110 pas olinya masih baru, kalo udah agak lama, bisa 120-125 an (trek cukup panjang).
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by esh »

Kalau mau enteng pake oli merek M***l 300V :mrgreen:
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by scorpio »

y_anjasrana wrote:
- rpm sebisa mungkin jangan konstan
- ada limitasi rpm yg musti dijaga, n baru boleh full mpe redline klo dah lewat 1000km
Perasaan kalu motor bebek ga ada tachometernya deh...

Yg jelas kalu pake motor sewajarnya aja. Jgn digeber sampe 100kpj lebih. Bukan takut jebol, tapi bahaya aja.

Btw jgn lupa beli helm baru juga ya. Helm gratisan dari dealer biasanya ga aman.
nah.. ni dia...
untuk motor ga da takometer si, contohnya jupi MX
kata temen ane yg punya motor jupi MX, kata di bukunya.. klo masi inreyen bukaan gasnya ga boleh full.. setahap-setahap...

coba aja dibaca deh buku manualnya. pasti ada sih cara supaya inreyen nya bener
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by neo88 »

[color =#0000ff]
um... ada ya.. dibuku manualnya.. Jupiter MX, bisa di kasi tw dunk... bro scorpio
H**** dah bukunya.. cetakkannya.. murahan... (kyk photocopyan) dah.. gitu.. ga ada petunjuk tuk inreyen yg bener lage...

[/color]
Maximum speed ......................... Setting ON
danangms
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 637
Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
Location: Lamongan

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by danangms »

neo88 wrote:[color =#0000ff]
um... ada ya.. dibuku manualnya.. Jupiter MX, bisa di kasi tw dunk... bro scorpio
H**** dah bukunya.. cetakkannya.. murahan... (kyk photocopyan) dah.. gitu.. ga ada petunjuk tuk inreyen yg bener lage...

[/color]
Motor mahal kok dapat buku manual yg jelek? Parah amat.
Safety First
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by esh »

danangms wrote:
neo88 wrote:[color =#0000ff]
um... ada ya.. dibuku manualnya.. Jupiter MX, bisa di kasi tw dunk... bro scorpio
H**** dah bukunya.. cetakkannya.. murahan... (kyk photocopyan) dah.. gitu.. ga ada petunjuk tuk inreyen yg bener lage...

[/color]
Motor mahal kok dapat buku manual yg jelek? Parah amat.
Mungkin pihak atpm menganggap bahwa sangat sedikit konsumen yang benar2 membaca buku manual, sehingga mereka merasa tidak merasa perlu membuat buku manual yang lebih baik (lebih baik=lebih mahal). CMIIW
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by neo88 »


umm... kyknya..sih..tuk..menekan..harga jualnya yg udah.. selangit... :mrgreen: kl0..g.. bakalan.. nurunin profitnya..kwkkwkwk... :big_peace:

jujurnya.. H**** harusnya.. malu dunk.. masa.. beli.. m0t0r yg dah tekno. jadul.. eh.. ditambah buku jadul pula...
tw ga.. cuman.. sampul depan n belakang aja dibuat agak tebal n gl0sy (mengkilap) kyk cover majalah2.. get0... :big_slap:

Maximum speed ......................... Setting ON
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by esh »

neo88 wrote:
umm... kyknya..sih..tuk..menekan..harga jualnya yg udah.. selangit... :mrgreen: kl0..g.. bakalan.. nurunin profitnya..kwkkwkwk... :big_peace:

jujurnya.. H**** harusnya.. malu dunk.. masa.. beli.. m0t0r yg dah tekno. jadul.. eh.. ditambah buku jadul pula...
tw ga.. cuman.. sampul depan n belakang aja dibuat agak tebal n gl0sy (mengkilap) kyk cover majalah2.. get0... :big_slap:

yang pasti kalau dibuat seperti itu jelas bakal nurunin profitnya. Walaupun biaya satu bukunya selisih sedikit, tetapi dikalikan dengan jumlah total penjualan setahun jumlahnya pasti gede banget.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by sjamsul »

esh wrote:Kalau mau enteng pake oli merek M***l 300V :mrgreen:
hayoooooo keponakan, jangan suka kasih racun yah........... :e-naughty: .....





:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: ..........
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by mandala1 »

sjamsul wrote:
esh wrote:Kalau mau enteng pake oli merek M***l 300V :mrgreen:
hayoooooo keponakan, jangan suka kasih racun yah........... :e-naughty: .....





:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: ..........
Laaaah......itu bukan ngasih racun, tapi oli om... :ungg:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by TUFF Stough »

Tanpa petunjuk inreyen yang jelas, motor bakalan lebih cepat bermasalah. Jadinya bengkel dan spare-part-nya laris-manis. U dibalik B. :e-snooty:

:twisted: :twisted: :twisted:
*devilmode on*
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by TUFF Stough »

mandala1 wrote:
sjamsul wrote:
esh wrote:Kalau mau enteng pake oli merek M***l 300V :mrgreen:
hayoooooo keponakan, jangan suka kasih racun yah........... :e-naughty: .....





:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: ..........
Laaaah......itu bukan ngasih racun, tapi oli om... :ungg:
Wuih... ada yang mo bagi2 oli.

*bigos mode*
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1274
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru

Post by singachu »

avansa wrote:Jaman saya dulu...inreyen kata ortu harus melewati angka 500 km baru di bilang lulus....kalau belon mentok di angka ituh tapi sudah di pakai untuk berboncengan,di percaya motorya nggak awet,alias cepet rusak.
bener nggaknya nggak tahu juga.
motor jupiter 2002 sebelum 200 km pertama udah dipake boncengan dari Malang ke Surabaya.
sampe sekarang masih tokcer, kemaren skur klep pas km 80000 dengan keadaaan tanpa baret di liner dan ring piston, lobe camshaft juga ok, rantai kamrat /timing chain dan sproketnya juga masih ok.
cuman kerak aja yang numpuk tapi begitu dah diberihin jadi enak lagi.
sampe saat ini berarti hampir umur 8 taon, km hampir 90rb.
sudah masuk kategori awet ato blom ? :ungg:

regards,
singachu