Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
cupoecupoe wrote:hmm setelah saya baca ulang lagi...
ternyata saya agak salah tangkap...
saya mohon maaf atas argumen saya... ckckck
ternyata bukan kendaraan 2nd toh.. tapi tentang kepemilikan lebih dari 1 unit mobil utk jenis yang sama... hehehe
kalo begitu saya setujuuuu!!!
karena dengan begitu maka orang akan berpikir untuk membeli mobil ke 2 dgn jenis yang sama...
Sebagai gambaran, jika mobil yang pertama dibeli Rp 100 juta, PKB atas mobil tersebut Rp 2 juta per tahun. Namun, jika mobil sejenis dibeli untuk kedua kali dan seterusnya, PKB yang dibebankan bisa lebih mahal, yakni Rp 3 juta-Rp 10 juta.
Tapi ini pun juga aneh... kalau begitu... bisa beli saja - sedan - SUV - Minibus - kemudian station wagon lagi dst...
"macet" itu khan di kota besar... di daerah lain masih misalnya Irian.. masih ada yang jalan kaki...
kalau pembangunan merata.. orang tidak akan tertarik tinggal di Kota besar... buat jalan sebanyak-banyak nya... bikin jalur cepat ke daerah yang belum terjangkau.. pasti penduduk akan menyebar.... dan industri juga pasti menyebar...
katanya mau memakmurkan rakyat tapi kok malah membunuh industri..
Yg dimaksud sejenis itu apa ya bos? Mungkin ga yg dimaksud dengan sejenis adalah sama2 roda 4.. Kalo seperti itu, misalnya mobil pertama zebra, yg kedua pajero, mesti buru2 balik nama nih yg zebra
Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata mengecam pemberlakuan pajak kendaraan progresif yang dinilainya tidak masuk akal. Pemerintah harus menjelaskan filosofi memberlakukan pajak progresif tersebut.
â€ÂPengusaha tidak pernah diajak bicara. Pajak progresif akan berdampak buruk bagi industri nasional,†kata Gunadi.
Ia menjelaskan, apabila alasan pemerintah memberlakukan pajak progresif untuk sekadar meningkatkan pendapatan pemerintah daerah, pajak seharusnya diturunkan saja sehingga akan mendorong pembelian kendaraan.
Kalau alasannya adalah kemacetan sehingga jumlah kendaraan bermotor hendak dikurangi, pemerintah dinilai tidak masuk akal. Kemacetan terutama terjadi akibat minimnya pertumbuhan infrastruktur yang hanya 0,1 persen per tahun. Itu karena anggaran perbaikan jalan hanya 2 persen dari total APBN sekitar Rp 1.000 triliun.
Pengurangan kendaraan bermotor juga tidak masuk akal karena penjualan mobil hanya 600.00 unit per tahun. Jumlah itu sangat kecil jika dibandingkan Jepang dengan 120 juta jiwa dengan angka penjualan mobil 6,5 juta unit per tahun.(OSA/OIN)
gimana caranya ya di jepang, penjualan 6.5juta unit per tahun?? gak bikin macet jalanan tuh?
kalo mobil lama harus dibuang, hiks hiks.. sedih banget.. kasihan si SL ane..
masalah infrastuktur, emang perkembangannya pasti terbatas lah..
Memang setahu saya di Jepang ada pembatasan usia kendaraan dan secara rasio infrastruktur dibanding dengan jumlah kendaraan masih lebih oke daripada di Indonesia. CMIIW
Salah satu kebiasaan orang Jepang adalah membeli sesuatu dengan model yg baru. Kalo mobil, biasanya kalo mereka sudah punya yg baru, mobil lama kalo mau dibuang harus bayar. Yg males bayar mobilnya akan ditinggal begitu saja di pinggir jalan.
Sudah ada tengkulak yg nampung utk. di ekspor ke negara ke-3.
Hal ini juga terjadi di barang2 elektronik...
Bos ogut orang Jepun, di rumahnya ada kulkas ampe 4 unit. Semuanya masih berfungsi normal. Dia mau buang tapi malas bayar... hehehehe...
cupoecupoe wrote:hmm setelah saya baca ulang lagi...
ternyata saya agak salah tangkap...
saya mohon maaf atas argumen saya... ckckck
ternyata bukan kendaraan 2nd toh.. tapi tentang kepemilikan lebih dari 1 unit mobil utk jenis yang sama... hehehe
kalo begitu saya setujuuuu!!!
karena dengan begitu maka orang akan berpikir untuk membeli mobil ke 2 dgn jenis yang sama...
Sebagai gambaran, jika mobil yang pertama dibeli Rp 100 juta, PKB atas mobil tersebut Rp 2 juta per tahun. Namun, jika mobil sejenis dibeli untuk kedua kali dan seterusnya, PKB yang dibebankan bisa lebih mahal, yakni Rp 3 juta-Rp 10 juta.
Tapi ini pun juga aneh... kalau begitu... bisa beli saja - sedan - SUV - Minibus - kemudian station wagon lagi dst...
"macet" itu khan di kota besar... di daerah lain masih misalnya Irian.. masih ada yang jalan kaki...
kalau pembangunan merata.. orang tidak akan tertarik tinggal di Kota besar... buat jalan sebanyak-banyak nya... bikin jalur cepat ke daerah yang belum terjangkau.. pasti penduduk akan menyebar.... dan industri juga pasti menyebar...
katanya mau memakmurkan rakyat tapi kok malah membunuh industri..
Yang benar kena pajak progresif adalah kendaraan ke-2, dst. Mau jenisnya sama atau tidak, tetap kena.
Yang masih jadi permasalahan yg tidak jelas di RUU tsb. adalah kendaraan ke-2 tsb. satu nama atau satu alamat.
Kalo satu nama, ya tinggal pake nama istri or anak yg sdh ber-ktp.
Kalo satu rumah, ini yg runyam... kalo ada keluarga masing2 sdh punya penghasilan and pingin punya mobil, masa giliran... ato gak pake sistem kocok.. yg keluar namanye boleh beli mobil... kekekekekek...
Permasalahan selanjutnya, pembeli kendaraan second harus segera membalik nama krn pemilik sebelumnya gak mau kalo dia beli mobil baru namanya masih ada di kendaraan lama shg mobil barunya jadi kena pajak progresif...
gmx wrote:Yg dimaksud sejenis itu apa ya bos? Mungkin ga yg dimaksud dengan sejenis adalah sama2 roda 4.. Kalo seperti itu, misalnya mobil pertama zebra, yg kedua pajero, mesti buru2 balik nama nih yg zebra
"Sebagai gambaran, jika mobil yang pertama dibeli Rp 100 juta, PKB atas mobil tersebut Rp 2 juta per tahun. Namun, jika mobil sejenis dibeli untuk kedua kali dan seterusnya, PKB yang dibebankan bisa lebih mahal, yakni Rp 3 juta-Rp 10 juta."
Ditulisnya "mobil sejenis" sih... jadi rancu khan... kalau ditulis "kendaraan bermotor".. masih bisa jumlah roda 2-3-4-6 dst.
sayangnya alokasi PKB untuk jalan cuman 10%......hitungan dilapangan akhirnya cuman 6%.....karena dikurangin komisi, upeti serta korupsi......duh gusti inilah negeri di mana para panji menari karena menikmati 94% hasil PKB....
Kalo liat di stnk, jenis kendaraan ada jeep, sedan, minibus, dll.. Tapi tetep belum jelas klasifikasi "jenis" yg dimaksud.. Tebakan saya, kalo liat tujuan UU tersebut, anggap aja mau jenis mobil apa jg mobil ke-2 pasti kena.. Kalo fleet gimana ya?
gmx wrote:Kalo liat di stnk, jenis kendaraan ada jeep, sedan, minibus, dll.. Tapi tetep belum jelas klasifikasi "jenis" yg dimaksud.. Tebakan saya, kalo liat tujuan UU tersebut, anggap aja mau jenis mobil apa jg mobil ke-2 pasti kena.. Kalo fleet gimana ya?
Sepertinya maksudnya sih begitu om....mau jenis apapun kalo yg ke-2 pasti kena progresif......yg sy bingung gimana nasib pengusaha angkot, angkutan2 los bak, truck, dll......
Kalo untuk d mobil pribadi sih mungkin masih bisa diakal2in pake nama sodara atau kerabat dekat,,
gmx wrote:Kalo liat di stnk, jenis kendaraan ada jeep, sedan, minibus, dll.. Tapi tetep belum jelas klasifikasi "jenis" yg dimaksud.. Tebakan saya, kalo liat tujuan UU tersebut, anggap aja mau jenis mobil apa jg mobil ke-2 pasti kena.. Kalo fleet gimana ya?
Sepertinya maksudnya sih begitu om....mau jenis apapun kalo yg ke-2 pasti kena progresif......yg sy bingung gimana nasib pengusaha angkot, angkutan2 los bak, truck, dll......
Kalo untuk d mobil pribadi sih mungkin masih bisa diakal2in pake nama sodara atau kerabat dekat,,
kalo masih plat kuning gak kena bro...
kalo a/n perusahaan masih belum jelas penerapannya...
B 1978 wrote:berapa persen sih orang yg mau membeli kendaraan mikirin nilai pajak kendaraan ?
boro boro mau mikirin,nyengol pikiran aja enggak
kalo ane nanya dulu sih... ini lagi hunting SUV bekas, tanya2 pajaknya juga.. kalo gak, bisa gak ngepul dapur..
hehe,neh si oom maskopat merendah terus neh ,ane juga kadang pake busway om tapi kalo jalurnya di serobot mobil/motor ampe buswaynya ngak bisa jalan,pengen juga ane tuh semua hehe
Sempet kepikiran nih, kalau kita jual mobil ke si A bulan januari, nah si A gak mau balik nama dulu, nunggu nanti bulan agustus sekalian perpanjang STNK (lumrah khan ya kl kejadian begini).... di bulan Maret kita beli mobil baru, kena donk Pajak Progressiff ya (dihitung sebagai kendaraan ke-2 an. kita) ??? Nah bagaimana caranya supaya kita bisa menghindari kejadian kaya gitu or gimana caranya maksa si A langsung balik nama? Apa kita gak boleh beli mobil dulu sampai si A balik nama? Bingung euyy .....
B 1978 wrote:berapa persen sih orang yg mau membeli kendaraan mikirin nilai pajak kendaraan ?
boro boro mau mikirin,nyengol pikiran aja enggak
kalo ane nanya dulu sih... ini lagi hunting SUV bekas, tanya2 pajaknya juga.. kalo gak, bisa gak ngepul dapur..
hehe,neh si oom maskopat merendah terus neh ,ane juga kadang pake busway om tapi kalo jalurnya di serobot mobil/motor ampe buswaynya ngak bisa jalan,pengen juga ane tuh semua hehe
buat oom maskopat
yah om, bukan merendah.. emang gitu koq...
wah om, beernya ane tolak, karena ane gak minum beer.. minum teh aja gimana?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Kalau pajak progresif dilakukan untuk mobil ke 2 dst, lebih baik jual dulu mobil yang ada. Trus, beli mobil pertama yang paling mahal dulu supaya kenanya hanya 2%. Setelah itu yang ke 3, 4 dstnya beli yang lebih murah. Terakhir beli motor aja, jadi kalau kena yang 10% dari harga motor khan masih murah.
eNeR wrote:busyet...
alokasi dana dari pajak kendaraan untuk infrastruktur jalan cuma 10%, gak sebanding dg pajak yang dikeluarkan.
seharusnya minimal 30%-an laaah...
jalan bolong aja da buanyak, masa cukup cuma dikasih 10%???
edian tenan...
Iya, khan tujuannya cari dana doang bukan untuk infrastruktur.
Coba lihat, pada saat beli mobil sudah kena bea masuk, PPN, PPhBM. Trus ada lagi BBN, pajak BBM. Tiap tahun setor PKB, SWDKLLJ. Apa kurang banyak? Itu duit semua kemana alokasinya? Lihat aja jalannya cuman tambah 0.1%. Jalan berlobang sana sini.
Kalau saya lihat ini hanya akalan2 saja himpun dana. Kalau bener2 mau kerja beresin jalan macet, banyak yang bisa dilakukan. Beresin tuh angkutan umum yang suka ngetem. PKL yang berserakan di pinggir jalan. Parkir di bahu jalan yang bahkan sampe double. Tadinya tiga jalur sisa jadi satu. Trus motor2 yang sembarangan melawan arah, nyalip sana sini sehingga lalu lintasnya jadi pelan semua.
Masalahnya kalau kerja ngeberesin sampah itu capek. Enakan tembak aja pake pajak progresif. Tapi ujung2-nya yah tetap macet, wong nggak nyelesaikan masalah pokoknya. Dulu dijanjian ada busway bisa lancar karena menggantikan angkot (hanya jadi feeder). Mana sekarang? Busway di sebelah kanan, angkot sebelah kiri sambil ngetem. Trus mana tuh yang kemarin hot-hot mau gembok roda mobil?? Nggak jalan khan? Gimana nggak tambah kacau?
AnAn wrote:Sempet kepikiran nih, kalau kita jual mobil ke si A bulan januari, nah si A gak mau balik nama dulu, nunggu nanti bulan agustus sekalian perpanjang STNK (lumrah khan ya kl kejadian begini).... di bulan Maret kita beli mobil baru, kena donk Pajak Progressiff ya (dihitung sebagai kendaraan ke-2 an. kita) ??? Nah bagaimana caranya supaya kita bisa menghindari kejadian kaya gitu or gimana caranya maksa si A langsung balik nama? Apa kita gak boleh beli mobil dulu sampai si A balik nama? Bingung euyy .....
Mungkin entar ada peraturan yg mengharuskan balik nama pada saat mobil dijual kalo engga mobil illegal buat dipake jalan.
Mungkin entar pake cara kaya di US:
Kalo di US kita jual mobkas, plat mobilnya kita tahan. Kalo kita engga mao beli mobil lain, buang aja tuh platnya. Tapi kalo kita mao beli mobil lain, pas kita udah dapet mobilnya, kita bisa langsung pasang pelat nomor mobil lama kita di mobil baru. Jadi masa berlaku pajaknya mobil baru tersebut ngikutin masa berlakunya pajak mobil lama kita.
Misal kita jual mobil bulan Januari yg pajaknya sebenernya masih berlaku sampe September. Abis itu bulan Maret kita beli mobil baru, nah kita bisa pasang plat nomor mobil lama kita di mobil baru tsb, tapi tetep berlaku sampe September, dan di prorate aja selisih pajaknya.
Jadi dengan cara ini, kita engga kena pajak progresif segala hehehe.....
Utg avs gw pakai nama nyonyah dan atz pakai nama gw. Jadi ga napa-napa.
Cuma koq bikin peraturan kyk gini sih? Sepertinya gampang bgt diakalin..... Pasti anggota DPRnya juga keberatan kalu harus bayar pajak mobil. Seharusnya supaya ga gampang diakali, dibuat juga aturan ttg kepemilikan mobil. Jadi jangan sampe aturan ini ga kena sasaran. Ntar ABG yg baru punya KTP pada punya BPKB semua. Trus harusnya juga dihubungkan dengan data perpajakan (seperti NPWP), supaya data mobilnya bisa dibaca secara online oleh Ditjen Pajak.
Biar ga ada tuh, 325nya atas nama tukang kebon, SLKnya atas nama pembantu, Alphardnya atas nama ponakan, Fortunernya atas nama temen di SM, dll...
ini nih aturan yg cacat
pemerintah terkesan seenak perutnya aja
seharusnya sebelum aturan ini ditetapkan, transportasi umum harus sudah nyaman, aman, dan cepat.
seandainya aja di dalem rumah ada 3 org yg kerjaannya berbeda dan masing2 butuh mobilitas tinggi, tentunya mobil yg dipakai juga harus 3, memang bisa saja diakali dengan membuat nama yg berbeda-beda, tetapi aturan ini tidak masuk diakal..
jadi org kemana2 mesti naek apa? naek angkot ato bus kota yg bau n panas trus banyak copetnya??
yg bener aja..
boleh2 aja aturan ini, tetapi transportasi umum mesti dibenahi dulu (MRT, monorail, busway) jika transportasi umum sudah layak, saya malah mendukung 101%..
sejujurnya kalo transportasi umum sudah lancar, yakin aja deh, org2 ogah membeli banyak2 mobil ato motor yg harganya berdepresiasi sangat sangat tinggi...
pajak naik ato bikin pajak baru mah gampang banget, anak kecil juga bisa, kalo bisa menggunakan dana pajak sepenuhnya utk kepentingan rakyat kecil gak ada korupsi naaah itu baru hebat..
masalah macet mah solusinya cuma dua, jangka pendek pembangunan transportasi massa yang murah dan nyaman serta aman, jangka panjang pemerataan pembangunan di daerah supaya gak ada urbanisasi yang juga bikin macet jalanan
Kebetulan saya baru saja perpanjangan pajak tahunan GL 1.5 AT tanggal 13 Oktober lalu. Yang saya cukup kaget adalah nilai pajaknya tetap sama dengan sebelumnya, yaitu 1.875.000,-.
Bukannya yang namanya pajak kendaraan bermotor itu tiap tahunnya menurun?