Apa sih kehebatan VTI?

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by andy1800 »

Risol1 wrote:
ALTIMIT wrote:
GTR wrote: :e-doh:
duh jadi ribet :e-doh: gw jelasin lgi d
:capede:
huahahahhahahahhha

memang orang2 banyak yg masih pada rancu....
krn sambungan2 in their brain gak bisa memilah-milah secara bersamaan mengenai dua hal yg sangat terpisah
ini mirip kasus GPS dan GPRS.... banyak yg pikir itu maknanya deket2....padahaaaal....

ok.... jadi, pertama kali, better kita suruh saja dulu melatih brain-nya utk memisahkan jauh2 antara
- VTi ====> urusan body
- VVTi ===> urusan mesin

udah, itu aja dulu...hehee
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by nescafe »

ALTIMIT wrote:duh jadi ribet :e-doh: gw jelasin lgi d

VTi/VTi-S/VTi-L : menunjukkan trim accord/civic seperti di toyota E,G,V bukan mesin
VTEC/i-VTEC : teknologi katup honda seperti di toyota VVT-i,VVTL-i suzuki VVT BMW VANOS

VVT-i vs EGR
VVTL-i vs i-VTEC

buat jelasnya gini,dulu jamannya accord '99 launching,honda kluarin VTi n VTI-L yang menunjukkan kelasnya,seperti di toyota G,V sama seperti civic lama,dilaunching dengan 2 varian VTi n VTi-S yang menunjukkan VTI-S versi paling mahal,maksudnya bukan mesinnya beda tetapi kelengkapannya tapi mungkin aja mesinnya beda (cc) tapi yang dimaksud VTi/S/L itu bukan mesin tapi kelas
Risol1 wrote:makin jauh aja neh....... :capede:

VTI bukan teknologi mesin Honda, itu cuma kelas2 trim mobil2 honda.
Halah.....honda juga sih yg ngasi namanya mirip2.....ganti napa pake: DX, LX, EX
GTR wrote:EX DX LX kayanya pernah deh dipake honda terutama jaman civic "grand" itu (versi luar sudah pgm-fi juga)...

"EXi" : utk yg ber-PGM-fi mulai tahun 1996an kalo ga salah.
"Vti" : Vtec equiped.

Si : "Sports" version
Si-R : Sports version & "Race ready"..
udah dijelasin kya gini.. tp nanti ada aja yg nanya lg.. :e-wall: :e-wall:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by andy1800 »

suhu yg baik, bukanlah yg banyak ilmunya....
tapi, bagaimana dia bisa mengajarkan dg metoda yg mudah dipahami...
mengerti karakteristik audience-nya... bisa tersampaikan, bahkan kepada yg paling awam sekalipun.
itu yg jauh lbh penting.


:mrgreen:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by nescafe »

baiklah guru.. saya mengerti.. trimakasih atas pencerahannya.. Image
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by avansa »

maxx wrote:yg ditanyain belum dijawab .. kita2 malah bahas type2 mesin.. :mrgreen:
mesin VTI setahu saya salah satu keunggulanya adalah hemat bbm dan ramah lingkungan.Engine ini secara ideal membakar jumlah bahan bakar sesuai dengan kebutuhan serta menyalakan busi pada saat yang tepat sesuai dengan kondisi operasi.Tentunya karena faktor ini efisiensi penggunaaan bbm kita dapatkan.dan kondisi ini akan menghasilkan emisi gas buang yang terkontrol Catalic Converter lalu keluar melalui Muffler sebagai gas yang lebih ramah dengan lingkungan.
lainya...,teman teman tambahin dung.
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by GTR »

:e-wall: :e-pray: :glodak:
ALTIMIT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by ALTIMIT »

huah balik lagi ni :e-wall: :e-wall: :e-wall: :e-wall: :e-wall: :e-wall: :e-wall:

gini d bro,mungkin setau lo VTi tipe mesin tapi setau kebanyakan orang disini VTi itu trim BUKAN MESIN mesinnya honda tuh VTEC,i-DSI,dll

hope you understand :e-pray:
ALTIMIT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by ALTIMIT »

avansa wrote:
maxx wrote:yg ditanyain belum dijawab .. kita2 malah bahas type2 mesin.. :mrgreen:
mesin VTI setahu saya salah satu keunggulanya adalah hemat bbm dan ramah lingkungan.Engine ini secara ideal membakar jumlah bahan bakar sesuai dengan kebutuhan serta menyalakan busi pada saat yang tepat sesuai dengan kondisi operasi.Tentunya karena faktor ini efisiensi penggunaaan bbm kita dapatkan.dan kondisi ini akan menghasilkan emisi gas buang yang terkontrol Catalic Converter lalu keluar melalui Muffler sebagai gas yang lebih ramah dengan lingkungan.
lainya...,teman teman tambahin dung.
bukan ditambahin tapi dikoreksi bro,soalnya salah smua...
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by GTR »

begini... aja, drpd ga kelar2; gimana kalo ganti judul:
"Apa sih kehebatan VTEC?"
setuju??...
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by r1210g »

avansa wrote:
maxx wrote:yg ditanyain belum dijawab .. kita2 malah bahas type2 mesin.. :mrgreen:
mesin VTI setahu saya salah satu keunggulanya adalah hemat bbm dan ramah lingkungan.Engine ini secara ideal membakar jumlah bahan bakar sesuai dengan kebutuhan serta menyalakan busi pada saat yang tepat sesuai dengan kondisi operasi.Tentunya karena faktor ini efisiensi penggunaaan bbm kita dapatkan.dan kondisi ini akan menghasilkan emisi gas buang yang terkontrol Catalic Converter lalu keluar melalui Muffler sebagai gas yang lebih ramah dengan lingkungan.
lainya...,teman teman tambahin dung.
kaco2.. silahkan baca dulu diatas...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by GTR »

tunggu penjelasan dari suhu Midi_Amp aja dah..
ALTIMIT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by ALTIMIT »

lanjut aj bro,skarang gw yang tanya y,kelebihan mesin RS yang di Honda New Jazz apa sih :ungg: trus kelebihan VTi-S ama VTi-L apa?beda cc apa teknologi busi ato ap sih? :ungg:



J/K bro... :upss:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by andy1800 »

ALTIMIT wrote:
GTR wrote: :e-wall: :e-pray: :glodak:
huah balik lagi ni :e-wall: :e-wall: :e-wall: :e-wall: :e-wall: :e-wall: :e-wall:
huahahahahahhahahahahhahahaha LOL LOL ROF ROF !!!!!



mau bro Midi, atau pak boss t0mc4t, pak PPT, atau boss SBY pun, atau siapa saja pun yg ngejelasin, nampaknya bakalan bolak balik terjadi "slip of the tounge" kaya gitu lagi, kalau belum pada ditata terlebih dulu: algoritma meng-akses memory kepalanya.....
ini suhunya yg nggak bisa ngajarin-nya, atau pak Tomcat yg salah bikin layout websitenya....kalau gini caranya ini...???!!?

still Laughing Out Loud & Rolling On The Floor




ALTIMIT wrote:lanjut aj bro,skarang gw yang tanya y,kelebihan mesin RS yang di Honda New Jazz apa sih .......trus kelebihan VTi-S ama VTi-L apa?beda cc apa teknologi busi ato ap sih? .........J/K bro..
@altimit
hahahah,.... iya bro, benul, hancurin aja sekalian kaya gitu, biar pada makin jumpalitan........hahahhahaha


anyway, ini thread ditanyakan pd tahun 2002 loh...
lalu, baru ada yg menjawab (dengan benar) pd tahun 2007 !!
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by handling »

GTR wrote:begini... aja, drpd ga kelar2; gimana kalo ganti judul:
"Apa sih kehebatan VTEC?"
setuju??...
kalau jaman dulu bisa dibilang kelebihan.
tapi utk saat sekarang rata2 sudah pakai teknologi serupa....
jadi mungkin sudah tidak bisa dibilang kelebihan....:Peace: :)
Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by Risol1 »

ALTIMIT wrote:lanjut aj bro,skarang gw yang tanya y,kelebihan mesin RS yang di Honda New Jazz apa sih :ungg: trus kelebihan VTi-S ama VTi-L apa?beda cc apa teknologi busi ato ap sih? :ungg:



J/K bro... :upss:
ampir aja gw jawabin $$##@$@$.....udah gw quote neh.
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by Midi_Amp »

Perkeruh suasana ah...

Masih mending ngomongnya VTi, masih nyerempet2 dikit deh... Daripada disebutnya Vtech

Image

http://www.vtech.com/

Kaboooorrrr :ngacir:


Ah... Tapi gak tega juga... Ikutan nimbrung deh.

Kehebatan VTi? Gak ada, itu istilah trim mobil Honda jaman dahulu. Ada VTi yang standar, VTi-S untuk kelas menengah, dan VTi-L untuk kelas premium... Seinget gw. Skema penamaan ini udah ditinggalkan Honda Indonesia, tapi masih diadopsi oleh negara2 lain seperti Malaysia dan Australia. Kenapa? Karena Honda Indonesia kadut. Civic di Australia, terutama di daerah almamater kampus gw (New South Wales), ada trim level VTi untuk yang biasa dan VTi-L untuk yang mahal. Bedanya di 6 disc CD-Changer, airbag, bangku belakang 60:40 dan pelek 15".

Sebenernya model2 Honda yang ada di Indonesia itu trim level yang teratas semuanya, jadi gak perlu dikasih istilah2 keren lagi. Civic lokal itu udah setara VTi-L dan EX di luar negeri, begitu juga dengan Accord. Untuk CR-V, banyak negara mengemis kepada Honda untuk dikasih 6MT (terutama Amerika), tapi gak digubris, sementara CR-V Indo/Asia dapet.

Nah, untuk mesin. Kayaknya udah pada tau semua lah soal mekanisme kerja mesin katup variabel, gw cuma mau tambahin aja. Terdapat dua sistem kerja mekanis katup variabel, yaitu "cam phasing" dan "cam changing". Untuk mesin VTEC, dia itu sistemnya cam changing, mesin dengan dua karakteristik yang berbeda, putaran mesin pelan untuk irit, putaran mesin edan untuk tenaga. VTEC sendiri sudah mengatur timing DAN lama bukaan klep, sementara mesin katup variabel standar (VVT, VVT-i, dsb) belum mengatur lama bukaan klep. Toyota sendiri baru mengimplementasi lama bukaan klep pada mesin VVTL-i (Variable Valve Timing & Lift Intelligent).

Untuk mesin i-VTEC Honda mengadopsi sistem cam phasing karena sekarang ini mesin tidak lagi punya kepribadian ganda, namun lebih mengarah ke arah pembagian kurva tenaga yang rata. Sebelumnya, kurva tenaga mesin VTEC itu datar sampai mekanisme pengaturan klep aktif, dan terasa "tendangan VTEC" yang hampir setara dengan tendangan maut satria baja hitam :mrgreen: Tapi gak semua orang suka dengan hal ini karena tenaga maksimal baru tercapai pada putaran mesin tinggi. Buat yang pernah make Civic Ferio terus diisi orang gendut 4 biji terus jalan didaerah puncak pasti bisa berbagi cerita yang seru dan mendebarkan... Terutama pas tanjakan.

Mekanisme cam changing i-VTEC akhirnya "menjinakkan" VTEC dengan meratakan tenaga di jenjang putaran mesin bawah hingga atas. Buat para "enthusiast"... Apa ya istilah bahasanya? Penjinakkan VTEC ini dihujat ampe sembelih domba muda dan ayam bekisar oleh para enthusiast, tapi apa mau dikata, toh yang beli mobil 80% tidak pernah memaksimalkan mobilnya setiap saat (data angka asal tembak aja, jangan percaya, gw aja gak percaya).

Alhasil, rata2 mesin VVT konvensional seperti VVT-i Toyota dan VVT Suzuki itu cam phasing, karena penggunaan mekanisme katup variabel cam changing itu mengganggu dalam penggunaan sehari2.

Akhir kata, tulisan ini IMHO dan AFAICR, jadi CMIIW, so TTYL, BFN.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by andy1800 »

Risol1 wrote:
ALTIMIT wrote:lanjut aj bro,skarang gw yang tanya y,kelebihan mesin RS yang di Honda New Jazz apa sih :ungg: trus kelebihan VTi-S ama VTi-L apa?beda cc apa teknologi busi ato ap sih? :ungg:

J/K bro... :upss:
ampir aja gw jawabin $$##@$@$.....udah gw quote neh.
orang kalau sering nanggung biasanya suka blueddrek loh.....hayoh lanjutin quote-nya.... jabanin.... hahahah.


btw, "kadut" tu apa, bro MiDi ?
selain itu, gw jg ingin tanya, ttg: seberapa costly sih kalau engine massal mengadopsi sistem valve pneumatic ?
maksdunya, kalau diproduksi secara massal, kira2 perbandingan mahalnya sistem pneumatik itu, dg sistem per dan pelatuk.....?
udah ada engine massal yg mengadopsinya kah ?
Last edited by andy1800 on Thu Jul 17, 2008 15:37, edited 1 time in total.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by GTR »

bro, VVTL-i itu selain lama bukaan klep, juga "kedalaman" bukaan klep, kan "diganjal" tuh klo rpm tinggi,karakter mirip DOHCVTEC.
I-vtec (spt pada K20 / K24) itu combine keduanya kan, cam-phasing dan cam-changing, cmiiw.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by andy1800 »

that's the letter L means... lift
ntar kalau bro getar yg bikin, pasti dinamai VVTD-G = variable valve timing & Depth - Genius

hehehe..ini posting cuma sambil2, sembari, dan seraya,...menunggu jawaban ttg pneumatic yg gw tanya itu....
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by GTR »

nah ini dia "pin" metode gajalan "lift-valves" di vvtl-i:
http://www.infoideas.net/Celicas/Technology-Vvtli.html

kalo i-vtec = VTEC (cam changing) + VTC (variable timing control)
ALTIMIT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by ALTIMIT »

Risol1 wrote:
ALTIMIT wrote:lanjut aj bro,skarang gw yang tanya y,kelebihan mesin RS yang di Honda New Jazz apa sih :ungg: trus kelebihan VTi-S ama VTi-L apa?beda cc apa teknologi busi ato ap sih? :ungg:



J/K bro... :upss:
ampir aja gw jawabin $$##@$@$.....udah gw quote neh.
weits...santai bro,jangan cepet marah ,ga bgus... :e-naughty:

akhirnya thread ini smakin menjauh dari VTi...
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by handling »

Midi_Amp wrote:
Untuk mesin i-VTEC Honda mengadopsi sistem cam phasing karena sekarang ini mesin tidak lagi punya kepribadian ganda, namun lebih mengarah ke arah pembagian kurva tenaga yang rata. Sebelumnya, kurva tenaga mesin VTEC itu datar sampai mekanisme pengaturan klep aktif, dan terasa "tendangan VTEC" yang hampir setara dengan tendangan maut satria baja hitam :mrgreen: Tapi gak semua orang suka dengan hal ini karena tenaga maksimal baru tercapai pada putaran mesin tinggi. Buat yang pernah make Civic Ferio terus diisi orang gendut 4 biji terus jalan didaerah puncak pasti bisa berbagi cerita yang seru dan mendebarkan... Terutama pas tanjakan.

Mekanisme cam changing i-VTEC akhirnya "menjinakkan" VTEC dengan meratakan tenaga di jenjang putaran mesin bawah hingga atas. Buat para "enthusiast"... Apa ya istilah bahasanya? Penjinakkan VTEC ini dihujat ampe sembelih domba muda dan ayam bekisar oleh para enthusiast, tapi apa mau dikata, toh yang beli mobil 80% tidak pernah memaksimalkan mobilnya setiap saat (data angka asal tembak aja, jangan percaya, gw aja gak percaya).

Alhasil, rata2 mesin VVT konvensional seperti VVT-i Toyota dan VVT Suzuki itu cam phasing, karena penggunaan mekanisme katup variabel cam changing itu mengganggu dalam penggunaan sehari2.

saya sih belum pernah pakai honda yg sudah vtec, yang banyak orang bilang ganas di putaran atas.
dulu pernah pakai honda, itu juga yang sebelum jamannya vtec, masih pgmfi.

saya jadi ragu dengan feature/spec i-vtec setelah saya lihat hasil performance accord 2006 , dengan spec 2.4L I-4, DOHC i-vtec , ternyata belum bisa mengungguli teknologi kuno thn 1998 (kalau di jepang thn 1996) galant 2.5L V6 SOHC, belum mivec (notabene mivec masih sekelas vtec, masih dibawah i-vtec).
ini cuma pendapat pribadi saja, tidak ada unsur menjelekkan. cuma mau sharing yang pernah saya lihat di forum sebelah.

kesimpulan sementara saya, unsur pemasaran lebih dipentingkan disini, tendangan di high rpm tidak membuat perbedaaan hasil yang berarti.
mungkin karena pas peralihan low rpm ke high rpm , orang sempat takjub, tapi totally/exactly resultnya tidak signifikan.

performance Accord 2.4L I-4 DOHC i-vtec VS Galant v6 2.5L SOHC belum mivec ada di forum sebelah. mungkin sebagian juga ada yang pernah baca.
saya akan coba undang orangnya kesini.


Peace :) , just sharing , no hurt feeling .
Last edited by handling on Thu Jul 17, 2008 16:28, edited 1 time in total.
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by r1210g »

andy1800 wrote:
Risol1 wrote:
ALTIMIT wrote:lanjut aj bro,skarang gw yang tanya y,kelebihan mesin RS yang di Honda New Jazz apa sih :ungg: trus kelebihan VTi-S ama VTi-L apa?beda cc apa teknologi busi ato ap sih? :ungg:

J/K bro... :upss:
ampir aja gw jawabin $$##@$@$.....udah gw quote neh.
orang kalau sering nanggung biasanya suka blueddrek loh.....hayoh lanjutin quote-nya.... jabanin.... hahahah.


btw, "kadut" tu apa, bro MiDi ?
selain itu, gw jg ingin tanya, ttg: seberapa costly sih kalau engine massal mengadopsi sistem valve pneumatic ?
maksdunya, kalau diproduksi secara massal, kira2 perbandingan mahalnya sistem pneumatik itu, dg sistem per dan pelatuk.....?
udah ada engine massal yg mengadopsinya kah ?
wah om.. kalo kata Ruben, MUAAAAAHHHAAALLL!!!!!

ga nahan deh bro.. kalo diproduksi masal juga keknya masih banyakan negatifnya dibanding positifnya..

palng bagus tuh teknologinya DUCATI tuh.. dah murah, gampang, kenceng lagi..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by avansa »

Wadoh kok aku salah ngomong yah.... :e-think: wah runyam inih... :glodak: pokoknya paling gampang quote aja dan jawab. Yang pasang topik aja nggak nongol nongol. ada guru ada murid,gurunya njelasin sampe dower muridnya nanya nanya terus,ada dua kemungkinan muridnya Lola (login lambat) :capede: Gurunya gagal misinya. :snipersmile:
pokoknya kalau ada yang berbentuk V ,terus T terus I dalam angan saya tebayang seperti yang di utarakan di atas.kalau emang salah,yah di betulin ajah,namanya juga nambah ilmu, Iya Enggak Om Mid :e-whistle:
jadi itu toh penjelasanya,kita tanya dulu dung sama yang pasang topik kalau ini yang di mau.. :e-snooty:
salam pizzzz :cupss:
Image
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Re: Apa sih kehebatan VTI?

Post by Midi_Amp »

Makin jauuhh... Kalau kata layangan, udah lewang. Kekekeke...

Pneumatic di mesin masal? Kayaknya masih jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh di angan2. Gw juga gak tau pasti, yang pasti belum ada mesin mobil masal dengan pneumatic valve, ribet. Setau gw cara kerja pneumatic valve itu pake udara terkompresi toh? Dan gw baca dimana, sangat tidak reliable dan hanya efektif pada putaran mesin tinggi. Seandainya kompresor pengatur udara pengatur katup ini rusak... Bisa pesta kembang api di mesin. Kalau gw cari2 info di internet, ya cuma dapat diaplikasikan pada mesin balap aja.

Honda Indonesia kadut? Itu loh, uler kadut, yang keliatannya ganas tapi cemen karena kecil. Cuma galak di luar tapi lembek, manis, dan agak melempem di dalam... Yah, cuma masalah pribadi aja. Tetep, gw self proclaimed Honda fan boy no.1!

Ho oh, VVTL-i = Cam Changing + Cam Phasing. Cuma definisi cam phasing itu sendiri juga agak rancu buat gw. Kalau cam changing + cam phasing, berarti karakteristik "tendangan maut" cam changing juga masih ada dong? Cuma buat apa kalau kurva tenaga udah linear? Secara pribadi, gw justru melihat kecenderungan perusahaan otomotif menghadirkan mesin dengan tenaga yang rata daripada meledak2. Pada akhirnya, bukan cara apa yang digunakan, tapi hasil yang dihasilkan... Kayaknya gak masuk deh tuh istilah...