waduuuuh mas bro! apa kabar nih...Shaqilla wrote:Weh.. Pada jauh2 ya mainya..
Fitur2 aneh di dalam mobil baru
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
Cuma mau menjelaskan fitur aneh aja, bro. Sering terkait dengan budaya stempat yang lain dengan budaya kita.
Contohnya, tempat duduk belakang tengah di Subaru MY 2011 bisa dilipat tanpa perlu melipat tempat duduk kiri kanan. Maksudnya untuk tempat alat ski. Fitur ini niru SAAB dan Volvo. Gak gitu manfaat di Indonesia.
Yang saya binun fitur ini : lampu dashboard (spidometer) nyala terus. Dulu nyala seiring menyalakan lampu luar aja. Sekarang tiap bulan ada aja kejadian malam2 lampu depan lupa dinyalakan. Apalagi kalau lewat jalan yg lampu penerangannya bagus.
Contohnya, tempat duduk belakang tengah di Subaru MY 2011 bisa dilipat tanpa perlu melipat tempat duduk kiri kanan. Maksudnya untuk tempat alat ski. Fitur ini niru SAAB dan Volvo. Gak gitu manfaat di Indonesia.
Yang saya binun fitur ini : lampu dashboard (spidometer) nyala terus. Dulu nyala seiring menyalakan lampu luar aja. Sekarang tiap bulan ada aja kejadian malam2 lampu depan lupa dinyalakan. Apalagi kalau lewat jalan yg lampu penerangannya bagus.
Ready to Race
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
kalo speedo yang seperti itu bukannya namanya optitron ya pak?...asudarsono wrote:Cuma mau menjelaskan fitur aneh aja, bro. Sering terkait dengan budaya stempat yang lain dengan budaya kita.
Contohnya, tempat duduk belakang tengah di Subaru MY 2011 bisa dilipat tanpa perlu melipat tempat duduk kiri kanan. Maksudnya untuk tempat alat ski. Fitur ini niru SAAB dan Volvo. Gak gitu manfaat di Indonesia.
Yang saya binun fitur ini : lampu dashboard (spidometer) nyala terus. Dulu nyala seiring menyalakan lampu luar aja. Sekarang tiap bulan ada aja kejadian malam2 lampu depan lupa dinyalakan. Apalagi kalau lewat jalan yg lampu penerangannya bagus.
ANJ, New city semua sudah pakai
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
Ya itu betul optitron. Maksudnya biar apa ya? Apa manfaatnya?
Ready to Race
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Mon Jul 31, 2006 10:32
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
Optitron itu benernya cuma estetika aja, terlihat lebih bagus dan menarik, terus juga bisa dijadikan bagian dari lighting sequence mobil . Ada juga mobil mewah yang ga ikut pake optitron (BMW E90 misalnya)... Untuk mobil yang pake optitron biasa untuk lampu kota ada indikatornya (gambar 2 lampu saling berlawanan arah ke kiri dan ke kanan). Dibiasakan lihat indikator itu aja, gw udah 3 taun pake mobil yang ada optitronnya, sekarang udah terbiasa kok
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
Kalo masuk terowongan gelap dan parkiran bawah tanah, dengan Optitron gak perlu hidupin lampu kecil untuk melihat indikator2. Atau kalo sore nanggung, terang gak gelap juga nggak - tapi di dalam mobil udah remang2, tidak sulit melihat speedometer. Sangat berguna.
Ini sih bukan fitur aneh, sudah lumrah.
Ini sih bukan fitur aneh, sudah lumrah.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Mon Jul 31, 2006 10:32
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
Wah, gw baru tau optitron manfaatnya seperti ini, tapi kalo dilogika lagi, umumnya kan kalo masuk terowongan pasti nyalain lampu kecil agar mobil kita bisa terlihat oleh kendaraan lain, jadi otomatis backlight speedometer ikut nyala biarpun ga pake optitron. Tapi gw suka optitron semata karena faktor estetikanya aja sih .FortunerMan wrote:Kalo masuk terowongan gelap dan parkiran bawah tanah, dengan Optitron gak perlu hidupin lampu kecil untuk melihat indikator2. Atau kalo sore nanggung, terang gak gelap juga nggak - tapi di dalam mobil udah remang2, tidak sulit melihat speedometer. Sangat berguna.
Ini sih bukan fitur aneh, sudah lumrah.
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
Peraturan resminya kalo gak salah, kalo masuk terowongan harus hidupkan lampu hazard, bukan lampu kecil. Sama seperti di lapangan parkir bawah tanah...optitron berguna sekali...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Mon Jul 31, 2006 10:32
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
Wah, kalo itu salah besar bro FM. Hazard cuma boleh dinyalakan dalam keadaan bahayaFortunerMan wrote:Peraturan resminya kalo gak salah, kalo masuk terowongan harus hidupkan lampu hazard, bukan lampu kecil. Sama seperti di lapangan parkir bawah tanah...optitron berguna sekali...
Peraturan resmi UK:
http://www.direct.gov.uk/en/TravelAndTr ... /DG_185061
Peraturan Road and Tunnel Safety - Citylink (E-Toll) Australia
http://www.citylink.com.au/269.jsp
Di bagian what to do nya ada tulisan "TURN ON YOUR HEADLIGHTS"
Terus kalo dicari, hazard hanya boleh dinyalakan kalau ada bahaya, your car is disabled, atau kalau ada antrian kendaraan (supaya mobil di belakang melambatkan lajunya). Menjalankan mobil dengan hazard menyala kalau tidak ada bahaya apapun adalah salah di peraturan negara manapun, terutama di jalan multi-lane, karena hazard menyala menyebabkan pengemudi tidak bisa memberi tanda ketika akan berpindah jalur. Di Indonesia banyak yang salah kaprah seperti ini, waktu hujan nyalain hazard, waktu konvoi nyalain hazard, itu yang harus diluruskan
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
Salah ya? abis pada begitu kalo di Indonesia - kirain beneran peraturannya begitu wakakakakaka...
Saya gak pernah ngikutin sih...kecuali pake mobil ane yg gak ada optitron...lain kali nggak lagi deh...
Tapi di parkiran bawah tanah sih...berguna optitron...biarpun ada lampu di parkirannya, di dalem mobil tetap gelap...
Saya gak pernah ngikutin sih...kecuali pake mobil ane yg gak ada optitron...lain kali nggak lagi deh...
Tapi di parkiran bawah tanah sih...berguna optitron...biarpun ada lampu di parkirannya, di dalem mobil tetap gelap...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Mon Jul 31, 2006 10:32
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
Ini ada diskusi fungsi lampu hazard di SM, mudah2an bisa membantuFortunerMan wrote:Salah ya? abis pada begitu kalo di Indonesia - kirain beneran peraturannya begitu wakakakakaka...
Saya gak pernah ngikutin sih...kecuali pake mobil ane yg gak ada optitron...lain kali nggak lagi deh...
Tapi di parkiran bawah tanah sih...berguna optitron...biarpun ada lampu di parkirannya, di dalem mobil tetap gelap...
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =4&t=12132
Yup, kalau di parkiran bawah tanah gw setuju dengan bro FM, tapi biasa gw juga nyalain lampu kecil sih, supaya lebih terlihat oleh kendaraan lain
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
Kalau saya terlalu gelap, biasanya buka panoramic roof. Di parkiran kalau mau jalan, biasanya saya dim sebentar. Terutama kalau di wilayah lobi (naik turunin penumpang). Juga pakai sein ke kanan (atau ke kiri)
Last edited by asudarsono on Mon Sep 27, 2010 10:31, edited 1 time in total.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
ckk.....si oom ini payah ahh.....ky orang baru aja d SM wkwkwkwkwkFortunerMan wrote:Salah ya? abis pada begitu kalo di Indonesia - kirain beneran peraturannya begitu wakakakakaka...
Saya gak pernah ngikutin sih...kecuali pake mobil ane yg gak ada optitron...lain kali nggak lagi deh...
Tapi di parkiran bawah tanah sih...berguna optitron...biarpun ada lampu di parkirannya, di dalem mobil tetap gelap...
di terowongan tol outer ring yg arah ke PI jg ada tulisannya klo d suruh nyalain lampu waktu d dalem terowongan kok oom
..............................
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
mengenai knp byk yg lbh suka hidupin hazard di tunnel kyknya mslh convenient
..imho..lbh gampang pencet on-off hazard dibanding lampu yg hrs puter tuas..
kl aturan lampu hazard di parkiran basement ?
gw pikir itu mobil2 yg vallet parking aja
tp emg optitron ngebantu bgt, bg gw sih
dlm kondisi apapun lampu meters terangnya sama
..imho..lbh gampang pencet on-off hazard dibanding lampu yg hrs puter tuas..
kl aturan lampu hazard di parkiran basement ?
gw pikir itu mobil2 yg vallet parking aja
tp emg optitron ngebantu bgt, bg gw sih
dlm kondisi apapun lampu meters terangnya sama
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
Namanya juga ujian SIM nyontek kiri kanan...maklum lahdoq wrote:ckk.....si oom ini payah ahh.....ky orang baru aja d SM wkwkwkwkwkFortunerMan wrote:Salah ya? abis pada begitu kalo di Indonesia - kirain beneran peraturannya begitu wakakakakaka...
Saya gak pernah ngikutin sih...kecuali pake mobil ane yg gak ada optitron...lain kali nggak lagi deh...
Tapi di parkiran bawah tanah sih...berguna optitron...biarpun ada lampu di parkirannya, di dalem mobil tetap gelap...
di terowongan tol outer ring yg arah ke PI jg ada tulisannya klo d suruh nyalain lampu waktu d dalem terowongan kok oom
..............................
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26936
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
hidup megatron
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
SALAHammophobia wrote:Optitron itu benernya cuma estetika aja, terlihat lebih bagus dan menarik, terus juga bisa dijadikan bagian dari lighting sequence mobil . Ada juga mobil mewah yang ga ikut pake optitron (BMW E90 misalnya)... Untuk mobil yang pake optitron biasa untuk lampu kota ada indikatornya (gambar 2 lampu saling berlawanan arah ke kiri dan ke kanan). Dibiasakan lihat indikator itu aja, gw udah 3 taun pake mobil yang ada optitronnya, sekarang udah terbiasa kok
BENARFortunerMan wrote:Kalo masuk terowongan gelap dan parkiran bawah tanah, dengan Optitron gak perlu hidupin lampu kecil untuk melihat indikator2. Atau kalo sore nanggung, terang gak gelap juga nggak - tapi di dalam mobil udah remang2, tidak sulit melihat speedometer. Sangat berguna.
Ini sih bukan fitur aneh, sudah lumrah.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
Tergantung desainer mobilnya aja sih kalo ane bilang.Jerome wrote:mengenai knp byk yg lbh suka hidupin hazard di tunnel kyknya mslh convenient
..imho..lbh gampang pencet on-off hazard dibanding lampu yg hrs puter tuas..
kl aturan lampu hazard di parkiran basement ?
gw pikir itu mobil2 yg vallet parking aja
tp emg optitron ngebantu bgt, bg gw sih
dlm kondisi apapun lampu meters terangnya sama
Kalo untuk mobil2 yg udah pake auto headlights sih optitron jadinya cuma kosmetik biasa karena kalo mobil masuk terowongan atau basement, headlightsnya otomatis nyala dan lampu2 di dashboard/meter clusternya juga ikutan nyala. Nissan jadul ane aja udah ada ni auto headlights.
Selain keunggulan optitron, ada juga kelemahannya spt kata bro Asudarsono......orang2 yg gak biasa jadi bisa lupa nyalain headlights karena dashboardnya udah terang hehehe......
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
Yg terang kan cuman instrument cluster aja bro...tombol ac, radio...semua masih gelap biasa jadi sulit juga gak tau lampu udah hidup atau belon.
iya juga kalo udah ada auto headlights emang jadi kosmetik aja. Tapi kalo parkiran bawah tanah yg terang,,,apa iya nyala tuh lampu...soalnya sinar lampu ada, tapi di dalem mobil tetep gelap. Belon pernah ngetes Altis kakak yg udah auto headlight di bawah mall...
iya juga kalo udah ada auto headlights emang jadi kosmetik aja. Tapi kalo parkiran bawah tanah yg terang,,,apa iya nyala tuh lampu...soalnya sinar lampu ada, tapi di dalem mobil tetep gelap. Belon pernah ngetes Altis kakak yg udah auto headlight di bawah mall...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
Ginilah kalau udah spidometer optitron, pakai HU LCD double din lagi. Mau siang mau malam, dugem terus. Susah juga punya anak ABG.
Well eniwei, saya rasa ini tinggal kebiasaaan aja. Lama2 juga terbiasa. Sama khan kayak kita waktu pertama harus pakai sabuk pengaman.
Well eniwei, saya rasa ini tinggal kebiasaaan aja. Lama2 juga terbiasa. Sama khan kayak kita waktu pertama harus pakai sabuk pengaman.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
optitron ga selalu jadi standar mobil baru... tergantung masing2 design pabrikan. buat saya sendiri optitron ga terlalu penting... speedo juga cuma diliat bensin udah abis belum, wkwkwkwk! lain nya, yaaaa buat menuh2in dash saja. mau gelap mau terang, sami mawon...
hehe, maap wong kampung...
hehe, maap wong kampung...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
kalo ane mah cuman tempratur dan RPM doang... biar gak ngelewatin red line...poeticmind wrote:optitron ga selalu jadi standar mobil baru... tergantung masing2 design pabrikan. buat saya sendiri optitron ga terlalu penting... speedo juga cuma diliat bensin udah abis belum, wkwkwkwk! lain nya, yaaaa buat menuh2in dash saja. mau gelap mau terang, sami mawon...
hehe, maap wong kampung...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
gampang... ente pasang beeper di rpm, pas mau red line kan nge-beep... kayak elsape ane dulu...maskopat wrote:kalo ane mah cuman tempratur dan RPM doang... biar gak ngelewatin red line...poeticmind wrote:optitron ga selalu jadi standar mobil baru... tergantung masing2 design pabrikan. buat saya sendiri optitron ga terlalu penting... speedo juga cuma diliat bensin udah abis belum, wkwkwkwk! lain nya, yaaaa buat menuh2in dash saja. mau gelap mau terang, sami mawon...
hehe, maap wong kampung...
lagian SL masa pake redline...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 321
- Joined: Thu Jan 14, 2010 23:53
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: BMW G80 M3
Re: Fitur2 aneh di dalam mobil baru
Ini emang bukan fitur aneh, cuman nggak kebayang kalau sensor-nya error, bisa2 berakselerasi sendiri... dan jangan dipakai di jalan depan pasar... rem otomatis akan terus bekerja
PARIS, KOMPAS.com  Generasi ketujuh Volkswagen Passat hadir di ajang Paris Motor Show. Selain peningkatan kualitas, desain, performa, dan kenyamanan, Passat terbaru dengan mesin diesel TDI 1,6L ini diklaim merupakan generasi dengan konsumsi bahan bakar paling efisien.
Mesin bertenaga 105 PS ini memiliki paket BlueMotion yang menawarkan modifikasi aerodinamika, teknologi Stop/Start, dan pengisian ulang baterai regeneratif. Hasilnya, konsumsi bahan bakar yang mencapai 24,8 km/liter dengan emisi CO2 hanya 109 g/km atau lebih efisien 18 persen dibanding generasi sebelumnya. Hal ini memungkinkan untuk menempuh jarak 1.600 km dengan tangki diesel terisi penuh.
Mesin diesel lainnya TDI 2.0 L dengan pilihan output tenaga 140 PS dan 170 PS.
Sementara untuk mesin bensin, ada beberapa pilihan, mulai dari TSI 1,4 L bertenaga 122 PS dengan konsumsi bahan bakar 17,2 km/liter dengan emisi CO2 138 g/km. Kemudian ada TSI 1,8 L bertenaga 160 PS, TSI 2,0 L bertenaga 210 PS, dan V6 3,6 L yang bertenaga 300 PS. Semua pilihan mesin tersebut dapat dipadukan dengan transmisi manual atau otomatis berkopling ganda (DSG), sekaligus differential elektronik XDS yang untuk pertama kalinya tersedia bagi Passat.
Tak hanya soal efisiensi, penampilan Passat juga mendapat sentuhan lebih khas sesuai garis desain VW saat ini. Gril-nya tampil menarik dengan lampu utama yang mirip model-model terbaru VW dan memiliki jajaran lampu siang LED di bagian bawah. Di bagian belakang, lampu dengan sentuhan aksen krom berpadu serasi dengan desain sedan khas VW.
Penumpang mendapat tempat duduk dengan pemanas, bahkan kursi pijat jika diinginkan. Passat menjadi semakin mewah dengan beberapa sentuhan milik Phaeton di dashboard, termasuk penggunaan jam analog. Sayangnya, beberapa bagian lain hanya mendapat sedikit sentuhan dari generasi sebelumnya.
Fitur keselamatan yang menjadi salah satu poin keunggulan Passat adalah sistem rem otomatis yang merupakan bagian dari automatic distance control. Pada kecepatan 30 km/jam atau kurang, secara otomatis mobil akan melakukan pengereman saat mendeteksi ada pejalan kaki ceroboh di depan mobil. Fitur ini juga akan membuat mobil berakselerasi spontan untuk menghindari tabrakan belakang, saat sistem memperhitungkan terdapat ruang yang cukup untuk menghindar di bagian depan.
VW Passat mulai dijual pertengahan Oktober dengan pengiriman pertama ke konsumen pada Januari 2011.
Enjoying life in the slow lane and driving in the sport+ mode