Car Detailing Lounge - PART 07

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Venturtle »

selamat malam rekan rekan SM-ers :big_smile]
kalo untuk menghilangkan jamur di chrome itu bagusnya pakai apa ya? :thanks:
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: 15 Feb 2021, 10:17

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by DrivingPotato »

Share dong om-om yang parkir mobilnya exposed directly terhadap matahari dan air hujan, adakah kiat khusus merawatnya?

Saya punya pengalaman buruk sama CRV RM yang dijemur, clear coat nya rusak semua, ngelotok. Nah di tempat baru ini saya terpaksa parkir Mazda di luar juga karena nggak memungkinkan parkir di tempat tertutup.

Perlukah cuci per 2 minggu? Atau ada tips lain mencegah pudarnya cat dll?
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 325
Joined: 06 Oct 2017, 11:05

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by adiputra4 »

DrivingPotato wrote: 30 Sep 2022, 19:34 Share dong om-om yang parkir mobilnya exposed directly terhadap matahari dan air hujan, adakah kiat khusus merawatnya?

Saya punya pengalaman buruk sama CRV RM yang dijemur, clear coat nya rusak semua, ngelotok. Nah di tempat baru ini saya terpaksa parkir Mazda di luar juga karena nggak memungkinkan parkir di tempat tertutup.

Perlukah cuci per 2 minggu? Atau ada tips lain mencegah pudarnya cat dll?
Cuci sih udh hal wajib

Keliatan sih mobil yg sering kejemur.. kap mesin udh pasti kusam bahkan oksidasi, trim2 plastik hitam pudar, headlamp menguning, jok kulit pecah2, colokan seatbelt yg merahnya pasti pudar

Kalo mau simple sih di coating aja om, trs di maintenance per sekian bulan..

Kalo mau rawat sendiri yaa rutin di wax catnya, trim plastik2 & karet harus sering dikasi protectant yg anti uv, jok yg bahan leather juga harus sering pake conditioner biar kulitnya elastis ga gampang pecah2... dg cara ky gini minimal bs mengurangi efek kejemurnya om
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: 15 Feb 2021, 10:17

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by DrivingPotato »

adiputra4 wrote: 30 Sep 2022, 20:17
Cuci sih udh hal wajib

Keliatan sih mobil yg sering kejemur.. kap mesin udh pasti kusam bahkan oksidasi, trim2 plastik hitam pudar, headlamp menguning, jok kulit pecah2, colokan seatbelt yg merahnya pasti pudar

Kalo mau simple sih di coating aja om, trs di maintenance per sekian bulan..

Kalo mau rawat sendiri yaa rutin di wax catnya, trim plastik2 & karet harus sering dikasi protectant yg anti uv, jok yg bahan leather juga harus sering pake conditioner biar kulitnya elastis ga gampang pecah2... dg cara ky gini minimal bs mengurangi efek kejemurnya om

Coating sih udah om tahun lalu waktu mobil pertama dateng, pake IGL Quartz. Kemarin karena gak tega kejemur terus saya saya boost pake Graphene Spray Coat nya Coating Factory.

Nah yg ribet emang kalo abis diwax langsung kehujanan sih.. wkwkwkwk

Karet2 ada rekomen om pakai apa untuk maintain? Pengalaman saya juga karet2 pasti getas kalo dijemur dan kehujanan.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 325
Joined: 06 Oct 2017, 11:05

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by adiputra4 »

DrivingPotato wrote: 30 Sep 2022, 20:34
adiputra4 wrote: 30 Sep 2022, 20:17
Cuci sih udh hal wajib

Keliatan sih mobil yg sering kejemur.. kap mesin udh pasti kusam bahkan oksidasi, trim2 plastik hitam pudar, headlamp menguning, jok kulit pecah2, colokan seatbelt yg merahnya pasti pudar

Kalo mau simple sih di coating aja om, trs di maintenance per sekian bulan..

Kalo mau rawat sendiri yaa rutin di wax catnya, trim plastik2 & karet harus sering dikasi protectant yg anti uv, jok yg bahan leather juga harus sering pake conditioner biar kulitnya elastis ga gampang pecah2... dg cara ky gini minimal bs mengurangi efek kejemurnya om

Coating sih udah om tahun lalu waktu mobil pertama dateng, pake IGL Quartz. Kemarin karena gak tega kejemur terus saya saya boost pake Graphene Spray Coat nya Coating Factory.

Nah yg ribet emang kalo abis diwax langsung kehujanan sih.. wkwkwkwk

Karet2 ada rekomen om pakai apa untuk maintain? Pengalaman saya juga karet2 pasti getas kalo dijemur dan kehujanan.

Kalo udh di coating sih tinggal di maintenance aja om ke tempat awal coating..

Karet2 & trim2 pake chemical guys vrp vinyl-rubber-plastic aja om.. ada anti uv nya.. di toped ada kok

Jangan lupa jg om leather conditioner biar jok kulit ga cracking :big_peace:
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: 24 Oct 2008, 11:19

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Asfur »

Buat para master2 detailer dan wet look addict, dijaman skrg ini stlh adanya PPF dan semakin menjamurnya merk2 ppf dari yg premium sampe ppf yg mulai terjangkau (walopun msh tetep mahal juga), nah faktor apa yg membuat org masih tetep coating, meanwhile kalo dibaret mah tetep aja kebaret dan kalo disiksa diparkiran yg kepanasan dan keujanan, rasa2nya coating apapun bakal rontoh sblm tenggang perawatan 6 bulan berikutnya. Smtr dgn ppf kan dibaret bakalan heal dan jaminan wet look melulu.

Kalo dibilang lbh murah, yah iya emang terlihat lbh murah saat pertama kali masuk, tp kan begitu memasuki tahap perawatan tetep kena charge, dan kemungkinan DC nya nanti akan sama2 aja dgn pasang ppf stlh bbrp tahun kemudian.

Monggo penjelasannya dari para master detailer.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by ctopher7 »

Asfur wrote:Buat para master2 detailer dan wet look addict, dijaman skrg ini stlh adanya PPF dan semakin menjamurnya merk2 ppf dari yg premium sampe ppf yg mulai terjangkau (walopun msh tetep mahal juga), nah faktor apa yg membuat org masih tetep coating, meanwhile kalo dibaret mah tetep aja kebaret dan kalo disiksa diparkiran yg kepanasan dan keujanan, rasa2nya coating apapun bakal rontoh sblm tenggang perawatan 6 bulan berikutnya. Smtr dgn ppf kan dibaret bakalan heal dan jaminan wet look melulu.

Kalo dibilang lbh murah, yah iya emang terlihat lbh murah saat pertama kali masuk, tp kan begitu memasuki tahap perawatan tetep kena charge, dan kemungkinan DC nya nanti akan sama2 aja dgn pasang ppf stlh bbrp tahun kemudian.

Monggo penjelasannya dari para master detailer.
menurut nubie kyk saya, kalo
- mobil 5 tahun sekali ganti
- mobil masih banyak ktemu di jalan (european juga termasuk)
- mobil perang dipake tiap hari

kurang worth it untuk di ppf. duitnya lebih kepake buat asuransi. kalo mau proteksi lebih yah tinggal dipakein wax atau sealant aja cukup
pecinta bio solar
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by ctopher7 »

ctopher7 wrote:
Asfur wrote:Buat para master2 detailer dan wet look addict, dijaman skrg ini stlh adanya PPF dan semakin menjamurnya merk2 ppf dari yg premium sampe ppf yg mulai terjangkau (walopun msh tetep mahal juga), nah faktor apa yg membuat org masih tetep coating, meanwhile kalo dibaret mah tetep aja kebaret dan kalo disiksa diparkiran yg kepanasan dan keujanan, rasa2nya coating apapun bakal rontoh sblm tenggang perawatan 6 bulan berikutnya. Smtr dgn ppf kan dibaret bakalan heal dan jaminan wet look melulu.

Kalo dibilang lbh murah, yah iya emang terlihat lbh murah saat pertama kali masuk, tp kan begitu memasuki tahap perawatan tetep kena charge, dan kemungkinan DC nya nanti akan sama2 aja dgn pasang ppf stlh bbrp tahun kemudian.

Monggo penjelasannya dari para master detailer.
menurut nubie kyk saya, kalo
- mobil 5 tahun sekali ganti
- mobil masih banyak ktemu di jalan (european juga termasuk)
- mobil perang dipake tiap hari

kurang worth it untuk di ppf. duitnya lebih kepake buat asuransi. kalo mau proteksi lebih yah tinggal dipakein wax atau sealant aja cukup
oh kalo tentang ceramic coating, saya juga ga menganjurkan. lebih puas pake wax mahal (sebotol bisa tahan setahun, paling 600 ribu) daripada ceramic coating

betul yang dibilang, sama sama baret iya, trus belom maintenance efek daun talas sama deep look juga uda pada rontok
pecinta bio solar
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: 12 Sep 2016, 00:37

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by sapifr22 »

Tahun lalu, mobil baru keluar showroom langsung nano coating.
Daya tahannya mengecewakan, wet look juga tdk bertahan lama.
Sempat pakai graphene spray lokal, dan beberapa bulan terakhir ini hanya pakai waterless spray yg disemprotkan setelah cuci, untuk membantu pengeringan, body dan kaca.

PUAS.

Gampang, cepat, body mobil licin. Nyaris tdk perlu wiper waktu hujan.
Kalau hujan cukup besar, body mobil tetap bersih.
sandiero
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 07 Sep 2021, 21:02

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by sandiero »

Siang om, mau tanya nih kebetulan ane abis cat duco sama body repair, terus setelah lewat sehari ternyata muncul bercak/bintik bintik kecil di bagian body yang di cat ulang kayak foto di bawah

Nah ini better masukin auto detailing/salon atau cat ulang lagi yaa? Tempat cat duco nya kebetulan masih ada utang beberapa baret yang kelupaan dia rapihin karena posisinya ga keliatan (di bawah bodykit), jadi dia masih mau tanggung jawab
IMG_20221011_135553.jpg
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by ctopher7 »

sandiero wrote:Siang om, mau tanya nih kebetulan ane abis cat duco sama body repair, terus setelah lewat sehari ternyata muncul bercak/bintik bintik kecil di bagian body yang di cat ulang kayak foto di bawah

Nah ini better masukin auto detailing/salon atau cat ulang lagi yaa? Tempat cat duco nya kebetulan masih ada utang beberapa baret yang kelupaan dia rapihin karena posisinya ga keliatan (di bawah bodykit), jadi dia masih mau tanggung jawab
IMG_20221011_135553.jpg
wah ini sih mayan parah menurut saya, mending minta bengkelnya skalian benerin lagi ya.
pecinta bio solar
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: 24 Oct 2008, 11:19

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Asfur »

Master2, mau tanya dong Spray Detailer TW Hybrid Ceramic, gampang ngk yah buff nya? Dan kalo misal keburu kering, apakah buff nya bakal susah dan bakal menyisakan sisa2 yg susah di buff, kalo ngk di spray pake IPA.
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: 15 Feb 2021, 10:17

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by DrivingPotato »

Barusan cek Chemical Guys VRP harganya lumayan yah udah macem harga Amsoil SS.. hahaha
Ada alternatif lain dari om-om buat trim protectant yang ada UV protectionnya?
Kalau Sonax sendiri ada yg udah pake trim protectornya buat plastik & karet ga ya? Share dong om yg sudah pake :mky_02:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
Johnkwick
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 07 Mar 2020, 00:24
Daily Vehicle: 528i F10 LCI

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Johnkwick »

adiputra4 wrote: 30 Sep 2022, 20:17
DrivingPotato wrote: 30 Sep 2022, 19:34 Share dong om-om yang parkir mobilnya exposed directly terhadap matahari dan air hujan, adakah kiat khusus merawatnya?

Saya punya pengalaman buruk sama CRV RM yang dijemur, clear coat nya rusak semua, ngelotok. Nah di tempat baru ini saya terpaksa parkir Mazda di luar juga karena nggak memungkinkan parkir di tempat tertutup.

Perlukah cuci per 2 minggu? Atau ada tips lain mencegah pudarnya cat dll?
Cuci sih udh hal wajib

Keliatan sih mobil yg sering kejemur.. kap mesin udh pasti kusam bahkan oksidasi, trim2 plastik hitam pudar, headlamp menguning, jok kulit pecah2, colokan seatbelt yg merahnya pasti pudar

Kalo mau simple sih di coating aja om, trs di maintenance per sekian bulan..

Kalo mau rawat sendiri yaa rutin di wax catnya, trim plastik2 & karet harus sering dikasi protectant yg anti uv, jok yg bahan leather juga harus sering pake conditioner biar kulitnya elastis ga gampang pecah2... dg cara ky gini minimal bs mengurangi efek kejemurnya om
itu gejala yang disebutkan sebenarnya gejala akibat paparan UV yang seharusnya tidak terjadi kalau kita pake window tint karena berapapun %VLT, klaimnya 99% anti UV. Tapi ada baiknya juga buat interior seperti kulit, 1 atau 2 bulan deep cleaning pake leather cleaner dan dioles leather conditioner. Trim lainnya bisa pakai merk pilihan kaya Meguiar's, 303, CG, dll rata-rata ada UV protectant.

Yang paling penting bagian outdoor sih, untuk cat bisa coating pake ceramic atau wax. Sebelumnya pastiin bebas kontaminan dari permukaan cat (clay bar, single step paint correction, wax/ceramic/etc). Kalau bicara durability, jelas ceramic lebih oke, tapi kalau bicara gloss, wax seperti Collinite 845 atau menzerna power lock itu glowing parah dengan catatan durability < ceramic.

Yang rawan getas lagi itu karet, plastik, sering2 pake uv protectant aja kaya Sonax Rubber Protectant (gummi pfelge) yang cukup terkenal untuk rubber, untuk plastik jujur sih gatau di sini yg terkenal apa untuk restorer dan protectant nya.

Ini agak overkill sih, tapi buat jangka panjang, untuk lampu depan sama belakang biar ga nguning, dilapis sama 2K untuk protectant jangka panjang.
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 325
Joined: 06 Oct 2017, 11:05

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by adiputra4 »

Johnkwick wrote: 31 Oct 2022, 19:48
adiputra4 wrote: 30 Sep 2022, 20:17
DrivingPotato wrote: 30 Sep 2022, 19:34 Share dong om-om yang parkir mobilnya exposed directly terhadap matahari dan air hujan, adakah kiat khusus merawatnya?

Saya punya pengalaman buruk sama CRV RM yang dijemur, clear coat nya rusak semua, ngelotok. Nah di tempat baru ini saya terpaksa parkir Mazda di luar juga karena nggak memungkinkan parkir di tempat tertutup.

Perlukah cuci per 2 minggu? Atau ada tips lain mencegah pudarnya cat dll?
Cuci sih udh hal wajib

Keliatan sih mobil yg sering kejemur.. kap mesin udh pasti kusam bahkan oksidasi, trim2 plastik hitam pudar, headlamp menguning, jok kulit pecah2, colokan seatbelt yg merahnya pasti pudar

Kalo mau simple sih di coating aja om, trs di maintenance per sekian bulan..

Kalo mau rawat sendiri yaa rutin di wax catnya, trim plastik2 & karet harus sering dikasi protectant yg anti uv, jok yg bahan leather juga harus sering pake conditioner biar kulitnya elastis ga gampang pecah2... dg cara ky gini minimal bs mengurangi efek kejemurnya om
itu gejala yang disebutkan sebenarnya gejala akibat paparan UV yang seharusnya tidak terjadi kalau kita pake window tint karena berapapun %VLT, klaimnya 99% anti UV. Tapi ada baiknya juga buat interior seperti kulit, 1 atau 2 bulan deep cleaning pake leather cleaner dan dioles leather conditioner. Trim lainnya bisa pakai merk pilihan kaya Meguiar's, 303, CG, dll rata-rata ada UV protectant.

Yang paling penting bagian outdoor sih, untuk cat bisa coating pake ceramic atau wax. Sebelumnya pastiin bebas kontaminan dari permukaan cat (clay bar, single step paint correction, wax/ceramic/etc). Kalau bicara durability, jelas ceramic lebih oke, tapi kalau bicara gloss, wax seperti Collinite 845 atau menzerna power lock itu glowing parah dengan catatan durability < ceramic.

Yang rawan getas lagi itu karet, plastik, sering2 pake uv protectant aja kaya Sonax Rubber Protectant (gummi pfelge) yang cukup terkenal untuk rubber, untuk plastik jujur sih gatau di sini yg terkenal apa untuk restorer dan protectant nya.

Ini agak overkill sih, tapi buat jangka panjang, untuk lampu depan sama belakang biar ga nguning, dilapis sama 2K untuk protectant jangka panjang.

:big_exellent: :big_exellent:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by kendibocor »

Asfur wrote: 03 Oct 2022, 16:46 Buat para master2 detailer dan wet look addict, dijaman skrg ini stlh adanya PPF dan semakin menjamurnya merk2 ppf dari yg premium sampe ppf yg mulai terjangkau (walopun msh tetep mahal juga), nah faktor apa yg membuat org masih tetep coating, meanwhile kalo dibaret mah tetep aja kebaret dan kalo disiksa diparkiran yg kepanasan dan keujanan, rasa2nya coating apapun bakal rontoh sblm tenggang perawatan 6 bulan berikutnya. Smtr dgn ppf kan dibaret bakalan heal dan jaminan wet look melulu.

Kalo dibilang lbh murah, yah iya emang terlihat lbh murah saat pertama kali masuk, tp kan begitu memasuki tahap perawatan tetep kena charge, dan kemungkinan DC nya nanti akan sama2 aja dgn pasang ppf stlh bbrp tahun kemudian.

Monggo penjelasannya dari para master detailer.
CX30 yg dipake bini, dari awal datang brp hari kemudian langsung ppf. Ada beberapa pertimbangan:

1. Bini ane selalu parkir outdoor depan kantornya, pdhl ada parkir basement. Tp dia males jalan :big_bored:
pertimbangan kalo pake coating (mau nano, ceramic diamond, dll dll) bakalan rontok itungan bulan. Nanya coating di clean n tidy kalo ga salah inget sekitaran 6-7jutaan yg kelas sedangnya. Kalo kejemur trus dan harus maintenance naek coating lg tiap 6bln-1thn, itungannya 5 thn bakal sama aja keluar duitnya.

2. Coating tetep aja ga tahan sama bird poo. Kalo parkir diluar bakalan rentan kena bird poo. Males kan kalo tiap kena harus nyuci. Sebenernya ppf jg orngnya blg kalo bird poo tetep harus dilap segera. Nah kalo di ppf kan aman gawsa nyuci seluruh mobil, pake air sabun aja trus lap sampe kering. Kalo ppfnya swirl tinggal dipanasin nanti self healing sendiri. Kalo di coating doang, bagian2 yg basah kena air tp ga kena sabun kalo di lap bakalan tetep swirl lama2.

3. Kebetulan cx30nya dpt warna polymetal. Asumsi warna soul rednya agak susah ditiru dan ga semua bengkel cat bisa repaint warna ini, warna polymetal ini pun agak ga lazim jd takut amit2 harus repaint jadi belang nanti. Walaupun ppf ga bakal proteksi 100% terhadap incident, tp senggaknya kalo cuman kena serempet stang motor masih aman.

4. Kalo mobil baru mending langsung ppf, kalo sudah repaint denger2 agak rentan cat ngangkat kalo nanti ppf dilepas.

5. Ane demen liat mobil yg selalu basah :big_love:

Minusnya ppf:
1. Mahal di awal (udah pasti). Ane pasang maxdecal aja 17 jt lg promo. Skrng balik normal price uda 20an lg untuk ukuran mobil sedang. Maxdecal masih merk sedang2 aja bukan highend macem vkool. Vkool untuk mbl seukuran cx30 di angka 35-40an. Oh iya sama ane jg ppf interior di vkool kemayoran kena harga 1,7jt. Ini udah precut jd lebih presisi. Kalo mobil banyak piano black macem si mazdut ini, rekomen sih pasang ppf. Piano black horror banget ngerawatnya. Jd magnet debu, dilap pake microfiber yg tebel pun tetep swirl lama2. Jadi itung2 ppf exterior sama interior jadi 19an sama printil2annya. parkir di tempat ppf aja 5 hari kena 200rb :big_slap:

2. Banyak yg rekomen timpa coating/wax lg diatas ppf agar efek uv dan hidrofobiknya lebih tahan lama. Sempet nyari di toped coating khusus ppf mahal2 juga, 1 botol kecil ukuran 60-100ml uda 2 jutaan lg. Sempet nyoba pake coating biasa gamau nempel. Weekend ini mau coba pake wax, kebetulan ada sisa.

3. Skill aplikator ppf sangat berperan penting. Mau ppf sebagus apapun kalo aplikatornya bleeh ya hasilnya bakalan jelek. Selesai ppf ane ngecek sendiri langsung semua sisi, sempet miss ada bagian bawah bumper yg agak kelebihan. Setelah 1 bulan baru keliatan ada pasir yg masuk ke sela2 dan tambah banyak. Sukses bagian ini makin gembung. Td baru aja ke tempat ppf lagi bwat motong tuh bagian. Emang selanya sangat sempit sih, wajar kalo agak gembung.
DrivingPotato wrote: 30 Sep 2022, 19:34 Share dong om-om yang parkir mobilnya exposed directly terhadap matahari dan air hujan, adakah kiat khusus merawatnya?

Saya punya pengalaman buruk sama CRV RM yang dijemur, clear coat nya rusak semua, ngelotok. Nah di tempat baru ini saya terpaksa parkir Mazda di luar juga karena nggak memungkinkan parkir di tempat tertutup.

Perlukah cuci per 2 minggu? Atau ada tips lain mencegah pudarnya cat dll?
Nah kebetulan sama nih CX30 ane jg kejemur diluar trus. Sejauh ini sih paling concern sama interior karena lumayan banyak bahan kulit dan softouchnya. Sempet nanya suhu2 disini dianjurkan ke colourfresh untuk di ips (semacem coating semprot gitu kayanya). Nanya harga dikasih 4,5 jt. Wow banget hahaha, pikiran ni mobil bukan supercar macem ferrari segala. Jd mundur teratur deh. Saat ini ane rutin maintain pake megs leather detailer aja. Sejauh ini sih lumayan bagus, abis dipake kaya ada lapisannya gitu tp warnanya ga glossy. Tp aplikasinya harus rata, kalo ga nanti keliatan mana yg uda kena mana yg blm. Kemudian harga kaca film itu ga bohong sih. Kaca film dari mazdut skrng dpt ic*-U. Itu rada kurang menurut saya. Panas masih nembus siang2, rencana 1-2 bulan lg mau ganti vkool semua. Sementara parkir diluar pake sunshade dlu dah di kaca depan. Biar dompet napas dulu.

Untuk trim2 plastik hitam di overfender, ane pake back to black keluaran coating factory. Ini awet banget sekali apply bisa tahan 1-2 bulan. Ada efek hidrofobiknya jg. Jadi ga bikin bercak2 putih kalo abis keujanan ga sempet cuci.

Karet2 ane uda dari jaman pake crv rm pake stp son of a gun protection. Ni murmer dan lumayan bagus kok. Dlu karet2 pintu crv uda getas dan bunyi, dipakein ini bunyi langsung hilang. Bisa bertahan sekitaran 2-3 bulan sampe bunyi lg. 1 botol ga abis2 uda 3 tahunan.
Last edited by kendibocor on 02 Nov 2022, 23:23, edited 1 time in total.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: 15 Feb 2021, 10:17

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by DrivingPotato »

kendibocor wrote: 02 Nov 2022, 22:36 Kemudian harga kaca film itu ga bohong sih. Kaca film dari mazdut skrng dpt ic*-U. Itu rada kurang menurut saya. Panas masih nembus siang2, rencana 1-2 bulan lg mau ganti vkool semua. Sementara parkir diluar pake sunshade dlu dah di kaca depan. Biar dompet napas dulu.
Masih mending om dapet ice-U.
CX-3 saya Polymetal juga, dapetnya merk Eurotek, merk antah berantah importirnya Eurokars. Lemnya KF depan udah ngeletek di ujung-ujungnya, tolak panas jangan ditanya. Tangan mau melepuh rasanya kalo pegang stir habis parkir siang2 di Sunter.

Sunshade saya beli merk Sparco di Ace pun ga terlalu membantu. Kayanya saking cacatnya ni KF Eurotek. Rencana mau pasang VK40 sama SG Black Phantom buat SKKB nya.

Anyway thanks banget om sarannya :big_exellent:

Bird poo memang musuh terbesar, selain itu yah buluknya abis kehujanan sampe ke sela2, debu kotoran semua numpuk.
Saya akhirnya udah pake Chemical Guys VRP buat trim plastik exterior & interior, sama karet2. Oke banget. Leather conditionernya yg belum beli.

Mana sedih banget kemarin pintu driver udah dibaretin stang motor emak2 lawan arus, pusing mikir repaintnya.

Banyak to do list tp cicil satu2 deh, dompetnya harus napas wkwkwk
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by kendibocor »

DrivingPotato wrote: 02 Nov 2022, 23:06
kendibocor wrote: 02 Nov 2022, 22:36 Kemudian harga kaca film itu ga bohong sih. Kaca film dari mazdut skrng dpt ic*-U. Itu rada kurang menurut saya. Panas masih nembus siang2, rencana 1-2 bulan lg mau ganti vkool semua. Sementara parkir diluar pake sunshade dlu dah di kaca depan. Biar dompet napas dulu.
Masih mending om dapet ice-U.
CX-3 saya Polymetal juga, dapetnya merk Eurotek, merk antah berantah importirnya Eurokars. Lemnya KF depan udah ngeletek di ujung-ujungnya, tolak panas jangan ditanya. Tangan mau melepuh rasanya kalo pegang stir habis parkir siang2 di Sunter.

Sunshade saya beli merk Sparco di Ace pun ga terlalu membantu. Kayanya saking cacatnya ni KF Eurotek. Rencana mau pasang VK40 sama SG Black Phantom buat SKKB nya.

Anyway thanks banget om sarannya :big_exellent:

Bird poo memang musuh terbesar, selain itu yah buluknya abis kehujanan sampe ke sela2, debu kotoran semua numpuk.
Saya akhirnya udah pake Chemical Guys VRP buat trim plastik exterior & interior, sama karet2. Oke banget. Leather conditionernya yg belum beli.

Mana sedih banget kemarin pintu driver udah dibaretin stang motor emak2 lawan arus, pusing mikir repaintnya.

Banyak to do list tp cicil satu2 deh, dompetnya harus napas wkwkwk
Kebetulan adik ipar saya sama pake cx30 jg. Dia dptnya om eurotek jg. Saya lupa dia beli cx30 2020 apa 2021 ya, tp mantepnya ban masih dpt toyo proxes. Yg 2022 saya dpt ban dunlop sportmax hahaha, jauh banget bedanya. KF ane pribadi sih tetep paling percaya ma vkool. Solargard gatau gimana kualitasnya tp harusnya ok ya. Dia 1 distributor apa produsen ya ma vkool? Di kemayoran kan kantornya sebelah2an tuh.

Btw kerja/tinggal di sunter om? Istri saya kerja di belakang food hall di kompleks ruko puri mutiara situ hahaha. Ada parkir basement kan tuh tp dia males jalan :big_bored: bikin rusak interior mobil aja mobil dijemur trus.
Oh iya sunshade ga gitu ngaruh si om soal panasnya, emang mobil tetep aja panas kalo kejemur di indo. KF jg mau vkool pun tetep panas. Tp senggaknya tuh dashboard ga kehajar sinar matahari langsung aja sih.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Devour
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 11 Nov 2020, 16:03

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Devour »

permisi suhu2 mau tanya nih, saya newbie di dunia detailing. untuk aplikasi semi coating spray itu perlu/ boleh di kasih wax lagi ga ya setelahnya?
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by kendibocor »

Devour wrote: 14 Nov 2022, 17:22 permisi suhu2 mau tanya nih, saya newbie di dunia detailing. untuk aplikasi semi coating spray itu perlu/ boleh di kasih wax lagi ga ya setelahnya?
Setau saya boleh asal pure wax, bukan cleaner wax. Tp pastiin dlu curing time si spray coatingnya brp lama sblm bisa ditimpa layer baru.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Devour
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 11 Nov 2020, 16:03

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by Devour »

kendibocor wrote: 14 Nov 2022, 19:30
Devour wrote: 14 Nov 2022, 17:22 permisi suhu2 mau tanya nih, saya newbie di dunia detailing. untuk aplikasi semi coating spray itu perlu/ boleh di kasih wax lagi ga ya setelahnya?
Setau saya boleh asal pure wax, bukan cleaner wax. Tp pastiin dlu curing time si spray coatingnya brp lama sblm bisa ditimpa layer baru.
berarti kalo di timpa pake carnauba wax abis itu aman ya. atau ada rekomendasi wax lain yg lebih oke tpi gampang aplikasi nya? baru kali ini mau coba wax mobil soalnya :mky_01:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by kendibocor »

Devour wrote: 15 Nov 2022, 08:38
kendibocor wrote: 14 Nov 2022, 19:30
Devour wrote: 14 Nov 2022, 17:22 permisi suhu2 mau tanya nih, saya newbie di dunia detailing. untuk aplikasi semi coating spray itu perlu/ boleh di kasih wax lagi ga ya setelahnya?
Setau saya boleh asal pure wax, bukan cleaner wax. Tp pastiin dlu curing time si spray coatingnya brp lama sblm bisa ditimpa layer baru.
berarti kalo di timpa pake carnauba wax abis itu aman ya. atau ada rekomendasi wax lain yg lebih oke tpi gampang aplikasi nya? baru kali ini mau coba wax mobil soalnya :mky_01:
Carnauba ga masalah om, asal tipe waxnya bukan yg cleaner wax. Cleaner wax ada juga yg mengandung carnauba.

Kalo rekomendasi tergantung demen dan cocoknya pake yg mana, saya saat ini sih pake meguiars hybrid liquid ceramic wax untuk sehari2. Gampang aplikasi n buffingnya. Trus ada salah satu mbl saya yg di ppf juga bisa ditopping pake ini. Durability blm tau gimana karena baru 1 mingguan ini pake.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
susupanda
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: 13 Oct 2021, 15:34
Location: Jakarta

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by susupanda »

permisi suhu2, mau tanya rekomendasi untuk menghilangkan jamur di karet sekitaran kaca pintu dan lis atap mobil sebaiknya pakai apa ya?
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by josomba »

susupanda wrote: 15 Nov 2022, 10:13 permisi suhu2, mau tanya rekomendasi untuk menghilangkan jamur di karet sekitaran kaca pintu dan lis atap mobil sebaiknya pakai apa ya?
Siang ini baru banget ngerjain hal yg sama. Saya sih pakai stp son of a gun buat interior sekalian lap2 karet pintu/karet kaca sih om. Kalau ada putih2, yaa temporarily hilang. Nanti 2-3 bulan harus apply lagi.
Image
susupanda
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: 13 Oct 2021, 15:34
Location: Jakarta

Re: Car Detailing Lounge - PART 07

Post by susupanda »

josomba wrote: 15 Nov 2022, 13:19
susupanda wrote: 15 Nov 2022, 10:13 permisi suhu2, mau tanya rekomendasi untuk menghilangkan jamur di karet sekitaran kaca pintu dan lis atap mobil sebaiknya pakai apa ya?
Siang ini baru banget ngerjain hal yg sama. Saya sih pakai stp son of a gun buat interior sekalian lap2 karet pintu/karet kaca sih om. Kalau ada putih2, yaa temporarily hilang. Nanti 2-3 bulan harus apply lagi.
wah terima kasih om josomba buat rekomendasinya. saya coba checkout dulu dari toko ijo kalo gitu
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post