review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmission

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

amzas99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by amzas99 »

Dino_lowrider wrote:tenaga kia pride berapa ya om??
Ane baca di majalah katanya kurang greget tenaganya.
Dibandingin ama Ford Fiesta... CMIIW soalna ane agak lupa datanya....
Benarkah ??
kalo saya baca dari pdf speknya, untuk pride yg 1400cc, tenaganya 94ps/6000rpm ya pak...
linknya ini http://kiamotors.com/FileRootMain/eCatalog/eng/Rio.pdf

kalo kesan dalam hal tenaga, menurut saya pribadi sih ya ini pak ( subyektif ), so-so aja sih pak, kayaknya memang tipikal memang ber-cc tanggung gak narik-narik amat gas awalnya, sesekali ya ndut-ndutan kalo pas nge'slah' gas/koplingnya gak pas sama kalo pas stop-go berkali-kali.

kebetulan belum pernah nyobain ford fiesta pak, jadi blm bisa komen perbandingannya sama pride ini.

demikian pak, trims...
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by doq »

scorpio wrote:kaga oom, itu swiftnya manual

bingung jg ya klo begini, enteng yg dimaksud oom doq itu segimana yah 0-150kmh <10 detik kah :mrgreen:

tapi betul sih mayan enteng, maren pas coba tarik2an lagi di tol berhasil ngasepin e46 :upss:
enteng yg d maksud itu, mestinya g berat buat reach 150kpj spt yg oom scorpi bilang sebelumnya........kurang tau sih harusnya utk sampe kec. segitu perlu brapa seken :ungg:

nahhh......jd swiftnya itu sebenernya bolot apa ngga nih oom?soale menurut pak putik tipikal mesin dohc justru putaran atas lbh responsif daripada sohc, so lets say 0-120kph mungkin kurang responsif (d banding sohc), tp dr 120kph s/d topspeed dapet nya lbh mudah dr pada sohc..............cmiiw :ungg:

mana nih momod??
mohon d split topik donk :big_smoking:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by maskopat »

kalo swift standar yang ane coba, tarikan putaran atas sih gak "galak dan nyentak" sih... tapi kalo dibejeg gas poll, 150 juga sebentar.. gak tahu butuh waktu berapa lama.

tapi yang salut sih, stabilnya dan mantapnya ini yang luar biasa. sama grand livina kalo di kecepatan di atas 150kpj, masih enakan swift.. yah.. walau SL ane tetap lebih stabil ya di kecepatan segitu... :e-whistle:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
amzas99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54

update info : kondisi jalan dan konsumsi rata-rata bbm si pr

Post by amzas99 »

pertengahan bulan desember 2010 ini si pride kembali mengarungi rute pantura jawa dari tangerang menuju seputaran kota cirebon di jawa barat, kecamatan losari dan kota tegal di jawa tengah.

dari perjalanan ini, ada 2 hal yang ingin dibagikan pada kita semua, yaitu mengenai kondisi jalan sepanjang rute dan catatan hitungan konsumsi rata-rata bbm si pride.

secara umum, kondisi jalan sepanjang pantura makin menurun dari arah barat menuju ke timur, terutama di jalur losari menuju tegal, banyak lubang lumayan besar.

kemudian, untuk konsumsi rata-rata bbm si pride, total jarak tempuh adalah 768.4 km dan total konsumsi bbm adalah 60 lt, jadi konsumsi rata-rata mencapai 12.81 km / lt.

link berita mengenai perjalanan tersebut adalah sbb
http://amzas.wordpress.com/2010/12/23/u ... mber-2010/

demikian, semoga bermanfaat, trims...

r1
amzas.wordpress.com
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by aburaza »

Corabs ane yg udah mo sweet seventeen di deket jembatan siak (di riau blm ada tol) raih 170kpj cepet tuh.
Masak yg muda2 kalah? :twisted:
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by doq »

cc nya bda kaleeee :big_weee: :big_weee:
hehehehe

btw oom TS, utk ukuran 1400cc, kok konsumsi bbm luar kota nya cuma segitu ya? :ungg:
mestinya khan bsa tembus minimal 1:14an tuh :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by maskopat »

kaki kanannya berat kali ya si Om TS... :ungg:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
amzas99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by amzas99 »

aburaza wrote:Corabs ane yg udah mo sweet seventeen di deket jembatan siak (di riau blm ada tol) raih 170kpj cepet tuh.
Masak yg muda2 kalah? :twisted:
walaupun sudah sweet seventeen, kalau kondisinya fit dan prima ya tetap saja pak ngacir larinya, hehehe... beda cc juga kan ya...
doq wrote:cc nya bda kaleeee :big_weee: :big_weee:
hehehehe

btw oom TS, utk ukuran 1400cc, kok konsumsi bbm luar kota nya cuma segitu ya? :ungg:
mestinya khan bsa tembus minimal 1:14an tuh :ungg:
iya pak, kebetulan beberapa kali bolak-balik pantura, konsumsi rata2 bbmnya di sekitaran angka 1:12 sd 1:13an deh, kecuali waktu melalui jalur cipularang ke bandung pp bisa dapat angka lebih bagus lagi, bisa 1:14 lebih dikit.
kondisi fisik jalan dan ramenya lalulintas menurut saya sangat berpengaruh dengan pola pengendaraannya.
maskopat wrote:kaki kanannya berat kali ya si Om TS... :ungg:
mungkin juga kali ya pak, hehehe... kudu belajar lagi nih kaki biar bisa lebih efisien injak gas-remnya...

trims sudah mampir...
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by aburaza »

brarti yg 'besar' kbnyakan lbh mantap ya?xixixi
btw kmrn ambil brp jt?bs buat pilihan buat istri
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
amzas99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by amzas99 »

aburaza wrote:brarti yg 'besar' kbnyakan lbh mantap ya?xixixi
btw kmrn ambil brp jt?bs buat pilihan buat istri
waktu ambil harganya 145jt utk manual hatchback, sampai hari ini kayaknya masih harga segitu, malah ada tambahan bonus spt sensor parkir, karpet dasar, sarung jok dll ( mungkin promo akhir tahun ya... ).

trims...

r1
amzas.wordpress.com
amzas99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54

jelajah pantura sangkanhurip kuningan cirebon - 26-28 des 20

Post by amzas99 »

akhir desember 2010 si pride berkesempatan menuju kawasan wisata sangkanhurip di kuningan cirebon, jawa barat.

dalam perjalanan ini pola pengendaraan yang biasanya menggunakan metode 'flexible', kali ini mencoba metode 'disiplin'.
kaki sangat dijaga dan tidak boleh tergoda walaupun kondisi jalan sedang lengang.

di tol, kecepatan tertinggi yang pernah tercapai hanya 100 km/jam waktu berangkat, 110 km/jam sewaktu pulang, kecepatan rata-rata banyak di angka 75-95 km / jam.
di jalan biasa, kecepatan tertinggi yang pernah tercapai hanya di angka 80 km / jam, dengan sebagian besar ada di kecepatan rata-rata 50-70 km / jam.

dalam hal lamanya waktu sekali perjalanan ( berangkat maupun kembali ), memang menjadi lebih lama, hampir 2 kali lipat dari waktu yang biasanya diarungi oleh si pride dalam perjalanan yang mirip sebelumnya, tetapi ada hal lain yang mengkompensasi lamanya waktu perjalanan tersebut, yaitu konsumsi bmm rata-rata yang sangat bagus, dan baru pertama kali ini tercapai, cukup mengejutkan, hehehe...
dalam perjalanan ini, konsumsi bbm rata-rata overall mencapai 15.5595 km / lt, dimana dalam perjalanan-perjalanan sebelumnya konsumsi bbm rata-rata hanya ada di kisaran angka 12-13.5 km / lt.

info lebih detail dan gambar-gambar lain bisa dibaca dan dilihat di link

http://amzas.wordpress.com/2011/01/02/s ... mber-2010/

Image

Image

demikian sharing info perjalanan menuju kawasan wisata sangkanhurip, mudah-mudahan bermanfaat...

trims...

r1
amzas.wordpress.com
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by doq »

wahhh nice riview oom :mrgreen: :mrgreen:
tp klo baca2 catatan perjalanan oom amzas, ada satu hal yg sangat2 menggelitik d benak sy; yaitu konsumsi bbm si pride ini :e-think:

utk kapasitas mesin yg tergolong mungil, kenapa yah konsumsi bbm nya tergolong "boros"????
bahkan saat kaki kanan d sekolahkan, konsumsi bbm "hanya" di kisaran 1:15,6 kpl :e-think: :e-think:
padahal dr blog oom amzas, sy liat kondisi lalin cenderung lancar...............
ini sy perbandingkan dg rata2 konsumsi bbm mobil2 sejenis ber-cc hampir sama, dg asumsi kondisi lalin dan gaya mengemudi yg sama :ungg: :ungg:

apa mungkin jarak tempuh mesin masih dalam masa2 inreyen?? dan klo boleh tau, di isi bbm apa si pride ini oom?? n sebenernya minimum oktan yg rekomen dr pabrikan itu berapa?? :thanks:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by bivanos88 »

hmm,, kl saya liat sih konsumsi pride yang 1400cc ini 1:15,6 udah termasuk normal kok... jadi ga irit banget dan ga boros jg..

kl liat dari blog nya, pride ini minumnya ron92..
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by doq »

konsumsi segitu dalam kecepatan max di 80kph, dengan kecepatan rata2 di kisaran 50-70kph pada kondisi lalin relatif lancar lhoooo :ungg:
imho utk ukuran 1400cc msh tergolong "boros" oom :ungg: :ungg:
yakin bgt deh seandainya di compare sama jazz dg gaya mengemudi dan kondisi lalin yg sama, hasilnya bsa jauh berbeda........

bahkan baleno 1600cc sy aja, yg jg pernah test "eco-drive" spt pak amzas, perhitungan bbm yg sy dapat berada di kisaran 1:14 kpl :ungg: :ungg: :ungg: :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by bivanos88 »

wah, kl bandingannya ama mobil yang udah vvt-i, ivtec, dan kawan-kawan sih pasti nya kalah donk.. pride ini kan teknologinya 'hanya' DOHC 16valve aja tanpa embel"lain.. :ungg:
makanya IMHO konsumsi bensinnya biasa aja.. hehe.. :drinking:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by doq »

nahhhh..........
klo bandingan nya sama mesin 1600cc non vvt/vvt-i/dual vvt-i/vtech/i-vtech pure sohc berumur 13thn lbh gmana oom?? :mrgreen: :mrgreen:
masa ga beda jauh....? :upss:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by bivanos88 »

nah berarti mbal nya om doq yang irit donk.. :drinking: :drinking: :off_good:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by doq »

:ngacir: :ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
amzas99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by amzas99 »

doq wrote:wahhh nice riview oom :mrgreen: :mrgreen:
tp klo baca2 catatan perjalanan oom amzas, ada satu hal yg sangat2 menggelitik d benak sy; yaitu konsumsi bbm si pride ini :e-think:

utk kapasitas mesin yg tergolong mungil, kenapa yah konsumsi bbm nya tergolong "boros"????
bahkan saat kaki kanan d sekolahkan, konsumsi bbm "hanya" di kisaran 1:15,6 kpl :e-think: :e-think:
padahal dr blog oom amzas, sy liat kondisi lalin cenderung lancar...............
ini sy perbandingkan dg rata2 konsumsi bbm mobil2 sejenis ber-cc hampir sama, dg asumsi kondisi lalin dan gaya mengemudi yg sama :ungg: :ungg:

apa mungkin jarak tempuh mesin masih dalam masa2 inreyen?? dan klo boleh tau, di isi bbm apa si pride ini oom?? n sebenernya minimum oktan yg rekomen dr pabrikan itu berapa?? :thanks:
asumsi masih dalam masa inreyen itu sampai km berapa ya pak ? fyi, odometer sampai saat ini kira2 diangka 86xx km, masih dianggap inreyen atau udah mulai bulukan tuh ya odo sudah di angka segitu, hehehe...

selama ini, paling sering isi pake shell super, kadang dioplos sama pertamax kalau pas keluar kota pak.
kalo dari pabrik, saya baca di buku manualnya, rekomendasinya sih ron92 ya pak.

ini pendapat saya saja ya pak, konsumsi bbm rata-rata pride mungkin masih dianggap 'boros', bisa karena sbb :
- bobot kia pride tsb yang cukup/relatif berat kali ya, sehingga kalau dikombinasi dengan mesin 1400 cc jadi kurang optimal konsumsi rata-rata bbm-nya.
- setuju dengan pak bivanos88, mungkin karena teknologi dohc pride bukan yang terbaru/terbaik, jadi ya hasilnya spt itu deh konsumsi bbm rata-ratanya.
- kaki saya sekolahnya belum masuk taraf cum laude, jadi ya sering tergoda untuk injak gas tidak efisien.
bivanos88 wrote:wah, kl bandingannya ama mobil yang udah vvt-i, ivtec, dan kawan-kawan sih pasti nya kalah donk.. pride ini kan teknologinya 'hanya' DOHC 16valve aja tanpa embel"lain.. :ungg:
makanya IMHO konsumsi bensinnya biasa aja.. hehe.. :drinking:

setuju pak, hehehe...

-----

trims bpk2 sudah mampir dan sharing pendapatnya...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by maskopat »

menurut ane sih wajar konsumsi BBM segitu.. emang gak akan jauh2 banget koq kalo keluar kota. SL ane aja, 1400cc masih karbu dan sudah berumur 28 tahun lebih, kalo luar kota sekitar 1:12-14...
dalam kota, sekitar 1:7-9...

mesin karbu sangat bergantung pada traffic. kalo padat, bisa drop ke 1:6-7.. kalo lancar, sekitar 1:9... luar kota, yang jelas paling boros sekitar 1:12...

pernah bawa vios gen 1, 1500cc vvti... luar kota ke anyer driving style biasa.. sekitar 1:14-15. kalo dalkot, sekitar 1:11-12.. padahal heavy traffic...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
amzas99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54

Re: review singkat kia pride 2010 hatchback manual transmiss

Post by amzas99 »

maskopat wrote:menurut ane sih wajar konsumsi BBM segitu.. emang gak akan jauh2 banget koq kalo keluar kota. SL ane aja, 1400cc masih karbu dan sudah berumur 28 tahun lebih, kalo luar kota sekitar 1:12-14...
dalam kota, sekitar 1:7-9...

mesin karbu sangat bergantung pada traffic. kalo padat, bisa drop ke 1:6-7.. kalo lancar, sekitar 1:9... luar kota, yang jelas paling boros sekitar 1:12...

pernah bawa vios gen 1, 1500cc vvti... luar kota ke anyer driving style biasa.. sekitar 1:14-15. kalo dalkot, sekitar 1:11-12.. padahal heavy traffic...
di pride ini, dalkot umumnya sih di angka 9.5-11 km/lt, yang paling utama tergantung super macet atau tidaknya tol janger, hehehe... karena sebagian besar paling sering lewat jalur tsb.
keluar kota ya selama ini ada di sekitaran 12-13.5 km/lt, kemarin saja rada surprise juga bisa sampe rata2 +- 15.5 km/lt...

yah, dibawa enak aja deh bawanya, gak terlalu nyantai, gak terlalu grasa grusu juga...

trims pak sudah mampir...
amzas99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54

jepret-jepret pride hb 2010 hitam

Post by amzas99 »

mau sedikit menambahkan info, barangkali ada yang ingin tengok-tengok kia pride hatchback 2010 berwarna hitam, kebetulan kemarin ada pride hitam mampir, hatchback juga, bertransmisi manual juga, jadi sekalian jepret-jepret deh buat tambah-tambah referensi, sembari nunggu ketemu kia pride warna lainnya...

demikian tambahan info, untuk melihat foto-foto lain bisa lanjut di link
http://amzas.wordpress.com/2011/02/03/j ... uari-2011/
mudah-mudahan bermanfaat...

trims...

r1
amzas.wordpress.com

Image

Image

Image

Image

Image

Image
amzas99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54

jelajah pantura ke kebun teh kaligua jateng - 11 s.d. 13 feb

Post by amzas99 »

pertengahan februari 2011 si pride melakukan perjalanan melalui pantura jawa barat via tegal menuju perkebunan teh kaligua bumiayu jawa tengah.

berangkat hari jumat siang menuju kota tegal, menginap semalam di tegal, sabtu siang dilanjutkan menuju perkebunan teh kaligua untuk menginap disana dan kembali lagi ke jakarta di minggu siang.

tujuan kali ini adalah untuk mencicipi beberapa titik kuliner di kota tegal, sekaligus ingin mencoba melintasi jalur tanjakan - turunan menuju ke perkebunan teh kaligua yang ada di lereng barat gunung slamet, sembari ikut merasakan dinginnya udara disana.

dalam perjalanan kali ini, konsumsi bbm rata-rata ada di angka 13.07 km / liter.

info lebih detil mengenai perjalanan kali ini bisa dibaca di link
http://amzas.wordpress.com/2011/02/17/s ... uari-2011/

Image

Image

Image

demikian sharing info perjalanan menuju perkebunan teh kaligua, mudah-mudahan bermanfaat...

trims...

r1
amzas.wordpress.com
amzas99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54

si pride touring ke kawasan ciwidey - 11 s.d. 12 juni 2011

Post by amzas99 »

pada 2 hari weekend pertengahan juni, tepatnya 11 s.d. 12 juni 2011, si pride berkesempatan melakukan touring dari jakarta menuju kawasan ciwidey jawa barat, satu rombongan dengan teman-teman dari picanto club indonesia.

secara umum, touring tersebut berjalan lancar, dan untuk konsumsi bbm rata-rata mencapai 13.6 km / liter, jadi sejauh ini masih stabil di kisaran 13.xx km / liter untuk rute luar kota.

apabila ingin membaca lebih lanjut kegiatan touring tersebut, bisa dilanjut di link sbb :
http://amzas.wordpress.com/2011/06/19/s ... juni-2011/

Image

Image

demikian sharing info mengenai kegiatan touring si pride tersebut, semoga bermanfaat...

trims...

r1
http://amzas.wordpress.com